Selasa, 08 Oktober 2013

Enigma

Enigma
Penulis: Yudhi Herwibowo
Editor: Anin Patrajuangga
Desainer sampul: Rio
Penerbit: Grasindo
ISBN: 978-602-251-192-2
Cetakan pertama, September 2013
224 halaman
Buntelan dari @yudhi_herwibowo


Kisah ini memang tentang mereka berlima...
Dan satu di antara mereka,
menyimpan rahasia yang menakutkan...

...ia dapat melihat jalan hidup yang lainnya! 

Kelimanya kerap duduk bersama di bawah sebuah pohon besar yang ada di sebuah warung lotek di dekat Kanisius, Yogyakarta. Tanpa pernah saling mengetahui, ternyata mereka menyimpan rahasia masing-masing.

Hasha adalah seorang penulis yang lebih banyak diam. Ia suka bicara pada lilin-lilin dalam temaram. Saat kuliah ia sebenarnya memendam perasaannya pada Isara.

Isara, perempuan satu-satunya semenjak Kurani pindah. Ia seperti membalas perasaan Hasha. Namun sebelum sempat ia mengungkapkannya, ia tiba-tiba menjauh dari laki-laki itu. Setelah lulus, ia bahkan memilih menikah dengan Patta.

Patta, merupakan laki-laki ideal bagi semua perempuan. Pintar, menarik dan berkarier cemerlang. Sepanjang hidupnya, ia hanya pernah mencintai satu orang perempuan, Isara.

Chang, atau Indiray, merupakan sosok yang ingin menghapus masa lalunya. Ia telah menemukan sebuah tempat yang selama ini dicarinya. Namun ia selalu teringat pada sahabat-sahabat masa lalunya, terutama Hasha.

Goza, sosok yang selalu dapat mencairkan suasana dengan joke-joke-nya. Namun sebenarnya merupakan bedebah di antara kelimanya. Kelak ia memilih jalan paling mengerikan: menjadi pembunuh bayaran.

Sebenernya saya udah penasaran dengan buku ini ketika mas Yudhi membawa foto copy cover dan bercerita sedikit tentang novel terbarunya waktu kopdar BBI Joglosemar kemaren. Bercerita tentang lima sahabat, satu bisa melihat masa depan yang lainnya dan ada cinta segi tiga segi empat. Cukup Menarik. Saya bilang mirip 5 cm dong dan mas Yudhi belum pernah baca ataupun nonton filmnya. Dan lebih tertarik lagi waktu mbak Desty dengan kecepatan membaca dan mereviewnya tidak membutuhkan waktu lama untuk memposting reviewnya di blog. Harus dibuktikan sendiri nih.

Mempunyai kehidupan sendiri-sendiri. Itulah yang terjadi pada kelima sahabat selepas mereka selesai kuliah. Sebenarnya ada enam orang tetapi satu diantaranya memilih mengalah karena tahu orang yang dicintainya mencintai orang lain, Kurani namanya. Hasha dan Chang sudah berteman sejak kecil, karakter mereka cukup berbeda, Hasha lebih pendiam sedangkan Chang adalah orang yang biasanya menghidupkan suasana. Pertemanan mereka lebih berwarna ketika si cantik Isara bergabung, diikuti oleh Patta yang menjadi idola para wanita dan Goza yang seorang penjahat kelamin.

Hingga beberapa tahun kemudian mereka tanpa sengaja dipertemukan kembali. Isara dan Patta menikah setelah selesai kuliah tapi umur pernikahan mereka tidak panjang. Patta sangat mencintai Isara tapi ada sesuatu yang perempuan itu sembunyikan, yang membuat dia tidak bisa bertahan hidup dengan Patta. Hasha dan Kunari akan menikah. Chang menghilang, bahkan Hasha pun tidak bisa menghubunginya, mencari kedamaian sesuai keyakinan yang dipilihnya. Goza melanjutkan pekerjaan lamanya yang sempat vakum, menjadi pembunuh bayaran. Tanpa mereka sadari, kehidupan mereka masih saling berhubungan, ditambah dengan penglihatan salah satu diantara mereka, dia melihat sebuah kematian.

Idenya cukup menarik, dari awal baca kesan misterius sangat terasa, membuat cepat-cepat ingin menyelesaikannya. Ada sebuah kalimat pengawal di tiap bab, setelah membaca bab demi bab saya tahu itu adalah flashback orang yang mempunyai penglihatan. Cukup mudah untuk ditebak, mulai pertengahanlah bisa diketahui siapa orangnya. Tapi cukup aneh juga, bagian itu lebih menceritakan masa lalu daripada apa yang sedang terjadi, seperti tidak ada kaitannya, saya merasa lebih cocok kalau bagian itu menceritakan penglihatan-penglihatan masa depan. Toh pada cerita juga dijelaskan akan masa lalu dia, dan waktu klimak seperti tidak ada kejutan lagi, karena udah bisa ketebak.

Untuk para tokohnya saya rasa penulis cukup sukses membangun karakter mereka. Penulis mempermudah pembaca dengan adanya nama siapa yang sedang berbicara, yap, penulis memilih sudut pandang orang pertama. Saya bisa mengenali siapa yang berbicara, paling mudah adalah Goza dan Isara. Untuk Hasha dan Chang sedikit mirip, perjalanan yang dipilih Chang membuat dia menjadi sosok yang berbeda, lebih tenang. Sedangkan Patta yang masih mengharapkan Isara sedikit mellow tapi tidak hilang karakternya yang nyantai.

Covernya keren, menambah kesan misterius, saya tidak memperhatikan apakah ada typo. Dari segi cerita sangat menarik, selain ada satu tokoh yang mempunyai penglihatan masa depan, ada dua kisah nyata yang penulis adaptasikan ke dalam buku ini, tentang keyakinan yang menyimpang dan pembunuhan wartawan ketika membeberkan kasus korupsi. Buku ini tergolong tipis, mungkin penulis bisa menambahkan pada bagian yang paling penting, yaitu kisah persahabatan mereka dan penglihatan si dia. Saya merasa asing dengan lingkaran pertemanan mereka, kecuali pada Hasha dan Chang karena diceritakan sedikit tentang masa lalu mereka. Terlalu singkat sehingga saya tidak merasakan kalau mereka bersahabat. Sedikit flashback karena penulis banyak menulis tentang masa sekarang di mana mereka menjadi asing. Saya juga berharap banyak akan hubungan Hasha dan Isara, hehehehe.

Buku ini saya recomendasika bagi kamu pecinta misteri dan para pemula cerita misteri, karena bukunya tidak terlalu berat :)

3 sayap saya berikan untuk puisinya Hasha :)

5 komentar:

  1. aku tahu buku ini gara2 cerita ttg kopdar joglosemar. kukira fantasy futuristik gitu habis judulnya enigma sih :D
    kemarin juga udah beli buku ini, tapi lihat dari blurb nya kayaknya menggalau banget deh ni buku :s

    BalasHapus
  2. belom pernah baca karya nya mas Yudhi, sepertinya bakal masuk list yang mesti dibeli :D

    BalasHapus
  3. Sering lihat Enigma ini di Togamas Solo mbak, masuk wishlist deh. Penasaran juga :D

    BalasHapus
  4. 'Enigma' judulnya menarik. Jujur, baru pertama kali denger kata ini, pas buka KBBI oh ternyata artinya semacam teka-teki gitu

    BalasHapus
  5. Mendengar nama enigma, saya kira ceritany seperti blog enigma xfile-enigma.blogspot.com
    Tentang misteri yang dihubungkan dengan sains
    Tapi pas baca review dari mbak, jiahhh hanya cerita misteri biasa
    Penonton kecewa

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...