Kamis, 28 Februari 2013

Les Miserables

A91rjeccmaazhlj

Penulis: Victor Hugo
Penerjemah: Rayvita Mutiara Ansriany
Penerbit: Visimedia
ISBN: 979-065-135-X
Cetakan pertama, Desember 2012
482 halaman

Sinopsis:
Tanggal 15 Mei 1862, merumunan orang memadati jalanan di sekitar Pagnerre's Book Shop, Belgia. Tak satu orang pun melepaskan pendangan pada tumpukan buku yang menjulang hingga langit-langit toko. Beberapa jam setelah toko buku itu dibuka, ribuan eksemplar Les Miserables ludes diborong massa.

Novel yang proses penyimpan dan penulisannya memakan waktu hampir 20 tahun ini bercerita tentang Jean Valjean, mantan narapidana yang dipenjara di atas kapal kerja paksa selama 19 tahun, dari masa revolusi sampai restorasi Bourbon, karena mencuri sepotong roti demi keluarganya yang kelaparan. Ketidakadilan yang dialaminya, mengubahlaki-laki desa itu menjadi sosok yang dingin dan penuh curiga.

Di tengah perjalanan hidupnya, Valjean bertemu Monsieur Welcome yang menyadarkan bahwa dalam ketidak-percayaannya terhadap otoritas gereja dan kerajaan, masih ada pihak yang menjadi panutannya. Veljean pun berjumpa dengan Fantine, perempuan muda jelita yang turut menjadi korban ketimpangan sosial yang melanda Prancis. Perjumpaan yang berpengaruh besar dalam kehidupan mereka selanjutnya. Ketidakstabilan politik Prancis dan pengaruhnya yang luar biasa pada masyarakat kelas bawah, terekam jelas dalam salah satu novel terpenting sepanjang masa ini.

***

Sebenernya selain menulis review buku ini saya juga ingin mencantumkan review filmnya, yang sangat disayangkan gagal saya tonton beberapa waktu yang lalu, dengan kisah yang pahit sekali *nggak usah dibahas lagi*. Padahal film yang dibintangi salah satu aktris favorit saya itu memicu saya agar cepat-cepat menyelesaikan buku ini, yah mungkin belum jodoh saja, lain kali cari bajakannya #loh.
"Les Miserables mengambil latar waktu kondisi Prancis antara tahun 1815 dan 1832, tahun-tahun ketika Hugo muda mulai berkenalan dan bersingunggan dengan dunia politik, masa setelah tahun 1793. Tahun 1815 sendiri adalah tahun yang menandai kekalahan tentara Napoleon di Waterloo, melawan aliansi tentara Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya. Kekalahan Napoleon mengakhiri era "first republik" (1792-1804), dan kembalinya era kerajaan di bawah Louis XVIII. Era ini disebut dengan Restorasi Bourbon. Pada masa restorasi, gereja kembali berperan besar dalam perpolitikan Prancis, meskipun tidak seabsolut sebelumnya. Inilah masa ketika para pejuang revolusi dan kaum republik tersingkir sementara, yang pada akhirnya mengobarkan gejolak sosial tahun 1830-1832 melawan monarki."

Bercerita tentang Jean Valjean yang bebas setelah dipenjara 19 tahun hanya karena mencuri roti untuk menolong keluarganya yang kelaparan. Dia singgah di kota D untuk beristirahat dan mencari makan, tapi apa yang ia dapatkan di sana? Para penduduk mengucilkannya, tidak ada penginapan yang mau menampungnya karena dia memiliki paspor kuning (paspor para mantan narapidana) bahkan dia digigit dan dikejar anjing karena tidak sengaja merampas singgasananya, tidak ada tempat baginya. Lalu ketika dia tidur di atas batu di alun-alun ada seorang wanita baik hati yang menyarankan agar ia mengetuk sebuah rumah. Rumah tersebut milik Monsieur Bienvenu, seorang uskup baik hati yang tanpa pamrih memberiakannya tempat tinggal dan makanan enak, satu-satunya orang yang tanpa memandang status sosial Jen Valjean. 19 tahun dipenjara menajamkan sisi jahat Jean Valjean, ada perlawanan batin ketika dia melihat peralatan makan dan tempat lilin dari perak milik uskup, dia hanya memiliki sedikit uang dan barang tersebut pasti berharga tinggi, perjalanannya masih panjang dan dia butuh uang. Ketika dia sudah memutuskan apa yang dia inginkan, tidak butuh lama dia langsung pergi meninggalkan rumah uskup dengan barang tersebut, tidak lama kemudian dia kembali bersama polisi. Uskup berbohong kalau barang-barang tersebut memang diberikan kepada Jean Valjean, peristiwa itulah yang merubah hidup Jean Valjean selanjutnya.
"Dosa yang paling kecil adalah hukum yang dibuat oleh manusia. Tidak mempunyai dosa sama sekali adalah mimpi. Karena semua pasti memiliki dosa, hal ini manusiawi. Dosa itu bagaikan sebuah gravitasi."

"Jangan pernah kita takut terhadap perampok atau pembunuh. Itu semua adalah bahaya dari luar, bahaya kecil. Yang perlu kita takuti adalah diri kita sendiri. Prasangka adalah perampok yang sesungguhnya, sifat buruk adalah pembunuh yang sebenarnya. Bahaya terbesar ada dalam diri kita sendiri. Tidak masalah apa yang mengancam kepala atau dompet kita! Mari kita berpikir tentang apa yang dapat mengancam jiwa kita."

Fantine adalah gadis yang cantik jelita dan yatim piatu, ia mempunyai pacar yang tampan dan kaya raya, Fantine jatuh cinta padanya dan rela memberikan apa pun yang dia miliki.Lalu kejutan Tholomyes meremukkan hati Fantine, laki-laki itu meninggalkan Fantine dalam kondisi berbadan dua karena takut masa depannya hancur kalau bersama wanita dari kelas sosial kebawah. 'lelucon' tersebut merubah diri Fantine, dia lebih sering murung dan kecantikannya pun mulai pudar. Dia berencana kembali ke kota asalnya, Kota M. Sur M. tapi tidak bisa kalau membawa anaknya, pekerjaannya tidak memperbolehkannya. Di Montfermeil Fantine melihat seorang ibu dengan anak-anaknya terurus dengan baik, kemudian tebersit keinginan Fantine agar orang tersebut menjaga anaknya. Wanita itu adalah Thenardier dengan syarat Fantine harus mengirimkan tujuh francs setiap bulan. Fantine tidak tahu betapa liciknya keluarga tersebut, Corsette, anak Fantine diperlakukan layaknya seorang pembantu, uang yang selalu dikirim ibunya tidak pernah dinikmati Corsette, pakaiannya pun dijual sehingga dia seperti memakai baju rombeng.

Kota M. Sur M. sangat berkembang pesat, menjadi sebuah kota industri yang makmur, terlebih setelah Tuan Madeleine menjadi Walikota. Ia adalah laki-laki berusia sekitar lima puluh tahun yang sangat perhatian dan baik. Negara berhutang banyak padanya, dia sangat sopan kepada semua orang dan mengasihi siapa pun terlebih rakyat miskin, dia adalah pahlawan. Tuan Madeleine bagaikan seorang uskup, dia melerai perselisihan, dia mencegah terjadinya perkara hukum, dia mendamaikan orang-orang yang bermusuhan. Semua kebaikannya itu tidak berpengaruh pada Javert, orang dari kepolisian. Dia seperti pernah melihat Tuan Madelaine di masa lalu, dia tidak asing baginya. Javert sering sekali mengamati tindak tanduk Tuan Madeleine, penuh kecurigaan dan dugaan. Dia adalah laki-laki yang terobsesi dengan hukum, bahkan mencapai tahap fanatik. Dia tidak akan segan-segan menangkap ayahnya kalau melarikan diri dari penjara atau dia akan melaporkan ibunya kalau melakukan kejahatan, dia tidak pandang bulu.

Fantine bekerja di pabrik milik Tuan Madeleine dan tiap bulan dia tidak pernah absen mengirim uang untuk keluarga Thenardier. lalu kabar masa lalu Fantine tercium oleh sesorang yang iri terhadap kecantikannya, Nyonya Victurnien. Dia berkata kalau Tuan Madeleine tidak membutuhkannya lagi, dan atas nama Walikota, wanita itu meminta Fantine meninggalkan wilayah itu, padahal Tuan Madeline tidak pernah tahu akan masalah tersebut. Fantine dianjurkan untuk menemui Walikota tapi tidak berani, dia masih berhutang apalagi keluarga Thernardier meminta Fantine menaikkan 'uang bulanan'. Dia rela menjual rambutnya, rela menjual giginya, dia rela menjadi pelacur agar anaknya hidup nyama
n, hangat dan sehat. Dia juga sangat membenci Tuan Madelaine.

Fantine sering dihina dan dia sering mengacuhkannya, tapi ketika ada seorang pemabuk yang selain melontarkan penghinaan dia juga melempar tubuh Fantine dengan segenggam salju kemarahan Fantine tidak bisa dibendung lagi, dia langsung menerkam laki-laki tersebut, mencakar wajahnya dengan kata-kata paling mengerikan. Apa yang dia dapat? Javert melihat kejaidian itu dan Fantine dihukum enam bulan penjara! Kejadian itu juga didengar Walikota, dia meminta Javert untuk membebaskannya, sebelumnya Fantine menumpahkan semua kemarahannya karena semua kejadian ini tidak akan pernah terjadi kalau Tuan Walikota mengusir dia dari pabriknya dan dia langsung meludahi wajah Walikota. Dengan kemarahannya yang mendidih dia menceritakan semua yang terjadi dalam hidupnya. Tuan Walikota tetap kekueh agar Fantine dibebaskan, usahanya selalu berhasil.
"Hukum tertinggi adalah nurani. Saya telah mendengar perempuan ini, saya tahu apa yang saya lakukan."

Tuan Madelaine membawa Fantine ke kliniknya karena kondisi kesehatannya yang menurun, dia ingin sekali bertemu dengan Corsette, luka luarnya mungkin bisa diobati tapi tidak dengan luka batinnya. Hanya Corsette lah yang dapat menyembuhkannya. Tuan Madelaine pun meminta Corsette dibawa pulang ke ibunya, dia berharap Fantine bisa bertahan sebelum Corsette pulang.

Suatu pagi Jevert menemui Tuan Madelaine dan meminta maaf karena tuduhan selama ini yang dia lontarkan kepada Tuan Madelaine. Dia mengganggap Tuan Madelaine adalah Jean Valjean, seorang narapidana yang setelah bebas pun dia masih mencuri dan melakaukan tindak kekerasan pada seorang anak kecil. Javert sudah gatal ingin menjebloskan dia ke penjara lagi. Lalu ada kabar kalau Jean Valjean sudah ditemukan, dengan nama Champmathieu. Di sinilah sifar jahat dan baik Tuam Madelaine diuji kembali, membiarkan Champmathiaeu dihukum karena kejahatan yang tidak pernah dia lakukan atau mengaku dirinya sebagai Jean Valjean?
"Dia dapat memperbaiki sendiri pada hal yang tidak lain lebih berat, lebih rumit, lebih misterius, dan lebih tak terhingga. Ada pemandangan yang lebih megah daripada lautan, yaitu langit. Ada pemandangan yang lebih megah daripada langit, yaitu lubuk hati yang paling dalam dan tersembunyi pada manusia."

"Berlian hanya ditemukan di tempat-tempat gelap di dalam bumi, kebenaran hanya ditemukan dikedalaman pikiran."

"Kejujuran, ketulusan, keterusterangan, keyakinan, rasa tanggung jawab, adalah hal-hal yang dapat menjadi sesuatu yang mengerikan jika diarahkan dengan keliru. Namun, bahkan walaupun mengerikan, tetap hebat. Keagungannya, keagungan yang istimewa dalam hati nurani manusia, melekat pada mereka di tengah kengerian. Kegembiraan yang tulus dan tak kenal ampun dari seorang fanatik dalam luapan yang penuh atas kekejamannya menyimpan suatu sinar mulia yang menyedihkan. Tanpa menyadari kenyataannya, Javert dalam kebahagiaan yang luar biasa patut untuk dikasihani, sebagaimana setiap manusia bodoh yang memperoleh kemenangan. tidak ada sesuatu yang begitu memilukan dan begitu mengerikan dibandingkan dengan wajah ini, tempat tergambar semua yang mungkin menunjukkan sifat buruk orang-orang baik."

Membaca buku ini awalnya sangat bosan, terlalu berbelit-belit, memasuki kisah Jean Valjean saya tidak bisa berhenti membacanya. Buku ini menggambarkan bagaimana keadilan sungguh-sungguh ditegakkan sangat sangat berlebihan tanpa memandang kesalahan apa yang dilakukan, tidak ada pembelaan untuk sebuah kejahatan, walau kejahatan itu dilakukan untuk menolong keluarganya yang kelaparan. Hukum yang kebalabasan. Buku ini menggambarkan betapa status seorang narapidana sangat memalukan, mereka dikucilkan oleh masyarakat, tanpa pernah memberi kesempatan untuk memperbaiki diri dan membangun kehidupan yang baru. Buku ini menggambarkan bagaimana seorang ibu bisa melakukan apa pun demi anaknya, menjual setiap bagian tubuhnya, semua tubuhnya agar anaknya bisa hidup enak. Buku ini menggambarkan bagaimana seseorang yang terobsesi dengan hukum, siap menegakkan kebenaran kalau dia melihat ada yang salah tanpa menelusuri terlebih dahulu apa yang sebenarnya terjadi. Buku ini menggambarkan sebaik-baiknya seseorang di masa sekarang, kalau masa lalunya sangat tercoreng maka kebaikan yang selama ini dilakukannya tidak ada artinya.

Miris, itulah perasaan saya ketika membaca buku ini. Hukum lebih berpihak kepada golongan atas, ketika golongan bawah melakukan kesalahan yang sepele hukumnya bisa sampai bertahun-tahun, tidak ada pembelaan bagi mereka. Victor Hugo memaparkan potret dan kritik sosial di masa lampau dengan begitu detailnya. Sosok Jean Valjean yang menjelma menjadi Tuan Madelaine sangat dibutuhkan di dunia ini, kasih sayang Fantine sangat diharapkan oleh semua anak, dan ketegasan yang walaupun kebablasan yang diterapkan Javert sebenarnya sangat dibutuhkan saat ini, di mana hukum sangat sangat dipertanyakan keadilannya, seperti tidak ada perubahan antara masa lalu dan masa sekarang.
"Pembaca tidak hanya akan diajak bijak menjadi bijak dengan nilai-nilai ketuhanan yang ada, tetapi juga patriotisme, kasih sayang seorang ibu, kepedulian terhadap sesama, cinta tanpa pamrih, juga intrik politik yang menggerus keadilan."

Terjemahannya tidak ada masalah, kalau melihat edisi aslinya yang beribu halaman saya yakin sekali banyak bagian yang di potong di buku ini tapi saya rasa pemotongannya sesuai, tidak mengurangi inti ceritanya, bahkan bagi saya yang tidak suka membaca cerita yang berbelit-belit sangat bersyukur, bagian yang terpenting seperti kisah tiga sosok utama menurut saya: Jean Valjean, Fantine dan Javert tergambar jelas, sehingga saya bisa  mengenali karakter mereka. Soal covernya, sebenarnya saya tidak terlalu bermasalah, seandainya saja tulisannya dihilangkan, menyisakan judul dan penulisnya akan lebih simple, dengan berbagai tulisan yang sepertinya diambil dari tagline film terlalu memenuhi covernya. Dan kenapa covernya mimilih sosok Fantine? mungkin pihak penerbit lebih ingin menonjolkan pengorbanan Fantine. Kalau membaca di bagian pengantar, buku ini sebenarnya ada lima volume yang masing-masing berdiri sendiri. Dan buku ini adalah volume pertama. Dari beberapa review yang saya baca ceritanya masih panjang dan sebal sekali dengan pihak penerbit karena ceritanya tidak disuguhkan sampai akhir, padahal katanya bagian akhir sangat mengaharukan, membuat saya kecewa sekali. Buku ini bagus sekali, kaya akan pesan moral dan sayang kalau tidak disuguhkan secara penuh. Empat atau lima sayap bisa saya berikan untuk buku ini, saya berharap akan ada lanjutannya, sangat-sangat disayangkan kalau cerita hanya berhenti di sana. Saya masih menunggu perjuangan Jean Valjean selanjutnya, saya ingin melihat Corsette yang tumbuh besar, dan saya ingin tahu apakah Javert sadar akan hukum yang keterlaluan yang diterapkannya.

2 sayap untuk cerita yang nanggung.
*UPDATE*

Setelah saya bertanya ke pihak penerbit ternyata buku ini ada lanjutannya, sedang dalam proses penerjemahan dan rencana April bakalan rilis seri keduanya. Sesuai yang sudah saya tuliskan sebelumnya, buku ini sebenarnya bisa mendapatkan empat atau  lima sayap, karena saya sangat menyukai kisah perjuangan Jean Valjean dan karena bakal ada lanjutannya maka penilaian saya pun berubah. Semoga saya dapet buntelan lagi untuk seri kedua :p.

4 sayap untuk sang pembela kebenaran kita, Jean Valjean

*review ini saya ikutkan untuk baca bareng BBI dalam rangka membaca buku nominasi OSCAR*

NB: Tentang filmnya
Mv5bmtq4ndi3ndg4m15bml5banbnxkftztcwmjy5oti1oaLes_miserables_ver11_xlgLes-miserables-jean-valjean-movie-posterLes-mis-javert-crow-4ImagesAmanda-seyfried-les-miserables

Sutradara film King's Speech, Tom Hooper membuat buku ini menjadi sebuah film musikal yang amat indah. Pemeran utamanya adalah Hugh Jackman (Jean Valjean), Russel Crowe (Javert), Anna Hattaway (Fantine), Amanda Seyfried (Cosette). Les Miserables diganjar tiga penghargaan Golden Globe 2013 untuk kategori Film Terbaik, Aktor Terbaik (Hugh Jackman), dan Aktris Pendukung Terbaik (Anne Hathaway). Sedangkan dalam Academy Award 2013, Les Miserables juga berhasil memboyong 3 piala OSCAR untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik (Anne Hataway), Tata Rias dan Rambut (Lisa Wescott dan Julie Dartnell) dan Sound Mixing (Andy Nelson, Mark Paterson dan Simon Hayes), cukup membanggakan, terlebih melihat pengorbanan Anne Hathaway demi memerankan Fantine dia harus menurunkan berat badannya sebanyak 13 kilo *resepnya apa, Non*. Pengen banget nonton filmnya, hauhauhau

Trailernya:

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=fEq7QRqNMyg]

This Lullaby


This Lullaby is only a few words
A simple run of chords
Quiet here in this spare room
But you can hear it, hear it
Wherever you may go
I will let you down
But this lullaby plays on...

Remy Starr tidak percaya cinta, contoh nyatanya adalah kehidupan cinta ibunya sendiri, Barbara Starr, seorang novelis roman bestseller yang tidak pernah kapok mencari kebahagiaan. Dia belajar dari pengalaman ibunya yang menikah empat kali (lima kalau ayah Remy dihitung). Ibunya juga akan menikah lagi dengan laki-laki penjual mobil. Selain dengan ibunya, Remy tinggal dengan kakak laki-lakinya, Chris, mantan pembuat masalah yang sekarang sudah tobat menjadi anak yang manis, baik dan penurut setelah bertemu Jennifer Anne, pacarnya. Jennifer sanggup menghilangkan sifat buruk Chris, kecuali berternak kadal. Membuat Chris tergila-gila padanya, jatuh cinta setengah mati padanya. Ironis sekali, Remy tinggal dengan orang-orang yang terbakar cinta. Remy bersahabat dengan Chole (hanya mengencani para mahasiswa yang suka selingkuh darinya), Jess (yang berperan sebagai orang waras, penjaga, ibu bagi mereka), dan Lissa (satu-satunya yang percaya cinta itu ada, sangat setia dengan cinta pertamanya yang walau akhirnya dikhianati juga). Bersama mereka, Remy menghabiskan sisa musim panasnya sebelum melanjutkan kuliah ke Stanford musim gugur nanti.

Rabu, 27 Februari 2013

Wishful Wednesday [Anniversary Giveaway]

wishful-wednesday2

Yeay, dalam rangkan merayakan satu tahunnya Wishful Wednesday (WW), mbak Astrid ngadain giveaway nih. Ada dua kategori yaitu kategori Golongan A untuk yang pernah mengikuti WW dan peserta Golongan B bagi yang baru pertama ikut, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini.

Karena sebelumnya saya pernah ikut, walau sering bolong-bolong, saya masuk kategori peserta Golongan A. Syaratnya adalah membuat rekap WW selama setahun terakhir. Sebelumnya saya sudah membuat Wrap Up Wishful Wednesday 2012, jadi saya akan menulis kembali dari WW pertama sampai WW ke-18. Karena kadang tiap minggu saya tidak ikut jadi ada beberapa postingan yang memuat 2-3 buku yang dipengenin. Berikut buku yang udah terkabul dan yang belum:

Wishful Wednesday 1

  • Twivortiare --> TERKABUL

  • Rock 'n Roll Onthel --> TERKABUL

Wishful Wednesday 2

  • Divergent --> TERKABUL

Wishful Wednesday 3

  • One Day --> TERKABUL. Dapet buntelan dari @r3n87

  • Juliet --> TERKABUL. Beli seken di mb @fanda_a

Wishful Wednesday 4

  • The Godfather --> TERKABUL. Dapet buntelan dari @stefanie_sugia

Wishful Wednesday 5

  • Discord (Ther Melian #3) --> BELUM TERKABUL

  • Genesis (Ther Melian #4) --> BELUM TERKABUL

Wishful Wednesday 6

  • Prom Nights from Hell --> TERKABUL

  • Kisses from Hell --> BELUM TERKABUL

Wishful Wednesday 7

  • Outlander #1 bagian 1 --> BELUM TERKABUL

  • Outlander #1 bagian 2 --> BELUM TERKABUL

Wishful Wednesday 8

  • Eon --> TERKABUL.

Wishful Wednesday 9

  • The Child Thief --> TERKABUL

Wishful Wednesday 10

  • Ratu Seribu Tahun --> TERKABUL. makasih banyak mb  Astrid si pemilik meme ini, alhamdulillah saya mendapatkan buku ini ketika WW lagi ngadain giveaway, akkkkk seneng banget pokoknya

Wishful Wednesday 11

  • Cloud(y) --> BELUM TERKABUL.

Wishful Wednesday 12

  • Singgah --> BELUM TERKABUL.

Wishful Wednesday 13

  • Vacation from Hell --> BELUM TERKABUL.

  • Love is Hell --> BELUM TERKABUL.

Wishful Wednesday 14

  • Warm Bodies --> TERKABUL

Wishful Wednesday 15

  • Dari Asap dan Tulang --> BELUM TERKABUL.

Wishful Wednesday 16

  • Insurgent --> TERKABUL

  • The Devil In Black Jeans --> TERKABUL. Pinjem mbak @destinugrainy

  • Love, Curse and Hocus & Pocus --> TERKABUL

Wishful Wednesday 17

  • The Night Circus --> BELUM TERKABUL

Wishful Wednesday 18

  • Titik Nol --> BELUM TERKABUL

Dari 18 WW yang saya ikuti ada 26 buku yang menjadi wishlist saya, 14 TERKABUL dan 12 BELUM TERKABUL. Semoga saja dalam WW Giveaway kali ini saya berkesempatan menjadi pemenangnya lagi, pengen buku The Night Circus atau Titik Nol, yah mengurangi timbunan wishlist lah :D

Bagi kamu yang pengen ikutan, buruan intip Perpus Kecil siapa tahu kamu yang beruntung, giveawaynya cuman satu hari loh :D

Selasa, 26 Februari 2013

Read Big Challenge 2013

readbig_button

Sebenarnya saya sudah tidak ingin menambah Reading Challenge lagi tapi tetap saja tergiur ketika mbak @coffeecream membuat challenge Read Big!. Arrrggghhhhh saya beneran nggak kuat kalau nggak ikut, kebetulan di timbunan saya banyak yang masuk kategori ini jadi 'aji mumpung' deh :p *ajak mbak desy smackdown*.

Berikut saya copaskan aturan mainnya dari blog Ngidam Buku:
Syarat buku yang dibaca:

  • Jumlah halaman di atas 500.

  • Supaya kesan seksi dan sensasi tebalnya terasa (>_<), tidak boleh berupa ebook atau audio book, kecuali jika ada alasan khusus (hubungi saya kalau kamu merasa sangat perlu pengecualian).

  • Manga, graphic novel, buku dengan banyak ilustrasi (contoh: Hugo Cabret), tidak diperbolehkan.

Syarat ikutan:

  • Mendaftar di linky di bawah posting ini.

  • Tidak ada batas waktu untuk mendaftar, boleh mendaftar kapan saja selama masih dalam periode challenge.

  • Memasang button Read Big pada blog.

  • Boleh menentukan kelas/level di awal.

  • Membuat review untuk buku yang dibaca.

  • Review bisa dimuat di blog, Goodreads atau Notes Facebook, dan masukkan link-nya ke linky yang  ada di bawah. Jika membuat review sebuah buku di lebih dari satu media, masukkan salah satu saja.

  • Buku dibaca dan direview pada periode 1 Februari 2013 - 31 Januari 2014.

  • Buku boleh re-read, tapi review harus baru (bukan repost), dan diposting pada periode challenge.

  • Boleh overlapping dengan reading challenge lain.

  • Membuat wrap up post di akhir periode, yang berisi: a) Kelas apa yang berhasil dicapai, dan b) Daftar buku apa saja yang dibaca beserta link review-nya.

  • Wrap post ditunggu hingga 20 Februari 2014, linky akan tersedia pada 31 Januari 2014.

Kelas yang dipertandingkan:

  1. Featherweight / Kelas Bulu: membaca 1 - 4 buku

  2. Middleweight / Kelas Menengah: membaca 5 - 8 buku

  3. Heavyweight / Kelas Berat: membaca > 8 buku

Selain kelas-kelas utama tersebut, ada pula Kelas Khusus:

  • Incredible Bulk: membaca minimal 1 (satu) buku dengan jumlah halaman >1000


Giveaway!
Pastinya, ada challenge ada giveaway :D

Peraturan giveaway:
Giveaway ini menggunakan sistem poin; nantinya akan dipilih 1 pemenang dengan poin tertinggi dan 1 pemenang yang dipilih secara random.
Jika ada 2 orang atau lebih memiliki poin tertinggi yang sama, maka akan diundi.

Perhitungan poin:
- Untuk setiap 1 buku yang dibaca & direview mendapat 1 poin
- Untuk setiap 1 buku yang masuk Kelas Khusus mendapat 2 poin

Di akhir periode, jumlah buku yang dibaca diakumulasikan dan jika berada pada:
Kelas 1: mendapat tambahan 1 poin
Kelas 2: mendapat tambahan 2 poin
Kelas 3: mendapat tambahan 3 poin
Kelas Khusus: mendapat tambahan 1 poin

Contoh perhitungan poin:
Lancelot berhasil mengalahkan, eh, membaca 3 buku di mana salah satunya >1000 halaman;
Buku a: 1
Buku b: 1
Buku c (>1000): 2
Kelas 1: 1
Kelas Khusus: 1
Total poin: 6

Hadiahnyaaa:
Untuk 1 pemenang dengan poin terbanyak
* 1 buah buku seharga maksimal $15 / Rp 150.000 *

Untuk 1 orang yang dipilih secara acak:
* 1 buah buku seharga maksimal $10 / Rp 100.000 *

Setelah membaca aturannya, saya mulai mengobrak-abrik rak buku saya dan mencari buku bantal yang saya punya, berikut listnya:

  1. Insurgent - 551 p

  2. The Calligrapher's Daughter - 600 p

  3. Seratus Tahun Kesunyian - 547 p

  4. Doctors - 848 p

  5. The Class - 648 p

  6. City of Bones - 664 p

  7. City of Ashes - 512 p

  8. City of Fallen Angels - 577 p

  9. City of Lost Soul - 535 p

  10. The Child Thief - 936 p

  11. Harta Vaeran - 528 p

  12. Ratu Seribu Tahun - 584 p

  13. Dracula - 528 p

  14. 1984 - 585 p

  15. TOFI Bagian 2 - 829 p

  16. Sing Me To Sleep - 563 p

  17. Water for Elephants - 512 p

  18. The Geography of Bliss - 512 p

  19. Forget About It  (Pura-Pura Lupa) - 514 p

  20. Dunia Kafka - 597 p

  21. Dark Hollow - 560 p

  22. The Red Pyramid - 518 p

  23. Juliet - 716 p

  24. The Casual Vacancy - 596 p

  25. Wizards - 570 p

  26. Eon - 577 p

  27. Eona - 637 p

  28. The Maze Runner - 532 p

  29. American Gods - 784 p

  30. Good Omens - 518 p

  31. Grim - 720 p

  32. Silence - 592 p

  33. Inkspell - 680 p

*kemudian mukok-mukok*

Saya nggak yakin bisa menyelesaikan semuanya tapi saya akan mencobanya, rencananya sih mau ikut yang Heavyweight / Kelas Berat *bisya, bisya*, biasanya kalau seru bukunya berapa banyak halaman pun tidak akan pernah cukup dan semoga buku-buku di atas sesuai dengan ekspetasi saya. Sayangnya nggak ada buku yang halamannya lebih dari 1000, paling banyak adalah The Child Thief dan awal tahun kemaren saya udah mencicil membacanya, entah selesainya kapan :D

Semangat! Semangat!

Pengen ikutan? langsung aja daftarin postingan kamu di link Read Big! dan tunjukkan kalau kamu adalah Ksatria Penakluk Buku Bantal!

Memoritmo

16136026

Memoritmo
Ada Cerita dalam Setiap Nada
Penulis: Anto Arief, Galih Sakti, Hasief, Kartika Jahja, Maradilla Syachridar, Meng, Michael, Vabyo, Ade Paloh, Sarah Deshita, Rain Chudori, Eross Chandra, Sammaria Simandjutak, Cholil Mahmud.
Editor: Syafial Rustama
Desain Sampul: Gita Mariana
Penerbit: Bukune
ISBN: 602-220-072-5
Cetakan pertama, September 2012
180 halaman
Harga: pinjam @asdewi

Berawal dari lagu yang sangat disukainya, Maradilla membuat project, sebuah buku kumpulan memoir lagu yang bermakna bagi banyak orang. Ada 14 cerita yang ditulis oleh penulis dari berbagai kalangan, baik yang memiliki profesi di dunia musik (penyanyi, pencipta lagu, penyiar radio) maupun di luar profesi tersebut, menjadikan musik penyemangat mereka. Seperti yang ditulis Maradilla Syachridar di bagian intro, sebuah lagu bisa berarti banyak bagi seorang pendengarnya.
"Mungkin itulah yang dilakukan lagu-lagu tertentu terhadap setiap orang, memunculkan kenangan, dan yang lebih hebat lagi, menciptakan sebuah koneksi. Ibarat sedang cinta-cintanya kepada seseorang, kita tidak begitu peduli apakah sebenarnya itu yang terbaik atau bukan, kita hanya sadar bahwa ada yang terhubung di sana. Dimulai dari kecintaan terhadap melodi atau liriknya hingga cerita pribadi dibaliknya. Perasaan atau sensai yang ditimbulkan karena mendengarkan lagu yang berkaitan dengan kita dapat menjadi sesuatu yang begitu manis atau bahkan kelewat pahit hingga kita benci terhadapnya."

Saya suka sekali mendengarkan musik, saya garis bawahi mendengarkan. Entah itu lagu barat atau dalam negeri, penyanyi terkenal atau karbitan, asal lagunya enak dikuping, puter aja. Saya jarang mengartikan atau memaknai liriknya, asal melodinya cocok dikuping maka lagu tersebut saya masukin ke playlist. Jadi ketika membaca buku ini kesan saya biasa aja, para penulis punya caranya sendiri-sendiri dalam menceritakan lagu yang sangat membekas dalam hidup mereka bahkan mempengaruhi musik mereka, contohnya: lagu Across the Universe dari The Beatles menjadi self healing bagi Eross Chandra, Maradilla Syachridar menceritakan lagu Strings That Tie To You kepada seseorang lewat sebuah email, Galih Wismoyo membuat sebuah cerpen yang mempunyai makna seperti lagu Yeh Go Halka Saroor Hae, Sarah Deshita dalam lagu True Love Waits mengajak kita untuk mencari makna cinta yang sebenarnya. Itu beberapa contohnya, ada yang mengartikan lagunya lewat sebuah cerpen, melalui cerita pribadi, ada juga lewat sebuah dialog.

Mungkin karena saya jarang memaknai sebuah lagu inilah saya menjadi kurang 'dekat' dengan buku ini. Tapi ada dua cerita yang setidaknya menarik menurut saya, cerita bagiannya Cholil Mahmud dan Vabyo. Cholil Mahmud bercerita tentang lagu Terbunuh Sepi, lagu Slank dari album Generasi Biru. Yang saya suka adalah bagaimana Cholil menceritakan bagaimana awal mula dia berkenalan dengan lagu tersebut yang kemudian sangat mempengaruhi musiknya, bahkan dia berharap dialah yang menciptakan lagu tersebut. Salah satu lagu Efek Rumah Kaca, Melankolia adalah contoh betapa Terbunuh Sepi merasuki musikalitas dari Efek Rumah Kaca.
"Ada kalanya lagu bagus berarti lagu yang menghibur dan catchy, atau kadang mengispirasi, atau sesekali melakukan terobosan dan tidak takut berekplorasi, atau yang kira-kira nanti akan menjadi heavy rotation di surga sana, atau, ya... hanya sekadar lagu bagus yang tidak perlu dianalisa, hanya perlu dirasa. Rasa itu datang, kadang bergantian, kadang bersamaan."
"Yang saya tangkap dari lirik 'Terbunuh Sepi'-nya Slank adalah sepi dalam arti yang negatif. Sepi yang membunuh, kondisi yang ingin segera diakhiri. Uniknya, saya justru merasakan yang berbeda jika mendengarkan lagu tersebut secara keseluruhan (bukan hanya membaca liriknya). Jalinan komposisi berbagai instrumen yang tak berlebihan dipadu dengan lirik yang bernuansa negatif, entah mengapa justru di respon positif oleh alam bawah sadar saya. Ia seperti harapan, terus menyala memberi semangat."

"Makna sebuah lagu menjadi monopoli penciptanya hanya saat proses pembuatannya. Ketika lagu itu sudah selesai diciptakan/diaransemen kemudian diperdengarkan kepada publik, maka dimulailah perjalanan spiritual lagu tersebut dalam mencari dan memperluas makna yang lahir darinya. Ia berkelana, mencari jalan hidupnya. Sang pencipta tak lagi bisa memaksakan makna dari lagu itu kepada yang menikmatinya."

Wow, saya suka banget tulisannya Cholil, baru kali ini saya membaca tulisan yang lebih panjang darinya, biasanya hanya membaca lirik dari lagu Efek Rumah Kaca, dan saya langsung terpesona. Membaca cerita ini membuat saya sangat penasaran dengan lagu Terbunuh Sepi, ingin membandingkan dengan lagu Melankolia dan mencari kesamaannya, mencari rasa yang pernah didapat Cholil. Sedangkan untuk ceritanya Vabyo yang berjudul Sahabat Gelap, lagu dari band kombinasi darkwave, heavy metal, electrinoc, Kubik, seperti biasa, di sini Vabyo membuat cerita kocak, gaya tulisan lebaynya, tokoh yang tersia-sia, dipalak sama sahabatnya sendiri dan dia berusaha menghindar dan mengelak. Ketika membacanya tetap aja bikin ketawa."

Walau hanya dua cerita yang saya suka, bukan berarti buku ini jelek, setiap orang punya lagunya sendiri-sendiri, kalau beberapa lagu yang kamu suka ada di buku ini mungkin kamu lebih akan bisa mencernanya, merasakannya. Sedangkan saya sama sekali asing dengan kebanyakan lagu di buku ini, selebihnya saya hanya menikmati bagaimana penulis membagi pengalaman mereka. Ada beberapa penulis, terlebih yang memakai bahasa inggris membaut saya males membacanya, lebih sulit mencernanya. Saya suka banget sama covernya, bahkan masuk ke dalam best book covers versi saya di tahun kemaren, kaset adalah salah satu media musik disajikan, buku ini bercerita tentang kenangan sebuah lagu yang membekas bagi penulisnya, sangat cocok sekali covernya.

Buku ini cocok bagi kamu yang suka banget mencerna sebuah lagu.

Untuk cerita di setiap nada, saya kasih 3 sayap.

Rabu, 20 Februari 2013

Wishful Wednesday [18]

Hai Hoooo, lumayan lama juga nih nggak ngeblog, beberapa minggu lah, kangen sih tapi akhir-akhir ini beneran kerjaan nguras waktu, lagi musim sakit dan kalau sampe rumah udah capek banget. Boro-boro nulis review, baca aja jadi nggak mood saking stressnya #halah. Banyak buku yang pengen saya review sebenernya tapi nunggu waktu luang dulu, jadi para pembaca setia bersabarlah :D
Biasanya buku yang jadi wishlist saya kalau nggak fantasy ya romance, kali ini berbeda. Udah dari dulu pengen baca buku dari penulis ini, karna harga bukunya mahal-mahal jadi nanti-nanti dulu deh belinya, nunggu pas diskon atau cari buntelan aja :p.

550193_10151469682559923_340966681_n

TITIK NOL
(Agustinus Wibowo)

Akan terbit 21 Februari 2013
Ukuran : 13.5 x 20 cm
Tebal : 568 halaman
Cover : Softcover
ISBN : 978-979-22-9271-8
Harga : Rp. 98.000,-

Pre order di http://www.gramediashop.com/book/detail/9789792292718

Sinopsis:
Perjalananku bukan perjalananmu
Perjalananku adalah perjalananmu

Jauh. Mengapa setiap orang terobsesi oleh kata itu? Marco Polo melintasi perjalanan panjang dari Venesia hingga negeri Mongol. Para pengelana lautan mengarungi samudra luas. Para pendaki menyabung nyawa menaklukkan puncak.

Juga terpukau pesona kata “jauh”, si musafir menceburkan diri dalam sebuah perjalanan akbar keliling dunia. Menyelundup ke tanah terlarang di Himalaya, mendiami Kashmir yang misterius, hingga menjadi saksi kemelut perang dan pembantaian. Dimulai dari sebuah mimpi, ini adalah perjuangan untuk mencari sebuah makna.
Hingga akhirnya setelah mengelana begitu jauh, si musafir pulang, bersujud di samping ranjang ibunya. Dan justru dari ibunya yang tidak pernah ke mana-mana itulah, dia menemukan satu demi satu makna perjalanan yang selama ini terabaikan.

"Agustinus telah menarik cakrawala yang jauh pada penulisan perjalanan (travel writing) di Indonesia. Penulisan yang dalam, pengalaman yang luar biasa, membuat tulisan ini seperti buku kehidupan. Titik Nol merupakan cara bertutur yang benar-benar baru dalam travel writing di negeri ini."
—Qaris Tajudin, editor Tempo dan penulis novel.




Catatan: Buku ini dilengkapi foto-foto berwarna yang dicetak pada art paper & sebagian cerita dalam buku ini pernah dimuat di kolom “Petualang” http://www.kompas.com/ (sumber: Gramedia)

Ada yang bilang kalau Agustinus Wibowo ini adalah the best travel writer indonesia, kebayang dong pasti keren banget tulisannya. Saya jarang baca buku travel, paling sering kumcer atau dicampur fiksi (kisah cinta), selain itu rute perjalanan Agustinus Wibowo nggak biasa, negara-negara yang sering perang, negara-negara yang namanya sulit dilafalkan. Saya pengen mengoleksi semua buku-bukunya :D


Wishful-wednesday2

Apa Wishlist kamu? yuk ikut meme ini, caranya:
  1. follow  Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu
  2. buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran minggu ini, mulai dari yang bakal dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist.
  3. meninggalkan link Wishful Wednesday di Mr. Linky (ada di bawah postingan mb  Astrid). Kalau mau tambahkan button Wishful Wednesday di postingan.
  4. udah tinggal blogwalking sesama blog yang ikut share wishlist :)

Kamis, 07 Februari 2013

[Challenge] The Devil In Black Jeans






Lagi ikut kuisnya Biondy yang bertajuk Let's Talk About Love, dia akan ngabulin satu buku romance keinginanmu asal harganya nggak lebih dari 75k, baik hati kan? :) Cocok banget nih sama saya yang emang doyan baca novel romance. Buku pilihan saya adalah The Devil In Black Jeans by aliaZalea, harganya 55k dan akan terbit pas hari valentine besok, jadi kalau misalnya menang nih bukunya udah ada di toko buku terdekat ^^. Alasannya aliaZalea adalah salah satu penulis metropop favorit saya, karena saya emang doyan ngoleksi buku dari penulis favorit jadi nggak perlu banyak alasan kenapa saya harus punya bukunya, pokoknya harus punya :D.

Mari kita intip sinopsisnya:
Dara betul-betul mencintai pekerjaannya sebagai personal assistant para artis, sampai dia bekerja untuk Blu, penyanyi opera Indonesia berumur lima belas tahun. Masalahnya bukan pada Blu, tapi kakaknya, yaitu Johan Brawijaya, drummer paling ganteng se-Indonesia yang superprotektif kepada adiknya dan membuat Dara ingin mencekiknya setiap kali bertemu.

Sebagai drummer kawakan Indonesia dengan wajah di atas rata-rata dan masih single, Jo mencintai kebebasannya untuk melakukan apa saja yang dia mau. Kebebasan ini punah dengan kedatangan adiknya di rumahnya. Seakan itu belum cukup parah, kini seorang PA artis yang sok tahu, super menyebalkan, berbentuk Dara, muncul dan mulai mengatur kehidupannya.

Satu-satunya hal yang membuat mereka berdua bisa saling bertoleransi adalah karena Blu. Atau itulah yang mereka pikir hingga ciuman itu terjadi. Satu ciuman yang membuat keduanya berpikir dua kali tentang perasaan mereka terhadap satu sama lain.


Buat yang pengen ikutan coba berkunjung ke blognya Biondy, semoga beruntung *sembur mantra* :D

Rabu, 06 Februari 2013

Bacaan Bulan Januari 2013

Bulan Januari udah lewat, mari kita data buku apa aja yang sukses saya ganyang di bulan lalu :D
Bacaan_bulan_januari_2013

Ada 15 buku yang selesai saya baca, namun ada beberapa review yang masih dalam antrian, berikut ke-15 buku tersebut beserta challenge yang saya ikuti:

  1. Menunggu by Dahlian dan Robin Wijaya (Indonesian Romance Reading Challenge)

  2. Winter Dream by Maggie Tiojakin

  3. Lover Revealed by J.R Ward

  4. Imaji Terindah by Sitta Karina (Sitta Karina Reading Challenge, Indonesian Romance Reading Challenge)

  5. Lukisan Hujan by Sitta Karina (Sitta Karina Reading Challenge. Indonesian Romance Reading Challenge, Serapium Reading Challenge)

  6. The Fault In Our Stars by John Green (Finding New Author Reading Challenge)

  7. Kencana by Sitta Karina (Sitta Karina Reading Challenge, Indonesian Romance Reading Challenge, What's In A Name Reading Challenge)

  8. Prom Nights from Hell by Meg Cabot dkk (Fantasy Reading Challenge)

  9. Masa Elir by Hans J. Gumulia (Fantasy Reading Challenge)

  10. Les Miserables by Victor Hugo (Hisfic Reading Challenge, Finding New Author Reading Challenge)

  11. Best Friend Forever by Orizuka (Indonesian Romance Reading Challenge)

  12. Adriana: Labirin Cinta di Kilometer Nol by Fajar Nugros dan Artasya Sudirman (Indonesian Romance Reading Challenge, What's In A Name Reading Challenge)

  13. Mencoba Sukses by Aditya Mulya

  14. Warm Bodies by Isaac Marion (Fantasy Reading Challenge, Finding New Author Reading Challenge)

  15. Love, Cures and Hocus Pocus by Karla M Nashar (Indonesian Romance Reading Challenge)

Lumayan satu buku bisa borong beberapa reading challenge :D

Sebenernya ada beberapa nama penulis baru yang tulisannya saya baca sayangkan masuk dalam kompilasi kumcer dan duet, padahal kalau dihitung bisa lebih dari lima tuh :( Tapi ga pa-pa deh toh masih banyak penulis baru yang bukunya masih dalam antrian baca, dan semoga saja bulan ini bacaan saya bertambah dan bisa kereview semua, amin. Berapa buku yang kamu baca dan kamu review di bulan Januari? :D

Wishful Wednesday [17]

Hai hoooo, ketemu lagi nih, nggak usah bertele-tele yah, kali ini  cuman satu buku yang saya pengen kok :)

9361589

The Night Circus by Erin Morgensten
Harga: belum tahu
Genre: Fantasy
Sinopsis:
The circus arrives without warning. No announcements precede it. It is simply there, when yesterday it was not. Within the black-and-white striped canvas tents is an utterly unique experience full of breathtaking amazements. It is called Le Cirque des Rêves, and it is only open at night.
But behind the scenes, a fierce competition is underway—a duel between two young magicians, Celia and Marco, who have been trained since childhood expressly for this purpose by their mercurial instructors. Unbeknownst to them, this is a game in which only one can be left standing, and the circus is but the stage for a remarkable battle of imagination and will. Despite themselves, however, Celia and Marco tumble headfirst into love—a deep, magical love that makes the lights flicker and the room grow warm whenever they so much as brush hands.
True love or not, the game must play out, and the fates of everyone involved, from the cast of extraordinary circus per­formers to the patrons, hang in the balance, suspended as precariously as the daring acrobats overhead.
Written in rich, seductive prose, this spell-casting novel is a feast for the senses and the heart.




Alasannya firasat saya bilang pokoknya harus baca buku ini, biasanya nggak pernah salah :D


Wishful-wednesday2

Apa Wishlist kamu? yuk ikut meme ini, caranya:
  1. follow  Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu
  2. buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran minggu ini, mulai dari yang bakal dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist.
  3. meninggalkan link Wishful Wednesday di Mr. Linky (ada di bawah postingan mb  Astrid). Kalau mau tambahkan button Wishful Wednesday di postingan.
  4. udah tinggal blogwalking sesama blog yang ikut share wishlist :)

Jumat, 01 Februari 2013

Friday's Recommendation #10

Hai Hooooo, sempet absen minggu kemaren karena kelupaan, kebiasaan sih :D. Beberapa waktu yang lalu saya menengok salah satu blog penulis favorit saya, dan voila ada review bukunya, saya bacalah dan saya langsung tertarik sama buku tersebut, walau sebelumnya saya sudah melirik tapi masih sebatas penasaran aja, bisa dikatakan buku tersebut menjadi buku yang paling banyak di bicarakan selain Mr. Grey di tahun lalu :D

8442457

Gone Girl by Gillian Flynn
Genre: Thriller
Sinopsis:
Marriage can be a real killer.
One of the most critically acclaimed suspense writers of our time, New York Times bestseller Gillian Flynn takes that statement to its darkest place in this unputdownable masterpiece about a marriage gone terribly, terribly wrong.
On a warm summer morning in North Carthage, Missouri, it is Nick and Amy Dunne’s fifth wedding anniversary. Presents are being wrapped and reservations are being made when Nick’s clever and beautiful wife disappears from their rented McMansion on the Mississippi River. Husband-of-the-Year Nick isn’t doing himself any favors with cringe-worthy daydreams about the slope and shape of his wife’s head, but passages from Amy's diary reveal the alpha-girl perfectionist could have put anyone dangerously on edge. Under mounting pressure from the police and the media—as well as Amy’s fiercely doting parents—the town golden boy parades an endless series of lies, deceits, and inappropriate behavior. Nick is oddly evasive, and he’s definitely bitter—but is he really a killer?
As the cops close in, every couple in town is soon wondering how well they know the one that they love. With his twin sister, Margo, at his side, Nick stands by his innocence. Trouble is, if Nick didn’t do it, where is that beautiful wife? And what was in that silvery gift box hidden in the back of her bedroom closet?
With her razor-sharp writing and trademark psychological insight, Gillian Flynn delivers a fast-paced, devilishly dark, and ingeniously plotted thriller that confirms her status as one of the hottest writers around.




Alasannya kenapa berharap banget buku ini diterjemahin adalah saya sangat suka romance, bila cerita ada bumbu tersebut pasti menarik bagi saya, kemudian saya sangat tertarik dengan buku ini setelah membaca review bukunya dari sini. Saya ingin membaca buku tentang pernikahan dalam genre thriller, yang selama ini lebih saya nikmati dari sisi drama.
Semoga ada yang tertarik menerjemhkan buku ini.


Pengen dapet buku dan pamer buku apa yang sedang kamu pengen banget diterjemahin atau buku keren yang habis kamu baca? yuk ikut meme ini, caranya:
  1. Pilih jenis rekomendasi buku. Ada dua jenis rekomendasi, yang pertama dan sifatnya mutlak adalah Rekomendasi Buku Untuk Diterjemahkan. Jika tidak ada buku yang direkomendasikan untuk diterjemahkan, maka bisa memilih pilihan kedua, Rekomendasi Buku Pilihan. Di sini rekomendasi buku yang paling kamu suka baca dalam minggu ini.
  2. Pilih hanya satu buku untuk direkomendasikan. Tidak boleh lebih.
  3. Beri sinopsis, genre buku dan alasan kenapa kamu merekomendasikan buku itu.
  4. Posting button meme (dengan gambar kucing lucu X) ) di bawah ini :
    Fridays_rec
  5. Blogger yang sudah membuat memenya, jangan lupa menaruh link ke blog di dartar linky di blognya Ren Little Corner yang memuat postingan meme ini, jadi pembaca lain bisa blogwalking.
  6. Untuk pembaca blog yang tidak punya blog, bisa menulis rekomendasinya di kolom komen.
  7. Bahasa yang dipergunakan terserah. Jika memang khusus blog yang menggunakan bahasa Inggris, dipersilakan menulis dengan bahasa Inggris. Begitu juga sebaliknya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...