Kamis, 26 September 2013

Cerita Sahabat 2


Cerita Sahabat 2
Penulis: Alberthiene Endah, Syahmedi Dean, Ratna Dumila, Zarry Hendrik, Jia Effendie, Anggun Prameswari, Dillon Gintings, Asmara Wreksono, Yuska Vonita, Erie Prasetyo, Feby Indirani, Maina Sumapradja, Wira Triasmara Surya, Jenny Yusuf, Valencia Mieke Randa, Dwi Sutarjantono, dan Isyanti Tunggadewi
Ilustrasi dan desain: J. Henk Winiarti
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-8716-5
Cetakan pertama, Agustus 2012
376 halaman
Beli di Gramedia Slamet Riyadi (lupa diskon berapa)

Cinta tak akan pernah habis mencipta ekspresi rasa. Hati sering tak cukup menjadi perhentian akhir. Menumpahkannya dalam tulisan memberikan pembebasan rasa yang lebih melegakan.

Sejumlah penulis ini mencipta kisah cinta dalam tuturan kisah penuh langgam. Cerita Sahabat 2 yang bertajuk Asmara Dini Hari menjabarkan cinta dalam spektrum getaran yang unik. Kita akan menemukan cinta dalam banyak wajah.

Cinta memang sesuatu yang sederhana, sekaligus sesuatu yang rumit. Inilah kumpulan cerita pendek karya Alberthiene Endah, Syahmedi Dean, Ratna Dumila, Zarry Hendrik, Jia Effendie, Anggun Prameswari, Dillon Gintings, Asmara Wreksono, Yuska Vonita, Erie Prasetyo, Feby Indirani, Maina Sumapradja, Wira Triasmara Surya, Jenny Yusuf, Valencia Mieke Randa, Dwi Sutarjantono, dan Isyanti Tunggadewi.



Salah satu hutang review tahun kemaren, karena bukunya mau dipinjam jadi buru-buru bikin reviewnya, hehehehe, prinsip sih, sama lah kayak baca bukunya dulu sebelum nonton film, nah kalau urusan ini bikin reviewnya dulu sebelum dipinjamkan :p. Beli buku ini waktu lagi anget-angetnya di toko buku, pengennya langsung direview tapi pas selesai baca saya agak kecewa. Saya lebih suka Cerita Sahabat, banyak cerpen yang jauh lebih menarik bahkan saya menemukan penulis baru yang tulisannya sangat saya suka (dan berharap dia bikin buku sendiri), inilah yang saya cari dari kumcer keroyokan terlebih penulis yang bukunya belum pernah saya baca, kayak menemukan bibit unggul. Padahal di seri kedua ini lebih banyak penulis yang ikut berkontribusi dan kebanyakan para selebtwit yang beberapa saya ikuti celotehannya. Bahkan ada satu nama yang saya harapkan banget cerpennya kece sekece twit romantisnya, sayangnya biasa saja. Sebelum saya tuliskan cerpen favorit saya, mari kita intip cerpen apa saja yang ada di buku ini:
  1. Kirana - Maina Sumapradja
  2. Nina - Maina Sumapradja
  3. Linda - Maina Sumapradja
  4. Cerita tentang Sepasang Hujan - Wira Triasmara Surya
  5. Aku dan Duka Saling Bertanya - Erie Prasetyo
  6. Kencan Buta - Asmara Wreksono
  7. Nyanyian dari Samudra - Syahmedi Dean
  8. Lelaki yang Dicintai Istriku - Anggun Prameswari
  9. Meja Rias Mama - Anggun Prameswari
  10. Janji untuk Gadis - Dillon Gintings
  11. Selamat Pagi, Chantal - Erie Prasetyo
  12. Luka Maya - Feby Indirani
  13. Where Is The Love? - Isyanti Tunggadewi
  14. Kejutan! - Jia Effendie
  15. Kisah tentang Laki-laki yang Patah Hati di Bandung - Wira Triasmara Surya
  16. Sartika dan Ibu - Ratna Dumila
  17. Lamaran - Jia Effendie
  18. Rumah Shalaga - Yuska Vonita
  19. Kesetiaan yang Tersembunyi - Zarry Hendrik
  20. () - Jenny Jusuf
  21. Tak Banyak yang Percaya Aku Sedang Perjaka - Erie Prasetyo
  22. Selingkuh - Jenny Jusuf
  23. Dia atau Aku yang Mati - Valencia Mieke Randa
  24. Mencintai Bara - Feby Indirani
  25. Sepotong Legenda Cinta - Dwi Sutarjantono
  26. Asmara Dini Hari - Alberthiene Endah

Yak itulah 26 cerpen yang ada di buku ini (semoga nggak ada yang kelewat), saya ceritakan sedikit cerpen-cerpen di atas sebelum masuk ke menu favorit.

Kirana, Nina, dan Linda, ceritanya masih dalam satu alur hanya saja diceritakan dari masing-masing tokoh. Tentang kehidupan orang-orang yang tinggal di metropolitan, mungkin terispirasi dari para sosialita, mereka mengaku berteman tetapi dibelakang saling membicarakan kejelekan pribadi masing-masing. Kirana bercerita tentang harus kuat ketika mengetahui suaminya berselingkuh, demi anak-anaknya. Nina, perempuan miskin yang sekarang menikah dengan duda kaya raya dan bahagia sentosa, dia yang paling makmur dari teman-temannya yang lain, dan dia tetap merasa asing karena tidak bisa menjadi dirinya sendiri dan harus selalu memakai 'topeng' bila bertemu teman-temannya. Dan beban paling berat adalah menyembunyikan fakta kalau dia pernah melihat suami Kirana bersama perempuan lain. Linda, mantan foto model ternama yang menikah dengan pengusaha kaya namun sekarang dia harus menyembunyikan fakta dari teman-temannya kalau bisnis suaminya bangkrut. Kesamaan dari ketiga cerpen di atas adalah mereka menjalani kehidupan yang penuh dengan kepura-puraan, kepalsuan dan berusaha kuat dengan masalah yang mereka hadapi. Ada lima orang di lingkaran pertemanan mereka, kenapa yang diceritakan hanya tiga?

Cerita Tentang Sepasang Hujan, kisah cinta tentang hujan dan air,  Reny dan Aira. Aira itu nama cowok atau cewek? Awalnya saya pikir ini cinta sejenis, tapi nggak tau juga soalnya penulis nggak mendeskripsikan tokohnya secara detail, tentang penghianatan. Kisah tentang Laki-laki yang Patah Hati, dari judulnya inti cerita mirip cerpen penulis yang pertama, sakit hati. Namanya Gun, dia jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Renata, pertama kali bertemu dengan Renata ketika dia sedang makan malam dengan pacarnya dan Gun mengamen menyanyikan lagu untuk mereka. Dilain kesempatan Gun satu travel dengan Renata, sejak itu mereka menjadi dekat. Ada perubahan yang dilihat Gun dari Renata, wanita itu sering terlihat sedih dan dia bercerita kalau pacarnya selingkuh dengan sahabatnya sendiri. Gun menasehati Renata kalau Bayu bukan pacar yang baik dan lebih baik melupakannya saja, setelah itu Renata tidak pernah ada kabarnya lagi. Endingnya agak tragis tapi lucu juga penulis bercerita, dia menceritakan kehidupan cintanya kepada seorang pelayan coffee shop.

Aku dan Duka Saling Bertanya, seseorang yang meratapi kisah cintanya dan bertanya apa salahnya sehingga dia putus dengan orang yang dicintainya. Selamat Pagi, Chantal, dari judulnya sudah bisa menabak siapa orang yang dikagumi penulis dan dia rela jadi pacar gelapnya. Tak Banyak yang Percaya Aku Sedang Perjaka, bercerita tentang seorang lekaki yang sedang mabuk dan mendapatkan sms dari seseorang yang meninggalkannya dulu, seorang wanita yang mengajaknya bertemu, seorang wanita yang tidak bisa dilupakannya. Cerpen-cerpennya sedikit nakal, jujur dan khas cowok banget.

Kencan Buta, ini juga cerpen yang menjebak berdasarkan nama tokohnya. Nama tokoh utamanya nggak jelas, cuman sering dipanggil Ta. Dia seorang romantic hopeless dan dia mengikuti saran teman baiknya untuk mengikuti kencan buta, ketika lama menunggu dan mau menyerah, dia mendapatkan kejutan yang tidak pernah dia harapkan.

Nyanyian Dari Surga, tentang seorang penyanyi pemula yang ingin terkenal, bertemu dengan seorang produser yang bisa mewujudkan impiannya, seorang produser playboy yang membuat patah hati banyak perempuan, termasuk dirinya.

Janji Untuk Gadis, ceritanya cukup menarik, ada lah efek kujutnya, tentang seseorang yang gila karena cinta.

Where Is The Love? temanya sedikit mirip dengan cerpen karya Maina Sumapradja, beberapa sahabat yang bertemu kembali, mempunyai kehidupan yang berbeda dan salah satu dari mereka melihat kekacauan yang terjadi di didalamnya, temannya selingkuh dengan suami temannya, bingung? ya begitulah.

Rumah Shalaga, tentang seorang wanita bernama Zorra yang dididik untuk menjual tubuh dan kecantikannya. Ketika dia sudah meraup kesuksesan dan jatuh cinta kepada seorang laki-laki dia berniat meninggalkan rumah Shalaga. Ketika berita foto bugil Zorra tersebar luas, dia down, dia butuh Mama Huti yang sudah membesarkannya, dia kembali ke rumah Shalaga dan mendapati kejadian yang tak terduga.

Kesetiaan yang Tersembunyi, seorang perempuan yang pura-pura mencintai pacarnya, di hatinya hanya ada satu nama Raja, seperti dikutuk, dia tidak akan bisa mencintai orang lain selain Raja. Ini dia salah satu selebtwit yang cerpennya saya tunggu. Saya berharap banyak, berharap semoga saja cerpennya segokil, seromantis, segombal twetnya, tapi harapan saya terlalu tinggi, ceritanya masih biasa.

Ada juga cerpen dari Jenny Jusuf yang cara berceritanya melalui obrolan chat dan email, nggak baru lagi dan ceritanya juga biasa.

Siapa yang mengira seorang @justsilly bisa membuat cerpen yang sadis? Dia atau Aku yang Mati bercerita tentang seorang wanita yang ingin malas dendam karena disakiti hatinya.

Sepotong Legenda Cinta, memadukan Legenda Banyuwangi dengan kisah jaman sekarang, seru juga.

Asmara Dini Hari, mengambil sudut pandang orang pertama, seorang supir yang setia dengan majikannya. Majikannya adalah seorang perempuan cantik, dia tinggal beberapa hari di Bali agar biasa bersama orang yang dicintainya. Gede, sang supir, menjadi pengamat kisah cinta yang memilukan, dibalik kebahagiaan si perempuan tersimpan kesedihan yang dia tanggung sendiri.

Berikut cerpen-cerpen yang saya suka:

Luka Maya, tentang cinta yang terhalang oleh perbedaan keyakinan, kalau udah ngomongin prinsip emang susah. Mencintai Bara, temanya sama tentang cinta terlarang, kalau di cerpen pertama tentang perbedaan agama, di cerpen ini tentang perbedaan usia. Suka cara mbak Feby bercerita, unik.

Kejutan, alurnya sudah ketebak di awal, seorang gadis yang sedang menjemput temannya di stasiun dan dalam waktu bersamaan dia berkirim pesan dengan pacarnya, sebal karena dia tidak menepati janji akan datang menemuinya. Ketika Tika mengajak temannya untuk menginap di rumahnya, dia tidak tahu kujutan apa yang akan diberikan oleh pacarnya. Lamaran, Aradea rela meninggalkan keluarga dan teman-temannya agar bisa hidup bersama dengan orang yang dicintainya, orang yang berjanji tak akan menikah. Dia rela membuang semuanya, dia hidup bahagia selama delapan tahun dan tak ingin berubah. Kemudian sang pacar ingin melamarnya, ingin punya keluarga sendiri tapi bagi Aradea sudah terlambat, dia tidak ingin ada perubahan di hubungan mereka. Suatu hari sang pacar pergi seharian dan baru kembali dini hari, sang pacar bercerita kalau dia baru saja dari rumah orangtuanya, untuk meminta ijin. Aradea tetap kukuh. Sukaaaa, saya selalu suka cerpen dari mbak Jia, kadang sweet kadang absurd dan sering endingnya bikin sebel, hahahaha, tapi ceritanya selalu menarik, berharapnya baca novel, nggak melulu cerpen :p.

Sartika dan Ibu serta Celengan Minnie Mouse berkisah tentang seorang ibu yang berjuang tak kenal lelah menghadapi anaknya yang autis. Mungkin cerpen ini terinspirasi dari kisah nyata si penulis, yang memiliki anak sangat special, cerpen Celengan Minni Mouse sangat indah, sedikit terharu membacanya.

Dan inilah cerpen favorit saya:

Lelaki Yang Dicintai Istriku

"Apakah diamku menyakiti hatinya? Tapi apa dia tahu diamnya menyakiti hatiku? Dia istriku - semesta yang kucintai. Tapi bukan aku yang bernapas di ruang hatinya. Lelaki yang dicintai istriku bukan aku. Adikku. Saka."


Jlebbbbb banget baca cerpen ini, ceritanya sederhana seorang kakak yang diam-diam mencintai pacar adiknya. Adiknya yang terlalu bebas dan tidak suka terikat selalu cuek dengan keberadaan Ema. Sang kakak ingin melihat Ema bahagia, dia melamarnya. Dia tidak ingin kehilangan adik dan orang yang dicintainya. Baru pertama kali ini saya membaca tulisan dari Anggun Prameswari, saya suka detail yang dia buat, suka cerita yang dia ciptakan, saya sanggup merasakan apa yang dialami sang tokohnya. Susah menjelaskan alasannya, kalau saya membaca dan cerita tersebut sangat membekas, itu saja alasan tanpa perlu pikir panjang menjadikannya favorit.

Meja Rias Mama

Sebuah meja rias bisa membuat ayah dan anak bertengkar, apa menariknya meja tersebut? Meja tersebut telah membawa separuh jiwa seorang lelaki, meja tersebut menciptakan kenangan yang indah di masa lalu.

Terharu baca cerpen ini. Saya ingin lebih, lebih banyak membaca karya dari Anggun Prameswari lagi, perkenalan saya dengan tulisannya di buku ini membuat saya berharap dia memiliki novel sendiri, dan tahun ini doa saya terwujud, novel pertamanya baru saja terbit, After Rain #harusbaca #caribuntelan #nggakmodal #eaaaa

Yak itulah isi dari Cerita Sahabat 2, kayaknya tema untuk buku ini adalah ketidaksetiaan, patah hati, selingkuh. Capek juga bacanya karena saya tidak terlalu suka dengan tema tersebut tapi dengan beberapa cerpen yang saya suka dan sangat sangat suka, nggak nyesel baca buku ini, sedikit kecewa iya tapi kan dapet pengganti penulis baru yang tulisannya kece. Sama di Cerita Sahabat, di buku tersebut saya menemukan penulis baru yang saya suka tulisannya, dan di seri kedua ini saya mendapatkan nama baru, Anggun Prameswari.

Semoga saja akan ada Cerita Sahabat 3, dengan tema baru, dengan cara penulisan yang unik dan penulis baru yang memiliki bakat terpendam :D

3 sayap untuk patah hati.

5 komentar:

  1. tema untuk buku ini adalah ketidaksetiaan, patah hati, selingkuh....? ceritanya semua berat-berat(?) :D

    BalasHapus
  2. Rumah shalaga kayaknya seru deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan, sedikit beraura misteri :D

      Hapus
  3. Sepotong Legenda Cinta sepertinya menarik. Memadukan legenda dengan cerita modern
    Aku juga suka dengan quote pada cerpen Lelaki Yang Dicintai Istriku :))

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...