Senin, 16 Maret 2015

After D-100 by Park Mi Youn | Book Review

After D-100
Penulis: Park Mi Youn
Penerjemah: Putu Pramania Adnyana
Penyunting: O Lydia Panduwinata
Cover dan iluistrasi: Bambang 'Bambi' Gunawan
Penerbit: Haru
ISBN: 978-602-7742-18-5
Cetakan pertama, Juni 2013
382 halaman
Pinjam @lila_coolradio
WANITA:

Aku mencintai laki laki itu dan menikahinya.

Akan tetapi setelah hari itu,

Aku memutuskan untuk bercerai dengannya

PRIA
Sampai sebelum hari itu,
Aku tidak mencintai istriku.
Akan tetapi setelah hari itu,
Aku mulai mencintai istriku

Wanita yang jatuh cinta dan lelaki yang tidak jatuh cinta.
Akan tetapi setelah hari itu, perasaan keduanya berubah drastis.

D-100, Apa yang terjadi kepada keduanya setelah hari itu?
Pada ulang tahun pernikahanya yang kedua Kang Gyung Hee mendapati kenyataan yang menyakitkan, ternyata selama ini suaminya, Lee Jung Chul mencintai perempuan lain, suami yang selama ini sangat dipujanya ternyata tidak pernah mencintainya. Gyung Hee terlalu buta, dia menikah setelah lulus kuliah dan terpesona kepada Jung Chul yang waktu itu teman kakaknya, sebelum ulang tahun kedua pernikahan mereka Gyung Hee merasa hidupnya sempurna. Semenjak mengetahui kenyataan itu Gyung Hee tidak bahagia tetapi dia menyembunyikan perasaanya, agak dingin, bertekat akan balas dendam dan seratus hari pasca kejadian tersebut dia akan meminta cerai.
Aku minta maaf, tetapi aku tidak bahagia. Tadinya aku bahagia tetapi setelah mengetahui semua ini, aku tidak bahagia lagi. Aku ingin merasa dicintai. Aku juga ingin mempunyai anak. tetapi, hal itu tidak memungkinkanku denganmu. Itulah sebabnya aku berubah.
Gyung Hee bukan lagi perempuan penurut suaminya, dia menjadi lebih berani mengutarakan apa yang dia inginkan salah satunya adalah meminta suaminya membuatkan sebuah toko, Gyung Hee ingin membuka usaha tas branded bersama sahabatnya Jung Woo. Langkah ini merupakan salah satu usaha agar Gyung Hee mandiri karena selama ini dia bergantung pada suaminya dan keluarganya yang kaya. Dia ingin membuat suaminya bangkrut, menderita. Gyung Hee juga tidak langsung menuruti apa yang diinginkan suaminya, seperti urusan ranjang.

Rumah tangga mereka semakin tegang ketika Mina datang, mantan pacar Lee Jung Chul, awal dari semua masalah berasal. Gyung Hee cemburu dan marah karena Jung Chul tidak pernah mengatakan yang sebenarnya, dia tidak pernah jujur akan masa lalunya, Gyung Hee selalu menjadi pihak yang tertekan, terlebih dia yang selalu disalahkan karena tidak kunjung mempunyai anak, belum keberadaan ibu mertua yang terlalu mengatur rumah tangga mereka. Jung Chul selalu menolak kalau Gyung Hee membahas masalah anak. Kesabaran Gyung Hee habis ketika mengetahui kenyataan yang sebenarnya, rahasia yang selama ini disimpan oleh Jung Chul, kalau bukan dirinya sajalah yang mandul tetapi Jung Chul juga.

Saya tidak menyangka kalau konflik novel ini ternyata sangat kompleks, membahas disfungsi ereksi, asthenospermia -hilangnya atau berkurangnya kemampuan gerak sel sperma, tentang kemandulan. Akhir-akhir ini saya memang cukup mengemari genre domestic romance, buku ini kebutulan membahas salah satu konflik rumah tangga, kehadiran seorang anak. Awalnya saya kira orang ketiga lah yang menjadi masalah ternyata bukan, walau ada konflik tersebut hanya pelengkap, isu kemandulan yang menjadi konflik utama. Ditambah penulis juga menjelaskan masa lalu Jung Chul dan keadaan psikisnya ketika pertama kali mengetahui kenyataan tentang dirinya. Memang tidak mudah, terlebih Jung Chul mengetahui ketika dia berusia masih sangat muda.

Selain konflik utama tersebut, yang paling saya sukai dari buku ini adalah bagaiamana penulis membalik keadaan. Di awal kita akan diberikan gambaran betapa Gyung Hee sangat mencintai suaminya tetapi sebaliknya, suaminya sangat dingin dan menganggap Gyung Hee hanya pajangan semata. Lama kelamaan keadaan tersebut berbalik, Gyung Hee tidak lagi mencintai Jung Chul. Jung Chul malah mengejar Gyung Hee, tidak ingin berpisah dan berkeras menolak bercerai. Bagian yang paling mengharukan adalah ketika Gyung Hee diam-diam membaca blog pribadi milik Jung Chul, mengetahui perasaan suaminya yang sebenarnya. Ada beberapa adegan dewasa, seharusnya ada label dewasa di buku ini melihat sebagian besar pembaca Haru adalah remaja. Terjemahan dan covernya bagus sekali.

Buku ini recommended bagi yang mencari genre domestic romance versi Korea.

4 sayap untuk D+1000


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...