Rabu, 31 Oktober 2012

Wishful Wednesday [8]

Untuk Wishlist sebelumnya silahkan meluncur ke Wishful Wednesday 7.
Wishful Wednesday kali ini masih menampilkan dua buku, berhubung yang lainnya aja udah 30-an posting, hehe. Alasan kenapa pengen kedua buku ini adalah saya sudah mempunyai buku lanjutannya dan sebelumnya, yub, buku ini berseri, saya memang sangat suka dengan cerita berseri, ceritanya bisa berkembang lebih berwarna :D
Kedua buku tersebut adalah

Eon

Eon by Alison Godman
Genre: Fantasy
Harga: 84k
Sinopsis:
Dalam dunia yang penuh dusta, sebuah kebenaran bisa sangat mematikan…
Di bawah didikan keras seorang Master yang ambisius, Eon dilatih untuk menjadi Punggawa Naga—seorang penguasa yang mampu mengendalikan aira dan angina untuk melindungi Negara. Tapi selama dia berlatih dan bertahan menghadapi saingannya, dia harus menjaga sebuah rahasia kelam. Rahasia yang bisa membahayakannya dan bisa membuatnya kehilangan nyawa.
Setelah sebuah upacara pentasbihan, hubungannya dengan kedua belas naga telah menyeretnya ke dalam dunia Pengadilan Kerajaan yang sangat berbahaya. Dan sejak masuk ke dunia pengadilan, dia menemui musuh terkuatnya, Lord Ido. Seiring dengan persaingan yang semakin memanas, Eon semakin tertekan karena rahasia kelamnya semakin muncul ke permukaan. Diwarnai dengan berbagai kasi pertarungan seru, petualangan Eon akan membuat kita tenggelam dalam dunia para punggawa Naga.
Best Fantasy Novel, Aurealis Award (2008) ??? Honour Book, James Tiptree Jr. Award (2008) ??? Notable Book, CBCA Awards (2009) ??? Nomine NSW Premier's Literary Awards (2009) ??? Nomine Victorian Premier's Literary Awards (2009) ??? Nomine Western Australian Premier's Literary Awards (2008) ??? ALA Best Book for Young Adults (2009) ??? Bank Street College Best Book of the Year (2009)
“Kisah petualangan ini penuh intrik, persahabatan, pertarungan dan keajaiban aliansi…buku ini pemenang sejati”—Kirkus Reviews
“Warna baru dalam genre fantasi. Kisah yang ditulis dengan cerdas dan menyegarkan ini benar-benar menggigit dari halaman pertama” —The Times, London.






Udah lama juga pengen buku ini, udah punya buku keduanya Eona tapi belum punya buku pertama, haha makanya pengen cepet punya buku ini biar bisa langsung namatin, seri ini cuman ada dua seri :D.

Buku kedua adalah

Throne_of_fire

The Throne of Fire by Rick Riordan
Genre: Fantasy
Harga: 69k
Sinopsis:

Pertarungan melawan Kekacauan terus berlanjut. Sejak Dewa-Dewa Mesir terlepas ke dunia modern, Carter dan Sadie Kane terlibat banyak masalah. Dan kini, Dewa Apophis, musuh mereka yang paling berbahaya, akan segera bangkit. Satu-satunya cara untuk menghentikan Apophis adalah dengan membangkitkan Ra. Masalahnya, tidak ada yang tahu di mana Ra. Bukan hanya itu, untuk membangkitkan Ra mereka juga harus menemukan tiga gulungan dari Kitab Ra dan mempelajari mantra yang tepat untuk bisa membacanya.
Narasi Sadie dan Carter Kane, humor-humor unik ala mereka dan petualangan ke seluruh dunia akan membuat kalian tenggelam dalam Petualangan Kane bersaudara yang sensasional.

Untuk seri ini saya udah punya seri pertamanya tapi belum sempet dibaca :).

Semoga wishlist saya ini cepat terkabul *sembur doa*.


Wishful-wednesday1

Apa Wishlist kamu? yuk ikut meme ini, caranya:
  1. follow  Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu
  2. buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran minggu ini, mulai dari yang bakal dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist.
  3. meninggalkan link Wishful Wednesday di Mr. Linky (ada di bawah postingan mb  Astrid). Kalau mau tambahkan button Wishful Wednesday di postingan.
  4. udah tinggal blogwalking sesama blog yang ikut share wishlist :)

Selasa, 30 Oktober 2012

We Talk About Books


The_yellow_world
Source: facebook.com


Seharusnya postingan ini di post tanggal 27 Oktober, pas hari Blogger Nasional, gpp deh ya, lebih baik telat daripada tidak sama sekali.

Selamat Hari Blogger :D.

Tahun kemaren kita, para BBI-ers juga membuat postingan pada hari Blogger, temanya adalah sejarah kita ngeblog yang kemudian kita ikutkan dalam ajang #BerkatNgeblog. Tulisan saya bisa di intip di Curhat Isi Buku. Kalau tahun kemaren kita bercerita tentang awal mula kita ngeblog, tema kali ini adalah Sejarah Bergabungnya Kita dengan BBI.

Saya menginggat-ngingat kembali kapan tepatnya dan lagi-lagi gagal, emang parah ini memori. Yang pasti pertama kali yang mengajak saya gabung bareng BBI adalah si @anadudunk. Dia nawarin saya buat gabung grup BBI di fb, yang awalnya angotanya baru beberapa, belum terencana dengan jelas dan anggotanya pun hanya di data di salah satu thret di Goodreads, hanya sekedar baru dibicarakan, grupnya belum di publish, hanya dibahas lewat dm dan chat di Gmail *jadi inget sesahnya mau ikut obrolan @anadudunk, @miapras dan @aleetha dulu karena jarang chat*. Kemudian makin banyak, makin banyak book blogger yang bergabung hingga sekarang mencapai 189 book blogger. WOW.

Walau nggak semua bergabung di grup BBI di fb *karena banyak yang lebih menuliskan daripada muncul langsung, ayo pada muncul, hehe* dalam kurun waktu kurang dari dua tahun ini sebuah kemajuan yang sangat pesat. Harapannya sih selain aktif menulis kita juga bisa membicarakannya, walau nggak secara tatap muka karena posisi para blongger tersebar di wilayah Indonesia raya, setidaknya kita nggak cuman pasif aja. Komunitas berkembang, banyak media yang bisa dipake, mulai dari Goodreads, obrolan di twitter, grup fb, sekarang pun kita bisa ngobrol melalui whatsapp (yang kekurangannya tidak bisa memuat anggota lebih dari 30) kita setiap hari membicarakan buku dengan berbagai bumbu cerita, semua disatukan oleh satu kata, kesukaan, kecintaan, passion, Buku.

Bahkan, banyak rencana yang ingin dikembangkan oleh BBI karena dalam berjalannya waktu banyak anggota dan kita tidak puas hanya membaca bersama dan posting bersama, saatnya menata diri, dengan tujuan komunitas ini berkembang lebih baik dan teratur. Struktur organisasi atau penanggung jawab untuk berbagai event sedang digodong, mulai dari aksesoris (kaos, pin, pembatas buku), event (IRF, bookfair, gathering, giveaway, posting bareng), keuangan (di mana di akhir tahun BBI berencana mengadakan BBI Berbagi, humas yang tugasnya mencari sponsor, bagian yang mengurusi socmed, web, dan masih banyak lagi. Kita bersama-sama membangun komunitas ini menjadi lebih baik dan diminati banyak orang.
Kesan saya selama menjadi member BBI adalah (mungkin sudah sering saya katakan) saya bertemu dengan orang-orang yang juga mencintai buku, wawasan saya bertambah, banyak blongger yang jenis bacaannya berbeda dengan 'makanan sehari-hari' saya, membuat saya sedikit tertarik ketika dia bercerita buku tersebut amazing. Ada pula beberapa anggota BBI yang membuat blog khusus genre favoritnya, sebut saja mbak @fanda_a dengan Fanda Classiclit, @angela_noviana dengan Resensi Harlequin, mbak Maria atau yang lebih dikenal dengan @Hobby_buku bahkan membuat tiga blog untuk genre classic, fantasy dan thriller. Masih banyak lagi blogger yang membuat blog khusus bacaan favorid mereka, kadang bisa kebaca juga dengan berbagai macam postingan kalau mereka lebih dominan baca apa. Kalau saya, terinspirasi dari mbak fanda, saya membuat blog khusus Romance, salah satu genre buku yang sering saya baca di Kubikel Romance dan untuk blog ini sendiri lebih saya khususkan ke omnigenre. Untuk mengetahui semua member BBI, bisa dilihat data blognya di Goodreads. Sedangkan untuk mengatahui update postingannya bisa dilihat di Blogger Buku Indonesia atau bisa kita ikuti kicauannya di @BBI_2011.

Salah satu moment yang ditunggu adalah Kodar (Kopi Darat) atau gathering. Rasanya nggak puas kalau hanya bertatap di layar komputer atau gadget saja. Bila ada kesempatan ke kota atau daerah salah satu anggota BBI bermukim, ayo kita ketemuan! Sejauh ini yang paling sering ketemu adalah dengan BBI Solo karena tiga bulan sekali kita rutin kopdar untuk Goodreads Solo yang mana anggotanya sebagian besar para BBI-ers juga (ada mbak Ratih, Dani, Alvina, Bzee). Kemudian nggak jauh dari kota Solo, para BBI-ers Jogja bertandang dan ngajak ketemuan, ada Oky dan Bang Dion, terhitung udah dua kali (iya deh, kapan-kapan kita yang gantian maen ke Jogja :p). Beberapa waktu yang lalu sang peri buku kita, mbak Truly waktu ada tugas ke Solo pun  kita sempatkan untuk bertemu di rumahnya salah satu penulis yang bermukim di Solo, mbak Sanie B Kuncoro yang dihadiri juga oleh mas Yudhi Herwibowo, penulis yang terkenal dengan genre hisficnya. Sayangnya BBI Jogja yang bisa hadir hanya Bang Dion saja, Oky terpaksa absen karena ada kepentingan. Oh ya, sekarang mbak Desty juga bermukim sementara di Jogja, semoga kita kapan-kapan bisa ketemu ya mbak :D.

Berikut kumpulan fotonya :D

Bbi7BbiBbi1Bbi2Bbi3Bbi4Bbi5Bbi6

Saya berharap suatu waktu bisa ketemu dengan para BBI-ers yang laen, pengen sekali datang ke IRF di mana kita juga berencana membuat stand khusus BBI dan tentu saja akan banyak anggota BBI yang datang.
We talk about books, moreeee about books.
Keep writing, keep reviewing and keep reading.

Xoxo
@peri_hutan

Rabu, 24 Oktober 2012

Wishful Wednesday [7]

Hosh, Hosh baru update jam segini :D, gimana ini dari minggu lalu belum nulis review malah meme trus, ggp deh ya toh sebentar lagi ada 'gawe' Tuker Kado dan Secret Santa, mesti rajin-rajin bikin wishlist, buat yang bingung mau kasih buku apa ke sana pantengin aja Wishful Wednesday saya, biasanya berisi buku prioritas yang pengen saya baca XD. Untuk pilihan yang lebih banyak bisa diintip di Dear Santa.
Untuk rekapan sebelumnya silahkan klik Wishlist Sebelumnya baik yang udah terkabul ataupun belum.
Oke, wishlist saya kali ini adalah

Outlanderbag1Outlanderbag2

Outlander by Diana Gabaldon
Genre: Historical Romance/ Historical Fiction
Harga: Outlander Buku 1: 60k
           Outlander Buku 2: 58k
Hiks, seri pertama aja dibagi dua buku padahal seri Outlander ini ada 8, lebih jelasnya silahkan kunjungi Outlander Series. Mungkin karena saking tebalnya kali ya makanya dibagi menjadi dua buku.
Sinopsis:
1945.
Claire Randall, seorang mantan perawat perang yang sedang menikmati bulan madu kedua sekembalinya dari bertugas. Saat berjalan melalui batu di salah satu lingkaran batu kuno, tanpa diduga dia justru ‘terlempar’ ke puluhan tahun lalu.
1743.
Perang klan sedang berkecamuk di Skotlandia. Claire Randall adalah Sassenach—seorang ‘outlander’.
Gairah dalam Dilema.
Claire tak hanya terlempar ke masa lalu, tetapi juga terperangkap dalam situasi yang tak dimengerti sama sekali olehnya. Kapan saja, di mana saja, perempuan bisa terperosok dalam bahaya—mengancam hidup dan juga hatinya. Terutama ancaman bernama James Fraser, sosok prajurit Skotlandia yang muda dan tampan. Perempuan Masa Depan yang terlempar ke masa lalu itu berjalan di persimpangan, antara keinginan bersetia dan keinginan mengikuti gairah.
Dan saat James berada di sekitarnya, dilema itu semakin menyiksanya.




Semoga saja buku ini segera saya miliki, udah lama pengen beli karena kalau sesuai genrenya saya banget, bulan lalu rencana mau beli tapi karna di Togamas sedang ada diskon cukup gede saya menyingkirkan buku ini dulu, memenuhi wishlist saya yang laen yang ada di TMB. Berminat memberi saya hadiah? Buku ini bisa menjadi pilihan :))



Wishful-wednesday1

Apa Wishlist kamu? yuk ikut meme ini, caranya:
  1. follow  Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu
  2. buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran minggu ini, mulai dari yang bakal dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist.
  3. meninggalkan link Wishful Wednesday di Mr. Linky (ada di bawah postingan mb  Astrid). Kalau mau tambahkan button Wishful Wednesday di postingan.
  4. udah tinggal blogwalking sesama blog yang ikut share wishlist :)

Rabu, 17 Oktober 2012

After The Wedding


"Resensi buku ini dibuat dalam rangka ikut berpartisipasi dalam Lomba Resensi Buku ReadingWalk.com"
Sinopsis:
Aku tidak tahu sejak kapan aku merasa sangat ketakutan ketika berada di dekatmu. Bukankah dulu kita menikah karena cinta? Tapi, kenapa perasaan yang sangat menggebu itu kini lenyap begitu saja? Sebegini menyakitkankah jika cinta menjadi sebuah rutinitas? Aku benar-benar tidak mengerti .... Dan disinilah aku, mengasingkan diri di Pulau Jeju, semua demi menghindar darimu .... Aku berharap embusan angin yang dingin, ombak yang bergelung di laut pasang, dan suasana yang hening dapat mengalihkan perhatianku dari kepedihan. Tapi, hati memang tak bisa dibohongi. Aku tetap merindukanmu, sekalipun kita terpisah begitu jauh. Dan sebagian kecil dari hatiku berharap untuk kembali, ke sisimu, ke kediaman kita. Kuharap kau bahagia selalu. Jangan lupa makan yang teratur, gantilah tirai ruang tamu saat cuaca mulai dingin, dengarkan musik Aria yang menenangkan saat hatimu kalut. Dan ingat .... Nan eonjena neol saranghaeyo…. Istrimu, Min Jung
"Mana mungkin seorang gadis muda dapat menghadapi lelaki yang jatuh hati pada pandangan pertama dan mendekati gadis tersebut dengan agresif? Jujur saja, tidak. Sang Gadis seketika akan terhipnotis oleh lelaki itu. Gadis itu akan mengira bahagia."
Impian terbesar setiap wanita adalah menikah dengan orang yang dicintainya dan hidup bahagia, begitu juga dengan Min Jung, dia gadis yang cantik, setia, dan menyukai seni, dia rela meninggalkan impiannya demi orang yang dicintainya. Hyung Sung, lelaki kaya raya itu sudah menghipnotis Min Jung pada pandangan pertama, jelas lelaki itu sejak pertama pun sangat mengincar Min Jung, tidak butuh waktu lama, lelaki itu menikahinya dan Min Jung putus sekolah. Lalu apa yang dia dapat ketika menjadi istri pengusaha kaya raya, mempunyai rumah megah, baju, tas, sepatu bermerk? Dia sengsara.

Kehidupan pernikahan yang indah yang dulu pernah diimpikannya tidaklah sama, berbanding terbalik, dia tertekan, takut pada suami sendiri, tidak mampu mengeluarkan pendapat, dan parahnya suaminya kini suka bertindak kasar padanya. Awal-awal pernikahan berjalan semestinya, tapi ibu Hyung Sung semakin lama semakin mengekangnya. Ibu Hyung Sung tidak pernah suka dengan Min Jung karena dia berasal dari kelas bawah, Ibu Hyung Sung berharap anaknya akan mendapatkan seorang istri yang setara, sekelas dengan keluarganya, maka ketika pertama kali Min Jung hamil dia meminta jangan memberi tahu Hyung Sung dan menggugurkannya. Hal itu sangat membuat hati Min Jung terluka, dia tidak ingin menggugurkannya tapi kecelakaan di tangga merubah segalanya. Sejak itu Min Jung menjadi pendiam, selalu diliputi kesedihan, dia tidak bisa memberitahu perlakuan mertuannya kepada suaminya, tidak ada tempat berlindung padanya. Selama tiga tahun pernikahannya dia selalu tertekan, baik oleh mertuanya dan sikap temperamental suaminya yang diketahuinya setelah menikah.

Dan, ketika Min Jung diberitahukan hamil lagi, dia memilih pergi dari rumah, dari suaminya.

Saya nggak menyangka kalau isi buku ini begitu 'dalam', saya kira berisi permasalahan sepele yang dihadapi pasangan yang baru saja menikah, entah itu kebiasaan-kebiasaan baru yang dihadapi kedua mempelai sampai ke masalah perbedaan selera berbagai hal, ternyata lebih emosional. Alurnya flsh back dan lumayan lambat, kadang kta dibawa ke masa sebelum Min Jung menikah dan menceritakan bagaimana pertama kali mereka bertemu dulu, masa-masa indah yang penuh keceriaan, kemudian di masa sekarang kita akan dibawa ke masa-masa yang suasanya gelap. Kesedihan Min Jung terasa, bagaimana dia benar-benar ingin lepas dari suaminya, dari mertuanya, hidup bahagia bersama dengan anaknya. Hyung Sung bukan peran antagonis, dia merasa istrinya berubah, tidak sebahagia atau seceria dulu, dia melihat istrinya banyak diam, murung tanpa tahu kenapa. Dia sangat mencintai istrinya, dia tidak tahu harus berbuat apa agar istrinya kembali ceria lagi, masa lalunya membuat dia menjadi lelaki yang keras. Seperti kebayakan sebuah hubungan, komunikasi menjadi pilar yang sangat penting, dan ini masalah utama yang dihadapi kedua tokoh utamanya. Min Jung terlalu takut dengan mertuanya, hamil pun dia tidak memberitahu Hyung Sung dan ketika kehamilan yang sangat ditunggu Hyung Sung tiba, istrinya malah ingin meninggalkan dirinya,jelas kalau Hyung Sung tidak akan melepaskan Min Jung, dan ini yang ditakutkan Min Jung.

Buku terjemahan Korea yang saya baca setelah Please Look After Mom (Ibu Tercinta). Suka dengan covernya, warnanya cerah walau nggak secerah isi buku ini. Saya suka temanya, tema pernikahan selalu menarik buat saya. Sayangnya, entah terjemahannya yang kurang luwes atau emang cara berceritanya yang bertele-tele dan membingungkan membuat saya beberapa kali mengulangi membaca karena bingung. Selain itu masa gelap Hyung Sung tidak dikupas habis, bagaimana kehidupannya waktu kecil yang sangat sengsara kemudian dia diadopsi oleh orang tua yang kaya raya, mengajarinya menjadi orang yang berkelas dan mermartabat tetap masa yang kelam itu akan meninggalkan bekas, sifat kerasnya itu muncul ketika dia marah dan itu sebenarnya cukup menarik buat saya. Buku ini lebih banyak membahas konflik menuju perpisahan, masa lalu hanya sebagai faktor pendukung saja. Walau terjemahannya kurang begitu memuaskan, saya masih dapat merasakan emosi Min Jung, miris ketika membaca bagian dia kehilangan anaknya dan bertekat dia tidak akan kehilangan lagi, dan bagaimana usaha Hyung Sung agar Min Jung tidak meninggalkannya. Begitu besarnya Hyung Jung mencintai Min Jung membuat saya ingin berkata pada Min Jung, "Kamu nggak salah pilih suami."

Oh, ya, di tiap bab, di bawah judul ada quote-quote tentang sebuah hubungan dan cinta yang kata-katanya sangat indah. Berikut yang menjadi favorit saya:
"Jika cinta menjadi sebuah rutinitas yang monoton, pasangan hanyalah dua orang kesepian."
"Anak yang dipukuli akan memukuli anaknya juga. Anak yang disirami dengan cinta akan menjadi seseorang yang tahu bagaimana caranya mencintai."
 "Hal yang bisa membuat seorang penipu mengeluarkan air mata sejati, kekuatan yang bisa membuat seorang pembunuh memegang bunga di tangannya. Itu adalah cinta."
"Tidak ada kata 'sudah terlambat' jika kita ingin mencoba memulai sesuatu. Sekarang adalah waktu yang paling tepat."
"Ada satu yang membedakan novel dan kenyataan: Tidak ada sedikit pun kebaikan yang muncul jika sepasang suami istri hidup terpisah dalam jangka waktu yang lama. Jangan jadikan novel sebagai panutan hidup. Novel hanyalah novel, bukan buku wajib dalam jurusan percintaan, jalanilah 'hidupmu sendiri'."
"Cinta adalah kebebasan! Hanya cinta yang merupakan subuah kebebasan."
Buat yang suka baca novel bertema pernikahan dan berbau Korea, buku ini bisa masuk ke kantong belanjaanmu :D

3 sayap untuk Hyung Jung yang tempramental tapi perhatian :D.


After The Wedding
Penulis: Kim Ji-Oh
Penerjemah: Dwita Rizki Nientyas
Penyunting: Prisca Primasari
Cover: Agung Wulandana
Penerbit: Penerbit Qanita
ISBN: 978-602-9225-48-8
Cetakan I, April 2012
296 halaman
Readingwalk: http://www.readingwalk.com/book/after-the-wedding

NB: makasih buat mbak Prisca Primasari atas recomendasi bukunya, ternyata menarik juga dan sukses membuat mata aku berkaca-kaca :).

Wishful Wednesday [6]

Lama nggak menuliskan wishlist ak di sini, untuk wishlist apa aja yang sudah saya targetkan di goodreads bisa dilihat datanya di Ngantri Punya.
Sebelum menuliskan wishlist saya kali ini, saya akan merekap Wishful Wednesday sebelumnya, kita lihat buku mana yang belum kesampean :D
Wishful Wednesday 1: Twivortiare dan Rock 'n Roll Onthel --> TERKABUL
Wishful Wednesday 2: Divergent --> TERKABUL
Wishful Wednesday 3: One Day dan Juliet --> TERKABUL. One Day dapet buntelan dari @r3n87 dan Juliet beli seken di mb @fanda_a, yeay :)
Wishful Wednesday 4: The Godfather --> TERKABUL. Dapet buntelan dari @stefanie_sugia, double yeay!
Wishful Wednesday 5: Discord dan Genesis --> BELUM TERKABUL. Huhuhu, beberapa kali ikut kuis nggak beruntung, mau beli nggak ada diskon yang mengiurkan, terpaksa nyelengi lagi deh padahal nggak sabar baca.
Cukup sukses kan Wishful Wednesday saya? Karena lama vakum ngeblog, wishlist saya kali ini akan ada dua, mempunyai kesamaan juga, ehmm, apakah itu, cekidot:

Prom_night_from_hellKisses_from_hell

Kisses from Hell - Ciuman dari Neraka
Harga: 45k
Sinopsis:
Vampir buron yang harus memercayai pemuda yang mungkin bekerjasama dengan kelompok yang akan menghancurkannya. Sepasang kekasih abadi yang terpaksa merelakan segalanya. Kumpulan cerita ini memberi makna baru untuk kata-kata “mencintaimu selamanya”.

Cerpen-cerpen yang sangat menarik ini bertemakan kisah cinta di antara vampir, ditulis lima penulis top––Richelle Mead (Vampire Academy), Kristin Cast (Tempted), Alyson Noël (Evermore), Kelley Armstrong (The Summoning), dan Francesca Lia Block (Pretty Dead).

Prom Nights from Hell - Pesta Prom dari Neraka
Harga: 50k 
Sinopsis:
Sepatu high-heels, gaun indah, korsase cantik, mahkota, itu semua sudah biasa dalam pesta prom. Tetapi, bagaimana kalau pasangan kencanmu ternyata Malaikat Pencabut Nyawa? Atau pemburu vampir? Atau setan bertanduk?
Dalam kumpulan kisah seru ini, para pengarang buku bestseller menyajikan cerita-cerita paranormal tentang bencana malam pesta prom. Salah kostum dan tak bisa berdansa jadi terasa tidak ada apa-apanya....


Kesamaannya:
  • Kumcer
  • Ditulis oleh para penulis yang namanya udah nggak asing lagi, ada beberapa penulis favorit saya diantaranya Richelle Mead, Stephanie Meyer, Meg Cabot dan masih banyak lagi. Penasaran gimana serunya.
  • Berbau dark, dari judul dan covernya aja udah ketauan. Nggak sabar baca.


Wishful-wednesday1

Apa Wishlist kamu? yuk ikut meme ini, caranya:
  1. follow  Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu
  2. buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran minggu ini, mulai dari yang bakal dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist.
  3. meninggalkan link Wishful Wednesday di Mr. Linky (ada di bawah postingan mb  Astrid). Kalau mau tambahkan button Wishful Wednesday di postingan.
  4. udah tinggal blogwalking sesama blog yang ikut share wishlist :)

Sabtu, 13 Oktober 2012

Zero Moment - Titik Nol (The Joshua Files #3)

zero_moment.jpg.scaled500

Penulis: M.G. Harris

Penerjemah: Nina Andiana

Cover: Martin Dima

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-979-22-7688-6

Cetakan pertama, Oktober 2011

357 halaman


“Ini belum selesai.” Itulah kata-kata terakhir ayah Josh sebelum tewas di gunung bersalju. Tapi bagi Josh, semuanya sudah berakhir. Ia sudah menemukan Codex Ix—buku kuno bangsa Maya yang memuat cara menyelamatkan umat manusia dari supergelombang galaksi pada tahun 2012. Ia juga berhasil mendapatkan Gelang Itzamna—alat yang semestinya berfungsi sebagai mesin waktu.

Jadi Josh berusaha menjalani kehidupan normal. Tetapi sepertinya bahaya memang tak pernah meninggalkan Josh. Ketika berada di Brasil untuk mengikuti kejuaraan capoeira, Josh sadar musuh-musuhnya masih terus membuntuti. Dan kali ini, mereka juga mengancam keselamatan ibu serta teman-temannya.

Josh harus bertindak, dan mungkin saja ini akan menjadi titik nol baginya, awal baru dalam petualangannya mencari kebenaran.

Josh kembali ke rutinitas normalnya, seorang remaja yang sekarang berusia lima belas tahun dan sebentar lagi mengikuti kejuaraan dunia capoeira, membuat dia semakin dewasa. Hubungannya dengan Ixchel pun semakin akrab, mereka melakukan chat rahasia untuk membicarakan Kau Tahu Apa. Di chat itu, Ixchel memberitahu tentang inskripsi di Adaptor -benda aneh yang di curi Simon Madison yang kemudian mereka temukan di tangan Sekte Huracan dalam ruangan aneh di bawah piramida Becan- sandi inskripsinya telah berhasil dipecahkan oleh Lorena, kepala ilmuan di Ek Naab. Ixchel berkata kalau Gelang Itzamna yang sekarang di tangan Josh membutuhkan kunci kristal. Josh membutuhkan kunci kristal Josh ingin mencoba kekuatan Gelang Itzamna, Josh ingin menyelamatkan ayahnya.

Sewaktu tiba di Brasil untuk mengikuti pertandingan capoiera, Josh kedatangan tamu, Montoyo, Benicio dan Ixchel. Bukannya menambah semangat, Josh malah merasakan kemarahan dan kecemburuan. Dia tidak suka Montoyo dekat dengan Mum, dan dia merasa cemburu ketika Ixchel sangat dekat dengan sepupunya. Josh mulai menyadari perasaan dia pada Ixchel.

Masalah mulai muncul, Josh mendapatkan kode baru di buku John Lloyd Stepens, ada Buggy yang mengejar Buggy yang ditumpangi Mum, Ixchel dan Tyler yang seharusnya ditumpangi dirinya bukannya Ixchel, karena Josh marah pada Ixchel. Mereka diculik, dan mereka mengingginkan Josh sebagai gantinya.

Hal-hal aneh terjadi lagi seperti di buku kedua -di gua ketika Josh dan Ixchel terjebak dan mereka bermimpi menjadi sepasang bangsa Maya- Josh mendapatkan pesan dari kakaknya, Camila yang sudah meninggal, menyuruh Josh untuk berkunjung ke makamnya. Mengajak Josh ke sebuah tempat dan menyuruh menghafal sebuah nomer. Petunjuk menemukan Mum dan Ixchel diculik.

Bersama Benicio dan Tyler yang selamat dan masih terluka, mereka mencoba menemukan keberadaan Mum dan Ixchel. Kali ini musuh Josh semakin kuat, Gaspar, salah satu anggota sekte Hurakan membuat Josh kewalahan, bahkan dia bisa menangkis dengan mudah jurus capoieranya. Dengan senjata yang Josh dan Tyler curi dari laboratorium Lorena, mereka berhasil menyelamatkan Mum, sayangnya Ixchel tertahan dan Josh menyerahkan diri. Sekte Hurakan sekarang lebih tertarik dengan Josh daripada Codex Ix, mereka ingin melakukan eksperimen pada tubuh Josh, merubah susunan DNA-nya.

Book trailer:

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=-PK_lWf9Uso&w=560&h=315]

Masih seru!

Masih sama, di awal saya merasa sedikit bosan tapi begitu memasuki bagian tengah kebelakang membuat saya ngos-ngosan, mungkin itu cara penulis menyihir saya. Di buku ini tidak banyak teka teki seperti dibuku kedua tapi lebih banyak menguak teka teki di buku sebelumnya. Teka tekinya hanya kode baru pada Adaptor, hantu Camila dan cara membuat kunci gelang Itzamna, selebihnya adalah kejar-kejaran! Di mana Josh mencoba menyelamatkan Mum dan Ixchel, berhasil dan mereka gantian dikejar sama Sekte Huracan. Simon Madison makin dendam sama Josh karena dia berhasil lari terus. Bahkan pengejaran sampai ke Swiss. Sekte Hurakan tidak kenal lelah memburu Josh. Tapi Josh sekarang juga cerdik, dengan Gelang Itzamna ditangannya dan mengetahui cara kerjanya, dia ingin mengembalikan waktu, ingin membuat ayahnya hidup kembali. Oh ya, keberadaan Sekte Hurakan juga semakin jelas, pertanyaan terbesar saya tentang mereka adalah apa yang mereka inginkan dan lakukan pada tubuh Josh? Mungkin jawabannya ada di buku Dark Paralel.
Pengen baca buku yang penuh ketegangan? Baca buku ini! :)



3.5 sayap untuk Sekte Huracan.



NB:

Misteri Bangsa Maya Mengenai Tahun 2012

Sebagian pembaca The Joshua Files bertanya apakah ada kebenaran dalam "ramalan 2012" yang muncul di petualangan Josh Gracia ini.

Faktanya, tanggal terakhir dalam kalender Maya memang benar-benar 22 Desember 2012.

Tetapi, jangan khawatir -detail lain mengenai tahun 2012 dalam The Joshua Files ada yang fiktif, disadarkan pada beberapa teori yang lebih bersifat menghibur mengenai apa yang akan terjadi pada tahun itu. Tidak ada bukti bahwa memang akan terjadi bahaya besar pada tanggal itu.

Fakta atau fiktif?

Fakta:

  • Peradaban Maya kuno dulu berkembang di negara-negara yang kini kita kenal dengan nama Mexico, Guatemala, Honduras, dan Belize.

  • Antara tahun 500 dan 900 Masehi, peradaban ini mengalami "zaman keemasan" yang ditandai dengan pembangunan kota dan budaya menulis.

  • Ahli-ahli astronomi bangsa Maya melakukan observasi  yang luar biasa akurat dan menggunakan Kalender Panjang mereka untuk merayakan kejadian-kejadian historis dan astronomis.

  • Sama seperti kalender Gregorian dan Julian, yang dimulai pada tanggal yang dianggap merupakan hari kelahiran Yesus dari Nazaret, Kalender Panjang (Haab) juga memiliki tanggal awal.

  • Tetapi, tidak seperti kalender-kalender tadi, Haab juga memiliki tanggal akhir.

  • Tanggal awal Haab adalah 11 Agustus 3114 SM.

  • Tanggal akhir Haab adalah tiga belas baktun berikutnya -yang berarti tanggal 22 (atau 21) Desember 2012.

Jika tanggal awal kalender memperingati kejadian paling penting yang bisa diingat suatu masyarakat, kira-kira peringatan apa yang mungkin ditandai oleh tanggal akhirnya?

Fiktif:

  • Codex Ix dari Buku-Buku Itzamna adalah fiktif.

  • Petualangan Josh Gracia terjadi di dunia fiksi, tempat ancaman 2012 memang ada.

Apa yang ditulis bangsa Maya kuno mengenai tahun 2012:

Hampir tidak ada. Sangat mengejutkan bukan? Jika mereka memang percaya bahwa tanggal itu merupakan akhir dunia, kau pasti menduga tanggal itu merupakan akhir dunia, kau pasti menduga tanggal itu akan sering disebut-sebut. Tetapi, dalam buku-buku Maya dan inskipsi di kuil yang berhasil selamat, hanya ada SATU yang menunjuk pada tanggal 13 Baktun -22 Desember 2012. Inskipsi itu dikenal dengan nama monumen 6 Tortuguera.

Seperti yang bisa kalian lihat, sama sekali tidak jelas apakah sebenarnya "ramalan 2012" itu, dan apa artinya. Berarti kita bisa menggunakan imajinasi masing-masing. Sebagian besar yang akan kalian dengar soal 2012 memang hanya itu -imajinasi murni.

Jik kalian ingin tahu lebih banyak soal bangsa Maya atau misteri-misteri 2012, silahkan kunjungi situs khusus mengenai topik tersebut yang ditulis oleh M.G. Harris di www.mayan2012kids.com (Sumber: Gramedia).

http://www.joshuafiles.co.uk/


Jumat, 12 Oktober 2012

Friday's Recommendation #3

I'm back :D. Banyak banget buku luar yang saya harepin diterjemahin karena penasaran pengennnn banget dibaca, untuk buku apa aja yang saya harepin diterjemahin bisa di lihat di Tolong Diterjemahin Ya.
Kali ini, masih sama dari salah satu genre yang paling saya sukai yaitu dystopia, buku tersebut adalah

Shades_of_grey2Shades_of_grey

Shades of Grey by Jasper Fforde
Genre: Dystopia
Sinopsis:
From the bestselling author of Thursday Next—a brilliant new novel about a world where social order and destiny are dictated by the colors you can see
Part social satire, part romance, part revolutionary thriller, Shades of Grey tells of a battle against overwhelming odds. In a society where the ability to see the higher end of the color spectrum denotes a better social standing, Eddie Russet belongs to the low-level House of Red and can see his own color—but no other. The sky, the grass, and everything in between are all just shades of grey, and must be colorized by artificial means.
Eddie's world wasn't always like this. There's evidence of a never-discussed disaster and now, many years later, technology is poor, news sporadic, the notion of change abhorrent, and nighttime is terrifying: no one can see in the dark. Everyone abides by a bizarre regime of rules and regulations, a system of merits and demerits, where punishment can result in permanent expulsion.
Eddie, who works for the Color Control Agency, might well have lived out his rose-tinted life without a hitch. But that changes when he becomes smitten with Jane, a Grey Nightseer from the dark, unlit side of the village. She shows Eddie that all is not well with the world he thinks is just and good. Together, they engage in dangerous revolutionary talk.
Stunningly imaginative, very funny, tightly plotted, and with sly satirical digs at our own society, this novel is for those who loved Thursday Next but want to be transported somewhere equally wild, only darker; a world where the black and white of moral standpoints have been reduced to shades of grey.




Akkkkk, terjemahin plissss para penerbit kesayanganku.


Rec

Yuk ikut meme ini, caranya:
  1. Pilih jenis rekomendasi buku. Ada dua jenis rekomendasi, yang pertama dan sifatnya mutlak adalah Rekomendasi Buku Untuk Diterjemahkan. Jika tidak ada buku yang direkomendasikan untuk diterjemahkan, maka bisa memilih pilihan kedua, Rekomendasi Buku Pilihan. Di sini rekomendasi buku yang paling kamu suka baca dalam minggu ini.
  2. Pilih hanya satu buku untuk direkomendasikan. Tidak boleh lebih.
  3. Beri sinopsis, genre buku dan alasan kenapa kamu merekomendasikan buku itu.
  4. Blogger yang sudah membuat memenya, jangan lupa menaruh link ke blog di dartar linky di blognya Ren Little Corner yang memuat postingan meme ini, jadi pembaca lain bisa blogwalking.
  5. Untuk pembaca blog yang tidak punya blog, bisa menulis rekomendasinya di kolom komen.

Ice Shock - Kejutan di Gunung Es (The Joshua Files #2)


Ice_shock


Penulis: M.G Harris
Penerjemah: Nina Ardiana
Cover: Martin Dima
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-6494-4
Cetakan pertama, Desember 2010
367 halaman

Josh bertemu kakaknya, Camila, dia mati karena apa yang dia ketahui. Josh juga hampir mati, Codex Ix yang dicari ayahnya sungguhan ada, Josh berhasil menemukannya. Josh bertemu orang-orang atau keluarga Dad yang sebenarnya di Mexico. Mereka tinggal di kota tersembunyi bernama Ek Naab. Dan mereka keturunan bangsa Maya kuno. <ereka melindungi rahasia kuno -rahasia yang bahkan lebih tua daripada peradaban Maya itu sendiri. Buku-buku berisi pengetahuan kuno mereka bisa membunuh orang yang menyentuhnya kecuali yang mempunyai faktor genetis yang diturunkan hanya kepada anak laki-laki.
Setelah mengalami petualangan yang mendebarkan dan menyedihkan, Josh kembali ke Inggris, mencoba melupakan kenangan buruk akan kematian Camila dan ingin hidup layaknya pemuda empat belas tahun lainnya. Dia masih yakin kalau kematian ayahnya bukan kecelakaan semata, ditambah ada kabar dari salah seorang temannya Dad kalau sewaktu ayahnya meninggal dia justru bertemu dengan Dad. Aneh. Josh kembali mencari jejak terakhir ayahnya, dia pergi ke Saffron Walden. Di rumah itu dia bertemu kembali dengan si Nissan Biru. Josh lebih unggul, dia berhasil mencuri dokumen milik J. Eric Thompson, seorang arkeolog ahli Maya yang memiliki relikui Maya, yang pernah menimbulkan kejadian mengerikan pada seseorang yang menyentuhnya. Benda itu sudah diserahkan Thompson ke Aurelio Garcia (kakek Josh) karena yakin benda itu terkutuk.
Sayangnya, ada penghianatan diantara Tyler atau Ollie, dokumen yang sudah susah payah dia curi ditukar orang. Untungnya Josh sempat menscan halaman-halaman itu, dia pun berusaha memecahkan sendiri tanpa bantuan orang lain karena dia hanya mempercayai dirinya sendiri. Buku-buku Itzamna ditulis menggunakan kode, Hieroglif Maya, Josh pun menebak kalau mungkin saya halaman itu ditulis menggunakan kode yang sama. Berhasil, halaman-halaman itu mengatakan Codex Ix berisi cara melindungi teknologi komputer agar tidak punah akibat gelombang elektromagnetik dahsyat yang akan datang bersama super gelombang pada tahun 2012. Mereka perlu tiga benda "Adaptor", "Kontainer", "Kunci".
Codex Ix merupakan dokumen yang berisi instruksi-instruksi. Codex itu berisi fakta, bukan teori. Di tangan yang salah. fakta bisa berakibat fatal.
Codex Ix merupakan salah satu buku Itzamna.
Josh mencari tahu siapa penghianat yang sebenarnya, yang akhirnya membuat dia berhadapan dengan Simon Madison lagi, kali ini Josh cukup kewalahan menghadapinya, untungnya dia berhasil lolos dan diselamatkan oleh Benicio -sepupunya, menggunakan Muwan dan kembali ke Ek Naab. Montoyo bertanya tentang isi dari dokumen yang berhasil dicuri Josh yang sekarang hilang, Josh tidak mengatakan kalau dia berhasil menerjemahkannya, dia tidak percaya pada siapa pun, dia hanya mengatakan kalau dia ingat ada sebuah logo, simbol hieroglif Maya yang mirip badai, seperti angin ribut. Simbol itu adalah simbol Sekte Huracan. Mereka memuja Huracan, dewa badai bangsa Maya -pembawa air Bah- yang dikira sudah lenyap berabad-abad lalu. Mereka adalah sekte kematian, sekte paling berbahaya yang pernah ada, merekalah yang merencanakan kehancuran peradaban Maya.
Josh bertemu kembali lagi dengan Ixchel, gadis yang membawanya ke Ek Naab, sekaligus tunagannya. Ixchel punya rahasia tentang Simon Madison, dia pernah membuntuti si Nisan Biru yang masuk ke salah satu reruntuhan kuil, sebuah jalan rahasia yang mungkin mengarah ke Daerah Terdalam, di bawah kota. Mereka pun menyelidiki, hanya berdua, tanpa sepengetahuan siapa pun, bahkan Montoyo. Mereka mendengar percakapan antara orang yang bernama Marius Martineau dengan orang yang dipanggil Profesor. Dari percakapan itu, Josh dan Ixchel tahu kalau sekte Huracan mempunyai jalan lain ke Ek Naab, ada mata-mata dan yang lebih mencenggangkan lagi, mereka menginginkan Josh hidup-hidup untuk subjek eksperimen, terapi gen. Selain itu, mereka memiliki artefak lainnya -Adaptor.

BecanBecan2

Di sana mereka mengalami petualangan yang cukup tegang sekaligus romantis. Tidak hanya berhenti sampai di situ, Josh berhasil mengartikan kartu pos - kartu pos yang datang secara misterius di rumahnya, foto kota maya dan beberapa kata. Awalnya tidak mudah memecahkan kode di dalamnya, kemudian dia mendapatkan sinyal dari salah seorang temannya mungkin saja kode itu mengunakan Sandi Caesar -kode yang sering dipake Julius Caesar untuk menulis surat kepada jendral-jendralnya- huruf yang sebenarnya dipakai adalah huruf ketiga sebelum huruf yang tertulis. Kartu pos itu adalah sebuah peringatan dan menyuruh Josh agar pergi ke Hacotalpan, kota kecil di negara Veracruz. Ketika sampai di sana, ada orang yang sudah menunggu kedatangan Josh sejak lama. Ada kebenaran di lereng-lereng Gunung Orizaba.
Book trailer:
[youtube http://www.youtube.com/watch?v=sGaiq3ZOiR4]
Semakin seru! semakin banyak teka teki di buku kedua ini. Sama halnya di buku pertama, awalnya akan serasa lambat sekali tapi begitu memasuki bagian tengah ke belakang semakin tidak bisa berhenti baca. Dari awal kita sudah di buat bingung dengan datangnya kartu pos- kartu pos aneh, dokumen sang arkeolog, penghianatan temannya, sekte Huracan, Gelang Itzamna, eksperimen yang ingin di lakukan kepada Josh, status ayahnya, keberadaan Aurelio, what the... panen konflik pokoknya. Penulis tidak menjabarkan semuanya, tapi dia memberi potongan-potongan yang mungkin jawabannya ada di buku lanjutannya, mau nggak mau kita harus bersabar untuk mendapatkan jawaban yang penuh.
Karakter Josh pun semakin dewasa, dengan banyaknya masalah di umur empat belas tahun, mungkin akan sangat sulit dihadapi oleh remaja seusianya. Penulis tidak membuat karakter Josh sempurna, beberapa kali dia kalah melawan Madison secara fisik, harus bersusah payah untuk mendapatkan apa yang dia cari dan yang kerasa dia belum bisa menerima kematian ayahnya, masih denial, apalagi di akhir-akhir cerita. Josh juga mengalami pergolakan asmara, sempat patah hati dan sedikit demi sedikit merasakan apa itu yang namanya cinta, di buku selanjutnya perasaan Josh akan lebih terasa. Dan yang paling saya suka dari Josh adalah, dia sangat menyayangi ibunya dan berusaha ibunya tidak dalam bahaya.
Mau baca cerita fantasi yang unik dan beda? mari kita menyusuri rahasia bangsa Maya kuno di seri Joshua Files ini.

3.5 sayap untuk Gelang Itzamna.

NB:
Capoeira

Auregional

 Capoeira merupakan sebuah olah raga bela diri yang dikembangkan oleh budak Afrika di Brasil pada sekitar tahun 1500-an. Gerakan dalam capoeira menyerupai tarian dan bertitik berat pada tendangan. Pertarungan dalam capoeira biasanya diiringi oleh musik dan disebu
t Jogo. Capoeira sering dikritik karena banyak orang meragukan keampuhannya dalam pertarungan sungguhan, dibandingkan seni bela diri lainnya seperti Karate atau Taekwondo. (Sumber)
Beberapa gerakan dalam Capoeira:
  1. Ginga
  2. Handstand
  3. Backflip
  4. Headspin
  5. Handstand Whirling
Tekhnik Dan Jurus Dasar Capoeira
1. Ginga
Ginga ( Jin gah ) adalah Gerakan dasar pada Capoeira.
Pada Capoeira Angola Ginga dilakukan Secara bebas dan sangat individualistis, sedangkan pada Capoeira Regional Biasanya terstruktur, namun Style Pribadi masih diijinkan.
Ginga merupakan sebuah perwujudan Expresi dan Style Pribadi. Ginga dilakukan sebagai persiapan untuk melakukan gerakan-gerakan yang lain, misalnya menyerang, menghindar, mengelak dan gerakan lainnya.
2 . Passape (pah-sah-pay)
Lebih dikenal dengan sebutan meia lua de frente merupakan tendangan setengah putaran depan dengan arah dari luar ke dalam.
Sasarannya adalah daerah muka lawan, selain untuk serangan langsung biasanya dikombinasikan dengan gerakan lainnya semisal Au atau armada.
2. Queixada (kay-sha-da)
Tendangan ini hampir mirip dengan kebalikan passape, dengan arah putaran dari dalam ke luar, sasaran masih daerah muka dan kepala, perputaran kaki dihasilkan oleh momentum dari perputaran tubuh.
paling sering digunakan karena mudah, cukup powerful dan mudah dikombinasikan dengan gerakan lain
3. Armada (ar-mah-dah)
Tendangan memutar, dengan memanfaatkan kekuatan otot dan momentum perputaran tubuh sebelum tangan. Usahakan memutar tubuh lalu melihat lawan dulu sebelum melakukan tendangan. (Sumber)

Capoeira merupakan beladiri yang Josh kuasai, di buku selanjutnya dia akan banyak mempertontonkan keahliannya ini, gerakan capoeira yang paling dia sukai adalah Mariposa.
Gerakan mariposa a.k.a. Butterfly Twist memang terlihat sulit, tapi
kalau sudah dicoba ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Yang
terpenting dalam melakukan gerakan mariposa adalah jangan menciptakan
momentum dan putaran dengan tungkai kaki. Momentum dan putaran harus
berasal dari badan, bukan kaki.
Ada ancang-ancang khusus yang harus diambil sebelum melakukan
mariposa. Ancang-ancang ini sangat membantu membangun momentum.
Pertama-tama ambil satu langkah kedepan dengan kaki kanan. Kemudian
ayunkan badan sambil berbalik membentuk lingkaran melalui posisi
rendah. Ayunkan tangan untuk membantu perputaran.
Dari posisi rendah, teruskan mengayun sambil berbalik ke posisi
tinggi. Aliran ayunan tidak boleh terputus. Manfaatkan tenaga ayunan
ini untuk memutar badan kearah kiri bawah. Saat sudah ada di posisi
tertinggi, tendangkan kaki kanan setinggi-tingginya. Bantu lagi
ayunan dengan tangan. Tendangan ini akan menghasilkan ketinggian yang
cukup. Perputaran tetap mengandalkan badan.
Jadi intinya kaki menciptakan ketinggian, dan badan menciptakan
perputaran. (Sumber)
[youtube http://www.youtube.com/watch?v=HUQq7Raw27k]


Jatuh Cinta


Veryd Octavius atau biasa dipanggil Ryd, menghabiskan sisa liburan sekolahnya dengan keluyuran ke Jogja, sendirian. Tiga hari berbackpaker ria tanpa menyadari kalau uangnya habis, dia tidak bisa membeli tiket kereta untuk pulang ke Malang. Lalu teringat akan seseorang di masa lalulunya yang berdomisil di Jogja, sahabatnya waktu SMP, Vivien Sabila atau Sasa. Mereka bernostalgia dan saling menanyakan kesibukan masing-masing sekarang ini, tidak lupa juga siapa yang menjadi pacar mereka kini. Mereka menginggat kembali masa-masa yang tak terlupakan dan masih indah untuk dikenang.
"Seperti ada setrum yang menyengat dari dalam, lengkap dengan percikan bunga api yang menjalar ke seluruh tubuh. Rasa itu mulai mengusiknya. Menggelitik lagi di relung hatinya. Semakin mencuat dan mendesak keluar, seperti terbangkit dari kubur,"
Dengan seragam putih yang tidak dimasukkan ke celana, celana jins -celana seragamnya diumpetin sama adiknya, Dinda, rambut gondrong acak-acakan, Ryd menyongsong hari baru di sekolah setelah libur panjang, bersiap berebut tempat duduk paling belakang dan tak sabar bertemu dengan sahabat setianya: Jessica, Bino, Toby dan Jimi.

Buku ini SMA banget, cowok banget, mungkin karna yang nulis cowok jadi auranya ikut terbawa juga. Mungkin, kalau saya kenal dengan penulisnya, saya bisa mengartikan semua hal yang ada di novel ini pernah dialamin sama penulisnya sendiri, karena sewaktu membacanya saya merasa tidak asing dengan ceritanya, pernah merasakan beberapa yang terjadi, bahkan kebanyakan anak SMA pasti mengalami hal yang sama, Penulis begitu luwes menceritakan detailnya. Contohnya tipe-tipe pelajar di SMA, ada yang pesolek, playboy, sok alim, berpenampilan rapi, rajin, penyendiri, anak-anak nongkrong, kembang sekolah, anak-anak OSIS.

Konfliknya sendiri juga sudah tidak asing lagi, seperti kebanyakan cerita-cerita teenlit, suka sama kakak kelas, suka sama sahabat sendiri, suka sama kembang sekolah, cinta lama yang bersemi kembali, etc.

Bermula dari adik kelas yang suka sama Ryd, sewaktu berkenalan, bukannya Ryd mengenalkan namanya dia malah menunjukkan nomer absennya Teby, yang punya julukan King Kong karena badannya yang sangat besar. Jadi si Teby kegeeran ketika dia dapat salam dari adik kelas yang cantik, padahal sebenarnya ditujukan pada Ryd.
"Kan, pacaran itu nggak wajib, yang wajib itu pake helm SNI." Canda Ryd lagi.
Jimi diam-diam suka sama Jessie, sayangnya Jessie dan Bino punya rahasia yang hanya diketahui mereka berdua. Ryd dicomblangin lagi sama Jessie dengan mantan pacarnya waktu SMP, Elvera, dulu mereka putus tanpa ucapan perpisahan, Ryd ingin mengubur dalam-dalam kenanganya denga Elvera. Setelah itu Ryd tidak nafsu untuk menjalin cinta lagi, namun, pertemuannya dengan Sasa mengubah segalanya.
"Seperti zat yang ditambahkan ke dalam suatu reaksi dengan maksud memperbesar kecepatan reaksi. Unsur yang ikut terlibat dalam reaksi, namun tidak mengalami perubahan kimiawi secara permanen. Seperti itulah peranannya kali ini, seperti katalisator."
Saya suka dengan tokoh Ryd, dia itu cuek, terlalu santai, masa bodoh dengan sekitar, tapi dia juga setia kawan, ditambah dia sangat perhatian sama orang yang disayanginya. Contohnya waktu Sasa opname, dia jauh-jauh dari Malang ke Jogja buat jenguk Sasa. Trus waktu adiknya Dinda 'dapet' untuk pertama kalinya, hahaha, ngakak waktu baca bagian ini, apalagi waktu Ryd bilang, "Gondrong, beli pembalut? Ih!" Tapi dia tetap mencari solusi untuk mengatasi kejadian 'gawat' yang dialami adiknya. Lebih ngakak lagi waktu Ryd bilang kondisi adiknya itu ke Papanya, hahaha parah banget pokonya. Ryd memang hanya tinggal bertiga dengan ayah dan adiknya, ayahnya sering pergi ke luar kota, sehingga menjadikan Ryd bukan hanya kakak tapi juga orang tua buat Dinda. Waktu ada orang temen cowoknya Dinda yang pengen maen ke rumah, Ryd ngasih ujian buat si cowok apes itu, dia harus ngapalin dulu notasi Starway to Heaven. Ih, protective deh :D.
"Cinta itu apaan, sih?" tanyanya kemudian.
"Itu tuh, kayak bertemunya sumbu X dan Sumbu Y, yang kemudian menghasilkan titik absis."
Bagian favorit itu waktu Ryd gagal memenagi taruhan dari Sasa dimana nilai rapotnya harus sembilan, yang ada malah sembilan terbalik. Trus dia bilang ada satu soal yang nggak bisa dia kerjain dan menyodorkan soal tersebut kepada Sasa, pertanyaannya adalah:
"VO dengan tinggi 172 cm dan berat 63 kg, bergerak dengan titik M mendekati VS di titik J dengan kecepatan 80 km/jam. Jika diketahui VO sayang sama VS, maukah VS jadi pacarnya? Untuk hari ini, besok dan seterusnya."
Ryd gombal banget deh :D

Yang paling saya suka dari buku ini adalah gaya penulisannya, nyantai banget. Kita akan terbawa enjoy dengan kepribadian Ryd yang nyantai. Sebenernya Ryd dan para sahabatnya mempunyai konflik sendiri-sendiri, tapi di buku ini lebih diberatkan ke masalah Ryd, padahal masalah Jessie, Toby, Bino dan Jimi juga asik untuk disimak, walau sekali lagi, konfliknya sudah sering kita jumpai. Tapi, buat yang pengen tahu lebih banyak tentang konflik para sabahat Ryd bisa dibaca di Bukan Jatuh Cinta Lagi. Itu adalah naskah yang tidak lolos, yang kena sensor, bagian yang menceritakan sahabat-sahabat Ryd yang tidak ada di buku. Mungkin pihak editor ingin cerita fokus ke Ryd, jadi konflik yang ditampilkan ya punyanya si Ryd, yang lainnya sebagai bumbu penyedap saja :). 
Btw, covernya keren, tulisannya ditulis pake kapur tulis, jadi inget jaman dulu waktu sekolah, sekarang mah pada pake boardmaker :D
"Cinta memang tanpa mata. Tak mengenal waktu. Siapa pun bisa saja terkena demamnya. Siapa pun bisa saling jatuh cinta. Soal perbedaan usia, status dan lain-lain, itu B.O.H.O.N.G."

3.5 sayap untuk kisah cinta di SMA :D


Penulis: Jevo Jet
Editor: Kinanti Atmarandy
Cover: Dwi Anissa Anindhika
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-534-4
Cetakan pertama, 2012
301 halaman.

Kamis, 11 Oktober 2012

Character Thursday [2]

Holla! lama tidak berjumpa dengan meme-meme. Insyaallah mulai bulan ini selain mau aktif lagi ngeblog saya akan update meme-meme yang sudah saya ikuti. Ada tiga yaitu Wishful Wednesday, Character Thursday dan Friday's Recommendation. Yang paling macet posting adalah Character Thrusday, di mana saya baru sekali mengikutinya. Karena saya memang sangat jarang  mengidolakan atau  membenci seorang tokoh, paling sekedar suka, bersimpati atau sebel aja. Yang akan saya tulis adalah tokoh yang benar-benar saya ikut merasakan emosi dari lawan jenisnya. Tapiiii, di Character Thrusday saya yang pertama, saya benar-benar suka sama tokoh tersebut, sebenarnya ada lagi yaitu di novel Good Fight dan One Day, karena belum buat reviewnya, bisa jadi untuk Character Thrusday kapan-kapan :D.

Kali ini Character Thrusday kedua saya adalah *jeng jeng jeng*

Ethan from Take a Bow

Saya benar-benar mengidolakan dia, rasanya sama kayak saya suka Adam di Where She Went. Profesinya juga sama kayak Adam, sama-sama pemusik. Ethan adalah seorang murid di Creative Performing Arts yang mengambil departemen komposisi musik. Dia sangat berbakat dalah hal bermusik, bahkan, sebelum masuk ke dalam sekolah seni itu dia sudah terkenal dengan kepiawaiannya bernyanyi, menciptakan lagu dan bermain musik. Euhh, Ethan adalah satria bergitarku :D.

Di sekolah tersebut, Ethan bergabung dalam band Teenage Kicks bersama dengan Jack, Ben, dan Emme. Kekurangan Ethan adalah dia tidak PD tampil di atas panggung, jadi walau pun dia tampil mengagumkan dia tidak punya ikatan dengan penonton. Untuk menghilangkan kegugupannya dia melampiaskan pada alkohol, padahal umurnya baru lima belas tahun. Keburukannya itu juga muncul kala dia cemburu ketika Emme didekati laki-laki lain. Ethan emang pendiam, dia tidak berani mengungkapkan perasaannya pada Emme. Tapi dia selalu melindungi Emme dan menjaganya, kalo kata mb desty, Ethan ini pacar-able banget :D.

Saya mikir siapa yang mempunyai figur kayak Ethan ini, setahun terakhir ini saya jarang mendengarkan radio sehingga saya agak ketinggalan jaman tentang musik terutama band baru. Tapi, ada satu band favorit saya, yang sangat sangat sangat saya suka lagu dan vocalisnya, walaupun ketuaan untuk Ethan yang masih berusia lima belas tahun, ga pa-pa deh ini versi agak tuanya, hehe.



Danny O'Donoghue, vocalis dan pencipta lagu grub band The Script *elus-elus brewoknya*. Sejak album pertama mereka saya sudah ngefans dengar suara band asal Irlandia ini. Coba dengerin lagu-lagunya The Script, dijamin nagih :D.


Siapa Character Thursday kamu? Yuk ikut


Character Thursday

Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir(judul atau genre buku bebas).
- Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
- Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
- Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.
Syarat Mengikuti :

1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di box di bawah button (cukup copas saja kode itu di posting atau di sidebar kalian).
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: "Nama blogger @ nama blog", misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

Invisible City - Kota Yang Hilang (The Joshua Files #1)

Joshua_files_1


Penulis: M.G. Harris

Alih bahasa: Nina

Cover: Martin Dima

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 979-22-4710-6

Cetakan pertama, Juni 2009

380 halaman

Pesawat Cesna yang disewa ayah Josh Garcia jatuh dan dia dikabarkan mati. Josh tidak langsung percaya begitu saja karena semuanya begitu janggal. Josh ragu dan curiga, dia mempunyai firasat kalau kematian ayahnya bukanlah sebuah kecelakaan, tapi pembunuhan bahkan dia yakin kalau ayahnya masih hidup. Begitu mengetahui kabar tersebut, Josh langsung menyelidiki jejak terakhir ayahnya, apakah ada pesan sebelum ia meninggal.

Josh mulai menyelidiki dari email ayahnya dan dia mendapati kalau ayahnya dalam masalah serius. Dad menemukan inskripsi Maya yang mungkin akan mengarahkannya pada penemuan paling berharga dalam dunia arkeologi Maya. Buku yang sudah lama hilang atau biasa disebut codex, yang menuliskan ramalan bangsa Maya tentang hari kiamat pada tahun 2012. Banyak petunjuk dari email-email Dad, yang terpenting adalah penemuan manuskrip Maya yang sepertinya ditulis kepada penguasa di Calakmul (terletak di Mexico selatan, di negara bagian Capeche).
Surat Calakmul ini bertanggal 653 Masehi. Surat ini menyebutkan dengan jelas tentang keberadaan buku bernama Codex Ix, buku yang mirip dengan wahyu bangsa Maya, tentang hari kiamat pada tahun 2012, tepatnya 22 Desember 2012. Surat itu juga menyebutkan nama dua kota Maya. Chechan Naab dan Ek Naab. Dan tidak ada seorang pun ada di mana kota tersebut, juga di peta.

Tidak mudah perjuangan Josh, sedikit demi sedikit dia berhasil menemukan bukti 'keberadaan' ayahnya dan juga dia begitu tertarik dengan Codex Ix, dia berusaha meneruskan pencarian ayahnya dan tentu saja membuktikan apakah ayahnya meninggal atau masih hidup. Bukan Josh saja yang mengincar Codex Ix, ada orang yang mengobrak-abrik rumahnya dan dia kehilangan buku karya John Lloyd Stephens yang berjudul Incidents of Travel in Central America, Chiapas and Yucatan. Untuk mencari tahu ada apa dengan buku tersebut, Josh pergi ke Oxford, tempat di mana ayahnya bekerja. Di ruang kerjanya, di tempat yang tersembunyi, Josh menemukan manuskrip itu, Surat Calakmul. Ayahnya juga menuliskan sesuatu di luar surat tersebut, bahwa dirinya dalam bahaya dan Josh harus segera melenyapkan manuskrip itu. Bersama Ollie, sang TopShopPrincess -orang yang suka berkomentar di blognya Josh- dan Tyler -temannya di kelas Capoeira, mereka mencoba mengartikan manuskrip yang ditulis dalam huruf hieroglief Maya itu.

Mereka berhasil menerjemahkannya, manuskrip itu terdiri dari dua set inskripsi, masing-masing ditulis dalam dua kolom, kalimat terakhir hilang. Josh tidak bisa mengartikan kalimat terakhir, tidak bisa meneliti jejak Codex Ix. Tapi, ada satu misteri yang hampir terpecahkan lagi, mimpi yang pernah dialaminya tentang Bahabix sedikit terurai berkat inskripsi.
Bakab adalah tokoh dalam mitologi Maya. Salah satu dari keempat anak dewa Maya, Itzamna. Itzamna sendiri merupakan salah satu dewa tertinggi -pembuka tulisan dan pertanian bagi bangsa Maya. Hanya Dewa Pencipta yang kedudukannya lebih tinggi daripada Itzamna. Dalam mitologi Maya, Itzamna menikah dengan dewi bernama Ixchel. Mereka punya empat anak laki-laki yang diberi nama Ix, Cauac, Muluc, dan Kan.

Keputusan dibuat, ayah Josh meninggal karena mencari Codex Ix, dan dia harus meneruskan pencarian ayahnya. Josh mengikuti jejak terakhir ayahnya, pergi ke Mexico bertemu dengan wanita Chetumal yang terakhir ditemui ayahnya, mencari tahu keberadaan Carlos Montoyo, orang yang tahu keberadaan Codex Ix, orang terakhir yang berkirim email dengan Dad. Bersama Ollie dan tyler, Josh pergi ke Mexico untuk memecahkan misteri pembunuhan ayahnya dan mencari Codex Ix.

Hanya Bakab yang bisa menemukan Codex. Seorang bakab mempunyai kekuatan khusus, kekuatan untuk melawan kutukan Codex. Buku-buku Itzamna dilindungi kutukan kuno. Semua orang, kecuali Bakab akan mati kalau menyentuh salah satu Codex itu. Para Bakab ada empat, namanya Muluc, Cauac, Kan dan Ix. Keluarga Josh mewarisi Bakab Ix dan mereka pelindung Codex Ix.
Rudolfo Jaguar: Bakab Muluc

Lizard Paw: Bakab Cauac

Blanco Vigones: Bakab Kan

Joshua Gracia: Bakab Ix

Perjuangan Josh tidak gampang, ada orang yang selalu mengikuti kemana Josh melangkah, orang yang juga mengincar Codex Ix, orang yang mengancam keselamatan Josh, teman-temannya, Ibunya, bahkan bangsa Maya sekalipun.
Keraguan akan membuatmu kehilangan segalanya.

Buku ini sangat menarik, beda, lain daripada yang lain, penuh teka teki di sisi lain kadang membuat saya bingung dan bosan. Di awal saya merasa cerita sangat berbelit-belit, alurnya serasa lambat sekali, mungkin karena buku pertama penulis bermaksud membuat suatu fondasi akan tema utamanya, yaitu sejarah tentang bangsa Maya kuno. Dia menjelaskan sedikit demi sedikit fakta tentang bangsa Maya yang kemudian dia campur dengan fiksi buatannya, ketika Josh mencari jejak ayahnya, menjadikan konflik utamanya. Seru, walau kadang kita akan dibuat binggung karena banyak hal yang belum terungkap, kadang kita akan dibuat ngos-ngosan mengikuti jejak Josh. Alurnya cepat ketika Josh bertemu dengan Ixchel -gadis bangsa Maya kuno, menemukan kota yang hilang, nggak bisa berhenti baca saking serunya. Berharap penulis lebih banyak mengungkap tentang bangsa Maya, karena jujur saya baru pertama ini membaca cerita tentang sejarah bangsa Maya kuno, terutama lebih membahas kekuatan para Bakab.

Minim typo, suka terjemahannya, ketika saya membaca blog yang dibuat Josh, saya jadi ikut bersemangat untuk rajin posting. Alasan kenapa buku ini disebut sebagai Joshua Files adalah Josh selalu menuliskan pengalaman petualangannya di blog, awalnya dia tampilkan secara public tapi demi menghindari jejaknya tercium musuh dia membuat blognya dalam kondisi private, hanya dia dan nantinya ibunya saja yang tahu. Suka banget sama covernya, menurut saya cover terjemahannya paling the best daripada cover yang lainnya, terutama cover aslinya.

Berikut kelima seri The Joshua Files, sudah diterjemahin semua, kurang baca seri keempat dan kelima :D
JfJf2Jf3Jf4Jf5

Invisible City

Ice Shock

Zero Moment

Dark Paralel

Apocalyse Moon

Dan berikut book trailernya:

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=jZXwx4zQHBk]

Buat kamu yang menyukai kisah petualangan fantasi berbau sejarah dan kospirasi, buku ini akan membuatmu tidak bisa berhenti membaca, terus dan terus mencari tahu kebenarannya.

3.5 sayap untuk Codex Ix

NB:

Tentang Penulis
Mgharris
M.G Harris lahir di Mexico City. Ketika ia berumur lima tahun, orangtuanya berpisah dan M.G pindah ke Frankfurt, Jerman lalu akhirnya Manchester, Inggris. Saat remaja, dalam kunjungan-kunjungan ke Mexico untuk bertemu sang ayah, M.G mulai tertarik pada dunia arkeologi Maya. Berkali-kali ia pergi ke reruntuhan Maya di Yucatan dan Chiapas, dan perjalanan itu menumbuhkan bibit-bibit kisah yang akhirnya menjadi The Joshua Files: Invisible City.

M.G mempelajari biokimia di St Catherine's College, Oxford University dan melanjutkan program doktornya di St. Cross College, Oxford. Pada tahun 2004, menggabungkan dua hal ia cintai: arkeologi dan biokimia, The Joshua Files: Invisible City mulai ditulis ketika M.G harus beristirahat setelah menjalani operasi akibat kecelakaan ski di Swiss. Pada tahun 2008, M.G adalah penulis debut yang novelnya terjual paling cepat dalam kategori anak-anak. (Sumber: Gramedia)

Untuk tahu lebih banyak tentang M.G. Harris dan buku-bukunya kunjungi saja:

www.mgharris.net

Facebook

Twitter

Take a Bow


Creative and Performing Arts (CPA) -Sekolah Seni Kreatif dan Pertunjukan, New York- merupakan salah satu sekolah seni pertunjukan paling bergengsi. Tempat di mana anak-anak muda memiliki bakat luar biasa, tempat di mana mereka menggapai impian. Ada empat kisah dalam buku ini, empat passion yang besar dalam diri mereka terhadap seni.

Ethan
Dia mempunyai bakat bermusik luar biasa, bisa memaninkan berbagai alat musik dan suaranya, jangan ditanya. Masalahnya, dia tidak PD tampil di depan umum, dia selalu gugup dan jarang memperhatikan penonton saat beraksi di atas panggung, tidak punya ikatan dengan penonton. Seperti kebanyakan musisi besar yang sukses, dia tampil dengan bau alkohol untuk melepas kegugupan dan menciptakan lirik lagu yang hebat ketika hidupnya sedang kacau. Dia berusia lima belas tahun, kebiasaan inilah yang membuatnya pernah membuat teguran dari Emme, orang yang diam-diam dicintainya.
"Sebenarnya, ada satu hal yang bisa kulakukan untuk menghentikan suara-suara itu. Satu-satunya keahlianku; bermain musik. Itu bisa aku lakukan dengan baik."

Emme
Dia bodoh dalam hal berteman, tidak bisa membedakan atau tidak mau tahu kalau dia hanya dimanfaatkan oleh sahabatnya sendiri. Dia adalah pencipta lagu yang hebat, dia masuk sekolah seni karena sahabatnya mendaftar di sana, karya-karya lagunya dia ciptakan khusus untuk Sophie. Setelah bertemu dengan Jack, Ben, Ethan -bandnya- Emme sedikit lebih percaya diri, dia tidak hanya sebagai pencipta lagu, dia mempunyai bakat terpendam di balik sifat pemalunya, mempunyai suara yang luar biasa indah.
"Sophie-lah yang jadi penyemangat terbesarku dari awal. Dialah orang yang menanamkan benih bertahun-tahun lalu mengenai CPA. Kami akan menjadi kekuatan yang tak terbendung, dinamik duo, tim penyanyi-dan-pencipta-lagu terhebat yang pernah dilihat CPA.

Sophie
Dia egois, dia ambisius, apa pun dia lakukan agar menjadi terkenal, hanya memanfaatkan Emme kalau ada acara atau audisi saja, selain itu dia melupakannya. Bahkan, dia memacari Carter karena dia terkenal, berharap ketenarannya akan menular padanya. Seeorang looser? centang.
"Aku tahu di mana salahnya. Saat ini seharusnya aku sudah jadi bintang terbesar di sekolah. Orang yang akan diikuti dan dipanuti seluruh anak baru yang masuk nanti."

Carter
Predikat artis cilik yang populer dan kaya raya tidak bertahan ketika dia beranjak dewasa, tidak ada lagi tawaran film bov office, dia sekarang hanya aktor opera sabun. Dia muak dengan hidupnya yang penuh dengan kepura-puraan, dia sudah bosan harus selalu berakting, dia ingin menjadi dirinya sendiri, melakukan sesuatu yang disukainya.
"Aku tak percaya beritaku sendiri ketika aku disebut sebagai calon bintang besar, tapi lebih sulit lagi saat mereka menyebutmu sebagai kegagalan."

Tantangan di Tahun Senior adalah akan ada audisi penyambutan murid baru, hanya ada sepuluh tempat di pentas. Selain itu semua kegiatan akan berpengaruh terhadap siapa yang berhak mendapat undangan untuk tampil di Pentas Senior. Sophie ingin sekali mendapat tempat utama di Pentas Senior, dia ingin menjadi terkenal, dan satu-satunya cara adalah menggunakan lagu ciptaan Emme. Sayangnya kali ini, bukan hanya dirinya saja yang unjuk gigi, berkat dukungan teman-teman band-nya, Teenage Kicks, Emme mampu tampil Solo, selain tampil bersama dengan band-nya, tentu saja, jadi dia tampil dua kali. Itu sangat membuat Sophie cemburu dan marah, dia pun berusaha sekuat tenaga agar bisa tampil di Pentas Senior. Lain lagi dengan Carter, dia sudah tidak berminat dengan CPA, dia memilih jalannya sendiri.

Buku ini berisi impian anak muda, bagaimana mereka berusaha dan berjuang mendapatkannya, bagaimana mereka mencoba tampil percaya diri dan menjadi diri sendiri.

Bagian favorit adalah ketika Carter bertemu dengan Sophie kembali, dan Carter mencurahkan perasaannya, bagaimana selama ini dia tertekan dengan suatu hal yang benar-benar tidak dia inginkan, tentang passion dia sesungguhnya.
"Aku hanya sedang mengatakan bahwa jika semua yang kamu inginkan dari karier adalah uang dan ketenaran, kamu nggak akan pernah bahagia. Nggak sekali kamu pernah menunjukkan tertarik pada seluk beluk rumitnya pekerjaanku -kamu hanya tertarik berada di dalam sorotan. Kamu hanya bahagia jika mendapat perhatian, tapi kamu nggak akan bisa mulai dari puncak. Beberapa orang memang berhasil, dan akulah bukti bahwa ketenaran nggak akan selamanya. Tapi, jika menghabiskan seluruh hidupmu mengejar ketenaran, kamu akan menjadi orang yang sangat nggak bahagia. Dengan segala yang telah kulalui, aku mempelajari satu hal ini: ketenaran dan uang nggak berharga jika kamu nggak punya hal lain dalam hidupmu."
Selain itu, menurutku dia sangat dewasa, tahu apa yang dia mau dan tidak ngoyo dengan impiannya.
"Menakjubkan bisa melihat mereka manggung. Jika melihat mereka menyusuri jalan atau bahkan berdesakan di ruang tunggu, kurasa kalian takkan berhenti dan berpikir bahkan empat orang ini memang ditakdirkan bersama. Jack: cowok bertubuh besar dengan rambut kribo. Ben: cowok sederhana berambut pirang kecoklatan, bermata biru dengan bahagian memetik basnya. Ethan: tinggi (dia pasti hampir 190 cm sekarang) dan kurus, rambut hitamnya agak gondrong dan ikal. Emme: dengan rambut merah terang, kulit pucat berbintik, mengenakan pakaian serba hitam dan menggangguk-angguk mengikuti irama musik saat ia memetik gitar.
Namun, meski terlihat berbeda, bersama di atas panggung, mereka adalah kesatuan yang lengtkap. Bukan persahabatan mereka yang membuatku iri; melainkan hasrat pada apa yang mereka lakukan saat ini. Jelas terlihat masing-masing dari mereka senang bermain musik. Itulah panggilan jiwa mereka. Itulah yang mereka inginkan."
Karakter favorit saya adalah: Ethan! Yeay, saya sangat ngefans dengan dia. Bagaimana dia tampil mengagumkan di atas panggung dengan suara indahnya, bagaimana dia selalu membela Emme dan mencoba menyadarkan kalau dia hanya dimanfaatkan oleh Sophie, bagaimana dia sangat memperhatikan dan melindungi Emme, bahkan semua orang tahu perasaannya pada Emme hanya gadis itu saja yang tidak menyadarinya. Kehebatannya adalah bermain musik, kelemahannya adalah ketika dia tidak percaya diri, malu di atas panggung dan cemburu ketika Emme dekat dengan laki-laki lain, maka dia akan melampiasnkannya ke alkohol, typical sekali dengan bebrapa musisi besar. Tapi pertengkarannya dengan Emme dulu selalu menginggatkannya agar menjadi pribadi yang lebih baik bukannya malah melukai diri sendiri. Oh ya, jadi ingat tentang Jack yang meramalkan kisah edan tentang kematian Emme dan Ethan, haha, Jack ini orangnya lucu banget, penghidup suasana. Mungkin Ethan sudah mencicipi apa yang diramalkan oleh Jack, tapi semoga saja itu hanya guyonan :D.
"Aku mungkin sang penyanyi utama, Jack sang karisma, Ben sang jiwa, tapi Emme adalah jantung band kami.
Di samping menjadi penyanyi utama, aku adalah cacat untuk band."
Sudut pandang yang dipakai orang pertama, tiap tokoh bergantian di tiap bab, membuat alurnya cepat sekali, tidak membutuhkan waktu yang lama membacanya. Dengan pribadi yang berbeda-beda kita seakan ikut menyelami apa yang mereka rasakan, apa yang mereka inginkan. Minim typo, terjemahannya lumayan asik, pada dialog bahasanya lebih nyantai, seperti kalau kita ngobrol biasa. Untuk cover, saya lebih suka dengan cover aslinya, lebih fabulous, walau cover terjemahannya nggak begitu buruk juga :D.

Merasa kamu seorang anak muda yang mempunyai impian yang sama dengan mereka? Well, kamu harus mencoba buku ini. Apakah buku ini menarik untuk dibaca? Centang.

4 sayap untuk Creative and Performing Arts.


Penulis: Elizabeth Eulberg
Penerjemah: Mery Riansyah
Penyunting: Dila Maretihaq Sari
Cover: Fahmi Ilmansyah
Penerbit: Bentang Belia
ISBN: 978-602-9397-42-0
Cetakan pertama, September 2012
315 halaman

NB:
Tentang Penulis
Elizabeth Eulberg mencintai musik selama yang bisa diingatnya. Walau tidak bersekolah di sekolah seni, dia belakangan ini sedang melatih bakat bernyanyinya di tempat-tempat karaoke seluruh wilayah terhebat New York. Dia adalah penulis The Lonely Heart Club dan Prom and Prejudice.
Kalian bisa menemukannya di

Rabu, 10 Oktober 2012

55 Reading Question

Holla, ketemu lagi nih, lumayan lama vakumnya ya, hehe, tenang udah ada beberapa review yang udah aku buat kok tapi masih di kertas, insyaallah akan segera aku pindahin ke Kutu Bokek, kangen ngisi gitu karena disibukkan dengan kerjaan dan timbunan buku *alasan klise*. Biar nggak bosan nih, aku mau menuliskan 55 Reading Question, di mana awalnya aku tahu postingan ini dari beberapa anggota BBI yang lain, karena semua pake bahasa inggris jadi menghambat diriku untuk ikut. Untungnya nih, si FJ Rean buat 55 Reading Question ini in Bahasa, jadi boleh dong aku nyontek terjemahannya, udah minta ijin loh. Kalo pengen tahu jawaban dia apa, silahkan aja berkunjung ke stew.blogdetik.com.

Inilah 55 Reading Question versi Kutu Bokek:
1. Buku favorit masa kecil
Sebenernya aku mulai baca kelas lima atau enam SD, itu aja baca majalah remaja (yeah saya emang dewasa sebelum waktunya) dan novel Mira W punya abah. SMP mulai kecanduan komik, SMA teenlit trus berkembang ke berbagai genre. Jadi, kalau ditanya buku paling berkesan waktu kecil agak malu, nggak ada buku masa kecil kayak Bobo, Ebyd Blyton dsb, adanya novel Masih Ada Kereta Yang Akan Lewat karya  Mira W.
2. Buku apa yang kamu baca sekarang?
Sing_me_to_sleep

3. Buku apa yang sedang kamu pesan (untuk di pinjam) di perpustakaan?
Nggak ada, udah jarang ke perpus.
4. Kebiasaan buruk dalam membaca
Baca sambil tidur dan baca beberapa buku sekaligus, bukannya satu buku dikelarin dulu >.<
5. Buku apa yang sedang kamu pinjam di perpustakaan?
Nggak ada
6. Kamu punya e-reader (aplikasi untuk membaca buku digital atau ebook)?
Nggak punya, aku pecinta buku cetak.
7. Kamu lebih suka baca satu buku atau banyak buku dalam satu waktu?
Penggenya sih satu buku, karena udah kebiasaan jadinya beberapa buku. Tapi, kalau bukunya asik biasanya satu buku langsung tamat nggak perlu waktu yang lama ngelarinnya.
8. Apa kebiasaan membacamu berubah sejak ikutan menjadi blogger buku?
Sedikit, ada program baca bareng tiap bulan, itu yang menjadi pembeda yang biasanya baca ya baca apa yang ada.
9. Buku favorit (terbaru) yang kamu baca tahun ini?
Waduh banyak nih, tapi yang bikin aku langsung pengen baca ulang adalah buku ini

Memori

10. Buku terfavorit tahun ini?
Banyak sih ya, kayak Seri Nicholas Flamel, Mockingjay, Delirium, Divergent, tapi kalau yang paling adalah:

Memori

11. Berapa kali kamu membaca buku-buku di luar genre favoritmu?
Beberapa kalai, sejak jadi anggota BBI aku mengecap genre lain seperti klasik, Children book, dark, thriller, non fiksi, banyak pokoknya.
12. Apa saja genre favoritesmu (comfort zone, yang pasti kamu akan suka)?
Romance, Fantasy, YA, dark
13. Kamu bisa baca buku di bus yang sedang melaju?
Nggak pernah bisa di kendaraan apa pun, pusing.
14. Tempat favorit buat baca?
Tempat tidur
15. Apa saja aturan dalam meminjam bukumu?
Rawat baik-baik, jangan ada yang rusak dan yang penting jangan lupa dikembalikan.
16. Kamu pernah menandai sebuah halaman buku (dimana terakhir kamu sampai) dengan dog-ear (melipat sedikit ujung halaman)?
Pernah, biasanya buku rental karena nggak ada pembatasnya, hehe.
17. Kamu pernah mencorat-coret halaman buku-bukumu?
Kayaknya nggak pernah deh, aku suka kebersihan.
18. (Masih berhubungan dengan no. 17) termasuk mencoret-coret buku tulis?
Kalau ini sering, aku sering mencoret-coret di buku tulis untuk buat review, karena tulisanku emang kayak coretan nggak tentu arah --
19. Kamu suka membaca buku dalam bahasa apa?
Indonesia dong *cinta produk dalam negeri*
20. Apa yang membuatmu “jatuh cinta” pada buku?
Ceritanya, banyak hal yang bisa buku berikan pada kita, kisah yang romantis, sedih, mencekap, bergidik, membuat kita ketawa, terharu, sebel, semua rasa ada dalam buku.
21. Apa yang membuatmu terinspirasi untuk merekomendasikan buku pada orang lain?
Aku tahu genre kesukaan dia
22. Genre paling favorit?
Romance
23. Buku genre apa paling jarang kamu baca (tapi kamu berharap bisa membacanya)?
non fiksi
24. Buku biografi favorites?
Nggak ada, nanti deh kalau ada orang yang nulis biografi diriku, baru aku baca buku biografi.
25. Kamu pernah baca buku pengembangan diri?
Pernah, tapi lupa buku apa aja, hanya selewat.
26. Buku masak favorites?
Nggak ada, yang ada aku pengen makan itu kertas kalau lihat buku masakan.
27. Buku paling menginspirasi yang kamu baca tahun ini?

Before_i_die

Membuat aku bersyukur karena diberi kesehatan
28. Cemilan favorit saat baca?
Nggak ada #KapanKurusnya
29. Di buku apa dimana ada sebuah kasus (masalah) yang  menghancurkan mood membacamu?

1464171

Karena banyaknya tokoh yang mempunyai nama yang mirip membuat saya mumet dan kehilanggan mood untuk membacanya.
30. Berapa kali kamu setuju dengan kritikan orang pada sebuah buku?
Beberapa kali
31. Apa yang kamu rasakan saat membaca sebuah review jelek/negatif?
Kasian sih sama yang dikritik, tapi kan itu pendapat, dan kita bebas berpendapat.
32. Jika kamu fasih banyak bahasa asing, buku berbahasa apa yang akan kamu baca?
Bahasa Inggris
33. Buku paling mengintimidasi yang pernah kamu baca?
Mengintimidasi ini maksudnya apa ya? Kalau yang bikin aku geregetan sama tokoh utamanya, jawabannya adalah Dexter, iya, aku gemes banget sama dia, Kalau akun jadi Em, udah aku buang jauh-jauh itu si Dex.

13559646

34. Buku yang mengintimidasi kamu bahkan sebelum kamu mulai membacanya?

The_maze_runner

entah kenapa feeling aku buku sama buku ini bagus, udah punya dan nggak sabar untuk dibaca.
35. Puisi favorit?
Nggak ada, nggak suka puisi.
36 dan 37 (kedua pertanyaan ini seputar perpustakaan, jadi skip aja)
Okeh! aku juga jarang ke perpustakaan kok, terakhir setahun yang lalu pinjem buku untuk buat skripsi :))
38. Karakter fiksi favorite?
Simon di Memori dan Ethan di Take a Bow
39. Karakter jahat fiksi favorit?
Nggak ada, biasanya aku nggak mengganggap penting mereka
40. Buku yang suka kamu bawa untuk menye
rtai liburanmu?
Nggak ada, liburan ya liburan.
41. Waktu terlama tidak membaca buku?
Beberapa minggu saja
42. Judul buku yang tidak bisa kamu baca hingga selesai? (Tahun ini)

1464171

dari tahun kemaren g selesai-selesai nih :))
43. Apa yang bisa mengalihkan perhatianmu begitu mudah ketika kamu sedang baca buku?
Twitter
44. Film favorit yang diadaptasi dari novel?

Hunger_games

45. Film adaptasi novel paling mengecewakan?

Harry_potter_5

46. Nominal terbesar ketika membeli buku?
Nggak pernah lebih dari 300k
47. Apakah kamu sering membaca sekilas keseluruhan sebuah buku sebelum membacanya?
Iya, biasanya sinopsis di belakang sampul buku atau kalau nggak beberapa halaman awal.
48. Apa yang menyebabkan dirimu berhenti membaca sebuah buku di tengah jalan?
Nggak jelas konflik dan ceritanya.
49. Apa kamu suka menyusun rapi buku-bukumu?
Ehehehe, aku orangnya nggak bisa rapi, tapi selalu mencoba agar bukuku mendapat tempat di rak :P
50. Kamu lebih suka mana, menyimpan sebuah buku atau memberikannya pada orang lain setelah membacanya sekali?
Kalau suka ya dikoleksi kalau nggak suka dikasih atau bisa jadi modal swap.
51. Jenis buku yang kamu hindari?
Motivasi, agama, masakan
52. Judul buku yang bikin kamu marah?
Yang salah ketik, keterlaluan itu typonya.
53. Buku yang kamu kira tidak akan kamu suka tapi malah suka banget?

13012011_danur

54. Buku yang kamu kira bakal kamu suka tapi ternyata tidak?

Wings

55. Bacaan menyenangkan anti penyesalan?
Pertanyaannya binggungin deh. Bacaan menyenangkan anti penyesalah biasanya adalah buku-buku dari penulis favorit, gaya penulisan yang udah familier. Yang nggak pernah kecewa itu ketika aku baca bukunya Sitta Karina, Windry Ramadhina dan Christian Simamora, bikin nagih!

Sekian *ngos-ngosan*


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...