Selasa, 25 November 2014

[Book Review] Indonesian Fashion Blogger Now! by Ade Aprilia

Indonesian Fashion Bloggers Now!
Penulis: Ade Aprilia
Editor: Nana Lystiani
Copy editor: Wisnu, Teti
Desainer Grafis: Alfari Firdaus
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-0530-1
Cetakan pertama, 2014
556 halaman
Buntelan dari @Vemaledotcom

Siapa tak suka gaya fashion yang unik dan eksperimental namun tetap elegan dan chic? Padu padan busana memang selalu sangat menyenangkan. Tidak bisa dipungkiri, para fashion blogger berhasil menciptakan ramuan baru untuk bergaya. Boleh dibilang, kehadiran mereka yang eksentrik membawa tren baru di kalangan anak muda.


Menyuntikkan inspirasi seputar gaya, buku ini mendokumentasikan gaya dari beberapa fashion bloggers di Indonesia. Dirancang untuk menginspirasi komunitas yang sudah sangat sensitif terhadap tren mode, buku ini menyediakan solusi yang mengantarkan kita menuju cara mengekspresikan diri secara efektif.



“Such an interesting book! Dulunya, fashion dianggap sebagai sesuatu yang mewah dan eksklusif. Dunia blogging yang dinamis membuka mata kita tentang sebuah profesi baru yang menjanjikan di dalam industri fashion, yang jejaknya berhasil ditangkap dengan baik melalui buku karya Ade Aprilia.”

— Michael Pondaag; Fashion stylist



“Buku yang disusun Lia ini menarik, karena membuat kita menjadi sadar akan keberadaan para fashion blogger di Indonesia. Dunia Internet dengan para fashion blogger-nya membuka akses tak terhingga. Ibarat belantara informasi, kita mendapat terpaan angin informasi dari segala arah. Dari segi styling, para fashion blogger memberi pilihan gaya yang semarak, namun kita harus pandai memilah informasi agar tetap mendapatkan informasi fashion yang bisa dipertanggungjawabkan.”
— Yoyok Budiman; Pengamat fashion

“The art of fashion blogging has been an interesting, rapidly growing phenomenon. No longer the Italian fashion bibles, Hollywood celebrities and fashionistas dictate the trend, now the world is influenced by these gorgeous, fashionable, yet might be your next door girl with their personal styles. The Outfit of The Day postings have influenced more people than pages of fashion editorials in magazines. Buku ini sangat informatif, fun and full of lovely pictures of these girls personal styles! This would be the next fashion bible; apprehensive and approachable.”

— Nicoline Patricia Malina; Fashion photographer

"How to wear, not what to wear."
Kalau bicara soal fashion pasti tidak akan ada habisnya, setiap tahun trennya pasti berganti, tapi yang namanya fashion seperti roda berputar, simpan baju bertema polkadot atau striped kamu, siapa tahu tren fashion sepuluh tahun lagi akan kembali ke tema tersebut :D. Saya suka fashion, sejak SMP saya sering berlangganan majalah remaja yang isinya kebanyakan berbicara tentang fashion. Sama seperti kebanyakan cewek pada umumnya hanya saja saya tidak jago, tidak beli baju setiap bulan atau mengikuti tren yang ada, jarang banget pamer outfit of the day. Saya hanya tipe cewek yang memakai apa yang ingin saya pakai :p.

Dulu acuan kita adalah majalah atau acara fashion di televisi untuk melihat tren apa yang sedang booming, dengan semakin berkembangnya jaman dan internet, kita bisa memantau tren kapan saja dan di mana saja. Salah satu yang sekarang ini menjadi acuan pecinta fashion agar tidak ketinggalan info adalah dengan memantau blog para fashion blogger, blog khusus fashion atau postingan yang berisi foto-foto pemilik blogger tersebut dengan style yang khas dan fotografi yang memikat. Bisa dibilang para fashion blogger ini menciptakan tren tersendiri, memadupadankan tren sekarang dengan gaya mereka sehingga terlihat lebih menarik dan tidak pasaran. Memang sifatnya lebih personal, tapi sekarang ini fashion blogger malah banyak diminati pembaca atau pengamat fashion. Banyak desainer kenamaan atau sponsor melirik mereka, memakai jasa mereka untuk promosi.
Saat ini setiap individu mempunyai hak untuk mengintepretasikan sebuah tren. Dan para fashion blogger memilih untuk tidak menelan trend mentah-mentah, namun memanipulasinya.
Fenomena inilah yang membuat Ade Aprilia ingin mendokumentasikan para fashion blogger kenamaan Indonesia atau yang menjadi favoritnya. Tidak tanggung-tanggung, ada 45 fashion blogger Indonesia yang akan berbagi fakta menarik dan style personal mereka. Dengan menggunakan tema "Things About Myself", penulis mengajak kita untuk mengenal lebih dalam dengan para fashion blogger ini, tidak lupa penulis juga mencantumkan alamat blog mereka. Kapan mereka lahir, outfit favorit, signature style mereka, makanan, lagu favorit, kapan waktu yang menginspirasi, kesibukan saat ini,  kapan era fashion yang paling disuka, sampai apa yang sudah didapat dari blogging. Dari yang awalnya hanya hobi narsis pamer outfit of the day, tidak disangka mereka menjadi terkenal. Beberapa bahkan diundang untuk menghadiri acara internasional seperti London, Paris, New York, Milan Fashion Week, menjadi fashion stylist, punya brand sendiri, sampai ada yang tiap bulan tidak perlu beli baju karena banyak yang mengendors mereka.




Dari 45 fashion bloggers yang diulas Ade Aprilia, ada beberapa yang familier, kebetulan saya juga suka mantengin blog mereka, misalnya saja Diana Rikasari, salah satu fashion blogger terkemuka di Indonesia, punya brand sepatu bernama Up dan Pop Flats. Bisa dibilang dialah yang memelopori fashion blogger di Indonesia. Gayanya yang unik dan colorful menjadikan dia inspirasi banyak orang. Kemudian ada Evita Nuh, salah satu fashion blogger termuda yang kadang mempunyai gaya girly kadang tomboi, dia juga mempunyai brand tas yang superb banget bernama EN.PENS (tapi harganya super mahal juga, pengen clutch Edgar Allan Poe, hiks). Cindy Karmoko yang sering gonta ganti warna rambut, sekarang dia berdomisili di Milan untuk belajar menjadi fashion & footwear designer. Trus ada juga Anastasia Siantar yang seksi, hehehehe.

Sayangnya ada dua fashion blogger favorit saya yang luput dari pantauan Ade Aprilia, entah mereka berdua bukan favoritnya atau bagaimana saya tidak tahu, padahal saya suka banget dengan style mereka dan berharap tahu tentang mereka lebih dalam, Sonia Eryka dan Clara Devi. Selain fashion bloggers di atas yang sebelumnya cukup familier bagi saya, ada beberapa yang baru saya tahu dan suka banget dengan style mereka, misalnya saja M Loe yang gayanya artistik banget. Kemudian saya suka style dari Marla Singer, Adelle Veronica, Stevia Maria Indrawan, dan Steffi Santa.





Buku ini colorful dan banyak banget gambarnya, bahkan lebih banyak gambarnya daripada artikelnya sendiri, tidak akan kerasa membaca buku yang halamannya 500 lebih ini, tidak membutuhkan waktu yang lama. Mungkin masih banyak fashion blogger yang belum dikupas habis oleh Ade Aprilia, semoga saja ada seri keduanya. Kabarnya penulis juga akan menerbitkan Indonesian Muslimah Fashion Bloggers Now! Hmmmmm, pasti ada Dian Pelangi nih nantinya, saya suka banget gayanya :D. Selain itu penasaran siapa saja fashion blogger yang berhijab, pengetahuan saya malah cetek banget, padahal seharusnya merekalah yang menjadi panutan saya karena saya juga berhijab XD.
Fashion memang silih berganti, namun style tidak dapat dibeli. Tidak harus mahal untuk menjadi stylish, namun seseorang jelas akan terlihat mahal jika memiliki style. These fashion bloggers make their own signature. Belum pernah ada revolusi dan fenomena kultural yang semenarik ini.
Buku ini cukup informatif, terlebih bagi pembaca yang ingin mencari fashion icon yang sesuai dengan gayanya, mencari referensi siapa saja fashion blogger Indonesia. Saya berharap suatu saat akan ada buku khusus membahas Book Blogger Indonesia :p.

Signature style saya adalah simple with all about vintage, item favorit saya sweater, cardigan, brokat dan sepatu atau tas yang bergaya unik dan kadang ethnic :D. Fashion icon favorit saya The Olsen Twins dan Taylor Swift. Kalau kamu? :)

3.5 sayap untuk para fashion blogger :D

4 komentar:

  1. Salah satu wishlist aku yang gak tahu kapan kesampaian beli :")) /nangis lihat dompet/

    Wah, dari review kakak, aku jadi makin kepo soal buku ini nih. Aku juga suka fashion, tapi aku hanya mau pakai apa yang membuatku nyaman. Aku bukan korban fashion yang harus ikut trend ini itu biar dibilang fashionable :))

    Bener itu kak, kapan ya ada book Blogger? Mungkin boleh di usulkan ke penerbit itu temanya kak XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi, semoga ada yang melirik kita-kita ini ya :)

      Hapus
  2. mau tanya dong ka, di buku ini ada teori tentang fashion bloggernya ngga? atau cuma kliping foto fashion blogger?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau teori nggak ada, adanya biodata para fashion blogger dan foto-foto mereka :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...