Jumat, 16 Januari 2015

Ekspektasi: Books Becoming Movies in 2015 | Opini Bareng


Pasti sudah tahu dong kegiatan baru apa yang devisi event siapkan untuk anggota BBI tahun ini, selain Baca Bareng tentunya, yap, Opini Bareng. Opini Bareng ini sifatnya lebih bebas, kita bisa mempostingnya kapan saja dan tinggal mengembangkan tema yang sudah disiapkan. Tema untuk bulan ini adalah Ekspektasi. Bisa mengacu ke berbagai hal, divisi event memancingnya dengan alasan kenapa memilih sebuah buku untuk dibaca. Sebelumnya saya pernah menuliskan apa saja yang membuat saya membeli sebuah buku dalam postingan (Don't) Judge a Book by It's Cover. Nah, kali ini saya akan membahas alasan yang lain, salah satu saya tertarik dengan sebuah buku karena bakal ada versi visualnya, akan ada filmnya.

Mayoritas pembaca akan lebih memilih versi buku, bisa dibilang kehebatan cerita di dalam buku tak ada tandingannya. Kalau membahas mana yang lebih baik buku atau film tidak akan ada habisnya, ini masalah selera dan tiap orang punya pendapat masing-masing. Yang jelas, kalau sebuah buku diangkat ke layar lebar, ada dua kesimpulan, buku tersebut keren sekali atau buku tersebut fenomenal. Buku dan film seperti simbiosis mutualisme, sama-sama menguntungkan satu sama lain. Pengemar bukunya akan tertarik menonton filmnya, sedangkan orang yang sebelumnya tidak tahu menahu akan buku tersebut begitu menonton filmnya dan puas maka akan penasaran dengan bukunya, ingin membacanya.


Sedangkan saya, sebagai pembaca dan penikmat film akan melakukan keduanya, membaca dulu bukunya baru setelah itu menonton filmnya, mencari kelemahan dan kelebihan masing-masing. Sekarang ini tidak sedikit sineas perfilman melirik dunia buku, dari tahun ke tahun semakin banyak buku yang diangkat ke layar lebar. Satu keuntungan yang jelas ketika buku diangkat ke layar lebar, mereka tidak akan susah mendapatkan penonton karena selain menjaring pecinta film, mereka secara otomatis juga akan menjaring pecinta bukunya.

Beriku adalah beberapa buku yang ingin sekali saya baca karena akan ada filmnya di tahun 2015 ini, beberapa merupakan kelanjutan dari film yang tayang pada tahun 2014 kemarin, film yang diangkat dari buku berseri sehingga secara otomatis filmnya ikutan berseri juga, bahkan tak jarang seri terakhir dibagi menjadi dua bagian. Seperti Insurgent, Mockingjay, The Scorch Trials.

Still Alice by Lisa Genova


Bercerita tentang Alice, profesor Harvard di usianya yang masih 51 tahun yang mengidap penyakit Alzheimer. Saya kurang tahu kapan film ini bakalan rilis, yang jelas sebelum rilis Julianne Moore mendapatkan penghargaan di Golden Globe sebagai aktris terbaik dan menjadi nominasi Oscar tahun ini. Kelihatannya bukunya cukup berat tapi saya penasaran bagaimana Alice menghadapi penyakitnya. Trailer.

Insurgent by Veronica Roth


Sudah ada reviewnya di sini. Insurgent adalah bagian paling favorit dari Divergent series, penuh emosi dan ketegangan. Masih dibintangi oleh Shailene Woodley dan Theo James, nggak sabar lihat sepak terjang Tris dan Tobias pada tanggal 20 Maret nanti :). Trailer.

Where Rainbows End by Cecelia Ahern


Saya nggak suka P.S I Love you, tapi begitu melihat trailer film ini, OMG, keren banget! film yang 'aku banget'. Mengisahkan persahabatan Rosie dan Alex sejak kecil, setelah dewasa Alex dan keluarganya pindah ke Amerika, tapi sebelum pindah Alex meninggalkan kenangan dan harta yang berharga bagi Rosie. Dibintangi si cantik Lily Collins dan si cakep Sam Claflin. Wajib nonton dan baca bukunya! Trailer.

Fifty Shades of Grey by E. L. James


Sudah banyak yang tahu buku fenomenal ini akan ada filmnya pada 13 Februari nanti, nggak yakin bakalan tayang di sini tapi tetap tidak bisa dilewatkan :p. Dibintangi oleh Dakota Johnson dan Jamie Dornan, siap-siap kepanasan XD. Trailer.

The Spook's Apprentice by Joseph Delaney


Menyesal deh dulu nggak beli buku ini, sekarang mah pasti udah susah dicari secara Matahati sudah gulung tikar. Bercerita tentang seorang laki-laki anak ketujuh dari tujuh bersaudara, dia dilatih untuk membasmi setan atau makhluk fantasy. Lihat trailernya seru, apalagi mata kita akan dimanjakan oleh si ganteng Ben Barnes. Rencana rilis 6 Februari. Trailer.

American Sniper by Chris Kyle


Beberapa hari lalu saya menanyakan apakah film ini diambil dari sebuah buku, setelah mencari-cari ternyata benar, film ini adalah adaptasi dari authobiografinya Chris Kyle sendiri, seorang penembak jitu Amerika Serikat yang sangat sukses sepanjang sejarah militer Amerika, kemudian dia diberhentikan secara hormat pada tahun 2009. Sedikit cuplikan, Kyle diperankan oleh Bradley Cooper dan disutradarai Clint Eastwood. Ada kegalauan ketika Kyle akan menembak seorang buronan, sang buronan tiba-tiba saja menghilang dan muncul seorang anak kecil. Kyle sendiri adalah seorang ayah dan dia diambang kegalauan apakah harus menembak anak tersebut atau membiarkannya hidup. Pengen banget nonton film ini! Sepertinya sudah rilis di luar sana. Trailer.

The Logest Ride by Nicholas Spark


Sepertinya semua bukunya Nicholas Spark akan ada filmnya, saya bukan penggemar tulisannya karena dia terkenal dengan sad ending. Tapi saya cukup menikmati film-filmnya, entah kenapa lebih bisa diterima daripada baca bukunya. Ada dua kisah cinta di buku ini yang memiliki benang merah, lihat trailernya romantis banget, seperti biasa :). Dibintangi Scott Eastwood dan Britt Robertson, rencananya akan rilis 10 April. Oh ya, jangan lupa bawa tissue ketika menontonnya. Trailer.

In the Heart of the Sea by Nathaniel Philbrick


Buku ini katanya terinspirasi dari buku Moby Dick karya Herman Meville, mengisahkan sebuah kapal Essex yang diserang oleh ikan paus sehingga awak kapalnya terdampar di lautan selama 90 hari. Salah satu film yang wajib tonton di bioskop, ada si cakep Chris Hemsworth, rencana tayang tanggal 13 Maret nanti. Trailer.

Miss Peregrine's Home For Perculiar Children by Ransom Riggs


Film ini akan dibintangi si cantik Eva Green dan Asa Butterfield, disutradarai oleh  Tim Burton. Mendengar nama sang sutradara sudah dipastikan buku ini akan dark banget, cocok banget dengan buku yang bergenre mystery ini, semoga bukunya diterjemahkan ya :)

Room by Emma Donoghue


Buku yang cukup booming beberapa tahun lalu di goodreads. Bercerita tentang seorang perempuan yang menyempunyikan sesuatu dari anaknya, kalau selama ini mereka disekap dan disandera. Dibintangi Brie Larson sebagai sang ibu, belum tahu film ini kapan rilisnya.

The Choice by Nicholas Sparks


Sudah baca bukunya, silahkan baca reviewnya di sini. Pemainnya antara lain Benjamin Walker, Teresa Palmer, dan Tom Welling. Belum tahu kapan rilisnya.

Frankenstein by Mary Shelley


Kisah horor terkenal sepanjang masa, sepertinya saya harus meminjam buku ini lagi yang dulu tidak sempat saya baca. Dibintangi Daniel Radcliffe dan James McAvoy, sepertinya bakalan seru, belum tahu kapan pastinya film ini tayang.

The Light Between Oceans by M. L. Stedman


Seorang penjaga mercusuar dan istrinya menemukan seorang bayi dan mayat yang tidak jauh dari rumah mereka. Dibintangi Michael Fassbender dan Alicia Vikander, buku ini bersetting pada perang dunia pertama.

The Martian by Andy Weir


Seorang atronot yang terjebak di Mars, dia harus bertahan hidup sendirian. Sepertinya setelah Interstellar, tren buku atau film sci-fi kembali booming, begitu juga dengan buku ini yang tahun lalu juga mendapatkan penghargaan dari Goodreads Choice Award untuk kategori best science fiction. Sang astronot diperankan oleh Matt Damon dan rencana rilis pada tanggal 25 Desember.

Me Before You by Jojo Moyes


Silahkan baca ceritanya di sini. Dibintangi Emilia Clarke dan Sam Claflin, rencana rilis tanggal 21 Agustus.

Paper Town by John Green


Sudah punya bukunya, dibaca dulu deh baru siap-siap nonton film yang dibintangi oleh Nat Wolff dan Cara Delevingne pada tanggal 19 Juni nanti :D

The Jungle Book by Rudyart Kipling


Salah satu buku anak klasik yang cukup terkenal, banyak bintang terkenal yang akan mengisi suara pada film produksi Walt Disney Pictures ini, seperti Bill Murray, Idris Elba, Ben Kingsley, Christopher Walken, Scarlett Johansson, dan Lupita Nyong'o.

The Scorch Trials by James Dashner


Masih diperankan oleh Dylan O'Brien, film ini rencana rilis pada 18 September mendatang.

Inferno by Dan Brown


Baru kelar baca dan sudah ada reviewnya kemaren, masih dibintangi Tom Hanks, buku ini rencana rilis pada Desember nanti. Nggak sabar nonton! Baca dulu yuk reviewnya di sini :p

Dark Places by Gillian Flynn


Setelah membaca Gone Girl, saya ingin membaca karya Gillian Flynn yang lain, untuk tahun ini Gramedia berencana menerjemahkan semua bukunya. Semoga sebelum filmnya rilis bisa membaca Dark Places yang dibintangi oleh Charlize Theron, Nicholas Hoult, Christina Hendricks, dan Chloë Grace Moretz.

Mockingjay by Suzanne Collins


Nggak usah tanya kenapa deh, tentunya film ini wajib tonton, terlebih yang bagian dua atau akhirnya akan seru banget, nggak sabar nonton akting Jennifer Lawrence yang memukau pada tanggal 20 November nanti.

Panjang ya, hehehehe, sebenarnya masih banyak lagi film yang diangkat dari buku hanya saja list di atas adalah yang pengen banget saya baca sebelum melihat filmnya. Semoga saja ekspektasi saya nggak berlebihan, melihat beberapa trailer yang sudah ada hampir semuanya keren-keren. Kalau kamu pengen banget baca dan nonton yang mana? Lalu seberapa besar ekspektasimu pada buku atau film tersebut? Share yuk pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini :D


18 komentar:

  1. Mbak, yang novel Still Alice udah ada versi bahasa Indonesianya belum ya? Aselik tertarik bangeet. Hehe.. Buku2 lainnya belum baca kecuali The Paper Towns dan Mockingjay. Thx postingannya. Keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya belum deh, aku juga tertarik baca :)
      Sama-sama, seneng bisa bermanfaat, terima kasih ya sudah berkunjung :)

      Hapus
  2. Ada lagi kak. All The Bright Places by Jennifer Niven. Bukunya sedih banget, baru terbit minggu kemarin tapi udah mau dibikin film. http://www.germmagazine.com/elle-fanning-to-star-in-film-based-on-all-the-bright-places/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren sepertinya, nanti coba cari di goodreads deh, makasih ya infonya :)

      Hapus
  3. eh nduk, kayake ntar Fifty senasib deh ama Gone Girl, ga masuk sini... (segera hubungi Lita, LOL)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, iya mbak, firasatku juga gitu, kayaknya g mungkin, cepet-cepet calling Lita nih :p

      Hapus
  4. Aseek, baru tahu kalau The Spook's Apprentice ada filmnya. Makasih Sulis infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Ira, makasih udah berkunjung ya :)

      Hapus
  5. Wah, banyak banget yang dijadiin film. Dan banyak yang belum kubaca hehe...

    BalasHapus
  6. huwaa, scorch trials masih lama. Sepertinya page ini kudu di bookmark |-)

    BalasHapus
  7. Inferno mau rilis dan bukunya masih belum disentuh.. aaaakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dibaca sebelum filmnya rilis :)

      Hapus
  8. Wah, banyak banget, ya. Penasaran banget sama Paper Town. Bukunya tidak seluar biasa buku-buku John Green yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Udah punya tapi belum dibaca, coba nanti dibuktikan sendiri :)

      Hapus
  9. Semalem aku denger di radio kalo Fifty Shades bakal tayang di Indo. Tapi ga tau ya kalo aku dengerin radionya sambil merem.. xD
    By the way, makasih infonya, Sulis! *catet*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka, semoga aja bener ya, sama-sama :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...