Minggu, 13 September 2015

Bincang Asik dengan D. Wijaya | Ask Author, Giveaway


Hai hallo, ada kabar baik buat pembaca setia Kubikel Romance nih, beberapa waktu yang lalu saya dihubungi penulis kece, David Wijaya yang ingin membagikan dua buah buku Above the Stars di blog ini, dalam rangka merayakan ulang tahun-nya yang ke-22 pada tanggal 13 September, yap hari ini! Baik banget kan, ulang tahun malah bagi-bagi hadiah :D. Penulisnya masih kinyis-kinyis ya, hihihi. Saya seneng banget dong karena diajak berbagi kebahagiaan, semoga saja semakin bertambah usia; sehat terus, rejeki dek David (berasa tua banget akohhh, hahaha) makin lancar ya, produktif nulis, dan buku berikutnya nggak kalah ngehits dari debutnya, amin :D

Seperti biasa, nggak banyak syarat kok, tapi sebelum ngasih tau gimana cara dapatinnya, kita intip dulu yuk sinopsis dan trailer buku Above the Stars (AtS) ini, biar tambah kesemsem sama bukunya. Atau bisa juga baca reviewnya, ceritanya menarik dan saya sangat menikmatinya, salah satu debut yang cukup bagus untuk ukuran penulis yang masih sangat muda. Saya juga melakukan sesi interview, sedikit tanya-tanya dengan penulis, biar kita mengenal lebih dekat. Sebenarnya penulis hanya ingin membagikan hadiah, berhubung saya orangnya kepo, jadi sekalian aja tanya-tanya tentang proses penulisan buku pertamanya. Metode yang saya gunakan melemparkan pertanyaan lewat email dan dm twitter :)

Above The Stars (YARN #13)
Penulis: D. Wijaya
Penerbit: Ice Cube
“Kau tidak takut jatuh?” tanya Mia.


Danny menggeleng.



“Aku takut jatuh,” aku Mia dengan polos. “Kalau kau takut apa?”



Danny tidak langsung menjawab. Ia juga tidak menolakkan kaki ke tanah lagi untuk menambah kecepatan ayunan. Senyuman di wajahnya perlahan-lahan memudar. “Aku takut tidak bisa melihat selamanya.”



Menurut Danny Jameson, hidupnya tidak pernah mudah. Ia punya orangtua yang protektif, mesin tik Braille yang tidak dimiliki teman-temannya, dan semacam magnet yang menarik John Schueller untuk terus mengganggunya. Namun, yang paling buruk adalah ia punya sepasang mata biru yang tidak bisa melihat. Ketika Danny berpikir Mia Berry akan menjadi satu-satunya teman yang ia punya, Will Anderson datang dan mengubah hidupnya. Will memperlihatkan kepadanya dunia yang ingin ia lihat. Will juga membuat Danny mempertanyakan sesuatu tentang dirinya. Tapi, sebelum Danny sempat menemukan jawabannya, Will menghilang.


Kenalan dong sama pembaca, biodata dan kesibukannya sekarang :)
Halo, readers. Dengan D. Wijaya di sini. Panggil aja D. Aku ini social awkward. Jadi, berkenalan bukan kemahiranku. Haha... Kalau mau kenalan lebih lanjut atau sekadar ngobrol, bisa mention aku di @authorde. Kesibukan sekarang: bekerja dan menulis novel kedua.

Gimana awal mulanya berkenalan dengan Ice Cube? Apakah gara-gara YARN? Atau sebelum kompetisi tersebut naskah AtS ini udah ada?
Pertama tahu Ice Cube itu dua tahun yang lalu, sewaktu Ice Cube ngadain lomba menulis dengan tema “dark romance”. Waktu itu ada teman yang sempat nganjurin aku untuk ikut. Kebetulan aku punya naskah yang baru ditolak penerbit dan temanya juga “dark romance”. Tapi, karena naskah itu korban penolakan (hiks), aku kurang pede dan akhirnya gak ikut.

Naskah Above the Stars khusus ditulis untuk diikutsertakan di lomba menulis Young Adult Realistic Novel (YARN). Jadi, tidak. Sebelum kompetisi YARN, naskah Above the Stars ini tidak ada.

Q: Ide awal Ats ini darimana? Apa emang khusus untuk mengikuti YARN?
Ide awal, ya... Lumayan panjang nih ceritanya.

Kata kunci kompetisi YARN itu, kan realistis. Menurutku, untuk menuliskan cerita yang realistis, harus dimulai dari tokoh yang realistis. Dan aku pernah baca, salah satu cara untuk menciptakan tokoh yang realistis adalah beri tokoh itu “kecacatan”, buat agar dia tidak sempurna. Setelah itu, aku langsung teringat kompetisi 7 Deadly Sins yang digagas oleh GagasMedia. Di kompetisi itu peserta dituntut untuk menciptakan tokoh yang tidak sempurna. Kuncinya adalah dengan memberikan si tokoh salah satu dari tujuh dosa mematikan. Nah, aku berpikir, bagaimana jika kecacatan tokoh itu bukan kecacatan sifat, melainkan kecacatan fisik. Dari sanalah tokoh Danny (yang tunanetra) tercipta.

Setelah itu, aku memikirkan tema apa yang bakal aku angkat. Dari beberapa opsi tema (seperti friendship, family, sport, bullying, death and dying), aku akhirnya memilih friendship (persahabatan). Karena aku gak mau ini jadi cerita persahabatan yang biasa, aku juga mengusung tema LGBT.

Kemudian mengenai ide plotnya. Sewaktu brainstorming alur cerita, aku kembali lagi ke tokoh Danny—cerita apa yang mungkin dialami oleh seroang remaja dewasa yang tunanetra. Menurutku, agar alur ceritanya dinamis, aku harus menciptakan “lawan main” untuk Danny yang sifatnya berbeda 180 derajat dari Danny. Karena aku membayangkan Danny ini remaja yang lugu dan polos, maka aku membayangkan lawan mainnya adalah remaja yang aktif, sedikit nakal, dan humoris. Kemudian lahirlah tokoh Will.

Jadi, sebenarnya ide cerita Above the Stars ini bersumber dari lomba YARN itu sendiri. Kalau gak ada lomba itu, mungkin Above the Stars tidak akan pernah ada. Ide plotnya sendiri berangkat dari para tokohnya. Aku menciptakan tokohnya dulu, kemudian menganalisa alur cerita apa yang mungkin terjadi dari persinggungan para tokoh.

Semoga menjawab pertanyaannya. Hehe...

Apakah sebelum AtS ada naskah lain?
Ada. Sebelum Above the Stars ini, aku punya tiga naskah lain yang sudah jadi. Dua di antaranya adalah korban penolakan (hiks lagi). Tapi, tidak ada satu pun dari tiga naskah itu yang cocok dengan lomba YARN.

Biasa menulis kapan? Adakah tempat favorit untuk menulis?
Kebetulan sekali, sewaktu mengerjakan naskah AtS, aku sedang libur kuliah. Jadi, waktu itu aku nulisnya sehabis pulang kerja. Dan aku menulis AtS ini setiap hari. Draft pertamanya selesai dalam dua belas hari (yay!). Kalau sekarang, karena aku udah lulus kuliah, aku biasanya nulis sehabis pulang kerja.

Tempat favorit untuk menulis? Aku penginnya sih bisa jadiin kafe atau kedai kopi sebagai tempat favorit untuk menulis. Biar kedengaran keren gitu. Tapi, beberapa kali coba menulis di sana, aku jadi kurang fokus. Terlalu banyak suara, sementara aku tipe penulis yang butuh keheningan. Jadi, tempat favoritku untuk menulis (dan sepertinya ini juga jadi tempat favorit bagi kebanyakan penulis) itu kamar. Hahaha...

Siapa orang yang paling berpengaruh dalam memotivasi untuk menjadi penulis?
Yang paling memotivasi aku untuk jadi penulis itu diri aku sendiri. Haha... Tapi, serius, motivasi terbesar itu datang dari diri sendiri.

Sejak kapan suka menulis?
Sejak SMA tahun terakhir. Awalnya sih gak pernah kepikiran pengin jadi penulis. Tapi, suatu ketika di pelajaran praktek olahraga yang membosankan (aku benci pelajaran Penjaskes, omong-omong), aku iseng baca novel Winter in Tokyo kepunyaan teman. Niat awalnya sih cuma untuk membunuh waktu. Tapi, malah keterusan. Winter in Tokyo pun sukses menjadi novel kedua yang aku baca (novel pertamaku Harry Potter 7). Sejak itu, aku jadi suka baca. Awalnya baca novel, kemudian merambah ke fanfiction. Kata J.K. Rowling (kalau tidak salah): semua orang itu suka membaca. Mereka yang tidak suka membaca hanya belum menemukan buku favorit mereka. Lama membaca, aku lantas berpikir: menulis kayaknya seru juga. Lalu aku mulai coba-coba menulis fanfiction. Dan sama halnya dengan membaca, menulis juga jadi keterusan.

Apakah suka membaca juga? Genre favoritnya apa? Siapa penulis dan buku favorit?
Tentu dong. Kayaknya gak ada penulis yang gak suka membaca. Kalau kata Stephen King: kalau kamu gak punya waktu untuk membaca, maka kamu gak punya waktu dan senjata untuk menulis.

Genre favoritku: young adult dan fantasi. Sesekali baca novel inspiratif seperti novel-novelnya Mitch Albom.

Penulis favoritku: John Green (inspirasi terbesarku), Ilana Tan (yang pertama kali menginspirasi aku untuk menulis), Rick Riordan (suka humor cerdasnya), dan Mitch Albom (gaya menulisnya sederhana).

Mengenai buku favorit, wah, ini banyaaak. Aristotle and Dante Discover the Secrets of the Universe (bacaan terbaikku di tahun 2015 sejauh ini), Looking for Alaska, Will Grayson will grayson, The Way to Live Forever (a must-read book!), Percy Jackson series, The Heroes of Olympus series, dan masih banyaaak lagi.

Bagian mana yang paling disukai dari AtS? Siapa tokoh favorit?
Bagian yang paling aku sukai di Above the Stars itu sewaktu Danny dan Will melakukan pertunjukan jalanan (bahasa yang lebih membumi: ngamen). Tokoh favoritku itu Will, sama seperti mayoritas pembaca. Haha...

Kenapa suka nulis dengan latar luar negeri?
Aku memilih Magnolia sebagai setting Above the Stars karena pertimbangan akan tema LGBT yang aku angkat. Di novel yang lagi aku tulis, aku juga memakai setting luar negeri, dengan alasan yang sama.

Jadi, sebenarnya pemilihan setting aku sesuaikan dengan cerita yang aku tulis. :)

Kenapa memilih tema LGBT? Apakah terinspirasi dari Will Grayson, will grayson?
Hm... Aku meyakini ini: ada dua cara untuk menarik perhatian. (1) Tulis apa yang penulis lain tulis dan tulislah dengan lebih baik. (2) Ciptakan "boom" dengan menulis sesuatu yang berbeda. And I stick with number 2.

Kronologinya, aku baca Will Grayson will grayson beberapa bulan setelah naskah Above the Stars rampung. Jadi, tidak. Above the Stars tidak terinspirasi dari novel tersebut. Tapi, kalau pertanyaannya apakah Above the Stars ini terinspirasi dari novel lain, jawabannya ya. Above the Stars terinspirasi dari The Fault in Our Stars. Bahkan editorku sendiri bilang kalau "cita rasa" TFiOS begitu kental di draft awal Above the Stars sehingga mesti direvisi.

Oh, ya sebagai tambahan kenapa aku suka nulis tema LGBT, karena aku ngikutin nasehat Madam J.K. Rowling: tulislah apa yang kamu sukai. Tulislah seolah-olah itu untuk dirimu sendiri.

Ada bocoran nggak untuk buku selanjutnya? Ceritanya tentang apa?
Buku selanjutnya (yang semoga cepat rampung dan diterima penerbit) masih mengusung genre young adult, seperti Above the Stars. Ceritanya kira-kira gini:

Atas saran paman dan bibinya, Drew Olson pergi ke sekolah asrama Walters di Portland untuk memperbaiki satu dan lain hal, termasuk kehidupan sosialnya yang mengenaskan. Menurut bibinya, yang kemudian dibenarkan oleh pamannya, hidup seperti sebatang ranting kering dengan ranting-ranting lain berada di luar radius minimal 25 kaki tidaklah sehat dilihat dari segi mana pun. Bertemanlah, saran bibinya. Lebih baik lagi jika jatuh cinta, sambung pamannya. Akan tetapi, Drew ragu, dengan kehidupannya yang kelam dan kosong, mungkinkah ia bisa berteman dan jatuh cinta dan menerima kemungkinan ia akan menghadapi ketakutan terbesarnya dalam hidup. 

Apa harapan kamu di ulang tahun ini?
Salah duanya: semoga bisa lebih produktif dalam menulis dan semoga semakin banyak pembaca yang menyukai tulisanku. Yay!

Nah, udah tahu kan latar belakang proses penulisan AtS dan sedikit informasi tentang penulis, walau nggak ada fotonya nggak pa-pa ya, penulis ingin dilihat dari tulisannya, bukan orangnya #tsah, hahaha. Semoga apa yang diimpikan bisa terwujud, amin. Penasaran banget sama novel terbarunya, semoga cepat selesai :D. Terimakasih sekali sudah mau ngajak saya kerja sama untuk ngadain giveaway ini dan rela saya repotin dengan banyaknya pertanyaan XD. Sukses terus!

***
Sekarang waktunya giveaway, syaratnya gampang aja kok, seperti biasanya, nggak banyak jadi berharap banget dilakukan semua ya, wajib dan akan saya cek ketika pemenang udah terpilih :)
1. Follow twitter @authorde
2. Follow blog Kubikel Romance via GFC (Google Friend Connect)
3. Share linke postingan ini di sosial mediamu, bisa twitter, facebook, instagram atau yang lainnya, dengan hastag #GAAtS.
4. Tulis di kolom komentar:
Nama:
Akun twitter:
Email:
Link share:
Boleh banget memberi ucapan selamat ulang tahun kepada @authorde beserta doa untuknya :)

Udah itu aja, giveaway hanya berlaku untuk yang berdomisili di Indonesia, akan ada dua pemenang yang masing-masing mendapatkan satu buku Above the Stars langsung dari @authorde. Giveaway berlangsung dari hari ini, 13 September- 30 September 2015. Pemenang akan saya umumkan paling lambat dua hari setelah deadline di postingan ini. Yuk ikutan, bukunya recommended banget, loh! :D

*UPDATE*

Haloooo good readers, saatnya pengumuman! Alhamdulillah yang ikut bayak banget, karena bingung aku serahkan aja ke D untuk menentukan dua orang yan beruntung mendapatkan Above the Stars, hehehe.


Selamat ya, nanti saya akan hubungi kalian untuk konfirmasi hadiah. Buat yang belum beruntung jangan bersedih, pantenin twitter @authorde karena masih ada empat buku yang akan dihadiahkan. Selain itu, habis ini bakalan ada giveaway lagi, jadi jangan kapok follow Kubikel Romance dan @peri_hutan untuk update postingan terbaru.

Xoxo

64 komentar:

  1. Nama: Fikriah Azhari
    Akun twitter: @Lovaren_
    Email: Fikriahazhari@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/Lovaren_/status/642872029176172544

    Wihhh udah pengen banget baca semua seri YARN hoho baru baca dua buku YARN>,< Pengen ini, review para blogger katanya buku ini cakep, terus covernya juga unyu~ Dan, selamat ulangtahun untuk kak D!

    BalasHapus
  2. Nama: pramestya
    Akun twitter: @p_ambangsari
    Email: pramestya23@gmail.Com
    Link share: twitter.com/p_ambangsari/status/642873689466245120

    Hahaha, aku ketawa baca jawaban kak D. Kalau diliat dari jawaban-jawaban kayaknya kak D ini humoris dan ramah (harus itu!)

    Makasih untuk interview yang sangat menginspirasi :D

    Ngomong-ngomong soal tokoh utama Danny, bayanganku langsung ke novel Spring In London. Iya, Danny yang itu. Tapi kalau Ats kan tunanetra jadi aku bayanginnya agak sedih gitu.

    Btw, sepertinya jarang ada yg buat tokoh utama buta. Unik nih. :D

    The last, Met ultah kakak, lekas kelar novel selanjutnya, terus berkarya dan menginspirasi. Semoga yang dicita-citakan dapat terwujud. Amiin

    Salam kenal dari saya :)

    BalasHapus
  3. Nama : Lita A.P
    Akun twtter : @Litaa_FAN
    Email : yangchen85@yahoo.com
    Link Share : https://twitter.com/Litaa_FAN/status/642919174788939776

    BalasHapus
  4. Nama Rinrin Rinjaniah
    Akun Twitter @rin_mizsipoel
    Email mizsipoel@gmail.com
    Link share https://mobile.twitter.com/rin_mizsipoel/status/642940484965416960
    Happy birthday to you, semoga panjang umur, murah rezeki dan tetap semangat dalam nge blog

    BalasHapus
  5. Nama : Aan M
    Akun twitter : @aan2695
    Email : aan2695@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/aan2695/status/642941411835314176

    agak kaget waktu tau novel ini ngangkat tema LGBT, tp tetep penasaran & pengen baca
    btw, selamat ulang tahun kak D, sehat selalu dan sukses buat karya kakak yg selanjutnya

    BalasHapus
  6. Nama: Nadia Puspaningtyas A.
    Twitter: @Nadia48nafla
    E-mail: nadia.puspaningtyas@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/Nadia48nafla/status/643019621587546114

    Otanjoubi Omedetou D-san :D
    Wish you all the best, semoga dilancarkan dan sukses untuk novel kedua.

    BalasHapus
  7. Nama : Azizah Hanidya Putri Sumbahan
    twitter : @ahps_
    Email : azizah.sumbahan@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/ahps_/status/643018186275745792

    before yaaa : happy bornday buat kak D yang lagi ulang tahun. moga-moga nih yaa, dia bisa nerusin cerita-ceritanya dan bisa ngebuat novel lebih banyak lagi dan banyak dan banyak lagi, banyak banyak dst
    afternya nih yaa, "gilak kak, sinopsis lo yang above the stars ini ngebuat gue jadi meneteskan air mata di pipi tau gak? sumpah yaa, gak sabar banget gua baca nih novel. Dari sinopsisnya aja bagus2. sumpah.
    sebenrnya gua udah seneng banget dengan crita2nya yang super duper badai, kalau mau tahu, gue pengagum rahasianya loh (untuk novelnya) wkwk, once more yaaa, happy bornday kak Dv, sukses kedepannya!! Wkwkwk

    BalasHapus
  8. Nama : Prihandinika
    akun twitter : @prihandinika
    email : prihandinika@gmail.com
    link share : https://twitter.com/prihandinika/status/643032541927051268

    selain tema yang mungkin "agak berbeda", tampilan cover novel ini menarik sekali dan langsung membuat jatuh cinta. covernya warna ungu. suka banget. :D
    oh iya selamat ulang tahun kak. sukses selalu :)

    BalasHapus
  9. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia
    Email : afikayuliaakb@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/afikayulia/status/643070542132592641

    Happy Birthday, Selamat Hari Berojol buat Ka @authorde :))
    Semoga apa yang disemogakan bisa tersemogakan. Amin :)
    Semoga menghasilkan banyak karya-karya yang baru. Semoga rejekinya lancar dan diberkahi hidupnya. Amin

    Belum pernah baca buku dari seri Yarn. Semoga beruntung kali ini. Amin :)

    BalasHapus
  10. Nama: Selvia Sari Rahmawati
    Twitter: @siimisfil
    E-mail: v2ituaza@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/siimisfil/status/643094116134334464

    HAPPY MILAD, kak @authorde!
    Sukses terus yaaah! Sampai cepat puas. Tetap semangat berkarya dan ditunggu karya-karya selanjutnya ^^

    Btw, ini salah satu novel YARN yang cover dan blurbnya paling racunnnnn!
    Sejauh ini aku sendiri baru ngoleksi empat novel YARN tapi baru satu yang sukses aku lahap.
    Semoga ABOVE THE STARS jadi novel YARN ke-5 yang aku miliki.:3 *maunyaaa~*

    BalasHapus
  11. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Email: shinra2588@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/643182811319406592

    happy birthday, Kak D! :D
    terus menulis ya. aku suka tulisanmu :D

    BalasHapus
  12. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Email: auliyati.online@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/643281234852868096

    duh banyak ketinggalan niy....baru denger ada novel2 YARN, jadi penasaran dengan novelnya novel kak D niy!
    btw HAPPY B'DAY ya kak! semoga menjadi penulis yg sukses! ;)

    BalasHapus
  13. Nama: Ratih Cahaya
    Twitter: @ratiihcahaya
    Email: cahayaratih@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/ratiihcahaya/status/643285554256179200

    Happy Birthday David, yang nama depannya seperti nama penulis favorit saya, David Levithan, hehehehe...

    Sebenernya ada yang mau saya tanyain nih ke D, sempat ada yang bilang kalau Above the Stars, premis ceritanya mirip dengan salah satu film pendek yang berjudul "I Don't Want to Go Back Alone". apakah D terinspirasi juga dari film itu, atau malah belum nonton filmnya? Btw, sukses terus yaaa... semoga segera terbit buku kedua, ketiga, dan seterusnya... Good Luck :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Aku nonton versi panjangnya setelah salah satu peresensi di Goodreads mengatakan adanya kemiripan. Semoga ini menjawab pertanyaan kamu.

      Hapus
  14. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Email : n0v4ip@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/643309517107654656

    Happy Birthday D, semoga apa yang dicita-citakan tercapai ya dan semoga bukunya makin laris di pasaran. Terima kasih lho udah mau bagi bagiin buku nya... ^^

    BalasHapus
  15. Halo, semua. Terima kasih untuk semua ucapan dan harapannya. Terima kasih juga atas antusiasmenya dalam mengikuti giveaway ini. May the odds be ever in your favor. :)

    BalasHapus
  16. Nama: Frida Kurniawati
    Twitter: @kimfricung
    Email: kimririn93@ymail.com
    Link share: https://twitter.com/kimfricung/status/643323202358251520

    Selamat ulang tahun, D! Semoga sukses karier menulismu :D Btw, kita sepantaran *siapa yang tanya* hihi
    Saya belum pernah baca dan sama sekali nggak punya seri YARN terbitan Ice Cube. Awalnya memang sengaja menguperkan diri, tapi setelah banyak baca tentang ulasan YARN yang positif, saya jadi mupeng juga pengin baca hehe
    Terima kasih buat GA-nya, D dan Mbak Peri Hutan, semoga ini jadi pertama kalinya saya baca buku YARN Ice Cube (kalau menang :3)

    BalasHapus
  17. Nama : Desty
    Twitter : @destinugrainy
    Email : destinugrainy@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/destinugrainy/status/643327488383324160

    Selamat ulang tahun, D. Semoga karya-karyamu juga seperti bintang di langit.

    BalasHapus
  18. Nama : Dewi Padmi Padmi Pratiwi
    Twitter : @dewipadmip
    Email : dewipadmip@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/dewipadmip/status/643375663735422976

    Selamat ulang tahun, Kak D!! Semoga kedepannya buku-buku kakak jadi bestselling di Indonesia, atau bahkan ke luar negeri. Dan semoga semua karya-karya kakak bisa menginspirasi setiap orang yang membacanya hehe. Sukses terus, Kak D!

    BalasHapus
  19. Oktabri Erwandra
    @0ktabri
    oerwandra@gmail.com
    https://twitter.com/0ktabri/status/643458943906377729

    Selamat ulang tahun, D. Selamat mengenang perjuangan hidup-mati ibundamu bertahun-tahun silam. Semoga rasa syukurmu atas segala kenikmatan hidup hingga saat ini turut menyertakan doa untuk kebaikan beliau. Semoga karya barumu lekas terbit dan kembali hits.

    BalasHapus
  20. Nama : Piska Lestari
    Twitter : @kyupishae
    Email : Alicepark20@yahoo.co.id
    Link Share : https://twitter.com/kyupishae/status/643466494546808832

    ***

    Haaaay kak Daviiiiid Wijaaayaaa XD hehe..

    Miladan Sa'idan
    Saengil Chukkae Hamnida
    Otanjoubi omedetou gozaimasu
    Happy Birthday
    Selamat Ulang tahun...
    ヾ(*´∀`*)ノ

    Semoga panjang umur, sehat selalu dan dimudahkan apa yang diinginkan... ❤(◕‿◕✿)

    Dan dengan bertambahnya umur kakak sekarang, semoga kakak menjadi sosok penulis yang selalu the best deh buat para readers`nya hoho (´▽`) maaf sedikit telat ngucapinnya.. ^^

    Barakallah fii umrik yaaah kak david... ( ◜◡‾)(‾◡◝ )

    Oiyah sekilas tadi baca hasil dari sesi Interviewnya wkwk` semoga aja harapan yang kak david harapkan terkabulkan yaa.. Amiin :)

    BalasHapus
  21. Nama: Tri Indah Permatasari
    Akun twitter: @LiebeIs0503
    Email: triyusufciduk@yahoo.com
    Link share:https://twitter.com/LiebeIs0503/status/643619537930223617

    kunyanyikan sepenggal lagu favoritku yang selalu kunyanyikan setiap ada yang spesial ultah ya kak^^

    Hajiman bom, yeoreumgwa gaeul, kyeoul
    Eonjena malgo kkaekkeuthae

    Gyeoure taeona areumdaun dangsineun
    Nuncheoreom kkaekkeuthan namanui dangsin

    Saengil chukhahamnida, saengil chukhahamnida
    Saengil chukhahamnida. Dangsinui saengireul

    Happy Birthday To You
    (Happy Birthday To You)
    Happy Birthday To You

    Yeay Selamat 2 tahun ya KubikelRomance ^^

    Selamat mengenang kelahiran blogya ya kak ^^ Sukses, ditunggu review2 kecenya apalagi Giveawaynya hoho.
    Buat kak David sukses buat novel AtS-nya di tunggu karya lainnya. Semoga semua keinginannya terwujud ya. -Amin

    Ngomong2, book trailernya Bang, bikin nyesek. Kemana will?

    BalasHapus
  22. Nama : Christella Imanuellta
    Akun twitter : @ward_kns
    E-mail : kyaku_ishida@yahoo.com
    Link share : https://twitter.com/ward_kns/status/643651756153417728


    Hiii Kak David Wijaya... Otanjoubi omedetou :D

    Sukses buat buku-bukunya yaa ^_^

    BalasHapus
  23. Nama: Anis Antika
    Twitter: @AntikaAnis
    Email: anis_antika@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/AntikaAnis/status/643773829701963776?s=02

    Buat D. Wijaya, selamat ulang tahun. Semoga segala pengharapan baik yang diinginkan segera terwujud. Amin.

    BalasHapus
  24. Nama: Lina Riyanty
    Twitter: @arynity
    Email: lina.riyanty@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/arynity/status/643785936153608192

    Penasaran sama novel ini karena sempat jadi omongan di WA bajai karena ceritanya mirip dengan 1 judul film asing, tapi di luar itu juga banyak yang muji novel ini karena gaya bahasanya enak dan plotnya yang rapih.

    Pesan untuk penulis: Semoga tetap produktif dalam berkarya.

    BalasHapus
  25. Nama : Yukita Haura Anisa
    Akun Twitter : @YukiHaura_
    E-mail : yukihaura2@gmail.com
    Link Share : https://www.facebook.com/haura.styles/posts/1619798728269880 | https://twitter.com/YukiHaura_/status/643790014694817794



    Kak David! Selamat ulang tahun, ya! Semoga panjang umur, sehat selalu, sukses karir menulisnya yaaa! Semoga Above the Stars-nya bisa dicetak berkali-kali dan jadi best seller dimana-mana. Aamiin.

    Sukses selalu kak! Happy Birthday. God Bless U :D

    BalasHapus
  26. Dias Shinta Devi
    @DiasShinta
    diasshinta.iyas@gmail.com
    https://twitter.com/DiasShinta/status/643796838647115777
    https://www.facebook.com/DiasShintaDevi/posts/1028044317228685?pnref=story

    Happy birthday Kak David W. :))) {{}}
    sukses terus dengan karya-karyanya yang cetaaaaaaaarrrrr :D

    Happy anniv yaa Kubikel Romance :* makin kece badai yaa reviewnyaaa...

    BalasHapus
  27. Lois Ninawati
    @_loisninawati
    Ninawatilois@gmail.com
    https://mobile.twitter.com/_loisninawati/status/643806056225746944?p=v

    Happy b'day buat k'David :D wuatb, Gbu :)

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Naning Pratiwi
    @chelseas_lovers
    chelsea_lovers83@yahoo.com
    https://twitter.com/chelseas_lovers/status/643999636592570369

    Kayaknya seru-seru-seru. langsung catet di daftar belanjaan untuk masuk di rak bacaan terbaru. Hohohoh...

    Buat kak D, selamat ulang tahun. Semoga buku yang selanjutnya segera rampung. :D



    BalasHapus
  30. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    E-mail : agathavonilia@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/644165907309133824

    Wah ... Seri YARN ya? Aku belum baca satu pun novel dari YARN. Hehehe Novel ini kayaknya seru deh. Soalnya di Gramedia Jember masih belum ada. Hehehe

    Seluruh kata-kata motivasinya aku suka dari setiap jawaban D, mengingatkan akan ketakutanku untuk mengikuti lomba YARN dengan tidak menulis naskah padahal tema dan genrenya aku suka. Penyesalan selalu tidak berguna. 'Berani dan mulailah menulis' mungkin itu yang harus diterapkan dalam hidupku agar semakin bersemangat.

    Ada yang ulang tahun ini, aku cuma bisa ngasih ini nih ...

    Waktu demi waktu berlalu
    Hari demi hari meninggalkan sebuah jejak
    Bulan demi bulan hanya tinggal sepucuk kenangan
    Tahun demi tahun meninggalkan puing-puing kehidupan

    Bolehkah aku meminjam hangatnya Mentari?
    Aku ingin membungkus harapan dengan sinar Mentari untukmu D
    Bolehkah aku menari bersama Bintang?
    Aku ingin memberikan doa terbaik untukmu D

    Waktu, tidak akan pernah berhenti
    Hari, selalu mengiringimu
    Bulan, mencerahkan hatimu
    Tahun, akan terus berada di sisimu

    Selamat ulang tahun ...
    Waktu, hari, bulan dan tahun berjanji 1 hal padamu, D
    Mereka tidak akan pernah mengkhianatimu
    Kesuksesan menantimu di masa yang akan datang

    BalasHapus
  31. Nama : Rahmat H
    Akun twitter : @rhidayat04
    Email : rhidayat04@gmail.com
    Link share : [https://twitter.com/rhidayat04/status/644192142525636609] &
    [https://plus.google.com/111664446790401747885/posts/WRCYCzW17Nu]
    Pesan : Selamat ulang tahun D. Wijaya. Sukses untuk karyanya dan semoga dilancarakn untuk karya selanjutya.
    Terima kasih kubikelromance :D

    BalasHapus
  32. Nama: Didi Syaputra
    Akun Twitter: @DiddySyaputra
    E-mail: syaputradiddy@gmail.com
    Link Share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/644252532798152704

    Mudah-mudahan kali ini beruntung. Biar bisa lebih dekat dengan D. Wijaya. Ya, yang pasti bisa menikmati rangkaian kalimat indanhnya. Nah, karena aku pemula di dunia literasi, pengen sih karya-karya penulis tersohor bisa aku jadikan referensi alias media Otodidak seperti Above The Star ini. Yah, itung-itung amal jariyahlah Hehe. Salam Kreatif Mas D. Wijaya!

    Oea, Happy Birthday Mas D! Semoga panjang umur dan terus berkarya.

    BalasHapus
  33. Nama: Angelina Arum Wulandari
    Twitter: @angelinaaw249
    Email: angelina_arum@yahoo.com
    Link share: Check out @angelinaaw249's Tweet: https://twitter.com/angelinaaw249/status/644447895341563904?s=09

    Wauwww ada GA Above the Stars. Sebenernya aku udah mau beli buku ini dari dulu tapi apa daya isi dompet tak mencukupi hehehe. Oh ya, happy birthday ya *manggilnya ko ato kak ato apa nih, kak aja deh* kak... Semoga panjang umur, sehat selalu, hidupnya diberi kemudahan, karyanya tambah buanyakkkk, intinya wish you all the best kak. God bless you

    BalasHapus
  34. Nama: Naila Khuria Lutfiana
    Akun twitter: @NailaKL
    Email: nailakhuria@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/NailaKL/status/645331227587690496

    Saya langsung tertarik begitu baca sinopsis Above the Stars ini. Kalau dilihat dari jawaban Kak D ini, kayaknya Kak D ramah plus baik, ya. Saya belum pernah baca seri YARN sebelumnya, sih. Tapi langsung tertarik sih pas lihat sinopsis buku Kak D ini. Apalagi temanya LGBT, wah, saya nggak tahu harus bilang apa, karena jujur fenomena sosial kayak gini selalu bikin saya ingat dengan teman saya karena teman saya juga ada yang punya masalah kayak gini. Saya masih jadi teman sekolahnya sampai sekarang. Masih dekat juga. Nggak tahu dia masih kayak gitu atau sudah sembuh, saya nggak mungkin tanya. Yah, semoga saya beruntung.

    Buat Kak D, semoga terus berkarya dan selalu sukses. Ah, terima kasih juga buat Kak Sulis:)

    BalasHapus
  35. Kristina
    @kristyndims_
    kristinautin20@gmail.com
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1611187682482134&id=100007727520430&fs=4&ref=bookmarks

    Selamat hari lahir buat kak D, semoga makin banyak inspirasi di pertambahan usianya yaa.. ditunggu karya selanjutnya :)

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Nama: Akhfhin Rahardhiyanto
    Twitter: @afingleek
    Email: afingleek@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/afingleek/status/645472074719363072

    Selamat ulang tahun, D. Wijaya!! Semoga sukses dalam segala karya-karya yang ingin dikeluarkan. Semoga Above the Stars bisa jadi bestseller dan juga semoga aku bisa menang giveaway ini biar bisa baca Above the Stars!!!! Penasaaaarraaaaaaannnnnn!!!!

    BalasHapus
  38. Nama: Dita Ayu Maharani
    Akun twitter: @Ditaayu6
    Email: rani_bapak@yahoo.co.id
    Link share: https://twitter.com/Ditaayu6/status/645566606299430913
    Hai, KakVid!
    Ulangtahun Kakvid beberapa hari yang lalu, aku baru ngucapin sekarang. Telat (banget) x.x
    Tapi aku jadi teringat ketika aku ulangtahun, ada seseorang yang mengatakan sebuah kata-kata. Kira-kira bunyinya seperti ini, “Semua orang bisa saja hidup di dunia ini, namun hanya ada beberapa yang benar-benar bisa dan bertahan di dunia ini. Dan untuk menempa kehidupan di dunia itu teramat sulit, hanya segelintir orang saja yang akan mampu bangkit setelah terjatuh lalu menata lagi kehidupan dengan rencana yang jauh lebih baik. Jadilah menjadi segelintir orang itu, walau rintangan berdiri tegak menghadangnya, ia akan teguh menghadapinya.”
    Harapanku sama dengan harapan ‘seseorang’ yang dikatakannya padaku. Aku juga berharap, di ulangtahun Kakak ini, bukan hanya bertambahnya sebuah usia, namun juga kedewasaan. Semoga juga kakak lancar dalam bekerja, terutama ketika menulis!
    Aku jadi ingat waktu pertama kali aku baca karya Kakak. Potongan part “Sometimes” dan “Somehow” yang sampai sekarang sekarang aku belum tahu akhirnya. Aku langsung istilahnya jatuh cinta sama gaya bahasa Kakak yang lembut mengalun. Sampai sekarang Kakak masih memiliki gaya bahasa yang tidak dimiliki oranglain itu, maka dari itu aku berharap juga supaya nanti ada buku kakak di semua toko buku dan perpustakaan (agar dari golongan manapun bisa menikmati karya kakak :)) syukur-syukur bisa jadi film. (aaamiin aaamiin aaamiin)
    Terakhir, semoga hal-hal yang kakak impikan, bisa tercapai satu persatu. Aamiin. :)

    BalasHapus
  39. Nama: Ainun Marhamah
    Akun twitter: @ainunmarhamah
    Email: ainun_marhamah@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/ainunmarhamah/status/645898889732591616

    Aku mau ngucapin ah haha 😂
    Selamat ulang tahun D. Wijaya! All the best wishes for you hihi. Semoga sukses untuk kedepannya, novelnya makin +++ dan selalu dapat respon positif dr para pembaca. Dan semoga naskahnya gaditolak penerbit lagi *lho(?) Senangat nulisnya thor hehe. Semoga hal hal yang diimpikan bisa tercapai, mesi sedikit demi sedikit.

    P.s I'm curious with your novel haha. Setelah baca sinopsis dan setelah tahu kalo pemerannya buta dan ada unsur lgbt hahahaha. Kalo pun menang, alhamdulillah, kalo ngga, bakal nabung deh, udah masuk wishlist soalnya haha wish me luck x

    BalasHapus
  40. Nama: Ananda Nur Fitriani
    Akun twitter: @anandanf07
    Email: anandanftrn@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/anandanf07/status/646059422301622272

    Happy birthday, kak D! :D semoga umurnya berkah, makin banyak karyanya, makin sukses di bidang tulis menulis, pokoknya yang terbaik buat kak D ^^ naskah ditolak bukan berarti akhir dari perjuangan, buktinya sekarang kak D berhasil kan? terus berjuang ya kak! Dan semoga aku dapet kesempatan buat nyicipin karya kakak ya xD

    Btw, tanggal ulang tahun kak D sama kaya temenku, beda sehari sama kakak ku, dan beda dua hari sama mama ku :D

    BalasHapus
  41. Nama : Wening Purbawati
    Twitter : @dabelyuphi
    Email : dabelyu_phi@yahoo.com
    Share : https://twitter.com/DabelyuPhi/status/646138945391104000

    selamat mengulang tanggal kelahiran kak D~ ^^ semoga umurnya makin berkah dan tambah sukses di bidang tulis menulisnya..
    penasaran banget sama novel ini, semoga aku punya kesempatan buat nyicipin gimana cerita danny sama will di buku Above the Star ini ><

    BalasHapus
  42. Nama: Eka Sulistiana
    Akun twitter: @ekasulistiana24
    Email: ekasulistiana2412@yahoo.co.id
    Link share: https://twitter.com/ekasulistiana24/status/646250516603781120

    Selamat hari ulang tahun ya buat kak D.Wijaya, semoga semakin sukses, semakin banyak menebar kebaikan, semakin menginpirasi banyak orang, dan semakin di berkahi, Aamiin^^

    Semoga aku bisa sesegera mungkin menjadi tuan dari buku Above the Star ini, karena rasa penasaranku semakin memuncak akan kisah di dalamnya :)

    BalasHapus
  43. Lutfi, @lutfixx. bmwluph@gmail.com
    https://twitter.com/lutfixx/status/646472267694653440

    hello @authorde, best wishes for you ... ABOVE THE STARS! wah, bintang-bintang menghiasi langit. mungkin ini jawaban kalo the fault NOT IN our stars, tapi ABOVE the stars! haha, yah aku suka banget Gus dan Hazel, boleh kepo buku ini? :p hehe

    BalasHapus
  44. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/646482192810442752

    Oh....... LGBT tho.
    Pantesan aja pas baca blurb itu rada heran, kok nggak ada tokoh (utama) cewek ya? Somehow, ajaib aja kalau novel-novel sekarang nggak dihiasi dengan lope lope kan, kecuali pada genre khusus. Eh, rupanya... now I know. :D

    Halo, D!
    Tadinya aku nggak sadar lho kalau dirimu seorang laki-laki. Hwahaha. Gara-gara baca komen dari peserta-peserta yang di atas itu ada yang nyebutin nama David, baru ngeh deh akika. :p
    Selamat ulang tahun, btw. Walau nggak tahu tepatnya kapan, tapi ya selamat deh pokoknya. Semoga AtS nya sukses diserbu pembaca di luar sana dan banyak yang suka. Amin! :)

    BalasHapus
  45. Nama : Ken
    Twitter : @orion____
    Email : kenastridd@gmail.com
    Link Share :
    1. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=759526734176855&id=100003586077688
    2. https://twitter.com/orion____/status/646511055728852992

    Yo, author D😃
    selamat ulang tahun ya, semoga selalu mendapatkan yang terbaik dari Tuhan dan sukses dalam segala halㅡterutama dalam hal kepenulisan😃

    Selalu bergairah(????) setiap ada buku yang mengusung tema LGBT seperti ini😁 terutama dengan cerita angst yang bisa bikin-bikin baper lolsss wish me luck /cross finger sambil merapal jampi-jampi/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh sampai lupa hehe
      terima kasih juga untuk kak Sulis yang menyelenggarakan giveaway ini😁
      Sukses selalu😃😃

      Hapus
  46. Nama:Dini Auliana Putri
    Akun twitter:@Dini_28
    Email:dinieembemz@yahoo.co.id
    Link share:https://twitter.com/Dini_AP28/status/646668423770959872

    Selamat ulang tahun Kak.
    Semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan dan kesuksesan.

    BalasHapus
  47. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com
    Lihat Tweet @RiniCipta: https://twitter.com/RiniCipta/status/647328911487991808

    Selamat atas terbitnya Above the Stars ya kak D. Akhirnya penolakan naskah dibayar lunas dengan terpilih di kompetisi menulis :)
    Oya, selamat ulang tahun juga deh. Walaupun udah telat banget ngucapinnya hehee.. semoga kerjaannya lancar, nulisnya tanpa hambatan, kehidupannya juga bahagia selalu. Wish you all the best deh, GBU!

    BalasHapus
  48. Nama : Aditya Septiawan
    Akun Twitter : @aditseptiawan_
    e-mail : adityarema@gmail.com
    Link Share :
    https://twitter.com/aditseptiawan_/status/647364951263195136
    https://plus.google.com/113184131337987199423/posts/8E9otzEgoj8

    Untuk kak D. Wijaya selamat memperingati tanggal kelahiran, semoga sukses & tetap semangat dalam berkarya :D

    BalasHapus
  49. Abduraafi Andrian | @raafian | oughmybooks@gmail.com
    Share: https://twitter.com/raafian/status/647641250531643392

    Make a blast, D! I just wanna proof the issue about this book, so gimme the book!

    BalasHapus
  50. Nama: Thia Amelia
    Akun twitter: @Thia1498
    Email: thiameliasn@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/Thia1498/status/647703029156745217

    selamat ulang tahun ka @authorde, semoga sehat selalu agar bisa melanjutkan karya-karyanya, diberkahi hidupnya dan dalam kesenangan setiap saat.

    BalasHapus
  51. Nama : Hary Gimulya
    Twitter : @angels_rutherfo
    Email : harygimulya@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/angels_rutherfo/status/648091873853046786

    Pertama mau komentar soal cover novelnya yang keren! Beneran keren kak @authorde, serasa melihat buku import.
    Paduan warnanya pas dan gambar backgroundnya juga sangat mendukung. Perfect!
    (kalau melihat covel novelnya kece begini, langsung tertarik pingin beli, meskipun belum baca sinopsisnya.hehehe)
    Terus ga nyangka kalau kak @authorde ternyata masih muda, baru berumur 22 tahun!
    Jadi inget pepatah, yang muda yang berkarya nih.
    Semoga novel ini bisa menjadi awal bagi karya-karya kak @authorde yang selanjutnya.
    Happy birthday ya kak, kami senang sekali dengan kehadiran karya kakak di kancah novel nasional dan memberi warna lain, terutama lewat tema novelnya
    yang unik dan berbeda. Semoga dalam waktu dekat bisa mengeluarkan novelnya yang ke-2,3,4,5,dst.
    Wish you all the best!

    BalasHapus
  52. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Twitter : @ruth_shiela
    Email : yskasim@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/ruth_shiela/status/648089894166728704

    Terima kasih untuk kesediaannya diwawancara ya kak @authorde, dengan ini jadi lebih banyak tahu mengenai
    latar belakang novel Above The Stars ini (termasuk terinspirasi dari novel beken The Fault in Our Stars^^).
    Semoga novel ini sama larisnya dengan novel TFiOS ini, bahkan kalau bisa difilmkan juga.:)
    Di ulang tahun kakak ini, aku (dan tentunya para pembaca lainnya) berharap semoga kakak selalu diberikan kesehatan,
    panjang umur, serta semangat untuk terus menghasilkan karya-karya yang berkualitas.
    Kami tunggu karya-karya kakak yang selanjutnya. Tuhan memberkati.:)

    BalasHapus
  53. Nama: Putri Prama Ananta
    Akun Twitter: @PutriPramaa
    Email: anantaprama@yahoo.co.id
    Link Share: https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/648107592099565568?p=v dan yang lain

    Akhirnya aku ingat password GFC-ku. Hahaha!
    Oke, sebenarnya, aku bertanya-tanya, mengapa giveaway ini nggak ada pertanyaannya--biasanya kan ada.
    Balik ke topik utama, aku suka banget sama covernya--sama pilihan fontnya dan peletakan judulnya. Oh Tuhan, kerenn banget!
    Fokus lagi. Happy Birthday ya Kak D! Suka deh dengan namanya, kaya misterius gimanaaa gitu. Happy Birthday Ka D! (lagi) Semoga segala hal yang positif-positif selalu ngikutin Kak D, semoga lahirannya (read: lahiran novel) lebih sering. Semoga novelnya bestseller! Semoga semoga-semoga kami (yg ikutan GA maupun nggak) yang baik-baik terkabul. Sukses selalu, Kak D!

    BTW, Kak D, aku belum punya satu novel YARN di rumah dan yang ikutan GA ini banyak banget ya *inikodekeras

    HAPPY BIRTHDAY KAK D!!! :D

    BalasHapus
  54. Nama: Nur Ramadhani Anwar
    Twitter: @DhaniRamadhani
    email: dhanianwar.ramadhani2@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/DhaniRamadhani/status/648382350573764609
    mbak, aku follow di bloglovin yaah, GFC gak bisa-bisa :(

    Selamat ulang tahun yah mbak D, keep writing! ;)

    BalasHapus
  55. Nama: Wie Wie
    Akun twitter: @wiewie_tjen
    Email: wiedf2003@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/wiewie_tjen/status/648383453101056000
    Oya selamat ultah ya ^^ Semoga panjang umur, sehat selalu, novelnya laris manis, pokoknya wish u all the best deh ^^ oh ya jangan sampe kelupaan juga wishnya semoga saya bisa dapet give away-nya ^^ hehehe success for u yah

    BalasHapus
  56. Nama: Farah Fahmi
    Twitter: @farrmasi
    Email: farahfahma179@gmail.com
    Link:https: //twitter.com/FarrMaSi/status/649263992926396416
    Di detik2 terakhir bulan september, aku mau ngucapin Happy Birthday Kak D.Wijaya^^ srmoga karyanya semakin baik kedepannya dan disukai banyak orang✨

    BalasHapus
  57. D orangnya asyik ya, Lis? Aku suka banget Above The Stars.
    Jadi nggak sabar pengen baca novelnya yang baru. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa, hehehe, aku juga nunggu nih, semoga enggak ada isu-isu nggak enak lagi jadi bacanya bisa plong :D

      Hapus
    2. Sebenarnya aku nggak ngaruh sih, waktu baca AtS, terutama setelah denger ceritamu ttg pelatihan menulis yang bisa sama persis itu. Lagian, cerita lgbt kayak gini polanya mirip-mirip aja sih: good boy ketemu bad boy, terus terjadilah hal itu. (itu apa woy?). LOL. Yang bikin novel ini istimewa karena gaya bercerita D yang asyik.

      Hapus
    3. LOL
      Yap, sama alasanku kenapa suka dengan buku ini, D punya bakat dalam menulis dan ciri khasnya nggak bisa ditiru atau dari hasil meniru :p

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...