Senin, 10 Agustus 2015

Buku-Buku Bertema Mental Illness | Genres, Recommendation, Books and Songs


Hai hoooo, lama banget saya nggak posting tentang genre, rekomendasi buku sesuai tema dan lagu yang macing dengan buku alias soundtrack yang cocok dengan buku tertentu. Kini saya hadir kembali dengan postingan borongan. Yap, borongan karena semua fitur tadi akan saya rangkum dalam satu postingan ini :D. Sebenarnya rencana nulis postingan ini udah dari dulu namun kesela dengan postingan lain jadi agak terbengkalai, selain itu ada beberapa buku yang belum saya baca juga. Nggak puas kalau membahas sesuatu namun tidak menguasainya.

Kali ini saya akan membahas genre yang agak berat, genre buku yang ketika membacanya perasaan kita akan ikut teraduk-aduk, empati kita akan unjuk gigi. Konflik di dalam buku tersebut bisa saja terjadi pada diri kita atau orang terdekat. Namun, saya juga akan menghadirkan sountrack yang bisa menjadi penyemangat, bahwa semua masalah pasti ada penyelesaiannya, dan yang terpenting, kalian nggak sendirian di dunia ini. Merasa familier? Kali ini saya akan membahas genre buku Mental Illness.

Menurut Goodreads
Books about the internal struggles people must face when confronted with mental illnesses.
Menurut Arti Kata
Any disease of the mind; the psychological state of someone who has emotional or behavioral problems serious enough to require psychiatric intervention.
Patokan saya, genre ini adalah gabungan dari realistic fiction dan psychology. Konfliknya bisa kita temukan di kehidupan nyata, kejadian yang benar-benar bisa terjadi namun karakternya fiksi, kemudian digabung dengan permasalahan psikologi, seperti ganguan kepercayaan diri, depresi, penyalahgunaan obat-obat terlarang, sampai perilaku seseorang yang spesial (OCD, klepto, autisme, dsb). Genre ini erat sekali dengan tema bunuh diri.

Beberapa contoh buku Mental Illness:



Saya menaruh perhatian yang cukup besar untuk genre ini, saya selalu tertarik dengan tema cerita yang dihadirkan. Biasanya genre Mental Illness ini digabung ke dalam genre Young Adult maupun New Adult, tidak jarang pula dimasukkan ke dalam genre Thriller-Mystery. Mungkin karena banyak permasalahan yang terjadi pada fase peralihan remaja ke dewasa mempengaruhi daya tahan seseorang, koping yang tidak adekuat mempengaruhi kesehatan mental mereka. Karena seperti yang kita ketahui, masa remaja adalah masa yang sangat labil. Bisa juga terjadi karena obsesi yang berlebih namun gagal memenuhinya, membuat seseorang menjadi 'gila'.

Beberapa buku bertema Mental Illness terjemahan yang pernah saya baca:
  1. After: Setelah Malam Itu by Amy Efaw
  2. 13 Reasons Why - Jay Asher
  3. The Virgin Suicides - Jeffrey Eugenides
  4. Me Before You - Jojo Moyes
  5. By The Time You Read This, I'll Be Dead - Julie Anne Peters
  6. Hopeless - Colleen Hoover
  7. Gone Girl - Gillian Flynn
Buku dalam negeri:
  1. Interlude - Windry Ramadhina
  2. (Me)mories - Nay Sharaya
  3. Take Off My Read Shoes - Nay Sharaya
  4. Remedy - Biondy Alfian
  5. Diary Princesa - Swistien Kustantyana
  6. Heartling - Indah Hanaco
  7. Unfriend You - Dyah Rinni
  8. Dangerous Game - Christina Tirta
Kenapa saya sangat menyukai membaca buku bertema Mental Illness?
  1. Konfliknya realistik, kita bisa mengalaminya, sehingga terasa dekat dengan keseharian kita, menjadi lebih dekat dengan tema yang diangkat.
  2. Kita bisa belajar dari permasalahan yang ada, mencoba memahami bahkan bisa belajar dari penyelesaian masalah yang ada di dalam buku tersebut.
  3. Para tokoh di dalam buku tidak sempurna, layaknya kita sehingga bisa bercermin.
  4. Selalu ada pesan moral yang kita dapatkan, agar kita belajar menjadi orang yang lebih baik lagi.
  5. Penuh kejutan dan tak tertebak, sering kali ceritanya mengaduk-aduk perasaan kita.

Setelah membahas pengertian dari genre Mental Illness dan contoh buku-bukunya, saatnya kita beralih ke soundtrack! Kali ini saya tidak akan menghadirkan satu buku beserta lagu yang cocok untuk buku tersebut, namun beberapa lagu sekaligus. Buku-bukunya bisa diwakilkan contoh di atas, karena temanya sama. Lagu-lagu berikut adalah lagu penyemangat, agar kita tetap terus menjalani kehidupan yang penuh cobaan ini, bahwa kita semua pernah gagal kok, dan tidak ada salahnya untuk bangkit lagi, memperbaiki. Lagu-lagu yang saya puter sampe jebol. Sebenarnya ada banyak banget, namun saya hanya menampilkan lima saja, sebagai perwakilan suara orang-orang yang teraniaya dan tertindas :D.

Songs That Remind Me of Mental Illness Books.

Try by Colbie Caillat


Lagu ini cocok banget untuk buku yang bertema gangguan kepercayaan diri. Jadilah dirimu sendiri :)

Demons by Imagine Dragon


Setiap manusia itu mempunyai sisi baik dan sisi jahat, dan itu manusiawi banget kok. Nggak ada yang sempurna di dunia ini.

Hall of Fame by The Script ft. will.i.am


Kita boleh gagal, kita boleh pernah jadi pecundang. Tapi kalau kita berusaha bangkit dan memperbaiki semuanya, nasib akan berbalik kepada kita :D

Brave - Sara Bareilles


Be Brave!

F**kin' Perfect - Pink


Kita pernah salah, itu sudah biasa, nggak ada yang sempurna di dunia ini. Jangan menyalahkan diri sendiri, jangan rendah diri, kita bisa menjadi apa pun yang kita mau :)

Demikian bahasan saya tentang Mental Illness, mungkin ada yang bisa menambahkan? Baik dari pengertian atau contoh buku-bukunya? Dari semua buku di atas mana yang pernah kamu baca dan pengen banget kamu baca? Adakah lagu favoritmu yang cocok untuk buku bergenre Mental Illness ini? Yuk komen pendapat kamu, biar menambah informasi bagi saya juga :)

Sampai jumpa di genre, recommendation, books and songs selanjutnya :).

8 komentar:

  1. menurut saya ini genre yang aneh.. no offense, tapi maksudnya gimana gitu buku genre mental illness?? apa entar kita gak sedih gitu abis baca bukunya??

    jujur saya belum pernah baca buku genre ini.. tapi kalau nonton film virgin suicide sih udah.. dan sedih banget dengan ending filmnya :(

    btw thanks buat infonya, karena beneran baru tau ada genre seperti ini :)

    salam hangat dari pipitta.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, bukunya emang khusus bagi pembaca yang suka cerita depresi, sedih sih, tapi ada bagian yang bisa membuat bahagia juga kok, misal ending tokoh utamanya sesuai keinginan pembaca, yaitu happy ending :)

      Hapus
  2. The girl on the train sama novel novelnya gillian flynn yg lain tuh novel sakit jiwaa. Coba deh lis. Aku sih suka buku beginian. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, aku nunggu terjemahannya, hehehe

      Hapus
  3. Gone Girl, ga masuk ?
    Kalo dulu ada tuh buku dari genre ini, judulnya Misery, ada filmnya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan ada mbak di atas, hehehe, berarti masuk dong :)
      Belum pernah denger nih, coba nanti cari sinopsis bukunya :)

      Hapus
  4. kalo aku punya 1 lagu yang depresif banget sih, kalo lagi denger itu aku suka inget berada di posisi karakter cerita bertema mental illness. Lagu dari Daughter yang judulnya Smother.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti dengerin ahhh, makasih ya rekomennya, kalau lagu pilihan Ziyy sih nggak usah diragukan lagi XD

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...