Minggu, 25 Agustus 2013

[Recommendation for You] Buku Non Fiksi yang Nggak Basi

source date-a-girl-who-reads edited by me

Sebagai perkenalan, postingan ini bukan meme, hehe, saya masih nggak yakin akan bisa konsisten (tiap minggu update) dengan sifat saya yang angin-anginan ini untuk membuat meme. Seperti yang pernah saya katakan di postingan entah yang mana, recommendation for you adalah kumpulan buku dengan tema yang sama, entah itu adegan di dalamnya, genrenya atau yang khas dari buku tersebut. Saya ambil sesuatu yang menarik, bagian yang membekas atau yang saya suka, kemudian saya ingin sharing buku tersebut, merekomendasikan pada yang lain.

Untuk episode perdana, saya akan membahas buku non fiksi. Apa menariknya? Saya akui, saya emang jarang baca buku non fiksi terlebih motivasi, buku-buku yang saya ulas di sini pun semua hasil buntelan :D. Boring, nggak ada konflik, biasanya itu yang membuat saya bosan, dan saya termasuk orang yang mempan jika motivasi berasal dari diri saya sendiri, kalaupun berhasil pasti hanya berselang beberapa saat seusai membaca buku tersebut. Tapi, kadang-kadang saya ingin keluar dari zona nyaman, mencoba sesuatu yang baru. Ketika saya membaca buku-buku non fiksi ini, ada perasaan puas dan pandangan baru, yang bisa saya terapkan di diri saya. Berikut buku-buku non fiksi yang asik versi Kubikel Romance :p

Jumat, 23 Agustus 2013

Peri Hutan's Favorite Authors

Kata-kata di atas sangat tepat sekali, saya sering melakukannya dan tidak pernah bosan. Biasanya buku-buku favorit berasal dari penulis favorit. Dan kali ini saya akan membahas siapa saja penulis favorit saya :D.

Celoteh Perempuan

Celoteh Perempuan
Penulis: Angly, Anita Dhewayani, Asita Suryanto, Citra R. Teresa, Daveena, Ervina Savitri, Indah Juli, Irma Amir, Lusyana Muljono, Nastiti Denny, Rahma Utami, Rengsina Suryati, Rina Sipa, Theresia Tristanti, Tristi, Vivi Abdurachman
Desain sampul: Marcel A.W.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-8665-6
Cetakan pertama, Juli 2012
200 halaman
Pinjem @tezarnet


Siapa bilang menulis itu sulit? Tekad, kemauan belajar, dan latihan tanpa henti bisa jadi membuka bakat terpendam kita. Kumpulan cerita ini adalah karya para penulis perempuan yang boleh dibilang pemula, namun mereka bisa melihat sudut pandang yang tak biasa. Menyuguhkan apa yang dilihat dan dirasakan, dalam setting khayalan. Imajinasi terlihat didorong-dorong keluar, dibentuk, disajikan dengan rapi dalam rangkaian cerita.

Semua karya yang ada di sini adalah presentasi dari beragam rasa perempuan usia matang. Cara pikir dan menyikapi perasaan terpapar dengan jelas. Dan ini semua bisa jadi mewakili kita semua. Segala galau dan bahagia itu.

Rabu, 21 Agustus 2013

A Werewolf Boy

A Werewolf Boy
Penulis: Kim Mi Ri
Alih bahasa: Juliana Tan & lingliana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-9499-6
Cetakan pertama, April 2013
208 halaman
Pinjem @daneeollie

Cinta adalah bahasa pertama yang dikenalnya

Sepanjang malam aku menunggu matahari terbit di luar jendela
Karena begitu pagi tiba, aku bisa bertemu dengannya
Terima kasih karena menggenggam tanganku
Terima kasih karena menatap mataku
Terima kasih karena kau yang kunanti-nanti akhirnya tiba di sini
Sepanjang hari aku menunggu bulan muncul di langit
Karena begitu malam tiba, aku bisa berbicara denganmu
Jangan lupakan janji kita
Jangan lupakan rahasia kita
Jangan lupakan betapa jantungku berdebar keras
Ketika menatap matamu
Betapa aku mencintai senyummu

Diangkat dari film melodrama paling sukses di Korea, A Werewolf Boy menceritakan kisah menyentuh Cheol Soo (diperankan Song Joong Ki) dan Kim Sooni (diperankan Park Bo Young). Cheol Soo yang selalu bertindak mengikuti naluri serigala, pelan-pelan berubah ketika diperkenalkan pada cinta oleh Kim Sooni. Akankah kisah mereka menemukan akhir bahagia?

Marriageable (Repackaged)

Marriageable (Repackaged)
Penulis: Riri Sardjono
Editor: Windy Ariestanty
Desain sampul: Dwi Annisa Anindhika
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-651-0
Cetakan ketujuh, 2013
358 halaman
Pinjem @alvina13

Namaku Flory. Usia mendekati tiga puluh dua. Status? Tentu saja single! Karena itu Mamz memutuskan mencarikan Datuk Maringgi abad modern untukku.

"Kenapa, sih, gue jadi nggak normal cuma gara-gara gue belom kawin?!"

"Karena elo punya kantong rahim, Darling,” jawab Dina kalem. “Kantong rahim sama kayak susu Ultra. Mereka punya expired date."

"Yeah," sahutku sinis. "Sementara sperma kayak wine. Masih berlaku untuk jangka waktu yang lama."

Mamz pikir aku belum menikah karena nasibku yang buruk. Dan kalau beliau tidak segera bertindak, maka nasibku akan semakin memburuk. Tapi Mamz lupa bertanya apa alasanku hingga belum tergerak untuk melangkah ke arah sana.

Alasanku simple. Karena Mamz dan Papz bukan pasangan Huxtable. Mungkin jauh di dalam hatinya, mereka menyesali keputusannya untuk menikah. Atau paling tidak, menyesali pilihannya. Seperti Dina, sahabatku.

"Kenapa sih elo bisa kawin sama laki?!"

Dina tergelak mendengarnya. "Hormon, Darling! Kadang-kadang kerja hormon kayak telegram. Salah ketik waktu ngirim sinyal ke otak. Mestinya horny, dia ngetik cinta!"

See??

"Oh my God!" desah Kika ngeri. "Pernikahan adalah waktu yang terlalu lama untuk cinta!"

Yup!

That’s my reason, Darling!

Time Will Tell

Time Will Tell
Penulis: Okke 'Sepatumerah' & Riri Sardjono
Editor: eNHa
Desain Sampul: Amanta Nathania
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-617-0
270 halaman
Buntelan dari @apzsarie :D


Mari kita mulai semuanya lagi dari awal.
Mari tiupkan napas baru bagi harapan. Usahlah mengeluh tentang hal-hal lama.

Kau dan aku harus mulai belajar untuk lebih banyak berharap—dan mengurangi sesal.

Apa lagi yang membuat dirimu meragu?
Kau dan aku sudah berada di sini, telanjur berada di rentang waktu ini. Bagaimana bisa kau membuka lembaran baru, kalau langkahmu masih tertahan di masa lalu?
*
TIME WILL TELL adalah bacaan manis bertema waktu dan lembaran baru dalam hidup, dihidangkan oleh dua penulis kebanggaan GagasMedia. Buku-buku yang pernah ditulis Okke ‘Sepatumerah’ sebelumnya: Kamar Cewek, Cinta Pertama, Kamulah Satu-satunya, Indonesian Idle, Istoria da Paz, dan Heart Block, dan beberapa buku kolaborasi. Sementara Riri Sardjono pernah merilis Marriagable dan Tentang Cinta.

Rabu, 14 Agustus 2013

July Book Haul

book haulOke, ini postingan terakhir, gempor juga ya ngurus dua blog dan harus di update *peres keringet*

Bulan lalu saya sukses puasa beli buku, artinya buku baru yang ada di postingan ini adalah hasil buntelan dan swap. Berikut buku-buku yang masuk ke rak saya:

998161_10201492141209293_1312022867_n Buntelan kejutan dari @buku_visimedia, belum dibaca dan direview, ampunnnnnnnnnn.

261878_10201525040271749_1007918303_n Buntelan dari mbak @yudith_rockstar, makasih banget, sukaaaaaaaa banget sama bukunya udah direview juga, silahkan baca di sini.

971123_10201467105943427_1322249799_nBuntelan dari @penerbitharu, oke juga dan khusus dewasa, review di sini.

993294_10201467317628719_468713814_nHasil swap dengan @selebvi, hahaha sebenernya udah lama banget, tahun lalu malah tapi ngirimnya baru bulan lalu, nggak pa-pa kok asal sateng aja, amkasih banyak yah, jangan kapok kalau mau swap lagi :P

Yak, itu daftar buku yang saya dapat bulan lalu, semoga bulan ini ada pemasukan karena saya berencana mau puasa beli buku lagi, amin :)

Daftarnya menyusul yah :p

Bacaan Bulan Juli 2013

Iya iyaaaaaa telat banget, mana nggak ada gambarnya lagi --" Karena online di warnet di mana saya nggak bisa lama-lama dan karena nggak nyaman juga gambarnya menyusul yah, ngedit nggak afdol kalau nggak di kompi sendiri. Berikut bacaan saya di bulan lalu:

  1. Amba by Laksmi Pamuntjak

  2. Explicit Love Story by Lee Sae In

  3. Konspirasi Dalam Kematian by J.D Robb

  4. All You Can Eat by Christian Simamora

  5. What Happened to Goodbye by Darah Dessen

  6. Coba Tunjuk Satu Bintang by Sefryana Khairil

  7. Roma by Robin Wijaya

  8. Manxmouse by Paul Gallico

  9. Fofo dan Senggring by Budi Darma

  10. Marriagable by Riri Sardjono

  11. Surat Panjang Tentang Jarak Kita Yang Jutaan tahun Cahaya by Dewi Kharisma Michellia

Untuk keterangan challengenya apa menyusul yah, udah mau dua jammmmmmmm.



The Answer is... [2]

Well, sebenernya ini pengumuman yang telat banget, giveaway terselubung yang kedua di blog ini kalau ngak salah dua bulan yang lalu ya? hahahaha, saya sendiri malah lupa saking lamanya, karena dua bulan kemaren emang masa-masa ribet, kakak nikah dan lebaran jadi sekalian aja ngumumin pemenangnya habis lebaran, anggap aja THR. Dari awal kan saya udah bilang giveaway terselubung datang tak diundang berakhir tak tentu waktu jadi mafhum aja ya #ngeles :p.

Mau jawaban atau pemenangnya dulu nih? Jawabannya dulu aja ya. Aku contekkan jawabannya di bab 19 di buku Isiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran ya :)

2013-07-29 20.27.252013-07-29 20.27.55
"Bab-bab di dalam buku biasanya ditandai dengan bilangan kardinal 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan seterusnya. tapi, aku memutuskan untuk memakai bilangan prima 2, 3, 5, 7, 11, 13, dan seterusnya karena aku suka bilangan prima.Beginilah cara kau mencari bilangan prima.Pertama-tama, kau tuliskan semua bilangan bulat positif yang ada.Lalu kau buang semua bilangan yang merupakan kelipatan 2. lalu kau buang semua bilangan yang merupakan kelipatan 3. lalu kau buang semua bilangan yang merupakan kelipatan 4 dan 5 dan 6 dan 7 dan seterusnya. Bialngan yang tersisa adalah bilangan prima.Aturan untuk mencari bilangan prima benar-benar mudah, tapi tak seorang pun pernah membuat rumus sederhana untuk membantumu menentukan apakah suatu angka yang sangat besar murupakan bilangan prima atau bukan, atau untuk mengetahui bilangan prima berikutnya. kalau angkanya benar-benar besar sekali, komputer pun perlu waktu bertahun-tahun untuk menentukan anpakah angka itu merupakan bilangan prima atau bukan.Bilangan prima berguna untuk membuat sandi dan di amerika tergolong Bahan Militer, sehingga kalau kau menemukan bialngan prima yang terdiri lebih daripada 100 angka kau harus melapor ke CIA dan bialngan itu mereka beli seharga 10.000 dolar. Tapi, itu hukan cara yang baik mencari nafkah.Bilangan prima adalah apa yang tersisa setelah semua pola kau buang. Kupikir bilangan prima seperti kehidupan. Bilangan prima serba logis tapi kau takkan bisa mencari aturan mainnya, sekalipun kau menghabiskan seluruh waktumu untuk memikirkan bilangan itu."

Yak, ternyata mudah ya kalau tahu jalan pintasnya. Kalau tidak salah ingat bilangan prima adalah bilangan yang nggak bisa dibagi lagi. baca buku ini kita jadi tahu trik mencari bilangan prima dengan mudah. Tapiiiiii, walau udah tau caranya saya masih pakai cara manual, bukan, bukan, saya nggak mencari tapi saya buka tiap bab dan mencatatnya *curang* :p. Berikut bab-bab yang ada di buku pink ini:

2 3 5 7 11 13 17 19 23 29
31 37 41 43 47 53 59 61 67 71
73 79 83 89 97 101 103 107 109 113
127 131 137 139 149 151 157 163 167 173
179 181 191 193 197 199 211 223 227 229
233

Dan jawabannya adalah ada 51 bab di buku ini.
Dan pemenangnya adalah Kang Opan

Yeay selamat, saya nggak tau gimana kamu nyarinya, entah serius mencari manual atau mencatatnya seperti yang saya lakukan (kalau kamu juga punya bukunya) yang jelas kamu adalah orang pertama yang menjawab dengan tepat, jadi buku The Fetch menjadi milikmu. Kirim data dirimu via email zhuelhiez[at]yahoo[dot]co[dot]id atau via dm @peri_hutan juga boleh. Bukunya saya kirim setelah lebaran ya, paling lambat akhir bulan ^^

Nantikan giveaway terselubung berikutnya, semoga ada hal yang seru lagi di buku yang saya baca, jadi bisa buat modal pertanyaan giveaway berikutnya. Akhir kata selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin :D

PS: ada noda di buku ini, mungkin dulu ketumpahan kopi atau teh saya lupa, yang jelas masih baru, saya baru membuka dan mengintip beberapa halaman dan tidak sanggup menyelesaikannya. Semoga kamu nggak keberatan dan kamu adalah jodoh yang tepat untuk buku ini ^^

Wishful Wednesday [34]

Hai hoooo, selamat hari raya Idul fitri, mohon maaf lahir dan batin ya :). Maaf karena lama nggak ngeblog juga, sok sibuk terus. Bulan kemaren saya sukses puasa beli buku cuman dapet beberapa buntelan saja *oke postring bulanan bacaan bulan Juli dan book haul menyusul yah*  tapi WW tetep lanjut dong, siapa tau kali ini sapat buntelan dari si empunya meme :p Yap bulan ini blognya mbak Astrid ulang tahun yang keempat jadi ada giveaway di blognya dengan cara ikutan meme WW ini, buat para blogger, baik blogger buku atau lainnya bisa ikutan, siapa tahu kamu menang, bakalan ada dua pemenang loh :D

Wishlist saya kali ini adalah nggak jauh-jauh dari genre favorit :)

18274105Pemisah Raga (Unwind) by Neal Shusterman

Genre: Dystopia

Harga: 69k (bisa dibeli di sini)

Sinopsis:

Orangtua Connor ingin menyingkirkannya karena ia selalu menimbulkan masalah. Risa tidak punya orangtua dan akan menjalani pemisahan raga untuk mengurangi beban panti asuhan. Pemisahan raga Lev sudah direncanakan sejak ia lahir, bagian dari agama orangtuanya. Dipertemukan nasib, dan dipersatukan keputusasaan, ketiga remaja ini melakukan perjalanan yang penuh bahaya, tahu bahwa nyawa merekalah taruhannya.

Jika bisa bertahan hidup sampai ulang tahun ke-18, mereka selamat. Tetapi, ketika setiap bagian tubuh mereka, dari tangan sampai jantung, diincar dunia yang menggila, 18 terasa amat sangat jauh.



Alasannya ya karena genre favorit, pengen ngoleksi buku-buku genre dystopia, kalau baca beberapa review buku ini sadis banget dan saya suka yang sadis-sadis :p


wishful-wednesday2

Apa Wishlist kamu? yuk ikut meme ini, caranya:

  1. follow  Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu

  2. buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran minggu ini, mulai dari yang bakal dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist.

  3. meninggalkan link Wishful Wednesday di Mr. Linky (ada di bawah postingan mb  Astrid). Kalau mau tambahkan button Wishful Wednesday di postingan.

  4. udah tinggal blogwalking sesama blog yang ikut share wishlist :)

The Chronicles of Audy: 4R

The Chronicles of Audy: 4R
Penulis: Orizuka
Penyunting: Tia Widiana
Cover dan ilustrasi: Bambang 'Bambi' Gunawan
Proofreader: Yuli Yono
Penerbit: Haru
ISBN: 978-602-7742-21-5
Cetakan pertama, Juli 2013
320 halaman
Pinjem @noninge


Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.

Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!

Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.

Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!

Terdengar klise?
Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet. Kronik dari seorang Audy.


Coba Tunjuk Satu Bintang

Coba Tunjuk Satu Bintang
Penulis: Sefryana Khairil
Editor: Mita M. Supardi
Desainer sampul: Amanta Nathania
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-647-2
Cetakan pertama, 2013
210 halaman
Pinjem @Destinugrainy



Adakah Tuhan sedang memberi jeda untuk kita atau memang tak ada nama kita dalam takdir-Nya?

Menjalani hari bersamamu begitu menyenangkan. Tidak ada yang lebih daripada dirimu yang aku inginkan. Kita tenggelam dalam riuhnya impian, hingga baru tersadar setibanya di persimpangan. Aku dan kamu berbeda tujuan.

Namun, kita sama-sama ragu apakah perpisahan yang benar-benar kita inginkan. Kita memutar arah, berusaha kembali dari sudut yang berseberangan.

Mungkin kita bisa bertemu kembali di ujung jalan yang sama. Mungkin kita bisa merajut kembali mimpi yang tertunda.

Kalau saja belum ada dia...


Mahogany Hills


Mahogany Hills
Penulis: Tia Widiana
Cover: Cynthia Yanetha
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-9584
Cetakan pertama, Mei 2013
344 halaman
Pinjem @noninge


Jagad Arya dan Paras Ayunda mendapatkan kehidupan yang mungkin diharapkan oleh semua pasangan pengantin baru. Segera setelah menikah, mereka tinggal di rumah bernama Mahogany Hills, di pelosok pegunungan Sukabumi yang sejuk dan indah.

Yang membedakan Jagad dan Paras dengan pasangan pengantin lainnya adalah mereka menikah bukan karena cinta. Baik Jagad maupun Paras punya rahasia yang mereka pendam. Kesepian, amarah, dan penyesalan bercampur aduk dengan rasa rindu dan kata cinta yang tak pernah terucapkan—semua itu senantiasa menggelayuti Mahogany Hills.

Dengan caranya masing-masing, Jagad dan Paras berjuang untuk menghadapi satu pertanyaan yang pada suatu titik harus mereka jawab: Sanggupkah mereka bertahan dalam pernikahan yang tak sempurna itu?

Catatan Musim

Catatan Musim
Penulis: Tyas Effendi
Editor: eNHa
Desain sampul: Jeffri Fernando
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-471-2
Cetakan pertama, 2012
270 halaman
Pinjem @destinugrainy


Aku tak ingin menganggapnya sebagai cerita paling sia-sia.

Anggap saja ini adalah lembar penutup catatan senja. Berpita manis seperti boneka berdasi yang terlukis di cangkir teh kita.

Mungkin kau hanya bunga trembesi yang datang dari masa perbungaan raya. Menyinggahi penghujanku yang menderas memenuhi janji kemaraunya. Kau hanya setitik di antara ribuan tetes, seserpih di antara hamparan es, sepucuk yang baru bersemi menemani embun dini tadi. Sedangkan aku, terus menjadi musim yang berlari di sayap waktu; menerka isi hatimu, menantinya terbuka untukku.

Musim akan tetap bergulir, dan aku terus menunggumu hadir, meski harus menjemput ke belahan bumi yang lain.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...