Jumat, 27 Desember 2013

Top Five Most Memorable Quotes 2013


Hai hoooo, hari kedua dalam Book Kaleidoscope 2013 yang di host mbak Fanda Classiclit. Sama kayak di postingan sebelumnya yang membahas Book Boy Friends, saya cukup kesulitan untuk memilih quote-quote kece, di mana saya sering banget menandai bagian yang saya suka disebuah buku, khususnya sebuah quote. Saya sendiri pun kadang memposting Quote of The Day di blog ini, tapi untuk Book Kaliedoscope saya tidak akan memunculkannya lagi, saya akan memilih quote dari buku yang paling banyak ada post-it nya, lupa-lupa ingat juga tapi setelah membuka kembali reviewnya saya langsung menemukan quote yang paling saya suka, berikut kelima quote terbaik di tahun ini.



“Mungkin salah satu kerjaan yang paling enak adalah nge-judge orang lain. Everbody judges everybody.”

Quote ini jleb banget tau. Sejak baca 13 Reasons Why saya selalu berhati-hati kalau bicara sama seseorang, terlebih orang yang baru saya kenal. Ada teman kerja yang bilang saya berbeda dengan ketika saya masih orientasi, pada saat itu saya lebih banyak diam, jarang memulai percakapan terlebih dahulu. Dan ketika udah kenal tanggapan mereka sangat berbeda, mereka melihat saya sebagai orang yang selalu ketawa, melucu, ngeyel, nggak takut sama yang lebih tua dan nggak bisa marah. Saya bilang aja kalau saya sedang mempelajari situasi, mempelajari sifat orang-orang yang setiap harinya akan selalu berhubungan dengan saya dan sifat setiap orang berbeda-beda, nggak semua orang bisa menerima apa perkataan kita. Terus hubungannya sama quote ini apa dong? Nggak jau berbeda juga, sebelum benar-benar mengenal orang atau kesalahan orang lain jangan langsung menuduh orang tersebut seperti ini itu, pasti ada alasan dibalik mereka melakukan sebuah kesalahan, dan bukan kewajiban kita untuk menghukum mereka, yang perlu kita lakukan adalah memahami.

4. Looking for Alibrandi - Melina Marchetta

"Josie, hidup ini tidak seperti cerita-cerita roman di novel Mills and Boon. Di kehidupan nyata, orang bisa berhenti mencintai. Bisa mengecewakan orang lain dan merasa sulit sekali memaafkan."

Yap, jangan samakan kenyataan hidup dengan cerita di novel, kalau cerita di novel kita bisa membuat apa yang kita inginkan dan dalam kehidupannya nyata itu kuasa Tuhan. Sebenarnya banyak banget quote di dalam buku Looking for Alibrandi ini, karena bingung saya pilih random aja dan ketemunya yang ini. Saya sering heran dengan pasangan yang berpacaran bertahun-tahun dan ketika menikah hanya bertahan seumur jagung. Yang menikah berpuluh-puluh tahun bahkan udah kakek nenek bisa bercerai dan berhenti mencintai. Nggak masuk diakal memang, begitulah manusia.

3. Momo - Michael Ende

Kita mempunyai penanggalan dan jam untuk mengukur waktu, namun itu tidak berarti banyak, sebab kita semua tahu bahwa satu jam bisa terasa seakan-akan tanpa akhir, tetapi bisa juga terasa bagaikan sekejap mata -tergantung apa yang kita alami selama satu jam itu. Sebab waktu adalah kehidupan. Dan kehidupan berpusat di dalam hati.

Kita sering mengeluh waktu begitu cepat, waktu begitu lambat, yah, nggak usah ditanya juga kegiatan sebagian besar orang adalah mengeluh. Quote ini pas banget, apalagi kalau saya lagi kerja, hahahaha. Kalau lagi banyak pasien waktu nggak akan kerasa karena sibuk dengan berbagai tindakan, kalau pasien sedikit rasanya pengen muter jam. Selain itu kalau kita lagi asik dengan sesuatu rasanya singkat banget dan ketika bosan setengah mati waktu terasa lambat. Tergantung apa yang kita alami.

2. Blue Romance - Sheva

"Kadang orang tidak selalu bilang terang-terangan apa yang terjadi. Orang yang bahagia selalu menutupi kesedihan mereka dengan wajah tersenyum. Tapi mereka tidak tahu bahwa dengan melakukan itu, mereka hanya menjatuhkan diri mereka ke dalam jurang rasa sakit."
"Kayak dari cara kamu minum kopi. Kopi itu, kan, sebenarnya pahit, dan punya rasanya sendiri. Tapi kamu nggak mau merasakan rasa yang sebenarnya. Kamu menutupi semuanya dengan gula, dengan krimer yang banyak, supaya rasanya terasa sangat manis. You could't cover the bitterness of life, young girl... You just nee to let it go..."

Quote di atas mencerminkan diri saya. Saya tipe orang tertutup kalau memiliki masalah, saya akan berusaha menyelesaikan sendiri tanpa ingin membebani orang lain, saya nggak ingin dikasihani. Sedikit banget orang yang saya percaya untuk curhat, dan sebenarnya saya tahu kalau kita berbagi beban kita akan sedikit ringan, sayangnya darah ngeyel saya sangat kental.

1. Melbourne: Rewind - Winna Efendi

"Orang-orang bertemu karena memang ditakdirkan untuk bertemu, berpisah karena ditakdirkan untuk berpisah. Kehidupan setiap orang diorkestrasikan sedemikian rupa sehingga setiap momen memiliki sebab dan akibat. Benang merah, takdir, nasib, whatever you call it."

Salah satu buku yang banjir quote dan saya bingung memilihnya. Saya memilih quote ini karena saya merasa sangat dekat dengan kata berpisah, kehilangan. Saya seperti udah kebal kalau ada orang yang meninggal, saya pernah merasakannya dan hancur. Ketika kamu udah pernah mengalami hal terburuk yang paling buruk dalam hidupmu itu akan membuatmu lebih kuat dalam menghadai masalah.

Yak itulah quote yang saya pilih, sebenarnya masih banyak tapi lain kali akan saya tampilkan dalam Quote of The Day. Sebagian besar berisi curcol yah, hahahaha, nggak pa-pa lah sesekali. Yuk share juga quote favoritmu di tahun ini atau bisa juga kamu membuat postingan tersendiri dan jangan lupa share linknya di postingan mbak Fanda ^^


11 komentar:

  1. waaah ada si Momo juga :) Suka sama yg Looking for Alibrandi. bener banget, kalo relationship itu nggak seindah di novel2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Momo mah salah satu buku yang jleb banget mbak dan harus masuk :D

      Hapus
  2. aw, ada quote-nya si Lexy xD
    yang lainnya aku belum baca #malu

    BalasHapus
    Balasan
    1. jujur, bukunya Lexy emang bagus :p

      Hapus
  3. Paling suka quote no 3
    MOMO

    BalasHapus
    Balasan
    1. quote yang nggak menye-menye sendiri :p

      Hapus
  4. Ada MOMO :D (bacaan masa sekolah)
    Looking for Alibrandi pengen banget baca, blm nemu bukunya >,<

    BalasHapus
  5. Jadi pengen baca Momo lagi :')

    BalasHapus
  6. tentang quote no.2,
    tadi aku 'baru' ngerasain kopi tanpa krimer, and i don't think i want to give it another try.
    *hubungannya apaaa? cuma karena terpanggil oleh kata 'krimer' XD'

    BalasHapus
  7. Melbourne memang salah satu novel Indonesia yang paling quoteable :D

    BalasHapus
  8. Aku nunggu bukunya Sheva yang berikutnya, Blue Romance emang kereenn... ;)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...