Kamis, 06 Februari 2014

Buku-Buku Yang Bikin Lapar Akan Cinta dan Makanan

Source: http://bibliocolors.blogspot.com/


Akhirnya bisa posting Recommendation for You (RFY) lagi :D. Bagi yang belum tahu, RFY adalah postingan yang berisi kumpulan sebuah buku dengan satu tema yang sama, entah dari genre, cerita, cover apa pun yang memiliki kesamaan satu sama lain. Nah, untuk RFY kali ini sebenernya udah pengen posting sejak episode perdana, karena belum selesai baca semua bukunya (bahkan sampe sekarang #krikkrik) jadi diulur-ulur dan diganti dengan tema yang lain. Berhubung tema baca bareng BBI bulan ini tentang kuliner, pas banget, yap, saya akan memposting buku romance yang memiliki unsur makanan cukup kental di dalamnya. Bukan buku resep masakan ya, saya paling males kalau baca buku itu, yang ada malah jadi laper :p

Ide dasar kenapa saya ngebet banget mengumpulkan buku romance yang bertema makanan adalah ketika saya lagi demen-demennya nonton Master Chef, saya kepikiran atau berkhayal ada nggak ya buku romance yang settingnya sebagian besar di dapur atau tokohnya pinter masak? Kayaknya kok romantis banget, nah mulailah dari dua tahun lalu mengumpulkan baik sengaja atau tidak sengaja buku dengan tema tersebut. Tanya temen-temen di twitter ada beberapa yang merekomendasikan, kebetulan juga, waktu ketemu kak Roos (salah satu koordinator Goodreads Indonesia), saya menceritakan obsesi saya tersebut dan dia menyarankan tiga buku yang bertema tentang dunia kuliner yang wajib saya baca, mau tahu buku apa saja itu dan buku lainnya yang saya temukan sendiri? Berikut daftarnya:



The Food of Love (Santapan Cinta) by Anthony Capella

Laura Patterson belajar sejarah seni di Roma. Ia memutuskan mulai sekarang hanya akan berkencan dengan pria yang pintar memasak.

Tommaso Massi, tampan dan jago merayu, mengatakan pada Laura bahwa ia chef di salah satu restoran terbaik di Italia. Padahal sebetulnya, ia hanya pelayan biasa.

Teman baiknya, Bruno. Dialah yang chef, yang kemudian dimintai bantuan. Namun ketika ia juga jatuh cinta pada Laura, masalah pun timbul….


The School of Essential Ingredients (Kelas Memasak Lillian) by Erica Bauermeister

The School of Essential Ingredients mengikuti kehidupan delapan orang dengan latar belakang kehidupan berbeda yang berkumpul setiap Senin malam di kelas memasak yang diajar oleh Lillian, seorang koki terkenal yang keahliannya di dapur membuat dirinya menjadi sensasi di kota tersebut. 

Namun, tak lama kemudian terlihat jelas kalau setiap murid -termasuk pelayan remaja, ibu muda, duda, dan pasangan suami istri yang sudah lama menikah-datang mencari resep untuk sesuatu di luar dapur. 

Satu per satu mereka diubah oleh aroma, citarasa, dan tekstur makanan yang mereka masak, termasuk kue putih-di atas-putih yang mencetuskan pikiran sedih mengenai betapa rapuhnya sebuah pernikahan dan saus tomat pedas yang tampaknya menggairahkan sebuah cinta, tetapi mengakhiri cinta yang lain.

Perlahan, inti masakan Lillian mulai keluar dari restoran dan masuk ke pojok-pojok rahasia kehidupan murid-muridnya, yang hasilnya sangat mengejutkan, dan sering sekali lezat.


Recipes for a Perfect Marriage (Resep Perkawinan Sempurna) by Kate Kerringan

Kata orang, tidak ada yang namanya perkawinan sempurna.
Yang sebenarnya tidak ada, adalah perkawinan yang mudah.

Tressa Nolan, penulis kuliner top di New York, pulang berbulan madu dengan perasaan telah menikahi laki-laki yang salah. Suaminya, Dan, yang luar biasa tampan itu, dinikahinya lebih karena panik, bukan cinta.

Pada tahun 1930 di Irlandia, nenek Tressa, Bernadine, menikah dengan James Nolan, guru sekolah yang pendiam dan biasa saja, setelah keluarga Bernadine tidak sanggup membayar maskawin untuk menikahkannya dengan cinta sejatinya, Michael.

Pada hari pernikahannya, Tressa diberi buku harian neneknya, dan di dalam lembar-lembar isinya, tanpa terduga dia menemukan banyak hal---di antaranya resep-resep untuk selai, roti soda, dan tar rhubarb. Dalam kisah tentang kakek-neneknya, ibunya, dan akhirnya tentang dirinya sendiri, Tressa pun menyadari bahwa dia telah menemukan resep berharga untuk mewujudkan perkawinan sempurna.
Ketiga buku di atas adalah rekomendasi dari kak Roos, katanya saling melengkapi walau beda penulis. Saling melengkapi maksudnya ketiganya mengandung unsur khas kuliner tiga negara yang berbeda dan dijamin menggiurkan sekaligus mempunyai ceritanya yang kuat. Untuk baca bareng bulan ini saya memulai terlebih dahulu The Food of Love - Anthony Capella, penulis yang satu ini sering banget mengambil tema kuliner, karena penasaran saya ingin mengawali karyanya dengan membaca buku ini :D


Georgia's Kitchen by Jenny Nelson

Pada usia 33, Georgia Gray seperti berada di puncak dunia. Dia chef berbakat di restoran trendi di New York, dan belum lama bertunangan dengan Glenn yang pengacara tampan. Namun, karena ulasan sadis seorang kritikus restoran penting di New York, reputasinya ternoda. Menambah luka hatinya, Glenn memutuskan pertunangan mereka.

Patah hati, Georgia mengepak koper dan terbang ke Italia, bekerja pada chef terkenal yang juga mantan mentornya. Di sana, Georgia menajamkan keahliannya, juga memanjakan kegemarannya pada masakan, keju, serta anggur Italia... dan tak ada salahnya juga kan, kalau dia bermain mata dengan Gianni, pemilik perkebunan anggur yang sukses dan hebat di ranjang? Tetapi, ketika Gianni menawarinya pekerjaan hebat di Italia, mengapa Georgia malah menolaknya?

Kerinduan untuk membuka restorannya sendiri ternyata lebih besar. Namun, dengan karier berantakan, tanpa modal maupun partner bisnis, Georgia harus bekerja keras memperjuangkan impiannya.

Buku ini rekomen dari salah satu teman di twitter, dari covernya kelihatan menarik sekali dan sepertinya review untuk buku ini juga bagus, kapan-kapan kalau ada yang punya pinjam ah atau ada yang murah baru beli :D.

Kitchen by Banana Yoshimoto

"Aku tak bisa tidur di tempat lain selain dapur."

Mikage Sakurai sebatang kara sejak neneknya meningal. dapur menjadi satu-satunya tempat dimana ia dikelilingi panci bekas pakai dan sisa ceceran sayur, serta ditemani sepetak langit malam berbintang di jendela.

namun dapur keluarga Tanabe yang membuatnya jatuh cinta. Di sana selama satu musim panas ia bergulat dengan acar, udon, soba, dan tempura. Di sana pula ia temukan apa yang tak pernah dimilikinya: keluarga, bersama Yuichi Tanabe yang dingin dan Eriko Tanabe yang mempesona--perempuan transeksual yang sejatinya ayah kandung Yuichi.

Ketika Eriko meninggal, Mikage dan Yuichi menjauh dan saling terasing dalam kesedihan. Apa yang harus mereka lakukan untuk bangkit dari dukacita dan menyadari ada cinta di antara mereka?

Yah walau romance dan dunia kulinernya nggak kental banget, makna memahami kehilangan katanya dalam banget, beserta lokasinya, dapur. sangat penasaran.

Selain itu, saya menemukan sendiri buku dari penulis Indonesia yang bertema masakan, seperti Macaroon Love - Winda Kresnadefa dan Primadonna Angela dengan Resep Cinta dan Resep Cherry. Sedangkan yang pernah saya baca adalah:

Baby Proposal by Dahlian & Gielda Latifa

Fokus utama cerita memang bukan tentang dunia kuliner tetapi sang tokoh utama berprofesi sebagai cook assistant seorang chef yang meremehkan dirinya, di mana sangat jarang seorang wanita mempunyai kedudukan penting di dapur atau sebagai chef, bercerita sedikit tentang seluk beluk area dapur di restoran terkenal, personilnya dan tugas masing-masing, bumbu dapur, makanan, bahkan cara masakan disajikan dijelaskan secara singkat dan jelas.

Sweet Nothing by Sefryana Khairil

Oke, ini adalah salah satu hutang review dari sekian banyak, bacanya udah dari tahun 2012 dan saya agak lupa sama ceritanya, harus baca ulang untuk membuat reviewnya --". Sebagain besar memang bercerita tentang dunia kuliner, tokoh utama mempunyai toko kue dan seorang pastry chef. Selain dihadapi konflik hubungan yang cukup rumit (si cewek janda dan umurnya lebih tua) kita akan dibuat lapar oleh buku ini karena kue-kuenya kelihatannya enak banget.

My Cup of Tea by Nia Nurdiansyah

Saya sudah buat reviewnya, untuk lebih jelasnya silahkan baca di sini. Saya sangat tertarik dengan profesi salah satu tokoh di buku ini, sebagai pastry chef dan tea master. Coba penulis lebih mengali bagian itu pasti saya suka banget :D.













Itulah buku-buku yang bertema masakan dan bergenre romance yang ingin saya baca atau sudah dibaca. Belum ada yang benar-benar menjadi favorit dan semoga saja saya menemukan satu di antara buku yang antri dibaca. Nggak ada kriteria khusus, tergantung kepiawaian penulis bagaimana meramu kisah cinta yang dibumbui dunia kuliner. Buku yang pengen saya baca ini sekali lagi bukan buku resep atau non fiksi, alias murni fiksi, pengen yang ada drama dan konflik ceritanya sekaligus romantis. Bagi yang masih bingung, pernah nonton The Kitchen Musical yang dibintangi Christian Bautista? Contohnya seperti itu, cuman nggak pakai nyanyi aja :p.

Ada yang pernah baca buku seperti yang saya maksud? Tentang novel romantis yang berlatar dunia kuliner? Atau dari semua buku di atas mana yang udah kamu baca dan pengen juga dibaca? Atau ada rekomendasi buku lain? Yuk share di komen di bawah ini biar referensi saya bertambah dan nggak kesusahan mengumpulkan buku dengan teman seperti ini ^^


14 komentar:

  1. Aku penasaran dengan The Food of Love itu...

    BalasHapus
  2. Seri Love Flavour-nya Bentang bisa masuk nggak ya? Aku belum baca satu pun, tapi kalau lihat dari judulnya masuk juga tu --> Vanilla Heart, The Coffee Memory, The Mocha Eyes..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sempet kepikiran juga tapi itu lebih ke minuman ya? nggak masalah juga masih dalam dunia yang sama, ada The Coffee Memory di timbunan, coba nanti dibuktikan sendiri, makasih rekomendasinya :)

      Hapus
  3. aku jadi pengen baca recipes for a perfect marriage >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo baca bareng, baru dapat beberapa halaman nih :D

      Hapus
  4. Bulan ini aku mau baca Wedding Officer nya Capella Lis, kayanya penulis ini memang suka nulis romance bersetting kuliner ya. aku belum pernah baca buku2nya sih. penasaran juga sama emperor of ice cream...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, mbak. untuk perdananya aku mau nyoba baca The Food of Love, semoga sesuai harapan :)

      Hapus
  5. Kitchen-mya Banana Yoshimoto, dari dulu pingin baca itu.
    Cover-nya aja udah eye catchy banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, covernya juga keren banget :D

      Hapus
  6. Aku baca Chocolate Touch buat kuliner, tapi kayaknya rada nggak yakin. Mau coba salah satu dari yang tiga paling atas itu, ah :D

    BalasHapus
  7. Aku baca baby proposal biasa aja sih ya hehe ._. Tapi baca sweet nothings emang bikin laper!

    BalasHapus
  8. aku rekomen kurang lebih sama kaya Tirta
    serial Chocolate-nya Laura Florand >> baru kelar baca yang The Chocolate Kiss *bagus, meski terjemahannya adeuw parah* sekarang mau lanjut ke The Chocolate Thief klo ada yang mau ngasih buntelan The Chocolate Touch, aku mau lho #kode

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya perlu dicoba juga nih :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...