Selasa, 01 Juli 2014

[Blog Tour, Book Review, Giveaway] Girl In The Dark by Akiyoshi Rikako

Girl In The Dark
Penulis: Akiyoshi Rikako
Penerjemah: Andry Setiawan
Penyunting: Nona Aubree
Desain cover: Kana Otsuki
Penerbit: Haru
ISBN: 978-602-7742-31-4
Cetakan pertama, Mei 2014
279 halaman
Buntelan dari @penerbitharu
Apa yang ingin disampaikan oleh gadis itu...?

Gadis itu mati.

Ketua Klub Sastra, Shiraishi Itsumi, mati.
Di tangannya ada setangkai bunga lily.

Pembunuhan? Bunuh diri?
Tidak ada yang tahu.
Satu dari enam gadis anggota Klub Sastra digosipkan sebagai pembunuh gadis cantik berkarisma itu.

Seminggu sesudahnya, Klub Sastra mengadakan pertemuan. Mereka ingin mengenang mantan ketua mereka dengan sebuah cerita pendek. Namun ternyata, cerita pendek yang mereka buat adalah analisis masing-masing tentang siapa pembunuh yang sebenarnya. Keenam gadis itu bergantian membaca analisis mereka, tapi....

Kau... pernah berpikir ingin membunuh seseorang?


Klub sastra SMA Putri Santa Maria mempunyai sebuah tradisi setiap akhir semester sebelum masuk masa liburan, yaitu Yami-nabe, arti harafiahnya "panci dalam kegelapan". Semua peserta akan memasukkan bahan-bahan aneh yang mereka bawa ke dalam panci dan semua orang harus memakannya di dalam kegelapan, bahkan ada yang pernah memasukkan jam tangan ke dalam panci. Selain tradisi tersebut, anggota klub sastra yang tidak lebih dari sepuluh orang setiap tahunnya harus membuat cerita pendek. Sambil menikmati yami-nabe, salah satu anggota membacakan naskahnya di tempat yang sudah disediakan dan anggota lain mendengarnya di tengah kegelapan. Biasanya tema cerita bebas, namun kali ini ada yang berbeda. Sang ketua klub yang baru, Sumikawa Sayuri mengambil tema kematian Ketua Klub sebelumnya, Shiraishi Itsumi.

Sebelumnya, Sayuri adalah wakil ketua klub, dia bersahabat dengan Itsumi sejak kecil, mereka bertolak belakang, Itsumi lebih aktif, tidak pernah membeda-bedakan teman, dia juga berasal dari keluarga kaya raya sedangkan Sayuri sendiri termasuk anak yang lemah, sering sakit-sakitan. Kesamaan mereka berdua adalah sama-sama cantik. Sejak Itsumi meninggal, Sayuri seperti kehilangan sebagain jiwanya.

Kematian Itsumi penuh dengan misteri, belum ada yang tahu apakah dia bunuh diri atau dibunuh orang lain. Siapa pun tidak diperbolehkan menghadiri pemakamannya, tidak seorang pun yang mau memberi tahu apa yang sebenarnya terjadi. Pertanyaan tentang kejadian naas itu pun bermunculan. Kenapa Itsumi meninggal di sekolah? Kenapa jasadnya telungkup di dekat pot bunga di bawah teras? Kenapa dia memegang bunga tulip saat dia meninggal? Apa pesan yang ingin disampaikan oleh Itsumi sebelum ajal menjemputnya? Dan pertanyaan penting, kenapa Itsumi meninggal? Pertemuan klub sastra kali ini bertujuan untuk mengenang Itsumi. Sayuri ingin mendengar cerita dari sudut pandang masing-masing anggota tentang Itsumi, apakah benar salah satu dari mereka adalah pembunuhnya? Mari kita baca kesaksian masing-masing anggota.

Nita Mirei: gadis miskin dan berasal dari keluarga broken home, dia mati-matian belajar agar bisa diterima di sekolah elit seperti Santa Maria dan bekerja paruh waktu untuk membantu ibunya. Predikatnya sebagai siswa penerima beasiswa dianggap rendah sampai ketika dia bertemu dengan Itsumi. Hanya orang tertentu saja yang bisa menjadi anggota klub sastra, dan senangnya bukan main ketika Mirei diundang menjadi salah satu anggota. Dia sangat mengidolakan Itsumi, selain kaya raya, dia baik dan cantik. Itsumi selalu membantu mengatasi masalah hidupnya dan dia ingin balas budi ketika Itsumi mempunyai masalah. Dia menuduh yang mendorong Itsumi dari teras sampai jatuh tak lain dan tak bukan adalah Koga Sonoko.

Kominami Akane: awalnya dia benci dengan Itsumi, iri dengan segala kesempurnaanya. Keluarga Akane mengelola restoran tradisional Jepang sejak dulu, restorannya sangat terkenal dan tidak membuka cabang. Sedangkan Akane lebih menyukai masakan barat, ayahnya sejak awal mewariskan restoran tersebut kepada kakaknya yang tidak serius, tidak tertarik dengan restoran dan masakan. Waktu mendengar salon sastra mempunyai dapur yang sangat canggih dan bahan-bahan menakjubkan, dia mulai tertarik dan langsung menyetujui ketika Itsumi mengundangnya bergabung. Dia jadi koki di klub sastra yang menyediakan berbagai macam kudapan dan minuman yang lezat. Sering dia mendengar Itsumi curhat di dapur sambil memakan masakannya. Dan menurut dia, Nita Mirei lah pembunuh Itsumi.
Berbeda dengan kesanku saat belum terlalu mengenalnya, mungkin Itsumi adalah orang yang pintar melakukan macaronage dalam hal hubungannya dengan orang lain. Dia bisa menghancurkan busa ketidakpuasan dan ketakutan, berbaur dengan anggota yang lain dengan lancar, dan membangun hubungan baik dengan orang lain. Dia tidak menghancurkan dirinya secara berlebihan hingga kempes, tidak juga menonjolkan dirinya berlebihan hingga hubungannya dengan orang lain pecah. Selama ini aku pikir itu tugas Sayuri, tapi Itsumi juga melakukan bagiannya. Dan mungkin dia menjadi ketua karena dia bisa melakukannya dengan penuh perhitungan yang baik.
Diana Detcheva: satu-satunya murid internasional yang berasal dari Bulgaria. Pertama kali bertemu dengan Itsumi ketika dia sedang menjalani pertukaran pelajar. Itsumi membuat Diana ingin sekali pergi ke Jepang dan lewat ayahnya dia menawarkan pertukaran pelajar untuk dia. Awalnya kakaknya lah yang akan berangkat melihat kondisi Diana yang kurang baik, kakinya sulit digerakkan pasca kecelakaan yang dia alami. tapi sewaktu akan berangkat kakaknya mendapatkan halangan dan dia yang menjadi pengantinya. Orang yang sanggup melakukan perbuatan keji terhadap Itsumi hanya Takaoka Shiyo.

Koga Sonoko: teman sekelas Itsumi dan Sayuri, anak yang jenius, memiliki cita-cita sama seperti Itsumi, menjadi seorang dokter. Inilah analisis Sonoko berdasarkan elemen-elemen dasar untuk menemukan siapa pembunuh Itsumi:
WHEN: Tanggal x Juli, setelah sekolah usai.
WHO: Murid Internasional, Diana Detcheva.
WHOM: Shiraishi Itsumi
WHERE: SMA Putri Santa Maria. Teras kompleks sekolah.
HOW: Menggunakan sihir.
WHAT: Memaksanya untuk meloncat.
WHY: untuk melindungi kampung halaman.

Takaoka Shiyo: dia seorang penulis terkenal di usinya yang masih remaja, novelnya mendapatkan penghargaan, ketika masuk SMA dia langsung diajak bergabung oleh Itsumi dan Sayuri, dia anggota pertama di klub sastra. Dia juga yang diajak Itsumi mengukuti pertukaran pelajar ke Bulgaria. Dia punya banyak teman dan sangat mengagumi Itsumi. Hanya Kominami Akane yang bisa melakukan perbuatan tanpa diketahui orang lain yang sanggup melenyapkan nyawa Itsumi.

Naskah yang mereka bacakan membuka rahasia yang selama ini terpendam. Kenapa mereka saling tuduh? Siapa sebenarnya yang membunuh Itsumi? Apa alasan mereka melakukan perbuatan keji tersebut? Sumikawa Sayuri akan memandu kalian menemukan jawaban yang sebenarnya.
Tokoh utama harus bisa menahan peran pembantu yang cantik dan memiliki potensi untuk menjadi tokoh utama agar  terus menjadi peran pembantu. Karena itu yang bisa menjadi peran pembantuku bukan sembarang orang.
Asiknya baca novel misteri atau thriller adalah kita akan dibuat penasaran dan menebak siapa dalang dibalik pelaku sebuah pembunuhan, itu yang saya rasakan juga ketika membaca buku ini. Saya punya kebiasaaan, mungkin semua juga begitu yaitu menebak ending cerita, untuk kasus ini tebakan saya hampir saja tepat cuma penyelesaiannya aja yang beda, hehe. Untuk urusan membuat pembaca penasaran dan ending di luar pemikiran pembaca, saya rasa penulis cukup sukses.

Yang saya sukai dengan buku ini adalah cara penulis menyuguhkan isi cerita, lewat sudut pandang orang pertama dengan alur maju mundur, para tokoh menceritakan kisah masing-masing lewat tradisi yami-nabe, jadi ya, semua tokoh di buku ini sangat penting. Sebenarnya agak mirip cerpen, karena setiap bab bisa berdiri sendiri, tapi tetap saja lebih enak dinikmati secara berurutan, terlebih ada Sayuri yang menutup dan memberi komentar di setiap anggota mengakhiri cerita. Saya kira tokoh utamanya adalah Sayuri tetapi ternyata Itsumi, bener kan? :p. Dia hanya berlaku sebagai narator bahkan tidak ada naskah darinya, untuk tahu siapa tokoh sebenarnya buku ini baiknya dibaca sampai selesai dulu :p.

Covernya kece deh tapi saya nggak bisa menebak itu Itsumi atau Sayuri ya? Untuk tokoh favorit sejak awal sudah menambatkan hati pada Sayuri, alasannya karena dia yang 'paling tulus' berteman dengan Itsumi :p.

Kekurangan buku ini, tidak terlalu banyak, bahkan terjemahannya saya rasa bagus, memang ada istilah bahasa Jepang yang bila diartikan ke bahasa kita agak rancu, misalnya saja tradisi yami-nabe, agak gimana gitu istilah 'panci dalam kegelapan', kemudian ada salon, pikiranya sudah beda, hehehehe, selebihnya saya bisa menikmati kalimat di buku ini. Jujur saja saya kurang sreg dengan endingnya karena tebakan saya kurang tepat, kurang cocok jadi detektif, nih. Kemudian judul bab 7 di daftar isi berbeda dengan yang ada di bab 7 sendiri, seharusnya "Bisikan dari Kubur" Oleh Shiraishi Itsuma (Mantan Ketua) Dibacakan oleh Sumikawa Sayuri, di mana yang tertulis di daftar isi hanya judul dan dibacakan oleh Sumikawa Sayuri, awalnya saya kira itu naskah dari Sayuri ternyata punya Itsumi. Loh bukannya Itsumi sudah meninggal, trus kok ada naskahnya? Baca sendiri ya :D

Buat yang pengen baca cerita persahabatan yang berbau misteri buku ini cocok deh, terlebih buat kamu yang punya antena detektif, silahkan menebak siapa tokoh utama dan pelaku pembunuhan buku ini :D.

3 sayap untuk Yama-nabe.


Saatnya giveaway! Siapa yang mau dapat hadiah di Kubikel Romance? Merapat ke sini ya :D
Giveawaynya ada dua, yang pertama giveaway berhadiah buku random dari Penerbit Haru + sampul buku Girl In The Dark dari Emerald Green Label, seru kan?

Caranya gampang banget kok:
1. Follow blog Kubikel Romance, bisa lewat GFC atau Bloglovin
2. Follow @penerbitharu dan like fanpagenya di FB
3. Share giveaway di ini di sosial media mana pun, cukup sekali aja ya, untuk di twitter tolong cantumkan juga @penerbitharu dan @peri_hutan ^^
4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar dengan format:
Nama dan alamat email:
Nama untuk follow blog dan follow melalui apa:
Link share giveaway:
Jawaban pertanyaan:
Menurut kamu, kejahatan apa sih yang nggak termaafkan? Berikan alasannya juga ya :)
Sudah itu aja, bagi dua orang yang beruntung akan mendapatkan novel Duet by Angela Marchelin, Nita Ramadhita, Ryvannafiza serta sampul buku kain dari Emerald Green Label yang bertema Girl In The Dark.

Giveaway kedua adalah giveaway Finale. Buat kamu mengikuti blog tour Girl In The Dark dari awal sampai akhir maka berkesempatan besar memenangkan hadiah berupa:
1. Paket buku Haru
2. Pouch dari Emerald Green Label
3. Totte bag dari Emerald Green Label

Kece banget kan hadiahnya? Caranya gampang banget kok, kamu tinggal simpan gambar di bawah ini karena seminggu setelah postingan ini rilis gambar akan dihapus. Setelah itu kamu susun puzzle-puzzle yang udah kamu simpan di blog yang mengikuti blog tour Girl In The Dark. Setelah terkumpul semua kamu susun dan kirim ke fanpage penerbit Haru, untuk lebih jelasnya silahkan baca di sini. Di postingan tersebut juga ada jadwal blog tour Girl In The Dark yang bisa kamu pantengin :D.

Selamat kepada Insan Gumelar Ciptaning Gusti & Hapudin, kalian berdua berhak mendapatkan hadiah buku Duet dan sampul buku Girl In The Dark. 

Untuk peserta yang lain jangan berkecil hati, tunggu giveaway lain di Kubikel Romance. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mengikuti giveaway ini :D. Terimakasih juga buat Penerbit Haru dan Emerald Green Label yang sudah mensponsori hadiah blogtour Girl In The Dark :).

Sambil nunggu postingan semua blog tour tayang agar bisa mendapatkan hadiah giveaway Finale, ikut dulu aja giveaway di Kubikel Romance, berlangsung sampai tanggal 7 Juli 2014. Enak banget kan, selain dapat hadiah di sini kamu juga bisa berkesempatan dapat hadiah utamanya. Pernah menang di blog lain? Tetep bisa ikutan dong, selamat berburu buntelan ^^

Good luck.


48 komentar:

  1. Eh, mbak. Di jadwalnya tanggal 31 Juni 2014 loh. Sekarang ini tanggal 1 Juli 2014. Kok posting sekarang sih?? hehehe.. pasti salah tulis ya penerbit haru nyaa ;)

    Btw, mantap bener nih. pagi-pagi begini sudah posting. Good Job! Nanti saya ikutan ya mbak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga bingung kmrn ngecek2 ada gak ya , tapi yang di fb uda dibenerin kok ama penerbit Haru, uda gak ada tgl 31 lg xD

      iya mantaps! saya uda tau sih bakal diposting pagi2, lagian ini bulan puasa (?) dan pastinya mbaknya uda nyiapin dr kmrn2 . ya kan mbak? :D #sokkenal

      Hapus
    2. hehehehe, iya ada kesalahan penjadwalan soalnya tanggal 31 Juni kan g ada jadi semuanya diundur satu hari, udah dibuat kemaren jadi tinggal posting, ditunggu partisipasinya ya :D

      Hapus
    3. Nama :Debri Hasian Harianja
      Alamat Email : harianja_debri@yahoo.com
      Nama untuk follow blog dan follow melalui apa: melalui email, seperti yang disebutkan diatas
      Link share giveaway: https://twitter.com/debrihrj/status/484226321426296832
      Jawaban pertanyaan: Kejahatan paling ngga termaafkan itu adalah membunuh. mau gimanapun juga, orang yang dibunuh udah nggak ada lagi dan nggak bakal bisa dibikin jadi hidup lagi. So, itu bener2 ngaak termaafkan.

      Hapus
    4. Ooooh.. Begitu yaa... sip sip

      Hapus
  2. nama : Ade Aprilia Puspayanti
    email : adephia119@gmail.com
    nama akun via blog lovin dan GFC (keduanya sama) : Ade Phia
    link share : https://twitter.com/Dephiil119/status/483758359770693632
    jawab : kejahatan yang gak termaafkan? kejahatan pada agama :D ehehe yaa baik, kayaknya semua tau kalo kita tidak boleh menjahati agama, jadi yang ini saya skip :D
    *ulang lagi*
    kejahatan yang tak termaafkan adalah kejahatan yang dilakukan orang seperjuangan. bisa saudara, teman, keluarga, pokoknya seseorang yang sangat dekat ama kita dan selalu kita perjuangkan keberadaanya. nah, gimana kalo orang yang kayak gitu malah nusuk kita dari belakang? kita uda nolong dia, bela dia, semua kita bela2in cuma demi dia, tapi balesannya adalah berkhianat. misal aja nih, kisah real *saya gak nyebut ya siapa :D* ada seorang kakak yang dari kecil uda ngurusin adiknya karena orang tua mereka selalu bekerja dan gak pernah peduli dengan anak2 mereka. setelah agak dewasa, adiknya mulai berkata bohong tentang kakaknya, alhasil kakaknya di marahi oleh orangtuanya dan disuruh pergi. sebenernya orang tua nya cuma menggertak krn anak tertua itulah satu2nya yang bisa mengurusi rumah.
    setelah dewasa, adik itu kembali lagi ke kakaknya yang merantau, kini kakaknya sudah bersuami. kakaknya gak dendam atas perbuatan adiknya, krn kakaknya sudah memaklumi. tapi apa pembalasannya? adiknya malah berkata "saya nikah ama suaminya mbak ya? nanti anaknya mbak yang ngurus" astaga, didepan muka, diucapkan oleh bibir adik sendiri. ada yang kuat gak dengernya? =_= ada gak istri yang pasrah relain suaminya? =_=
    denger hal itu kakaknya uda gak sabar, dan ampe ngucap sumpah lo =_= gabakal mau liat muka adiknya. ampe bilang amit-amit =_= saya kenal ama orang ini, saya juga uda bilang, "gimanapun, biar Tuhan yang bales. pasrahin aja" tp dia tetep gabisa nerima. mau sampai mati gamau maafin =_=
    jujur saya takut ngebayangin seberapa besar rasa benci kakaknya ke adiknya itu, sampai ketemu, ngeliat, nelpon, bahkan matipun ampe gamau disentuh tanahnya =_=
    saya kalo dengerin ceritanya ampe mau nangis, begitu juga dia.
    intinya, kejahatan terbesar itu adalah berkhianat. apalagi berkhianat ke orang yang paling besar perjuangannya untukmu. jangan sampe ya =_=

    BalasHapus
    Balasan
    1. permisi mau nyoba emot dulu :p

      |-) :surprise: :-O :-E :-? 8-| :D

      uda kelar :kikik:

      Annyeong~~ XD

      Hapus
    2. hehehehe, maaf ya, entah kenapa nggak bisa padahal juga udah aku coba berkali-kali, coba nanti aku benerin lagi :p

      Hapus
    3. yahhh moga bisa dibenerin nanti saya coba lagi xD

      Hapus
  3. Nama dan alamat email: Noelade Ratri Hananugraha - noeladehananugraha@yahoo.com
    Nama untuk follow blog dan follow melalui apa: Noelade Ratri Hananugraha follow via GFC
    Link share giveaway: https://twitter.com/NoeladeRatr/status/483790221511643136
    Jawaban pertanyaan: Menurut kamu, kejahatan apa sih yang nggak termaafkan? Berikan alasannya juga ya :)

    Menurutku kejahatan yang tidak termaafkan adalah fitnah. Kenapa? Jujur saja meskipun kamu udah memaafkannya tapi sebenarnya setiap orang yang difitnah tidak benar-benar memaafkan. Alasannya? Iyalah. memfitnah kan membicarakan sesuatu yang tidak benar, dan menyebarluaskannya kepada orang lain. Meskipun kita sudah tau sumber aslinya tapi orang-orang lain yang tidak tau kebenarannya? Beberapa tidak bisa kita temui untuk mengklarifikasi karena kita tidak tau siapa saja yang sudah mendapatkan berita yang tidak benar itu. Nama kita sudah terlanjur bernoda dimata mereka-mereka yang percaya dengan fitnah yang menyebar itu. Jadi, menurutku Fitnah adalah kejahatan yang tidak bisa dimaafkan.

    Semoga Saya beruntung^^

    BalasHapus
  4. Nama : Farah
    email : farahfahma179@gmail.com
    via GFC : Farah Fahma
    Link share : https://twitter.com/FarrMaSi/status/483789985389109248

    -Money politic. mungkin politik uang jadi kejahatan yang tidak termaafkan. karena seorang calon pemimpin, yang tidak layak jadi pemimpin, mencoba maju jadi pemimpin dengan cara memberi rakyat uang. dan biasanya, setelah jadi pemimpin orang itu bakal korupsi.
    -Plagiarisme. ini yang kedua. menjiplak atau mengambil karya orang lain terus ngakunya karangannya sendiri. Ihh.. ngga banget dehh. itu juga salah satu kejahatan yang tak termaafkan. terutama di lingkungan akademis.
    -korupsi. selain politik uang, korupsi juga salah satu kejahatan yang tak termaafkan. kenapa ? karena dampak dari korupsi itu besar. apalagi jika yang dikorupsi itu uang negara. kan bisa mengancam kelangsungan negara nantinya.
    -fitnah. meskipun hanya sekedar kata-kata, tapi fitnah bisa menrunkan citraan seseorang. dan sudah dikatakan bahwa fitnah lebih kejam dari pembunuhan. itu karena fitnah akan menyalur. sambung menyambung dari satu orang ke orang lain. sedangkan pembunuhan hanya sekali itu saja.

    sebenarnya mungkin masih banyak yaa, tapi entah kenapa mendadak mampet ni otak. efek puasa mungkin *ehh xD

    BalasHapus
  5. Febriyani Syafri - clyneyulaattha@gmail.com
    Febriyani Syafri - via GFC
    https://twitter.com/fHEyui/status/483802037952327680

    "Menurut kamu, kejahatan apa sih yang nggak termaafkan? Berikan alasannya juga ya :)"

    Sebenarnya pengen jawab "pengkhianatan" (karena pernah dikhianati sahabat sendiri.. huhu) tapi berhubung kaka yang di atas udah make jawaban itu.. *takut dianggep ikut2an..hehe* Jadi, saya memikirkan jawaban lain :D

    "Dosa kepada Orang Tua"
    Jawaban ini terpikirkan karena subuh tadi saya bermimpi Ayah saya meninggal :/
    Dalam mimpi saya menangis sejadi-jadinya.. Mimpi itu berasa nyata banget!
    Saya merasa sangat menyesal semalam sempat berdebat dengan Ayah.. :'(
    Saya memutuskan untuk tidak lagi berdebat seperti itu.. Saya tidak ingin merasakan kepedihan seperti dalam mimpi saya..
    Lagian dosa pada orang tua diganjar yang paling besar setelah menduakan Tuhan, kan? (gak hanya Islam aja, saya rasa setiap agama mengajarkan hal yang sama)

    Semoga seluruh anak di dunia bisa berbakti dan membahagiakan orang tuanya!
    Kadang-kadang miris juga liat ada anak yang membentak bahkan memaki orang tuanya.. :(
    Temen-temen jangan seperti itu yaaa~

    BalasHapus
  6. Bismillahirrahmanirrahim, semoga aku beruntung^_^

    Nama dan alamat email: Aubrey Biancanitta dan biancanitta@gmail.com
    Nama untuk follow blog dan follow melalui apa: Aubrey Biancanitta melalui G+
    Link share giveaway: https://twitter.com/biancanitta/status/483819153980010497
    Jawaban pertanyaan:
    Kejahatan "pemerkosaan". Kenapa? Karena kejahatan pemerkosaan kejahatan yang nggak termaafkan, sudah seharusnya dihukum berat kalau perlu dihukum mati! Andaikan semua perempuan di dunia ini pake pakaian tertutup, apakah masalah perkosaan hilang? Mungkin bakal tetep ada ya.. Pemerkosa akan bikin alasan baru, entah itu lirikan mata perempuannya lah yang menggoda, dll masalahnya ada di pengendalian diri, manusia bukan binatang yang cuma mengikuti instingnya kan? Tapi, kenyataannya di dunia ini memang banyak binatang yang berkedok menjadi manusia, ga semua manusia bermoral seperti yang dia harapkan. Mau demo seperti di gambar sampe mampus juga mereka ga ngerti apa itu yang namanya menghormati orang lain. Kalo udah terjadi perkosaan, yang salah memang pemerkosa, tapi bukannya lebih baik mencegah daripada mengobati? bebas berpakaian? Ok, selama tau tempat dan waktu.. Kalo udah tau banyak "serigala" berkeliaran, mending menghindari jalan di tempat sepi memakai tank top atau pakaian terbuka lainnya, apalagi di malam hari :D

    BalasHapus
  7. Nama: Aulinka Ihza
    Email: ihzaulinka@gmail.com
    Follow blog (bloglovin): Aulinka Ihza
    Share: https://twitter.com/chalnk/status/483803640587886592

    Jawaban: Kejahatan yang nggak termaafkan ada banyak. Di awal saya sebenernya juga udah nulis soal pengkhianatan dan plagiarisme, hehe. Tapi berhubung sudah ada yang jawab dan karena saya juga masih pelajar, jadi saya pilih "bullying" yang sering terjadi di kalangan remaja. Rata-rata orang bisa trauma karena bullying, bahkan dampak yang paling mengerikan adalah mengakhiri hidupnya (bunuh diri) karena nggak tahan dibully.

    Selain bentuk fisik, bullying ini bisa juga dalam bentuk penghinaan, teror, mengucilkan orang lain, dan cyber-bullying (melalui socmed). Meski cuma beberapa kata aja, hal itu sangat berdampak besar. Terutama di socmed karena banyak yang baca. Teror juga mengerikan. Setiap hari, setiap waktu, ada ancaman-ancaman mengerikan yang dia terima. Nggak akan ada yang bisa tahan dengan hal seperti ini. Apa lagi kalau yang diteror ini masih seusia pelajar.

    Orang yang dibully nggak akan pernah lupa sama perkataan dan perlakuan yang dia terima. Karena bullying ini, dia jadi merasa dirinya nggak berharga, nggak diinginkan teman-temannya, dan nggak berguna. Rasanya sangat sakit di hati. Dan, bisa berujung dengan kematian.

    Semoga nggak pernah ada kasus bullying lagi. :')

    BalasHapus
  8. Nama / Email : Nuriyanni R / nuriyanni@gmail.com
    Blog : Riani Zahraa
    Link share : https://twitter.com/RianiJauzaa/status/483817165804417024
    Jawaban :
    kejahatan tak termaafkan? Banyak kejahatan yg sbnrx tak bs dimaafkan, tp Allah aja Maha memaafkan masa manusia gmw memaafkan *eh. Menurutku kejahatan yg tak termaafkan adl kejahatan yg dilakukan org terdekat! Tersangka yg tak di duga2 adl org terdekat kita atau org yg menjadi org kepercayaan kita, hal tsb pasti menjadi pukulan hebat bagi pihak korban. Sbg contoh spt kasus di JIS, dmn para ortu mmpercayakn ankx d skolah ternama, tp ternyata terdapat oknum yg melakukan kejahatan seksual.
    Contoh kejahatan lain yg dilakukan org terdekat : katanya, fitnah it lbh kejam dr pmbunuhan?! Bnr jg, spt pnglmn kmrn yg br sj terjd d tmpat sy, seorg ibu mmberi kue meugeng ke tetangga, tp ditengah ia mmberikn kue tsb, ia mngatakn bhwa sbnrx ia tak ingin mmberinya kue krn tetangganya tsb dengar2 suka mmberikan kuenya k ayam. Deg. Jlas pukulan telak di hati tetangga yg diberinya kue tsb, tetangga tsb tdk merasa ap yg dikatakan ibu tsb bnr, fitnah tsb akn trs menusuk hatinya krn para ttangga akn berpikir yg sama, bhwa ia mmberikan kue2 org ke hewan ternaknya tnpa dimakan. Astaghfirullahaladzim, aq bnr2 gbs paham, knp ibu tsb mngtkan hal yg hanya didpt lwt telinga & mngataknnya tnpa rasa malu, pdhl barng yg sdh diberikan pd se2org it adl sdh mnjd hak yg mnerimanya, trsrh barang tsb mau diapakan.
    Selain itu salah satu kejahatan tak termaafkan adl kejahatan dmn seseorg mmiliki dendam pd satu pihak tp ia mmbalaskan dendamx dg melampiaskan k bxk pihak. Contoh yg pernah aku baca dr buku ‘Inferno’ adl kejahatan dimana seseorang melakukan pembinasaan masal thd banyak org dg motif bahwa bumi sdh terlalu banyak penghuni, hingga sulit menyeimbangkan antara SDA & SDM. Shg ia berusaha mngurangi jumlah penduduk bumi! Ia berencana membinasakan org yg jg tak mmpunyai mslh dg org tsb. Sbnrx bxk contoh ttg kejahatan serupa, contohnya tragedy 11 Sep, bxk org tak bersalah mnjadi korban bhkan akibat tragedy tsb memberi kesan buruk bhwa umat muslim adl teroris. hufp....

    BalasHapus
  9. Nama : ailina
    Blog : www.ailina85.wordpress.com
    Link Share : https://twitter.com/ailina85/status/483844376850743296

    Kejahatan yang tidak termaafkan menurut saya : berbohong, karena dengan adanya satu kebohongan, bisa dipastikan akan muncul kebohongan-kebohongan yang lain. Dan lagi kebohongan itu bisa menyangkut banyak hal. Bahkan korupsi pun juga bisa dikategorikan kebohongan karena menyangkut memutar balik fakta penggunaan dana. Jadi, bohong itu sangat fatal akibatnya... fyuuhh...

    Semoga kita se,ua dihindarkan dari hal-hal demikian ^_^

    BalasHapus
  10. Nama : Ken Astri D.
    email : ken.orion91@gmail.com
    follow via GFC : Ken Orion
    link share : https://twitter.com/orion____/status/483844866024022016

    Jawaban : Kejahatan tak termaafkan menurut saya adalah pembunuhan yang disertai dengan perencanaan. Karena pembunuhan semacam itu dipicu oleh mereka sudah punya dendam pada korbannya. Padahal seharusnya, jika kita memiliki perasaan tidak suka pada seseorang hendaknya segera dibicarakan langsung dengan orang tersebut, sehingga kebencian tidak berlarut-larut sehingga menimbulkan dendam. Bagaimana kalau malah ternyata dendam itu muncul akibat kesalahpahaman semata? Sementara kita sudah membunuh orang yang kita benci tersebut. Dapatkah kita bayangkan bagaimana perasaan keluarga yang ditinggalkan? Bagaimanakah kita mempertanggungjawabkan penyesalan kita, terutama pertanggungjawaban di akhirat nanti? Sementara hukumannya pun tidak main-main, hukuman mati atau penjara seumur hidup. Itulah mengapa menurut saya pembunuhan (disertai perencanaan) sangatlah tidak termaafkan :((

    Sekian~~
    Terimakasih giveaway nya, Kak :)

    BalasHapus
  11. Nama : Arfina Tiara Dewi
    email : Arfina.tiara123@gmail.com
    follow blog via bloglovin ; Arfina Tiara
    link share https://twitter.com/IpinKaramel/status/483855974738841600

    Kejahatan yang tak termaafkan, pembunuhan massal, apa lagi alasannya karena penduduk itu terkena wabah penyakit yang virusnya berasal dari si pembunuh, ada bagian yang mengobati tapi tidak bertanggung jawab. 2 kali kesakitan, ya benar, pertama kesakitan luar biasa karena terkena penyakit berbahaya yang bisa merenggut jiwa dan proses penyebarannya cepat sekali. Kedua, mereka dibunuh massal, maksudnya, satu desa dijatuhi bom dari atas. Terus satu desa itu rata dengan tanah. Itu bener-bener ngga bisa dimaafin walaupun tujuannya untuk menurunkan angka penduduk. Banyak orang mati, banyak anak kecil yang mau ngejar cita-citanya malah mati. Sakitnya tuh di sini *nunjukhati -_-


    Terima kasih, sukses terus kak!

    BalasHapus
  12. Nama : Fransisca Susanti
    E-mail : siscawiryawan@ymail.com
    Follow blog via google friend connect : Santi Wiryawan (santi.wiryawan@gmail.com)
    Link share : https://twitter.com/siscacook/status/483862143750508545
    https://www.facebook.com/toko.bross/posts/653624278061602

    Kejahatan yang tak termaafkan ialah fitnah. Sesuai dengan peribahasa fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Fitnah merupakan perbuatan menjelek-jelekkan seseorang atas perbuatan yang sebenarnya tidak ia lakukan sehingga bisa menyebabkan pertikaian dan rasa sakit hati yang mendalam. Fitnah bisa mendorong orang yang difitnah menjadi berbuat jahat karena ia bisa saja berpikir, saya tidak salah, tetap saja difitnah dan dianggap salah sehingga sekalian saja saya berbuat salah. Dengan kata lain, fitnah bisa membuat orang yang tadinya baik menjadi jahat sehingga fitnah dapat dikategorikan kejahatan yang tak termaafkan =) Fitnah juga bisa menyebabkan orang yang tidak salah harus mendapat hukuman atas perbuatan yang tidak ia lakukan, baik hukumam penjara maupun hukuman dikucilkan masyarakat. Trims bnyk ^.^

    BalasHapus
  13. Nama: F.J. Ismarianto
    Email: reatheryan [at] gmail [dot] com
    Follow: via GFC [nama sama dengan yg dipakai komentar], bloglovin [Fj Ismarianto]
    Link share: http://twitter.com/FJrean/status/484008534229942272

    Kejahatan tak termaafkan versi saya adalah ketika sudah dimaafkan kembali mengulang kesalahan yang sama.

    Ketika dia melakukan kembali perbuatan yang sempat bikin kita eneg, marah, kecewa, bikin kita pengen makan terus (?), bikin kita pengen menghabiskan uang buat melenakan, memanjakan, mendistraksi hati dan pikiran kita (?), maka tiada lagi maaf lagi baginya.

    Tapi tentu bukan sembarang perbuatan bisa dimasukkan ke dalam kriteria ini. Perbuatan itu mesti perbuatan yang tercela, misalnya selingkuh. Ketika dia sudah minta maaf, dengan mengiba-iba, dengan meluncurkan seribu janji, dengan berulang-ulang melontarkan bujuk rayu, tapi kemudian berselingkuh lagi, maka... Yah, tidak ada lagi kesempatan untuk ketiga baginya.

    P.S. Bukan berdasar kisah nyata penulis :)))

    BalasHapus
  14. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti & alamadt_saya@yahoo.com
    Nama follow blog : Insan-ittu Masiihtetepselalu'chaiangkkagh | Melalui bloglovin'
    Link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/484015426653802496
    Jawaban : Kejahatan yang tidak bias dimaafkan adalah kejahatan membohongi diri sendiri. Karena menurut aku, enggak ada alasan untuk kita membohongi diri sendiri. kalau kita sudah bisa berbohong pada diri sendiri, berarti kita sudah sangat bisa berbohong pada orang lain. dan hidup dgn membohongi diri sendiri itu sama aja kayak yang kosong. karena akhirnya kita enggak tahu siapa kita sebenernya. sementara kalau kayak membunuh atau sejenisnya itu terlihat mereka dipaksa menjadi seperti itu oleh keadaan. menurutku sih gitu..

    BalasHapus
  15. Lis, ikut meramaikan yaaaaa...

    Nama : Inge
    Email : n0n1n9e@gmail.com
    Akun u/ follow blog : non Inge (G+)

    Kejahatan tak termaafkan menurutku : ketidaksetiaan.
    Karena ketika seseorang memiliki sifat tidak setia (apalagi jk sudah ada hubungannya dengan agama) maka ia akan menyalahgunakan apapun untuk kepentingannya sendiri. Bisa korupsi, bisa fitnah, bahkan membunuh.

    BalasHapus
  16. Nama : Hapudin
    Email: hapudincreative@gmail.com
    GFC: Adin
    Link Share twitt: https://twitter.com/adindilla/status/484138601421107200
    Jawaban:

    Menurut saya ada 2 kejahatan yang tidak termaafkan.
    Pertama: Pembunuhan. Kejahatan yang satu ini jelas sekali melanggar hak asasi manusia untuk hidup. Si Pembunuh telah merampas yang menjadi harga mahal bagi seorang manusia. Padahal si korban memiliki banyak hal yang ingin diraihnya, banyak hal yang ingin dinikmatinya, banyak hal yang ingin dimilikinya. Ini jelas kejahatan tak terampuni. Kalo hukum nyawa dibalas nyawa, baru keluarga korban merasa impas. Sama-sama kehilangan haknya.

    Kedua: Memperkosa. Ini untuk mereka yang perempuan, kejahatan ini jelas tidak termaafkan karena efeknya berkepanjangan. Si korban akan menanggung malu, trauma, merasa kotor diri dan sepanjang hidupnya, sejarah diperkosa akan membekas sampai mati. Dan lebih tidak diterima lagi kalau si korban sampai kena penyakit AIDS. Kalau perlu, si pemerkosa dihukum mati saja.

    Ini murni pendapat pribadi. Maaf kalau pendapat saya terbaca sangat menggeramkam.

    BalasHapus
  17. Nama: Zuhelviyani Zainuddin
    Email: zuhelviyani@gmail.com
    Follow blog via: GFC, Zuhelviyani Zainuddin
    Link share twitter: https://twitter.com/evizaid/status/484162813170954240
    Jawaban:
    Kejahatan yang tidak termaafkan, pelecehan seksual. Saya rasa beberapa tindak kejahatan mungkin ada sebabnya, mungkin dari masa lalu si pelaku, atau bagaimana orang-orang di sekitarnya memperlakukannya. Saya tidak melihat ada pembenaran atau trauma yang berlebihan yang membuat pelecehan seksual menjadi benar. Kalaupun si pelaku memiliki alasan untuk hal tersebut, saya kira itu hanya alasan saja dan hal pertama yang membuatnya melakukan hal itu adalah nafsu.
    Sekian. Maaf yaa, kalau kepanjangan. Selamat membaca komentar lain~ :3

    BalasHapus
  18. Nama : Lin Ulfah Minnati
    Email : paulleyn,paul8@gmail.com
    Follow blog via GFC : Pa'ul
    Link share : https://twitter.com/eubbbeeeee/status/484197229486288898

    Banyak orang bilang kalau fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Saya setuju.
    Menghina, memfitnah, kejahatan macam itu.. *geleng-geleng kepala*.
    Mungkin ada beberapa orang yang ngga berniat menghina atau cuma untuk candaan, tapi mereka kan ngga pernah tau apa yang korban rasakan.
    Kalau kamu sakit tertusuk pisau, masih bisa sembuh berminggu-minggu kemudian. Tapi kalau kamu sakit hatinya, entah butuh berapa lama buat sembuhnya.

    BalasHapus
  19. Nama : Ayu Arista
    Email : ayuarista805@yahoo.co.id
    Follow GFC : Ayu Arista
    Link Share : https://twitter.com/AyuArista16/status/484218404199333888

    Menurutku pembunuhan, tapi katanya memfitnah lebih kejam dari membunuh…. Kedua-duanya sama-sama kejam yang satunya merenggut hak hidup orang lain dan satunya lagi bisa merusak hidup orang lain…

    BalasHapus
  20. Nama dan alamat email: Sandra febry adriani , littlesaengie@gmail.com
    Nama untuk follow blog dan follow melalui apa: LittleSaengie via Google Friend Connect :D
    Link share giveaway:https://mobile.twitter.com/SandRa129499OS/status/484219081088716800?p=v
    Jawaban pertanyaan:
    Menurut kamu, kejahatan apa sih yang nggak termaafkan? Berikan alasannya juga ya :)

    Jawabannya adalahhhhh ...... *bunyi terompet* *ehehehehe*

    Menurutku kejahatan yang tidak bisa dimaafkan itu adalah KORUPSI *muncrat* , mengapa begitu ? Karena tidak ada yang bisa disebutkan selain ini karena yang lain sudah mengambilnya *abaikan* , aku memutuskan menulis ini setelah berpikir selama sehari kejahatan apa yang sebenarnya tidak bisa dimaafkan , bahkan tidak ada ide apapun didalam otakku dan hatiku ,tetapi setelah berpikir panjang akhhirnya ku memilih kejahatn korupsi . Bagiku Korupsi adalah salah satu kejahatan terbesar yang pernah aku dengar . Di dalam tindakan Korupsi terdapat beberapa kejahatan lain yang tidak bisa dimaafkan juga *jadi sekali dayung dua pulau terlampaui* . Diantaranya 1. Berbohong ( membohongi diri sendiri dan orang lain serta kepada Tuhan )
    2 . Mencuri ( Mencuri hak yang seharusnya bukan milik dia sehingga merugikan banyak orang)
    3 . Menipu dan Memfitnah ( Menipu orang lain dan memfitnahnya sehingga mengakibatkan orang itu yg menjadi tersangka padahal tidak bahkan ada yang lebih buruk lagi )
    4 . DiBully ( Jika ketahuan melakukan korupsi tentu bukan si pelaku saja yg kena imbasnya tetapi juga keluarganya terutama para anak yg masih sekolah , di sekolah mereka akan dikucilkan dan dicemoohkan bahkan tak jarang dibully sehingga anak anak tak jarang mejadi depresi dan menyalahkan diri sendiri mengapa menjadi anak seorang koruptor ..
    5 . Membunuh ( Yang di ambil tentu adalh uang , uang yg nominalnya sungguh luar biasa , merugikan banyak orang terutama rakyat kecil . Padahal uang tersebut digunakan untuk menolong rakyat kecil , memberi bantuan , makanan , atau uang . Jika uang itu dicuri maka secara tak langsung dan perlahan lahan koruptor membunuh mereka secara batin dan fisik )

    Mungkin ini terlau banyak ya kak ? Tapi kakak tolong baca ya ? Semoga saja jawabanku benar dan kakak tertarik :) Wassalamualaikum :D Bismillah !

    BalasHapus
  21. hmm kejahatan yang paling gak bisa dimaafkan itu pembunuhan. gimana mungkin ada manusia yang menghilangkan nyawa seseorang seakan-akan dia adalah Tuhan yang telah meniupkan roh ke tubuh seseorang. tindakan kriminal yang tak akan pernah termaafkan oleh bumi dan langit. itu pendapat saya loh :blush:

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya kak ada yang lupa :3
      Sintyatika Putri (@Sintyatika_Tyn)
      sintya.wicaksono@yahoo.com
      follow via bloglovin: Sintyatika Putri
      link share: https://twitter.com/Sintyatika_Tyn/status/484257880543993856

      Hapus
  22. Nama : Muhsinatud Diyanah
    Email : diyanah_52@yahoo.com
    Nama utk memfollow : diyan arkyu (diyanarkyu@gmail.com)
    Fb : Diyan Diyanah
    Twitter : @diyan402
    Link share : https://twitter.com/diyan402/status/484488880486236160

    ohayou gozaimasu ... ^^

    Kejatahatan yang tak termaafkan menurutku adalah :
    •Durhaka terhadap kedua orang tua terutama kepada ibu karena tanpa orang tua kita tidak akan ada di dunia ini. Di agama juga tidak di perbolehkan utk durhaka dg orang tua.
    •Penistaan agama karena menggubah ajaran agama yg telah di tetapkan hingga membuat beberapa orang menjadi sesat.
    •Terorisme karena selain motifnya yg mengatas namakan agama padahal setiap agama mengajari kebaikan ( cinta damai ) banyak nyawa orang yang tidak tahu apa-apa ikut terbunuh dan membuat lingkungan resah dengan aksi teror tersebut

    arigatou gozaimasu *bungkuk* semoga aku menang ^^.

    BalasHapus
  23. Nama | Email : Dyah Muawiyah | dyaahmuawiyah@gmail.com
    Follow via GFC : Dyah Muawiyah
    Link share giveaway : https://twitter.com/dyahmuawiiyah/status/484502791147102208

    Jawaban pertanyaan :
    Menurutku kejahatan yang paling ga bisa dimaafkan adalah pengkhianatan kepada orang terdekat, bisa keluarga, sahabat, atau pacar (?). Apalagi kalo kita termasuk orang kepercayaan mereka. Bayangin di saat kita udah percaya banget sama seseorang, terus tiba-tiba di khianatin gitu. Meskipun mungkin kita bilang udah memaafkan mereka, pasti rasa kepercayaan itu akan berkurang bahkan hilang sama sekali.

    Sekian mbak Sulis, akhinya bisa kebuka komentarnya ._.

    BalasHapus
  24. Nama: Dewi Ponco Wati
    E-mail: depon.arrean@gmail.com
    Follow via GFC: Depon Arrean
    Link share: https://twitter.com/ELF_ParkMinGi/status/483806614307098625

    Jawaban Pertanyaan:
    Menurutku pribadi kejahatan yang tak termaafkan adalah tidak memberi maaf kepada orang yang meminta maaf. Kenapa aku bisa berpikiran seperti itu? Karena tidak mudah bagi seseorang yang melakukan kesalahan untuk bisa mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Sebelum kata maaf itu terucap, pasti dia mengalami dilema dan pertentangan batin yang hebat dengan egonya sendiri untuk menutupi kesalahannya. Dan apabila setelah ia melalui rangkaian yang begitu sulit dan meminta maaf, tapi orang yang dimintai maaf tidak memberikannya, maka orang yang tidak memberi maaf itu tidak tahu perjuangan meminta maaf dan tidak menghargai permintaan maaf itu sendiri, Itu lebih kejam dari kejahatan lain dan itu sulit termaafkan (mungkin bagi pribadi ku saja) :D

    akhirnya komentarnya ke-posting juga.. sebelumnya enggak muncul -_-
    makasih mbak Sulis buat GAnya, fighting!!! ^o^

    BalasHapus
  25. Nama: Dewi Triantini
    e-mail: dewi_anime@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/DewiTriantini/status/484551552825163776

    Menurut aku, kejahatan yang tak termaafkan itu membunuh orang dengan cara sengaja yang bener-bener udah direncanain dengan matang, terus pergi ntah kemana -___- Terlebih dengan alasan balas dendam, iri, dan sejenisnya (=| Kejam banget gitu kesannya bunuh orang dengan mudahnya terus gak tanggung jawab lagi. Apalagi kalo hanya untuk balas dendam, berarti dia gak cukup sabar dan ikhlas untuk nerima itu dan malah melampiaskannya dengan cara yang seperti ini --,--
    Maaf Mbak kalo jawaban aku gini, kesannya gimanaaa gitu xD Soalnya ini yang terlintas di kepala aku X_X Yang lain jawabannya unik ^^ Tapi aku ngambil kejahatan yang umum, yang bener-bener nyata tanpa kasat mata! *aahhh, apa ini xD* Makasih Kak ^^

    BalasHapus
  26. Nama : Arum Okta Sukarta
    email : arum.okta12@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/Okta_S3233PM/status/484567436696776704?p=v
    Follow melalui : Bloglovin.com/aquharum

    kejahatan yg tak termaafkan menurutku adalah Terorisme. Bahkan mereka mengatasnamakan Tuhan untuk membenarkan perbuatannya .Menurutku dlm agama apapun tdk ada yg mengajarkan untuk membunuh. Kejahatan terorisme adalah kejahatan luar biasa karena bisa mengancam keselamatan dan keamanan orang lain. Lihat saja peristiwa Bom Bali , Bom JW Marriot dll lihatlah berapa korban yg jatuh akibat kejadian ini.

    BalasHapus
  27. Nama : Siti Muthmainnah
    Email : iinnsiguejje@gmail.com
    Link share :
    Follow via Bloglovin' - Siti Muthmainnah

    Kejahatan yang tidak termaafkan itu pelecehan seksual terhadap anak kecil. Apapun yang telah mereka lakukan (pelecehan seksual itu kan banyak ya), benar-benar gak termaafkan. Apalagi sampai berkali-kali dan membuat anak kesakitan. Bahkan rasanya hal tersebut benar-benar tidak dapat dimaafkan dengan apapun. Entah hukuman penjara, disiksa dengan siksaan yang paling berat, dihukum mati, semuanya. Itu benar-benar tidak cukup! Apalagi waktu kasus ini mencuat besar-besaran karena JIS. Tau kan? Pasti tau doong. Dan hukumannya cuman segitu doang. Apalagi ada awak media yang gak nge-blur-kan wajah korban. Kan itu kasihan banget. Semua orang pada tau korbannya dia dan dari keluarganya dia. Malah nambah penderitaan lah. Pokoknya... gatau deh. Saya gak bisa menjelaskan seberapa jahat kejahatan yang ini. Pokoknya ini bener2 keterlaluan. Rasanya orang itu bukan manusia. Bahkan lebih buruk dari iblis. Ya.. gitulah pokoknya.

    Kok saya malah marah-marah begini yak? Sudah ya. begitu aja. Sebelum menjadi menjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oia ini link sharenya.. kelupaan
      https://twitter.com/iindetya/status/484618276945678336

      Hapus
  28. Nama : Nyi Penengah Dewanti
    email : nyipenengahdewanti@gmail.com
    follow blog dengan nama : Nyi PeDe
    twitter @NyiPeDe
    Link share : https://twitter.com/NyiPeDe/status/484887970550280194

    Kejahatan yang termafkan buatku adalah menduharkai IBU, karena Ibu adl orang yg melahirkan kita, beliau bidadari tanpa sayap yang telah berjuang mengabdikan diri demi kebahagiaan anak2nya. Doanya tak pernah putus, setiap helai napasnya terlerai agar kita menjadi makhluk yg berguna

    BalasHapus
  29. Nama: Asy-syifaa Halimatu Sa'diah
    Email: asysyifaahs@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/asysyifaahs/status/484890534306013184
    Follow via GFC: Asy-syifaa Halimatu Sadiah

    Kejahatan yang tidak termaafkan menurutku adalah kejahatan yang dilakukan kepada diri sendiri. Padahal, seperti yang sudah kita tahu, bahwa diri kita (jiwa dan raga) ini hanya milik Tuhan, kita hanya diamanahkan oleh-Nya untuk menjadikan tubuh ini sebagai media untuk kita bisa hidup dan melakukan setiap aktivitas. Kejahatan terhadap diri sendiri ini beberapa contoh di antaranya adalah menyakiti baik secara fisik maupun psikis. Kalau fisik, misalkan menyayat tangan, menenggak racun, dan lain sebagainya dengan maksud percobaan bunuh diri. Secara psikis, mungkin saja kita menyakiti hati kita dengan memaksakan kehendak yang tidak sesuai.

    Secara UU, hal ini juga sudah ditegaskan, seperti dalam Pasal 344 Bab XIX Kejahatan Terhadap Nyawa KUHP, menyatakan: Barang siapa merampas nyawa orang lain atas permintaan orang itu sendiri yang jelas dinyatakan dengan kesungguhan hati, diancam dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun.

    Begitu juga menurut agama, agama saya (Islam) melarang muslim/ah untuk melakukan kejahatan terhadap diri sendiri, apalagi sampai bunuh diri. Hal ini tentunya sama saja dengan tidak menghargai mahakarya Allah sebagai Sang Pencipta yang menciptakan diri kita dengan baik, indah, istimewa, dan sempurna dibanding makhluk lainnya.

    Bagaimana mungkin kita bisa memaafkan orang lain, jika diri kita saja tidak bisa memaafkan diri sendiri sampai menjadikan jiwa dan raga "korban" dari pelampiasan hal tersebut.

    BalasHapus
  30. Nama / email: Rico Martha / ricko.m@gmail.com
    Follow blog via: GFC dengan nama Rico Martha R.
    Link share: https://twitter.com/richoiko/status/485297968061231104
    Jawaban pertanyaan:
    menurut saya, kejahatan yang tidak termaafkan adalah bullying. baik bully secara fisik, mental, verbal, ataupun tulisan. memang ada sih indikator bully itu seperti apa. namun patut digarisbawahi bahwa bully itu kan ujung2nya korban merasa sakit hati. padahal setiap orang kan memiliki hak asasi untuk menikmati hidup seuai denganc ara mereka sendiri. untuk apa sih ngurusin orang kalo diri sendiri aja masih belom bener. jadi menurut saya, apapun alasannya, bully (sengaja atau tidak, bercanda ataupun serius) itu tidak patut ntuk dimaafkan. iya kalo korbannya senyum aja tapi sebenernya di dalam hati measa sakit, wah itu hukuman di akhirat jauh lebih pedih. so, mari hentikan bully, untuk dunia yang lebih baik *lha kok kayak slogan*

    BalasHapus
  31. Nama : Yana Fajriyana
    Email : yana.fajri13@gmail.com
    Follow Blog : Yana Fajriyana atau We Are 28's Group (lupa, pokoknya salah satu dari nama itu) via GFC
    Link Share : https://twitter.com/yannafa/status/485316414493171713
    Jawaban :
    Kejahatan yg tidak bisa termaafkan adalah memfitnah dan menggunjing. Orang yg melakukan tindakan itu merupakan orang yg bermuka dua. Bayangkan, orang yg seperti itu berpura-pura bersikap baik / biasa aja kpd orang yg difitnah/digunjing, namun dibalik itu semua dia berkoar-koar menjelekkan orang itu & yg pasti jika orang itu mendengar apa yg dikatakan tentangnya, orang iru bakal nggak suka. Jleb banget kan.. di depan baik, dibelakang....... ckckck
    Bahkan di dalam alquran disebutkan bahwa "fitnah itu lebih kejam drpd pembunuhan" dan dalam hadist disebutkan "orang yg menggunjing bagaikan orang yg memakan bangkai saudaranya sendiri". Nggak mau kan makan bangkai saudara? Semoga disekitar kita bahkan kita sendiri tidak seperti itu.

    BalasHapus
  32. Nama : Clara Lavinia
    Email : claire_loc@yahoo.com
    Link share give away : https://mobile.twitter.com/claclairee/status/485489494842306561?p=v
    Jawaban : Kadang menurut ku hal besar itu di mulai dari hal kecil,entah itu sesuatu yg baik atau tidak. Jadi menurut ku hal yang terjahat itu adalah fitnah. Fitnah di mulai dari sebuah ucapan,hal kecil yang berdampak besar dan luas, semisalnya kita memfitnah orang,kita hanya akan berkata2 ga lebih dari beberapa jam/hari/bulan. Tapi kerugian yang di berikan pada orang di fitnah bisa menghilangkan nyawa,harga diri,harapan bagi seseorang yg di fitnah seumur hidup,seperti misalnya dengan hal tersebut dia sudah ga di percaya sama orang lagi,di kucilkan,atau bahkan ga di terima lagi karena di anggap ga layak. Fitnah ini juga luas jangkauannya dan pastinya bakal sering kita temui dimana2. Dengan fitnah orang yg benar akan di anggap salah,mereka bisa saling membunuh tanpa berkeprimanusiaan,bisa menimbulkan dendam yang berkepanjangan,bisa merusak suatu organisasi atau bahkan hal yg besar seperti negara kita sendiri. Jadi menurutku sendiri fitnah adalah sesuatu yg di mulai dari hal kecil yang kejam (sebuah ucapan,lidah tak bertulang) yang berdampak secara luas dan tentu nya karena berdampak luas jadi sangat ga termaafkan.
    Pada dasarnya tidak ada hal yang tidak termaafkan , hanya kembali pada pribadi masing2 dpt menerima kenyataan dan memaafkannya :).

    BalasHapus
  33. Nama : Windy Agustin
    Email : windyagustin8@gmail.com
    Follow blog lewat bloglovin : Windy Agustin
    Link share : https://twitter.com/windyagustin8/status/485614557117677568

    Kejahatan yang tak termaafkan itu : bullying.

    Karena pembullyan itu efeknya ga bakal hilang meski kasus pembullyan-nya udah selesai. Karena aku korban bullying, jd aku bisa ngomong gini. Bagi korban bullying, hitam itu meski diberi putih tetap akan menyisakan abu-abu. Apalagi masalah hati yang mana sulit untuk disembuhkan. Masalah harga diri yang sulit dikembalikan. Jadi, kejadian pembullyan yang telah terlewat sekalipun tetap akan membekas dan berpengaruh sampai masa depan. Meskipun si korban sudah bangkit, tapi tetep aja ga ada yg bisa kembali seperti semula. Harga dirinya yang dulu diinjak-injak akan sulit dikembalikan. Rasa minder itu ga akan pernah hilang, selamanya. Apalagi di depan orang-orang yang pernah menyaksikan pembullyian itu dulunya. Si korban akan merasa minder untuk ngomong aja takut salah, takut dibully lagi, takut digosipin, dan ketakutan-ketakutan lainnya. Meski si korban telah berusaha bangkit dan mengabaikan mereka tp itu tidak mudah. Rasanya sulit sekali keluar dari belengu kata ‘menyedihkan’. Juga membuat si korban jadi gampang nangis, yang mana itu ga baik buat kesehatan, apalagi yang udah dewasa, ga lucu kan kalau masih cengeng. Itu memalukan. Hal itu dikarenakan, hatinya telah terluka sedemikian parahnya hingga dia mudah meneteskan air mata. Dan itu melekat selamanya kak, itu kejahatan yang ga akan termaafkan. Kejahatan yang telah merubah hidup seseorang, yang telah menghancurkan hati yang tak bersalah, yang telah membuat kondisi mental seseorang itu tertekan begitu parah, yang telah menghancurkan harga diri seseorang beserta masa lalunya. Yang mungkin masih menghantui sampai kehidupan yang akan datang. Dan iya kalau si korban bisa bangkit dan menyembuhkan dirinya, lah kalau ga bisa? Karena ada banyak mantan korban bullying yang hidupnya malah berantakan dan penuh ketrepurukan. Padahal sebenernya mereka ga salah, tapi kenapa mereka mendapat perlakuan yang buruk? Kenapa masa lalu mereka harus dihancurkan hanya karena mereka ‘lemah’ atau hanya karena mereka ‘kurang’? Rasanya tidak adil dan benar-benar jahat ketika kita harus menghancurkan kebahagiaan dan kehidupan normal seseorang yang tak bersalah.

    Aku pernah membaca, “Jika seseorang pergi ke Mekkah dan menghancurkan masjidil haram maka dosanya masih lebih ringan jika dibandingkan dosa orang yang telah menyakiti hati orang lain.” Nah, jelas kan, bahkan dosa menyakiti hati orang lain itu lebih besar daripada dosa menghancurkan masjidil haram. Jadi menurutku, kejahatan yang tak termaafkan itu : Bullying.

    BalasHapus
  34. Nama: Yuni Ayu
    Email: Yuniayuamida@yahoo.com
    Follow blog: Yuni Amidong
    Link share: https://twitter.com/YuniAmidong/status/485637607871619072

    "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (QS. an-Nisa: 48)

    Syirik adalah sebuah kejahatan. Dan dari ayat tersebut sudah jelas bahwa kejahatan yg tidak termaafkan adalah Syirik, yaitu mempersekutukan Tuhan. Naudzubillah...

    BalasHapus
  35. Nama I Email : Dea Widyaastuti I deawidyaastuti@gmail.com
    Twitter : @dea_widya834
    Dea Widyaastuti I follow via Bloglovin
    Link share : https://twitter.com/dea_widya834/status/485653744411873280
    Jawaban :
    Menurutku kejahatan yang tak termaafkan adalah pembunuhan, fitnah dan segala bentuk dosa besar. Pembunuhan itu termasuk dosa besar, pembunuhan itu dilaknat Allah SWT. Karena pembunuhan itu mendahului kuasa dan takdir Illahi, entah itu membunuh orang lain maupun membunuh diri sendiri. Mungkin para pembunuh (A) berpikir bahwa orang yang dibunuh (B) memang pantas meninggal, karena dia (B) telah menyakiti ataupun membuat kesalahan yang besar pada A. Tapi, jika masalah itu bisa diselesaikan secara hukum pasti lebih baik. Malah dengan begitu orang yang memang bersalah (B) pasti kena batunya dan orang yang menjadi korban (A) tidak jadi membunuh B, sehingga A tidak dipenjara dan menanggung dosa besar akibat pembunuhan. Sama halnya dengan pembunuhan orang-orang yang tak bersalah, seperti seorang ibu yang tega membunuh bayinya sendiri karena himpitan ekonomi. Maka dari itu, kita sebagai manusia harus berhati-hati dalam bertindak jangan gegabah agar tidak merugikan diri sendiri, menyakiti dan merugikan orang lain. Karena jika kita gegabah, maka penyesalan diakhir lebih menyakitkan daripada penderitaan yang kita alami sebelumnya. Tapi, saya juga berpikir ada tingkatan yang lebih tinggi dari pembunuhan. Ya, fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Mungkin pembunuhan hanya dalam arti menghilangkan nyawa orang lain secara individu. Tapi, fitnah tidak hanya mengakibatkan pembunuhan individu, bisa juga pembunuhan massal, bahkan perang antarnegara yang berkepanjangan, malah dendam berkelanjutan sampai tujuh keturunan. Dan segala macam dosa besar juga tak termaafkan seperti menyekutukan Allah, durhaka kepada orang tua, mengambil hak anak yatim dan fakir miskin, melakukan riba dll. Mungkin manusia memang sulit untuk memaafkannya, tapi Allah Maha Pengampun dan Maha Pengasih kepada para hamba-Nya. Subhanallah...

    BalasHapus
  36. Nama = Agnes / Email = Agnessa_ssi@yahoo.com
    Twitter = @agnssaxu
    agnessa gee follow via blogvin ^^
    Link share = https://twitter.com/agnssaxu/status/486004863008903169

    Jawaban=
    kejahatan yang tidak bisa termaafkan menurut saya sih sebenarnya tidak ada, karena apa? ya karena Allah aja maha pemaaf masa kita sebagai hambanya tidak bisa berlapang dada juga untuk memaafkan ya walaupun kita tahu kita hanya manusia biasa yang tidak sempurna dan ketika kita merasakan sakit yang luar biasa dalamnya maka akan sulit untuk kita memaafkannya, tapi saya sadar bahwa memang sudah kodratnya manusia susah untuk memaafkan orang lain karena mereka bukanlah makhluk yang sempurna melainkan hanya makhluk ciptaan Allah yang mencoba menjadi sempurna dimatanya. tapi kalau disuruh memilih apa kejahatan yang paling tidak bisa dimaafkan adalah MEMBUNUH, kenapa? alasan saya apa? ya karena, membunuh sama saja sudah menyalahkan takdir dan merenggut hak asasi seorang manusia, walaupun banyak yang bilang fitnah lebih kejam dari pembunuhan tapi bagi saya tetap saja kejahatan yang paling sangat tidak termaafkan adalah membunuh! membunuh perbuatan yang sangat menyedihkan maupun sengaja dan tidak disengaja tetap saja dia yang membunuh sudah merenggut hak seseorang untuk hidup di dunia ini. sekalipun orang yang dibunuh jahat tapi tetap saja pasti ada jalan terbaik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, orang jahat bukan selamanya akan menjadi jahat tapi yakinlah suatu hari nanti akan ada keajaiban yang membawanya berubah pada kebaikan. apakah dengan membunuh permasalahan yang dihadapi berkurang? tidak! semakin menjadi besar iya, dan tentunya mendapatkan dosa yang besar~ tapi cobalah untuk bisa memaafkan orang-orang yang telah menyakiti hati Anda karena dengan begitu akan lebih suci dimata Allah ketimbang kita memupuk rasa dendam.

    BalasHapus
  37. Nama: Phelina Felim
    E-mail: phelinafelim@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/phelinafelim/status/486006322396016641
    Follow blog via blogspot (e-mail) : Lonceng Angin

    Jawaban: Kejahatan yang tidak termaafkan adalah pembunuhan karena hidup mati seseorang ada di tangan Tuhan, kita tidak berhak untuk merenggutnya begitu saja. Bukankah setiap manusia memiliki hak untuk hidup? Dan hak tersebut hanya bisa diambil oleh Tuhan.

    BalasHapus
  38. Nama: Amelia
    Link share: https://mobile.twitter.com/meliarawr/status/486164775702126592?p=v
    Follow via Bloglovin: Amelia Aura
    Email: ameliaura66@gmail.com

    Kejahatan nggak termaafkan itu pembunuhan karakter favoritku! Php terkejam sedunia! Gimana sih rasanya, mula-mula dibikin klepek-klepek dan sayang sama satu tokoh sampai dijadikan role model dan kebawa mimpi.... Lalu ditengah-tengah cerita tokoh itu mulai dibuat menderita secara perlahan. Sampai di klimaks, tokoh tsb dicabut nyawanya oleh malaikat maut yang disebut author! Di php-in gebetan nggak ada efeknya dibanding diginiin... Sakitnya tuh disini #nunjukhati
    Saking perihnya kesedihanku sampai nggak bisa dugambarkan oleh kata-kata, hanya cukup dengan air mata yang menganak sungai tak henti-hentinya T_T
    Apalagi kalau tokoh favorit itu dibunuh mendadak, tanpa tanda-tanda, secara mengenaskan pula! author yang seperti itu HEARTLESSFULL, bikin aku kena HEART ATTACK, untung aku nggak punya penyakit jantung. Dan pembaca kan bukan aku doang, gimana kalau ada pembaca yang punya penyakit jantungan akut dan dia kena serangan gara-gara syok tokoh favoritnya dimatiin gitu aja? Bisa gaswat kan, dan ada kemungkinan pembaca itu kena nasib yang sama dengan tokoh favorit tsb... *amit-amit*
    Jadi, dear authors, please be careful and dont be so evil with your own characters! They like your real childs, you know!

    Pokoknya, novel apapun yang berisi pembunuhan karaktet favoritku, pasti aku lempar keras-keras ke tembok/lemari, nggak akan aku re-read, dan berpotensi kujual *sigh*

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...