Minggu, 14 Desember 2014

[Recommendation] Top 5 Favorite BookTubers

Rebloged from .la douleur exquise.
Hello good readers, akhirnya tergerak juga bikin postingan yang udah lama banget di pikiran, gara-gara kemaren Kang Opan nyeletuk, mendukung saya agar menjadi salah satu BookTuber, hasil dia stalking di salah satu blog, hahahaha. Saya pernah menuliskannya singkat, entah di postingan yang mana kalau saya sebenernya lebih tertarik menjadi BookTuber, bukannya Book Blogger, salah satu impian saya dari sekian banyaknya. Bahkan saya lebih sering booktubing daripada blogwalking. Tapi saya cukup minder, menjadi seorang BookTuber itu tentu harus berani tampil, punya rasa percaya diri yang tinggi, selain itu yang terpenting menurut saya adalah peralatan dan proses editingnya. Gimana mau eksis di youtube kalau untuk merekamnya saja tidak punya?

Performa atau rasa percaya diri bisa diasah pelan-pelan, seiring berjalannya waktu pasti penampilan kita akan lebih baik, bukan masalah besar sebenarnya. Kendala terbesar saya adalah saya hanya punya handphone dan camera digital, memang ada fitur videonya tapi saya meragukan kalau nanti hasilnya bakalan bagus, pasti jelek dari segi visualisasi. Ini bukan bidang saya, photoshop aja masih merangkak, apalagi mengedit sebuah video, harus belajar lebih lagi. BookTuber sebenarnya nggak jauh beda dengan Book Blogger, sama-sama sebuah komunitas yang mencintai buku. Kalau seorang Book Blogger menuangkannya ke dalam tulisan, BookTuber ini awal mulanya adalah sebuah VLog, video blogger, yang kemudian mengkhususkan channel mereka khusus buku. Di Indonesia mungkin masih jarang, tapi di luar sana baik Book Blogger maupun BookTuber sama-sama mempunyai 'taring' tersendiri.

Nah, kali ini saya akan berbagai siapa saja BookTuber favorit saya, di mana saya banyak belajar dari mereka, baik dalam mereview buku, mendapatkan topik seru tentang buku, mendapatkan info buku-buku terbaru di luar sana dan mana yang recommended, bahkan tips menjadi seorang BookTuber. Kelima BookTuber ini mayoritas bacaanya sesuai dengan selera saya yaitu YA (baik fantasy ataupun contemporary romance). Jadi betah banget berkunjung di channel mereka, terlebih tampilan video mereka selalu keren! Berikut listnya:



Dari mana saya mendapatkan Meme: Top 5 Wednesday? Dari channel ini :). Awal mula tahu channel ini ketika booktuber favorit saya yang nomor satu sering mengikuti meme yang tayang setiap hari rabu, kok kelihatannya seru, ikutan deh :p. Tema setiap minggunya cukup menarik walau saya nggak rutin mengikuti, ada forum diskusi juga di goodreads sebagai saran tema apa yang akan dipilih. Beberapa tema Top 5 Wednesday yang pernah saya ikuti antara lain; Genres, Recommendation To New Readers, My Favorite Sequels, dan masih banyak lagi. Gara-gara channel ini juga saya jadi tertarik baca The Darkest Minds loh :D.



Saya lupa bagimana awal mula berkenalan dengan channel milik salah satu Australian BookTuber yang cukup terkanal ini, Catriona. Penampilannya cukup mencolok dan cara dia berbicara di depan kamera sangat bersemangat sekali. Salah satu video yang saya suka dan membekas dari channel dia adalah Surprise Unboxing, edisi boxset Harry Potter terbaru, sumpah, bikin mupeng abis!



Hasil booktubing sampai akhirnya nemu channel yang kece ini. Video pertama kali yang saya lihat dan langsung mantengin hampir semua videonya adalah yang bertema Books and Songs. Jadi, Raeleen, sang pemilik channel yang berasal dari Canada ini punya kebiasaan membuat sountrack sendiri dari lagu-lagu favoritnya untuk buku yang dia baca atau suka. Lagunya keren-keren, sesuai dengan telinga saya, jadi betah banget mantengin videonya, kadang ikut mikir juga kalau pilihan lagunya sesuai banget dengan buku yang dia pilih. Pengen deh suatu saat bikin postingan yang kayak gini, soalnya saya kadang juga suka milihin lagu yang sekiranya cocok untuk buku yang sedang saya baca :p



Selain buku-buku yang dia review bikin mupeng, pasokan book tag yang selama ini saya posting di blog asalnya ya dari channel ini, hehehe. Heather, nama sang pemilik channel cukup aktif dalam memposting video, temanya pun bermacam-macam, inspiratif banget bagi saya. Yang paling saya suka adalah tampilan videonya, sangat menarik mata, openingnya juga keren. Salah satu channel yang nggak boleh dilewatkan.



BookTuber favorit saya sepanjang masa! Yang memperkenalkan pertama kali tentang booktuber ya Priscilla ini, BookTuber kenamaan asal Canada. Tahu The Readables awal mulanya dari tumbrl, saya suka postingan di tumblrnya kemudian nggak sengaja lihatlah video book review yang dia buat. Keren banget! Mungkin karena dia juga seorang graphic designer jadi tampilan video yang dia buat terlihat profesional. Nggak heran, peralatan yang dia punya untuk merekam aksinya di depan kamera nggak tangung-tangung, coba deh baca postingan dia yang ini di blognya, salah satu yang membuat saya tambah minder untuk memulai menjadi seorang BookTuber, mahal bok! Lewat tampilan yang menarik itulah saya betah banget mantengin channelnya. Genre bacaan yang dia baca pun sangat menarik untuk diikuti, YA, Manga, sampai classic. Salah satu inspirasi saya ketika awal mula menjadi Book Blogger. Ya, saya menjadi Book Blogger justru belajar dari seorang BookTuber, hahahaha. Postingan Let's Talk juga terinspirasi dari channel ini. Semoga suatu saat saya bisa memiliki channel seindah punyanya The Readables ya :D

Oh ya, ada perkataan Priscilla yang jleb banget, khusus ditujukan untuk para pemula yang ingin menjadi BookTuber, sumbernya dari booknerd.ca.
The hardest part is starting, so I say take a leap and jump right in. Make videos. Now. Don’t worry about fancy equipment. Film in front of a window or well lit area. At first it’s weird filming, but over time it becomes less weird. Don’t try to be perfect, just do your best. Have fun, interact with the community, and don’t forget why you started booktubing–to talk about your love for books. 
Tuh, dengerin, Lis, nggak usah takut, yang penting berani memulai.
Untuk saat ini saya fokus menjadi Book Blogger dulu tapi sambil belajar sedikit demi sedikit masalah teknis dunia per-youtube-an, hehehehe. Bila ada rekomendasi buku tentang mengedit video, kamera video yang cukup bersahabat atau sebagainya, boleh banget berbagi di kolom komentar di bawah ini, butuh banget nih, saya beneran gagap kalau masalah ini. Oh ya, di goodreads juga ada grup bagi para BookTuber, bisa belajar banyak dari mereka juga :D.

Yak, saya sudahi postingan kali ini, kalau mau berbagi siapa BookTuber favorit kalian boleh banget, siapa tahu saya juga tertarik untuk mantengin, sampai jumpa di lain kesempatan :D


9 komentar:

  1. Halo, Kak :D
    Salam kenal :)

    Aku juga suka blogwalking ke blog"nya bookblogger gara gara nonton videonya booktubers di luar sana. Pernah sih sekali liat video booktubers orang Indonesia, tp kalo nggak salah videonya baru 2 dan itu book haul semua :")

    Dari 5 itu yg aku blm subscribe cuma yg nomor 5. Nanti aku main-main lah ke channelnya :3

    Oh iya, kalo booktubers favorit aku ada beberapa sih, tp yg paling sering aku tonton yg ini nih: Katytastic, polandbananasbooks, Kassidy Voince, Jessethereader, sama JudeHnd. Rata rata mereka juga baca YA. Dan video yg paling aku tunggu itu video Book Haul-nya kak :v

    Aduh panjang kali komenku :" hahaha

    Pokoknya keep posting ya, Kak! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mutia, salah kenal juga ya :)
      Ga pa-pa kok panjang, aku seneng banget kamu udah berkunjung dan komen :)

      Memang belum banyak booktubers asal Indonesia, aku juga baru nemuin beberapa dan itu pun kebanyakan isinya diluar review buku, mungkin sebagai permulaan mereka mimilih yang mudah, aku pun dulu juga terbersit untuk membuat video di luar review buku. Karena sesungguhnya nggak gampang ngreview sekali take, hehehehe.

      Dari semua booktubers yang kamu sebutkan, aku udah berkunjung ke Katytastic (aku pun juga mensuscribe channelnya) dan polandbananasbooks, cukup seru juga walau kelima di atas tetap menjadi yang paling favorit :) makasih ya akan sharenya, jadi pengin mengunjungi channel mereka juga.

      Jangan kapok berkunjung ya :D

      Hapus
  2. Halo Mutia. Untuk booktuber Indonesia, coba liat channel-nya "too early". :)

    BalasHapus
  3. @Sulis: Semoga segera kesampaian impiannya untuk jadi Booktuber. Amiiiiin.

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Tossss, enerjik kalo aku melihatnya, hahaha

      Hapus
  5. Samaa aku pun sekarang lebih suka liat video booktubers daripada blogwalking..Oiya mba sulis, tau booktubers indonesia gak? Aku lg bikin penelitian komunikasi booktubers, tapi harus dr dalem negeri...btw, udah ada channelnya blm mba? Hihi, thank you!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa yang udah buat, cek aja punyanya @dhanarun, @meiieruu, @dazzlingbooksID, itu yang aku tahu :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...