Kamis, 11 Juni 2015

Rahasia Lantai Keempat by Rettania | Book Review, Blog Tour, Giveaway

Rahasia Lantai Keempat
Penulis: Rettania
Editor: Ry Azzura & Syafial Rustama
Desain dan ilustrasi sampul: Dedy Koerniawan & Ayu Widjaja
Penerbit: Bukune
ISBN: 978-602-220-153-3
Cetakan pertama, April 2015
154 halaman
Buntelan dari @Rettaniea
Sebuah catatan usang misterius ditemukan di perpustakaan sekolah. Di atas tulisan tangan yang dibuat tergesa-gesa itu, terbaca; RAHASIA LANTAI KEEMPAT. Nikki, Fara, Randy, dan Neil—empat sahabat penyuka misteri—jelas jadi penasaran. Bagaimana bisa, sekolah yang jelas-jelas terdiri dari tiga lantai ini memiliki lantai keempat?


Bersama, mereka melakukan ritual rahasia dan berhasil menemukan jawabannya. Sebuah dimensi lain, di mana sesuatu yang jahat menunggu. Menghancurkan semangat, mental, dan menjebak mereka untuk selamanya berada di sana….



Mampukah keempat sahabat itu melawan teror mengerikan yang menghalangi kembali ke dunia nyata? Atau menyerah dan ikut hilang bersama… LANTAI KEEMPAT.




---ENDORSEMENT---

"Yang membuat RAHASIA LANTAI KEEMMPAT begitu mencekam adalah bagaimana Rettania berhasil menahan rahasia yang menakutkan dari pembaca dan melepaskannya perlahan-lahan, saya seperti dicekik kencang lalu diberikan sedikit ruang untuk bernapas. pembaca tidak akan tahu apa sebenarnya misteri di lantai empat sebelum tuntas membacanya, RAHASIA LANTAI KEEMPAT hanya untuk pembaca horor sejati."
Ade Igama, penulis Death On Camera dan pengagas akun @kisahhorror

“Begitu membaca buku Rettania, saya sudah terpesona sejak halaman awal. Bahasanya renyah. Bukan hanya itu, sebagai buku horror untuk remaja, RAHASIA LANTAI KEEMPAT menyajikan terror sejak halaman awal, hingga halaman akhir. Kengerian tersaji di setiap halamannya. Mencekam, itu hal pertama yang terbayang tiap tokoh-tokoh di dalam cerita ini mencoba untuk terus survive. Merasa ikut takut, ikut lelah, juga merasa ikut putus asa tiap kali terror di buku ini mulai menghantui. Recommended untuk dibaca siapapun, terutama bagi penggemar horror. Karena selain menggambarkan kengerian, kalian bisa menemukan apa itu arti kebersamaan.”
Cerberus Plouton, penulis Devil’s Game dan Tujuh Hari di Villa Mencekam

"Sejak membaca halaman awal novel ini hanya satu pertanyaan yang terbersit dalam pikiran saya: apakah mereka akan kembali? Dan saya harus menuntaskan sampai halaman terakhir agar pertanyaan saya terjawab. Hasilnya, saya tidak kecewa."
Ruwi Meita, penulis Misteri Patung Garam, Kamera Pengisap Jiwa, dan The Cruise Chronicle

"Rahasia Lantai Keempat membawa saya kembali ke masa SMA, di mana kisah-kisah seram di sekolah selalu membuat penasaran. Dilengkapi dengan karakter-karakter yang menarik, novel ini membuat saya jatuh hati. Adegan-adegan menakutkan yang ditulis bergantian dengan adegan-adegan manis antara empat sahabat membuat novel ini memiliki rasa yang berbeda. Masukilah dunia Rahasia Lantai Keempat, dan bersiaplah untuk merinding ketakutan sekaligus gemas pada reaksi tokoh-tokohnya yang lovable."
Nel Falisha, penulis Rust in Pieces
Setiap tempat pasti punya cerita misteri tersendiri, biasanya yang paling sering dibicarakan adalah rumah peninggalan Belanda atau Rumah Sakit. Sering banget saya mendengar cerita kalau tidak ada bangunan rumah sakit berlantai empat, kalaupun begitu namanya akan diganti menjadi lantai lima. Pamali, nggak baik, nanti jadi bangsal angker, dan sebagainya. Jelas saya sangat bertanya-tanya tentang mitos ini karena Rumah Sakit adalah tempat saya bekerja sehari-hari, maka dari itu saya sangat tertarik membaca buku ini. Walau bukan bersetting di rumah sakit setidaknya mempunyai premis yang sama.

Tokoh utama buku ini adalah Nikki, Fara, Neil dan Randy. Fara adalah seorang kutu buku sedangkan Nikki tergabung dalam klub mading, membuat mereka sering pergi ke perpustakaan. Mereka berempat bersahabat sejak SMP, Fara adalah kekasih Neil, sedangkan Randy menyimpan perasaan kepada Nikki. Nikki sendiri sebenarnya suka pada Neil, yah memang ada cinta segi empat yang membelit persahabatan mereka namun tidak membuat hubungan menjadi rengang.

Cerita dimulai ketika Fara menemukan sebuah buku di perpustakaan. Pada satu lembar sebelum halaman terakhir buku tersebut, terdapat tulisan tangan yang terlihat kuno, ditulis dengan huruf sambung kecil-kecil seperti catatan pribadi yang tidak untuk dibaca orang lain. Isi tulisan tersebut adalah petunjuk untuk sampai ke lantai keempat. Sekolah mereka adalah bangunan berusia puluhan tahun dengan arsitektur ala kolonial, walau sudah beberapa kali direnovasi tetap saja kesan tuanya masih terasa. Bangunanya berbentuk U dan berlantai tiga. Konon ada lantai keempat yang bisa ditempuh dengan cara tertentu. Ada yang bilang kalau sampai di sana akan bertemu penunggu tertua yang dapat mengabulkan permintaan apa pun dan ada yang bilang juga sekalinya menginjak di lantai keempat, maka tidak akan bisa kembali lagi.

Nikki cukup tertarik dengan penemuan ini, dia ingin menulis artikel tentang Urban Legend di sekolahnya. Dia berpendapat kalau hantu Maria, salah satu hantu paling populer di sekolah lah yang menuliskan cara sampai ke lantai keempat karena dia sering terlihat di perpustakaan. Mitos yang beredar mengatakan kalau dia adalah anak rajin yang menjadi korban bully, kemudian bunuh diri, ada yang bilang juga dia hilang begitu saja. Nikki ingin menyelidiki apakah lantai keempat berhubungan dengan hantu Maria, dia yakin artikelnya akan sangat menarik. Fara pun menyarankan agar mereka mencoba mengikuti petunjuk yang tertera di buku yang ia temukan, sebagai riset agar sahabatnya bisa menggambarkan perjalanan Maria ke lantai empat dengan baik, walau awalnya agak ragu juga dengan mitos yang ada, setidaknya Nikki bisa menuliskannya secara fiksi.

Petualangan mereka pun di mulai. Apakah benar petunjuk yang Fara temukan mengarah ke lantai keempat? Ada apakah di sana? Apa benar ada hantu Maria? Apakah bisa mengajukan permintaan apa pun? Kalian bisa temukan sendiri jawabannya dengan membaca buku Rahasia Lantai Keempat :D

Ini adalah kali pertama saya membaca tulisan Rettania, bisa dibilang petualangan Nikki, Fara, Niel dan Randy seru sekaligus menegangkan! Kalian tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menamatkannya karena lumayan tipis, dan sebagai pamungkas untuk membaca buku ini, sedikit tips yaitu bacalah pada malam hari, sendirian atau kalau kalian masih sekolah boleh kok baca di kelas pas suasana lagi sepi :p.

Saya akan membahas kekurangannya dulu. Kekurangan terbesar buku ini adalah terlalu tipis XD. Sebenarnya masih banyak sekali yang bisa digali penulis, mulai dari karakternya, berharap bisa digambarkan secara detail lagi, memperkuat hubungan mereka, seperti pertama bertemu atau ketika salah satu dari mereka berani jujur akan perasaan masing-masing, Neil dan Randy sangat sedikit sekali dibicarakan. Tidak ketinggalan juga tentang urban legend yang ada di sekolah mereka. Saya merasa penulis terlalu konsen pada perjalanan menuju lantai keempat dan apa yang mereka temukan di sana, berharapnya penulis juga menuliskan latar belakang kejadian, seperti masa lalu Maria (menurut saya dia adalah tokoh pendukung yang sangat penting), memperbanyak cerita tentang penunggu tertua, asal mula semuanya yang berhubungan dengan lantai keempat, kenapa menjadi lantai yang angker.

Sedangkan kelebihan buku ini, penulis cukup pandai menakuti pembaca. Hal ini sangat penting kalau kita membaca buku horor, tanpa adanya kesan takut berarti penulis gagal menulis buku horor. Saya cukup menikmati cara penulis bercerita yang to the point tapi tetap meninggalkan kesan misterius, membuat penasaran sehingga tidak bisa berhenti membaca sampai saya menemukan jawabannya, terlebih ketika sampai di lantai empat, saya ingin segera mengakhiri cerita karena kesan takut yang berhasil saya dapatkan, penulis punya modal yang sangat baik dalam urusan menakuti pembaca. Bagian di lantai empat adalah favorit saya, terutama ketika mereka berempat ingin pulang tetapi suasana di sekolah sangat sepi dan langit berubah menjadi merah seperti darah. Yah, memang seru sih tapi cepat-cepat juga bacanya XD.

Karakternya pun juga loveable semua, kita bisa langsung membedakan dan mengenal sifat mereka walau hanya dijelaskan secara singkat. Fara yang pendiam dan pengalah, Nikki yang egois, Neil yang bijaksana dan Randy yang cuek. Selain kisah horor kita juga akan mendapatkan kisah persahabatan. Dari segi tema cerita sampai penyelesaian konflik bisa dikatakan mulus, bahkan konflik perasaan diantara mereka juga diselesaikan dengan cukup baik di saat suasana lagi tegang-tegangnya.

Saya berharap buku ini akan menjadi serial, karena banyak hal yang bisa dikembangkan tadi, endingnya pun juga mendukung, terlebih saya ingin keempat karakter utama menjadi ghost hunter. Menyingkap misteri yang ada di sekolah mereka, membebaskan para arwah yang belum bisa kembali ke alam yang seharusnya, berhadapan kembali dengan yang mengejar mereka di lantai keempat atau malah menjadi musuh utama, saya membayangkannya pasti seru sekali, saya tidak ingin petualangan mereka berempat hanya sampai di buku ini, ingin lebih banyak lagi :D

Buku ini memiliki pesan moral persahabatan yang cukup kental, cocok dibaca bagi siapa saja yang ingin merasa takut dan penasaran dengan isi lantai keempat :p

3.5 sayap untuk keempat tokoh utama buku ini.



NB:
Saatnya giveaway :D
Bagi satu penduduk Indonesia yang tinggal di bumi tercinta, berkesempatan mendapatkan hadiah kece di bawah ini:
kaos dari Bukune + buku bertanda tangan penulisnya

Caranya:
1. Follow Kubikel Romance via Google Friend Connect (GFC)
2. Follow @rettaniea dan @peri_hutan (optional)
3. Share link postingan ini ke sosial media, satu kali aja cukup kok :). Jangan lupa mention @peri_hutan dengan hastag #RahasiaLantaiKeempat, boleh juga mention @rettaniea atau @bukune, terserah kalian formatnya seperti apa :D
4. Jawab pertanyaan dibawah ini di kolom komentar
Hantu apa yang paling kalian takuti? Sertakan alasannya juga ya :D
Tulis jawaban kalian di kolom komentar seperti ini:
Nama untuk follow blog:
Akun twitter:
Email:
Link share:
Jawaban:

5. Giveaway berlangsung selama satu minggu, dari tanggal 11 sampai 18 Juni 2015. Pemenang akan diumumkan satu atau dua hari setelah deadline.

Udah itu aja, gampang kan? Ayo buruan ikut, ada hadiah kece menanti kalian :p. Jangan lupa berkunjung ke blog yang lain ya.


*UPDATE*

Hai hallo, maaf ya pengumuman pemenang agak telat, setelah baca komen kalian yang serem-serem, hehehe, akhirnya nemu beberapa yang menarik. Namun apa daya hadiah cuma hanya untuk satu orang, jadi saya memutuskan pemenangnya adalah

Agatha Vonilia
@Agatha_AVM

Selamat ya, saya akan mengkonfirmasi kamu baik via email dan twitter untuk pengiriman hadiah yang akan dikirim oleh penulisnya langsung. Buat yang belum beruntung jangan menyerah, tunggu giveaway lain di Kubikel Romance :D

32 komentar:

  1. Nama utk follow blog : PermataTasya23
    Twitter : @tasyatasa_
    Email : ptasya23@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/tasyatasa_/status/608851336893833216

    Jawaban :
    Sebenarnya sih kita sbg manusia gk boleh takut sama hantu mbk yg ada hantunya nanti malah besar kepala :D. Nah kalo hantu yg bikin merinding + kadang bikin takut sih bagiku ada namanya "KUNTILANAK" mbk kunti ini *eh .maksudnya sosok ini paling serem soalnya aku udah pernah lihat sosoknya pakai baju hitam panjang ,mukanya ditutupi sama rambut tapi aku juga gk tau pasti sih sosok yg aku lihat KUNTILANAK apa bukan yg pasti sosok yg aku lihat gangguin aku terus sampai malam,TAPI ITU DULU. Sekarang enggak. KUNTILANAK mungkin sangat populer di INDONESIA,konon kenapa disebut dengan sebutan itu karena ada wanita hamil lalu meninggal dan dikubur dalam keadaan meninggal nah katanya pas didalam kubur melahirkan bayi yg kemudian sesosoknya ini menjadi gentayangan sambil menggendong bayi dan sering tertawa seperti ini "hihihihihihihi." serem kan .Kadang pas aku sendirian gitu juga sempet takut eh merinding aja deh soalnya takut kalo kalo lihat kuntilanak itu kan kalo lihat jantung udah mau copottt tuh .huftt.
    Ya intinya kita sebagai manusia yang derajatnya lebih tinggi kita tdk boleh takut sama yang namanya HANTU , hantu emang bener ada .tapi kita gk boleh takut .kalo kita takut malah kita digangguin terus,kayak aku dulu :D . Ok. Sekian Terima Kasih
    Bye Bye
    Semoga menang. Aamiin

    BalasHapus
  2. Nama untuk follow blog : Arfina Tiara
    Twitter : @ipinkaramel
    Email : arfina.tiara123@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/IpinKaramel/status/608868034699132929

    Jujur aku penakut, semua hantu yang diakui di dunia itu seram-seram, mulai dari hantu bungkus, sundel bolong, tuyul, vampir, mumi dan kawan-kawan lainnya. Tapi untuk kategori paling ditakuti, pocong ada di deretan pertama. Why? pertama, bentuknya aku ngga suka, dililit dengan kain putih yang kotor aja udah bikin seram, ditambah lagi ikatan-ikatan yang bikin aku merinding. Dua, matanya, dulu pernah nonton pocong dengan mata merah, melotot, diclose-up pula, bikin histeris -_- Tiga, mukanya, bukan mau ngejelekin ya tapi ada tah pocong ganteng? muka pocong itu kan hitam kena tanah, mungkin udah digigitin organisme dalam tanah hiii ngeri. Empat, walaupun ngga punya tangan dan kaki, tapi aku takut karena dia loncat-loncat, sambil melotot, jadi ngebayangin hiii. Walau sebenarnya takut dengan hatu itu terlarang, tapi ya aku mah apa manusia biasa, masih suka takut-takut :(

    BalasHapus
  3. Nama: Dion Yulianto
    Twitter: @dion_yulianto
    Link: https://twitter.com/dion_yulianto/status/608858240877785088

    Saya paling takut sama hantu hasil dari pesugihan. Dulu pas kecil, di malam gelap dan listrik padam, ayah saya sempat-sempatnya bercerita tentang orang yang mencari kekayaan dengan jalan sesat. Orang Jawa menyebutnya pesugihan. Jenis pesugihan yang dipakai adalah mayat orang yang baru meninggal, dan meninggalnya harus di malam Selasa Kliwon. Tidak hanya cara mendapatkan mayat itu yang mendirikan bulu kuduk, tapi juga bagaimana proses pesugihan itu berjalan. Pertama, si pelaku harus datang ke makam malam-malam, tidak boleh lewat dari 7 hari semenjak mayat dimakamkan. Kemudian, pelaku diharuskan menggali kubur dengan jari-jarinya (seperti anjing), dan mengigit sampai putus kepala si mayat, tanpa alat apapun. Kemudian, dibawa pulang itu kepala dan digantungkan di dinding dengan ditutupi kain hitam. Konon, setiap jam 1 malam, kepala itu akan beteriak: "Endi gembungku ... Endi gembungku (Mana badanku ... mana badanku), dan si tuan rumah harus menjawab: "Akan kucarikan badanmu asal kau mau mencarikan aku uang. Demikian, suara "Endi gembungku" yang memanggil-manggil di tengah malam inilah yang terus menerus membuat saya ngeri akan hantu-hantu yang muncul dari lelaku-lelaku sesat pesugihan. Selalu sedih sekaligus serem kepada jiwa-jiwa murni yang direnggut paksa bukan karena kesalahan mereka hanya untuk memenuhi nafsu duniawi segelintir manusia. Semoga, mereka semua tenang di alam sana dan tidak ada lagi praktik seperti ini terulang kembali, Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf email ketinggalan

      email: yuliantodion@gmail.com

      Hapus
  4. Nama CGF : Wulida Nadhila
    Twitter : @jm_nim
    Link share : https://twitter.com/Jm_nim/status/608890713665736704
    Jawab :


    Wewe Gombel karena dulu saat kecil pernah tidak sengaja melihat hantu ini di dekat sumur belakang rumah. Hantu ini seperti wanita pada umumnya, tumbuhnya gembrot, baju putih kotor, rambut kribo seperti tidak pernah dikeramas. Katanya wewe gombel adalah hantu yang suka menculik anak-anak, tapi tidak melukainya. Aku yang saat masih kanak-kanak melihat hantu itu tentu saja takut. sampai saat ini juga masih takut karena pernah melihat sosoknya secara langsung

    BalasHapus
  5. nama : Eny
    Twitter : @enythxz
    Email : enytok03@gmail.com
    share link : https://mobile.twitter.com/Enythxz/status/608900791143780353?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6183066146

    hantu yg paling saya takutkan POCONG
    SKiip ->
    1.Waktu kecil kan nenek ku meninggal, namanya anak kecil waktu itu maen petak umpet gak sengaja aku buka pintu ternyata itu nenek ku pakai kafan. Semalam an gak bisa tidur katanya desa sebelah nenek jadi pocong waktu lampu mati (sambil mrinding nulisnya dirumah sendirian *duh )
    2.Waktu gempa sering kan ngungsi di SD sebelah, nah SD situ dulu bekas kuburan. Semenjak itu pundah berat sekali kalo jalan, dibawa ke puskesmas katanya gak sakit apa - apa dan waktu dibawa orang pintar ternyata dulu pernah dirasuki hantu loncat-loncat (gak disebutin takut )

    BalasHapus
  6. Nama untuk follow : Fita Nia
    Twitter : @fitania09
    Email : fitania90@gmail.com
    Link share :
    https://twitter.com/fitania09/status/608900496477175808?s=01

    Hantu yang bikin gedek itu GENDERUWO...Dia itu hantu paling iseng menurutku. Perawakan dia besar, berbulu sama mukanya hitam. Dia bisa merubah wujud seperti sosok manusia yang kita kenali. Semisal teman atau kerabat kita. Kebanyakan dia menyerupai suami orang. Dia juga tipikal hantu yang cukup "kuat" meski dibacakan ayat suci Al-Qur'an. Pernah suatu ketika di daerahku ada seorang istri yg di isengi makhluk satu ini. Jadi gini, pas malam hari suaminya pamit mau berangkat kerja. Tiba2 selisih beberapa jam suami orang itu pulang katanya lapar dan minta makan. Setelah diberi makan, si makhluk tadi pergi ke kamar. Selang beberapa jam ada yg ketuk pintu dan betapa kagetnya si istri yang muncul suaminya. Dan si istri bilang "loh, kok pean disini mas? Bukanne tadi tidur?" Kata suaminya "Aku baru pulang kok bisa tidur" Dengan sedikit ketakutan si istri gak bisa bilang apa2 sambil tutup pintu. Kebetulan juga jarak rumah orang tadi sama BARONGAN (tempat yg banyak ditumbuhi bambu dan berdekatan dg sungai) cukup dekat. Dan di barongan itu emang terkenal angker.

    BalasHapus
  7. Nama untuk follow blog: ARIESKA ARIEF
    Akun twitter: @MiyungArief
    Email: aaanimanga@gmail.com
    Link share: http://animanga-oushiza.blogspot.com/2015/06/blogtour-rahasialantaikeempat-11-juni-8.html
    Jawaban: pengertian hantu yang sebenarnya (yang kubaca di buku seorang paranormal – yang sering nongol di program TV Dunia Lain), merupakan sejenis bangsa jin yang menakut-nakuti. Tentu saja sebagai mahluk yang lebih tinggi derajatnya, tak boleh takut pada hantu yang sosoknya selalu direkayasa oleh jin itu. Karena memang tujuannya adalah menakuti orang.
    Namun sebagai manusia biasa, tentu saja kita memiliki rasa merinding jika menemukan hal yang ganjil dan secara psikologis itu normal, tapi harus dibarengi bagaimana cara mengatasi rasa takut tersebut agar tak merugikan diri sendiri misalnya dengan berdoa dan meyakini tak ada kekuatan yang lebih besar daripada Allah, jin mah lewat.
    Jin (hantu) yang berhasil membuatku merinding yaitu: Jin Qorin. Jin jenis ini beda dengan jin biasa. Setiap orang memiliki jin Qorin (yang secara harfiah artinya jin pendamping/ teman) yang tugasnya membisiki hal-hal yang buruk – dia akan menemani kita dari lahir sampai mati. Tapi untunglah dia tak bisa menyakiti tubuh dan membuat kita kesurupan, namun dia tak bisa dibunuh dengan rukiah. Dia bisa menyamar menjadi suara hati kita yang sepintasnya niat baik, makanya kita biasanya tertipu. Beda dengan jin biasa yang bisa membuat kita sakit dan kesurupan. Wujud jin Qorin juga sama dengan wujud manusia yang diikutinya jadi seperti semacam doppelgangers-nya dan tentunya dia hidup di alam manusia tak seperti jin biasa yang hanya hidup di alam gaib. Ketika yang didampinginya meninggal, jin Qorin tak bisa mati dan biasa menampakkan diri seperti sosok orang yang meninggal itu hingga dikira sebagai arwah penasaran. Kalau orangnya saleh, dia akan melakukan kebiasaan orang saleh itu, begitu pun sebaliknya karena kan tak ada lagi yang bisa dia ikuti, toh orang yang dikuntitnya dah mati. Hm, jadi penasaran siapa nama jin Qorin-ku ini hihi…

    BalasHapus
  8. Nama untuk follow blog: thiamelia/ Thia Amelia
    Akun twitter: @Thia1498
    e-mail: thia.amelia18@yahoo.co.id
    Link share: https://twitter.com/Thia1498/status/608953726649303043
    Jawaban:

    Hantu apa yang paling kalian takuti? Sertakan alasannya juga ya :D

    Aku paling takut dengan kuntilanak. Karena menurutku, dari semua hantu yang ada di Indonesia, dia yang paling sempurna untuk wujud seorang hantu. Ketika kita melewat ke kuburan atau ketempat sepi dan gelap dan ada bayangan yang seolah melihat kita, pasti mereka mengira bahwa itu adalah kuntilanak. Ketika orang-orang bercerita tentang hantu, pasti kuntilanak juga dibicarakan. Bahkan pocong atau hantu jeruk purut pun sudah bergeser eksistensi nya dari kuntilanak. Ketawanya, bajunya apalagi wujudnya pasti bisa membuat semua orang kocar kacir dibuatnya. Bahkan sekarang aku yang sedang duduk sambil menulis ini pun jadi merinding, oke diselesaikan secara singkat aja yah. Intinya, hantu yang paling aku takuti adalah, kuntilanak. Semua yang ada pada kuntilanak aku takut. Dan sampai kapanpun, semoga, aku ga akan pernah mendengar suaranya, apalagi sampai ketemu dengan wujudnya, sumpah ga mau.

    BalasHapus
  9. Sukses GAnya mbak, nggak takut nih baca komentar-komentarnya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi makasih, memacu adrenalin kok :)

      Hapus
  10. Nama: Dyah Muawiyah
    Twitter: @dyahmuawiiyah
    Email: dyaahmuawiyah@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/dyahmuawiiyah/status/608972640590548992

    Jawaban:
    Tante K. Entah kenapa setiap ngebayangin hantu yang kebayang pertama pasti dia. Takut aja sama baju putih + rambut panjang tergerainya itu. Terus ada satu lagi. Nyi Roro Kidul itu...termasuk makhluk halus/gaib ga mbak? Takut juga.. Padahal cantik ya, tapi auranya itu serem. Apalagi kalo di lukisan yang rambutnya hitam legam dan terurai ke mana-mana ._.

    BalasHapus
  11. Nama u/ follow blog : Lois Ninawati
    Twitter : @_loisninawati
    Email : ninawatilois@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/_loisninawati/status/609021808688242689?p=v

    Jawaban :

    Kalau aku sih, liat2 penampilannya dlu. Meskipun itu manusia, tapi penampilannya seram ya, takut. Kalau hantu tapi tidak seram, ya tidak takut :D semuanya sih tergantung pemikiranku. Patut ditakuti atau tidak. :D

    BalasHapus
  12. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/609169233210011648

    Jawaban:
    Kalo buat aku sendiri, bukan yang ditakuti sih sebenarnya, karena bagiku semua jenis hantu-hantuan itu sama aja nyereminnya. Kalo aku pribadi sih cenderung menghindari sifat dari hantu itu sendiri. Nah, yang kuhindari adalah hantu yang suka ngikutin manusia ke mana pun, bahkan tinggal di separuh badan manusia itu. Mungkin jadi semacam parasit atau punya bad effect suka membisikkan sesuatu yang nggak baik untuk nurutin maunya. Ada lagi yang paling aku nggak suka adalah hantu yang kalo udah ngikutin manusia malah suka manggilin hantu lainnya untuk ikut mendiami tubuh manusia tersebut. Banyak banget kasus yang kayak gini. Manusianya nggak sadar loh, sementara tahu-tahu yang ngikutin udah banyak. Itulah yang suka bikin manusia jadi bertingkah aneh dan kadang hilang akal kayak orang gila.
    Pesanku: wahai manusia, periksalah dirimu, jangan-jangan ada yang ngikutin juga yang suka sama kamu. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama untuk follow blog: Aya Murning (via GFC)

      Hapus
  13. Nama u. follow blog : Sofhy Haisyah
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Email : sofhyhaisyah28@gmail.com
    Link : https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/609178430098137088

    Gak ada !

    Karena belum pernah ketemu sama hantu secara langsung. Walaupun aku yakin mereka ada dimana-mana. Bahkan, saat aku nulis jawaban ini, mungkin mereka sedang melototin apa yang tulis ini di samping atau di belakangku ^_^))"v.. Tapi, kalo soal hantu apa yang aku takutin yaa beneran nggak ada sih kak. Toh mereka muncul biasanya karena iseng, jadi yaa tinggal diisengin balik aja nanti. Malah, kadang aku mikir buka mata bhatin aku (indera keenam) biar bisa melihat mereka, tapi nggak dibolehin sama Bunda. Karena katanya sih waktu kecil aku hampir meninggal gara-gara gituan, badan aku panas dan mataku tinggal warna putih semua, dan aku bisa hidup sampai sekarang yaa tinggal sisa-sisa aja. Gak tau deh, maksud "sisa-sisa" itu apaan..

    BalasHapus
  14. Nama untuk follow blog : Agatha Vonilia
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    E-mail : agathavonilia@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/609194562980966401

    Jawaban : Hantu yang paling aku takuti adalah Sadako. Wajahnya mengerikan dan kisah-kisah yang beredar di masyarakat Jepang tentang hantu Sadako sungguh menyedihkan dan menakutkan. Banyak versi yang menceritakan tentang hantu Sadako ini. Kalau versi horror Sadako digambarkan mirip dengan ciri-ciri kuntilanak; memiliki rambut panjang, berpakaian serba putih dan wajah mengerikan. Bedanya, kuntilanak di atas pohon dan terbang sedangkan Sadako muncul dari dalam sumur dengan cara merangkak. Katanya, Si Sadako ini mati bunuh diri terjun ke sebuah sumur tua. Penduduk desa yang masih tinggal di sekitar sumur sering melihat penampakan Sadako berdiri di tepi sumur atau merangkak keluar dari sumur. Dia masih menyimpan dendam kesumat. Ihhh ... Serem! Kisah nyata Sadako juga ada kok. Sadako Sasaki, salah satu korban dari jatuhnya bom atom Hiroshima. Sebelum meninggal, dia berkeinginan membuat 1000 cranes (origami) untuk mengabulkan permohonannya. Tapi, dia hanya berhasil menyelesaikan 644 lipatan. Mungkin dia juga nggak tenang karena belum menyelesaikan origaminya. Pokoknya cerita apapun tentang Sadako membuat bulu kudukku merinding dan ketakutan. Apalagi, aku juga punya sumur di rumah. Takut tiba-tiba dia muncul.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Nama : bintang permata
    Twitter: @Bintang_Ach
    eMail: bintangpermata45@gmail.com
    Link share:https://twitter.com/Bintang_Ach/status/609256589199970304

    Jawaban:
    Pada dasarnya aku takut sih sam semua jenis hantu, baik hantu lokal atau hantu bule, ehmm.. ya gitulah. Namanya hantu secara visual pasti serem.
    Ehm.. gmn ya? Banyak sih. Tapi aku sebutin salah satu aja ya *bismillah, POCONG.
    Kenapa? Ya knapa ya? Ya serem sih soalnya, terus pocong sukanya loncat-loncat. Ciri khas banget dari hantu yang lain. Terus, karna sering nonton film horror, jadi percaya ngga percaya ya sring aja brpkiran negatif ttg hantu itu. Kadang bisa ngebunuh lah, ngejar-ngejar orang lah,ngintipin orang mandi lah *eh, muncul secara tiba-tiba lah.Haahh,, banyak lah pokoknya. Terus, kenapa aku tkut ma pocong? Soalnya dulu misterinya ada rumah kosong yg udah lama ngga berhuni di sebelah kantor kelurahan (deket sama desa aku). Dan mndadak tmpat itu rame krn mnculnya kabar ada pnmpkan pocong di mlm hari. Tiap malem poc*** itu muncul menampakkan dirinya dan mendadak tempat itu tiap malem rame krn byk warga yg dteng pngin ngrekam. Singkat crita, ada sodaraku yg dteng ksna dan mrekam pnmpkan pocong itu, lalu dia ke rumahku dan nunjukkin video rekamannya. Rame bgt wktu itu jd bhan omngan. Aku wktu itu cuma lihat skilas aja dn sketika tubuhku lgsg gemetar gak karuan (cemen bgt ya gue). Takuttt banget rasanya, rasanya mau gerak dikitpun gak berani. Sereem pokoknya, semoga itu pnglmanku lihat yg prtma dan trkhir kalinya, amin..
    Yaudah lah itu aja, semoga sy beruntung.

    BalasHapus
  17. Nama untuk follow blog : Ibnu Wahyudinnur
    Akun twitter : @wah_ibnu
    Email : wahibnu09@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/wah_ibnu/status/609314758311854081
    Jawaban : Sebenarnya hantu yang saya takuti gak ada, soalnya saya cuman takut sama Tuhan . Tapi dari semua jenis hantu yang saya tau, saya cuman trauma sama hantu anak kecil. Kenapa ? Karena dulu waktu saya masih kecil saya pernah punya teman beda alam. Saya juga baru tau setelah kelas 6 SD dari cerita orang tua saya. Saya tak pernah sadar darimana saya bisa berteman dengannya. Orang tua saya tau kalau saya punya teman dunia lain dari kebiasaan saya yang tak lazim. Sewaktu kecil saya sangat suka pergi ke dapur yang tak jauh dari toilet dan kamar mandi pada malam hari saat itu lampu sudah dimatikan lagipula semua orang sudah tertidur lelap. Sementara saya berdiri di depan sebuah kulkas dua pintu dan asyik berbicara. Tiba-tiba lampu menyala, orang tua saya menepuk pundak saya, lalu mengajak saya kembali ke kamar dan tidur kembali. Setelah naik kelas 6 SD saya, kakak saya,adik saya, dan orang tua saya pindah rumah. Tapi hal mistis tersebut masih bisa saya rasakan hingga sekarang, kelas 2 SMA. Tak heran saya merasa seperti hidup diantara dua alam, nyata dan mistis.
    Udah gitu aja jawabannya ya, maaf kalo kesan jawabannya kaya curhat. :D *peace*

    BalasHapus
  18. Nama untuk follow blog: Ani Purditasari
    Akun twitter: @Anny_Tears
    Email: AnnyTears.AT@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/Anny_Tears/status/609632199839756288


    Jawaban: Hantu Palasik

    Alasannya karena menurutku hantu ini bukan hanya menyeramkan tapi juga sangat sadis dan berbahaya.

    Di daerahku tahun 2004 yang lalu pernah diteror hantu palasik ini dan cukup banyak memakan korban, dari wanita yang baru melahirkan yang meninggal karena darahnya habis, sampai bayi yang meninggal karena ubun-ubunnya dihisap hantu palasik.

    Banyak yang bilang hantu palasik itu aslinya manusia yang menganut ilmu hitam, yang mencari mangsa untuk menambah kekuatannya.

    Aku ga habis pikir kenapa ada orang setega itu, mengorbankan nyawa orang lain demi keserakahannya, dan mirisnya lagi korbannya bayi yang belum tau apa-apa. Kasian sekali, masih bayi malah meninggal dengan cara yang tidak wajar seperti itu. :'(

    Berdasarkan orang-orang yang pernah melihat langsung, hantu palasik ini wujudnya berbentuk hantu kepala dengan organ dalam tubuh (jantung, hati, usus, limpa, dll) tanpa badan yang terbang mencari mangsa, rambutnya putih awut-awutan, matanya merah, lidahnya bisa memanjang saat menjilat darah wanita yang baru melahirkan.

    Aku sendiri pernah melihatnya, tapi tidak secara berhadapan (amit-amit, jangan sampai ketemu lagi), waktu itu aku pulang dari ngaji, waktu sampai di depan rumah aku ga sengaja ngelihat ada kayak api terbang masuk ke rumah tetanggaku, aku lihatin ajah terus karena aku ga tau apa-apa waktu itu, beberapa menit kemudian aku dengar jeritan dari rumah tetanggaku itu, orangtuaku langsung keluar rumah dan ngelihat ke rumah tetanggaku, aku ikutan (penasaran pengen tau), ga taunya bayi tetanggaku udah ninggal dengan ubun-ubunnya bolong.

    Aku baru berani cerita sama mama seminggu abis kejadian, kata mama itu hantu palasik, sebelum dapet korban dia emang sering terbang berbentuk bola api, tapi kalau udah dapet korban dia jadi wujud palasik aslinya (kepala organ dalam tubuh).

    Ihhh... Serem.
    Jangan sampai ketemu tuh hantu lagi. Takuuut :3

    BalasHapus
  19. Nama untuk follow blog: Irmawati
    Akun twitter: @irmaa_waati
    Email: irmawati0337@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/irmaa_waati/status/610061445724774400?p=v
    Jawaban:
    Hmm, sebenernya karena belum tau alias belum pernah liat sosok 'hantu' itu kaya gimana jadi gak tau hantu apa yang paling serem :v. Tapi, kalo denger-denger dari cerita orang sih, aku kayanya lebih takut sama 'hantu' atau 'jin' atau yah 'setan' yang menyerupai wujud jadi manusia. Nah lho hihihihi *lah kok malah ketawa kunti* :D.

    Jadi gini, mungkin hantu kaya pocong, kunti, genderuwo itu yah serem dari penggambarannya, dari cerita juga sangat menakutkan, katanya. Tapi aku lebih merinding deh jika sosok hantu itu udah menyerupai manusia. Contohnya nih, pengalaman sahabatku sendiri, jadi dia kan punya adik bayi dirumah, nah emang sih rumahnya itu rada serem, beneran . Aku aja suka merinding kalo pas maen ke rumahnya waktu sepi, nah waktu itu, sahabatku lagi ke warung, gatau beli apa, eh pas dirumahnya itu Ibunya ngeliat dia lagi jagain adik bayinya *nah merinding nih*. Lah gak lama dari itu, dia pulang kan. Iya sahabatku itu, ibunya kaget dong, karena kan tadi ngeliat ada dirumah, jagain adiknya itu. Nah setelah cerita-cerita, kata neneknya sih di rumah itu emang ada yang 'nunggu' jadi ya biarin aja, katanya.

    Duh, udah ya rada merinding nih.. Berharap banget sih aku gak bakal ketemu dan liat sosok 'hantu' hihi. Aamiin. Mba Sulis gimana? Merinding juga gak? Hehehe :D. *langsung nengok ke belakang* :p :)).

    BalasHapus
  20. Nama untuk Follow Blog : Muhammad Ichsan
    Akun Twitter : @ichsan_kaira
    Email : ichsan.aliyyah@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/ichsan_kaira/status/610069178016358400

    Jawaban :
    Hantu yang saya paling takutin itu adalah hantu kepala terbang atau disebut leak hantu ini hanya ada dibali konon katanya Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak, Disaat siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir.

    Alasannya : Saya takut karena leak itu akan mengambil organ dan darah dari orang yang hidup bisa dibayangkan jika kita dihisap dan diambil darahnya oleh leak tersebut kita bisa mati dengan tragis dan menakutkan.

    BalasHapus
  21. Nama untuk follow blog : Setians Radcliffe
    Twitter : @Dwi_Setianto
    Email : setians.radcliffe21@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/Dwi_Setianto/status/610462998725922818
    Jawaban :
    Hantu yang paling buat aku takut itu Leak, hantu yang wujudnya kepala terbang dengan organ-organ pencernaannya menggantung ke lehernya, siap menghisap darah korbannya, leher hewan ternak maupun lehermu!
    Hiiii.....dari kecil emang udah ngeri kalau ngebayangin hantu jenis ini. Ah, Kak Sulis nih, bikin aku ngeri + merinding gara-gara nulis jawaban ini.. >,<
    *baca ayat kursi*

    Terima kasih :)

    BalasHapus
  22. Nama untuk follow blog : Hikari Mio
    Akun Twitter : @HikariMio
    Email : rinaeko87@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/HikariMio/status/610775508058423296

    “Hantu apa yang paling kalian takuti? Sertakan alasannya juga ya!”

    Sebenarnya semua hantu itu menakutkan bagi saya yang memang suka parno kalo menyangkut hantu-hantu. Tapi yang paling bikin saya ketakutan itu adalah Pocong. Mungkin trauma gara-gara waktu kecil pernah ngeliat penampakannya sehabis sholat isya’ di sebuah mushola. Nggak cuma satu kali lho saya ngeliat hantu yang mirip lontong ini. Kayaknya hantu yang selalu mampir dan bisa dilihat mata saya ini selalu pocong. Waktu nge-kos juga gitu. Malahan ini lebih parah karena dia memantul tepat di depan mata saya sendiri, gimana nggak merinding coba. Mau teriak juga nggak bisa, kayak ada yang bekap mulut saya. Untungnya sih, bisa langsung lari dipojokan. Padahal waktu itu kamar kos saya rame, banyak temen yang ngumpul, tapi kok malah saya yang cuma dihantui ya? Kadang juga kalau dirumah sendiri dan sepi, yang kebayang dipikiran itu selalu hantu pocong. Nggak tahu deh kenapa, pokoknya selalu-dan-selalu.

    BalasHapus
  23. Nama akun utk follow: riezqha n.h.
    twitter: @nurul_rizqa
    email: rizqanurulhidayanti@yahoo.co.id
    link: https://twitter.com/nurul_rizqa/status/610788403328593920

    Hantu yang paling ditakuti adalah pocong karena dulu kan pernah ada sinetron yg tentang pocong2 itu, nyeremin banget buatku yang masih anak kecil. jadi kebawa sampai sekarang deh... Karena itu aku nggak suka nnton film horor Indonesia pasti ada pocongnya...

    BalasHapus
  24. Nama akun utk follow: riezqha n.h.
    twitter: @nurul_rizqa
    email: rizqanurulhidayanti@yahoo.co.id
    link: https://twitter.com/nurul_rizqa/status/610788403328593920

    Hantu yang paling ditakuti adalah pocong karena dulu kan pernah ada sinetron yg tentang pocong2 itu, nyeremin banget buatku yang masih anak kecil. jadi kebawa sampai sekarang deh... Karena itu aku nggak suka nnton film horor Indonesia pasti ada pocongnya...

    BalasHapus
  25. Nama akun untuk follow blog: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Email: shinra2588@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/610916274856550400

    hantu yang paling aku takuti adalah kuntilanak. sebenernya aku gak pernah liat penampakannya, soalnya emang gak bisa liat gituan. tapi pernah suatu hari pas mau tidur, tiba2 di telingaku kedengaran suara ketawanya yang khas itu (hihihihi). awalnya kupikir aku sedang berhalusinasi soalnya kan udah mau terlelap. eh tapi suaranya tetep kedengeran. kayak dia ada di sampingku gitu. setelah itu ada udara panas yang menyergapku, bikin aku gak bisa bangun. langsung deh aku baca doa apa aja yang terlintas di otakku. setelah itu, aku bisa bangun dan langsung ngibrit keluar kamar. kalo diinget2 lagi kejadian itu, selalu bikin aku merinding ._.

    BalasHapus
  26. Nama: Dian Maya
    Email: dianmayasariazis@gmail.com
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/611019090472206336

    KUNTILANAK.
    Sedari kecil, saya selalu takut dengan hantu berjenis kuntilanak.
    Mungkin karena trauma dengan film-film kuntilanak Suzanna jaman kecil dulu.
    Sampe sekarang pun masih agak-agak keder kalo nonton film horor yang hantunya kuntilanak. Untungnya, film horor Hollywood yang saya tonton tidak menampilkan kuntilanak Indonesia. :D

    BalasHapus
  27. Nama untuk follow blog: Ariestanabirah
    Akun Twitter: @Ariestanabirah
    Email: ariestanabirah@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/Ariestanabirah/status/611025075622383617
    Jawaban:

    Hantu yang saya takuti ketika kecil adalah kuntilanak. Saya masih ingat saat itu saya duduk di bangku SD. Suatu malam saya terbangun karena hendak buang air kecil, saya yang mungkin berusia 7 tahun termenung, mau membangunkan Tante yang tidur di samping saya tapi tidak berani. Kenapa? Karena saya mendengar suara tawa seorang wanita. “Hi hi hi...” dari arah luar rumah, begitu jelas sampai otak saya menebak tuh suara berasal dari atas pohon besar.

    Beruntung di sekolah guru telah mengajari saya ayat-ayat pendek jadi, dalam hati saya berkomat-kamit merapal ayat. Saya ketakutan dan bahkan mulai melupakan keinginan pipis. Saya mencoba tidur kembali, berpikir kalau apa yang saya dengar hanya halusinasi atau mimpi belaka tapi saya tidak bisa tidur karena suara yang mengganggu itu.

    Paginya, saya terbangun dalam keadaan memalukan, mengompol padahal saya tidak lagi mengompol di usia seperti itu.

    Peristiwa malam itu sampai detik ini masih membekas jelas di ingatan saya. Saya yakin saya benar-benar bangun dan mendengar.
    Saya rasa, kalau saya di luar negeri saya berkeinginan untuk bersua dengan Vampir karena mereka memiliki hidup abadi dan wajah yang rupawan (kebanyakan nonton Vampire Knight). Saya takut mungkin hati saya akan dicuri oleh seorang Vampir~

    BalasHapus
  28. Nama GFC: ana setyo
    Akun twitter : @anaanum19
    Email: anasetyo8@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/anaanum19/status/611506001791991809?p=v

    hantu apa yang paling kalian takuti?

    Jawaban:

    Hantu nenek-nenek berambut panjang. Alasannya karena hantu ini muncul dari minggu kedua saya PKN (Praktek Kerja Nyata) Terpadu hingga saya pulang (dan itu berarti 3 mingguan), bahkan setelah pulang masih didatangi meski bukan dengan hantu nenek itu. Jadi ceritanya sebenarnya ada suatu kejadian yang membuat saya agak peka dengan mahkluk ghaib saat kuliah. Nah, saat PKN itu sebenarnya saya sudah dalam keadaan jarang didatangi lagi dengan hantu, hingga saat saya tidak sengaja cerita tentang peristiwa mati lampu dulu waktu saya masih SMA dan tiba-tiba lampu beneran mati saat itu (seperti kejadian berulang), nah saat malam hari itulah yang kebetulan malam Jum'at saya merasa ada yang datang saat tengah malam, berulang-ulang, hingga rasanya saat itu saya jadi phobia dengan malam, beruntungnya teman-teman sekamar yang meski baru kenal saat PKN baik sekali, setiap malam saat saya merasa hantu itu datang, teman-teman bergantian nemenin untuk tidak tidur alias begadang juga membantu mengatasi/mengusir dengan berdo'a bersama, sholat sunnah bersama, jadi serasa tidak menghadapinya sendirian.

    BalasHapus
  29. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com
    https://twitter.com/RiniCipta/status/611564122157625344

    Hantu yang paling ku takuti adalah Leak.
    Membayangkan saja sudah sangat merinding, apalagi kalau misalnya melihat. Hiiyy!
    Setiap tahunnya, salah satu pura di dekat rumahku akan mengadakan upacara persembahyangan rutin sesuai dengan hari sucinya atau yang disebut odalan. Sesuai dengan tradisi juga, pasti akan diadakan kegiatan 'mengundang' di perempatan jalan di depan rumahku, yang tidak jauh dari kuburan.
    Mulai dari sekitar setengah 12 malam, terdengar iringan-iringan untuk persiapan penyambutan itu. Mulai dari bunyi seruling, nyanyian-nyanyian hingga suara-suara yang sangat menyeramkan. Ritual itu berlangsung hingga tengah malam. Katanya, setiap diadakan ritual itu banyak yang ikut menonton. Kok mereka berani ya? Aku seumur-umur tidak pernah, aku terlalu pengecut untuk itu. Setiap prosesi itu, aku pasti tidur berdua. Saat terdengar oleh telingaku, aku berusaha mengalihkan pikiran, berkonsentrasi agar tidak memikirkan hal yang aneh-aneh.
    Katanya, saat prosesi 'mengundang' itu mereka yang dirasuki akan dijaga agar tidak lari ke kuburan dan melakukan undangan yang sesungguhnya. Syukurnya, setelah upacara itu selesai tidak pernah ada kejadian yang menyeramkan. Semuanya berjalan seperti biasa, seolah tidak pernah ada kegiatan apapun malam harinya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...