Sabtu, 09 Agustus 2014

[Let's Talk] Membaca E-book via SCOOP


Dewasa ini teknologi sudah semakin maju, dunia buku pun terkena imbasnya, dalam hal positif pastinya. Kalau dulu kita hanya bisa menikmati membaca buku lewat kertas, sekarang kita bisa menikmatinya secara digital. E-book (electronic book atau buku elektronik) adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronik atau digital. E-book ini berupa file dengan format bermacam-macam, umumnya berbentuk pdf (sumber). Untuk membaca e-book biasanya kita memerlukan perangkat keras/gadget, seperti komputer, baik PC ataupun laptop. Bahkan ada perangkat yang didesain khusus untuk membaca e-book yaitu e-reader (ebook reader), salah satu contoh brand terkenal yang membuat e-reader adalah Amazon Kindle.

Beberapa tahun terakhir ini e-book sudah merambah di luar sana, di Indonesia pun sudah tidak asing lagi, apalagi buat para book lovers. Mahalnya e-reader dan jarang ditemui di toko gadget, terlebih susahnya proses pembelian membuat e-book jarang dilirik. Karena, untuk menikmati e-book kita butuh fasilitas agar bisa mengaksesnya, seperti e-reader tadi (walau sekarang pengguna Android bisa menikmati juga melalui aplikasi Kobo, Aldiko, dsb di play store), kecuali e-book yang bajakan atau sudah tidak memiliki hak cipta seperti buku klasik yang bisa diunduh secara gratis. Ditambah belum banyak buku dalam negeri yang terformat untuk e-book, rata-rata hanya buku luar.


Saya sendiri sebenarnya jarang sekali baca e-book, bahkan belum pernah beli, selain tidak memiliki e-reader saya lebih cinta buku fisik :D. Saya agak nggak nyaman membaca buku lewat layar komputer atau handphone, mungkin belum terbiasa kali ya. Tapi saya yakin ada kalanya kita akan butuh e-book :p.

Bagi yang ingin membaca buku secara digital dan tidak memiliki e-reader seperti saya, sekarang ada solusinya, kalau di luar ada Kobo, di negara kita ada aplikasi bernama SCOOP, sebuah toko buku digital untuk membaca buku-buku terbitan dalam negeri. SCOOP menyediakan berbagai macam bacaan, mulai dari majalah, koran, sampai buku. SCOOP bisa diunduh melalui Google Play, App Store atau Windows Store.

Jujur saja, saya baru pertama kali ini membeli mendapatkan e-book secara legal, ketika saya ditawari oleh pihak SCOOP untuk mencoba dan mereview aplikasi mereka. Awalnya tidak saya gubris (maaf ya, karena saya pikir spam), tetapi ketika mendapatkan tawaran lagi dan mempelajari apa itu SCOOP, saya jadi tertarik.

Saya diminta untuk memilih satu buku yang ada di SCOOP, pilihan saya jatuh pada Amy & Roger's Epic Detour by Morgan Matson. Berhubung saya agak katrok, saya coba unduh melalui PC dulu, tapi malah bingung, lebih enak dan praktis kalau lewat handphone --".

Langkah membeli buku di SCOOP:

  1. Pertama-tama saya buat akun di www.getscoop.com atau bisa langsung melalui play store di android.
  2. Cari buku yang diinginkan di kotak search
  3. Klik harga buku
  4. Setelah itu akan ada pilihan metode pembayaran (PayPal, Google, ATM transfer, atau SCOOP Points). Berhubung saya mendapatkan kupon, saya pilih salah satu misalnya saja ATM transfer
  5. Kemudian setelah memilih metode pembayaran akan muncul konfirmasi pemesanan dan kotak untuk mengisi kode kupon.
  6. Klik tombol Reedem setelah menulis kupon, maka buku yang kamu pilih akan langsung tersimpan di library SCOOP. Selesai.
  7. Tapi, kalau kamu membeli, klik pilikan Continue, akan langsung mendapatkan Order ID dan pemberitahuan untuk informasi lebih lanjut dalam melakukan pembayaran.
  8. Setelah selesai melakukan pembayaran kita bisa mengunduh buku yang sudah dibeli.
  9. Atau untuk lebih mudahnya kamu bisa baca postingan kak Lune di sini, dia menampilkan gambar sebagai panduan :D.
Perlu waktu lama untuk menyelesaikan buku yang saya pilih, berhubung saya tidak biasa membaca e-book lewat handphone (saya nggak punya tablet, hiks). Untung saja pilihan buku saya nggak salah, walau lama saya cukup puas.



Kelebihan SCOOP:
  1. Nggak ribet, mudah sekali di akses baik melalui PC atau handphone/tablet dan kita nggak perlu pergi ke toko buku.
  2. Harganya lebih murah. Harga asli Amy & Roger's Epic Detour di toko buku biasa adalah 80k, sedangkan di SCOOP hanya Rp 55.200
  3. Buku-bukunya cukup up to date
  4. Ada metode pembayaran via ATM, yeay! Ini penting banget berhubung saya nggak punya kartu kredit, ini juga yang menjadi masalah kalau ingin membeli e-book luar karena seringnya proses pembayaran harus melalui kartu kredit T.T
  5. Ketika kita rehat dari membaca dan ingin memulai lagi, halamannya tetap berada di mana kita terakhir membaca. Jadi nggak perlu scrool dan mencari-cari ada di halaman berapa kita terakhir membaca kalau kita lupa, ada penanda otomatis.
  6. Seperti manfaat e-book pada umumnya, nggak makan tempat kalau dibawa kemana-mana, bisa dibaca di mana saja dan mengurangi penebangan pohon XD.
  7. SCOOP juga sering memberikan diskon atau kupon
  8. Nggak bisa di copy paste. Bye bye para pembajak buku :p
Kekurangan SCOOP:
  1. Walau bukunya cukup up to date, SCOOP hanya menyediakan buku terbitan dari Kompas Gramedia  Group dan Mizan (seperti Gramedia, Grasindo, Mizan, Bentang)
  2. Kalau baterai handphone/gadget habis dan mati lampu, terpaksa kita tidak bisa melanjutkan membaca :D
Saran:
  1. Semoga untuk kedepannya pihak SCOOP bekerjasama dengan banyak penerbit sehingga semakin banyak pilihan bukunya
  2. Sewaktu saya ingin membaca lewat PC ternyata tidak ada library-nya, jadi saya hanya bisa membaca via handphone. Semoga saja nantinya akan ada akun pribadi buat pelangan SCOOP seperti online shop kebanyakan. Karena agak merepotkan jika nggak punya layar yang besar, bikin mata pedes, hehehe.
  3. Kalau bisa harganya lebih murah lagi. Ini juga penting melihat e-book tidak membutuhkan proses produksi seperti halnya buku cetak. Tidak perlu mendistributor ke berbagai daerah, tidak perlu mencetak kertas. E-book seharusnya jauh lebih murah dan terjangkau. Saya yakin semakin ke depan akan banyak orang yang melirik e-book.
Membaca e-book atau lewat buku fisik toh sebenarnya sama saja, tinggal kita nyaman dengan yang mana. Manfaat yang kita dapat pun juga nggak berbeda, kita bisa membaca buku yang diinginkan. Dengan membaca e-book kita tidak perlu takut kalau kehabisan stock dan kertas menguning :p. So, ingin mulai membaca e-book yang mudah aksesnya dan nggak ribet cara pembayarannya? SCOOP bisa menjadi pilihan :D.


5 komentar:

  1. Wah terima kasih infonya Sulis, aku jg dpt dari scoop ini tp ngak mudeng jadinya belum ku follow *dikeplak Embaknya* Tapi setelah baca ini, baru tau kalo ngak bs dibaca lewat PC. Trus saya bacanya lewat apa? Android aja ngak punya, apalagi tablet dan ereader. Trus juga mengamati harga bukunya yang walo lebih murah tapi masih termasuk mahal. Ngak bisa ya, misal harganya jadi 30% nya saja *dikeplak lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kang dion :)
      salah satu kekurangan yang perlu diperbaiki karena nggak semua orang punya gadget T.T. maka dari itu seharusnya harga e-book jangan disamakan dengan buku cetak, semakin murah maka orang akan beralih ke e-book, hehehehe

      Hapus
  2. Aku juga ditawarin via email tapi 2 2nya gak aku bales Mehehehe Soalnya terakhir aku liat, buku yang aku cari gada :/ Jadi belom nyoba sampe sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti terbitan dari gagas ya? :p

      Hapus
  3. gak coba beli eReader ?
    aku lagi mau beli nih tapi masih ragu. ragu karna pengguna eReader di Indonesia masih minoritas banget kayaknya -__-

    Newbi Book Blogger
    www.katamahdi.wordpress.com

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...