Minggu, 20 Juli 2014

[Book Review] Guilty Pleasure by Christian Simamora

Guilty Pleasure
Penulis: Chriatian Simamora
Editor: Alit Tisna Palupi
Desain cover: Jeffri Fernando
Penerbit: GagasMedia
ISBN: 979-780-713-4
Cetakan pertama, 2014
410 halaman
Harga: 45k (Beli seken di mbak @destinugrainy)

BERHENTILAH MENCARI LAKI-LAKI UNTUK MEMBUATMU BAHAGIA.
MULAILAH MENJADI PEREMPUAN BAHAGIA YANG DICARI LAKI-LAKI.



Dear pembaca,

Sebelumnya, aku minta maaf karena terpaksa mengakui kalau cerita ini dimulai dengan adegan paling klise di sepanjang sejarah fiksi: tabrakan. Pembelaan dari diriku hanyalah, saat menuliskannya di bagian awal cerita, entah kenapa aku yakin sekali ini cara paling pas untuk mempertemukan Julien dan Devika, mengingat keduanya berasal dari dua dunia yang sama sekali berbeda.

Guilty Pleasure adalah sebuah cerita cinta, yang tentu saja terasa sangat sederhana kalau dibandingkan dengan rumitnya hubungan percintaan di dunia nyata. Novel ini bercerita tentang keraguan; bisakah kamu memercayakan masa depan di tangan orang yang belum bisa berdamai dengan masa lalunya?

Bolehkah aku bertanya sekarang, apakah bacaan yang seperti ini yang sedang kamu cari? Kalau benar begitu, aku bersyukur sekali bisa mempersembahkan cerita ini untukmu. Selamat membaca dan, seperti biasa... 

selamat jatuh cinta.


CHRISTIAN SIMAMORA

Karena terburu-buru menghadiri sebuah launching serta kecerobohannya waktu menyetir sambil minum kopi, Devika Kirnandita, yang mempunyai sebutan 'TV Bitch', artis yang kerap membintangi peran antagonis, licik dan manipulatif ini tidak sengaja menabrak mobil di depannya. Mobil tersebut milik CEO sebuah perusahaan buah-buahan, Julien Uriel Thaddeus Ang. Karena tersudut, Devika mengeluarkan kemampuannya dalam berakting, yaitu pura-pura menangis agar dikasihani. Tidak tahan melihat wanita menangis, Julien pun meredam kekesalannya dan menyodorkan kartu nama agar Devika menghubunginya dan bertanggung jawab atas kerusakan mobilnya. Bukannya tidak mau bertanggung jawab, Devika sebal dengan lelaki tampan tersebut karena kesannya memaksa, terlebih dia harus ikut serta ke bengkel. Tetapi, ketika mereka mengobrol di sela-sela perbaikan mobil, makan bersama di dekat bengkel, muncul kecocokan dan ketertarikan satu sama lain. Sayangnya setelah itu mereka tidak pernah bertemu lagi.

Empat bulan kemudian mereka bertemu di sebuah pesta milik saudara Julien, pertemuan yang tidak mengenakkan, khususnya untuk Devika. Di sana dia bertemu mantan pacarnya, setelah susah payah move on karena lima tahun hubungan mereka yang dalam sekejap kandas, sekarang sang pacar mempunyai pasangan baru, sakit hati yang baru sembuh langsung lukanya terbuka lagi. Devika serta merta langsung menghindar dan menangis, yang ternyata diikuti Julien. Karena peduli, sesimple itu alasan Julien untuk menghibur Devika. Setelah itu hubungan mereka berkembang lebih jauh, mereka berpacaran tetapi ada penghalang hubungan mereka, masa lalu.

Julien mempunyai mendiang tunangan yang bernama Miranda. Bertahun-tahun dia hidup dengan kenangannya sampai bertemu dengan Devika. Devika menginggatkannya akan Miranda, pesona yang tidak terdapat pada perempuan lain, yang mampu membuatnya jatuh cinta tapi dia ragu apakah harus selalu menengok kebelakang atau terus maju? Konflik dimulai ketika Devika menemukan alasan kenapa Julien tidak pernah mengajaknya ke rumah atau menginap di sana, Devika cemburu dan Julien harus memilih, masa lalu atau masa depan?
Mendiamkan masalah  malah justru memunculkan masalah baru.
Terkadang kita harus berani berkorban besar demi mendapatkan hal terb aik yang kita inginkan dalam hidup.
Premis utama cerita cinta ini adalah jatuh cinta dengan lelaki yang umurnya jauh lebih tua dimana belum bisa berdamai dengan masa lalunya. Tentunya sudah nggak asing lagi premis tersebut, tetapi di tangan Christian Simamora ceritanya jadi menarik dan asik. Tokoh lelakinya masih sama dengan J Boyfriend (nama tokoh lelakinya berawalan huruf J, bisa dibilang tidak berseri tetapi mempunyai benang merah) lainnya dengan ciri; sangat tampan, punya body oke dan kaya raya. Kali ini sang tokoh lelaki dipasangkan dengan perempuan yang mempunyai profesi sebagai artis antagonis, menarik bukan dengan pilihan profesi para tokoh di buku ini? Satunya pedagang buah satunya lagi sering pura-pura sadis :p. Dari segi konflik tentu bisa ditebak arahnya kemana, bukan akhirnya yang terpenting tetapi perjalanan hubungan mereka, itu yang harus dinikmati sendiri oleh pembaca.

Yang lebih menarik lagi, saya ngikik-ngikik sendiri dengan judul film atau FTV yang pernah dimainkan Devika, misalnya saja; Dendam Kesumat Kakak Ipar;  Cinta Datang Menghampiri, Istriku Malah Hidup Kembali; Dirajam Rindu; Setiaku Dibalas dengan Anak Haram; Kasihnya Seperti Sungai. Muahahahaha, idenya darimana sih kok bisa aja dapat judul segokil itu? Selain premis cerita yang pasaran, berbagai adegan klise (seperti tabrakan, bulan madu ke Paris karena kota paling romantis, muncul pacar lama terus manas-manasin dengan gandengan baru), sampai adegan ala novel harlequin mewarnai buku ini, dan saya tetap suka. Sudah pernah saya bilang sebelumnya, novel karya Christian Simamora tercipta untuk yang menginginkan bacaan romantis, ringan, dan sedikit hot happy ending.

Kalau untuk cover, saya paling suka dengan cover Guilty Pleasure ini, kalau untuk J Boyfriend saya suka Jermaine :p. Seperti biasa, selain covernya yang minta dipeluk, di akhir bagian buku ini ada fun games buat seru-seruan. Ditunggu nih karya Christian Simamora selanjutnya, bisa request nggak? Kalau bisa tulis premis cerita yang pasaran lainnya seperti si kaya dan si miskin atau ala Romeo and Juliet tapi versi happy ending, hehehehehehe. Untuk benci jadi cinta sudah dinikmati lewat Good Fight (review coming soooooon). Oh ya, adegan hotnya saya kasih tiga kipas, sedangkan ceritanya....

4 sayap untuk si pedagang buah :p


6 komentar:

  1. Aku barusan bikin ripiu novel ini juga. ^^
    Dan tumben sekali aku cuma ngasih bintang 3 (di Gooreads) untuk novel ini.
    Jadi penasaran Come On Over bakal kayak gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak mirip sih konflik utamanya sama buku ini, semoga kedepannya konflik serta karakter ciptaan ChrisMor lebih berkembang lagi

      Hapus
    2. Btw aku suka usulan tentang premis si kaya dan si miskin versi happy ending. Pasti bakalan seru di tangan Bang Chris. Udah coba usulin ke beliau, Lis? :D

      Hapus
    3. belum sih, hehehehe. yah semoga aja beliau baca reviewku ini :p

      Hapus
  2. Aku punya mbak tapi, di timbunan karena ini masih bulan puasa :D
    Rencananya, kalo udah selese puasa... langsung melahap buku-buku dengan kover seksi :D
    Btw mbak, serasa kayak Bared to You nggak sih? Tapi, lebih di kembangin isi ceritanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari segi cerita kayaknya beda deh :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...