Selasa, 09 Juni 2015

Fashion & Style Handbook by Tim Bentang Belia | Book Review

Fashion & Style Handbook
Penulis: Tim Bentang Belia
Penyunting: Starin Sani
Perancang sampul: D.A.A
Ilustrasi isi: Addina Faizati
Penerbit: Bentang Belia
ISBN: 978-602-7975-38-5
Cetakan pertama, Juli 2013
162 halaman
Beli di BukaBuku 10k
What is your favorite fashion item?
Little black dress, cape, ankle boots, you name it!


Tapi masih sering bingung membedakan jenis-jenis tas, dress, outerwear, sepatu, dan istilah fesyen lainnya?

Tenang aja, Girls!

Buku ini cocok buat kamu yang ingin menguasai seabrek kosakata tentang dunia fesyen. Buku ini punya semua hal yang kamu butuhkan. Dari ilustrasi busana cewek yang detail dan ringkas, dan semua artikel tentang hal-hal yang berhubungan dengan dunia cewek lainnya. Nggak ketinggalan daftar istilah dan cara mengeja fashion brand yang baik dan benar.

"Kamus Modis untuk Trendy Hunter!"
- Cindy Biantoro, Fashion Blogger

"INFORMATIF! Ilustrasinya bikin mengerti seperti apa fashion item yang dimaksud. Dan layout halamannya girly banget!
- Lulut Marganingtyas, Fashion Blogger & Fashion Stylist
Akhirnya menemukan buku yang bisa menjawab pertanyaan saya seputar dunia fesyen. Sejak kecil saya suka banget baca majalah atau tabloid remaja, kurang lebih di mulai ketika saya kelas 6 SD, kakak saya suka sekali membaca majalah sehingga mau nggak mau ketularan, bisa dibilang majalah remaja adalah 'buku' yang saya cecap ketika kecil, bukan bobo atau majalah anak lainnya. Nggak heran saya suka banget dandan dan suka mantengin para fashion blogger karena bacaan saya seputar fesyen.

Namun, tidak banyak artikel yang saya temukan tentang 1001 kosa kata dalam dunia fesyen. Dulu saya sering bertanya-tanya ada berapa macam sih jenis tas, baju, rok, sepatu? Karena kadang ada yang bilang wedges, stileto, bedanya apa? Kan sama-sama high heels juga? Kebanyakan majalah hanya menyebutkan nama tetapi tidak ada penjelasan detail. Nah, di buku inilah saya mendapatkan jawabannya, walau tidak dijelaskan secara detail sekali, setidaknya ada penjelasan singkat tentang berbagai barang dalam dunia fesyen.
Fashion & Style Handbook ini diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan remaja putri yang ingin menguasai berbagai kosa kata tentang dunia fesyen. Buku ini mengupas berbagai fashion item seperti tas, sepatu, gaun, rok, celana, outwear, topi, dan aksesoris, mulai dari definisi, sejarah, jenis-jenis, hingga saran pemakaiannya. Tidak hanya memuat tema-tema khusus tadi, buku ini juga dilengkapi dengan perkembangan fesyen mulai dari tahun 1960-an hingga sekarang.
Saya nggak akan menjelaskan semuanya, hanya beberapa contoh aja ya yang saya tampilkan, selebihnya nanti bisa dibaca sendiri :D

Tas
Ada banyak jenis tas, antara lain; clutch bag, tote bag, baguette bag, hobo bag, field bag, kelly bag, buckle bag. duffel bag, pouch, satchel bag, messenger bag, gusset bag.
Clutch Bag: Tas genggam ini sangat kecil sehingga hanya dapat menampung benda-benda berukuran kecil. Cocok untuk acara resmi dipadukan denga gaun favorit.
Tote Bag: Tote berarti 'membawa'. Tas ini memang berfungsi membawa banyak barang karena ukurannya cukup besar. Biasanya terbuat dari kain kanvas, nilon, dan kulit, tapi kadang bisa juga dari plastik atau kertas daur ulang. Cocok untuk kita yang hobi shopping.

Dress
Fashion item yang banyak disukai kaum hawa, saya pun juga menyukainya karena praktis, hehehe. Memakai gaun atau dress ini membuat kita para cewek terlihat lebih feminim :D
Beberapa macam gaun antara lain; tube dress, one shoulder dress, mini dress, maxi dress, tutu dress, sundress, trapeze dress, drop waist dress, shirtwaist dress, wrap around dress, tunic dress dan sheath dress.
Maxi Dress: Gaun sepanjang mata kaki ini bisa membuat kita tampak stylist sekaligus nyaman, bisa jadi pilihan kalau lagi bosan dengan jeans. Jika ingin terlihat sedikit rapi, kita bisa memadukannya dengan blazer. Untuk acara santai dan hang-out, padukan dengan bolero atau vest.
Drop Waist Dress: Gaun jenis ini mulai populer pada 1920-an, dipakai untuk berbagai pesta dan acara dansa pada masa itu. Garis pinggang gaun ini snegaja dibuat sangat turun dan mekar ke bawah. Gaun ini kembal menjadi buah bibir setelah dipakai Carey Mulligan di film The Great Gatsby (2013).

Sepatu
Saya sangat suka sekali dengan sepatu, bisa dibilang nomor dua setelah buku. Saya jarang sekali beli baju paling kalau ada yang disuka banget baru beli, selain itu dari TK sampai kerja saya selalu memakai seragam jadi tidak boros beli baju, sebagai gantinya uangnya dilimpahkan untuk beli sepatu aja :p. Saya ini kalau jalan cepat sekali, pernah beli sepatu dan nggak bertahan sampai satu bulan, memang nggak awet, yang jelas sepatu selalu saya pakai.
Banyak banget jenis sepatu, paling banyak dari semua yang dijelaskan di buku ini, macam-macamnya antara lain; oxford shoes, blucher oxford shoes, bootee, cukka boots, heavy duty boots, chelsea boots, ankle boots, slingback, wedge sneakers, loafers, espadrilles, moccasin, mule shoes, clogs, sandal, tennis shoes, hiking boots, sandal thong, ugg boots, wedge heels, sneakers, mary janes, slippers, docksides, slip-on shoes, monk shoes, scarpin shoes, chunky shoes, open toe shoes, ankle strap, peep toe shoes, platform shoes, t-strap, stiletto heels, cone heels, d'orsay, mules, kitten heels, pump, gladiator, ballerina flats, jelly shoes, flip flops.
Banyaakkkk banget kan? Dari semuanya saya paling suka Wedge Heels, Mary Janes, Slip-On Shoes, dan semua jenis boots :D.

Nggak hanya ketiga barang di atas yang dijelaskan, masih ada macam-macam jenis outwear, jas, rok, celana, topi, dan aksesoris pemanis yang bisa menambah penampilan kita menjadi menarik. Ada juga penjelasan tentang fashion circle di mana sebenarnya fashion itu seperti roda berputar, jangan buang baju kamu jaman dulu karena suatu saat nanti bisa in lagi. Gaya yang sekarang merupakan modifikasi dari fesyen yang lebih dulu ada. Hal-hal yang nggak boleh dilakukan dalam berbusana tertuang dalam Fashion Crime. Kemudian ada tips seputar Mix and Match, Fesyen untuk Si Chubby, Fesyen untuk Si Munggil, Collar Play, Pattern Play, sampai pengetahuan tentang Pesona Kain Tenun, Baju Sesuai Musimnya, Simbol Fesyen, Fashion Glossary dan How to Spell the Brands Name. Untuk yang berhijab ada bagian tentang Dunia Hijab yang tidak boleh dilewatkan. Lengkap banget, kan? Yang jelas buku ini informatif sekali kalau kalian ingin mengenal lebih jauh tentang dunia fesyen.

Buku ini colour full dan dilengkap ilustrasi gambar sehingga memudahkan kita untuk mengenal dan membedakan fashion item yang ada. Seperti yang saya katakan tadi, nggak detail banget namun lengkap. Yang terpenting ada pengertian disetiap fashion item. Buku ini merupakan republish dari Buku Kamus Lengkap Cewek Gaul, sepertinya dipecah menjadi dua, satu buku ini dan satunya lagi menjadi Beauty and Health Handbook, yang lain kali juga akan saya bahas.
"Creat your own style, let it be unique for yourself and yet identifiable for others." - Anna Wintour
"Right now I just wear what looks good on me and makes me feel confident." - Katy Perry
Buku ini recommended bagi siapa aja yang ingin ahli di dunia fesyen.

3 sayap untung jenis-jenis fashion item yang bikin kepala pusing XD

4 komentar:

  1. Naksir sama buku in tapi waktu itu ga jadi beli. Lengkap tapi ga detail ya, Sulis? Cukuplah untuk yang penasaran pengin tahu jenis2 fashion ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener, ada penjelasannya kok jadi mengobati rasa inin tahu :)

      Hapus
  2. Ciyeee kakak akhirnya beli bukunya juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya wishlist dari lama, beli dan bacanya udah lama baru kereview sekarang XD

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...