Selasa, 25 Juni 2013

Dongeng Patah Hati


Dia tidak mencintaimu lagi.
Hatimu terbelah dua ketika dia memutuskan untuk mendua.
Tak ada lagi yang bisa kau lakukan.
Semuanya berakhir, semuanya sia-sia.

Dia tidak mencintaimu lagi.
Dan kau menangis saat mengucapkan selamat tinggal.
Seketika itu juga tubuhmu terasa menggigil.
Kedinginan karena telanjur terbiasa dengan hangat pelukannya....

*

DONGENG PATAH HATI adalah omnibus karya 10 pemenang Sayembara Menulis ‘Proyek 14’ dan 4 penulis pilihan GagasMedia. Buku ini dipersembahkan untuk kamu yang patah hati, diam-diam mencintai... atau yang pernah diselingkuhi.

Ironis sekali baca buku ini dengan modal minjem ke salah satu penulis di dalamnya, hahahaha, habis tiap ikut kuis kalau nggak telat ya nggak menang, pinjem dulu deh nanti kalau ada rejeki pasti dimudahkan jalannya *okesip*. Melihat judul buku ini saya sudah bisa menebak inti ceritanya apa, buat para penyuka happy ending tidak saya sarankan membaca buku ini, ehehehe, la daripada kecewa, judulnya aja udah tragis gitu. Patah hati, dipikiran saya pasti cerita tidak jauh-jauh dari diselingkuhi, dikhianati, kematian, hubungan jarak jauh, keadaan  yang biasanya dialami pasangan yang putus atau penyebab hubungan mereka berakhir. Selain covernya yang bakalan saya masukkan ke best book cover this years, saya ingin mencari alasan-alasan yang berbeda dari kebanyakan alasan yang membuat orang patah hati. Buku ini berisi empat belas cerpen, empat diantaranya ditulis oleh penulis gagasmedia dan sisanya adalah para pemenang sayembara menulis 'Proyek 14'.

Episode 30: Labirin Patah Hati by Avelin Agrippina Tando

"Dikhianati itu lebih dari sakit, tapi tak juga mati."


Dulu saya selalu penasaran kalau mbak Ave ngetwit dengan membubuhkan satu huruf 'G', ternyata ada cerpennya :D. Bercerita tentang seorang wanita yang bernama Alfa, dia mengirim surat kepada G via email, di suratnya yang ke-30 itu dia bercerita tentang patah hati. Dulu dia dikhianati pacarnya yang selingkuh dengan tunangan si pemberi kabar. Mereka adalah dua orang yang terluka dan mereka menemukan cinta di antara hati yang patah.

"Kalau kamu mencintainya, kamu pasti akan menyebut seratus. maka cintamu kepadanya itu utuh."

"Biar setiap orang memiliki skalanay sendiri untuk menentukan sejauh mana ia mencintai orang yang ia kasihi."


Ternyata mbak Ave nggak hanya jago nulis review, cerpennya juga asoi :p. Tapi saya masih penasaran sebenarnya siapa 'G' ini :D.

Love Doesn't Have To Hurt by Callia
Nadia menyukai temannya sendiri, Ray. Ray adalah teman dari mantan pacarnya dulu, Ben. Dulu mereka tidak dekat, pertemuan kedua membukakan jalan bagi mereka untuk lebih mengenal satu sama lain sampai menjadi sepasang sahabat. Ray datang ketika Nadia patah hati dengan Ben, dia mampu membuatnya tetap tegar dan sekarang giliran Nadia yang memberi semangat kepada Ray ketika wanita yang ditaksirnya sangat sulit dijangkau, yaitu dosennya sendiri. Karena tidak tahan dengan kesedihan yang dialami Ray, Nadia membantu mempertemukannya dengan Diana, yang tentu saja membuat hati Nadia sakit karena dia diam-diam memendam perasaan kepada Ray.

"Saat itulah aku menginggat sebuah judul lagu. Love Doesn't Have To Hurt. Kitalah yang melukai diri kita sendiri karena cinta. Bukan cinta yang patut disalahkan, karena cinta tidak pernah salah dan menyakiti. Semua pilihan ada di tangan kita, tetapi kita sendirilah yang memilih untuk berjalan di bebatuan berliku atau jalan beraspal yang mulus."


Hujan Tanpa Pelangi by Robin Wijaya

"Ada kisah yang diceritakan dari waktu ke waktu di tempat kami tinggal dulu. Kata ibu, jika seseorang melahirkan anak kembar lelaki dan perempuan, maka kedua anak tersebut harus dibesarkan secara terpisah agar tidak saling jatuh cinta di kemudian hari. Karena hal yang demikian bisa mendatangkan nasib yang buruk. Tak ada penjelasan dan bukti untuk hal tersebut, tetapi itulah yang terjadi pada kami kemudian."


"Karena jatuh cinta tak pernah direncanakan..."


Kali kedua saya membaca tulisannya Robin Wijaya, pertama adalah membaca novellanya yang ada di buku Menunggu (iya iya, reviewnya akan segera saya bikin). Selain sedang mengumpulkan cerita cinta yang berbau masakan, saya sedang berburu kisah cinta terlarang, saya berharap sekali cerpen ini bisa dijadikan novel :D.

Kamu, di Balik Hujan yang Menirai by  Kokinos Te
Hanya ada dua pilihan untuk Echa, meninggalkan obat-pbatan terlarang yang merusak dirinya atau pacarnya, Rendi.

Unsent Letter by Rafandha
Cerpen kedua yang cara penulisannya lewat surat, saya lupa nama bekennya apa untuk cara itu, ada yang tahu? Cerpen ini bercerita tentang Long Distance Relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh.

It's Not You, It's Me by Stephanie Zen
Khas Stephanie tulisannya, cukup lama juga nggak baca bukunya setelah Perhaps You, Stephanie emang jago kalau urusan nulis patah hati :p. Sophie adalah seorang casting director, dia tidak cantik tapi dia tahu kalau meenjadi sekarang ini bukan karena penampilan tapi kerja kerasnya. Semua berubah ketika dia bertemu dengan Jordan yang menyukai gadis cantik. Demi membuat lelaki tersebut tertarik padanya, dia menjadi orang lain, menjadi orang yang selalu memperhatikan penampilan, Demi Jordan.

Jelaga by Dadan Erlangga
Cinta sesama jenis, hampir aja terkecoh, awalnya saya kira hanya kisah sahabat jadi cinta aja, satu kata itu memperjelas maknanya.

Patah Hati Terindah by Lutfia K.
Judulnya nggak tragis-tragis amat yak :p. Bercerita tentang Rindi yang bertemu dengan Dimas, salah satu alumni SMA-nya yang menyarankan Rindi agar membuat taman bacaan dari koleksi bukunya. Cinta bisa datang karena terbiasa, itulah yang dialami Rindi, hampir setiap hari bertemu dan menghabiskan waktu mengelola taman bacaan bersama membuat Rindi mempunyai perasaan yang lebih untuk Dimas, berbeda dengan Dimas, dia mengangap Rindi sudah seperti adiknya sendiri. Mungkin ceritanya terispirasi dari Bledug Mrapi Children Book Forum ya, Lu? hihihi. Rapi dan runtut tulisannya, aku tunggu cerita kamu selanjutnya, Lu, yang nggak mainstream, yang lain daripada yang lain :D

Ulang Tahun Ke-17 by Mahir Pradana
Cerpen yang paling saya tunggu-tunggu. Sejak membaca Here, After, Mahir Pradana langsung menjadi salah satu penulis Indonesia favorit saya, tulisannya jenius!
Pertengahan cerita saya sudah bisa menebak endingnya tapi tetep bittersweet. Sekitar 17 atau 18 tahun yang lalu ketika masih tinggal di New York, Abdi tergila-gila kepada seorang perempuan yang bernama Elise. Abdi berencana hidup bersama Elise, meninggalkan sekolah arsitek dan beralih menggambil musik, passionnya, keluar dari asrama mahasiswa dan pindah ke apartemen baru. Dua hari berikutnya, ketika Abdi menunggu di halte yang sudah ditentukan sebelumnya untuk mencari apartemen baru, Elise tidak pernah datang. Kini, saat Abdi tinggal di Jenewa, dia teringat kembali dengan Elise saat seorang gadis bernama Adrienne menyukai suaranya dan meminta Abdi menyanyikan lagu Winter Winds, lagu yang dinyanyikan oleh Mumford and Sons, dia merasa dejavu dan tak kuasa menolak ketika gadis tersebut memintanya menjadi salah satu pengisi musik di acara ulang tahunnya yang ke-17.

"After the life we've been throught, I know there's no life after you..."


Keberuntungan Kedua by Shelly FW
Sahabat jadi cinta, cinta bertepuk sebelah tangan, tema yang sangat mainstream. Kalau cinta katakan, sebelum semuanya terlambat, kira-kira begitulah inti ceritanya.

To Make You Feel My Love by Ina Inong
Judul kedua yang diambil dari judul sebuah lagu, kali ini lagu yang dipopulerkan oleh Billy Joel dan Adele. Pernah nggak kamu diam-diam suka sama cowok yang kemungkinan besar dia tidak tahu kalau kamu itu ada? Itulah yang dirasakan Kim, sejak SMP dia memendam cinta pada Bim yang keren tapi karena tidak pede dia hanya bisa memandangnya dari jauh. Sebaliknya, sebenarnya Bim tahu kalau Kin ada, dia juga tertarik dengan gadis itu tapi sifatnya yang cuek, tak peduli dan selalu menghindar kalau Bim berusaha mencari matanya untuk ditatap, membuat Bim tidak tahu bagaimana cara memulainya, dia hanya bisa melihat Kin dari jauh dan diam-diam. Ketika mereka bertemu kembali, semuanya sudah terlambat. Ceritanya cukup menarik, suka tokoh Kin dan Bim :D

Bunga Pengantin by Sanie B. Kuncoro
Selingkuh, tema yang diambil mbak Sanie di cerpen ini. seorang lelaki mendapatkan bunga pengantin di sebuah acara pernikahan, dan di game bunga pengantin tersebut dia berhak memilih pasangan, pilihannya jatuh pada dia. Sejak itu lelaki dan dia menjadi dekat dan hubungan mereka makin jauh, lalu datang seorang wanita yang mengaku tunangan si lelaki, yang meminta untuk memilih.

"Apa gunanya mempertahankan seseorang yang hatinya sudah berpaling? hanya akan menjadi cinta yang palsu."


Khasnya mbak Sanie, puitis dan melankolis :D

Yogyakarta, Suatu Cerita by Dodi Prananta
Terispirasi dari kisah nyata teman penulis, seorang gadis yang ingin menyusul pacarnya yang kuliah di seberang sana, ketika berhasil mengikuti jejaknya, dia tidak pernah bertemu lagi dengan kekasihnya.

A Whole New World (But Not) With You by Nyc
Sebuah impian bisa menjadi pemicu retaknya suatu hubungan.

Yak, itulah keempat belas cerpen yang ada dibuku ini, tidak hanya selingkuh yang bisa membuat hati remuk redam, banyak alasan-alasan yang mungkin pernah kamu alamin juga :p. Walau bertema sedih, cerita di buku ini tidak ada yang membuat saya mrebes mili, hanya cerpen punyanya Mahir Pradana yang agak nyesek sedikit tapi selebihnya bisa diterima, ehehehe. Kekurangannya cuman nggak ada daftar isi, kalau kumcer keberadaan daftar isi menurut saya sangat penting, typonya saya nggak terlalu memperhatikan tapi overall bagus. Cerpen para pemula nggak kalah bagus dengan yang senior, ada beberapa yang sangat menarik.

Buku ini saya rekomendasikan bagi kamu penyuka sad ending dan buat kamu yang lagi patah hati, banyak temennya tuh :D

3 sayap untuk covernya yang kece badai.


Dongeng Patah Hati
Penulis: Aveline Agrippina Tando, Callia, Dadan Erlangga, Dodi Prananta, Ina Inong, Kokinos Te, Lutfia Khoirunisa, Mahir Pradana, Nurlila Yulvia Chesarani, Rafandha, Robin Wijaya, Sanie B. Kuncoro, Shelly Fw, Stephanie Zen.
Editor: Kinanti
Desain sampul: Jeffri Fernando
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-616-2
Cetakan pertama, 2013
272 halaman
Pinjem mbak Sanie B. Kuncoro

10 komentar:

  1. Pas lihat kalo buku ini kamu review, aku langsung nyari cerpennya Lulu :))

    BalasHapus
  2. Mana nih pengen baca cerpen utuhnya. Lulu, mintak fotokopiannya eh

    BalasHapus
  3. huahaha, ayo Lulu, lanjutkan menulisnya :)

    BalasHapus
  4. aku juga pengen baca tulisannya Luluuuu. ^.^

    BalasHapus
  5. ini kok komen joglosemar semua XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. saking penasarannya sama cerpennya Lulu :)

      Hapus
  6. Jangan direkomendasikan deh kak untuk yang lagi patah hati, kesyian ih, aku kemarin baca ini lagi pas bangetnya patah hati dan bad mood sepanjang hari haha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahaha, maap maap itu sih derita lo #LOH #DAMAI :))

      Hapus
  7. Ini novel kayaknya ngegalau banget, Kak.

    BalasHapus
  8. Bener-bener buku yg patah hati dan bikin galau
    Aku suka bagian Love Doesn't Have To Hurt by Callia :))

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...