Selasa, 15 Januari 2013

Bookself Tour 2012


Hai Hooooo, udah minggu ketiga nih di tahun 2013, udah pada buat resolusi? Gimana resolusi tahun kemaren? Jangan tanya yah resolusi saya tahun kemaren gagal TOTAL. Nggak bisa nikah muda, nggak bisa nurunin BB 10 kg biar badan saya kayak Kate Moss, nggak bisa punya tabungan di bank minimal satu juta. Arrrggg, nggak stress-stress amat sih soalnya saya juga nggak berusaha keras, masa bodoh deh, ehehehehe #KapanKurusnya. Yah, namanya hidup, nggak semua yang kita pengen bisa kita dapet, misalnya nih menang kuis buku di twitter XD. Tapi, tahun lalu nggak kalah amazing di tahun 2011, apalagi soal buku, selain itu, tahun kemaren adalah tahun yang membuat saya lebih mandiri, pertama kali dapet kerja, yeay! Walau gajinya sangat-sangat sedikit bila dibandingkan dengan kalian, saya sangat bersyukur sekali, saya yang membuat keputusan dan menentukan apa yang saya inginkan, yang penting kenyamanan, saya enjoy menjalaninya, masalah rejeki mah udah ada yang ngatur, yang penting seneng ngejalaninnya dan pasien saya senyum ketika pulang :D. Kalau gaji kurang kan nanti bisa ngutang ortu, rentenir yang murah hati *pis, Bah, pis, jangan kapok ane utangin yah*

Segitu aja curhat masalah pribadi saya, sekarang kita ngomongin yang seru-seru, apalagi kalau bukan tentang buku? Kalau di tahun 2011 saya ngoyo ikut kuis apa aja, hal yang membuat saya sangat seneng dan bersyukur Allah sayang selalu sama saya adalah mendapatkan voucher belanja 500k di Carefur dan menjadi salah satu pemenang kontes Letter To Mom (voucher belanja Gramedia 250k, berlanganan majalah More selama setahun, dan mendapatkan buku banyak banget), menang banyak banget kuis buku di twitter atau di socmed lainnya. Tahun kemaren nggak jauh beda, walau awal tahun saya berencana tobak ikut kuis dan lebih konsen ke kerjaan, lebih mengutamakan kuis buku, ternyata tetep nggak bisa. Menang kuis itu candu, setiap kita menang sekali, maka kita pengen menang terus.

Tahun kemaren saya berencana membaca 100 buku dikarenakan saya bakalan sibuk sama kerjaan. Kerjaan saya menguras fisik dan psikis, jadi saya tidak ingin membebani diri dengan marathon membaca banyak buku, cukup deh buat penghilang stress kala liburan. Ternyata, tetep nggak bisa juga. Saya emang nggak pernah bisa membaca di tempat kerja, di tempat umum, hanya di tempat tidurlah saya merasakan surga. Jadi, kegiatan saya selain kerja, makan, tidur, ngenet ya magrok di kasur, sampai-sampai saya dipaksa ortu buat ‘dolan’ biar cepet dapet jodoh dan nggak kuper, HAHAHAHAHA. Saya emang orangnya males dan nggak mau repot, pergi kalau emang ada perlunya aja *kok malah curhat lagi sih, Lis* Dan apa yang saya dapati di pertengahan tahun? Entah stress karena pertama kali kerja atau emang nggak ada kegiatan lain saya hamper menyelesaikan Reading Challenge saya. Kemudian saya tantang lagi diri sendiri untuk kembali membaca 200 buku, sama seperti tahun 2011. Yang ternyata nggak bisa dan hanya mampu membaca 180 buku. Saya juga gagal menulis semua review buku yang saya baca, huhuhu sedih banget, itu resolusi saya sebagai book blogger. Kelemahan saya adalah tidak bisa menulis cepat sebuah review, kadang satu review aja bisa seharian. Jadi, saya membagi waktu antara membaca dan menulis review, berkuranglah waktu saya untuk banyak membaca buku, belum kalau di suruh lembur dan dapet telepon darurat suruh nggantiin temen yang nggak bisa jaga karena saya belum mempunyai tanggungan dan masih single sendiri, errrrr, emang saya nggak punya kehidupan lain apa kalau saya masih single, Hah! Hah! Hah!

Daripada nglantur curcol, saya kasih list bacaan yang saya baca tahun lalu, dari 180 buku yang saya baca, nggak ada setengahnya yang saya review, ironis sekali.
Januari 

  1. Perhaps You
  2. Kisah-Kisah Tengah Malam
  3. Pilot's Woman
  4. Kau
  5. Ten Things I Love About You
  6. Oppa & I
  7. Mockingjay
  8. Windflower
  9. Cerita Sahabat
  10. Delirium
  11. Clara's Medal
  12. Memilikimu
  13. Marrying AIDS
  14. Dunsa
  15. Alice Miranda
  16. The Secret
  17. Little Bee
  18. The Magician
  19. The Sorceress
  20. Fantasy Fiesta 2011 
Februari
  1. Fate
  2. The Nocromancer
  3. The Warlock
  4. If You Dare
  5. If You Desire
  6. If You Deceive
  7. Anak Lelaki Berpiama Garis-Garis by John Boyne
  8. Layang-Layang Biru by Meliana K. Tansri
  9. Believe by Mora Quatro
  10. Jump by Moemoe Rizal
  11. A Tale Dark and Grim by Adam Gidwitz
  12. Sunshine Becomes You You by Illana Tan
  13. Unfogettable Moment by Winna Effendi
  14. My Princess
  15. One Dance With a Duke by Tessa Dare
Maret
  1.  Rumah Cokelat 
  2. Beautiful Mistake
  3. To Pleasure A Prince
  4. Shit Happens
  5. One Night With A Prince
  6. Unlucky Loser
  7. SeoulMate
  8. Ranting Jangan Mudah Patah
  9. Semester Pertama di Malory Tower by Enid Blyton
  10. Hot Chocolate
  11. Good Fight
  12. Rock 'n Roll Onthel
  13. 50 Ways to find a Lover
  14. To Scothland, With Love (MacLean Curse #2)
  15. Daisyflo
  16. Lover Awakened
  17. My Wicked Pirate
  18. Danur
  19. The Journeys 2
 April
Juli
Agustus
  1. Three Nights with a Scoundrel
  2. Hailstorm
  3. Twivortiare
  4. Someone to Watch Over Me (Bow Street Runners #1)
  5. Rain Over Me
  6. Cerita Sahabat 2
  7. Skripzi Krezi
  8. The Nothing Hill Myatery
  9. Life of Pi
  10. Nyonya Perca
  11. Akatsuki
  12. Filosofi Kopi
September
Oktober
  1. Before I Die
  2. Take a Bow
  3. Paradi Film Seru
  4. Dockside (Lakeshore Chronicles #3)
  5. Summer at Willow Lake (Lakeshore Chronicles #1)
  6. Dilema
  7. Three Weddings and Jane Austen
  8. Fifty Shades of Draker
  9. Tango
November
  1. Gone With The Wind
  2. Chemistry of Love
  3. Dunia Adin
  4. The Rake
  5. Menemukanmu
  6. Travellous
  7. Drunken Monster
  8. A Romantic Story About Serena
  9. Silang Hati
  10. Goodbye Happiness
  11. Gadis Kretek
Desember
  1. Memoritmo
  2. The Not So Amazing Life of @amrazing
  3. Olez
  4. Seandainya
  5. Dream Catcher
  6. Menuju(h)
  7. Dari Datuk ke Sakura Emas
  8. Perempuan yang Melukis Wajah
  9. At Last Comes Love
  10. Lady Sophia's Lover
  11. The Final Note
  12. Sleep With The Devil
  13. Fifty Shades of Freed
  14. Bared to You
  15. Beautiful Disaster
  16. Montase
  17. Tuesday With Morrie
  18. Camar Biru

Keuntungan saya mempunyai kerjaan adalah saya bisa berfoya-foya dengan uang saya sendiri, kalau dulu mah harus ngirit banget, beli apa-apa dipikirin lama banget, mentingin isi perut atau have fun sama temen-temen nih? Ingat uangnya buat sebulan penuh, hidup ngekos lagi. Kalau sekarang bebas, sayangnya malah keblabasan. Gimana nggak, tiap bulan gajinya habis buat beli buku terus?

Pengennya saya mendata semua buku yang saya beli, tapi karna banyak yang lupa saya tuiskan yang struknya masih ada aja yah, ehehehe. Sekalian saya kasih tips dan trik membeli buku ala Kutu Bokek #okesip

Voucher 250k dari Gramedia, di beli tanggal 11 Januari 2012:
Memilikimu: 43k
Little Bee: 55k
Windflower: 67,5k
Mockingjay: 68k
Cerita Sahabat: 58k
Lebihnya saya pake uang sendiri, lumayanlah tombok sedikit :p

Voucher 300k dari menang review Vandaria Saga, di beli tanggal 1 Agustus 2012:
Ruang Temu: 38k
After The Wedding: 39k
With You: 50k
Akatsuki: 45k
I For You: 47k
Three Night With Devil: 55k
Fly To The Sky: 53k
Tips dari Kutu Bokek nih ya, kalo punya voucher belanja di Gramedia, beli buku yang nggak ada di Toga Mas, karena apa? Ya karena nggak di diskon #fakirdiskon. Contohnya buku-buku terbitan Argomedia (kayak Gagasmedia, Bukune, Grasindo, etc), tapi kalau ada buku inceran lainnya sah-sah aja.

Tips selanjutnya adalah, manfaatkan diskon gede dengan sebaik-baiknya. Toga Mas Solo biasanya diskon 15%, nah pas diskon agak gede 25%  misalnya langsung ngacir kesana, seperti saya nih dapet buku idaman saya.
The Maze Runner: 74k – 25% jadinya 55,500
Before IDie: 49,9k – 25% jadinya 37,425
Take A Bow: 49k – 25% jadinya 36,750
Sing Me To Sleep: 59,9k – 25% jadinya 44, 924
Lumayan kan, hemat 58, 2k sebenernya masih banyak lagi yang pengen saya beli apa daya uang tak cukup #KutuBokek

Selanjutnya pas obral, sayang banget tahun kemaren Solo nggak ada Kompas Gramedia Fair atau Book Fair yang gede, cuman ada di Gramedia dan Toga Mas itu pun bukunya lama-lama . Gramedia kalau nggak salah ngadain diskon 40% dua kali dalam setahun, hasilnya adalah
Un Soir Du Paris: 18k
I Didn’t My Heart I Sold In Ebay: 19,8k
Life of Pi: 33k
Good Omens: 34,8k
Class 58: 42,6k
Water for Elepants: 42,6k
Abarat 1: 25k
Abarat 2: 50k

Lumayan banget kan dapet buku keren-keren dengan harga miring. Oh ya, sama Matahati yang cuci gudang, saya lupa totalnya berapa, yang jelas saya bisa mendapatkan seri Nicholas Flamel 1-4 dan 13 Reasons Why dengan harga sangat jomplang sekali, seneng banget koleksi saya bisa lengkap :D.

Selanjutnya adalah berbelanja buku seken, cukup sering dan salah satu cara pembelian paling favorit, biasanya beli di temen-temen yang punya olshop kayak Ana Bukumoo (Chosen, Promises Promises, Olez hanya 63k), mbak Fanda (dapet si sexy Juliet yang saya lupa harganya) dengan Vixxio-nya, mbak Sinta (nemu buku favorit saya yang udah lama banget saya cari: Marrigable dan The Devil Loves Cinnamon, trus sama Joker, Satu Cinta Sejuta Repot, Ciao Italia, yang harganya rata-rata cuman 15k) dengan Parcel Bukunya, dan makasih sama @myfloya karena mengenalkan saya sama blog SBC (dapet empat buku kece seharga 15k aja!)

Selanjutnya beli di olshop, ini jarang saya lakukan kecuali buku yang saya pengen udah nggak ada di toko buku, tahun lalu perkecualian buat yes24.co.id, karena saya sering mengirimkan review untuk Sayembara Resensi Buku, saya mendapatkan yes point yang udah saya tukar dengan yes money (berlaku 10% setiap transaksi), sampai-sampai yes money saya 120k, kebetulan saya juga mempunyai coupon sebesar 20k ketika menang dalam salah satu eventnya. Semua fasilitas itu saya gunakan di akhir tahun untuk membeli buku The Child Thief dan Silence (totalnya jadi 168,390 + ongkir), selain itu dapet bonus kalender 2013 ^^ (dalam promonya bila beli dua buku fantasy akan mendapatkan pouch, bila pembelian lebih dari 150k maka akan dapet kalender, yang saya dapet cuman kalender aja T.T).

Yak, itu aja belanja-belanja buku di tahun 2012, capek bok ngelistnya, nggak kuat kalau semua ditulis, lagian banyak yang lupa juga buku mana yang dibeli ;p. Sekarang kita beralih ke buntelan yang saya dapet di tahun 2012, wohooooo, mengalami kesulitan juga ngelistnya, karna saya emang nggak pernah nyatet, cumin di rak goodreads saya labelin dengan ‘buntelan’ di sana udah terhitung 100 lebih loh, akkkkkkkk senengnya, Alhamdulillah :D
  1. American Gods
  2. Delirium
  3. Clara’s Medal
  4. The Red Pyramid
  5. Dunsa
  6. Belive
  7. Alice Miranda at School
  8. The Warlock
  9. Jump
  10. My Princess
  11. 50 Ways to Find a Lover
  12. The Men’s Guide to the Women’s Bathroom
  13. Empat Tubuh Statera
  14. Dream Catcher
  15. Revelation
  16. Chronicle
  17. Normal is Boring
  18. Manxmouse
  19. Hailstorm
  20. Ratu Seribu Tahun
  21. The Geography of Bliss
  22. One Day
  23. Levithan
  24. Pengantin Surga
  25. With You
  26. Sweet Nothing
  27. Maryam
  28. Gadis Kretek
  29. A Sigle Shard
  30. Dimsum Terakhir
  31. The Godfather
  32. Ranting Jangan Mudah Patah
  33. Sang Penantang Takdir
  34. Eona
  35. The Notting Hill Mystery
  36. Dilema
  37. Nyonya Perca
  38. Matched
  39. Kapitan Pedang Panjang
  40. Ratu Ngoceh
  41. Witch Catcher
  42. A Long Long Sleep
  43. My Name is Kim Sam Soon
  44. Dark Hollow
  45. [un]affair
  46. Prom Night from Hell
  47. City of Lost Souls
  48. Parodi Film Seru: 15 Skenario Gokil
  49. Seandainya…
  50. Three Wedding and Jane Austen
  51. Grim
  52. Menuju(h)
  53. Menunggu
  54. Kukila
  55. Tango
  56. Tofi: Perburuan Bintang Sirius
  57. Tabir Nalar
  58. Konspirasi Dalam Kematian
  59. Hanami
  60. Scarlett
  61. Silang Hati
  62. Tak Akan Habis Duniaku
  63. Forrest Gump
  64. Abandon
  65. Perempuan yang Melukis Wajah
  66. The Casual Vacancy
  67. Emperpreneur
  68. Skripsi Krezi
  69. Les Miserables
  70. Masa Elir
  71. KKPK The Student's Stories
  72. KKPK Me and Bangka Island

OH.MY.GOD
Saya nggak nyangka sebanyak ini, Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah ya Allah, saya harus membalas kebaikan Mu.

Semua giveaway sangat berkesan buat saya, setiap tantang mempunyai ceritanya sendiri, kapan-kapan saya akan berbagi dalam postingan tersendiri. Tapi, sama halnya di tahun 2011 pasti ada yang paling berkesan. Tahun kemaren menuntut saya untuk lebih kreatif lagi dalam menulis review, hasilnya, saya menjadi juara pertama lomba review Vandaria Saga dengan hadiah voucher Gramedia sebesar 300k dan mendapatkan 5 buku terbaru Vandaria Saga di tahun 2012 (yang harganya bikin kantong jebol). Selain itu salah satu review saya terpilih menjadi resensi terbaik ReadingWalk dengan hadiah buku JK Rowling terbaru, awwwww saya sangat berterima kasih sekali, bukunya sangat mahal untuk ukuran #KutuBokek :D. Dan, dari sekian banyak review yang saya kirimkan ke yes24.co.id, akhirnya ada dua yang yang terpilih, setiap pemenang berhak memilih buku dengan IDR 100k, buku yang saya pilih adalah Eona dan City of Lost Souls.

Selain beli buku, buntelan, masih ada pinjam dan swap buku sesama temen BBI. Makasih buat temen-temen yang dengan baik hatinya meminjami saya buku: Oky, Inge, mbak Sinta, Dewi, Ulin, temen-temen BBI Jogja, temen-temen Goodreads Solo, temen swap Ndari dan Dina, jasa kalian tidak akan pernah saya lupakan dan maaf kalau ongkir ke desa saya mahal :D

Oh ya, buat yang pengen minjem buku gratis via online, coba deh tengok pinjambuku.com walau nggak banyak tapi khasiatnya manjur bagi yang bokek nggak bisa beli buku.

Terima kasih buat semuanya yang udah ngasih, minjem, apa pun bantuan kalian benar-benar berarti buat saya. Menjadikan saya penimbun buku padahal sewaktu kuliah dulu saya sering kekurangan bacaan loh, mengenal kalian menjadikan saya banyak wawasan dan timbunan :D
Di tahun lalu saya juga mengadakan giveaway, Blog Hop dan Birthday Giveaway, walau nggak banyak saya seneng bisa berbagi, semoga saja di tahun ini rejeki saya dimudahkan lagi sehingga ada modal buat berbagi :D.

Resolusi saya di tahun ini tidak jauh beda dari tahun lalu, menuntaskan semua challenge, membuat review semua buku yang saya baca dan mendapatkan banyak buku lagi :p. Rencananya saya juga akan kembali memposting bacaan tiap bulan yang tahun lalu mandeg di awal bulan, selain itu akan ada Book Haul dan info atau tulisan yang berhubungan dengan buku lainnya, saya juga berharap postingan review buku akan semakin rajin *pecut diri sendiri*. Setelah mencoba bercerita lewat http://soundcloud.com/peri_hutan, saya berencana membuat Vlog (video blog), sebenernya ini udah dari dulu ingin saya realisasikan cuman saya gaptek banget soal ngeditnya, tapi saya akan berusaha mencobanya. Tenang para pesaing, mungkin tahun ini saya nggak banyak ikut kuis, ikut kalau hadiahnya saya pengen aja, lebih ingin menuntaskan timbunan dan rajin membuat review, mengurus blog, dan mencari jodoh XD XD XD.

Sekian Book Self Tour 2012, tour-nya kepanjangan yak, buat kamu yang berhasil membaca postingan ini sampai akhir: SELAMAT, anda kuat sekali :D


Keep reading, keep writing, keep berburu buntelan
XOXO


1 komentar:

  1. Wow that was strange. I just wrote an very long comment but after I clicked submit my
    comment didn't appear. Grrrr... well I'm not writing all that over again.
    Anyhow, just wanted to say fantastic blog!

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...