Senin, 27 April 2015

In a Blue Moon by Ilana Tan | Book Review

In a Blue Moon
Penulis: Ilana Tan
Ilustrasi dan desain cover: Kitty Felicia Ramadhani
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-1462-4
Cetakan pertama, 2015
320 halaman
Harga: 70k (off 25% at @HobbyBuku)
Bisa dibeli di @bukupediacom
“Apakah kau masih membenciku?”
“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”


Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu—oh, bukan!—melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang—ini sangat jarang terjadi, tentu saja—kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.
Gordon Ford adalah lelaki berumur 75 tahun, walau bisa dibilang sudah renta tetapi dia sangat sehat dan aktif sekali, dia selalu mendapatkan ide-ide nekat demi memenuhi kepuasannya. Salah satunya adalah ketika dia bertemu sahabat lama di sebuah resepsi pernikahan cucu sahabatnya tersebut. Sejak dulu Gordon Ford ingin meyatukan keluarganya dengan Thomas Wilson, ingin menikahkan anak-anak mereka, namun anak mereka laki-laki semua. Begitu tahu Thomas memiliki cucu perempuan dia langsung ingin menjodohkannya dengan cucu laki-laki tersayangnya, tidak mau tahu mereka setuju atau tidak, Gordon Ford sangat keras kepala dan selalu mendapatkan apa yang diinginkan, dengan berbagai cara.

Lucas Ford sudah terbiasa dengan kenekatan dan kemauan ajaib kakeknya, dia tahu betul kakeknya tidak akan berhenti sebelum kemauannya dituruti. Jadi, Lucas mengikuti permainan kakeknya, dia mau menemui gadis yang ingin dijodohkan dengannya dan terkejut begitu tahu siapa dia, Sophie Wilson, teman sekolahnya dulu, orang yang sangat membenci Lucas Ford. Sophie Wilson tidak akan pernah melupakan kejadian yang membuatnya menangis setiap hari ketika mendengar Lucas dan teman-temannya mengejek dirinya, dia tidak akan pernah lupa dan tidak akan memaafkan Lucas sampai kapan pun. Mereka berdua sejak awal tidak ingin menerima perjodohan yang dilakukan secara sepihak oleh kakek Lucas, tapi sejak mengetahui siapa yang akan menjadi calon istrinya, Lucas tidak bisa berhenti memikirkan Sophie.

Lucas ingin Sophie memaafkan perbuatannya, ingin membuktikan kepada Sophie kalau dia sudah berubah, dia bukan lagi seorang remaja bodoh dan egois, yang seenaknya sendiri seperti sepuluh tahun yang lalu. Sekarang dia adalah kepala koki dan pemilik restoran ternama, Ramses, dia meraih kesuksesan dengan usahanya sendiri. Walau sering menghindar kalau diajak bertemu, Lucas tidak patah arang, dia juga punya berbagai tak tik seperti kakeknya, dia punya berbagai cara untuk mendapatkan hati Sophie.
"Rahasia membuat brownie adalah mengeluarkannya dari oven tepat sebelum kalian berpikir brownie-nya sudah matang."
"Bagian tengahnya harus lembut dan agak basah, bukan keras. Jangan khawatir kalau kalian melihat lengkungan di bagian tengah dan retakan di bagian atasnya. Brownie yang sebnar memang seperti itu. Brownie-nya akan mengeras apabila sudah didinginkan."
"Aku adalah Lucas Ford. Kata 'sederhana' tidak ada dalam kamus masakanku." 
Cerita yang manis dan mengetarkan hati, itulah yang akan kamu dapat ketika membaca tulisan Ilana Tan. Dari segi ide cerita, buku ini biasa sekali dan cukup pasaran, perjodohan, benci jadi cinta. Tapi bukan Ilana Tan namanya kalau tidak bisa membuat hati pembaca kesemsen dengan tulisannya. Lewat interaksi kedua tokoh utamanya, buku ini memiliki kadar kemanisan yang pas. Kedua tokoh utamanya akan membuatmu tersenyum ketika melihat tingkah polah mereka.

Kelebihan buku ini memang terletak pada bagaimana penulis menjalin chemistry antara kedua tokoh utamanya, menghadirkan adegan-adegan yang menunjukkan perasaan mereka satu sama lain, menunjukkan prosesnya. Kelebihan lainnya adalah para karakternya sendiri, hampir semua karakter di buku ini menyenangkan, tidak ada yang benar-benar jahat. Kalian akan dibuat tersenyum akan karakter Gordon Ford yang tidak mengenal kata menyerah, akan menyayangi kedua kakak Sophie yang sangat protektif kepadanya, dijamin menyukai juga sahabat Sophie, Nicholas Li. Sedangkan untuk karakter Lucas dan Sophie sendiri, kalau kalian pembaca setia Ilana Tas, pasti tidak akan asing dengan karakter mereka. salah satu ciri khas karakter utama yang selalu dibuat penulis adalah seorang perempuan lembut baik hati serta lelaki yang keras kepala dan seenakknya sendiri. Covernya sangat cantik sekali, jadi pengin pergi ke A Piece of Cake dan menikmati kue di sana :p. saya mendapatkan cetakan pertama dan masih banyak typo, tapi katanya di cetakan selanjutnya sudah diperbaiki.

Bukan berarti buku ini tidak meninggalkan remah-remah. Bisa dibilang universe buku ini adalah masakan dan kue, restoran Ramses dan toko kue A Piece of Cake. Jadi, begitu tahu temanya adalah kisah cinta di dapur maka saya ingin mendapatkan keduanya secara seimbang, ya kisah cinta ya kisah di dapur. Sayangnya penulis hanya menyuguhkan tell pada porsi dapur dan show pada kisah cinta, dalam artian tidak banyak adegan yang membahas profesi mereka, hanya sebagai tempelan kalau Lucas adalah seorang chef sedangkan Sophie seorang patissier. Inginnya ada adegan yang menunjukkan kelebihan mereka. Ada beberapa sebenarnya yang menunjukan kelebih mereka, ketika Sophie membuat kue brownie dan tarlet, sedangkan Lucas mengundang keluarga Sophie untuk makan di Ramses, memasaknya sendiri. Nah, inginnya pada bagian ini lebih detail lagi, ingin melihat mereka menunjukkan keahlian di dapur. Kemudian untuk bagian flashback-nya, sebenarnya cukup menjelaskan kisah masa lalu mereka, tapi saya ingin tahu bagaimana Lucas mendapatkan posisinya sekarang, menjadi seorang chef yang andal, begitu juga dengan Sophie, ingin mengetahui kisah perjalanan profesi mereka.

Bagiamanapun buku ini tetap enak untuk dinikmati, bacalah dan rasakan manisnya. Recommended bagi yang sedang ingin mendapatkan kisah cinta yang manis. Kali ini Ilana Tan tidak akan membuatmu menangis :D.

4 sayap untuk Chouchou.


10 komentar:

  1. Sophie masih lemah lembut meski pernah dibully ya, Sulis? Kasian. :( Tapi aku penasaran sama chemistrynya. Dulu pernah baca Winter in Tokyo. Apa bakal sama manisnya ya. Penasaran sama novel ini. Nunggu paketan dateng. Ga sabar. ♥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lemah lembut tapi lebih kuat :) Dapet kok chemistrynya dan memang manis banget hubungan mereka, aku rasa nggak ada bedanya dengan Winter in Tokyo karena penulisnya sama :)

      Hapus
  2. Wah aku juga cetakan pertama dan nggak nemuin typo karena udah terlalu terhanyut sama kisah LucaSophie x) Iya sih kak, rasanya emang flashback nya agak kurang padahal kita udah penasaran banget, maunya sih dapat penjelasan lebih rinci soal hidup Sophie setelah pindah sekolah a.kma pindah kota, atau mungkin kisah hidup Sophie di masa lalu, gimana Sophie sama Lucas bisa ngebangun A Piece of Cake juga Ramses sekarang. Hihi :D ditunggu buku Ilana Tan selanjutnya deh, dan pastinya In a Blue Moon ini harus ada kaitannya sama novel selanjutnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. HIhihi, kalau A Piece of Cake kemungkinan masih bisa dijadiin setting, kalau kelanjutan cerita atau sekuel kayaknya nggak deh, soalnya endingnya udah jelas banget :D. Yah semoga aja untuk buku selanjutnya lebih detail lagi ya :)

      Hapus
  3. Uh.. Cerita khas Ilana Tan pasti ada kisah sedihnya yang bikin aku ngga bisa move on seminggu.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, kali ini isinya bikin seneng kok :)

      Hapus
  4. Gimana cara download nya kak ??
    Udah beberapa kali aku nyoba, ttep aja kaga bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf dek, nggak bisa di donlot, bisanya dibeli bukunya :)

      Hapus
  5. aq suka novel ini, ceritanya simple, hangat dan sweet. 4,5 of 5 stars deh

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...