Rabu, 17 Juni 2015

Stay With Me Tonight by Sofi Meloni | Book Review

Stay With Me Tonight
Penulis: Sofi Meloni
Editor: Afrianty P. Pardede
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
ISBN: 978-602-02-6646-6
Cetakan pertama, Juni 2015
280 halaman
Buntelan dari @Sofi_Meloni
Bisa dibeli di @bukupediacom
Mereka bilang hubungan di atas tempat tidur dan cinta itu dua yang berbeda. Katanya lagi hubungan intim bisa dilakukan dengan ataupun tanpa cinta. Dengan cinta? Bullshits..! Cinta itu hanya ada di cerita dongeng belaka, setidaknya itu yang kupercaya sampai aku bertemu dengannya...

Mungkin pertemuan kami diawali dengan cara yang salah dan mungkin juga pada dasarnya dua orang yang sama-sama terluka tidak seharusnya bersama.

Pada akhirnya kami harus mengakui kalau kami adalah dua orang yang salah untuk satu sama lain.

-Ayu-
Karena ayahnya yang seorang penjudi dan pemabuk, membuat kondisi keuangan keluarga Ayu bangkrut, mereka kini tinggal di pemukiman miskin dan kumuh, Ayu tak lekas lulus kuliah dan dia bekerja part time untuk memenuhi kebutuhannya sendiri sekaligus ibunya yang sakit-sakitan. Sebenarnya Ayu adalah anak angkat, sebelum ibunya menikah kehidupan mereka bahagia dan tercukupi. Ayu sangat menyayangi ibunya, sudah dianggap seperti ibu kandung sendiri. Ibunya dibutakan karena cinta, sudah berulang kali Ayu meminta ibunya untuk meninggalkan suaminya dan kembali hidup normal seperti dulu kala, namun ibunya tetap tidak ingin berpisah dengan suami yang suka main pukul itu. Bahkan suatu ketika ayahnya berniat menjual Ayu dan memukulinya habis-habisan, Ibunya hanya minta maaf dan yakin tidak akan mengulanginya lagi. Tentu saja Ayu tak pernah percaya bahwa lelaki bejat itu akan tobat. Kondisi tersebut membuat Ayu jarang pulang ke rumah, dia lebih memilih tinggal di apartemen lelaki yang sekarang menjadi pelanggannya.

Ayu bersyukur telah ditolong oleh seseorang ketika dia akan dijual ayahnya, seorang pangeran tampan yang telah menyelamatkan hidupnya. Namun lelaki tersebut malah memanfaatkan dirinya demi nafsunya sendiri, tidak menyia-nyiakan apa yang telah dibayarnya. Kini setiap malam, di mulai pukul sepuluh Ayu akan mendatangi apartemen bernomor 1109, dia mempunyai akses kartu yang sama dengan sang pemilik sehingga bisa masuk sewaktu-waktu. Dia akan memuaskan nafsu laki-laki tersebut, mengambil bayaran lalu pulang. Begitu setiap malam. Mereka sama-sama tidak tahu menahu akan identitas masing-masing, hanya sebuah kesepakatan yang saling menguntungkan. Sang lelaki mendapatkan kepuasan, Ayu mendapatkan bayaran. Awalnya dengan terpaksa, lama-kelamaan Ayu sangat menikmati kebersamaan mereka, dia melakukan dengan suka rela, dan mulai tertarik dengan kehidupan lelaki tersebut.

Sedikit demi sedikit Ayu mengetahui siapa lelaki yang setiap malam bersamanya, dimulai dari namanya, Benny Kurniawan, seorang eksekutif muda yang mempunyai masa lalu kelam. Beberapa jam setiap malam tidak cukup bagi Benny, dia juga ingin mengenal lebih dalam tentang Ayu. Namun Ayu tahu hubungan mereka tidak akan pernah bertahan, tidak ingin bermimpi jauh, dia tidak percaya cinta, cinta bisa menghancurkan dirinya seperti halnya dengan ibunya sendiri. Ayu akan bertahan sampai Benny jenuh dengan dirinya. Mereka tidak perlu saling mengenal lebih dalam lagi. Benny masih dibayangi masa lalu, Ayu takut kalau kehilangan dirinya dia akan terluka sangat dalam.
"Kamu tahu, kadang cara terbaik untuk melupakan hal buruk adalah menganggapnya sebagai mimpi yang tidak pernah terjadi."
"Kamu tahu. Terkadang salah satu alasan yang membuat kita membenci seseorang adalah karena kita terlalu menyayangi dan peduli akan orang itu."
Paragraf pembuka buku ini sangat provokatif sekali, kompor! Karena sekali kalian membacanya tidak akan bisa berhenti, itulah yang saya rasakan. Stay With Me Tonight adalah debut dari Sofi Meloni, awalnya cerita ini di posting di Wattpad dengan judul Sleep With Me Tonight, sama halnya dengan Not A Perfect Wedding, ceritanya cukup populer, terbukti dengan beberapa komen yang mengatakan pernah mengikuti cerita ini sebelum dibukukan oleh Elexmedia. Saya sendiri jarang membaca cerita yang ada di Wattpad, jadi agak kudet juga cerita apa saja yang cukup booming. Bagi kalian yang penasaran dengan ending Ayu-Ben di Wattpad dulu, maka kini kalian bisa menikmati ceritanya secara utuh di buku.

Dari segi ide cerita memang tergolong mainstream, tapi yang saya suka adalah cara penulis membangun chemistry kedua tokoh utama buku ini. Alurnya memang lambat, saya paham karena demi membangun chemistry tadi, alhasil dapat banget kok. Butuh waktu yang cukup panjang bila awalnya kedua orang yang hanya saling memanfaatkan, tidak mengenal satu sama lain menjadi punya perasaan. Di tambah keduanya punya masa lalu yang kini hadir kembali. Benny dengan Yuana, sedangkan Ayu dengan Ditto. Yang saya suka lagi, penulis sedikit demi sedikit membocorkan identitas kedua tokoh utamanya, tidak langsung menunjukkan masa lalu keduanya. Jadi bukan hanya Ayu dan Benny saja yang penasaran dengan identitas masing-masing, pembaca pun dibuat sama. Cara penulisannya pun cukup detail, terlebih untuk karakter Ayu dan Benny, pembaca pun jadi mudah membayangkan mereka berdua, suka deh dengan Benny :p

Pemeran pembantunya memiliki porsi yang pas, saya suka penulis fokus akan hubungan Ayu dan Benny, banyak adegan tentang mereka berdua, bahkan para pemeran pembantu mengisi apa yang memang hanya menyangkut tentang mereka sehingga tidak banyak bagian yang membosankan atau adegan yang sia-sia. Buku ini dibagi menjadi dua bangian, bagian pertama sudut pandangnya orang pertama yaitu Ayu, menceritakan masa sekarang, sedangkan bagian kedua masih dengan sudut pandang yang sama hanya saja Benny juga ikut bersuara, bercerita akan masa depan mereka. Dari sudut pandang inilah kita akan tahu akan perasaan Benny yang cukup misterius, memang sedikit terkesan repetitif, namun menjawab apa yang belum diungkapkan oleh Ayu. Bagian favorit adalah saya ketika mereka pergi ke taman bermain, Ayu bertanya akan bagaimana perasaan Benny yang sebenarnya, juga ketika Ayu dan Benny di apartemen, hahahaha.

Buku ini adalah buku dewasa, banyak adegan ranjang, walau nggak eksplisit banget, bagi yang belum cukup umur dilarang baca ya. Poin tambahannya adalah penulis cukup pandai membuat adegan orang dewasa, masih tergolong sopan kalau menurut saya. Tidak banyak penulis dalam negeri yang mengambil tema adult romance, beberapa yang sukses contohnya Christian Simamora, Dahlian, Sefryana Khairil, saya berharap penulis tetap fokus dengan adult romance, bahkan kalau bisa lebih berani lagi. Jujur adegan dewasa di buku ini tidak membuat saya kipas-kipas, ayo buat saya kepanasan! XD. Tapi, untuk sebuah karya perdana tentu perlu diapresiasi, sudah sangat bagus, saya yakin teknik menulis penulis bisa berkembang dan lebih baik lagi.

Bagi yang udah dewasa dan ingin membaca kisah cinta dua orang yang sama-sama terluka kemudian mendapatkan pengobatan bersama, buku ini recommended. Adegan uhuk-uhuknya saya kasih 3 kipas deh :p

Sedangkan ceritanya, 4 sayap untuk apartemen 1109.



10 komentar:

  1. Terima kasih Peri Hutan (Sulis) untuk reviewnya yang manis banget.
    Saya juga paling suka adegan di Taman Bermain :D
    Terima kasih masukkannya. Semoga ke depannya saya bisa menulis lebih baik lagi. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn, semoga sukses selalu ya :)

      Hapus
  2. Aku juga ikutin ceritanya di wattpad kak, ternyata udah nangkring ya di toko buku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya udah beredar, buat yang dulu ngikutin sekarang udah bisa baca versi lengkapnya :)

      Hapus
  3. Wah ceritanya emang mainstream sih tapi sukaaaa >< 2 orang yang tidak saling kenal tiba-tiba jatuh cinta gitu. pengen beli ^'^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo beli, yang suka adult romance recommended kok :)

      Hapus
  4. AKU SUKA BANGET BACA NOVEL INI#STAY WITH ME TONIGHT, SAMPEK NANGIS :')
    SAMPAI AKU BACA BERKALI KALI.

    BalasHapus
  5. AKU SUKA BANGET BACA NOVEL INI#STAY WITH ME TONIGHT, SAMPEK NANGIS :')
    SAMPAI AKU BACA BERKALI KALI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahaha, iya-iya, sepertinya penggemar fanatik buku ini XD

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...