Sabtu, 28 Desember 2013

Top Five Worst Book Covers 2013


Semoga mbak Fanda nggak keberatan ya saya menambahkan satu kategori lagi ^^. Sebenarnya untuk besok ada Top Five of Your Own Criteria dan bisa dimasukkan ke situ, cuman untuk besok mau saya pakai untuk kategori Top Five Favorite New Authors, jadi karena sama-sama berhubungan soal cover maka saya poating bareng hari ini.

Mungkin udah ada yang bisa menebak cover buku apa yang akan saya tampilkan, untuk lebih lengkapnya mari saya tunjukkan :D




5. The Great Gatsby by F. Scott Fitzgerald

Nggak hanya terjemahannya yang parah, saya nggak suka covernya. Mungkin niatnya ingin menggambarkan orang kaya jaman dulu tapi ketuaan, nggak nangkep kecenya Jay Gatsby, hiks. Mending cover filmnya aja deh.


4. Prom Nights from Hell by Stephenie Meyer, dkk

Serem ya covernya? Ceritanya emang serem juga tapi saya nggak suka sama gambar orangnya, selera sih. Cover aslinya juga nggak bagus kok, mungkin susah kali ya bikin cover yang ceritanya dark atau horror?


3. Les Miserables by Victor Hugo

Sebenarnya nggak buruk-buruk amat, mungkin niat penerbit memakai salah satu cover film biar banyak yang beli secara bukunya terbit nggak lama setelah filmnya rilis. Hanya saja tulisan di cover depan itu, duh, kebanyakan dan nggak penting, kesannya jadi terlalu penuh.


2. The Fault In Our Stars by John Green

Dua cover terakhir ini adalah cover yang sangat-sangat disayangkan sekali, karena apa? Karena ceritanya keren banget dan cover aslinya superb! Cover terjemahannya ini sangat-sangat anak kecil, padahal bukunya YA, nggak nyambung kan? Semoga aja ada cover filmnya karena cover filmnya juga superb!


1. Eleanor & Park by Rainbow Rowell

Ketawa miris. Nggak banget. BENCANA.

Saya tahu nggak murah kalau mau beli cover asli, tapi mbok ya jangan melenceng jauh dari cover asli, atau kepepetnya cukup dengan tulisan aja, jangan pakai ilustrasi yang macem-macem bahkan sampai menjatuhkan nilai buku tersebut, ingat, banyak orang judge book by it's cover, cover buruk bisa mengurangi minat pembaca membeli sebuah buku. Sayang banget kan kalau ceritanya bagus banget tapi kemasannya kacrut? Sekarang aja banyak cover dalam negeri yang bagus-bagus, jangan mau kalah sama cover luar. Lebih nyaman kalau selain isi kemasannya pun juga menarik, kita jadi seneng juga ngoleksinya.

Yak, itulah cover-cover yang udah-jangan-disesali-lagi-karena-udah-terlanjur-diketahui-publik. Semoga aja tahun depan saya nggak memposting Worst Book Covers dalam artian dari tahun ke tahun para desainer dan iluistrasi lebih jago lagi dalam memaknai subuah cerita di dalam buku kemudian bisa mewujudkannya dalam kemasan yang epic. Sekian dan minta kertas kado.



11 komentar:

  1. Nomor 1 emang bencana banget, sampe aku gak mau beli versi terjemahannya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tahan baca buku bahasa Inggris mending beli aslinya aja :p

      Hapus
  2. Satu-satunya buku yg blm kubaca cmn no. 1 *penasaran* tapi kok covernya krg menarik begitu.
    Yg no. 3 itu Anne Hathaway spt baru operasi plastik ya, bengkak semua hahaha.
    John Green-ku edisi itu sdh kugadaikan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, padahal dari cover film kan?

      Hapus
  3. aku masih ngga habis pikir, apa iya pihak yang berkepentingan menerjemahkan buku ini ga riset lebih dalam? aku yakin banget Rainbow Rowell bakalan kecewa, aku pernah baca postingan dia di mana dia sungguh-sungguh banget konsul sama desainer sampulnya untuk setiap karya yang dia tulis. (waktu itu dia ngebahasa Fangirl)

    BalasHapus
  4. mau ikutan juga ah, biar adil. Hehehehe

    BalasHapus
  5. Hahaha yang nomer 1 itu... Kayak Indonesia kekurangan desainer cover bagus aja.. Btw, aku sempet mikir lho, seandainya Eleanor & Park covernya didesain sama Lala Bohang (http://lalabohang.wordpress.com/) pasti cakep. Dia ini desainer cover beberapa novel remaja Atria.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku tahuuuuuu, aku ngefans sama ilustrasinya, paling suka di buku Menuju(h), ilustrasinya dark, sukaaaaaa :)
      Iya, padahal banyak ilustrator iIndonesia yang bagus :(

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...