Senin, 11 Mei 2015

The Wuggly Ump by Edward Gorey | Book Review

The Wuggly Ump
Penulis: Edward Gorey
Ebook, 17 halaman.
Edward Gorey's mordant masterpiece The Wuggly Ump charts the fate of three wholesome children whose happy days weaving chains of flowers are cut short when the mysterious Wuggly Ump hurtles from its den in search of tasty tots. Set to deceptively pleasant rhymes and illustrated in Gorey's inimitable style, this lighthearted and mildly unsettling cautionary tale has delighted legions of Gorey fans since its first publication in 1963. This brand-new edition is a faithful reproduction for old and new fans alike to treasure.
Kali kedua membaca picture book dari Edward Gorey, tidak se-gloomy The Gashlycrumb Tinies, buku ini lebih colourfull. Cara penulisannya pun sama, sebuah ilustrasi dan dibawahnya ada narasi pendek. Tetap saja ceritanya kelam dan miris, sepertinya hal ini memang menjadi ciri khas dari Edward Gorey.

Di negeri yang jauh di sana, hiduplah seekor monster bernama Wuggly Ump, monster ini pemakan benda mati, seperti paku payung, ganggang pintu, lumpur, dsb. Di tempat yang lain ada tiga anak kecil yang suka bermain, mereka hidup bahagia. Suatu ketika, si monster Wuggly Ump meninggalkan tempat nyamannya, mengarungi bukit melewati lembah, dia tidak ingin memakan benda mati, dia ingin menu yang berbeda, benda hidup yaitu anak kecil. Maka si Wuggly Ump mendatangi mereka.

Cerita yang sangat singkat tapi bermakna dalam. Kali ini saya memerlukan waktu yang lama untuk memikirkan apa yang ingin Edward Gorey sampaikan, selalu ada pesan moral di dalam ceritanya yang kelam. Makhluk asing dan ketiga anak kecil yang suka bermain. Kalau di buku sebelumnya penulis berpesan agar anak kecil berhati-hati dalam bermain dengan menunjukkan 26 cara kematian yang bisa terjadi, buku ini berpesan agar anak kecil jangan mudah mempercayai orang asing, orang yang baru dikenal, jangan membukakan pintu rumahmu secara sembarangan karena siapa tahu mereka bermaksud jahat, seperti ingin menculik, menjual atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Berhati-hatilah kalau di rumah sendirian.

Sepertinya saya mulai menjadi penggemar Edward Gorey nih, pengen baca bukunya yang lain lagi :p

3.5 sayap untuk "Sing hushaboo, sing hushaby, The Wuggly Ump is drawing nigh"

2 komentar:

  1. Wah aku baru tau Edward Gorey >.< ilustrasinya cantik, ceritanya juga menarik ih jadi pengen baca juga~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru baca dua kali langsung suka! Ceritanya kelam tapi bermakna dalam :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...