Senin, 27 Mei 2013

Apa Arti Nama Blogmu?

Source: thebeautyofwordsblog.com

Kalau bulan lalu saya produktif sekali nulis review, kebalikannya bulan ini, saya baru nulis dua review T.T. Tapi, bulan ini bisa dibilang bulan paling produktif dalam membaca, kalau nggak salah ada dua puluhan buku yang berhasil saya tuntaskan (untuk lengkapnya akan ada postingan sendiri di Kutu Bokek, tentang bacaan yang saya baca selama sebulan). Terbukti sekali kalo saya ini orangnya moody-an. Entahlah, kadang saya merasa sama sekali tidak ingin menulis review, hanya ingin baca baca baca dan baca. Kadang saya ingin sekali menulis review setelah membaca buku tersebut, tapi dikarenakan waktu yang tidak tepat (misalnya tidak terhubung dengan internet), saya kadang hanya menginggat, memberi tanda atau menuliskannya di sebuah kertas tentang apa yang akan saya tulis di reviewnya nanti. Kalau lagi dikejar deadline dan timbunan, baru-baru ini saya membuat program Rapid Review, di mana review singkat tentang buku yang habis saya baca, buku yang menurut saya biasa saja. Kalau mengatasi reader's block cukup gampang, yaitu baca buku romance, genre yang tidak pernah membuat saya bosan, seringnya sangat membantu. Kalau lagi males nulis review dan baca apa yang saya lakukan? Bisa saja dua kejadian itu terjadi, bahkan sering. Salah satu yang sering saya lakukan adalah browsing apa pun yang saya sukai, buka tumblr dan reblog tentang buku atau fashion, atau posting sesuatu diluar review buku.


Bagi yang suka pantengin blog saya, terlebih Kutu Bokek, yang sekarang jarang update review, sudah banyak postingan di luar review, seperti Meme: Wishful Wednesday, Friday's Recomendation, Character Thursday, bacaan tiap bulan, book haul, review toko buku, games tentang buku. Pengen juga saya kedepannya membuat postingan author of the month, arti berbagai genre buku yang cukup sulit saya temukan, buku-buku yang saya rekomendasikan, di mana buku-buku ini saya kategorikan berdasarkan kesamaan yang ada pada buku tersebut. Pelan-pelan saja lah :D

Wait, sebenernya ini postingan tentang apa sih? Kok nggak nyambung sama judulnya --". Berhubung saya lagi nggak mood nulis dan lelah setelah maraton baca, saya ingin memposting hal-hal yang di luar review, seperti sebelumnya yang saya utarakan di atas. Beberapa waktu yang lalu ketika saya mendapat pertanyaan tambahan dari @myfloya di Rapid Fire Question, ada satu pertanyaan yang saya suka banget, pertanyaan yang dari dulu saya harapkan akan ditanya seperti itu, tapi sepertinya tidak terlalu dianggap penting, dan bagi saya amat sangat penting. Pertanyaan tersebut adalah...

Apa makna nama blog kamu?

Saya semangat sekali ingin menjawab, bagi saya nama blog itu penting, bisa dibilang identitas si empunya blog. Saya lupa berapa lama saya mencari nama untuk blog Kutu Bokek, Kubikel Romance dan Mabok Baca, langsung tercipta begitu saja, seperti nama itu ditakdirkan untuk 'rumah' saya, yang jelas saya ingin nama blog itu kece, didengerin enak, dan akan selalu diingat orang. Seperti Kambing Jantang, Suami Gila dan Istri Bawel, nama yang catchy.

Kubikel bermakna ruang kecil. Romance adalah percintaan. Saya suka sekali dengan genre romance, tentang kisah cinta, apa pun itu. Saya ingin memberi ruang tersendiri, apresiasi tentang kisah cinta yang pernah diciptakan seseorang. Saya ingin mengumpulkannya, di ruang kecil yang bernama Kubikel Romance.


Sebelumnya, sudah ada ruang besar untuk menampung segala cerita, yaitu Kutu Bokek dan ada ruang pribadi untuk saya sendiri, saya tuangkan dalam Mabok Baca. Untuk jelasnya silahkan baca di Rapid Fire Question.

Dannn, sekarang pertanyaan buat kamu yang membaca postingan ini atau yang punya blog juga, apa nama blog kamu dan kenapa kamu memberi nama itu? share yuk di kolom komentar di bawah ini :p. Bagi kamu yang beruntung akan mendapatkan dua buku, yaitu
Zizi: Bintang Jodoh (Zizi, #1)
Zizi: Bintang Jodoh (Zizi, #1) dan
Zizi: Saksi Bulan Madu (Zizi, #2)

Saya tidak punya seri ketiganya, jadi nggak pa-pa yah, intinya pengen baca alasan kamu kenapa memberi nama blog tersebut, saling bertukar cerita :D. Atau yang nggak punya blog dan punya akun twitter bisa sharing arti nama akun kamu :). Giveaway terselubung ini hanya untuk kamu yang tinggal di Indonesia dan berlangsung sampe banyak yang jawab :p. Good Luck!

*UPDATE*

Maaf maaf banget baru ngasih pengumumuan, dua bulan ini bener-bener rempong banget, yah dari awal emang nggak aja batas waktunya kapan, tapi nggak nyangka bakal lama banget. Bingung juga milih pemenangnya jawabannya personil sekali *yaiyalah*. Yang jelas saya jadi tahu sedikit sejarah nama blog kalian. Langsaung aja ya soalnya mepet banget waktunya, baru bisa online sekarang karena baru ada waktu ke warnet, maklum udah nggak langanan speedy di rumah dan masih galau mencari profider yang nyaman untuk modem. Dan pemenangnya adalah *jenk jenk jenk*

Dhyn Hanarun dengan blognya yang bernama Too Early, header blognya keren banget! Hehehehe, alasannya kenapa milih blog kamu adalah.... sama sih seperti yang lain, bingung nentuinnya, tapi tetep harus ada pemenangnya kan. Nama blog kamu sebenernya biasa tapi artinya yang luar biasa, simple banget kan. Nanti akan saya hubungi ya atau kamu bisa langsung kirim data diri ke Contact Me yang ada di bagian bawah sendiri di blog ini. Buat yang lain jangan bersedih ya, pantengin terus Kubikel Romance dan Kutu Bokek untuk giveaway terselubung lainnya. Oh, ya bulan november nanti bakalan ada giveaway yang keren banget, stay tune terus pokoknya ya. Oh ya lagi, Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin :D.

31 komentar:

  1. Aku ga tau udah berapa kali ganti nama blog sampai ketemu nama yang ini --> Reading with Archuleta. Kesannya ga ada yang cocok dan nggak ada yang ngegambarin 'siapa aku'.

    Thank God akhirnya ketemu nama yang cocok. Aku suka baca, aku suka mengkhayal, aku juga sukaaa banget sama David Archuleta sampe-sampe orang rumah pada bete kalau aku mulai nyerocos tentang si doi. XD

    Jadilah akhirnya aku ngasih nama blog Reading with Archuleta, ceritanya ngayal lagi baca bareng (calon suami hahaha *ngarep) David Archuleta gitu. :p

    Aneh ya asal nama blogku? Huahaha. X)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak aneh kok, Linda. Namanya juga ngefans, aku juga suka banget sama David Archuleta, cuteeeeee :)

      Hapus
  2. Kenapa nama blogku Through Tinted Glass?

    Hehehe....to be honest, aku juga ngasal aja kasi nama itu (trus sekarang kayaknya udah melekat dan belum nemu pengganti nama lain). Waktu lagi nyari nama itu dalam keadaan buru-buru, maklum sebelumnya nama blognya bukan itu. Trus karena blog mau diajukan ke rahib untuk daftar BBI, aku buru-buru edit nama dan postingan.

    Nah waktu itu aku lagi baca cerita tentang cewek yang blak-blakan, tegas dan ciri khasnya pake rose-tinted glass.
    Well....aku cenderung blak-blakan X), kacamata juga (walopun kacamataku gak rose-tinted). Jadilah aku bikin blog judulnya Through Tinted Glass.

    Makin ke sini aku makin males ganti judul. Dipikir-pikir filosofinya cocok denganku.
    Through Tinted Glass = Dilihat Melalui Kacamata Tebal (sebenernya tinted lebih ke berwarna sih).
    Jadi karena lihatnya pake kacamata tinted, maka aku hanya melihat dari sudut pandangku saja, banyak sisi-sisi lain yang gak terlihat olehku, maka reviewnya jadi sangat subjektif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha, kayaknya emang cocok banget dengan kamu, Wi, review kamu apa adanya dan emang dari sudut pandang kamu, blak-blakan :D

      Hapus
  3. Mbaak Sulis! Terharu banget pertanyaanku di rapid dibikinin postingan segala.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, makasih loh udah nanya-nanya :)

      Hapus
  4. Nama blogku Skyduck XDDD
    di hobby aku yang lain (cosplay) aku pakai nickname Sky Ikao, tapi karena nama itu kayanya banyak jejak cosplaynya jadinya di blog baru pingin nama yang lebih general dan ga terlalu cenderung ke 1 hobby. Karena aku cinta bebek dan ga mau makan bebek *emansipasi bebek* jadinya aku pakai nama SkyDuck <(* )

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah berkunjung ke skyduck.weebly.com ^^
      wah hobby yang menarik sekali, cuman pernah nonton di tipi, kalo lagi cosplay seringnya make profilnya siapa? kostumnya pinjem atau buat sendiri? :)

      Hapus
    2. aku cosplaynya ga nentu, pas lagi demen apa bakal sering pake itu XD
      kostum kebanyakan bikin di tukang jait, terakhir2 baru mulai bikin sendiri :D

      Hapus
  5. desty baca buku.
    Jelas banget kan?? hihi... Awal bikin blog buku, tadinya aku mau make blog-ku yang satunya destinugrainy[dot]wordpress itu. tapi tahu sendiri kan namaku rada bikin lidah belibet bacanya. Dan menurut pengalaman, namaku iu sering salah tulis, entah posisi hurufnya berubah atau dibagi menjadi dua suku kata. Kalau itu jadi alamat url blog ntar pembaca ga bakal nyampe ke blogku atau nyasar.

    Trus pas baca blognya mbak Fanda dan mbak Mia (dua blog yang menjadi pemicu saya bikin blog buku) namanya unik ya.. spesifik ke orangnya dan isi blognya, gampang diingat, trus kemungkinan salah huruf juga kecil (kecuali desty jadi desti). Akhirnya jadi deh nama blognya "desty baca buku".

    BalasHapus
  6. Nama blogku Reading in the Morning sebenernya sih simpel, karena aku paling sering baca buku di pagi hari, selama perjalanan dari rumah ke kantor yang bisa makan waktu 3 jam sekali jalan kalo naik angkot. Untung sih aku bukan orang yang gampang pusing dan mual kalo baca di angkot atau bis jadi 3 jam perjalanan bisa kumanfaatkan dengan hal-hal berguna ketimbang sekedar bengong atau tidur. Eh tapi aku suka tidur juga sih di bis. Ahahahaha..
    Kalo siang aku kerja.
    Kalo pas pulang kerja sih susah ya baca di bis soalnya udah gelap. Kalo baca ebook mata cepet cape dan batere BB cepet abis. Jadi, pagi-pagi aja bacanya.

    BalasHapus
  7. Kenapa nama pustakawin?

    Itu udah sebutan buat aku sejak masih kuliah. Dulu kan kuliah jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan yang nantinya cikal bakal jadi pustakawan (mahluk langka :D)

    Nah, berhubung aku cewek, ya sebutannya pustakawin deh. Umumnya sih pustakawati. Keterusan ampe sekarang, bahkan jadi nama blog. Jadi nama pustakawin sudah melekat kuat dan identik untuk diriku, semacam kayak hak paten, gyahahaha... Jadilah Luckty Si Pustakawin.. :D

    Sebenernya selain PUSTAKAWIN, punya sebutan lain: PUSTAKATIK (pustakawan semiotik, karena dulu ngambil skripsinya pake teori semiotiknya Roland Barthes). Kalo Pustakatik buat nama blog multiply yang Desember 2012 kemarin hilang.. (┎_⌣̩̩̀), http://luckty.multiply.com/)

    @lucktygs
    http://luckty.wordpress.com

    BalasHapus
  8. aku pakai nama membaca buku :)
    karena hobiku memang Membca Buku

    BalasHapus
  9. ane kagum sam mbak yang suka review buku yang dibaca. Kalo aku sih rada males sebenernya hahahaha. Ada rencana sih bikin blog khusus untuk review doang tapi takut ngga bisa komit dan akhirnya ide hanyalah ide saja hehehe.

    nama blog ane sih yaaah biasa aja. Ane lebih suka nama blog ane yang pertama 'aku yang aneh' karena dari blog itu kliatan banget kalo ane ini sangat aneh hahaha, tapi sekarang ngga pake blog itu karena sekarang baru nyadar akan beban errr...yaa ane ini kan tipe orang yang memisahkan kehidupan dunia maya dari dunia nyata. Begitu kecampur, ada aja orang dunia nyata yang menjadikan isi blog ane sebagai senjata. Jadi, terpaksa pindah rumah, dan berharap ngga ada lagi kejadian2 seperti sebelumnya.

    BalasHapus
  10. Great post!

    Walaupun pepatah 'apalah artinya sebuah nama', toh orang tua kita kasi nama yang bagus buat kita kan? Jadi sebagai orang tua dari The Little Present, saya juga gak mau sembarangan kasih nama... hahaha

    Walaupun nama blog ane sama url-nya rada beda sih.. ^^V

    Dulunya blog 'The Little Present' itu punya URL yg sama juga.. Dulu itu blog campur dan personal, karena tujuannya adalah memberikan ide sebagai hadiah untuk pembaca..

    Seiring berjalannya waktu, saya putuskan untuk merubah haluan menjadi blog khusus buku.. Tapi pas cari nama yang pas kayaknya gak nemu2, ya udah di teruskan saja dengan nama The Little Present, trus kepikiran deh sub judul 'a little review as a present for you' hahaha...

    Harapannya sih walaupun isi postingan saya gak bagus-bagus amat, tapi saya apresiasikan sebagai kado untuk pembacanya.. :-D #eaaaa

    Kalau URL, saya sengaja pake nama saya biar exist di dunia mbah google, soalnya nama saya pasaran sekali.. :((

    Nah untuk account twitter @yuuCaaaa.. emm itu baru bentuk kenarsisan saya.. *upss

    BalasHapus
  11. Kalau URL blog saya, http://kireinasekai.blogspot.com/
    itu dari b. Jepang. Punya arti "Dunia yang indah". Kalau nama blognya sendiri adalah: "A Life". Dulu sih blognya saya pakai untuk mengisi hal-hal yang menarik saya, cuma belakangan isinya cuma hal-hal yang berhubungan dengan buku :))

    Lagipula dunia seindah apapun kan butuh kehidupan, jadi nama URL sama nama Blognya, tidak sengaja, nyambung :))

    BalasHapus
  12. Ikutan juga ya kakak giveawaynya, pengen berbagi dan syukur2 kalo dapat hadiahnya. Aku bagi alasan buat url sekalian ya? Karna beda dari judul blog dan sejarahnya jg beda :D

    url blog : www.wwwmilikdita.blogspot.com
    Iya gak salah baca, tapi emang tulisannya begitu :') Maklum ya, bikin blog itu waktu masih SMP, masih gaptek nan alay :') Kenapa "milik dita"? Karena nama aku Dita dan blog itu milik aku. Haha norak ya alasannya? Itu masalah pengucapan aja sih. Biar kalo diucap enak dan meminimalisasi typo buat orang baru yang mau akses blog aku. Aku gak pernah ganti url walaupun sehancur itu karna orang orang udah taunya alamat itu, jadi sayang mau diganti lagi :)

    nama blog : Semua Tentang Dita
    Nah ini sejarahnya lumayan panjang. Gak kayak kakak yang bisa langsung keluar ide buat judul2 lucu tapi bermakna itu (ini iri banget sumpah), aku sempat beberapa kali ganti nama blog karna gak sesuai aja di hati. Waktu awal dulu namanya "DX World". Alasannya karna kedengaran keren. Haha shallow much? :P Trus ganti pas SMA jadi "Hikayat Pelajar Asing", karna saat itu aku jd pelajar di SMA yang jaraknya 20 kilo dr rumahku. Jadi asing di sini sebatas 20 kilo aja :P Akhir masa SMA sampai sekarang, akhirnya memutuskan menggunakan judul yang disebut di atas. Alasannya karena semua isi blog itu memang tentang aku. Hariku, curhatanku, hal hal favoritku, pokoknya semua tentang Dita deh ;) Frase itu sendiri terinspirasi dari judul lagu Peterpan, Semua Tentang Kita. Salah satu lagu favoritku juga :D

    Hihi maaf kalo kepanjangan jawabannya ya, kak. Ditunggu pengumuman giveaway secepatnya dan sukses selalu. Fighting!

    BalasHapus
  13. jangan lama2 hiatusnya ya lis, kangen :)

    arti nama blogku? Books To Share - pengen bagiin buku yg sudah kubaca (dalam bentuk review, meskipun sesekali kejadian juga bagi2in buku lewat giveaway) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an secepatnya, aku kangen nulis review di Kutu Bokek, hiks

      Hapus
  14. Kandang Baca.
    nama ini terispirasi dari nama blog gagas media yang duluuu banget. nama blognya kandaggagas. terus editornya juga punya blog dengan nama yang sama. kandangwindy, kandangchristian. saya pikir lucu juga. jadilah saya ikutan latah menggunakan kata 'Kandang' dan ditambahkan dengan 'Baca'. kalo diartikan, blogku adalah semacam rumahku untuk nge-share buku-buku bacaanku. iya, sesimpel itu. :)

    Btw, inget nggak, Lis obrolan kita di Joglosemar, waktu aku becanda pengen ganti nama blogku biar hoki kayak blogmu? Waktu itu sempat ngusulin nama'Kandang Bokek'. Tapi kedengarannya kok gak enak ya? Sekarang pun diinget-dinget tetep bikin ngakak. Haha.

    BalasHapus
  15. nama blogku: My Crazy Little Thing's. Yang suka nonton film pasti nggak asing deh dengan nama ini, yep! Nama blogku itu plesetan/terinspirasi dari film Thailand yang terkenal itulooohh >> The Crazy Little Thing Called Love, pemain cowoknya (read: Mario Maurer) kebetulan Om-ku XD *plak*
    Jika dilihat dari kata-perkata, blogku dinamakan My Crazy Little Thing's karena:
    - My: punyaku (yaiyalah)
    - Crazy: suka ng'post seenak udel, bebas, dan gila tentunya
    - Little: kecil, aku lebih senang bikin postingan blog yang sedikit tapi komplit (eeaak)
    - Thing's: sambungannya 'Little', jadi Thing's itu seluruh posting-an blogku gituuu
    Nah that's some reasons why i made my blogname ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, keren banget nih omnya aktor, luar negeri lagi :)

      Hapus
    2. wkwkwk nggak beneran kak, just kidding ^^

      Hapus
  16. Blog aku ada dua.

    Yang pertama namanya Ryana's Journal. Itu dulunya Coretan Ulfah, sama dengan alamat blognya. Tapi berhubung aku gak pake nama Ulfah buat nama pena, aku ganti deh dengn Ryana's Journal. Isinya ya macem-macem. Aku anggap blog itu seperti catatanku. Apa yang kejadian, baik di dunia nyata ataupun di dunia fiksi, aku tulis di sana. Sekarang sih jarang update. Sebulan minimal sekali dan itupun udah kecolongan bulan Februari lalu gak nulis apa-apa. Berhubung udah bosen bercuap-cuap sama kejadian sekitar, aku beralih ke mosting fiksi. Dan ini juga jarang update karena kalau ada ide, aku dahulukan buat novel yang aku umpetin, atau cerpen yang aku kirim ke media atau event.

    Yang ke dua Ryana's Locker. Ini blog buku. You can open it if you want to see what i have, it never locked. Sebenarnya aku gak punya loker XD punyanya lemari tapi isinya baju. Tapi anggap aja blog itu lemariku yang isinya buku... Tapi kalau pake kata lemari--baik bahasa inggris atau bahasa indonesia--akunya gak sreg. Jadi pake kata Locker.

    Gak ada arti khusus sih :p

    BalasHapus
  17. Nama blogku “erdeaka’s book review”, twitterku “@erdeaka”. Sejarah awal namaku ini dimulai sejak aku masih SMP. Karena namaku puanjang buanget, waktu SMP aku iseng2 nyingkat namaku jadi RDAK (Ratih Dwi Astuti Kusumawardhani). itu bertahan sampe SMA. Waktu kuliah aku mulai ngutak-ngatik singkatan namaku lagi. Karena waktu kuliah aku belajar lebih dalam tentang pronunciation/pengucapan dalam bahasa Inggris, aku jadi kepikiran buat menegaskan pengucapan singkatan namaku itu dalam bahasa Indonesia (karena kalo diucapin pake pelafalan bahasa Inggris enggak banget jadinya, hehehe *norak*). Awalnya cuma aku sisipin huruf2 kecil buat penegasan pengucapan, jadinya begini ---> eRDeAKa. Tapi lama2 aku ratakan semua huruf biar keren dan ga aneh, jadi begini ---> erdeaka. hahahaha, njelimet ya, Lis? jadinya “erdeaka’s book review” artinya ya “resensi buku erdeaka”, hehehe.

    BalasHapus
  18. Nama blog aku .. Ex! tapi linknya itodesexits.wordpress.com ..... sejujurnya bikin nama itu karena.. biar kedengeran keren, gitu... lol lol
    becanda.
    tapi sampe sekarang aku malu aku kok norak gitu dulu. :))
    tapi aku bikin itu supaya jadi bukti (example. ex) bahwa dunia imajinasi itu nyata (it does exist... =___=) begitulah. aku masih malu sama asal-usul namanya, tapi yasudahlah. siapa tau ada yang beneran nganggep keren gitu :>) *digeplak*

    BalasHapus
  19. Nama blog aku 'Too Early'

    Ceritanya?

    Nama aku kan Dini dan waktu itu lagi booming banget nge-bahasa Inggris-in setiap kata (sekarang juga masih kayak gitu sih). Pas aku liat nama aku dalam bahasa Inggris, yang muncul adalah kata 'early' karena mungkin mikirnya Dini itu ada hubungannya sama waktu 'dini hari'. Aku tambahin kata 'too' karena aku suka dateng ke sekolah atau kalo janjian pasti kecepetan datengnya. Bukan karena rajin, tapi karena rumah aku jauh kemana-kemana. Jadi ya mending kepagian daripada kesiangan hehehehe

    Tapi 'Too Early' bukan berarti 'Dini Kepagian' looooh. Waktu itu bahasa Inggris aku jelek banget, jadi aku mikirnya kata 'too' itu artinya 'banget'. Jadi maksud arti dari nama blog 'Too Early' adalah 'Dini Banget'. Di blog itu aku ngepost segala sesuatu hal yang aku suka dan kadang aneh sendiri hehehehehe

    Btw, kalo bahasa Inggris aku udah bagus dulu, mungkin aku bikin blog dengan nama 'Very Early' :p

    BalasHapus
  20. Ini masih jalan enggak yah giveawaynya?

    BalasHapus
  21. Kata kubikel itu menurutku agak asing sih, gak nyangka juga ternyata artinya tuhruang sempit, aku kira semacem nama batu gitu

    BalasHapus
  22. Oh, jadi kubikel itu artinya ruang sempit? Baru tau....

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...