Selasa, 18 Februari 2014

Pre Wedding Rush

Pre Wedding Rush
Penulis: Okke 'Sepatumerah'
Editor: Herlina P. Dewi
Desain cover: Felix Rubenta
Penerbit: Stiletto Book
ISBN: 978-602-7572-21-8
Cetakan I, Desember 2013
204 halaman
Harga: 42k

“Lo … nggak rela gue nikah dengan Dewo?” Aku memberanikan diri untuk menembaknya.
“Apa masih penting, Nin? Gue rasa enggak, udah nggak penting.” Lanang sama sekali tidak menatapku.

“Penting, Nyet. Penting buat gue.” Suaraku terdengar parau, “Lo nggak rela gue menikah?”

“Sudahlah, Nin. Lupakan. Gue ngaco aja tadi,” 

“Lanang. Please jawab. Lo nggak rela?” Suaraku melirih.

“Nggak!” Ia menatap manik mataku,”Puas lo?”

Life goes on. Tapi terkadang ada kenangan-kenangan indah yang membuat seseorang enggan melangkah menuju masa depan. Itulah yang terjadi dengan Menina. Hubungannya dengan Lanang, sang mantan pacar, begitu membekas di hatinya, bahkan sampai ia dilamar oleh pria lain yang lebih mencintainya.

Ketidakmampuannya melupakan masa lalu membuat Menina secara impulsif memutuskan melakukan perjalanan terakhir bersama Lanang ke Yogyakarta. Siapa yang bisa meramalkan apa yang akan terjadi? Saat Menina dan Lanang berada di Yogyakarta, terjadilah gempa bumi 5.9 SR yang memakan banyak korban. 

Menina menyaksikan begitu banyak hal yang membuatnya kembali berpikir tentang hubungannya bersama Lanang dan juga calon suaminya. Apakah yang terjadi pada mereka berdua?

Pada ulang tahun yang ke-28 Menina dilamar oleh pacarnya,  Dewo, hubungan mereka masih terbilang baru, Menina dikenalkan dengan Dewo oleh keluarganya dan hubungan mereka baru menginjak 10 bulan. Dewo lelaki yang sangat perhatian, sangat mencintai Menina, dia tidak sampai hati menolak dan akhirnya tanpa bisa berpikir panjang menyetujui lamaran tersebut. Yang membuat galau adalah apakah Menina siap untuk menikah? Dia juga tidak bisa melepaskan bayangan mantan pacarnya, Lanang, di mana hubungan mereka berakhir tanpa kata perpisahan. Lanang orang yang bebas, selalu tanpa rencana, bertahun-tahun menjalin hubungan dengannya Menina sudah sangat nyaman, sampai ketika Dewo memilih jalan hidup yang tidak bisa Menina terima, Lanang tidak pernah berpikir lebih jauh untuk hubungan mereka.

Menina butuh mencurahkan hatinya, akan kegalauanya dan dia pun mengirim email kepada Lanang akan rencana hidupnya, walau lama tidak saling berkomunikasi hubungan mereka masih baik. Lanang membalas dan mengajak Menina bertemu di kereta, Lanang yang akan ke Jogja sedangkan Menina akan pulang ke Surabaya untuk mengurus pernikahan. Ketika Lanang mengajak Menina untuk turun serta di Jogja, tanpa berpikir panjang Menina menyetujuinya, di dalam hatinya Lanang masih memiliki posisi penting dan dia kangen melakukan perjalanan bersama dengannya, perjalanan tanpa rencana, dia pun berbohong pada Dewo kalau terpaksa harus di Jogja beberapa hari.

Beberapa hari tersebut menjadi tak tentu, karena ketika mereka di Jogja terjadi gempa yang cukup menghancurkan kota Jogja, Menina merasa harus ikut membantu para korban dan ketika itulah dia mengetahui rahasia Lanang yang berhubungan dengan Sigit-Ayako, pasangan suami istri yang menjadi teman sekaligus partner bisnis Lanang.
Masa lalu adalah masa lalu, sesekali melihat mungkin perlu, tapi tidak perlu mencoba untuk mengulang lagi apa yang pernah terjadi.
Karena waktu terus berjalan, membangun banyak cerita, mengubah seseorang, mengubah keadaan. Tidak akan mungkin ketika kita mencoba untuk mengulang semuanya akan menjadi sama seperti dulu.
Kata orang, kalau mau menikah itu godaannya banyak banget, namanya goro-goro. Jadi, harus berhati-hati bagi calon pengantin, menjaga tingkah laku, perbuatan dan perkataan, sama seperti orang hamil. Itulah cobaan yang dialami oleh Menina, keraguan akan lamaran yang diterimanya, membuat dia mengarungi masa lalu, apakah masa depannya nanti bukan pilihan yang salah, kembali kepada Lanang atau Dewo yang sangat mencintainya. Di buku ini juga, Okke ingin menyuguhkan sebuah cerita tentang filosofi pernikahan, kenapa sih orang harus menikah? Dan menginggatkan kita kembali akan tragedi gempa yang melanda Jogja pada tahun 2006 silam.

Buku ini beralur flashback dengan sudut pandang orang pertama yang diperankan oleh Menina, diawali ketika Menina bertemu kembali dengan Lanang di Bandung. Saya suka dengan alur flashback, membuat saya penasaran dengan jalannya cerita, membaca dengan sabar adegan-adegan yang akan membawa saya kebagian prolog tadi. Dengan bahasa yang nyantai tapi ngena, Okke berhasil menyuguhkan cerita tentang lika-liku dunia orang yang galau akan pernikahan. Pengalamannya menjadi relawan juga dia adaptasikan ke dalam cerita, menghidupkan suasana gempa dan menyadarkan Menina akan siapa sebenarnya yang pantas menjadi suaminya kelak lewat kejadian yang dialaminya sewaktu menjadi relawan.

Kekurangannya adalah penulis tidak menampilkan sosok Dewo lebih banyak, hehehehe, kebetulan dia karakter favorit saya di buku ini jadi pengen porsinya lebih banyak. Yah, fokus utamanya memang bukan hubungan Menina-Dewo tetapi Menina-Lanang, jadi maklum kalau berbau masa lalu melihat goro-goro yang menimpa Menina adalah Lanang. Covernya suka, saya tidak terlalu memperhatikan typo dan adanya daftar isi sebenarnya nggak terlalu penting, daftar isi penting kalau buku tersebut kumpulan cerpen, karena nggak mungkin dong kita baca novel dengan membaca acak? Jadi daftar isi cukup menggangu. Tapi bagaimana pun, Pre Wedding Rush adalah novel terbagus karya Okke 'Sepatumerah' yang pernah saya baca.

Buku ini saya rekomendasikan bagi yang sedang galau menerima lamaran dari pacarnya :D

3 sayap untuk goro-goro.



4 komentar:

  1. Bombom jadi curiga, jangan-jangan Stiletto membatasi jumlah halaman novel terbitannya. Dua novel Stiletto yang saya baca juga sama tipisnya. Sayang banget, karena banyak hal yang masih bisa dieksplorasi dari dua novel yang saya baca itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak tau juga sih, masak sih dibatesin? mungkin rata-rata segitu kali, Bom *peri baik yang ngomong* :p

      Hapus
  2. Aku lebih suka cowok tipikal Lanang ketimbang Dewo yang perfect... :D

    Yuk, ikut #PreWedRush Stars Contest di blogku, hadiahnya ada voucher belanja plus paket buku... :))
    http://luckty.wordpress.com/2014/03/09/prewedrush-stars-contest-5/

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...