Jumat, 28 Juni 2013

10 Things I Hope from GagasMedia #unforgotTEN


Dear Gagas, sebenernya aku lagi marah sama kamu, ibarat kalau orang pacaran aku tuh lagi patah hati, aku lagi dikecewain, aku sakit hati karena nggak dapet email #KadoUntukBlogger. Kurang apa sih aku cintanya sama gagas? Terimakasih sekali buat teman-teman BBI Joglosemar yang memberi semangat dan menghibur aku, yang menyarankan agar menulis sepuluh hal yang berisikan kekecewaan harapan untuk gagas. Walau kecewa, aku akan memberi kesempatan kedua bagi gagas, semoga dengan harapanku ini hubungan kita akan menjadi lebih baik lagi *sembur amin*.

10 Things I Hope from GagasMedia:

Selasa, 25 Juni 2013

Dongeng Patah Hati


Dia tidak mencintaimu lagi.
Hatimu terbelah dua ketika dia memutuskan untuk mendua.
Tak ada lagi yang bisa kau lakukan.
Semuanya berakhir, semuanya sia-sia.

Dia tidak mencintaimu lagi.
Dan kau menangis saat mengucapkan selamat tinggal.
Seketika itu juga tubuhmu terasa menggigil.
Kedinginan karena telanjur terbiasa dengan hangat pelukannya....

*

DONGENG PATAH HATI adalah omnibus karya 10 pemenang Sayembara Menulis ‘Proyek 14’ dan 4 penulis pilihan GagasMedia. Buku ini dipersembahkan untuk kamu yang patah hati, diam-diam mencintai... atau yang pernah diselingkuhi.

It's Reviewing Time

source
Hai hoooooo, maaf nih minggu kemaren jarang banget update mungkin sampai minggu depan bakalan sepi ini rumah dikarenakan ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan, kalau untuk nyuri baca masih sempat sedangkan nulis review lihat-lihat situasi dulu, hehehe. Judul postingan kali ini nggak banget ya tapi nggak pa-pa, niatnya mau saya samain sama postingan It's Reading Time. Kalau di postingan itu saya curhat soal waktu ideal dalam membaca kali ini terinspirasi dari postingan Aul soal gimana dia menulis review di sini, jadi, postingan kali ini bercerita tentang gimana saya menulis review :D.

Rabu, 19 Juni 2013

Wishful Wednesday [31]

Hai Hoooo, bulan yang cukup padat buat saya karena akan ada hajatan besar sehingga maklum saja kalau mungkin beberapa minggu kedepan saya jarang muncul terlebih posting di blog. Kali ini saya tetap memunculkan dua buku yang dari incaran saya berbulan-bulan lalu, pengen banget beli tapi nggak ada sekennya dan saya belum sempet ke toko buku untuk ngabulin, sambil menunggu yah semoga ada yang ngabulin saya tunjukkan buku apa itu :D

17312079Crush by Veronica Latifiane

Genre: Teenlit

Harga: 54k

Sinopsis:

Bagi Kezya, hidup terbaik adalah hidup yang tenang. Setenang kelas sewaktu ujian sekolah. Setenang hidup keluarganya waktu ayahnya belum dikejar utang. Setenang hatinya waktu naksir kakak kelasnya diam-diam.

Tapi sejak kenal Jovan, hidup Kezya mendadak seramai kantin sekolah pas istirahat. Seramai saat dia dan ayahnya bertengkar karena rumah mereka mau dijual untuk bayar utang. Seramai kehebohan cewek-cewek di sekolah kala mereka tau Kezya duduk sebangku dengan Jovan saat ujian semester.

Jovan adalah semua yang bukan Kezya. Jovan adalah adik kelasnya, jago bahasa Jerman, selebriti yang (kurang) terkenal, dan satu-satunya orang yang punya solusi agar Kezya bisa membatalkan penjualan rumahnya.

Kini Kezya berada di situasi yang bukan ‘Kezya banget’. Dia keluar dari hidup tenangnya. Dia berani menjalani semua kejutan yang kini selalu hadir. Dia membiarkan keramaian masuk ke dalam hidupnya. Semuanya dia siap hadapi, kecuali satu: cinta Jovan.


“Vero berhasil membuat saya tersentuh dengan cerita mengagumkan dalam buku ini. Ringan, manis, keren!” –Dwitasari, kreator akun @teenlovefeel dan penulis buku best seller “Raksasa Dari Jogja”

17698064My Life As Writer by Haqi Achmad, Ribka Anastasia

Genre: Non Fiksi

Harga: 49k

Sinopsis:

Penulis mencatat apa yang dialaminya sebagai sejarah kehidupan. Dan dengan itu ia tidak hanya mengubah hidup sendiri, tapi juga hidup orang lain.

Dalam buku ini, lima penulis mumpuni akan membagi cerita mengenai perjalanan karier mereka. Lima latar belakang berbeda, lima energi kreatif berbeda. Haqi Achmad dan Ribka Anastasia Setiawan menyajikannya untuk kamu. Ya. Hanya untuk kamu.

Kamu butuh buku ini kalau:

- Mau jadi penulis tapi bingung cara mulainya
- Kamu punya banyak cerita menarik dan ingin dibaca banyak orang
- Suka baca buku dan mau akrab sama penulisnya
- Ragu untuk memulai passion
- Mau meyakinkan orang tua kamu tentang bakat menulismu
- Sudah sering nulis tapi belum pernah diterbitkan

Kesamaan dua buku di atas adalah sama-sama diterbitkan PlotPoint, dua kali baca buku penerbit tersebut saya sangat puas, saya ingin mencoba membaca Crush karena dari covernya sweet banget dan sinopsisnya cukup mengundang untuk dibaca, dulu saya pernah ngintip di toko buku, bentuk cober depannya lucu banget, jadi pengen ngoleksi. Trus untuk buku kedua pengen banget punya karena yang diceritakan sebagian besar penulis favorit saya, jadi wajib punya dong :D. Mudahkanlah buntelan untuk hamba, ya Allah :D
wishful-wednesday2

Apa Wishlist kamu? yuk ikut meme ini, caranya:

  1. follow  Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu

  2. buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran minggu ini, mulai dari yang bakal dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist.

  3. meninggalkan link Wishful Wednesday di Mr. Linky (ada di bawah postingan mb  Astrid). Kalau mau tambahkan button Wishful Wednesday di postingan.

  4. udah tinggal blogwalking sesama blog yang ikut share wishlist :)

Jumat, 14 Juni 2013

Aku dan Gagas

Aku langsung girang ketika mbak Alvina manggil-manggil aku di WA mengabarkan kalau ada #KadoUntukBlogger dalam rangka #unforgotTEN yang diadain sama penerbit @gagasmedia, kebanyakan teman blogger tahu kalau aku adalah salah satu #GagasAddict garis keras =)), kalau beli dan pinjam nyarinya buku gagas. Nggak tanggung-tanggung, hadiahnya ada SEPULUH BUKU, langsung kesetanan deh, favoritin dulu tweetnya karena lagi kerja :p. Awalnya sih mau nyantumin seberapa addictnya sama gagas lewat koleksi buku-buku yang kupunya, dikarenakan nggak di rumah, jadi tulisannya dari hati yang paling dalam aja *nyengir*.

The Lonely Hearts Club


Mana yang lebih penting? Pacar atau sahabat?

Setelah dikhianati Nate, Penny Lane bersumpah nggak akan mau dekat-dekat apalagi sampai pacaran sama manusia berlabel cowok. Sohibnya, Diane meninggalkan Penny juga demi cowok. Gimana Penny nggak makin kebakaran?

Penny nggak sendiri. Banyak cewek di sekolah punya pengalaman sama: korban cowok nggak penting! Penny akhirnya mendirikan sebuah klub cewek jomblo The Lonely Heart Club.

Peraturan utamanya ekstrim: nggak boleh pacaran! Hufft…apa bisa aturan gila ini ditaati?

Masalah lalu muncul saat Ryan Bauer-cowok populer di sekolah mendekati Penny. Sementara itu ikatan diantara sohib cewek The Lonely Heart Club makin kuat.

Mampu nggak sih Penny Lane menahan godaan untuk nggak nge-datesama Ryan yang super cool? Siapa yang akan dipilih Penny? Cowok yang jadi rebutan cewek satu sekolah atau klub berisi sohib yang super asyik?


Kamis, 13 Juni 2013

Bangkok: The Journal

Bangkok: The Journal
Penulis: Moemoe Rizal
Editor: Ibnu Rizal
Desain sampul: Jeffri Fernando
Ilustrasi isi: Tyo
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-629-4
Cetakan pertama, 2013
436 halaman
Harga: 34k (Beli di SCB)


Pembaca tersayang,

Siapkan paspormu dan biarkan cerita bergulir. BANGKOK mengantar sepasang kakak dan adik pada teka-teki yang ditebar sang ibu di kota itu. Betapa perjalanan tidak hanya mempertemukan keduanya dengan hal-hal baru, tetapi juga jejak diri di masa lalu.

Di kota ini, Moemoe Rizal (penulis Jump dan Fly to The Sky) membawa Edvan dan adiknya bertemu dengan takdirnya masing-masing. Lewat kisah yang tersemat di sela-sela candi Budha Wat Mahathat, di antara perahu-perahu kayu yang mengapung di sekujur sungai Chao Phraya, juga di tengah dentuman musik serta cahaya neonyang menyala di Nana Plaza, Bangkok mengajak pembaca memaknai persaudaraan, persahabatan, dan cinta.

เที่ยวให้สนุก, tîeow hâi sà-nùk, selamat jalan,
EDITOR



Restart

Penulis: Nina Ardianti
Editor: Prisca Primasari
Desain sampul: Dwi Anissa Anindhika
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-631-6
Cetakan pertama, 2013
446 halaman
Harga: 34k (Beli di SCB)


"Semua orang pernah patah hati. All you have to do is move on."


Aku selalu mengira tak akan bisa hidup tanpa cintanya. Aku lupa, semua luka perlahan-lahan akan sembuh juga. Biarkan saja waktu yang menjadi obatnya.

Saat itu akan tiba, ketika aku benar-benar menerima kenyataan bahwa kini tak ada lagi 'kita'. Sekarang hanya aku, minus dirinya. DIa pergi terlalu lama dan aku terlalu bodoh terus-terusan memikirkan dirinya. AKu bisa hidup tanpa kenangan dan senyumannya. Kalau sebelum mengenal dia saja aku bisa bahagia, apa bedanya bahagia setelah tanpa dirinya?

Aku pasti akan jatuh cinta lagi. Suatu hari nanti... dan dengan yang lebih baik dari dirinya.



Notasi

Notasi
Penulis: Morra Quatro
Editor: Aveline Agrippina & Jia Effendie
Desain sampul: Dwi Anissa Anindhika
Ilustrasi isi: Tyo
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-635-9
Cetakan pertama, 2013
294 halaman
Harga: 29k (Beli di SCB)

Rasanya, sudah lama sekali sejak aku dan dia melihat pelangi di langit utara Pogung.
Namun, kembali ke kota ini, seperti menyeruakkan semua ingatan tentangnya; tentang janji yang terucap seiring jemari kami bertautan.

Segera setelah semuanya berakhir, aku pasti akan menghubungimu lagi.

Itulah yang dikatakannya sebelum dia pergi.
Dan aku mendekap erat-erat kata-kata itu, menanti dalam harap.
Namun, yang datang padaku hanyalah surat-surat tanpa alamat darinya.
Kini, di tempat yang sama, aku mengurai kembali kenangan-kenangan itu....


Rabu, 12 Juni 2013

Wishful Wednesday [30]

Selamat Hujan Bulan Juni, eh itu judul puisi deng, hehehe. Di minggu kedua bulan ini saya akan memamerkan dua wishlist saya, yap, dua buku lagi karena banyak buku yang wajib punya :D. Langsung aja ya berikut buku-bukunya:

All You Can Eat by Christian Simamora17984139

Genre: Romance

Harga: belum tahu

Sinopsis:

‘CINTA KOK BIKIN SEDIH?’

Dear pembaca,

Berbeda dengan penulis lain di luar sana, aku akan berterus terang mengenai akhir novel ini: bahagia. Tapi, kumohon, jangan desak aku untuk menceritakan awal ceritanya. Juga tentang siapa Sarah, siapa Jandro, dan apa yang menghubungkan mereka berdua.

Aku juga tak akan melebih-lebihkan penjelasanku mengenai novel kesepuluhku ini. ‘All You Can Eat’ memang bukan cerita yang orisinal. Jadi, jangan terkejut saat mendapati ceritanya mengingatkanmu pada curhatan seorang teman atau malah pengalaman hidupmu sendiri. Ini tentang seseorang yang istimewa di hati. Yang tak bisa kamu lupakan, juga tak bisa kamu miliki.

Jadi, apa keputusanmu?
Kalau setelah penjelasan tadi kamu masih ingin membaca novel ini, tak ada yang lagi bisa aku katakan kecuali: selamat menikmati.

Dan selamat jatuh cinta.

CHRISTIAN SIMAMORA

18042956Coba Tunjuk Satu Bintang by Sefryana Khairil

Genre: Romance

Harga: Belum tahu

Sinopsis:

Adakah Tuhan sedang memberi jeda untuk kita atau memang tak ada nama kita dalam takdir-Nya?

Menjalani hari bersamamu begitu menyenangkan. Tidak ada yang lebih daripada dirimu yang aku inginkan. Kita tenggelam dalam riuhnya impian, hingga baru tersadar setibanya di persimpangan. Aku dan kamu berbeda tujuan.

Namun, kita sama-sama ragu apakah perpisahan yang benar-benar kita inginkan. Kita memutar arah, berusaha kembali dari sudut yang berseberangan.

Mungkin kita bisa bertemu kembali di ujung jalan yang sama. Mungkin kita bisa merajut kembali mimpi yang tertunda.

Kalau saja belum ada dia...

Dua nama penulis di atas adalah nama penulis gagas yang bukunya wajib saya baca, karena saya menyukai karya-karya mereka sebelumnya. Semoga dapet buntelan #teutep :))
wishful-wednesday2

Apa Wishlist kamu? yuk ikut meme ini, caranya:

  1. follow  Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu

  2. buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran minggu ini, mulai dari yang bakal dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist.

  3. meninggalkan link Wishful Wednesday di Mr. Linky (ada di bawah postingan mb  Astrid). Kalau mau tambahkan button Wishful Wednesday di postingan.

  4. udah tinggal blogwalking sesama blog yang ikut share wishlist :)

Selasa, 11 Juni 2013

My Cup of Tea

My Cup of Tea
Penulis: Nia Nurdiansyah
Editor: Jia Effendie
Desain sampul: Dwi Anissa Anindhika
Ilustrasi isi: Fajar Ramayel
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-632-4
Cetakan pertama, 2013
354 halaman
Buntelann dari mbak @JiaEffendie


“People who are meant to be together will always find their way back to each other. They may take detours in life but they're never lost.”


Shereen tahu, pesan itu bisa ditujukan untuk siapa saja. Apakah itu menggambarkan hubungannya dengan Park Min Ho, atau justru dengan Dipi—tak ada yang tahu. Karena ia memang tidak pernah benar-benar yakin apakah seseorang memang benar-benar ditakdirkan untuknya, atau tidak.
Namun, terkadang ada sepercik kepercayaan di hati, tentang apa yang seharusnya diperjuangkan, dan apa yang seharusnya dilepaskan.
Beberapa orang singgah untuk bersama dalam jangka waktu yang lama, sementara yang lain hanya lewat untuk menemani sesaat. Pada suatu waktu, ada dia yang mungkin tanpa kehadirannya, kita sama sekali tidak dapat menahan sebuah penderitaan seorang diri.

Senin, 10 Juni 2013

Les Miserables 2

17993486Les Miserables 2
Penulis: Victor Hugo
Penerjemah: Fahmy Yamani
Penerbit: Visimedia
ISBN: 979-065-170-8
Cetakan pertama, 2013
442 halaman
Buntelan dari @buku_visimedia
Sinopsis:
Setelah kehilangan kekayaan dan jabatan di Kota M. Sur M, Jean Valjean terpaksa kembali menjalani hukuman kerja paksa seumur hidup di Toulon. Saat bekerja di Kapal Orion, Valjean menyelamatkan nyawa seorang kelasi yang nyaris tewas terjatuh dari tiang kapal. Apa daya, Valjean harus membayarnya dengan kenyataan bahwa dirinyalah yang malah terjatuh ke dalam lautan. Valjean dinyatakan tewas secara resmi.
Tak lama setelah itu, seorang laki-laki paruh baya terlihat di Kota Montfermeil, tempat Cosette kecil menjalani kehidupan yang menyedihkan di rumah keluarga Thenardier setelah ditinggalkan ibunya, Fantine, sejak berusia balita. Valjean datang untuk menunaikan janjinya kepada mendiang Fantine. Janji untuk menyelamatkan Cosette dari cengkeraman pasangan Thenardier yang tamak.
Ternyata, tanpa disadarinya, Inspektur Javert yang sebelumnya sukses membongkar jati diri Valjean, menolak percaya begitu saja bahwa Valjean tewas ditelan lautan. Diam-diam, dia melakukan penyelidikan, mengendus Valjean hingga nyaris membuatnya kembali mengenakan rantai berbola besi di kaki.

My Review
Buku ini adalah sebuah drama, dengan tokoh terkemuka adalah Yang Mahakuasa. Manusia adalah tokoh kedua.
Sebenarnya mau saya ikutkan dalam posting bareng BBI bulan ini yang kategori sastra Eropa tapi karena akhir bulan bakalan sibuk banget dan udah lama banget dapat buntelan ini saya merasa bersalah kalau tidak cepat-cepat direview :p. Belum tahu pasti apakah visimedia akan menerjemahkan versi aslinya yaitu ada lima buku, yang jelas seri ketiga akan segera terbit. Nah seri kedua ini adalah lanjutan dari buku sebelumnya Les Miserables, di mana Jean Valjean tertangkap lagi oleh Javert, padahal dia udah berjanji kepada Fantine untuk menolong anaknya, Cosette.
Saya selalu suka dengan pengantar yang ditulis oleh Penghuni Rumah 57, memberikan gambaran tentang isi buku ini. Di seri kedua lebih banyak bercerita tentang Perang Waterloo, bahkan mengisi seperempat halaman dan ada sisipan tentang biara, maknanya, tentang iman dan hukum. Selain bercerita tentang sejarah Prancis, kali ini Victor Hugo menyentil aspek agama, juga diceritakan sedikit tentang asal usul Thenardier, kau-tahu-siapa.
Tapi saya tidak akan membahasnya, nanti reviewnya jadi sangat panjang XD. Langsung saja kita ke nasip Jean Valjean, bagian yang paling saya nanti-nantikan.
Jean Valjean ditangkap lagi dan dia dinyatakan mati ketika jatuh dari kapal Orion pada 17 November 1823, mayatnya tidak pernah ditemukan. Kemudian cerita beralih ke Montfermeil, ke Cosette dan keluarga Thenardier, di mana dia tidak pernah mendapatkan kasih sayang dari orang-orang yang ditugaskan menjaganya, dia dijadikan budak, tidak ada tempat tidur yang layak, tidak ada pakaian yang pantas, selalu mendapatkan hukuman, dia hanya bisa iri ketika anak-anak dari pasangan Thenardier itu bermain boneka dan mendapatkan kemewahan yang seharusnya miliknya. Lalu pada suatu malam ketika dia disuruh mengambil air datang seorang laki-laki kumuh yang menolongnya, bisa ditebak siapa dia.
Anak-anak menerima kegembiraan dan kebahagiaan dengan spontan dan akrab, karena sifat asli mereka memang gembira dan bahagia.
Bagian saat Jean Valjean menjadi dewa penolong Cosette adalah bagian yang paling favorit di buku ini, terharu sekali. Jean Valjean selalu memberikan berapapun jika pasangan Thenaidier memerasnya, dia juga memberikan boneka yang awalnya hanya bisa dilihat Cosette di etalase sebuah toko. Dia berusaha memenuhi janjinya pada Fantine, dia tidak ingin kehilangan Cosette. Seumur hidupnya dia tidak pernah merasakan yang namanya kasih sayang, seumur hidupnya dia hanya merasakan kekosongan, dan ketika dia melihat Cosette, dia berjanji tidak akan pernah melepaskannya.

Apakah Jean Valjean akan lepas dari kejaran Javert? Lelaki yang terobsesi terhadap hukum itu tidak langsung percaya kalau Jean Valjean mati, dengan sembunyi-sembunyi dia menyusuri jejak Jean Valjean. Kejaran-kejaran mereka cukup menegangkan juga.

Walau lumayan sedikit kisah tentang Jean Valjean, buku ini tetap tidak bisa dilewatkan. Buku ini membawa kita kebagian di mana Jean Valjean menemukan sedikit kebahagiaan yang tidak pernah dia dapatkan sebelumnya, buku ini membawa pengejaran Javert tidak kenal lelah, dan buku ini membawa kehidupan baru untuk Cosette. Tidak sabar membaca buku ketiga di mana kalau tidak salah tebak, kita akan mendapatkan cerita baru tentang Cosette yang beranjak dewasa, can't wait!

Saya cukup puas dengan cover kedua ini, tidak banyak tulisan yang berceceran di cover depan, lebih suka lagi kalau kutipan dari Victor Hugo ditiadakan *banyak maunya* hehehe. Sekarang bisa memahami kenapa di buku pertama ada tulisan Jean Valjean dan Fantine, ya karena di buku pertama yang menjadi sorotan utama adalah mereka berdua, sedangkan di buku kedua ini sudah jelas dengan nama Cosette. Penasaran sama buku ketiga apakah covernya Javert? Kita tunggu saja :D. Seperti biasa, walau ada sedikit typo tapi tidak terlalu mengganggu, terjemahannya tidak perlu diragukan lagi :D.

4 sayap untuk si kecil Cosette.

The Great Gatsby

The Great Gatsby
Penulis: F. Scott Fitzgerald
Penerjemah: Sri Noor Verawaty
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
ISBN: 978-979-024-210-4
Cetakan pertama, Oktober 2010
288 halaman
Pinjem @fanda_a


Inilah kisah uniknya pergaulan manusia antarkelas sosial dengan berbagai karakter yang tak kalah menarik.

Nick, pendatang baru di New York. Dia dipercaya orang-orang di sekitarnya untuk menyimpan rahasia mereka. Daisy, meski bermulut pedas, ditaksir banyak laki-laki. Di balik itu, dia selalu berusaha sedemikian rupa menutupi sakit hati karena pengkhianatan suaminya. Tom, suami Daisy sekaligus teman kuliah Nick, lelaki berpendidikan tinggi, kaya, dan berperangai kasar. Dia suka selingkuh, tapi tak suka diselingkuhi. Jordan, perempuan muda yang cantik dan sinis. Dia berpacaran dengan Nick. Darinya, Nick mengetahui perselingkuhan yang dilakukan Daisy dan Tom dengan pasangan masing-masing.

Seperti planet-planet yang mengorbit matahari, dalam pesta-pesta mewah setiap malam Minggu, pergaulan mereka berpusat pada seorang lelaki muda”orang kaya baru”misterius bernama Gatsby.

Novel ini merupakan potret kehidupan sosial masyarakat New York pada tahun 20-an. Setelah Perang Dunia I, di sana bermunculan orang kaya baru yang menunjukkan lunturnya nilai sosial dan moral dalam sinisme, keserakahan, dan pemenuhan hasrat akan kesenangan.

Rabu, 05 Juni 2013

Wishful Wednesday [29]

Hai Hooooo, beneran deh, saya lama-lama bangkrut kalo nurutin buku baru yang terbit beberapa bulan ini, masuk wishlist semua. Kali ini akan ada dua buku yang lagi saya incer, tiap minggu rasanya ada aja, entah penulis favorit lah, entah yang katanya bestseller lah, entah katanya termasuk buku keren lah, haduhhhh *buntelan mana buntelan*

17858938Pandemonium by Lauren Oliver

Genre: Dystopia

Harga: 67k

Sinopsis:

Lena Haloway bersumpah untuk mengubur masa lalunya dan Alex yang penuh kobaran api. Dia kini menjadi bagian dari Invalid dan pemberontak, berbaur dengan Alam Liar, menyusup dalam organisasi anti-deliria di New York. Misinya adalah mengacaukan organisasi tersebut dan mengembalikan perasaan cinta kepada orang-orang yang hidupnya sudah bagaikan mayat berjalan.

Dalam aksinya, Lena bertemu Julian, putra pemimpin organisasi yang masih rentan terkena deliria. Kebersamaan mereka menimbulkan kembali perasaan terlarang itu: cinta. Pada akhirnya, mampukah Lena memilih, antara membiarkan dirinya jatuh di pelukan Julian, mengkhianati cintanya kepada Alex ... atau terbunuh di tengah-tengah kebisingan dan ketidakpastian?

Saya merasa berdosa sekali karena tidak cepat-cepat beli dan buku ini, padahal lanjutannya udah dinanti-nanti banget, apa daya duit dan waktunya belum memungkinkan untuk jalan-jalan ke toko buku, semoga aja bisa cepat dikabulkan, udah pengen banget ketemu Alex, hauhau.

942578_530152167031251_1608097436_nLiesl & Po by Lauren Oliver

Genre: Fantasy

Harga: 42.500

Sinopsis:

Di hari ketiga setelah kematian ayahnya, Liesl melihat hantu

Liesl dikurung di loteng oleh sang ibu tiri. Di malam-malam gelap, Liesl menghibur diri dengan menggambar. Lalu, kegelapan di lotengnya menggeliat dan melentur, memunculkan sesosok hantu. Po, yang datang dari Dunia Lain, tempat roh dan hantu berkeliaran di kegelapan yang membentang seluas semesta. Liesl berharap Po bisa menemukan ayahnya di Dunia Lain.

Suatu hari, tak sengaja Will, murid sang Alkemis, menukar kotak berisi sihir terkuat di dunia dengan kotak abu ayah Liesl. Sebuah kesalahan yang menarik dua anak dan satu hantu dalam sebuah petualangan yang menegangkan. Petualangan yang membuat Dunia Lain dan Dunia Nyata bersentuhan dan membuka rahasia-rahasia mengerikan.

Kisah tentang persahabatan dan rasa sepi, keserakahan dan kemurahan hati, kematian dan kehidupan, Lauren Oliver berhasil meramu kisah yang petualangan yang menegangkan sekaligus menghangatkan hati.

Yap yap yap, buku kedua juga buku karangannya Lauren Oliver, seneng banget Penerbit Mizan sangat rajin menerjemahkan buku-buku yang kece badai. Ga sabar bacaaaaaaa, lagian beberapa bulan ini saya agak jarang baca fantasy, paling sebulan cuman satu buku padahal yang ngantri udah banyak banget, mungkin perlu dibuat jadwal baca kali ya, ehmmmm, tapi kadang moodyannya kabuh T.T

Yak itu dulu ya, sebenarnya masih banyak banget wishlist saya, terlebih romance indonesia, biarlah nunggu minggu berikutnya, kabulin dulu wishlist-wishlist sebelumnya :p
wishful-wednesday2

Apa Wishlist kamu? yuk ikut meme ini, caranya:

  1. follow  Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu

  2. buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran minggu ini, mulai dari yang bakal dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist.

  3. meninggalkan link Wishful Wednesday di Mr. Linky (ada di bawah postingan mb  Astrid). Kalau mau tambahkan button Wishful Wednesday di postingan.

  4. udah tinggal blogwalking sesama blog yang ikut share wishlist :)

Senin, 03 Juni 2013

CoupL(ov)e

CoupL(ov)e
Penulis: Rhein Fathia
Penyunting: Noni Rosliyani
Perancang sampul: Joko Supomo
Ilustrasi sampul: Shutterstock
Penerbit: Bentang
ISBN: 978-602-7888-12-8
Cetakan pertama, Februari 2013
388 halaman
Harga: 37k (Beli di SCB)


Kau tahu, kenapa orang menikah selalu mendapat ucapan “Selamat Menempuh Hidup Baru”?
Karena mereka harus meninggalkan orang-orang yang pernah mereka cintai di masa lalu.

***

Perjanjian konyol itu merusak semua cita dan anganku.
Sungguh, tak pernah aku bermimpi akan bersanding denganmu di pelaminan.
Ditambah lagi menghabiskan hidup hingga tua bersamamu.

Bagiku, kau tidak lebih dari sekadar sahabat yang sangat baik,
yang setia menjadi pendengar kisah suka dukaku,
yang punya bahu kuat untuk kusandarkan kepalaku dengan mata sembab karena tangis,
dan yang selalu menjadi penyemangat untukku jalani hidup.

Haruskah aku seorang Halya menyerah pada fakta?
Seperti katamu, sahabatku Raka .... Komitmen itu seharusnya dipertahankan, bukan dilepaskan.
Tapi yakinkah juga dirimu, kita akan sanggup bertahan?

May Book Haul

book haulSo little books, so little money money money, setuju?

Langsung aja ya, berikut buku-buku yang saya dapat di bulan yang lalu:



[caption id="attachment_1849" align="alignleft" width="300"]1367561941839 only 91k (sudah + ongkir) beli di SCB[/caption]

[caption id="attachment_1916" align="alignleft" width="300"]181266_10201167451892263_2059846153_n buntelan dari @ndarow :)[/caption]

[caption id="attachment_1917" align="alignleft" width="300"]253393_10201089285058141_626525797_n buntelan dari mb @yuska77[/caption]

[caption id="attachment_1918" align="alignleft" width="300"]942294_10201204353894790_1170918114_n only 119k (+ ongkir)[/caption]

[caption id="attachment_1919" align="alignleft" width="206"]969245_10201204296813363_1644597538_n buntelan dari @penerbitharu[/caption]






















Dikit banget ya, bulan kemaren saya sepi buntelan, wakakakaka, ada yang mau donorin? Belipun cuman buku yang udah saya booking di bukunya-scb.blogspot.com tempat langganan saya beli buku bekas. Yang buntelan dari ndari itu sebenernya udah lama banget, sampe lupa kapan menangnya XD tapi dikirimnya baru bulan lalu, sekalian pinjam dua buku lain deh. Dan Ndari kayaknya lupa kalau saya sebenernya dapet buku Ayahku Bukan Pembohong - Tere Liye, mungkin tahu kalau saya penyuka bukunya gagas maka dikasih buku Unbelievable, padahal saya udah punya itu buku, jadi siap-siap ada giveaway dari saya berhadiahkan bukuitu tapi yang saya kasih nanti buku Unbelievable punya saya sendiri, agak pantang ngasih buku yang dikasih orang lain :D

Kalau buku dari mbak yuska itu saya menang Indonesia Romance Reading Challenge untuk bulan April, seneng banget dapet dua buku, baru sekali ngisi langsung menang (saya sering lupa ngirim link review di postingannya mbak yuska --) :p. Sedangkan dari penerbitharu itu buntelan bulanan kedua, semoga bisa awet :))

Bacaan Bulan Mei 2013

bacaan bulan mei 2013 bacaan bulan mei2 2013 pelangi-dalam-kemaraauuuuu

Hai Hooo, awal bulan terserang flu dan sepertinya memang lagi musim, jaga kesehatan ya :)

Gimana nih progres baca kalian? Bulan kemaren adalah bulan paling produktif dalam membaca di tahun ini, tapiiiii nggak semua bisa direview, hiks, berikut daftarnya:



  1. Pelangi dalam Kemarau by Fredy S. (Indonesian Romance Reading Challenge, Finding New Author Reading Challenge)

  2. Autumn Once More by Penulis Gramedia (Indonesian Romance Reading Challenge, Finding New Author Reading Challenge)

  3. Nighshade by Andrea Cremer (Fantasy Reading Challenge, Finding New Author Reading Challenge)

  4. Love, Hate and Hocus-Pocus by Karla M. Nashar (Indonesian Romance Reading Challenge, Finding New Author Reading Challenge)

  5. Satu Masa di Cielo by Nugraha Sugiarta (Indonesian Romance Reading Challenge, Finding New Author Reading Challenge, BBI)

  6. Terpesona by Al Dhimas & Sylfia L'Namira ( Finding New Author Reading Challenge)

  7. Pintu Harmonika by Clara Ng & Icha Rahmanti (Indonesian Romance Reading Challenge, Finding New Author Reading Challenge)

  8. The Sweet Sins by Rangga Wirianto Putra (Indonesian Romance Reading Challenge, Finding New Author Reading Challenge)

  9. Harmoni by Wulan Dewatra & Ollie (Finding New Author Reading Challenge)

  10. Kekasih by Arini Putri & Yuditha Hardini (Finding New Author Reading Challenge)

  11. Coupl(ov)e by Rhein Fathia (Indonesian Romance Reading Challenge, Finding New Author Reading Challenge)

  12. Barcelona Te Amo by Kireina Enno (Indonesian Romance Reading Challenge, Finding New Author Reading Challenge)

  13. Slammed by Colleen Hoover (Finding New Author Reading Challenge)

  14. Forrest Gump by Winston Groom (Finding New Author Reading Challenge, What’s In A Name Reading Challenge)

  15. Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran by Mark Haddon (Finding New Author Reading Challenge, Serapium Reading Challenge)

  16. Seoulmate is You by Lia Indra Adriana (Indonesian Romance Reading Challenge)

  17. Andai Kau Tahu by Dahlian (Indonesian Romance Reading Challenge)

  18. So, I Married the Anti-fan by Kim Eun Jeong (Finding New Author Reading Challenge)

  19. Menghantui by Lisa Childs (Fantasy Reading Challenge)

  20. Teratu by Lisa Childs (Fantasy Reading Challenge)

  21. Armaya by Lisa Childs (Fantasy Reading Challenge)

  22. Snowfall at Willow Lake by Susan Wiggs

Kebanyakan romace ya :), lagi semangat-semangatnya baca romance dan saya menemukan banyak penulis baru, yeay, ada beberapa yang tulisannya saya suka banget, tapi males banget kalau mau nulis review. Tiap mau mulai ada aja halangannya. Bulan kemaren juga saya mencoba untuk mengurangi online, terlebih puasa buka socmed. Dan terbukti proges baca saya meningkat dari bulan-bulan sebelumnya. Nggak bisa dipungkiri kalau socmed itu racun paling berbahaya, tiap buka twitter, wa dsb pasti nggak akan kerasa kalau waktu yang dihabiskan itu bisa buat baca beberapa puluh halaman dan nulis satu review. Jadi, saya berusaha mempertahankannya biar tambah produktif lagi :D

Ada satu buku yang nggak ada di Goodreads yaitu buku Pelangi dalam Kemarau by Fredy S. Nemu buku ini di gudang rumah, waktu saya disuruh bersih-bersih buku mana yang udah nggak kepakai lagi dan mana yang penting. Voila! saya nemu buku-buku koleksi abah jaman dulu, ada Kung Fu Boy, bukunya S. Mara GD, Bastian Tito, seri Lupus, beberapa penulis dan komik jadul lainnya. Harta karun nih :D. Bukunya udah lecek banget tapi masih bisa dibaca, saya coba nyari di goodreads datanya nggak ada ya udah deh. Buku pertama yang saya paling penasaran adalah bukunya Fredy S, katanya dia itu adalah penulis stensilan yang terkenal di masanya, aku googling juga identitasnya sangat misterius bahkan hampir nggak ada yang tau identitas dia sebenarnya. Untuk penjelasan lebih lanjut nanti baca aja reviewnya ya :)

Forrest Gump

9878405

Forrest Gump

Penulis: Winston Groom

Alih bahasa: Hendarto Setiadi

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 979-605-103-6

Cetakan kelima, September 1997

304 halaman

buntelan dari @_marsh113_


Sinopsis

"Pokoknya, nggak enak deh jadi idiot," tapi, "paling nggak aku bisa bilang hidupku nggak ngebosenin." Begitulah kata Forrest Gump, tokoh novel yang lucu ini. Ketika tim football University of Alabama menarik Forrest dan menjadikannya bintang, itu baru permulaannya. Keluar dari tim fottball, ia terjun ke Perang Vietnam dan menjadi pahlawan, lalu menjadi atlet pingpong kelas dunia, pengulat, dan konglomerat. Ia bertemu dengan Lyndon Johnson dan Richard Nixon, juga mengalami pasang surutnya cinta sejati. Dan akhir kisahnya... benar-benar tak terduga.

My Review

Itulah yang bisa dilakukan oleh seorang yang dikatakan idiot, absurd memang, seperti ketika membaca Life of Pi, kita tidak akan mempercayai kisahnya namun tetap saya menarik untuk diikuti. Yang paling absurd lagi itu ketika menjadi astronot kemudian tersesat di pulau terpencil dan disekap sama kanibal, hahaha ironis banget. Buku ini direkomendasikan sama Nana ketika pada saat itu saya curhat di twitter kalau saya sulit ketawa membaca buku komedi. Dia bilang buku ini buku terlucu yang pernah dia baca, saya penasaran dan dengan baik hatinya dia menghibahkan buku ini kepada saya. Bagi saya, buku lucu itu ketika saya membacanya tiba-tiba saya ketawa begitu saja dan ketika selesai membaca buku tersebut kemudian menginggat kembali adegan yang membuat saya ketawa maka saya akan ketawa lagi, itu yang namanya buku komedi. Binggung ya? Pokonya gitu lah. Dan adegan yang paling membuat saya ngakak-ngakak nggak jelas di kamar adalah pada saat Forrest lagi bertanding catur demi mendapatkan hadiah, gara-gara menerapkan strategi yang nggak jelas dari lawan sebelumnya dia hampir aja kalah, Forrest ini jago banget matematika, fisika dan bisa dengan mudah memainkan alat musik harmonika, dan dalam bermain catur belum ada yang bisa mengalahkannya. Tiba-tiba aja dia kentut dan menang. Si lawan protes dong kalau itu termasuk kecurangan, hahahahahahahahahahaha lucu banget pokoknya. Setidaknya ada tiga kali saya ngakak tiba-tiba ketika membaca buku ini. Dan saya baru tahu kalau buku ini berseri, padahal endingnya udah mantap banget T.T
Begini, Forrest, kadang-kadang hukum-hukum itu memang nggak ngenakin, tapi tetap saja berlaku. Kayak kalau macan ketemu monyet di hutan -sial untuk si monyet, tapi untung untuk si macan. Memang begitu adanya.

Untuk terjemahannya, not bad lah kalau menurutku, mungkin penerjemah ingin menampilkan sosok orang idiot, sang naratornya, jadi bahasanya kayak anak kecil, nyantai banget, nggak ada formalnya sama sekali, ya itulah Forrest Gump.

4 sayap untuk "aku kebelet"

Minggu, 02 Juni 2013

Melbourne: Rewind

Melbourne: Rewind
Penulis: Winna Efendi
Editor: Ayuning, Gita Romadhona
Desain sampul: Levina Lesmana
Ilustrasi isi: Tyo
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-645-6
Cetakan pertama, 2013
328 halaman
Buntelan dari mbak @JiaEffendie


Pembaca tersayang,

Kehangatan Melbourne membawa siapa pun untuk bahagia. Winna Efendi menceritakan potongan cerita cinta dari Benua Australia, semanis karya-karya sebelumnya: Ai, Refrain, Unforgettable, Remember When, dan Truth or Dare.

Seperti kali ini, Winna menulis tentang masa lalu, jatuh cinta, dan kehilangan.

Max dan Laura dulu pernah saling jatuh cinta, bertemu lagi dalam satu celah waktu. Cerita Max dan Laura pun bergulir di sebuah bar terpencil di daerah West Melbourne. Keduanya bertanya-tanya tentang perasaan satu sama lain. Bermain-main dengan keputusan, kenangan, dan kesempatan. Mempertaruhkan hati di atas harapan yang sebenarnya kurang pasti.

Setiap tempat punya cerita.

Dan bersama surat ini, kami kirimkan cerita dari Melbourne bersama pilihan lagu-lagu kenangan Max dan Laura.

Enjoy the journey,

EDITOR


Sabtu, 01 Juni 2013

Cerita Misteri yang Bukan Misteri

15777123Insiden Anjing di Tengah Malam Yang Bikin Penasaran

Judul Asli: The Curious Insident of the Dog in the Nigh-time

Penulis: Mark Haddon

Penerjemah: Hendarto Setiadi

Perancang sampul: Boy Bayu Anggara

Penerbit: Penerbit KPG

ISBN: 978-979-91-0477-9

Cetakan keempat, Juli 2012

336 halaman


Sinopsis:

Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran merupakan novel misteri pembunuhan yang lain daripada yang lain.

Sang detektif, sekaligus pencerita, bernama Christopher Boone. Christopher berusia limabelas tahun dan dia menyandang Sindrom Asperges sejenis autisme. Dia mahir bermain komputer dan memecahkan soal-soal matematika, tapi kikuk berhubungan dengan orang lain. Dia senang segala sesuatu berjalan teratur terpola, dan masuk akal, tapi benci warna kuning dan cokelat. Dia belum pernah berpergian seorang diri lebih jauh daripada ke ujung jalan rumahnya, tapi ketika menemukan anjing tetangganya mati terbunuh, dia pun menempuh perjalanan menakutkan yang akan menjungkirbalikkan seluruh dunianya.

Christopher adalah tokoh rekaan yang cemerlang, dan Mark Haddon menngambarkan dunianya dengan cara yang sangat menyentuh, sangat lucu, dan sangat meyakinkan. Tak heran jika novel ini dianugerahi berbagai penghargaan sastra, antara lain Whitbread Novel Award 2003, hadiah sastra bergengsi di Inggris.

My Review

Saya belum kuat iman untuk melanjutkan Seratus Tahun Kesunyian, dan kebetulan buku ini ada daftar diantrian baca, judul dan warna covernya sangat memikat saya. Sebelum memulai membaca ceritanya, saya membaca catatan penerjemah di bagian belakang dan review mengenai buku ini terlebih dahulu. Saya mendapatkan dua kunci atau dua buku yang agak mirip dengan buku yang masuk list 1001 books you must read before you die ini. Forrest Gump dan Extremely Loud and Incredibly Close, saya membaca ketiga buku ini (saya memang mudah sekali dibujuk) untuk mendapatkan kesamaan dan memudahkan memahami cerita. Kesamaannya dengan Forrest Gump adalah kedua tokoh utama di buku ini menyandang salah satu jenis sindrom Autisme, kalau Christopher dengan sindrom asperges (salah satu gejala autisme di mana para penderitanya memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, sehingga kurang begitu diterima.) yang rata-rata memiliki IQ tinggi, kebalikannya dengan Forrest Gump, IQ-nya dibawah 70, dia seorang idiot savant, seseorang yang tidak mampu mengikat dasi, hanya dengan susah payah bisa mengikat tali sepatu, memiliki mental seperti anak berusia enam sampai sepuluh tahun. Walau sepertinya sangat bertolak belakang, kedua tokoh ini sangat cemerlang dibidang matematika, fisika, mampu menangkap tema-tema musik yang sangat rumit, sama-sama bercita-cita menjadi astronot. Sedangkan kesamaannya dengan Extremely Loud and Incredibly Close, tokoh utamanya yang belum dewasa, Christopher berumur 15 tahun sedangkan Oscar Scell berumur 9 tahun, dengan kecerdasan yang mereka miliki, mereka berusaha menyingkap misteri yang mereka hadapi. Christopher yang terispirasi akan detektif favoritnya, Sherlock Holmes, berusaha menyingkap siapa pembunuh anjing tetangganya sedangkan Oscar mencari lubang kunci yang tepat, mencari lubang kunci yang pas dengan kunci yang ditemukan setelah ayahnya meninggal, mencari satu dari 16 juta lubang kunci yang tepat di seluruh New York yang kemudian terkuak misteri keluarga mereka yang kelam. Walau saya belum selesai membaca Extremely Loud and Incredibly Close (di mana tipografinya yang sangat aneh membuat kepala saya migrain), saya sangat menikmati cerita tentang anak-anak dan satu orang dewasa seperti anak-anak yang pemikirannya luar biasa.

Kenapa saya bilang cerita misteri yang bukan misteri? Karena kita tidak perlu susah payah mengetahui siapa pelaku sebenarnya, pelakunya ngomong sendiri kok. Justru menurut saya, buku ini lebih bercerita tentang orang tua dan anaknya yang memiliki kebutuhan khusus, bagaimana cara mereka menghadapi anak yang tidak biasa, bagaimana susahnya. Bahkan Chris pernah berpikir kalau orangtuanya bercerai maka dialah penyebabnya. Kesabaran kunci utamanya, hal yang tidak dimiliki ibu Chris sehingga dia kadang lelah dan ingin menyerah menghadapi anaknya, berbeda dengan ayah Chris yang lebih sabar, lebih mengetahui apa kesukaan dan ketidaksukaan anaknya. Contohnya ketika ayah Chris ingin memeluknya dia harus mengangkat tangan kanan dan merentangkan jari seperti kipas, kemudian Chris akan membalas dengan menggangkat tangan kiri dan merentangkan jari seperti kipas, begitulah cara mereka berpelukan. Orangtua yang memiliki anak 'special' harus tahu kebiasaan anaknya, harus bisa memahami, itulah yang saya dapatkan ketika membaca buku ini. Chris sangat menyukai angka dan keteraturan, sangat suka berada di penjara karena bentuknya nyaris seperti kubus sempurna, dengan panjang 2 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2 meter, bila dia stress dia akan mengitung angka, seperti berhitung sampai 2^45 (baca: dua pangkat 45),  di mana cara tersebut bisa membuatnya tenang. Tidak suka orang asing karena mereka sulit dipahami, bahkan membutuhkan waktu lama sampai terbiasa dengan orang-orang yang baru dikenal. Membenci warna kuning dan cokelat, tidak mau makan makanan yang memiliki warna tersebut, tidak mau memakai baju dengan warna tersebut, pokoknya tidak mau bergubungan dengan warna tersebut. Dia juga menandakan hari baik dan buruk berdasarkan warna mobil. Untuk empat mobil merah berturut-turut yang dilihatnya di jalanan menandakan Hari Baik, tiga mobil merah berturut-turut menandakan Hari Lumayan Baik, lima mobil merah berturut-turut menandakan Hari Sangat Baik, dan empat mobil kuning berturut-turut menandakan Hari Kelabu, hari ketika Chris tidak berbicara dengan siapapun dan duduk sendirian membaca buku dan tidak menyantap makan siangnya dan Tidak Mengambil Risiko. Langsung bisa membuat peta ketika dia baru sekali datang ke tempat itu, misalnya peta kebun binatang yang dikunjunginya dan ayahnya. Dan kalau dia marah, dia bisa berhari-bahari tidak mau makan dan tidak mau berbicara. Itulah sedikit tentang seorang anak yang bernama Christopher John Francis Boone, berusia limabelas tahun, tahu semua negara di dunia beserta ibukotanya dan semua bilangan prima sampai 7.507.



Berbohong adalah kalau kau mengatakan sesuatu telah terjadi padahal sebetulnya tidak. Tapi selalu hanya ada satu hal yang terjadi pada saat tertentu dan tepat tertentu. Dan tak terhingga banyaknya hal yang tidak terjadi pada saat itu dan di tempat itu. Dan kalau aku membayangkan sesuatu yang tidak terjadi maka aku juga langsung mulai membayangkan semua hal lain yang tidak terjadi.

Inilah satu alasan lain lagi kenapa aku tidak suka novel biasa, karena novel seperti itu penuh kebohongan tentang hal-hal yang tidak pernah terjadi dan segala macam kebohongan itu membuatku merasa gamang dan ngeri.


Sangat menarik membaca buku ini, saya acungin jempol kepada penerjemahnya, membaca tentang catatan terjemahannya, membuktikan kalau dia benar-benar serius, awalnya dia menggunakan pendekatan pada Forrest Gump untuk menghadirkan sosok Christopher Boone tetapi dugaannya meleset, kemudian merombak terjemahan awal yang dia buat karena tidak sepadan dengan versi aslinya. Dia terkecoh, mungkin berlaku juga bagi orang yang pertamakali melihat buku ini, judul dan covernya saja sangat tidak biasa, dan ketika selesai membacanya kita akan mendapatkan cerita yang luar biasa. Saya acungin jempol juga buat sang penulis, saya tahu pasti dia melakukan riset, bagaimana dia bisa menjelma menjadi sosok anak kecil yang memiliki kebutuhan khusus dengan sudut pandang orang pertama, seperti nyata adanya. Saya seperti masuk ke isi kepala anak dengan sindrom asperges, mengetahui apa yang dipikirkannya, ciri mereka yang kalau berbicara cenderung kaku, tanpa emosi dan sering melompat-lompat, misalnya di bab pertama bercerita tentang kejadian sekarang maka di bab selanjutkan Chris akan bercerita tentang hal-hal yang disukai atau tidak disukainya, tentang dirinya. Chris sebenarnya tahu apa yang dibicarakan orang yang sedang mengajaknya bicara, hanya saja dia selalu berpikir logis, mendetail dan mereka tidak menyukai orang asing, membutuhkan waktu untuk bisa berinteraksi, sehingga orang-orang kerab mengira mereka punya dunia sendiri padahal si special sebenarnya tahu apa yang mereka bicarakan. Hal ini juga saya temukan ketika membaca buku Forrest Gump, dia tahu apa yang orang bicarakan tapi ketika dia ingin berkata sesuatu yang muncul malah "aku kebelet".



Bilangan prima adalah apa yang tersisa setelah semua pola kau buang. Kupikir bilangan prima seperti kehidupan. Bilangan prima serba logis tapi kau takkan bisa mencari aturan mainnya, sekalipun kau menghabiskan seluruh waktumu untuk memikirkan bilangan itu.


Bagian yang paling saya sukai adalah ketika Chris pergi menemui ibunya di London, sendirian. Bagaimana dia berusaha menerobos batasan-batasan yang selama ini dia ciptakan; tidak menyukai orang asing dan tidak menyukai ketidakteraturan.

Kemudian apakah buku ini pantas masuk ke dalam 1001 books you must read before you die? Kalau penghargaan seperti; Man Booker Prize Nominee for Longlist (2003), Whitbread Award for Novel and Book of the Year (2003), Commonwealth Writers' Prize for Best First Book Overall (2004), McKitterick Prize (2004), Los Angeles Times Book Prize (2003) Exclusive Books Boeke Prize (2004), ALA Alex Award (2004), Zilveren Zoen (2004), ALA's Top Ten Best Books for Young Adults (2004), Abraham Lincoln Award Nominee (2006) tidak cukup, ada satu point yang mungkin tidak pernah kamu temukan di buku lain pernahkah kamu membaca seorang detektif cilik yang berusaha mengungkap pembunuhan seekor anjing? Maka saya katakan, buku ini sangat pantas.

Sekarang waktunya giveaway terselubung :p

Tentu tahu dong kalau Christopher ini sangat menyukai bilangan prima, bahkan bab di buku ini tidak ditulis 1,2,3 dsb tetapi berdasarkan urutan bilangan prima. Bab di mulai dengan bilangan prima yang pertama, yaitu 2 dan diakhiri bab ke-233. Pertanyaannya adalah berapa jumlah bab yang ada di buku ini? Giveaway ini berlangsung sampai ada yang menjawab dengan benar dan bagi satu warga Indonesia beruntung akan mendapatkan buku:


The Fetch (The Runestone Saga Buku 1: Sang Duplikat



Good luck :)

Untuk tokoh utama, penulis, dan penerjemah yang jenius, 4.5 sayap saya rasa cukup.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...