Rabu, 29 Januari 2014

Tentang Cinta

Tentang Cinta
Penulis: Riri Sardjono
Penyunting: Resita Wahyu Febiratri
Desain sampul: Star Vision
Penulis skenario: Sony Gaokasak & T.W Krama
Penerbit: GagasMedia
ISBN: 979-780-191-8
Cetakan pertama, 2007
188 halaman
Harga: Rp 5.060 (Beli di BukaBuku)

Sheren masih belum mampu melupakan Ray, kekasihnya yang telah meninggal. Ia larut dalam kesedihan setiap hari. Sampai suatu waktu, Evan muncul di kehidupannya. Ia menceritakan kembali hari-hari sedih Sheren.

Bagi Evan, kehadiran Sheren seperti memberi harapan baru-cinta. Cinta yang sudah lama tak dirasakannya. Dulu, Evan pernah mencintai Audy, tapi dia memilih meninggalkannya tanpa alasan.

Kebersamaan mereka menimbulkan rasa saling memiliki. Saling membutuhkan satu sama lain. Yang satu harus melanjutkan hidup, yang lain harus belajar memaafkan.

Tapi kini, Audy datang kembali di kehidupan cinta Evan dan Sheren. Evan harus menetapkan pilihan, karena cinta tak mengizinkan memiliki keduanya.


Alasan kenapa saya ingin sekali membaca buku ini adalah karena ada nama Riri Sardjono, dia adalah salah satu penulis Gagas favorit saya jadi semua bukunya pengen banget dibaca. Biasanya buku yang difilmkan dan mungkin sebagain besar juga tahu kalau awal rilis dulu Gagas sering banget menerbitkan buku yang based on movie, kebalikannya. Saya nggak tau siapa saja pemainnya dan nggak kepengen nonton juga, cuman penasaran apakah ada perbedaan dari hasil karya sendiri dengan adaptasi.

Ceritanya seperti sinopsis di atas, nggak perlu cerita lagi kan karena udah lengkap. Oke, intinya saja. Sheren sedih karena ditinggal mati oleh tunangannya, Ray, akibat kanker, dia sangat mencintai Ray dan tak kuasa ketika ditinggal selamanya. Sheren pun memilih mengasingkan diri, melarikan diri dari semua kenangan dan memilih tinggal di kota kecil. Setahun di sana, Sheren tetap dilanda kesedihan, sampai suatu ketika si pemilik motor berisik memasuki kehidupannya.

Evan juga mempunyai kisah yang memilukan, dia ditinggal tanpa ada penjelasan yang jelas oleh tunangannya. Bersama temannya, dia menghibur diri ke sebuah kota kecil. Ketika dia membeli sebuah buku di kota kecil tersebut tanpa sengaja buku yang dibelinya tertukar dengan buku orang lain, ketika dia menemukan pelakunya dan malah dicuekin, dia merasa penasaran, terlebih ketika melihat gadis tersebut menangis membaca sebuah buku. Buku tersebut adalah kado terakhir dari Ray untuk Sheren, yang berisi agar kuat dan mau melanjutkan hidup. Evan membaca buku tersebut karena ketinggalan, ternyata ada orang yang senasip dengan dirinya. Begitulah kedekatan mereka terjalin, saling bertukar buku. Sejak itu mereka menjadi akrab dan saling jatuh cinta, sampai masa lalu Evan datang kembali.

Premis utamanya mirip P.S I Love You tapi lebih ke hubungan Sheren dan Evan. Kekurangannya banyak, salah satunya adalah saya nggak mendapatkan nyawa cerita ini, ceritanya kayak sinetron, covernya nggak banget dan banyak typo. Kesannya ceritanya cuman selewat, udah gitu aja, nggak ada yang spesial dan berkesan. Oh iya, hanya yang menarik dari buku ini adalah pas di toko buku, cukup romatis. Sebenernya sisi romantis yang sering dimunjulkan Riri Sardjono ada pada diri Evan, hanya saja ketika Audy datang, saya sebal padanya. Chemistrynya nggak ada sama sekali, mungkin karena alurnya terlalu cepat apa ya? Entahlah. Mungkin, kalau hubungan Sheren dan Evan diperbanyak porsinya akan beda, kecilin masa lalu Sheren-Ray, fokusin aja ke buku yang diberikan Ray (kalau mau seperti P.S I Love You), yang jelas saya nggak mendapatkan kisah cinta yang romantissssss banget yang biasa Riri Sardjono tunjukkan. Fatalnya, saya sama sekali nggak suka endingnya :(

2 sayap untuk adegan di toko buku.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...