Jumat, 28 Desember 2012

Un Soir du Paris

“Sejak Agustus 2007, situs lesbian online www.sepocikopi.com mulai memajang cerpen-cerpen bertema LGBT yang pernah dimuat di media massa. Dalam pencarian cerita bertema LGBT, terdapat beragam cerpen baru dan cerpen lama yang dipublikasikan lebih dari sepuluh tahun lalu, hingga cerpen-cerpen “tersembunyi” yang hanya dipublikasikan di buku kumpulan cerpen.
Dua belas cerita pendek terpilih dalam Un Soir du Paris (Satu Petang di Paris) ini hanyalah embrio, jejalin mungil untuk merentas jalan sastra lesbian di Indonesia. Rangkaian ini mungkin bisa menjadi pendorong momen bagi para penulis lainnya untuk berani menghasilkan banyak karya sastra LGBT di wajah literature masa depan.”




Bukan pertama kali ini saya membaca cerita bertema LGBT (Gay, Lesbian, Bisexual, Transgender), untuk cerita bertama Gay, Lelaki Terindah dan beberapa cerpen pernah saya cicipi, sedangkan untuk lesbi saya pernah membaca Dicintai Jo sayangnya tidak ada yang menyentuh saya. Sedangkan untuk Transgender, saya pernah membaca Luna by Julie Anne Peters dan sangat tersentuh sekali. Jujur, saya bukan orang yang mendukung “cinta terlarang” seperti ini, bukan juga sok suci karena agama saya melarang perilaku seperti ini, saya hanya menganggap itu urusan mereka kalau emang mereka mau begitu, itu hidup mereka, hak mereka, hanya saja jangan sampai menyakiti orang lain dan bagi saya pribadi memang sedikit tabu, terlebih saya belum pernah menjumpai keadaan ini disekitar saya. Tapi ketika dulu (entah waktu masih SMA atau awal kuliah) saya membaca buku Luna, perasaan saya sangat-sangat tersentuh, saya seperti menjadi adik Luna, memahami bagaimana perasaannya dan apa yang sebenernya diinginkan oleh kakaknya itu. Yang coba saya temukan dalam membaca cerita bergenre seperti ini adalah memahami perasaan mereka, merasakan kembali perasaan saya tersentuh akan apa yang mereka inginkan, alur kisah mereka dan bagaimana mereka mengatasi semua issue yang masih dianggap tabu oleh sebagian besar masyarakat.

“Kenapa perempuan bisa jatuh cinta pada perempuan? Kenapa Tuhan menciptakan perempuan yang jatuh cinta juga pada perempuan? Kenapa ada orang-orang yang begitu membenci perempuan-perempuan yang mencintai perempuan? Benarkah Tuhan marah pada perempuan yang bergairah pada perempuan? Kalau manusia bisa berbuat salah, mungkinkah Tuhan juga bisa berbuat salah? Kenapa manusia yang mencintai sesame jenis kelamin tidak dapat tempat? Cukuplah beragam upacara yang dililitkan pada tubuh perempuan-perempuan itu bisa mengantar mereka pulang dan “kembali ke jalan benar” menjadi manusia hetero? Manusia yang benar dan “tidak salah jalan” dan tersesat” (Oka Rusmini).”

Biasanya saya lebih sering menemukan cerita bertema gay daripada lesbian, entah karena emang kaum cowok lebih berani atau kaum cewek yang terkesan lebih baik diam-diam dalam menunjukkan hubungan mereka atau karena kalau sepasang cewek bersama itu udah umum, emang kebiasan mereka saling kumpul, beda dengan cowok yang kalau berduaan saja pikiran orang udah macem-macem. Dan udah saya katakana juga di awal tadi, beberapa kali baca cerita bertema seperti ini respon saya hanya biasa, contohnya dalam kumcer Cerita Sahabat yang lumayan banyak mengangkat cerita tentang orientasi seksual manusia,  tidak ada cerita yang menarik, tidak ada cerita yang membuat saya trenyuh akan apa yang mereka alami, intinya biasa aja. Bahkan saya cenderung bosan karena alurnya tidak ada yang special.
Nggak sengaja juga beli buku ini, waktu itu saya habis baca buku Perkara Mengirim Senja, yang membuat saya penasaran akan karya Seno Gumira Ajidarma lainnya, sayangnya waktu berkunjung  ke sebuah toko buku saya tidak menemukan buku-buku beliau. Kemudian saya melihat namanya bersanding dengan nama berbagai penulis yang turut berkontribusi dalam buku ini. Waktu baca sinopsisnya, wuih, bisa puas nih bagi orang yang ingin mendapatkan cerita yang nggak biasa, apalagi khusus cerita tentang lesbian. Saya harap bisa menemukan cerita yang nggak biasa, terlebih dalam alurnya, menemukan cerita seemosi Luna. Berikut ringkasan ke dua belas cerpen dalam Un Soir du Paris ini:

Cahaya Sunyi Ibu by Triyanto Triwikromo
Sudut pandangnya dari seorang anak yang mengatahui kalau ibunya mempunyai hubungan gelap dengan sahabatnya, terlebih ketika sahabat ibunya itu meninggal. Sang anak itu juga mendapatkan fakta dari orang-orang yang dekat degan ibunya di panti wreda, tempat di mana ibu dan sahabatnya itu tinggal.

Danau by Linda Christanty
“Aku bahkan berpikir  bahwa pembuat rumus segitiga sama sisi adalah seseorang yang terlibat cinta sama besarnya dengan dua kekasih. Danau itu bukan kekasihku, tapi ia menjadi jembatan rahasiaku untuk menjumpai seseorang, yang juga bukan kekasihku.”
Agak susah memahami cerpen ini, hehe. Sepenangkapanku, bercerita tentang seorang perempuan yang mengagumi seorang perempuan yang lain, mereka malu-malu dan kadang-kadang bertemu secara kebetulan di sebuah taman. Mereka masih tidak bisa mengungkapkan perasaan masing-masing sampai mereka menikah. Perempuan yang dikagumi itu akhirnya bercerai karena dia merasa tidak bergairah pada suaminya.

Dua Perempuan dengan HP-nya by Seno Gumira Ajidarma
Ada dua perempuan yang sedang memadu kasih di sebuah pantai, HP mereka sama-sama berbunyi dengan berbagai permasalah di kehidupan pribadi mereka.

Hari Ini, Esok, dan Kemarin by Maggie Tiojakin
Seorang perempuan yang menikah berselingkuh dengan seorang perempuan, dan si selingkuhan sudah capek menyembunyikan hubungan mereka dan meminta untuk dia jujur pada suaminya. Seorang istri yang tidak tega meninggalkan suaminya dan di sisi lain dia ingin bersama orang yang dicintainya.

Lelaki yang Menetas di Tubuhku by Ucu Agustin
“Mengapa kalian member kata depan ‘jenis’ , untuk kelamin? Mengapa bukan ‘macam’ atau ‘tipe’ saja? Siapakah yang mula-mula menyebut pembedaan itu dengan jenis kelamin? Kenapa kalian hanya membaginya Cuma menjadi dua? Kenapa kata itu hanya untuk lelaki dan perempuan saja? Jawablah!
Seorang gadis berumur delapan tahun melihat adegan sepasang wanita sedang saling berbagi kesedihan, sejak itu membangkitkan pribadi dirinya yang lebih menyukai perempuan daripada laki-laki.

Mata Indah by Clara Ng
Bercerita tentang seorang kakak yang sangat membenci adiknya karena kecantikannya, dia iri karena semua orang memujanya, padahal adiknya itu tidak pernah tertarik dengan pengagumnya.

Menulis Langit by Abmi Handayani
Seorang gadis yang dari kecil sangat ‘mengagumi’ guru-guru wanitanya hingga dia sampai dewasa rasa itu tetap ada.

Potongan-Potongan Cerita di Kartu Pos by Agus Noor
Saya bingung sama cerita ini, ehehe.

Saga by Shantined
Seorang istri yang tidak bahagia dengan suaminya, sering mendapatkan perilaku kasar. Hidupnya mulai bahagia ketika berkenalan dengan Aini. Mereka pun mengkamuflasekan hubungan pertemanan di mata semua orang.

Sebilah Pisau Roti by Cok Sawitri
Seorang perempuan yang cemburu dengan perempuan yang dicintainya karena memiliki pacar ‘sungguhan’. Dia berharap perempuan itu mau memutuskan pacarnya dan menjadi miliknya seorang.

Tahi Lalat di Punggung Istriku by Ratih Kumala
Seorang suami sangat mengagumi tahi lalat yang ada di punggung istrinya, dia sangat memujanya. Kemudian suatu hari karena sang istri merasa hanya tahi lalat itulah yang selalu dipedulikan suaminya, dia menghilangkannya. Sejak saat itu sang suami tidak pernah bergairah lagi.

Un Soir du Paris by Stefanny Irawan
Dua perempuan asing bertemu di suatu malam di kota Paris, mereka saling tertarik pada pandangan pertama dan tidak butuh lama untuk memadu kasih.

Dari kedua belas cerpen di atas, ada beberapa alur yang mirip hanya saja diracik dengan bumbu berbeda, sebut saja kegalauan seorang istri yang merasa salah ketika menikah dengan seorang pria, lalu dia mendapatkan kebahagiaan dengan secara sembunyi-sembunyi berhubungan dengan orang lain, dengan sahabatnya, dalam cerpen: Danau. Dua Perempuan dengan HP-nya. Hari Ini, Esok, dan Kemarin. Saga. Tahi Lalat di Punggung Istriku.

Ada juga beberapa cerita yang sangat jarang saya temui, seperti Cahaya Sunyi Ibu diambil dari sudut pandang seorang anak yang mengetahui kalau ibunya memiliki orientasi seksual yang berbeda, yang selama ini tidak pernah disadarinya. Mata Indah, berbau dark seperti dongeng si cantik dan si buruk rupa, kebencian sang kakak sangat terasa, bagaimana semua orang sangat mengagumi adiknya, bahkan ibunya lebih menyayanginya daripada dirinya sehingga dia ingin menghancurkan keindahan yang dimiliki adiknya. Menulis Langit di mana seorang gadis dari kecil hingga dewasa selalu mengagumi guru perempuannya dan yang terakhir Tahi Lalat di Punggung Istriku, seorang suami yang sangat terobsesi pada sesuatu yang dimiliki istrinya sehingga dia sangat memujanya bahkan bisa membuatnya bergairah.

Ada juga cerita yang berbau psikologis cukup kental seperti cerita Saga dimana karena sering mendapatkan perlakuan kasar dari suaminya, sang istri berlari ke seorang yang sangat menyayanginya, yang tidak pernah membuat dia terluka lagi. Lelaki yang Menetas di Tubuhku, dimana katika gadis itu berusia delapan tahun menjumpai sepasang kekasih yang saling berbagi suka dan duka membuat pikiran dia tercetak kalau sesama perempuan bila bersama bisa bahagia dan tidak salah. Dan Menulis Langit di mana dari yang awalnya mengagumi kebaikan gurunya bisa berkembang menjadi obsesi.

Walau ada beberapa cerpen yang membuat saya berpikir keras dan ada yang tidak saya mengerti, ada beberapa cerpen yang menjadi favorit saya, yaitu: Dua Perempuan dengan HP-nya Seno Gumira Ajidarma, simple banget ceritanya tapi ngena, mereka berjalan bersama menerima telpon dari dunia mereka sesungguhnya dengan berbagai permasalahan yang ingin mereka hindari ketika sedang berduaan, di dominasi dengan dialog membuat cerpen ini tidak terasa membingungkan berbeda dengan sebagain besar penulis dengan permainan kata yang membuat saya sulit mencernanya, terlalu berbelit-belit, tidak ada efek kejut di akhir cerita karena mayoritas berending sama dan mudah ditebak. Kedua adalah Mata Indah-nya Clara Ng, lain daripada yang lain, kita seperti membaca dongeng Grim bersaudara, aroma horornya kerasa sekali. Dan yang terakhir yang menjadi favorit saya adalah Tahi Lalat di Punggung Istriku punyanya Ratih Kumala, saya sangat suka bagaimana sang suami memuja istrinya, bahkan dalam cerpen ini dan Mata Indah saya hanya sedikit mendapatkan aroma ‘lesbinya’ tapi saya mendapatkan karakter tokoh yang kuat sehingga tidak membuat saya bosan ketika membacanya. Si buruk rupa yang sangat membenci adiknya dan sang suami yang sangat terobsesi dengan tahi lalat istrinya.

Apakah saya puas dengan buku ini? Apakah menjawab penasaran saya akan cerita bertema LGBT yang tidak biasa? Walau sebagaian besar masih sama saja, tidak banyak cerita yang berani ‘jujur’ dan menyuguhkan ending yang tidak menyelesaikan masalah, saya cukup puas dengan ketiga cerpen favorit di buku ini.

Buat kamu yang pengen mencoba mencicipi cerita bergenre LGBT, buku ini bisa menjadi pilihan karena semua ceritanya bertema sama yang disuguhkan dari sudut pandang berbagai penulis.
3 sayap untuk sepoci kopi :D


Penulis: Cok Sawitri, Shantined, Abmi Handayani, Ucu Agustin, Stefanny Irawan, Linda Christanty, Clara Ng, Triyanto Triwikromo, Ratih Kumala, Agus Noor, Seno Gumira Ajidarma, Maggie Tiojakin
Editor: Ratih Kumala
Cover: Mulyono
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-6208-7
Cetakan pertama, September 2010
127 halaman


NB: baca bareng BBI untuk buku bergenre LGBT

Top 5 Best Book Covers 2012


Well, sebenernya susah banget nentuin lima cover buku paling mecing tahun ini, apalagi buku-buku terbitan gagas, cover buku yang pertama kali kita liat rasanya pengen beli, nggak mau tau ceritanya apa. Saya akui, i judge the book by it's cover, salah satu point kenapa saya beli buku selain cerita dan nama pengarang. Salah satu obsesi mengoleksi buku dengan cover-cover yang cantik, ketika kita suntuk dengan kerjaaan dan melihat koleksi buku di rak dengan cover yang indah rasanya capek seketika itu hilang, hahaha mulai lebay deh. Karena benar-benar susah nentuinnya, akan ada enam lima cover buku paling mecing versi Kubikel Romance. Nggak hanya gambarnya terlihat bagus, tapi saya memadupandankan dengan isi ceritanya, salah satu point yang paling penting dalam cover buku menurut saya adalah cover mencerminkan isi ceritanya, ada benang merah. Sekilas kita melihat cover, kita akan tahu sedikit gambaran di isi buku tersebut.

 










5. Goodbye Happiness by Arini Putri, Gagasmedia
Sebenernya saya agak trauma dengan buku dari penulis asal Solo ini, baca buku pertamanya tidak memuaskan saya, tapi karena saya jatuh cinta pada pandangan pertama pada cover ini mau nggak mau saya kepengin membacanya walau bermodal pinjam doang :D. Kalau ditilik cerita dan covernya, sangat cocok! Kamera adalah nyawa Skandar, salah satu tokoh sentral di buku ini, tokoh yang membuat saya mrebes mili akan album foto yang dibuatnya.

4. Dream Catcher by Alanda Kariza, Gagasmedia
Suka banget sama tulisan yang menumpuk di cover ini, 'gantungkanlah cita-citamu setinggi langit' sangat tercetak jelas di cover ini. Tulisannya pun nggak asal tulisan, merupakan point-point penting dari buku ini.

3. Menuju(h) by Penulis Gagasmedia
Siang dan malam, matahari dan bulan, mewakili empat belas cerpen yang bertemakan tentang hari dari senin sampai minggu, di tengah-tengah cover kita bisa membukanya, ciamik banget pokoknya!


2. Memoritmo by Penulis Bukune
Pengen baca cerita tentang para musisi dan para pecinta musik menuliskan salah satu lagu yang sangat berpengaruh dalam hidupnya? Buku ini tidak salah kalau menggambil 'kaset' sebagai covernya, di mana cerita sangat erat hubungannya dengan musik.

0.5 Nicholas Flamel series by Michael Scott, Matahati
Peringkat pertama saya bagi dua, karena bener-bener nggak bisa menentukan mana yang paling bagus, kedua buku covernya bener-bener amazing! Walau nggak bisa baca berbagai simbol di cover buku ini, elemen-elemen yang ada di cover sangat mencerminkan isinya. Berbagai mitologi ada di buku ini, dan gambar di tengah-tengah merupakan 'aura' yang dimiliki tokoh utama yang lebih dikupas lebih dalam dalam tiap serinya.


0.5 Joshua Files Series by M.G. Harris, Gramedia
Cover terjemahan Gramedia ini merupakan cover terkeren dari seri Joshua Files, bahkan cover aslinya pun kalah. Huruf J mewakili nama depan sang tokoh utama, dan gambar peradaban bangsa Maya di dalam huruf tersebut menceritakan inti dari cerita ini bermula. Emang agak rawan tersobek karena huruf J tengah-tengahnya bolong tapi si pembuat cover bener-bener layak diacungin jempol dinosaurus :D.


Yak, itulah ke enam lima cover paling yahud dari buku-buku yang saya baca tahun ini. Berharap lebih banyak cover buku buatan anak bangsa yang lebih bagus lagi, lebih kreatif, nggak kalah sama buatan luar. Apa cover buku paling favoritmu tahun ini?

Kamis, 27 Desember 2012

Top 5 Book Boy Friends 2012

Source: essence-of-man
Seperti tahun lalu, di penghujung tahun ini saya kembali membuat Top 5 Book Boy Friends, cowok-cowok kece fiktif di buku yang selama setahun ini saya baca, cowok-cowok yang membuat saya gemes, gregetan, kembang kempis, sesak napas, nggak bisa tidur, pokoknya yang membuat saya selalu terbayang-bayang sama sang tokoh :D. Nggak hanya Top 5 Book Boy Frieds, dalam Book Kaleidoscope yang dikomandani oleh mbak Fanda, tiga hari berturutan saya akan memposting Top 5 Best Book Covers dan Top 5 Most Favorite Books.

Cukup sulit memilih karena kebanyakan bacaan yang saya baca adalah romance, di mana bertebaran tokoh cowok yang romantis abis, ini nih kalau nggak rajin ikut Character Thursday, coba sering ikut pasti lebih mudah buat saya untuk menentukannya. Ada 15 tokoh cowok di buku yang menjadi favorit saya, mulai dari Derek yang nyebelin banget di buku One Day, Mr. Grey, tokoh fenomenal di buku Fifty Shades of Grey, cowok yang tampan rupawan, kaya raya tapi punya kelakuan minus di ranjang, si Four yang misterius di buku Divergent, si Alex yang mengenalkan cinta pada Lena di Delirium, Zsadist yang emang sadis banget tapi pantang menyerah demi menyelamatkan orang yang disukanya di buku Lover Awakened, Valadin yang galau antara memilih tujuan hidup dan cintanya di buku fantasy Indonesia, Revelation (Ther Melian #1). Wigra, sosok suami dan ayah yang pasti diipikan setiap wanita, temui sosoknya di Rumah Cokelat. Lagi, satu tokoh dari fantasy Indonesia favorid saya, Abel, si misterius dan keren di medan perang, tokoh di cerpen Beri Kami Damai dalam kumcer Kristalisasi. Vadin, cowok yang pengertiannnnnnn banget nget di buku  Marriagable. Dan, si pilot Ardian yang akan menerbangkan hatimu di buku Fly To The Sky.

Setelah dipilih-pilih, ditimang-timang, semedi, kelima tokoh cowok teratas yang beruntung merebut hati si empunya Kubikel Romance adalah:

5. Putra - Here, After
Membaca bagian kisah Putra saya serasa di bodohi oleh penulisnya, saya tidak sadar kalau dia ternyata bisu. Saya mengetahui kenyataannya ketika saya membaca bab selanjutnya, ketika ada salah satu tokoh yang bercerita tentang orang yang dicintainya. Yang membuat saya suka padanya adalah cinta tak butuh kata-kata. Jenius banget penulisnya.

4. Ethan - Take a Bow
Alasan kenapa saya ngefans sama cowok ini udah sama buat khusus di  Character Thursday [2]. Ethan adalah satria bergitarku :p

3. Jere - With You
Cowok satu ini bener-bener bikin ngeces, seorang model, body-nya hot, mulutnya juga hot #eh. Bagian yang paling saya suka adalah ketika Jere main gitar dan menyanyikan lagu Stay Up-nya George Nozuka supaya perasaan Cindy ter-upgrade, hahaha gombal banget, apalagi pas bagian inspirasinya Jere adalah Bang Rhoma Irama dan filmnya Satria Bergitar, emang bener kata Cindy, ancur banget si Jere ini, tapi tetep ya, dia adalah Satria Bergitar-ku (Again!) XDD.

2. Jethro Liem - Good Fight
Karna belum buat reviewnya dan bacanya udah lama (awal tahun) saya jadi lupa gimana mau bercerita tentang si cowok hot ini, dulu rasanya sangat mengebu-ngebu sekali ketika baca dan ketemu sama tokoh Jethro ini. Dia itu seorang fotografer di sebuh majalah terkenal, dia punya 'musuh bebuyutan' temen kantornya, dari benci dari cinta, begitulah hubungannya. Tapi, yang membuat serita ini lain dari yang lain adalah mereka berdua adalah sama-sama selingkuhan darp pacar masing-masing, trus mereka saling selingkuh gitu #ruwet. Sama kayak Jere, typical tokoh buatan Christian Simamora banget, si cowok lebih pengalah, pengertian, dan romantis abis :D.

1.  Simon Marganda - Memori
Tanpa berpikir lama, satu-satunya cowok yang masih terngiang sampai saat ini, buku yang pengen saya baca berulang-ulang karena pengen banget ketemu lagi sama Simon, buku inilah jawabannya. Simon bener-bener sukses merebut hati saya #jiahh. Suka banget sama karakternya. Seorang arsitek (dulu saya bermipi pengen mempuanyai suami seorang arsitek, biar bisa membangun rumah tangga buat kami berdua :p :p :p), jenius, sinis, berharap dia beneran nyata. Bagian favorit adalah:
"Menurutmu, apa yang kita lakukan ini benar?" Aku menatap mata Simon.
Lelaki itu membalas seraya membelai rambutku. "Entahlah. yang kutahu, aku menginginkanmu," katanya.
Simon sangat sukses mengembang kempiskan hatiku :p.

Akhirnya selesai juga, membuat postingan ini rasanya pengen kembali membaca semua buku yang tokohnya saya sebutkan di atas. Semoga di tahun depan makin banyak cowok kece yang bertebaran. Siapa Top 5 Book Boy Friends 2012 versi kamu? :D 

Rabu, 26 Desember 2012

Wrap Up Wishful Wednesday 2012

Wishful Wednesday merupakan salah satu meme yang saya gemari, kenapa? karena bisa diwujutin :D Ini bukan akhir dari meme ini, tahun depan pasti lanjut lagi dong. Karna hari ini adalah hari Rabu terakhir di tahun 2012 saya ingin flashback kembali, ngelist wishlist apa yang udah aku ikutkan dan apakah di akhir tahun ini sudah terkabul semua?
Saya akan kembali merekap buku apa aja yang udah terkabul ketika mengikuti meme ini, yah walau nggak tiap Rabu ikut (karna g sempet dan lupa kalau hari Rabu) kadang tiap postingan saya memberikan dua judul buku yang saya pengen.
Baiklah, berikut rekapannya:
Wishful Wednesday 1: Twivortiare dan Rock 'n Roll Onthel --> TERKABUL
Wishful Wednesday 2: Divergent --> TERKABUL
Wishful Wednesday 3: One Day dan Juliet --> TERKABUL. One Day dapet buntelan dari @r3n87 dan Juliet beli seken di mb @fanda_a, yeay :)
Wishful Wednesday 4: The Godfather --> TERKABUL. Dapet buntelan dari @stefanie_sugia, double yeay!
Wishful Wednesday 5: Discord dan Genesis --> BELUM TERKABUL. Huhuhu, beberapa kali ikut kuis nggak beruntung, mau beli nggak ada diskon yang mengiurkan, terpaksa nyelengi lagi deh padahal nggak sabar baca.
Wishful Wednesday 6: Prom Nights from Hell dan Kisses from Hell --> TERKABUL SATU. Thank you so much my Secret Santa, dia telah ngabulin satu wishlist saya di postingan ini. You know me so well pokoknya :D
Wishful Wednesday 7: Outlander #1= buku 1 dan buku 2 --> BELUM TERKABUL. Sebenernya buku ini hanya satu seri tapi terjemahannya dijadiin dua buku. Pengen banget baca, cari buntelan dulu aja kali ya :D
Wishful Wednesday 8: Eon --> BELUM TERKABUL. Tahun ini rencana mau baca Eona, buku kedua dari serial ini, jadi mau nggak mau harus beli kalo nggak dapet buntelan =))
Wishful Wednesday 9: The Child Thief --> TERKABUL. Dengan memanfaatkan yes money dan kupon belanja sebesar 20k saya membeli dua buku di yes24.co.id, selain ini pengen dapet gift akhir tahunnya :)) #bancidiskon #fakirbuntelan
Wishful Wednesday 10: Ratu Seribu Tahun</a> --> TERKABUL. makasih banyak mb  Astrid si pemilik meme ini, alhamdulillah saya mendapatkan buku ini ketika WW lagi ngadain giveaway, akkkkk seneng banget pokoknya :D
Wishful Wednesday 11: Cloud(y) --> BELUM TERKABUL. Masih penasaran sama buku ini, belinya nunggu diskon gede dulu :))
Wishful Wednesday 12: Singgah --> BELUM TERKABUL. Kayaknya buku ini belum terbit deh, jadi dompet aman :))
Dannnn, untuk Wishful Wednesday [13] kali ini, wishlist saya adalah

1615228116360467

Vacations from Hell by Libba Bray, Cassandra Clare, dll
Genre: dark, Horor
Harga: 48k
Sinopsis:
Bagasi nyasar? Tidak ada apa-apanya kalau dibandingkan tinggal sekamar dengan penyihir penuh dendam. Gosong akibat berjemur terlalu lama mungkin memang menyakitkan, tapi efeknya sebentar saja akan hilang, sedangkan kutukan... Dan tentu saja, dalam situasi paling buruk sekalipun, cinta tetap bisa bersemi.
Cerpen-cerpen karya para pengarang hebat ini—Libba Bray (A Great and Terrible Beauty), Cassandra Clare (City of Bones), Claudia Gray (Evernight), Maureen Johnson (13 Little Blue Envelopes), dan Sarah Mlynowski (Bras & Broomsticks)—berisi kisah-kisah seru liburan paranormal yang jadi kacau.


Love is Hell by Melissa Marr, Scott Westerfeld, dll
Genre: dark, Horor
Harga: 48k
Sinopsis:

Cinta memang bikin menderita. Tetapi, siapa sih yang bisa hidup tanpa cinta?
Dari dua remaja yang berani mendobrak berbagai aturan kaku karena daya tarik di antara mereka hingga gadis yang jatuh cinta habis-habisan pada hantu tampan yang menaruh dendam, tokoh-tokoh seru dalam kumpulan cerita ini akan menghancurkan hatimu, lalu membuatmu meyakini cinta lebih daripada kapan pun.
Dalam kisah-kisah karya para penulis top ini—Melissa Marr (Wicked Lovely), Scott Westerfeld (Specials), Justine Larbalestier (Magic or Madness), Gabrielle Zevin (Elsewhere), dan Laurie Faria Stolarz (Blue is for Nightmares)—cinta mungkin kacau, tapi cinta juga lebih kuat dibandingkan apa pun dalam menaklukkan segalanya.



Kenapa milih buku ini? Karna saya emang pengen ngoleksi seri Hells ini, selain itu banyak banget penulis fantasy yang namanya nggak asing lagi, saya pengen nyoba baca kumcer mereka. Saya udah dapet satu dari empat buku yang udah terbit semoga aja bisa terkabul semua, amin :D
Jadi, dari 13 Wishful Wednesday yang saya ikuti, 19 buku yang saya pengenin, total ada 9 buku yang udah berhasil masuk ke rak saya, not bad lah :D


Wishful-wednesday2

Apa Wishlist kamu? yuk ikut meme ini, caranya:
  1. follow  Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu
  2. buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran minggu ini, mulai dari yang bakal dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist.
  3. meninggalkan link Wishful Wednesday di Mr. Linky (ada di bawah postingan mb  Astrid). Kalau mau tambahkan button Wishful Wednesday di postingan.
  4. udah tinggal blogwalking sesama blog yang ikut share wishlist :)
Psssttt, yuk pada ikutan, bulan Februari tahun depan bakalan ada giveaway lagi loh meme ini :))

Selasa, 25 Desember 2012

From Secret Santa


Secret_santa

hmmmm, siapa ya? :)

Kamis, 20 Desember 2012

Sitta Karina's Book Reading Challenge

Ini adalah challenge buatan saya sendiri, pertama kalinya :p. Nggak banyak aturan, hanya di tahun mendatang saya akan kembali membaca dan mereview semua buku dari Sitta Karina, yap, penulis favorit saya. Jadi. buat yang pengen tahu ringkasan bukunya bisa pantengin blog ini :D

Waktu ikut kuis ada beberapa pertanyaan tentang siapa penulis favorit kamu, alasannya kenapa dan segila apa kamu padanya. Selalu dan selalu nama Sitta Karina menjadi jawabannya, alasannya? Sebenernya saya agak lupa kapan pertama kali baca nama Sitta Karina, kalo nggak salah, tau nama Sitta Karina dari majalah remaja yang saya baca (lupa dulu majalahnya apa) yang menyebutkan kalo Sitta Karina adalah penulis teenlit yang bukunya bestseller, terlebih serial Hanafiah (dulu saya suka banget sama buku Nora Robert yang seri MacGregor, nah Hanafiah ini agak mirip sama serial tersebut, satu keluarga diceritakan masing-masing). Tapi, saya tidak menemukan bukunya di Solo, hanya seri Magical Seira #2 dan saya nggak mau membeli karena tidak ada seri pertamanya. Saya tenggok webside-nya, ternyata udah banyak banget buku yang dihasilkannya, nggak cuman seri hanafiah.

Belum baca bukunya aja saya udah kesemsem, hanya dari membaca sekilas sinopsis-sinopsisnya. Nggak pantang menyerah, waktu saya liburan di Jogja saya menemukan buku-buku Sitta Karina! Akhirnya! di Gramedia Sudirman, kalo nggak salah ingat saya membeli buku Sitta Karina di sana yang berjudul: Lukisan Hujan, Seluas Langit Biru dan Titanium. Udah bolak balik ngunjungi toko buku di Solo dan di Jogja tetep tidak banyak, bahkan nggak ada buku Sitta Karina yang terbitan dari Terrant Books, yaudah deh kalo jodoh pasti suatu saat saya akan mempunyai buku yang saya impikan itu. Dan semesta mendukungnya, saya mendapatkan info dari akun twitter Terrant Books kalo mereka juga melayani penjualan secara online, bahkan diskon 35%! saya nggak menyia-nyiakan kesempatan itu, padahal dulu saya sangat takut beli online karena takut dibohongin, tapi percaya dan pasrah aja dan alhamdulillah sampai saat ini saya punya semua buku-bukunya Sitta Karina (kecuali terbitan Nulisbuku, ada satu cerpen Sitta Karina di kumcer yang saya lupa judulnya, yang dibuat untuk membantu korban gempa di Jogja)

Berikut adalah buku-buku Sitta Karina yang saya punya:

Kisah Hanafiah
Magical Seira:
  1.  
Aerial:
  1.  
  2. Ambrosia (coming soon)
Stila-Aria:
  1.  
  2.  Kincir-Kincir Hati (coming soon)
Novel Lepas:
  1.  
Kumcer:
  1.  
  2.  
  3.  
  4. Sirine (ebook) 
Selain kisah Hanafiah yang paling saya tunggu kelanjutannya, saya juga cukup penasaran dengan kisah keluarga Syadiran, bahkan dari dulu di web-nya ada judul Ketika Kupeluk Awan, sayangnya sampai sekarang tidak ada kabar. Oh ya, juga buku Ambrosia, Kincir-Kincir Hati, novella Prom, Bayang Putih yang sampai sekarang tidak kunjung terbit juga, tapi saya akan tetap sabar menunggu :D. Untungnya tahun ini kangen saya akan tulisan Sitta Karina terobati dengan adanya buku Rumah Cokelat, cerbung #DuniaMara yang ada di majalah Go Girl Magazine, dan salah satu cerpennya di proyek #AnakAsik: Sirine. Denger-denger juga Magical Seira dan Kisah Hanafiah akan dicetak ulang oleh @BuahHatiBooks, buat yang pengen ngrasain karya-karya Sitta Karina yang udah sulit ditemukan di toko buku, buruan beli buku dengan cover barunya! :D



Nah, rencana challenge saya tiap bulan ini nih:

Januari: Putri Hujan & Ksatria Malam, Lukisan Hujan
Februari: Imaji Terindah, Pesan Dari Bintang
Maret: Magical Seira 1-3
April: Seluas Langit Biru, Titanium
Mei: Aerial
Juni: Stila-Aria 1
Juli: Kencana, Circa
Agustus: Pertama Kalinya!
September: Satu Hari Berani
Oktober: Skenario Dunia Hijau
November: Delapan Peri
Desember: Dari Datuk ke Sakura Emas, Rumah Cokelat, Sirine

Udah saya katakan di awal kalo aturannya hanya membaca dan mereview buku dari Sitta Karina, boleh novel serinya, novel lepas, kumcer, dll asal ada nama Sitta Karina. Tujuan ngadain challenge ini karna saya ingin mengenang kembali dan buat yang belum pernah baca bisa mengenal karya-karya Sitta Karina :D. Review nggak harus di tulis di blog buku, terserah mau blog pribadi, goodreads atau note fb juga boleh. Jangan lupa posting master post kamu di linky yang ada di akhir postingan ini ya :D

Saya juga membuat level, saya ambil dari nama-nama keluarga yang ada di novelnya :D
Soi: bila kamu bisa membaca dan mereview 1-5 buku
Kaminari: bila kamu bisa membaca dan mereview 6-10 buku
Syadiran: bila kamu bisa membaca dan mereview 11-15 buku
Hanafiah: bila kamu bisa membaca dan mereview lebih > 16 buku 

Hadiah. Sebenernya saya nggak ngrencanain bikin giveaway untuk challenge ini, lebih untuk diri sendiri, tapi karna ada yang pengen ikut juga jadinya saya pertimbangkan. Hadiahnya akan ada satu pemenang pilihan saya, dia bisa milih satu buku Sitta Karina yang dia pengen (buku harus ada di toko buku atau olshop) atau buku pilihannya sendiri senilai IDR 50k. Bila ada yang mau jadi donatur pintu Kubikel Romance terbuka sekali, silahkan hubungi saya via email atau twitter saya @peri_hutan

Semoga saja di tahun depan banyak buku Sitta Karina yang terbit, amin :D. Bagi yang pengen ikut menemani saya membaca buku-bukunya Sitta Karina, yuk kita mulai dan pasang button di bawah ini di blog kamu :D 




NB: 
Buat yang pengen kenal sama Sitta Karina silahkan kunjungi @sittakarina, sittakarina.posterous.com, sittakarina.com
Jadwal baca bisa berubah sewaktu-waktu.

Berhubung saya gagal dengan challenge ini dan peminatnya nggak banyak, akhirnya saya memutuskan nggak ada pemenang alias challenge ini gagal, maaf banget ya, semoga suatu hari nanti saya bisa mengadakan challenge ini lagi dan disambut hangat.

Indonesian Romance Reading Challenge 2013





Nggak apdol kalo saya nggak mengikuti challenge ini, dulu sempet kepikiran juga untuk buat challenge buku romance karena males bikin rulesnya jadinya ngikut aja deh ^^. Nah suatu ketika blogwalking nggak sengaja nemu postingan ini diblognya mbak @yuska77 di lustandcoffee.wordpress.com wahhhh cocok banget nih untuk Kubikel Romance, hanya saja dibatasi buku-buku dalam negeri, ga pa-pa deh, toh dari dulu saya memang lebih prefer baca buku dalam negeri kalau urusan novel romantis.

Saya copaskan aturannya yah:

Kapan?
Mulai 1 Januari 2013 sampai 31 Desember 2013.

Siapa saja yang boleh ikutan?
Semua orang boleh ikutan, yang penting usia sudah memenuhi syarat untuk membaca novel dengan unsur roman.

Buku apa yang harus dibaca?
Tentu buku romance karya penulis Indonesia. Boleh dari penerbit mana pun, baik terbitan major publisher atau self-published.

Boleh nggak baca buku romance terjemahan?
Tidak. Buku yang dianjurkan untuk dibaca adalah buku berbahasa Indonesia yang ditulis oleh orang Indonesia :)

Aku udah pernah baca buku romance “A”. Boleh nggak aku baca ulang?
Nggak masalah. Yang penting genrenya romance dan ditulis oleh penulis Indonesia.

Aku suka buku sastra klasik. Boleh nggak aku baca buku karya Pramoedya Ananta Toer, Putu Wijaya, dll?
Sah-sah aja. Yang penting mengandung unsur roman.

Boleh nggak sih aku baca buku antologi?
Tentu boleh, yang penting ada unsur romance-nya.

Terus, habis baca bukunya ngapain lagi dong?
Tulis review buku yang kamu baca. Boleh di blog atau goodreads, boleh juga reply di sini. Untuk yang nulis review di blog/goodreads, jangan lupa kasih link ya, biar dishare ke peserta yang lain.

Kalau aku udah lulus level First Date dan waktunya masih cukup, boleh nggak ikutan baca buku lagi supaya level naik?
Sure! Semakin banyak buku yang dibaca, tentu semakin baik :)

Ada hadiah nggak untuk peserta yang ikut tantangan ini?
Ada. Thanks to Stiletto Book yang sudah sangat berbaik hati mau memberi dua buku keren ini:
1. Winter to Summer – Icha Ayu
Photobucket
2. A Cup of Tea for Complicated Relationship – Herlina Dewi dkk
Photobucket
Semoga ada penerbit lain yang mau ikut mensponsori hadiah ya supaya semakin meriah.

Level:
Fling: membaca 1-3 buku
First Date: membaca 4-7 buku
Going Steady: membaca 8-11 buku
Engaged: membaca 12-14 buku
Married: membaca 15-100 buku
Saya pengen menjajal level Married nih, semoga saja kesampean :D

Yang pengen ikutan cek aja langsung ke blognya lustandcoffee.wordpress.com

Fantasy Reading Challenge 2013


Tumblr_md5ebbnedm1qgu5b6o1_1280

I live in my magical world by Rona-Keller
Menilik list buku fantasy yang udah saya buat di postingan Musnahkan Timbunanmu terdata ada 36 buku fantasy yang ada di timbunan saya. Genre fantasy memang salah satu genre yang paling saya sukai selain romance, jadi begitu tau ada challenge tentang buku fantasy yang dibuat mbak Maria dan Ally tanpa pikir panjang saya bakalan ikut. Sebenernya saya juga udah kepikiran di tahun depan bakalan melunasi hutang baca dan review buku fantasy yang tahun ini mandeg, saya juga udah memprogram tiap bulan mau baca apa.
The Goal: memebaca minimal satu buku tiap bulan
Syarat: buku tidak boleh terbitan tahun 2013, apa aja asal genrenya fantasy
Peserta: warga negara Indonesia yang memiliki blog (bisa note fb atau goodreads)
Prosedur:
  • follow blognya mb Maria dan Ally
  • daftartarkan diri di kolom komentar postingan ini
  • buat daftar bacaan dan posting di blog masing-masing, trus kirim linknya ke Form Data Peserta
  • pasang button 2012 TBBR PILE a Reading Challenge di blog dan masukkan link mater postnya (karena Kutu Bokek g bisa diobrak abrik, buttonnya ak pasang di Kubikel Romance yah)
The Main Prize: akan dipilih satu peserta yang berhasil menuntaskan challengenya dengan memilih buku dengan IDR 70k
Additional Prize: akan dipilih dua peserta yang berhasil menuntaskan challenge utama dan additional challenge dengan mimilih buku dengan IDR 50k
Berikut daftar buku yang akan saya baca:

Fantasyreadingchallengebutton

Januari
  1. Harta Vaeran
  2. Ratu Seribu Tahun
  3. Sang Penantang Takdir
  4. Tabir Nalar
  5. Masa Elir*
  6. Redfag*
  7. Once a Witch
  8. Klik!
  9. A Long Long Sleep
  10. Witch Catcher
Februari
  1. 1984
  2. Matched
  3. The Maze Runner
  4. Uglies
  5. Pretties
  6. Specials
  7. American Gods
  8. Good Omens
Maret
  1. Abarat 1
  2. Abarat 2
  3. City of Bones
  4. City of Ashes
  5. City of Glass
  6. City of Fallen Angels
April
  1. Grim
  2. Nightshade
  3. Eon*
  4. Eona
Mei
  1. Marked
  2. Choosen
Juni
  1. Abandon
Juli
  1. The Fetch
Agustus
  1. Wicked Lovely
September
  1. Radiant Shadows
Oktober
  1. Need
November
  1. Captivate
Desember
  1. Levithan

Additional Challenge:
  • Indo Fantasy: Utukki
  • Award Winner: Dunia Kafka
  • Mythology: The Red Pyramid
  • Movies Adaptation: series Lord of The Ring*
  • High Fantasy: series Eragon*
itu dulu deh, bacaan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan mood :D

NB: tanda * itu adalah tandanya belum punya bukunya, entah nanti ada yang mau ngasih atau pinjem ^^

Serapium Reading Challenge 2013


Tumblr_m947m5zsp61qd25w3o1_500

Source: Flickr / brokennightma
Hai hai hai, ditanggal yang cantik ini saya akan memposting beberapa challenge yang akan saya ikuti di tahun depan, nggak usah banyak kata deh, langsung saja ke challenge yang pertama, tertarik ikut challenge ini karena hadiahnya menggiurkan dan juga pilihan genre bukunya tiap bulan menantang ^^
Serapium Reading Challenge 2013
Makasih buat mbak @allunamaharani yang mengaktifkan akun kaskus saya, sebelumnya saya mencoba memakai id yang saya buat pada tahun 2009 tapi setelah berulang kali mencoba berkomentar tetap tidak bisa digunakan, akhirnya saya membuat id baru lagi, yang juga tidak bisa digunakan. Saya rempongin aja deh salah satu kaskuser yang saya kenal, ya mbak Lune itu, yang udah baik hati menjawab pertanyaan tidak bermutu dari saya :))
Saya copas yah peraturannya dari forumnya:
APA SIH SRC-2013 ITU?
SRC-2013 adalah sebuah event tahunan yg diselenggarakan oleh Forum Buku Kaskus. Di dalam event ini kami menantang anda semua untuk membaca sebuah buku sesuai dengan tema yg telah ditentukan setiap bulannya lantas membuat review atas buku tersebut.
PERATURAN SRC 2013:
  1. Siapapun boleh ikut dalam tantangan ini selama mempunyai ID Kaskus. Tidak boleh menggunakan klon ID.
  2. Periode tantangan berlaku dari 1 JAN 2013 s/d 31 DES 2013
  3. Pendaftaran dibuka selama event ini berjalan dengan cara:
    • Peserta membuat daftar buku yg akan dibaca tahun 2013 (khusus DES bisa menyusul). Tim SRC-2013 akan memverifikasi daftar buku anda, apakah sudah sesuai tema atau belum.
    • Peserta yg tidak mengikuti event ini dari awal tidak perlu membuat list setahun penuh, cukup dari bulan saat peserta mendaftar.
    • Peserta mengirim pm kepada TS yg berisi data pribadi, nama asli, id kaskus, alamat email, alamat lengkap & no telepon yg bisa dihubungi (data pribadi tidak akan disalah gunakan)
  4. Semua bentuk buku, buku fisik, fotokopian, ebook dan audiobook diperbolehkan.
  5. Peserta harus membaca dan membuat review buku sesuai dengan bulannya.
  6. Periode posting review adalah tgl 8 s/d akhir bulan.
  7. Review harus di posting di trit Serapium Catalogue. Review yg sudah diposting tidak boleh diedit dengan alasan apapun.
  8. Wajib mencantumkan title SRC-2013 Bulan .... dan rating buku skala 1-5.
  9. Peserta yg terlambat mengirimkan review atau belum menyelesaikan review tidak perlu membuat review susulan. Dengan ini peserta akan dianggap DNF (did not finnish).
TEMA SRC-2013:

  1. JANUARI - Seraper Most Favorite Books
    Silahkan review buku favorite masing-masing ya
  2. FEBRUARI - Novel Romantis
    Pride And Prejudice, Wuthering Heights, The Time Traveler’s Wife, The Great Gatsby, Norwegian Wood, One Day, My Avilla - Iva Afianty, A Piece of Love in Korea - Deasylawati P., Beautiful Mistake - Sefryana Khairil, Rahasia Dua Hati - Muthmainnah, Harlequin Books, dll.
  3. Maret - Ekranisasi (dari buku menjadi film, 30 Maret a/ Hari Film Nasional)
    Co/ Ronggeng Dukuh Paruk, Pintu Terlarang, Laskar Pelangi, Ayat-Ayat Cinta, Emak Ingin Naik Haji, Di Bawah Lindungan Ka’bah, The Hobbits, Life of Pi, Negeri 5 Menara, Hafalan Shalat Delisa, dll
    Silahkan menuju tritnya langsung untuk bahan rujukan yg lebih lengkap - Ekranisasi: Dari Buku ke Layar Lebar
  4. APRIL - Sastra Indonesia (28 April a/ Hari Sastra Nasional)
    Co/ Siti Nurbaya, Salah Asuhan, Tenggelamnya Kapal Van der Wijk, Layar Terkembang, Robohnya Surau Kami, Azab dan Sengsara, Apa Dayaku karena Aku Seorang Perempuan, Hulubalang Raja, Layar Terkembang, Anak Perawan di Sarang Penyamun, Madah Kelana, Atheis, dll
  5. MEI - 1001 Books You Must Reads Before You Die
    Co/ silahkan menuju tritnya langsung untuk bahan rujukan - 1001 Buku Yang Harus Kamu Baca Sebelum Wafat
  6. JUNI - Thrillers, Suspense, Mysteries, Crime & Detective
    Co/ S. Mara Gd., Abdullah Harahap, Agatha Christie, Dan Brown, Sidney Sheldon, Tom Clancy, John Grisham, David Baldacci, Kate Carlisle, The Tokyo Zodiac Murder, Lima Sekawan, Pasukan Mau Tahu, Trio Detektif, Sherlock Holmes, Millenium Trilogi (Stieg Larsson), The Last Child (John Hart), dll.
  7. JULI - Love Your Childhood (23 Juli a/ Hari Anak Nasional)
    Co/ silahkan menuju tritnya langsung untuk bahan rujukan - The I Love Children Book Thread
  8. AGUSTUS - Sejarah, Perang & Militer
    Co/ Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer, Tetralogi Pulau Buru, Arok Dedes, Mangir, Senapati Pamungkas, Gajah Mada, Dyah Pitaloka, Senja di Langit Majapahit, Singgasana Terakhir Pajajaran, Glonggong, Negara Kelima, Rahasia Meede, Gusti Ayu Kedangan (ttg ekspedisi Gajah Mada ke Bali, dilukiskan terjadi abad ke-14), Lian Nio, Gelang Giok Naga, Potongan Cerita di Kartu Pos, Sindrom Mataram, Fall of Giant, Sungai Lampion, The Last Emperor (buku ttg Kaisar Cina terakhir), All the President's Men (buku ttg skandal Watergate), dll.Silahkan menuju ke tritnya langsung untuk bahan rujukan - There's the so-called HISTORICAL FICTION
  9. SEPTEMBER - Travel Literature
    Co/ Balada Si Roy, Selimut Debu & Garis Batas (Agustinus Wibowo), Life Traveler (Windy Ariestanty), Tales from the Road (Matatita), Perjalanan ke Atap Dunia (Daniel Mahendra) Two Travel Tales (Ade Nastiti), Meraba Indonesia (Ahmad Yunus), Haji Nekat (Haji Bahari), The Naked Traveler (Trinity), Norak-Norak Bergembira, dllSilahkan menuju ke tritnya langsung untuk bahan rujukan - The 50 Greatest Travel Books & Travel story Books
  10. OKTOBER - Paranormal Romances, Sci-Fi & Fantasy
    Co/ Vampires, Angels, Nephilim, Fey, Demons, Aliens, Zombies, Witches and
    Wizards, Mermaids, Dragons, Ghosts, Werewolves, Shape-shifters, Time Travelling, Space Odyssey, Alien, dll
  11. NOVEMBER - Nominasi KLA (bertepatan dengan event KLA 2013)
    Co/ Cerita Cinta Enrico, Ibuk, Gadis Pakarena, Seekor Anjing Mati di Bala Murghab, Maryam, Gadis Kretek, Negeri Para Bedebah, dll
  12. DESEMBER - Publis Tahun 2013
    Buku apa saja yang terbitnya atau diterjemahkan (jadi buku cetak ulang tidak termasuk) tahun 2013
SISTIM PENILAIAN:
  1. Setiap peserta yang mengikuti SRC 2013 adalah peserta tahunan. Bagi yg terlambat mendaftar tetap dianggap sebagai peserta tahunan. Tidak perlu khawatir, peserta yg terlambat masih punya peluang merebut hadiah utama kok dengan catatan bisa mendapat rangking 1 setiap bulannya dan lawannya banyak yg DNF.
  2. Peserta yg mengumpulkan review paling lambat tanggal 20 akan mendapatkan tambahan poin +2
  3. Ganti judul dikenakan sanksi -1 (kecuali bulan Desember)
  4. Setiap review akan mendapatkan penilaian dari dewan juri. Review yg mendapatkan nilai tertinggi setelah ditambah atau dikurangi poin 2 & 3 akan keluar sebagai juara tema bulanan.
KLASEMEN TAHUNAN:

  1. Peringkat 1-10 setiap bulannya akan mendapat poin yg diakumulasikan di klasemen tahunan dengan distribusi sebagai berikut:
    • P01 - 23 poin
    • P02 - 20 poin
    • P03 - 17 poin
    • P04 - 14 poin
    • P05 - 12 poin
    • P06 - 10 poin
    • P07 - 8 poin
    • P08 - 6 poin
    • P09 - 4 poin
    • P10 - 2 poin
  2. Peringkat 11 dan seterusnya akan mendapatkan 1 poin
  3. Peserta yg tidak mengumpulkan review dianggap DNF dan mendapatkan poin 0
  4. 3 peserta yg menumpulkan poin terbanyak di klasemen akhir berhak mendapatkan hadiah utama.
Hadiahnya:
Setiap review yg masuk akan mendapatkan penilaian dari dewan juri. Review yg mendapatkan nilai tertinggi setelah ditambah atau dikurangi poin 2 & 3 pada sistim penilaian diatas akan keluar sebagai juara tema bulanan.
Apabila ada poin tertinggi yg sama, siapa yg terlebih dulu posting review akan menjadi juara tema bulanan.
Pada akhir tahun, 3 orang yg mendapat peringkat tertinggi pada klasemen akhir berhak mendapatkan hadiah utama.
HADIAH TEMA BULANAN:
2 bh buku pilihanmu + 70 buah cendol + 1 lsn Baterei A******* uk. AAA/AA + Pulsa 5000 all operator

Syarat & Ketentuan:
Hadiah buku dengan nilai max. @100k (harga sebelum diskon)
Bukan buku langka, atau sudah tidak dicetak lagi.
Buku harus mudah ditemukan di toko buku ataupun online shop yg ada.

HADIAH UTAMA:
Pemenang I: 1 bh buku + Uang Tunai Rp. 500.000,-
Pemenang II: Uang Tunai Rp. 400.000,-
Pemenang II: Uang Tunai Rp. 300.000,-














Karena sebagian besar timbunan saya masuk ke challenge tersebut, maka saya pun membuat listnya:
Januari - Seraper Most Favorites Books
Putri Hujan dan Ksatria Malam - Sitta Karina
Februari - Novel Romantis
This Lullaby - Sarah Dessen
Maret - Ekranisasi (dari buku diangkat ke layar lebar)
Water for Elepants - Sara Gruen
April - Sastra Indonesia
9 dari Nadira - Leila S. Chudori
Mei - 1001 Books You Must Reads Before You Die
Seratus Tahun Kesunyian - Gabriel Garzia Marquez
Juni - Thrillers, Suspense, Mysteries, Crime & Detective
Dark Hollow - John Connolly
Juli - Children Books
Manxmouse - Paul Gallico
Agustus - Historical Fiction
Kapitan Pedang Panjang - Fira Basuki
September - Travel Literature
The Geography of Bliss - Eric Weiner
Oktober - Paranormal Romances, Sci-Fi & Fantasy
Need - Carrie Jones
November - Nominasi Khatulistiwa Literary Award
Negeri Para Bedebah - Tere Liye
Desember - Publis Tahun 2013
belum ditentukan

Yak, itulah buku yang rencananya saya baca dan saya review, semoga saja tidak ada perubahan jadwal, yang jelas bisa mengurangi timbunan dan saya ngebet sama hadiahnya ^^

Selasa, 18 Desember 2012

-Musnahkan Timbunanmu-


Judulnya agak kejam yah, ehehe. Kutu Bokek kayaknya perlu pangeran tampan nih agar bisa bangun dari tidur lamanya, biar bisa ngreview buku keren lagi. Maaf maaf sekali bagi yang suka mengintai blog ini, beberapa bulan terakhir isinya meme melulu nggak ada review bukunya. Kayaknya resolusi saya tahun kemaren bakalan gagal nih, atau tidak tepat waktu, mereview semua buku yang saya baca, sampai sekarang saya masih mengusahakannya, setelah Reading Challenge saya terpenuhi saya berniat mereview hutang-hutang yang mau menyaingi timbunan saya.
Kemaren saya mendata timbunan yang ada di rak dan juga pinjaman dari temen-temen, maaf ya lama balikinnya, mengertilah :)) Karena saya berencana mengikuti beberapa beberapa challenge, untuk memudahkan, saya memisahkan sesuai genre, setelah itu bisa deh ikut challenge sesuai timbunan, tapi ada juga challenge yang nggak ada di timbunan tapi jelas genre tersebut masuk dalam daftar bacaan saya.
Berikut buku-buku yang nggak sengaja ketimbun :D

Fantasy
  1. Eona - Alison Goodman
  2. The  Maze Runner - James Dasher
  3. Red Pyramid - Rick Riordan
  4. American Gods - Neil Gaiman
  5. Grim - Gesa Schwartz
  6. Good Omens - Neil Gaiman & Terry Pratchett
  7. Uglies - Scott Westerfelt
  8. Pretties - Scott Westerfeld
  9. Specials - Scott Westerfeld
  10. City of Bones - Cassandra Clare
  11. City of Ashes - Cassandra Clare
  12. City of Glass - Cassandra Clare
  13. City of Fallen Angels - Cassandra Clare
  14. Abarat 1 - Clive Barker
  15. Abarat 2 - Clive Barker
  16. Captivate - Carrie Jones
  17. Need - Carrie Jones
  18. Wicked Lovely - Melissa Marr
  19. Radiant Shadows - Melissa Marr
  20. Nightshade - Andrea Cremer
  21. Harta Vaeran - Pratama Wirya
  22. Ratu Seribu Tahun - Ardani Persada
  23. Sang Penantang Takdir - Ardani Persada
  24. Tabir Nalar - Rynaldo C. Hadi
  25. Levithan - Thomas E. Sniegoski
  26. Marked - P.C. Cast + Kristin Cast
  27. Chosen - P.C. Cast + Kristin Cast
  28. The Fetch - Chris Humphreys
  29. Abandon - Meg Cabot
  30. Matched - Ally Condie
  31. A Long Long Sleep - Anna Sheehan
  32. Witch Catcher - Mary Downing Hahn
  33. 1984 - George Orwell
  34. Utukki - Clara Ng
  35. Once a Witch - Carolyn MacCoulloght*
  36. Klik! - Eoin Colfer dkk.*

Fiksi
  1. The Godfather - Mario Puzo
  2. The Casual Vacancy - J.K Rowling
  3. Tofi - Prof. Yohanes Surya
  4. Dunia Kafka - Haruki Murakami
  5. All Those Things We Never Said - Marc Levy
  6. Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken - Jostein Gaarder

Thriller-Dark-Horror
  1. Dark Hollow - John Connolly
  2. Dracula - Bram Stoker*
  3. Frankenstein - Mary Shelly*
  4. Conspiracy in Death - J.D. Robb
  5. Joker - Valiant Budi
  6. The Tokyo Zodiac Murder - Soji Shimada*

Historical Fiction
  1. Juliet - Anne Fortier
  2. Water of Elephants - Sara Gruen
  3. Hotel on The Corner of Bitter and Sweet - Jamie Ford
  4. A Sigle Shard - Linda Sue Park
  5. Kapitan Pedang Panjang - Fira Basuki
  6. Seratus Tahun Kesunyian - Gabriel Garcia Marques
  7. The Calligrapher's Daughter - Eugenia Kim*
  8. Maryam - Okky Madasari

Romace
  1. Doctor - Eric Segal
  2. The Class - Eric Segal
  3. Queen of Babble - Meg Cabot
  4. Forget About It - Caprice Crane
  5. The Men's Guide To The Women's Bathroom - Jo Barrett
  6. Dimsum Terakhir - Clara Ng
  7. Sing Me To Sleep - Angela Morrison
  8. The Bell Jar - Sylvia Plath
  9. This Lullaby - Sarah Dessen
  10. Hanami - Fenny Wong
  11. Dog Handling - Clare Naylor
  12. Satu Cinta Sejuta Repot - Moemoe Rizal
  13. I Don't Care - Rayni N. Massardi
  14. Winter Dreams - Maggie Tiojakin**
  15. My Name is Kim Sam Soon - Ji Su Hyun
  16. Kukila - M. Aan Mansyur
  17. Tak Akan Habis Duniaku - Sari Safitri Mohan
  18. Scarlet - Alexandra Ripley
  19. Truth or Dare - Winna Effendi
  20. Adriana: Labirin Cinta di Kilometer Nol - Fajar Nugros**

Children
  1. Manxmouse - Paul Gaillico
  2. My Fairy Friends - Nurul Pertiwi
  3. The Student's Stories - Aulia Oktadiputri
  4. Me and Bangka Island - Aulia Oktadiputri & Billy

Non Fiksi
  1. The Geography of Bliss - Eric Weiner
  2. Makan, Doa, Cinta - Elizabeth Gilbert
  3. Membuka Pintu Langit - A. Mustofa Bisri
  4. Misteri-misteri Terbesar di Indonesia - Haris Firdaus
  5. Berani Menertawakan Diri Sendiri - Sulaiman Budiman
  6. Chicken Soup for The Mother's Soul
  7. Mendulang Rezeki dengan Bisnis Syar'i - Widya Novita
  8. Ciao Italia! - Gama Harjono
  9. Two Kisses for Maddy - Matthew Logelin*

Komedi
  1. Drunken Molen - Pidi Baiq*
  2. Drunken Mama - Pidi Baiq*
  3. Drunken Marmut - Pidi Baiq*
  4. Mencoba Sukses - Aditya Mulya*
  5. Forrest Gump - Wiston Groom

Piuhhhh, ada beberapa yang sedang saya baca, terlebih yang judulnya berupa nama orang, saya berusaha menamatkannya sebelum pergantian tahun karena ingin saya ikutkan dalam challenge Name in Book Challenge 2012 dan sepertinya saya gagal mengikuti challenge Historical Fiction yang diadain mbak Hobby Buku, huhuhu maaf mbak, akhir tahun ini saya lagi kesemsem sama romance dan kumcer, terpaksa fantasy dan yang lainnya saya lempar ke target baca tahun depan.
Setelah ngelist daftar bacaan yang ngatri dibaca, saya pun mencocokkan dengan reading challenge yang dibuat temen-temen, apa saja challenge tersebut?
  1. Goodreads Reading Challeng: tahun depan saya menargetkan 150 buku yang akan saya babat.
  2. Fantasy Reading Challenge: menilik timbunan fantasy saya paling banyak, challenge ini SANGAT PAS! :D.
  3. Serapium Reading Challenge: Jujur, saya tergiur dengan hadiahnya, challenge bacaan tiap bulannya juga cukup menantang, walau sedikit bermasalah dengan akun saya di kaskus, saya tetap ingin mengikuti challengen ini dan semoga saja beberapa hari ke depan sudah tidak ada masalah.
  4. Indonesian Romance Reading Challenge: challenge ini 'gue banget' :D.
  5. Sitta Karina's Reading Challenge: tahun depan saya berencana membaca ulang semua buku karangan SItta Karina dan mereviewnya.
Untuk sementara kelima challenge itulah yang jelas saya ikuti, kalau ada challenge yang menarik lagi boleh deh nanti dipertimbangkan sesuai timbunan :D.
Semoga saja timbunan saya di atas bisa 'lenyap' di tahun depan, untuk info lebih jelasnya tentang challenge di atas nanti saya akan memposting sendiri-sendiri. Untuk sementara ini dulu, oh ya, di akhir bulan nanti saya juga berencana memposting Book Self Tour 2012, stay tune!


NB:
*: pinjem temen GR, BBI
**: pinjem di pinjambuku.org
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...