Jumat, 10 April 2015

Hunter X Hunter | Anime Review


Hai hallo, seminggu ini saya lagi males banget baca dan ngreview, tiap baca pasti nggak konsen dan muak alhasil saya beralih ke nonton film saja, daripada hasil bacanya nanti jelek mending cari penghiburan yang lain. Ada satu film based on book yang saya tonton, kurang memuaskan juga (kapan-kapan akan saya tulis reviewnya), emang lagi rewel banget ini. Solusi terakhir saya nonton anime yang dulu pernah diikuti namun belum sampai tamat, ada beberapa seperti Naruto dan Bleach, tapi nggak sekarang bahasnya karena saya belum mulai dan nggak kuat dengan episode-nya alias nggak ada waktu buat maraton nonton. Perkecualian dengan anime yang satu ini karena udah sampai tamat dan episodenya nggak banyak banget, terlebih saya sangat penasaran dengan kelanjutan ceritanya, anime ini diadaptasi dari manga yang pertama kali rilis pada tahun 1998, berjudul sama dengan animenya, Hunter X Hunter karya Yoshihiro Togashi.

Saya lupa kapan terakhir nonton, kalau nggak SMP ya SMA, waktu jaman-jamannya saya suka banget baca manga dan nonton anime. Yang jelas, anime Hunter X Hunter ini sempat berhenti penayangannya dikarenakan sang penulis sakit, jadi ada dua versi, versi tahun 1999 - 2001 (hanya sampai 62 episode, diproduksi oleh Studio Nippon Animation dan Viz Media) dilanjutkan lagi pada tahun 2011 - 2014 (total episode menjadi 148, diproduksi Madhouse dan VAP). Nah, yang saya tonton dahulu kala itu yang versi pertama, dulu sempet sedih banget karena selain ceritanya nanggung, anime ini masuk favorit sepanjang masa, lagi seru-serunya eh nggak ada lanjutannya, terlebih waktu itu manga terjemahan belum ada, ternyata sempat terhenti produksinya.

Hunter X Hunter sendiri mengisahkan tentang perjuangan anak berusia 12 tahun yang bernama Gon Freecss menjadi seorang Hunter, tujuannya adalah menemukan sang ayah, Ging Freecss yang merupakan seorang Hunter profesional, seorang Hunter Arkeolog, menemukan benda-benda langka serta mengunjungi tempat bersejarah sehingga dia hidup nomaden dan sulit untuk ditemui. Gon sejak kecil diasuh oleh bibi Mito, hanya lewat sebuah foto Gon mengenali ayahnya. Suatu ketika Gon bertemu dengan Kaito, seorang Hunter yang juga mengenal Ging, dia menyarankan Gon untuk mengikuti ujian Hunter agar bisa mendapatkan informasi dan menemukan ayahnya. Awalnya bibi Mito melarang karena ujian Hunter sangat berbahaya, tapi dengan tekat kuat dan semangat yang selalu dimiliki Gon, dia pun pergi meninggalkan pulau Fujira dan bertekat akan menjadi seorang Hunter profesional seperti ayahnya.

Hunter adalah sejenis pekerjaan yang sangat menjanjikan namun juga sangat berbahaya. Seorang Hunter dengan bebas bisa keliling dunia, memasuki tempat-tempat yang dilarang bagi orang yang bukan Hunter, menangkap penjahat, mencari harta tersembunyi, melakukan berbagai misi, tidak ada batasan bagi seorang Hunter karena selalu mendapatkan ijin secara legal. Banyak orang yang ingin menjadi seorang Hunter namun banyak pula yang gagal karena ujian Hunter bukan main sulitnya, ada beberapa langkah yang harus mereka tempuh.

Killua - Leorio - Gon - Kurapika

Petualangan Gon menjadi seorang Hunter membawanya bertemu dengan orang-orang yang nantinya akan menjadi sahabatnya. Kurapika, seorang gadis berpenampilan tomboi, dia adalah orang terakhir dari suku Kurta, suku yang terkenal dengan mata merahnya. Pendiam, bijaksana tapi penuh strategi. Tujuan dia menjadi Hunter adalah mencari informasi tentang Genei Ryodan (Phantom Troupe) atau laba-laba, sekelompok orang yang telah membabat habis suku Kurta, hanya menyisihkan dia seorang, dia ingin membalaskan dendam sukunya. Leorio, orang yang paling konyol, suka mabuk, main perempuan, motivasinya mengikuti ujian Hunter adalah dia ingin mengumpulkan uang sebanyak mungkin agar bisa menjadi dokter. Terakhir adalah Killua Zoldyck, yang paling cuek dan semaunya sendiri dalam kelompok mereka. Keluarganya adalah pembunuh bayaran yang sangat terkenal dan ditakuti banyak orang, dia mengikuti ujian Hunter hanya karena iseng, dia terlahir menjadi seorang pembunuh, sejak kecil sudah dilatih keras sehingga menganggap ujian Hunter sangatlah mudah.

Saya nggak akan menjabarkan semua cerita anime ini, ada 148 episode bok! Tapi saya hanya akan menceritakan singkat episode yang menurut saya menjadi 'induk' cerita. Pertama adalah ujian Hunter sendiri. Kemudian Gon, Kurapika dan Leorio mendatangi kediaman keluarga Zoldyck di gunung Kukuru untuk menjemput Killua yang dipulang paksa oleh kakaknya sewaktu mengikuti ujian Hunter. Petualangan Gon dan Killua mengenal nen ketika mengikuti turnamen di Sky Ring (The Heavens Arena). Petualangan Gon dan Killua mengikuti game Greed Island, sebuah game yang mengunakan nen (aura atau kekuatan tenaga dalam) yang diciptakan Ging beserta sepuluh temannya yang lain. Kisah berdarah pelelangan bawah tanah di Yorknew City. Pertempuran melawan Raja semut Chimera. Cerita diakhiri dengan perjuangan Killua menyelamatkan Gon yang menyebabkan dia berhadapan dengan keluarganya sendiri, di saat yang bersamaan ada cerita pemilihan ketua asosiasi Hunter yang baru.

Saya nggak hapal pembagian episodenya, saya nontonnya melanjutkan yang dulu, nggak ngulang dari awal lagi. Seingat saya terakhir nonton pas episode tragedi berdarah di Yorknew City ketika Kurapika melancarkan balas dendam kepada laba-laba tapi saya mulai lagi ketika Gon dan yang lain menjemput Killua di kediaman Zoldyck, hehehehe. Dari dulu sampai sekarang Killua adalah idola saya :D. Dari semua episode inti di atas, yang paling saya suka adalah ketika Gon menjemput Killua, kisah berdarah di Yorknew City dan ketika Killua mencoba menyelamatkan Gon. Jujur saya melewatkan episode perang melawan raja semut Chimera, hanya skip-skip karena nggak ada waktu untuk menonton semua episode tersebut, di sisi lain saya udah nggak sabar dengan ending kisah ini.

Selain kisah persahabatan dan petualangan Gon dkk, yang paling menarik dari anime ini adalah keluarga Zoldyck, Genei Ryodan, kekuatan atau nen yang dimiliki tokoh-tokohnya. Untuk tahu tentang Genei Ryodan, maka episode Yorknew City sangat wajib ditonton, di episode tersebut benar-benar menunjukkan kekuatan luar biasa yang dimiliki masing-masing anggotanya, walau nggak secara detail bagi semua. Untuk lebih tahu tentang keluarga Zoldyck, maka episode ketika Gon menjemput Killua dan saat Killua berjuang menyelamatkan Gon nggak boleh kamu lewatkan.



Keluarga Zoldyck

Bisa dibilang saya sangat terobsesi dengan keluarga Zoldyck, saya mencari informasi kesana kemari agar menjawab pertanyaan saya akan keluarga yang misterius ini. Keluarga Zoldyck tinggal di sebuah gunung berapi yang tidak aktif lagi, Kukuro di Republik Padokea. Area kediaman keluarga Zoldyck sangatlah besar, dikelilingi tembok tinggi, hutan yang amat luas serta penjagaan yang ketat. Tidak sebarangan orang bisa masuk ke kediaman Zoldyck, bahkan bagian paling depan ada Testing Gate, sebuah gerbang yang amat besar dan sangat berat. Pelayan-pelayannya pun sangat terampil dan terlatih. Keluarga Zoldyck adalah keluarga pembunuh bayaran paling terkenal, paling mahal, dan paling ditakuti. Mereka cukup misterius sehingga foto mereka saja bisa berharga jutaan.

Maha Zoldyck: kakek buyut Killua, Zoldyck tertua yang berumur 98 tahun. Muncul sekali ketika membantu Illumi dan Kalluto membunuh mafia di episode Yorknew City.
Zeno Zoldyck: kakek Killua, berumur 67 tahun. Dia sering muncul bersama dengan Silva, ayah Killua. Mempunyai ciri khas kumis panjang dan sangat cerdas.
Silva Zoldyck: ayah Killua, agak pendiam. Dia jarang berinteraksi dengan anak-anaknya, tapi dari kelima anaknya dia paling menyayangi Killua dan memperbolehkannya berpetualang dengan Gon untuk mengembangkan kemampuannya, dan dia yakin Killua suatu saat nanti akan kembali ke rumah karena dia adalah keluarga Zoldyck.
Kikyo Zoldyck: ibu Killua. Penampilannya cukup unik, selalu berpakaian gaya victoria, muka penuh perban, dan memakai penutup mata yang aneh. Dia sangat menyayangi Killua dan tidak ingin Killua pergi dari rumah, dia tidak percaya akan yang namanya persahabatan, sangat curiga dengan kehadiran orang-orang yang dekat Killua. Berprinsip bahwa pembunuh bayaran tidak membutuhkan teman.

Kelima saudara Zoldyck
Illumi Zoldyck: anak pertama, berusia 24 tahun, kekuatannya bisa mengendalikan orang lain dengan jarum, menghipnotis dan mengubah bentuk wajah menjadi orang lain. Dia adalah pembunuh berdarah dingin, berteman dengan Hisoka, salah satu anggota laba-laba.
Milluki Zoldyck: anak kedua, berusia 19 tahun, seorang otaku, hacker, pembuat senjata canggih, sangat terobsesi dengan teknologi.
Killua Zoldyck: anak ketiga, berusia 12 tahun, sangat santai, cool, selalu cuek. Killua tidak jauh berbeda dengan Gon yang ceria, bedanya, Gon ceroboh sedangkan Killua sangat pemikir, akurasinya selalu tepat, tapi tidak jarang juga dia menunjukkan ekpresi pembunuhnya. Killua adalah satu-satunya dari kelima saudara Zoldyck yang mempunyai rambut perak, yang katanya menandakan bahwa dia akan meneruskan profesi keluarga Zoldyck, digadang-gadang akan menjadi pembunuh bayaran paling hebat, keluarganya sangat berharap padanya. Sayangnya, Killua tidak ingin menjadi pembunuh bayaran, dia ingin menentukan nasibnya sendiri dan setelah bertemu dengan Gon, dia lebih menghargai nyawa seseorang, mempercayai kalau ada yang namanya persahabatan. Killua kebal akan racun dan listrik karena sejak kecil dia sering berurusan dengan kedua hal tersebut.
Alluka Zoldyck: anak keempat, berusia 11 tahun, adik kesayangan Killua. Sayangnya keluarga yang lain mengganggap Alluka sangat berbahaya dan mengancam keluarga Zoldyck sendiri sehingga dia disembunyikan di suatu tempat yang tidak diketahui oleh siapa pun selain Silva dengan penjagaan yang sangat ketat. Di dalam diri Alluka ada 'Nanika'. Kekuatan yang dimiliki Alluka adalah bisa mengabulkan permintaan apa saja. Saat seseorang mengabulkan tiga permintaan dari Alluka, maka Nanika akan muncul dan mengabulkan satu permintaan apa saja yang orang itu katakan. Tapi, kalau menolak permintaan Alluka sampai empat kali berturut-turut, jangan tanya risiko apa yang akan ditanggung. Hanya Killua yang bisa memahami Alluka.
Kalluto Zoldyck: anak kelima, berusia 10 tahun, sangat pendiam, selalu terlihat memakai yukata dan sering hadir bersama Kikyo. Cukup misterius karena jarang muncul dan tidak banyak bicara. Ada yang berkata kalau dia sangat cemburu dengan Alluka karena lebih dekat dengan Killua, dia berharap bisa dekat juga dengan Killua ada juga yang bilang kalau dia bergabung dengan laba-laba untuk mencari Alluka. Hati-hati dengan kipas yang dia bawa.

Untuk lebih lengkapnya tentang keluarga kece ini, silahkan kunjungi: ini, ini, dan ini.



Genei Ryodan (Phantom Troupe)

Ada 13 anggota beserta pemimpinnya, Kuroro Lucifer (bisa mencuri teknik nen seseorang). Setiap anggota mempunyai tatto laba-laba berkaki 12 dengan 1 kepala, di perut laba-laba ada angka yang menunjukan nomor keanggotaan. Kelompok yang mempunyai lambang laba-laba ini awalnya berasal dari Ryuseigai, suatu negara tanpa hukum dan pemerintahan, tempat orang-orang buangan, tempat yang tidak diakui keberadaanya. Genei Ryodan berisi orang-orang sangat hebat dan mempunyai keahlian khusus yang berbeda tiap anggota. Pekerjaan mereka adalah mencuri dan membunuh, mereka bekerja sendiri, tidak terikat dengan orang lain.
"Laba-laba tidak akan mati walau kepalanya terputus."
Genei Ryodan tidak selalu bertemu, kadang bertahun-tahun mereka baru berkumpul, tergantung apakah ada misi yang akan dilakukan, kalau sudah terpisah mereka sulit ditemukan terlebih pemimpinnya, seperti menghilang tanpa jejak. Mereka bekerja secara berkelompok dan menunggu perintah dari sang pemimpin, biasanya mereka bekerja dua orang dan tiap anggota mempunyai tugas yang berbeda. Mereka tidak mempunyai belas kasihan, misalnya saja saat peristiwa di Yorknew City, Kuroro memerintahkan untuk mengambil semua barang yang dilelang dan membunuh semua yang campur tangan. Genei Ryodan sangat sulit dilawan, bahkan Injuu dan Hunter profesional tidak bisa menandingi kehebatan mereka. Silva dan Zeno Zoldyck pernah membunuh salah satu anggota Genei Ryodan. Cara menjadi anggota adalah dengan mengalahkan anggota yang lain dan mereka punya peraturan dilarang serius bertengkar dengan sesama anggota.

Anggota Genei Ryodan yang sering kita temui adalah Hisoka, anggota yang bernomor 4 karena sejak ujian Hunter kita akan melihat dirinya. Obsesinya menjadi anggota laba-laba karena dia ingin mengalahkan Kuroro, sang pemimpin, menjadi orang terkuat dan tak terkalahkan. Dia berpenampilan sangat unik, seperti joker dan tidak bisa ditebak. Pernah sekali saya melihat Hisoka tanpa make up khasnya, ternyata dia cakep juga loh :D. Dia lebih suka mengerjakan sesuatu hal sesuka hatinya jadi jangan kaget kalau dia suka berkhianat atau kadang bekerja di luar rencana. Hisoka sangat menyukai Gon, menganggap kalau Gon memiliki potensi yang besar, hanya perlu diasah sehingga ketika Gon menjadi kuat dia ingin bertarung dengannya. Hisoka tidak ingin Gon mati.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di sini.

Berikutnya yang menarik dari anime ini adalah nen, aura atau kekuatan tenaga dalam yang dimiliki para tokohnya. Ada teknik dasar nen dan tipe-tipe nen. Saya hanya akan membahas tipe-tipe nen :)
Ada 6 tipe nen:

  1. Kyouka/Reinforcement: bisa melipat gandakan kemampuan fisik. Contoh yang mempunyai nen ini adalah Gon.
  2. Henka/Transformation: mampu meniru sifat-sifat kimia suatu benda. Contoh yang mempunyai nen ini adalah Killua, bisa mengubah auranya menyentrum seperti listrik dan Hisoka yang membuat auranya lentur seperti permen karet.
  3. Gugenka/Materalization: bisa mengubah nenya menjadi benda nyata yang bisa dilihat oleh orang bukan pengguna nen. Tidak hanya sifat kimia yang bisa diubah tetapi baik bentuk maupun sifatnya. Contohnya adalah Shizuku, salah satu anggota Genei Ryodan yang menciptakan mesin penyedot debu yang bisa menelan apa saja.
  4. Sousa/Manipulation: bisa mengendalikan orang atau benda sesuai keinginan. Contohnya adalah Illumi Zoldyck
  5. Houshutsu/Emission: mampu melepaskan nen dan mengontrolnya dari jauh. Leorio mempunyai nen tipe ini.
  6. Tokushitsu/Specialization: kemampuan pengendalian nen yang berbeda dari tipe yang lain. Tipe ini bisa berupa kemampuan di luar kelima nen atau malah bisa mengendalikan kelima nen di atas dengan 100%. Contoh yang menggunakan nen ini adalah Kurapika. Kalau keadaan biasa dia mempunyai tipe nen Gugenka, tetapi saat matanya berubah menjadi merah, dia mempunyai nen Tokushitsu, bisa menggunakan kelima nen dengan sempurna.

Untuk lebih jelasnya tentang nen ini, silahkan baca di sini dan di sini.

Saya tidak membaca versi manga sehingga tidak tahu apakah ada perbedaan besar dengan versi animenya, kalau menurut hasil pencarian saya, keduanya tidak jauh berbeda kok, cerita anime tidak terlalu menyimpang dari manga. Walau anime-nya terhenti sampai episode 148, manganya sampai sekarang masih diteruskan oleh Yoshihiro Togashi. Saya berharap sekali akan ada lanjutannya karena saya masih belum puas. Saya ingin menonton petualangan Gon dan Killua lagi, bagaimana nasip Genei Ryodan selanjutnya dan ingin tahu lebih banyak lagi informasi tentang keluarga Zoldyck. Rasanya nggak akan puas dengan seri Hunter X Hunter ini, semua karakternya baik yang protagonis maupun antagonis sangat menarik untuk diikuti :D

Bagi yang ingin mengikuti anime ini, silahkan via streaming di http://animeindo.web.id atau http://animeindo.tv. Selamat menyaksikan :D

Anime ini wajib ditonton bagi penyuka action, petualangan, kisah persahabatan dan orang-orang yang mempunyai kekuatan super power.

5 sayap untuk Killua Zoldyck.


18 komentar:

  1. Inget banget jaman dulu Hunter x Hunter tayang ditelevisi, anime Ghost at School (sayang ga nemu manganya) juga XD waktu nonton anime dulu sempat bingung Kurapika dan Illumi itu cowok atau cewek haha. Tapi akhirnya paham juga kalau cowok.

    Keluarga Zeoldeyck memang penuh misteri ya dan jadi daya tarik tersendiri.

    Anggota Gene Ryodan favoritku yaitu Chrollo dan Phinks ? (kalau ga salah)

    manganya lumayan lancar terbit disini, semoga mangakanya sehat selalu biar ga sering hiatus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnnn, semoga selalu diberi kesehatan ya :)
      Iya namanya itu :)

      Hapus
  2. Nonton anime ini waktu masih kecil banget, dan bingung sendiri karena jadwal penanyangan di tv kayaknya berantakan. Yang paling di inget tuh waktu Hisoka ngelawan Killua terus berubah jadi *spoiler*, eh ini bener gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku agak lupa bagian itu, sepertinya pas ujian Hunter ya? Hehehehe

      Hapus
  3. Kyaaaaa!! Ada Killua... #itucumagambar,sab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, la habis mau seperti apa?

      Hapus
  4. Hunter X hunter! Salah satu anime favorite aku ^_^ selain karena killua nya ganteng, juga karena ceritanya emang seru ^^ aku punya beberapa dvd nya, tapi jujur, aku agak kurang nyambung sih sama ceritanya hehe, ga ngerti alur nya abis gini, gitu, gini, gitu gitunya, pusing 😵:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku yang paling penting adalah episode awal, kalau udah nonton lama-lama nggak bingung kok :)

      Hapus
  5. Ini anime paling keren yang membahas banyak bidang di satu petualangan dan aksi, ada konflik politik, ekonomi, sosial, sains, budaya, dan yang paling utama bela diri. Dibungkus dengan cerita persahabatan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap bener banget, paket komplit, ada mafia juga :p

      Hapus
  6. semoga yoshihiro dikasih kesehatan. aminn!
    pengen liat episode 149 dst. kangen momen killugon, killualu, dan kurapika vs ryodan. meskipu kangen semuanya sih xD GenRyo favku si Feitan, kocak. Yg ttg bola mata kuruta msh bingung asal usulnya, pas di eps 148 tiba2 ada di botol sambil dijagain kurapika. eh, maaf kepanjangan. suka kebablasan klo bahas anime favorit xD

    Btw, nice blog, gan! makasih udh share infonya..

    salam Hunterian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, seneng sudah berkunjung :D
      Aku juga pingin baca atau lihat lanjutanya, huhuhu, cerita masih sangat bisa dikembangkan T.T

      Hapus
  7. Thanks for this awesome webpage that you have. I like to read your post

    The Ipeenk Creations
    Ipeenk Downloader

    BalasHapus
  8. Hunter x hunter sangat kerenn
    Pengen rasanya hidup di sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan tes kepribadian di salah satu website saya termasuk tipe tokushitsu loh x:D
      Ayo yang suka hunter x hunter coba ikut tes juga.
      Di internet banyak kok.
      Oh iya bagi yang pengen bernostalgia ama anime lawas kunjungi blog saya di pecintaanimedangame.blogspot.com
      Maaf bila kepanjangan:v

      Hapus
    2. Wah terimakasih atas informasinya, jadi pengin nyoba deh masuk tipe apa :)

      Hapus
  9. Episode benua hitam ada yang tau gak video nya share dong

    BalasHapus
  10. Episode benua hitam ada yang tau gak video nya share dong

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...