Minggu, 21 Juni 2015

The Wedding Eve by Hozumi | Manga Review

The Wedding Eve
Penulis: Hozumi
Alih bahasa: Gie
Editor: Niken
Desain sampul: Theresia Debby
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
ISBN: 978-602-02-5430-2
Cetakan pertama, Desember 2014
200 halaman
Buntelan dari @bukupediacom
Esok adalah hari pernikahan kakak perempuan angkat Toshiaki.

Namun sang kakak justru memilih untuk menghabiskan hari itu untuk menginap di rumah Toshiaki. 



Itulah hari terakhir mereka bisa bersama. Perasaan yang tak terucap selama bertahun-tahun pun harus berakhir hari itu pula. 

Diiringi isak tangis sang kakak, Toshiaki mengantarnya menuju pernikahan.

Sudah lama sekali saya tidak membaca manga, bisa dibilang saya sudah meninggalkan dan lebih memilih baca novel. Beberapa alasannya karena mayoritas manga itu berseri dan kadang sampai bertahun-tahun endingnya belum selesai ditulis, membuat saya lupa akan cerita sebelumnya, membuat saya lelah menunggu dan mencari yang lebih pasti. Selain itu harga manga sekarang mahal #kutubokek.

Trus kenapa kali ini saya mulai melirik manga lagi? Pertama kali melihat cover manga ini saya langsung jatuh cinta, intusi saya mengatakan kalau saya harus baca, dan biasanya jarang meleset. Begitu selesai saya sangat puas, manga ini berdiri sendiri dan tidak tebal, tidak perlu bertahun-tahun menunggu lanjutannya, selain itu isi di dalamnya bermakna sekali. Ada lima cerita utama yang dipecah menjadi tujuh bagian, saya jelaskan secara singkat tiap bagiannya.

The Wedding Eve dan After That
Cerita pembuka dan penutup. The Wedding Eve menceritakan dua bersaudara yatim piatu, sang kakak perempuan akan menikah dan sebelum meninggalkan rumah dia ingin menghabiskan waktu semalam bersama adiknya. Saya menangis membaca cerita ini, maknanya dalaaaaammmm sekali, gambarnya sangat bisa menunjukkan ikatan persaudaran kedua tokoh utamanya, si kakak yang sebenarnya berat meninggalkan adiknya yang serampangan, sedangkan si adik walau cuek, dia berharap kakaknya bisa bahagia. Bagian favorit saya adalah ketika mereka tidur bersebelahan dan bergandengan tangan.

Reunion at Azura Number 2
Cerita kedua tidak kalah bagus, bahkan keren keren keren sekali. Bercerita tentang seorang gadis kecil yang menghabiskan satu hari bersama ayahnya. Ayahnya hanya datang setahun sekali dan si gadis kecil ingin memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin, entah itu mencuci atau makan bersama. Endingnya benar-benar nendang! Bagian favorit saya adalah ketika si gadis kecil menjemur pakaian dan kesusahan menjangkau tali jemuran, kemudian si ayah mengangkatnya.

Monochrome Brothers
Bercerita tentang dua saudara yang sepuluh tahun berpisah, mereka membicarakan masa lalu di sebuah kedai minuman, di mana yang satu sekarat karena kanker. Mereka membicarakan seorang gadis yang sama-sama mereka sukai sewaktu sekolah dulu, saling menebak siapa sebenarnya yang dicintai sang gadis.

Dreaming Scarecrow (first and last episode)
Bercerita tentang dua saudara laki-laki dan perempuan, ayah mereka pergi berperang kemudian ibu mereka pergi dengan lelaki lain, kemudian mereka berdua dititipkan kepada paman dan bibi yang memiliki tiga anak, di mana kehadiran mereka sebenarnya tidak diterima. Mereka tidak bisa hidup mewah, para sepupu sering berbuat jahat, mereka berdua hanya memiliki satu sama lain. Ketika si adik perempuan merindukan ibu mereka, bersama kakaknya dia akan pergi ke ladang gandum dan bicara kepada orang-orangan sawah, memanggilnya Mama, sebagai pelepas kangen. Si kakak tidak bisa melarang, sampai besar pun si adik masih menganggapnya Mama.

Lalu suatu hari sepupu mereka berbuat salah namun kesalahan dilimpahkan ke si kakak, bibi mereka tidak peduli dengan orang lain kecuali anaknya sendiri, puncaknya si kakak pergi meninggalkan rumah dan mengajak si adik, namun karena tidak ingin berpisah dengan Mama, si kakak pergi sendirian. Sampai bertahun-tahun kemudian si kakak tidak pernah kembali, tidak pernah ada kabar. Lalu datanglah sebuah kartu pos yang mengatakan kalau adiknya akan menikah, tanpa ada tanda siapa pengirimnya. Bagian favorit saya adalah ketika kakak beradik tersebut berpelukan di samping orang-orangan sawah pada malam hari.

October's Miniatur Garden
Tentang seorang penulis yang hidup sendirian, yang tidak juga menemukan ide untuk buku selanjutnya. Bisa dibilang hidupnya berantakan bahkan tidak mempunyai semangat hidup. Lalu datanglah seorang gadis misterius yang memaksa sang penulis untuk 'hidup kembali', mencoba mengeluarkan dia dari kesepian.

Yak, itulah isi dari buku ini, keren banget, kan? Nggak perlu makan banyak waktu untuk menyelesaikannya, disampaikan secara to the point namun pesannya pun jelas terlihat, tentang kuatnya ikatan persaudaraan, kasih sayang ayah ke anak, tentang sebuah hubungan keluarga. Dan saya merekomendasikan bagi yang mencari cerita bertema family, recommended banget manga ini!

4.5 sayap untuk Toshi, hiks :(







NB:
Giveaway Terselubung!
Yeay, akhirnya ada lagi, lumayan lama nih nggak ngadain giveaway terselubung, giveaway diam-diam khas Kubikel Romance, hehehehe. Kali ini saya akan memberikan buku Sabtu Bersama Bapak karya Aditya Mulya kepada satu orang yang beruntung yang beralamatkan di Indonesia. Buku ini bertema keluarga, tentang hubungan ayah-anak, jadi masih macing sama review di atas, kebetulan punya dobel jadi buat pembaca setia Kubikel Romance deh :D.

Selain giveaway diadakan diam-diam, salah satu ciri khas giveaway terselubung adalah nggak banyak syarat, jadi kamu nggak perlu follow twitter, blog atau mempromosikan giveaway ini, biar yang benar-benar suka baca review saya yang tahu. Tapi kalau mau follow blog ini boleh banget sih, hehehehe. Yang jelas syaratnya cuma satu yaitu jawab pertanyaan di kolom komentar. Nah pertanyaan kali ini gampang kok, kasih saya rekomendasi buku bertema keluarga favorit kamu, siapa tahu saya kepingin baca juga :). Bagi yang ingin berkomentar tentang manga di atas boleh banget :D. Giveaway berakhir habis lebaran ya, kapan waktunya nantikan aja, pokoknya pantengin terus Kubikel Romance :p.



*Update*

Hai halo, udah lebaran nih bahkan udah berganti bulan, mau ngumumin pemenang giveaway terselubung ini. Dan yang beruntung mendapatkan Sabtu Bersama Bapak adalah...

Eni Lestari

Selamat ya, silahkan kirim data diri kamu ke email zhuelhiez(at)yahoo(dot)co(dot)id untuk konfirmasi pengiriman hadiah.
Dan untuk semua yang udah ikutan, terima kasih atas rekomendasinya, bukunya keren-keren dan minta dibaca, semoga suatu saat bisa kesampaian nyicipin rekomendasi kalian. Maaf juga ya hanya ada satu pemenang, tapi jangan sedih, besok akan ada giveaway lagi kok. Pokoknya pantengin terus dan follow Kubikel Romance :D

10 komentar:

  1. Hallo kakak, mau ikutan giveway nih moga aja beruntung hehehe:D
    Novel tema keluarga favoritku itu "Mencari Ratu Istana Cinta" yang ditulis oleh Tria Barmawi.
    Menceritakan usaha seorang ayah, yang mencarikan ibu Tiri untuk anak-anaknya. *ssssttt* dari novel ini juga sih kak aku akhirnya mengubah fikiran saya tentang ibu tiri :)

    BalasHapus
  2. Sulis! Aku ga mau ikut giveawaynya sih. Udah punya bukunya, baca, dan kukasih ke temenku yang seorang bapak, biar bisa diterapkan ke anaknya. hahahaha.

    Gile itu beneran manga 1 buku tuh yang kamu baca? Ceritanya banyak dan masing2 kayaknya kompleks kok muat di 1 buku 200 halaman? hahaha. Aku suka beli komik-komik cerita pendek kayak gitu. Tapi komik mahal yaa sekarang. 20ribu padahal tipiss.. dibanding komik zaman dulu. Kemaren pas ada sale komik elex, berantakan banget pula komik-komiknya, susah pilih-pilih. Akhirnya malah beli komik kumpulan cerita tentang cinta anak sekolah gitu. hahahaha. Pengen cari komik ini ah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya serius, lima cerita di dalam satu manga nggak lebih dari 200 halaman, hehehe. Emang ceritanya nggak panjang-panjang tapi ngena banget kok gambarnya, jadi pesannya mudah kita terima :)

      Hapus
  3. ikuttt giveawaynyaa!
    novel bertema keluarga yang aku suka banget itu Happily Ever After karya kak Winna Efendi :D
    itu ceritanya tentang keluarga kecil yang bahagia, sebelum penyakit dateng ke papanya :" (sedih jadinya) karena papanya sakit gitu, keluarga ini jadi canggung satu dengan yang lain. sampai sampai papanya meninggal :"

    BalasHapus
  4. Buku favorit bertema keluarga? Suka The Chronicles of Audy karya kak Orizuka! Ini masuk tema keluarga kan ya :D? Ceritanya cukup menghibur, kronik kehidupan Audy yang menyedihkan, dan juga berbagai masalah yang muncul di keluarga 4R yang hidup mandiri tampa orangtua membuat buku ini punya ciri khasnya sendiri, ada lucunya, manisnya, bahkan ada juga adegan yang membuat bisa meneteskan airmata! belum lagi dengan bookmarknya yang bikin greget! Selanjutnya, yang kental dengan keluarga ada Happily Ever After karya Winna Efendi. Itu benar-benar tema keluarganya dapat, tentang Lulu yang menyayangi ayahnya, tentang Lulu mengidolakan Ayahnya, dan tentang Lulu yang tak ingin kehilangan ayahnya, pokoknya buku ini berhasil buat nangis kejer >,< tapi ada bagian manisnya juga dong ya, duh Elo~

    BalasHapus
  5. Mbak Sulis pernah baca After karya Francis Chalifour? ini novel teenlit yang berkesan banget, makanya jadi salah satu buku bertema keluarga favoritku. ceritanya tentang Francis yang harus mendapati kenyataan pahit kalo ayahnya bunuh diri di loteng rumahnya. Francis sedih banget ayahnya meninggal dengan cara seperti itu. tapi dia mencoba gak larut dalam kesedihan demi adiknya Luc. Luc masih kecil. dia gak ngerti konsep kematian dan terus berharap ayahnya hidup lagi dan main sama dia seperti biasanya.

    setelah kematian ayahnya, Francis sadar ternyata hidup terus berjalan. dia masih harus sekolah dan ketemu teman2nya. dia mencoba tegar, tapi rupanya di lubuk hatinya yang terdalam dia belum bisa merelakan kematian ayahnya. belum lagi ibunya tiba2 punya pacar. Francis marah. dia merasa ibunya gak punya hati. padahal ayahnya baru saja meninggal, tapi kok bisa ibunya sudah punya pengganti ayahnya.

    novel ini sarat emosi lah pokoknya. recommeded banget kalo mau baca teenlit yang temanya beda :)

    BalasHapus
  6. Novel favorite saya dengan tema keluarga adalah :
    Cinta diujung Sajadah karya Asma Nadia.
    Disini diceritakan, Cinta seorang gadis yang tinggal bersama Ayahnya sedangkan Ibu kandungnya entah pergi kemana. Ayah Cinta menikah dengan seorang janda yang merupakan mantan model. Cinta memiliki saudara tiri bernama Anggun dan Cantik. Dalam keseharian, mereka bertiga selalu saja bertengkar.
    Ketika Cinta tepat berumur 17th sebuah rahasia besar terkuak. Mbok Nah menyerahkan sebuah amplop dan foto. Ada kemungkinan Ibu kandung Cinta masih hidup. Demi memberikan bakti kepada Ibu kandungnya, Cinta rela mencari jejak Ibunya. Jakarta-Bandung-Yogyakarta menjadi tempat tujuan pencariannya.
    Apakah Cinta dapat menemukan Ibunya?

    Novel ini sangat bagus untuk dibaca. Banyak sekali manfaat yang dapat kita petik didalamnya.

    Semoga saya beruntung :)

    BalasHapus
  7. Kalo aku ngerokemdasiin buat Mbak Sulis ini >> Novel Jodoh Untuk Naina karya Mbak Nima Mumtaz. Soalnya Novel ini tuh, Novel romancee yang dibalut dengan nuansa Islami dan cocok banget dibaca untuk siapa aja. Mau yang udah nikah atau udah. Tapi yang pasti ini recommended banget deh.

    Jadi, ceritanya itu tentang seorang gadis yg usianya 22 tahun yg tiba-tiba aja akan dijodohkan sama Abahnya. Nah karena si gadis ini begitu sayang sama Abah, dia gak mau buat Abahnya kecewa, akhirnya dia nerima aja, padahal dia galau alias ragu luar biasa.

    Dalam novel ini juga banyak sekali mengajarkan tentang bagaimana caranya menerima, merasakan kebahagiaan, pahitnya kekecewaan dan akhirnya bagaimana cara kita agar tetap bertahan.

    Kekeluargaannya begitu terasa banget dalam novel ini. Bahkan aku beri 4,5 bintang! Wow, menurutku sih ini recommended banget Mbak Sulis :))).

    Mungkin Mbak mau intip review singkatku juga tentan novel ini? Oke, jika berkenan, kunjungi yo Mbak disini: https://irmalovebooks.wordpress.com/2015/06/27/review-jodoh-untuk-naina-by-nima-mumtaz/

    BalasHapus
  8. Aku mau ngerekomendasiin Emmy & Oliver by Robin Benway ke kak Sulis. Buku ini selain memang tema intinya adalah keluarga ceritanya juga menarik sekali. Jadi ada 2 karakter utama yang bersahabat baik, Emmy dan Oliver. Emmy ini orangnya selalu dikekang sama kedua orang tuanya ngga boleh bebas. Sedangkan Oliver ini punya bapak yang dia pikir awalnya baik tapi ternyata engga, karena bapaknya Oliver sendiri menculik dan memisahkan Oliver dari Emmy sepuluh tahun yang lalu. Sekarang Oliver balik lagi ke hometown-nya ketemu sama Emmy, apa yang terjadi sama mereka yaaaaa.

    Jujur aku belum baca bukunya kak, tapi aku udah baca karya penulis ini yang sebelumnya dan sangat enjoyable. Dialog-dialog pembicaraan antar karakter yang ditulis penulisnya itu seolah-olah terasa beneran pokoknya ngeflow banget ga keliatan dibuat-buat. Apalagi novel terbarunya ini bertemakan keluarga, cocok lah buat kak Sulis yang pengen coba tema family di buku lain :D

    BalasHapus
  9. aku baca review komik ini juga di tastelifetwice.net ceritanya sepertinya bagus tapi aku kurang suka sama gambarnya *manusia visual*, mba Sulis, saran aja sih.. kalo review komik disertakan foto dalamnya dong dikiiit aja hehe

    kalo buku bertema keluarga, coba baca For One More Day nya Mitch Albom.. buku itu bercerita tentang seorang anak yang 'ditemui' oleh ibunya yang sudah meninggal.. banjir air mata deh :')

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...