Selasa, 31 Januari 2012

Perhaps You


Nggak ada cowok baik-baik yang akan mendekati cewek lain saat dia punya pacar.
Selingkuh, itulah tema yang diambil penulis dalam buku roman dewasa pertamanya ini. Sebelumnya sudah membaca beberapa teenlit Stephanie dan sedikit tahu gaya penulisannya, apakah ada yang berbeda dengan novel-nya kali ini?

Bercerita tentang Abrielle Yusuf, cewek cantik, cerdas dan mudah bergaul, umur 18 tahun sudah sarjana dan sekarang bekerja di sebuah perusahaan milik ayahnya, Citilights. Abby, panggilannya, adalah orang yang lurus, berdedikasi pada pekerjaannya, tidak ingin dianggap remeh karena bekerja di perusahaan milik ayahnya, dia membangun semua itu dari bawah, hingga mencapai jabatan yang memang pantas didapatkannya. Di perusahaan tersebut dia mempunyai sahabat sekaligus sekertaris yang membantu baik dalam pekerjaan maupun masalah pribadi, Sandra. Begitu juga sebaliknya, ketika Sandra mempunyai masalah di mana dia menjadi selingkuhan pacarnya, Abby tidak mencecarnya, walaupun ingin sekali karena dia adalah orang yang lurus, dia hanya bisa mendukung keputusan Sandra, karena Sandra adalah sahabatnya.

Kesibukan Abby semakin menjadi ketika anak buah ayahnya ingin membuka cabang di Jakarta, Abby ditugaskan ayahnya untuk membantu dalam hal pembelian barang dari Oaks. Perusahaan baru itu juga mempunyai pegawai yang khusus mengorder pesanan lampu dari perusahaan pusat, Christian Ruslim. Awalnya Abby kesel sama Chris karena ceroboh dan lelet dalam bekerja, tapi Abby merasa ada yang berbeda dari cowok satu ini. Chis tidak tahu kalau orang yang sering dihubunginya lewat email, YM, dan BB ini masih muda, karna seringnya berhubungan dalam hal pekerjaan, membuat mereka semakin dekat secara pribadi dan tahu kalau Abby adalah anak dari pemilik Citilights, yang awalnya membuat Chris minder dan beranggapan seperti kebanyakan orang kalau Abby mendapatkan semua itu karna campur tangan ayahnya.

Abby sangat sulit jatuh cinta, karna hanya Daniel-lah satu-satunya cowok yang mampu merebut hatinya. banyak teman, pegawai yang menaruh hati padanya tapi tidak ada yang dipedulikan Abby. Dia masih terbayang akan cinta pertamanya, Daniel, teman sejak SMP yang cakep, gagah, tengil, kocak. Masalahnya Daniel adalah tipe cowok yang nggak bisa kalau nggak punya pacar, playboy, jadi Abby tidak berani mengutarakan hatinya dan saking tidak tahannya berdekatan dengan Daniel yang dikelilingi pacar-pacarnya yang cantik, dia memutuskan pindah sekolah dan hilang kontak dengan Daniel sampai sekarang. Hingga datanglah Chris yang mengaduk-aduk hatinya, mulai melunturkan posisi Daniel dihatinya. Abby mulai kecanduan berkomunikasi dengan Chris, mulai dari BBM, twitter, sampai facebook tidak bisa lepas. Dia mulai mencintai Chirs walaupun belum pernah bertemu denganya. Abby di Surabaya sedangkan Chris di Jakarta, jarak tidak menjauhkan mereka ada sicial network yang mendekatkan hubungan mereka. Karena jejaring sosial itulah dia juga mengetahui kalau Chris sudah mempunyai pacar dan selingkuh dengan mantan pacarnya. Apakah Abby sekarang harus berbelok dari prinsip yang dipegangnya? Dia mengalami hal yang sama dengan Sandra, menjadi selingkuhan. Siapa yang akan dipilih Chris? Dan bagaimana kelanjutannya jika Daniel datang kembali? Hahaha kayak sinetron aja, baca deh :)

Piuh, harus bersabar membaca buku ini, awalnya sangat berbelit-belit, banyak menceritakan perusahaan Citilights yang menurut saya sangat tidak penting. Memang sih berkat perusahaan itu jalan cerita terjalin tapi kelamaan, sampai saya bingung ini cerita mau dibawa ke mana? Mulai ada sedikit kejelasan ketika Chris muncul. Banyak sekali percakapan mereka melalui BBM, facebook dan twitter, yang sering update pasti berasa 'gue banget' deh baca buku ini. Saya tidak suka Chris, enak bener dia tiga cewek diembat sekaligus. Saya juga tidak suka sama Abby, dia labil dan tidak bisa mengambil keputusan sendiri, tahu Chris pacarnya banyak tetep aja mau. Saya suka Daniel yang sayang sekali sedikit muncul, coba di awal tidak terlalu lama dan tokoh Daniel banyak dimunculkan, akan sangat menarik buku ini. Dia juga sangat perhatian sama Abby, ahh pokoknya rugi kalau dia hanya sebagai peran pembantu. Alurnya cepet, masih banyak typo, tulisannya kecil-kecil, covernya bagus seperti biasanya, judulnya pun pas, mengharapkan kejelasan hubungan, hehe. Menurut saya nggak jauh beda sama novel teenlit yang sering dibuat penulis, masih mendapatkan beberapa hal yang terasa masih ABG hanya saja dewasanya mungkin karena adegan ciumannya kali ya, dan inti ceritanya agak mirip sama salah satu teenlitnya juga, lupa yang mana, yang jelas sama-sama jadi selingkuhan juga.

Ada beberapa quote yang saya suka:
Cinta itu seperti pasir. Semakin erat kamu menggenggamnya, semakin cepat pasir-pasir itu berjatuhan dari tanganmu....
"By... if a man wants you, nothing can keep him away. If he doesn't want you, nothing can make him stay." 
Dan adegan yang paling aku suka adalah:
"Dan, bener deh... kenapa sih kamu mau repot begini? You don't need to..." Abby kembali bertannya. Ia penasaran, kenapa Daniel, bahkan setelah ditolaknya, masih begini baik terhadapnya.
"I want to..," potong Daniel. Ia terdiam sesaat sebelum melanjutkan, "By, aku lihat kamu belakangan ini sedih terus.... Aku nggak tau kenapa, dan aku nggak akan memaksa kamu untuk bilang kenapa. Satu-satunya yang aku inginkan cuma menghiburmu, berusaha sebisaku, supaya kamu nggak sedih lagi. Boleh?" 
Well, yang pernah jadi selingkuhan atau pernah diselingkuhin mungkin buku ini cocok dan mewakili perasaan kalian, hehe.

3 sayap untuk Daniel yang kece.

NB: buku ini aku dapet dari Secret Santa, makasih banyak ya :* (hayo ngaku kamu siapa? sampe sekarang aku nggak tahu siapa kamu)

Perhaps You
editor: Kinanti Atmarandy
cover: Jeffri Fernando
penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-493-3
cetakan ketiga, 2011
441 halaman


Senin, 30 Januari 2012

The Alchemyst (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel #1)


3424418

Sinopsi (Goodreads)
Kebenaran: 
Nicholas Flamel, yang lahir di Paris pada tanggal 28 September 1330, dikenal sebagai Alchemyst termasyhur di masanya. Ia berusaha menciptakan ramuan untuk hidup abadi, dan mengubah logam biasa menjadi emas murni. Menurut catatan, sang Alchemyst meninggal pada tahun 1418, tetapi ketika dibongkar ternyata makamnya kosong. 

Legenda: 
Nicholas Flamel masih hidup karena ia berhasil menemukan ramuan untuk hidup abadi. Semua rahasianya ada dalam Buku Abraham sang Magus. Jika jatuh ke tangan orang yang salah, buku itu dapat membawa petaka bagi umat manusia. 
Terkadang, legenda merupakan kebenaran. 

Josh dan Sophie Newman tidak menyangka, ternyata pemilik Small Book Shop tempat Josh bekerja merupakan Nicholas Flamel, sang Alchemyst yang berusia lebih dari 600 tahun! Rahasia di balik umur panjangnya adalah Buku Abraham sang Magus, harta berharga yang telah dijaga Flamel seumur hidupnya. 

Kedua remaja berusia 15 tahun ini terlibat dalam perseteruan yang berusia ribuan tahun, ketika musuh bebuyutan sang Alchemyst, Dr. John Dee, berhasil merampas Buku Abraham dan menculik istri Nicholas, Perenelle Flamel. 

Kehidupan Josh dan Sophie seketika berubah. Terutama setelah mengetahui ternyata mereka bukan sekadar remaja biasa. Dalam diri si kembar tersimpan sebuah kekuatan hebat yang kelak akan menjadikan mereka penyelamat dunia.

Review

Seruuuu!!!
Awalnya agak males baca, biasa kalo baca fantasy dapet feelnya agak belakangan baru muncul. Iseng baca halaman terakhir tentang catatan penulis dan wow! ternyata Nicholas Flamel itu beneran ada, aku langsung googling dan nemu artikel tentang Nicholas Flamel di wikipedia (ketularan Josh, dikit-dikit googling cari tahu beneran ada apa nggak :D). Ternyata penulis mencampur adukan dengan sejarah, menarik nih.

Nicholas Flamel adalahsalah satu alkemis terbesar pada zamannya. Alkemi adalah perpaduan dari ilmu kimia, botani, kedikteran, astronomi dan astrologi. Ilmu ini memiliki sejarah yang panjang dan menonjol, juga dipelajari di Yunani dan Cina kuno, dan terdapat pendapat yang mengatakan bahwa ilmu ini adalah dasar ilmu kimia modern. Seperti halnya Dee, semua detail tentang Nicholas Flamel dalam The Alchemist adalah nyata.

Flamel terlahir pada 1330 dan memiliki mata pencahariaan sebagai pedagang dan penyalin buku. Pada suatu hari, dia membeli buku yang istimewa: Buku Abraham. Buku itu betul-betul ada, dan Nicholas Flamel memberikan detail yang sangat jelas mengenai buku bersampul tembaga yang ditulis di atas bahan menyerupai kulit kayu. Bersama Perenelle, Flamel menghabiskan lebih dari dua puluh tahun untuk melakukan perjalanan mengelilingi Eropa untuk menerjemahkan buku tersebut. Saat kembali ke Paris pada abad keempat belas, dia menjadi kaya raya. Desas-desus yang langsung berkembang menyebutkan bahwa dia telah menemukan rahasia terbesar dalam ilmu alkemi di Buku Abraham: cara menciptakan batu bertuah, yang mengubah logam biasa menjadi emas, serta cara mendapatkan keabadian.

Flamel dan Perenelle melanjutkan kehidupan dengan tenang dan tidak menarik perhatian, menggunakan kekayaannya untuk amal. Perenelle meninggal terlebih dahulu, tidak lama kemudian, pada tahun 1418 kematian Nicholas Flamel diumumkan.
Kemudian pada tengah malam buta, seseorang menjarah kuburan Nicholas Flamel dan Perenelle, dan ketika itulah diketahui bahwa kuburan itu kosong.
Hingga bertahun-tahun kemudian, terdapat penampakan pasangan Flamel di seluruh Eropa.

Belajar sejarah sedikit ga pa-pa yah :D, soalnya fakta diatas adalah akar dari cerita Nicholas Flamel ini. Gara-gara menyimpan buku keabadian itulah mereka diburu oleh Dr. John Dee seorang alkemis juga, anak buah Tetua Gelap. Jangan heran kalau buku ini banyak berseliweran makhluk mitologi kuno, makhluk purba, semua sejarah campur aduk deh.

Singkat cerita, Dee menemukan lokasi Flamel bersembunyi setelah beratus tahun, terjadilah pertempuran di toko buku milik Flamel. Pertempuran itu menyeret Josh karena dia bekerja disitu, juga dengan Sophie -saudara kembarnya- yang berkerja di seberang toko buku tersebut. Dee berhasil mencuri Buku Abraham sang Magus atau biasa disebut Codex dan menculik Perenelle, sayangnya dua lembar terakhir buku tersebut disobek oleh Josh. Karena tahu Dee akan kembali dan memburu lagi untuk mendapatkan lembaran terakhir itu, mau tidak mau Flamel membawa serta Josh dan Sophie karena mereka sudah terlibat cukup jauh. Flamel meminta bantuan Scathach, anggota Ras Tetua dan telah melatih semua pejuang dan pahlawan legendaris selama dua ribu tahun terakhir. Dalam mitologi dikenal dengan nama Gadis Petarung, sang Bayangan, Pembasmi Iblis, Pencipta Raja, dan panggilannya Scatty. Flamel percaya kalau Josh dan Sophie adalah pasangan kembar legendaris yang disebutkan dalam Codex. Codex menyebutkan tentang anak kembar beraura perak dan emas, dua menjadi satu, dan satu yang mencakup semuanya. Josh beraura emas dan Sophie beraura perak, mereka memiliki aura yang sangat langka. Kekuatan mereka hanya bisa dibangkitkan oleh Tetua dari generasi pertama, dia adalah Hekate atau Goddess of Three Faces - Sang Dewi Berwajah Tiga, dia kan melatih sihir si kembar Newman. 

Sayangnya hanya Sophie saja yang baru dibangkitkan kekuatannya, Hekate tidak sempat membangkitkan kekuatan Josh karena Alam Bayangan -kediaman Hekate- diserang oleh Dee yang meminta bantuan Crow Goddes - sang Dewi Gagak (dipuja dan ditakuti di seluruh kerajaan Celtic sebagai Goddess of Death - Dewi Kematian dan Destruction - Bencana), Dee juga berhasil menghubungi Tetua yang paling ditakuti: Bastet, Dewi kucing Mesir. Kejar-kejarannya seru, pelarian Flamel cs selanjutnya adalah menemui Witch of Endor -Penyihir mematikan dari Endor, Mistress of the Air - Penguasa Udara, nenek Scatty.

Coba kalau semua sejarah dibuat cerita yang menarik, pasti menjadi pelajaran favorit saya, hehe. Lalu gimana nasip mereka? Nasip Perenelle yang masih disekap Dee? Dan gimana cara membangkitkan kekuatan Josh? Yuk baca, serinya ada banyak loh, tapi dijamin seru kok :D
  1. The Alchemyst (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #1)
  2. The Magician (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #2)
  3. The Sorceress (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #3)
  4. The Necromancer (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #4)
  5. The Warlock (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #5)
  6. The Enchantress (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #6)
Hehehe, banyak yah. Kalau di Indonesia sendiri sudah sampe The Warlock. Lanjut buku keduanya dulu :)).

Dari segi cerita sangat bagus dan menarik kalau menurut saya, benar-benar pure fantasy. Nggak ada adegan romantis hanya saja saya sangat menyukai ikatan antara Josh dan Sophie, mereka selalu ingin menjaga satu sama lain. Josh yang lebih banyak bertindak sedangkan Sophie lebih banyak berpikir, walau kadang cek cok tapi mereka tetap kompak. Kalau Nicholas Flamel sendiri lebih ke misterius, banyak teka-teki akan dirinya, apa yang akan dlakukannya tidak tertebak, dia tidak pernah menceritakan segalanya apa yang dia tahu, menariknya di situ. Kalau Perenelle tidak banyak muncul, tapi dia sangat menguasai ilmu sihir, Nicholas saja kalah, Dee juga takut dengan kekuatannya. Kalau Dee sepeti tokoh antagonis kebanyakan, keinginannya harus terpenuhi, dia juga cerdik walau lebih cerdikan Nicholas :p.
Covernya keren, unsur alkemis ya kalau nggak salah sama huruf kuno? Terjemahannya bagus, ada typo dikit, alurnya lumayan cepet, dari awal kita sudah disuguhi konflik, sayang agak lambat ditengah-tengah, agak bosan juga sih tapi setelahnya seru kok. Cerita setebel ini hanya berlangsung dua hari loh! Baru ngeh kenapa ada hari dan tanggal. Selain itu nggak ada masalah lagi :D. Pokoknya, yang ngaku suka fantasy harus baca ini #maksa.

4 sayap untuk sang Alkemis kita.


The Alchemyst (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel #1)
penulis: Michael Scott
penerjemah: Berlian M. Nugrahani
penerbit: matahati
ISBN: 979-1141-22-3
cetakan pertama, 2008
493 halaman


NB: Tentang Penulis

27100
Sebagai ahli di bidang mitologi dan cerita rakyat, Michael Scott adalah salah seorang penulis tersukses di Irlandia. Sebagai seorang pakar kisah fantasy, fiksi, ilmiah, horor, dan kisah rakyat, dia dinobatkan oleh Irish Times sebagi "Raja Fantasi di seluruh negeri." Dia tinggal dan menulis di Dublin. Untuk lebih lengkapnya kunjungi www.dillonscott.com


Kamis, 26 Januari 2012

Alice-Miranda at School

11811982
Sinopsis
“Dadah, Mama. Tolong kuatkan hati Mama.” Ibunya menanggapi dengan isak tangis keras. “Selamat bermain golf, Papa. Kita bertemu di liburan akhir semester.” Ayahnya membuang ingus ke saputangannya. 

Sebelum kedua orangtuanya sempat mengucapkan selamat tinggal, Alice-Miranda sudah berjingkrak-jingkrak menyusuri jalan setapak yang diapit pagar tanaman, menuju rumah barunya. 

Akademi Winchesterfield-Downsfordvale, itulah rumah baru Alice-Miranda. Dan sejak kedatangan Alice-Miranda, tempat itu berubah drastis. Semua terasa lebih hidup dan menyenangkan. Namun, tidak semua orang senang dengan perubahan itu. Termasuk kepala sekolah, Miss Grim, dan kepala prefeknya, Alethea. 

Gadis 7 tahun itu diberi berbagai tantangan seperti tes tulis semua pelajaran, lomba berlayar melawan Alethea dan kawan-kawannya, sampai harus berkemah di hutan sendirian selama beberapa hari. Akankah Alice-Miranda mampu melewati semua tantangan itu? Juga, bisakah dia membuat Miss Grim keluar menemui para muridnya setelah 10 tahun mengurung diri dalam kantor?

Selasa, 24 Januari 2012

Marrying AIDS



Sinopsis


"Dokter? Mana dokter?" pemuda ini berteriak panik.
"Biar saya lihat," ucap Eri cepat. tangan kirinya masih mengamit tasnya. Ia memegang lengan pemuda itu. Tak disangka, pemuda itu malah berjingkat ke belakang. "Jangan sentuh!" "Aku mau dokter pria..."
***
"Maaf, dok," begitu Eri memasukkan ponselnya, pria di dekatnya itu bersuara dengan logat menggantungnya. "Ji-Hwan bukan alergi wanita." "Dia akan menikahi orang yang menyentuhnya." Apa? Eri terpana sebentar sebelum akhirnya menghembuskan tawa. "Anda bercanda ya?" "Bilang padanya aku akan menikahinya," Eri berseru geram. Dasar, aneh-aneh saja!
***

Itu awal petaka bagi dokter Eri, perempuan cerdas, cantik, dan memiliki segalanya kecuali: jodoh. Tak disangka, jodoh itu datang terlalu cepat, dengan cara yang tak diduga.
Kalau saja segalanya normal, siapapun tidak akan menolak cowok Korea setampan Ji-Hwan! Hanya saja semua memang tak wajar. Mau tak mau, Eri pun terseret dalam alur hidup si Prince Charming. Di satu sisi Eri membencinya setengah mati. Sisi lainnya, diam-diam perasaan indah mulai tumbuh.
Apakah Eri bisa membebaskan diri atau malah terjatuh lebih dalam lagi? Ditambah Ji-Hwan mempunyai rahasia kelam yang mengejutkan...

Review

Ketika Eri ke Korea untuk studi banding tidak disangka dia bertemu lagi dengan pasien alvusi-nya yang aneh dulu, Ji-Hwan yang bertampang metroseksual dan temannya Kwon-Woo, seorang dosen Indonesia Linguistik di Korea. Ji-Whan langsung menagis janji Eri karena dia sudah menyentuhnya berarti dia harus menikahinya. Kwon-Woo bilang tidak usah dipikirkan Ji-Hwan hanya bercanda, tapi Ji-Whan menyangkal dan omongannya dulu itu serius. Ji-Hwan mengaku kalau dia positif HIV, itulah sebabnya dia tidak mau disentuh, dia bersumpah akan menikahi wanita yang menyentuhnya, dia mau menanggung seluruh kehidupan waita tersebut, dia mau bertanggung jawab. Eri langsung kabur.

Eri shock, dia adalah seorang dokter gigi dan tahu jelas tentang penyakit tersebut apalagi cara penyebarannya. Dia pun segera memeriksakan diri tapi sewaktu mengambil hasil tes darahnya, hasilnya terbawa oleh dokter yang memeriksa, kata perawat ada hal yang ingin diomongkan langsung oleh si dokter tapi dia sedang keluar kota, tapi salah satu perawat bilang kalau dokter yang ingin bertemu langsung biasanya hasilnya positif. Eri tidak bisa berpikir apa-apa lagi., dia pingsan.

Ji-Hwan mengikuti Eri ke rumah sakit tahu dia pingsan langsung membawanya ke apartemen Kwon-Woo, dia bilang tidak ada yang bisa menyembuhkan Eri, dia benci rumah sakit. Eri marah pada Ji-Hwan, tak ingin bicara padanya, dan dia ingin segera kembali ke negara asalnya. Ji-Hwan memberikan no telepon dan alamat dan yakin kalau Eri suatu saat akan membutuhkannya.



Setibanya di Indonesia, Eri melakukan aktivitasnya seperti biasa, menjadi senior galak di rumah sakit. Fre, sahabatnya, marah ketika sekembalinya eri dari Korea dia tidak membawa oleh-oleh untuknya dan dia merasa ada yang berbeda. Ada kekhawatiran pada diri Eri sehubungan dengan profesinya, dia seorang dokter, sering melakukan operasi dan itu rawan penularan, ketika dia sedang melakukan operasi dia ketakutan dan langsung pergi, ke Korea.

Eri ingin meminta pertanggung jawaban Ji-Hwan, tentu saja laki-laki sombong itu akan tahu akhirnya seperti ini, dia pun mengajak Eri tinggal serumah dengannya. Awalnya Eri seperti mayat hidup, dia tidak ingin berbicara dengan siapapun atau melakukan kegiatan apa pun, hidupnya sudah hancur. Di lain pihak Ji-Hwan puas Eri kini tinggal bersamanya, tidak aka nada orang lain lagi yang akan menganggunya.

Ji-Hwan ternyata orang yang kaya raya, dia seorang arsitek yang sukses, sering masuk majalah tapi banyak juga orang yang membencinya, dia terkenal sombong bahkan untuk berjabat tangan saja tidak mau kalau saja prestasinya tidak bagus, tentu dia tidak ada artinya. Eri sadar kalau dia bermuram durja tidak ada manfaatnya, dia pun mencoba hidup normal dan menikmati apa yang ada di apartemen mewah Ji-Hwan. Eri juga mendapati kalau bukan hanya dia saja yang pernah menyentuh Ji-Hwan, ada seorang gadis cantik yang marah ketika Ji-Hwan memperkenalkan Eri sebagai tunangannya di hari ultah gadis tersebut. Dan ketika tanpa sengaja Eri mendengar percakapan Kwon-Woo dengan Ji-Hwan di telepon, dia mengetahui kalau selama ini Ji-Hwan memang berbohong, dia tidak positif HIV, lalu kenapa Eri bisa positif???

Sebenarnya ceritanya oke, menghibur, apalagi Ji-Hwan yang keren, sok cakep, sombong dan buta arah ini kadang kocak banget. Sayangnya ada beberapa kali kalimat yang tidak saya mengerti sehingga harus mengulang membaca, entah itu susunan kalimatnya yang tidak rapi atau apa saya juga bingung sendiri, masih banyak typo, trus tentang setting waktunya kadang aneh, tiba-tiba di Korea trus besoknya di Indonesia. Fakta kalau Eri ternyata anak adopsi dan bersaudara dengan Fre menurut saya terlalu dipaksakan. Sifat Ji-Hwan yang plin plan kadang bikin saya gemes, katanya mau menikahi tapi kok dibiarkan saja Eri pergi meninggalkannya, kurang usaha dan kelihatan dia tidak benar-benar mencintai Eri. Dan asal mula Eri mendapatkan penyakit itu juga tidak ada pembahasan lebih, dibiarkan menggantung.

Seperti biasa kalau bertema korama, banyak bahasa Korea yang berseliweran, ditambah ada beberapa pengetahuan tentang kesehatan gigi, kalau nggak salah penulisnya adalah seorang dokter gigi jadi dia menguasai zona ini. Covernya bagus, mirip cover seperti di bawah ini nih, hehehe:



3 sayap untuk si narsis Ji-Hwan


Marrying AIDS
penulis: Lia Indra Andriana
editor: Th. Ari Prabawati
cover: Tigor Baraspati
penerbit: Sheila
ISBN: 978-979-29-0747-6
cetakan I, 2009
305 halaman

Minggu, 22 Januari 2012

Dunsa


Dunsa



Awalnya tidak tertarik baca buku fantasy dalam negeri ini karena sebelumnya saya pernah membaca buku karya Vinca Callista yang berbau fantasy juga: Ratu Callista Sang Panglima Laskar Onyx di mana saya tidak berhasil menyelesaikannya. Tapi, saya 'terusik' oleh beberapa teman BBI yang sudah mereview dan memberi tanggapan yang bagus, terlebih saya mendengarkan ulasan Dunsa dua kali di radio secara streaming menambah rasa ingin tahu saya seperti apa dunia yang dibuat oleh Vinca Callista, dunia Prutopian.
Prutopian dibagi menjadi empat Negeri Besar, yaitu Delmonaria (menyatu dengan laut), Ciracindaga (kaya akan hasil alam), Fatacetta (negeri para peri), dan Naraniscala (paling kaya karena tanahnya mengandung minyak bumi dan batu-batu mulia). Empat Negeri Besar Prutopian masing-masing dipimpin oleh seorang raja atau ratu. Biasanya penguasa Negeri adalah anak pertama, baik laki-laki maupun perempuan. Keluarga kerajaan beserta para menteri dan keluarga mereka tinggal di istana. Tirai Banir terletak di tengah-tengah Fastehagan (ibu kota Naraniscala) dan Negeri Ciracindaga.

Merphilia Dunsa, gadis muda yang cantik sekali, hidup terisolir di daerah Tirai Banir bersama bibinya Bruzila Bertin. Mereka tinggal di sebuah pondok kecil, dikelilingi hutan dan seumur hidup Phi -begitu panggilannya- tidak pernah menjumpai ada tamu datang yang berkunjung. Bibinya sangat tegas dan disiplin kepada Merphilia, membuatkan jadwal harian dan melatih Merphilia menjadi gadis yang tangguh, belajar pedang, memanah, dan masih banyak lagi. Merphilia mengenal dunia luar dari buku-buku yang dibacanya seperti Legenda Masyarakat Pulau Antares, Silsilah Keluarga Istana Naraniscala, dsb. Pada hari ulang tahun Merphilia ke tujuh belas, bibi Bruzila mengahdiahi Merphilia seekor kuda yang diberi nama Trisna dan ada satu hal yang dimintanya lagi ke orang yang paling disayangnya itu, dia ingin mengunjungi Fastehagan, ingin sekali saja keluar dari Tirai Banir. Bibinya pun mengabulkan karena dia juga ada kepentingan ke Fastehagan untuk mengambil sebuah pedang yang sudah dipesannya di Natha, seorang pandai besi dan ahli senjata. Sambil menunggu bibinya menyelesaikan urusannya, Merphilia melihat sekitar hampir ditabrak seekor kuda putih dengan penungang yang sangat tampan, tapi sayang sebelum berkenalan dengannya dia sudah diseret bibinya untuk pulang.

Beberapa hari berikutnya pondok kecil Merphilia kedatanggan tamu, baru kali ini, dan sangat memuat penasaran Merphilia. Pondok mereka kedatangan tamu, seorang Zauberei -seorang penyihir laki-laki yang netral- bernama Ipyan yang menyapa Merphilia dengan sebutan Puteri Cleorinda. Penyihir itu membawa kabar tentang desas-desus Reinkarnasi Ratu Merah yang belum terungkap siapa yang sengaja membangkitkannya. Tapi Manggala Zauberei sudah tahu petunjuk untuk memusnahkannya kembali, yaitu melalui Merphilia Dunsa.

Merphilia sangat bingung, sebelumnya bibinya tidak mau menjelaskan siapa sebenarnya Ratu Merah atau Ratu Veruna dan kenapa orang-orang memanggilnya dengan Puteri Cleorinda. Untuk menemukan semua jawaban tersebut, Merphilia mematuhi perintah Zauberai dan bibinya untuk segera berkemas ke Pegunungan Isaura (tempat tinggal para Zauberei, sekarang) dengan menggunakan Pusaranadim. Di sana Phi bertemu dengan Manggala Hekatoth dan di sana juga Merphilia mengetahui kebenaran hidupnya.

Dahulu ada seorang perempuan yang sangat pintar sekaligus licik yang membangun sebuah keratuan di Pulau Rigelion, Kepulauan Borelis. Dia menamai dirinya Ratu Veruna. Karena keratuannya dibangun di atas api yang semerah kemarahannya maka penduduk Prutopian menyebutnya Ratu Merah. Ratu Veruna ingin balas dendam kepada Negara Naraniscala terlebih terhadap sang Raja Claresta Ardelazam, kekasihnya. Nama asli Veruna adalah Mergogo Dunsa, seorang gadis yang amat cantik, karena kecantikannya juga dia berhasil menarik hati Pangeran Claresta. Tapi keluarga kerajaan tidak mau merestui karena Mergogo berasal bukan dari kerajaan, tidak sederajat sehingga dia dinikahkan dengan Danella Narwastu, putri dari Raja Sumaziel Narwastu - Penguasa Circandaga. Tapi setelah menikah dan menjadi Raja tidak menyurutkan perasaan cinta Claresta terhadap Mergogo, dia tetap menemuinya secara sembunyi-sembunyi, hingga sampai Bruzila -sahabat sekaligus kaki tangan Veruna- mengatakan kalau Raja Claresta telah mempunyai ahli waris bahkan berita terakhir yang didapat adalah Ratu Danella sedang hamil anak ke dua. Hal ini sangat membuat Mergogo kecewa dan marah, dia pun belajar sihir atas usulan Bruzila untuk menghilangkan patah hati yang tidak tahunya dengan ilmu yang dipelajarinya itu menjadikan dia gelap mata, menjadi jahat. Atas dasar balas dendam dia menyerang Naraniscala, membuat negeri itu kacau balau, banyak moster dilepas dan dia berhasil membunuh Raja Claresta Ardelazam. Sayangnya Veruna tidak berhasil merebut Naraniscala karena dia lebih dulu dibunuh oleh Jendral Alanisador, adik Raja Claresta, yang sekarang menjadi Ratu di Naraniscala.

Dan sekarang ada orang yang menghidupkan Ratu Veruna dari Mantra Bayatarwa yang dirapalkan oleh Kahrama, dalam raga yang baru, dalam jiwa yang tebagi menjadi dua; Jiwa jahat yang masuk ke dalam achar-nya Danda Merah, sebuah tongkat sihir, sementara Jiwa baik-nya yang terperangkap dalam Lukisan Putih. Ratu Merah siap memporak-porandakan Prutopian dengan lebih kejam dari sebelumnya dan hanya ada satu orang yang dapat membunuhnya, orang yang menjadi bagian hidupnya, keturunannya, dialah Puteri Cleorinda yang sekarang bernama Merphilia Dunsa, anak dari Ratu Veruna dan Raja Claresta.
Merphilia Dunsa tidak mempunyai ingatan apa pun tentang masa lalunya karena bibinya telah menyihir dan menghapus ingatan tersebut, dia pun bersedia mempunuh Veruna, dia tidak sendirian karena ada Pangeran Skandar yang selalu ada disampingnya dan Jendral Alderada bersama pasukannya, Sena Naraniscala. Oh, konfliknya tidak hanya memburu Ratu Veruna karena Merphilia juga jatuh cinta kepada Pangeran Skandar, kakak tirinya.

Waktu mendengar siaran radio yang mengulas tentang Dunsa ini ada beberapa orang yang mengatakan kalau buku ini percampuran antara The Lord of The Ring, Harry Potter atau pun Narnia tapi penulis menyangkal kalau Dunsa berbeda dan kalau mau tahu isi kepala dari Vinca Callista ya Dunsa ini, dunia Prutopian ini. Sebenarnya saya pun waktu awal baca sedikit merasakan bau Harry Potter, walau tidak banyak ada beberapa lah, seperti jubah yang tidak terlihat, achar Ratu Merah atau ketika ada warga yang tidak berani menyebutkan nama Ratu Merah, mengganggap tabu untuk dibicarakan dan mantra sihir yang mematikan. Yah, siapa sih yang nggak terkena sihir Harry Potter, mungkin penulis juga termasuk penggemarnya sehingga terispirasi, dari yang saya dengar juga dari siaran tersebut penulis juga berkata kalau dia sangat menyukai genre fantasy sehingga penulis ingin menciptakan dunia sendiri, jadilah dunia Prutopian. Penulis membuat petanya, membuat silsilah anggota kerajaan, membuat makhluk-makhluk yang sangat imajinatif, mencapur adukan bahasa mulai dari sansekerta, Yunani dan sebagainya untuk menciptakan nama-nama yang unik dan sulit dilafalkan, semua keluar dari imajinasi penulis yang liar, dan yang penting, penulis membuat karakter tokoh utamanya nggak menye-menye, membuat tokoh seorang cewek yang kuat, pandai memainkan pedang, pandai memanah, yang menjadikan magnet buku ini. Boleh loh diacungin jempol, karya anak bangsa lagi.

Tidak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan buku yang bentuknya 'besar' dan lumayan tebal ini, awalnya memang agak bosan tapi ketika memasuki bagian Merphilia bersama Skandar, naik kapal laut utama Sena Naraniscala Ganima (yang artinya berjaya), melawan Canisadin bersama Duxelain, berenang dan menyelam di laut Delmonaria yang eksotis tapi juga tetap bisa berbapas, tersesat di Gua Gersang, bertemu dengan Danyang (hantu Mucousah), bertemu dengan Wyattenakai di mana tubuhnya terbuat dari air sehingga bisa menembus benda padat apa pun. Mencari Lukisan Putih yang menyebabkan mereka terdampar di Pulau Anteras sehingga menyebabkan mereka harus melawan makhluk kuno yang dikira sudah punah; Oro-Roku dan Delanosric dan bertemu Kilikayak yang ternyata berternak Krakaves. Binggung dengan nama-nama makhluk tersebut? Tenang, di akhir cerita ada Glosarium lengkap tentang makhluk-makhluk Prutopian. Untuk cover, saya menebak mereka adalah Feliselo (hewan menyerupai singa, kakinya enam dan bengkok membentuk sudut tiga puluh derajat, memiliki cula di hidungnya dan di sisi tubuhnya terdapat sepasang sayab yang sewarna dengan tubuhnya) yang meenggerakkan Wimana (kereta yang berbentuk persegi panjang yang tebuat dari batu-batu mulia yang digerakan oleh delapan Feliselo) untuk membawa Sena Naraniscala, Merphilia, Pangeran Skandar dan Jendral Adelarda ke Pulau Rigelion, sayangnya ditengah perjalanan mereka diserang oleh Krakavez (monster yang menyerupai burung raksasa, ukurannya dua kali dari rajawali, memiliki dua sayap yang menyerupai telinga gajah dan sebuah ekor panjang yang menyerupai ekor komodo). Saya sangat terhibur dengan petualangan mereka, dengan makhluk-makhluk Prutopian, bersemangat sekali ketika membacanya. Peta Prutopian pun memudahkan saya untuk mengira-ngira setting yang sedang berlangsung, jadi tidak sulit untuk berimajinasi. Di buku ini juga minim typo, enak deh bacanya.

Sayangnya ada beberapa yang menganggu selain dengan kemiripan buku fantasy lainnya. Oke, silsilah yang dituliskan penulis sangat membantu, sayangnya nama mereka cukup sulit diucapkan dan saya tidak mampu menghafal semuanya, sehingga beberapa kali saya harus membuka halaman awal untuk mengetahui siapa sih yang dibicarakan ini. Bagian ketika Merphilia mengetahui kalau dia anak Ratu Veruna tidak menjadi kejutan dan bagian ketika Pangeran Skandar tahu tentang identitas Merphilia juga tidak mengejutkan, coba kalau Pangeran Skandar tidak diberi tahu dulu melainkan dia melihat sendiri kalau Putri Cleorinda itu adalah Merphilia Dunsa menurut saya akan sedikit berbeda, ada sedikit kejutan untuk Pangeran Skandar yang dia lihat. Selain itu, karena saya Romance Freak saya mengharapkan ada adegan romantis seperti Pangeran Skandar mencium Merphilia atau apa lah tapi itu tidak ada satu pun, saya hanya merasakan getar-getar cinta diantara mereka, yub editornya sendiri bilang kalau memang ada adegan yang disensor (minta sendiri ke penulisnya aja kali ya :p). Mungkin bertujuan agar buku ini bisa dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil, yang berusia dua belas tahun ke atas. Makanya buku ini dibuat dengan ukuran yang tidak biasa, agak panjang sehingga tidak terlalu tebal, jadi buat orang yang nggak suka membaca buku tebal tertarik juga untuk melirik buku ini. Saya pun suka banget dengan ukuran buku ini :D

Tokoh favorit saya tentu saja Pangeran Skandar, dia sangat baik hati dan juga tangguh, tidak membeda-bedakan orang dari statusnya, dia juga kutu buku dan rajin berlatih, menjadi pangeran tidak membuatnya leha-leha. Makhluk favorit saya adalah Wyattenakai, makhluk menajubkan dari Delmorania, Para Penembus Benda legendaris. Memiliki sayap air yang berguna membantu menembus benda padat apa pun, bahkan bisa masuk dan melihat apa pun yang ada di dalam sebuah benda, keren kan? Dan saya ingin terbang ke Negeri Fatacetta, kayaknya cocok nih untuk Peri Hutan :D

Saran saya untuk buku ini adalah ada gambar atau ilustrasi tentang dunia Prutopian, mungkin bisa dari gambar istananya, tokoh atau adegan heroik, makhluk-makhuknya yang lebih banyak sehingga akan membuat buku ini semakin menarik. Dan saran yang sangat penting adalah membuat lanjutannya! Hehe, yah sayang aja penulis sudah menciptakan dunia begitu indah dan menakjubkan kalau hanya terhenti di satu buku, masih banyak yang belum terungkap dari Negeri-Negeri di Prutopian, saya ingin mengetahui makhluk-makhluk lain, yang khas di tiap Negeri Prutopian.
Quote favorit saya adalah
Aku percaya kita perlu berpikir positif terhadap apa pun. Jangan sampai menghakimi seseorang hanya karena masa lalunya.
Buat yang suka membaca buku fantasy, buku ini boleh loh masuk ke keranjang belanjaan, apalagi fantasy dalam negeri.
3.5 sayap untuk Oro-Roku, ular berkepala enam yang menjijikan XDD


Dunsa
penulis: Vinca Callista
editor: Jia Effendie
cover: Dmaz Brojonegoro
penerbit: Atria
ISBN: 978-979-024-492-4
cetakan I, November 2011
441 halaman

Sabtu, 21 Januari 2012

Ten Things I Love About You



Sinopsis

Berikut ini sepuluh hal yang perlu kau ketahui tentang kisah ini: Satu, si tampan Sebastian Grey memiliki rahasia yang tidak diketahui oleh siapa pun, termasuk Dua, Annabel Winslow, wanita cantik agak urakan, yang kebetulan dijodohkan kakek-neneknya dengan paman Sebastian, Earl of Newbury yang, Tiga, berambisi memiliki keturunan untuk mencegah hartanya jatuh ke tangan pewarisnya, yaitu Sebastian sendiri!

Namun takdir berkata lain, karena Empat, terjadilah pertemuan romantis nan konyol di padang belukar antara Sebastian dan Annabel yang mengubah segalanya. Mulai dari Lima, malam indah yang mereka lewatkan di gedung opera, hinga Enam, jalan-jalan singkat di taman yang menjadikan Annabel primadona pesta dansa. Sayang, Tujuh, sang earl masih berambisi memiliki Annabel, dan Delapan, ada keluarga di desa yang menantikan pernikahan Annabel dengan pria raya kaya. Ketika kejadian tak terduga nomor Sembilan membuat gempar semua orang, sungguh, hanya itu yang dibutuhkan Annabel dan Sebastian untuk meraih Sepuluh, kebahagiaan sejati.

Review

Sebenarnya sinopsis yang saya ambil dari belakang sampul sudah menggambarkan keseluruhan isi cerita, tapi kurang afdol jika saya tidak memberi komentar tentang buku ini. Saya akan menyebutkan sepuluh hal tentang buku ini: Satu saya sangat suka waktu pertama kali Annabel tidak sengaja kesandung tubuh Sebastian sehingga Dua, menyebabkan ada perasaan lain di hati sang playboy yang kemudian Tiga, menyanggupi permintaa Annabel untuk menciumnya tanpa mengetahui identitas masing-masing. Ketika Annabel mengetahui kalau Sebastian adalah calon keponakannya terpaksa dia Empat, menyembunyikan identitas aslinya.

Covernya bagus, menandakan akan identitas Sebastian yang sebenarnya, sehingga Lima, membuat bangga Annabel walaupun Sebastian tidak mempunyai gelar. Selain itu, Enam, tingkah sepupunya Harry dan Olivia membuat cerita di buku ini menambah rasa humor, terlebih Tujuh waktu Olivia berpura-pura sebagai pendamping Annabel sewaktu Sebastian mengajaknya jalan-jalan, sok acuh tak acuh padahal matanya mengawasi. Tapi, Delapan, saya merasa buku ini biasa saja, entah kenapa hanya seri pertama yang saya suka, selain itu, Sembilan, adegan mereka tidak terlalu hot, aman untuk yang tidak suka adegan vulgar sehingga saya memberi dua sayap untuk kategori itu, dan Sepuluh, tiga sayap untuk kisah ini.



Ten Things I Love About You
penulis: Julia Quinn
alih bahasa: Elliyanti Jacob Saleh
penerbit: Gramedia
ISBN: 978-979-22-7701-2
catakan I, November 2011
440 halaman

Jumat, 20 Januari 2012

The Windflower



Sinopsis

Merry Wilding mendambakan petualangan...namun yang dia dapat malah penculikan dan dikirim ke kapal yang paling ditakuti di lautan.

Merry tak punya pilihan lain kecuali tunduk pada perintah pemilik kapal, sang bajak laut misterius berambut keemasan. Dan meskipun kata-kata setajam duri sering meluncur keluar dari sana, bibir itu juga mengenalkan gadis itu pada ciuman memabukkan yang tak akan pernah dia lupakan. Laki-laki itu tampak begitu berbahaya, sekaligus membuatnya hampir tak bisa bernapas karena dikuasai gairah.

Devon Crandall hanya bermaksud untuk merayu tawanannya itu sedikit dan mengorek informasi darinya. Tapi dia tak pernah menduga sepasang mata biru milik perempuan itu bisa membuatnya kehilangan kendali atas dirinya. Kepolosan Merry malah membuat Devon semakin menginginkannya.

Sang bajak laut dan tawanannya saling membujuk, saling mengoda...siapa akhirnya yang jadi pemenangnya?

Pemenang RAA Award untuk kategori 'Best Classic Historical Romance' (1994).


Review

Cerita bermula ketika Carl -seorang tentara- yang meminta adiknya, Merry untuk melukis seseorang penghianat yang menerima rahasia berupa tanggal keberangkatan kapal Amerika yang berusaha menembus blokade Inggris untuk berdagang di pelabuhan netral di Eropa. Carl memiliki teman di angkatan laut yang berpikir mungkin akan berguna jika mereka memberikan informasi yang salah dengan mengetahui kepada siapa informan itu dijual. Bersama dua sepupunya, Sally dan Jason, mereka menyamar ke kedai minum yang penuh dengan pria kasar. Merry berperan sebagai wanita hamil. Sialnya, kedatangan mereka hari itu juga bertepatan dengan datangnya perombak dari Black Jack. Ada satu perompak yang menarik hatinya, dia memiliki wajah tampan yang unik, terlihat arogan, wajahnya menyiratkan humor dan mulut yang eksotis. Merry merasa ada bara api panas yang membuatnya merasa bingung, mendamba dan takut, dan mata Lucifer itu juga memandang balik matanya #eaaaaa.

Sally dan Merry berusaha keluar dari kedai itu dengan dalih kondisi kehamilan Merry, permintaan mereka dikabulkan setelah memohon ke salah satu perompak. Sialnya lagi, sewaktu keluar, semua peniti dan bantal yang dijadikan kamuflase kehamilan Merry copot, mereka panik dan Sally memerintahkan Merry jangan kemana-mana dan bersembunyi di bawah tangga, dia akan mengambil peniti untuk memperbaiki kehamilan Merry. Karena sangat panik Merry menjadi bingung dan dia tidak punya kesempatan lari karena tangannya dicengkeram oleh perompak yang memperbolehkannya keluar tadi, Cat. Dia tidak sendirian, karena ada Devon yang sangat tertarik dengan Merry.

Beberapa bulan kemudian mereka bertemu lagi, Devon mendapati Merry di kabinnya, di kapal Black Jack.

Sebenaernya alurnya nggak terlalu lambat hanya saja saya merasa penulis terlalu berbelit-belit dengan banyaknya konflik dan tokoh sehingga membuat buku ini lumayan tebal dengan tulisan yang kecil-kecil. Mulai dari konflik antara Devon dan Merry sendiri, Cat, Rand Morgan, Raven sampai ke pelayan bibinya Henry Cork. Memang sih semua ada benang merahnya dan kita bisa mengenal lebih dekat dengan sosok Cat dan Raven yang sangat meyayangi Merry dan banyak membantu sewaktu menjadi tawanan Devon, hanya saja itu kepanjangen, hehehe. Mungkin lebih bagusnya dibuat seri sendiri kali ya untuk mereka #maunya. Suka banget sama tokoh Devon, dia orangnya nyantai banget dan humoris, suka menggoda Merry. Kalau Merry sih tipe-tipe malu tapi mau dan dia polos banget makanya Devon sering menggodanya. Untuk adegan hotnya nggak over deh, kasih 3 sayap deh paling ciuman dan grepe-grepe, nggak sampe detil kok :p.
Typo masih ada, terjemahannya bagus karena tidak ada yang membuat saya bingung, covernya juga manis, kayak lukisan yang mungin menggambarkan bunga windflower kali ya? :D

3.5 sayap untuk si perompak bibir seksi :p



The Windflower
penulis: Sharon and Tom Curtis
penerjemah: Endang Sulistyowati
cover: Dwi Anissa Anindhika
penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-514-X
cetakan pertama, 2011
625 halaman

Kamis, 19 Januari 2012

Memilikimu


Awal baca buku ini menginggatkan saya akan bukunya Andrei Aksana yang Karena Aku Mencintaimu di mana sama-sama meminjam rahim orang lain agar mendapatkan anak. Bedanya, kalau di buku itu sang istri yang menyuruh di buku ini kehendak sang suami sendiri yang sangat ingin memiliki anak.

"Aku tidak seberapa hafal janji sumpah pernikahan itu, dulu aku membacanya dengan gemetar dan jantung berdebar keras," katanya pelan, "tapi, pembacaanku atas janji itu, bukan demi pemenuhan syarat belaka, melainkan karena niat hatiku kepadamu.
Kalau ada bagian dari sumpahku yang mengatakan bahwa aku akan mendampingimu dalam segala duka dan bahagia, bahwa aku menjadi bagian dari segenap sakit dan sehatmu. Maka, kuucapkan sepenuh ketulusan yang kupunya."
"Maka, janganlah menaggungnya sendirian. Apa lagi berpikir bahwa akan kuubah sumpahku. Aku tetap bersamamu, apa pun dirimu, dengan atau tanpa seorang anak."
Anom Ilalang, dia sangat mencintai istrinya, Samara, walaupun vonis dokter mengatakan kalau dia mandul. Dari luar Samara terlihat kuat, tidak pernah menangis tapi Anom tahu betapa sakitnya dia. Samara tidak mempunyai keinginan untuk adopsi karena dia tidak bisa mengurus orang asing. Anom hanya bisa mendukung keputusan istrinya dan selalu menjaga kesetiaannya, hanya saja sewaktu temannya meminta dia untuk menjaga anaknya Lotus, rasa yang amat besar memiliki seorang anak muncul kembali.

Dia pun akhirnya membuat keputusan, menyewa rahim perempuan, melakukan kontrak rahim tapi bukan dari seorang perempuan baik-baik karena akan merusak masa depannya. Temannya mengusulkan seorang perempuan yang sebenarnya tidak cocok dengan pekerjaan ini, dia seorang PSK freelance, dia harus membiayai ibunya yang sakit-sakitan dan demi mengambil kembali Ladang warisan yang ada di desa, Lembayung namanya.

Anom pun setuju setelah beberapa kali mengamati Lembayung di tempat kerjanya, dan karena cita-cita ibunya yang ingin kembali ke desa demi Ladang waridan serta dia tidak ingin melakukan pekerjaan hina itu lagi dia pun menyetujui. Malam itu, Lembayung merasa ada yang berbeda dengan laki-laki yang menyewanya, dia grogi dan tidak punya inisiatif, lain daripada yang lain, dan laki-laki itu menjelaskan kalau apa yang mereka lakukan tidak ada artinya, dia hanya ingin seorang anak, anak kandung, ingin membuat istrinya bahagia. Lembayung tahu kalau Anom sangat mencintai istrinya.

Lembayung positif hamil dan Anom sangat bahagia, dia berpesan agar Lembayung menjaga kesehatannya, dia juga membiayai semua kebutuhannya, kontrak mereka juga sudah jadi, Lembayung mendapatkan Ladang di desanya. Pertama kali Anom merasakan gerakan anaknya rasa bahagia membuncah di hatinya, apalagi anak itu berjenis kelamin perempuan, anak impian Samara, dia sangat bahagia. Rencana dibuat, setelah melahirkan dan ASI pertama sudah diberikan, Lembayung akan menaruh anak mereka di depan rumah Anom dan Samara, alih-alih menemukan anak tak dikenal tapi sebenarnya darah daging Anom, penerus keturunan. Sayangnya Anom tidak tega berbohong kepada Samara, dia tidak bisa menghianatinya. Anom pun menjelaskannya dan meminta agar Samara memaafkan dan mau menerima anak itu. Samara marah besar, kecewa karena dikhianati oleh orang yang dicintainya, dia pun pergi meninggalkan rumah untuk menenangkan diri. Pada hari kepergiannya, Anom mengalami kecelakaan.

Kalimatnya indah-indah, puitis, penjabaran suasana hati ataupun tempat pun juga detail. Tapi mbak Sanie kenapa kejam sekali? Saya mbrebes mili membaca buku ini.

Betapa Anom sangat mencintai Samara sangat kerasa sekali, dia benar-benar ingin membahagiakan keluarga mereka, ingin membuat istrinya tersenyum kembali. Hanya saja penghianatan selalu susah untuk dimaafkan. Lembayung, dia sangat pengertian, dan memegang teguh janji yang pernah dibuatnya untuk Anom, dia juga memahami betapa Anom sangat mencintai istrinya. Sedangkan Samara dia wanita yang keras dan tidak pedulian. Awalnya saya menyukai karakter Samara tetapi setelah kecelakaan itu saya hilang respek. Justru Lembayung yang lebih bisa menerima dan lebih dewasa. Seberapa besar kesalahan Anom perbuat, dia tetap menjadi tokoh favorite saya di buku ini.

Bagian yang paling mengharukan adalah ketika Lembayung menyerahkan anak Anom ke Samara, sedangkan Samara menolak mentah-mentah dan menyuruh membuangnya ke panti asuhan. Saya hanya bisa membayangkan bagaimana perasaan Anom ketika mendengarnya.

Untuk cover saya setuju ucapan mbak Sanie waktu diwawancarai di radio Proresensi, dia sebenarnya ingin kupu-kupu menjadi gambar covernya bukannya burung. Soalnya sewaktu membaca buku ini kupu-kupu memang mempunyai andil, beberapa kali disebut. Saya juga tertawa ketika mbak Sanie bilang kelemahannya tidak bisa membuat peran antagonis, sekali buat terkesannya malah kasihan, mungkin yang dimaksud Samara kali ya? :D. Masih ada beberapa typo, selebihnya bagus. Memilikimu adalah buku kedua mbak Sanie yang saya baca setelah Kekasih Gelap. Oh ya cerita ini pernah dimuat di majalah Nyata sebagai cerita bersambung ralat: kata penulisnya yang termuat sebagai cerber di Nyata hanya bagian akhir saja, cerita tentang Samara, hehehe kemaren telat dengerin siarannya mbak Sanie soalnya :)).

Terus menulis ya mbak, ditunggu buku selanjutnya, kangen maen ke rumah batanya nih :)

3 sayap untuk kesetiaan Anom


Memilikimu
penulis: Sanie B Kuncoro
editor: Andree
cover: Dwi Anissa Anindhika
penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-527-1
cetakan pertama, 2011
281 halaman

Kisah-Kisah Tengah Malam


Kisah2_tengah_malam


Sinopsis:
Kisah-Kisah Tengah Malam berisi tiga belas cerita pendek karya klasik Edgar Allan Poe. Masing-masing cerita di sini akan membawa pembaca menuju pengalaman unik yang penuh ketegangan, teror, dan misteri. Beberapa cerpen Edgar Allan Poe yang terkenal seperti Black Cat, The Fall of the Usher, dan Tell-Tale Heart bisa Anda temukan dalam kumpulan cerpen ini.
Saat membaca Kisah-Kisah Tengah Malam, Anda akan diajak memasuki rumah tua misterius, pembalasan, hingga terombang ambing dalam badai di lautan. Dan pada akhirnya, cerpen-cerpen pilihan di sini akan membawa Anda terkagum-kagum pada master horor gotik, Edgar Allan Poe.

Review
Masing-masing cerita di sini adalah sebuah legenda - pengalaman unik bagi pembaca. Berbeda dengan penulis lain seangkatannya, kekuatan Poe terletak pada ironi dan dark humor. Dia saat Charles Dickens, Nathaniel Hawthore dan Mark Twain sibuk mempelopori cerita saga berpesan moral (era Romantisme), Poe menoreh warna baru dalam kancah kesusastraan dunia. Suspens. Misteri. Macabre - Maggie Tiojakin.
Membaca sinopsis dan Catatan Tengah Malam yang ditulis oleh penerjemah, saya sangat penasaran sekali dengan buku yang ditulis oleh master horor gotik, Edgar Allan Poe. Beberapa kali membaca cerita bergenre dark saya selalu suka, sehingga saya berharap banyak akan buku ini. Setelah selesai membaca, keinginan saya terkabul.
Berisi tiga belas cerpen, yaitu:
  1. Gema Jantung yang Tersiksa (1893): Bercerita tentang seseorang yang tidak suka dengan tatapan mata lelaki tua kemudian dia merencanakan pembunuhan. Dia memutilasi mayatnya, memotong kepala, lengan, kaki, dan tubuhnya. Kemudian Dia menyembunyikan mayat tersebut di bawah lantai. Ketika ada petugan kepolisian memeriksa, mereka tampak puas dengan alibinya, si pembunuh malah merasa terganggu karena ada suara-suara yang menghantuinya, dia menjadi gelisah.
  2. Catatan Dalam Botol (1833): Badai besar menerjang kapal, terombang-ambing di tengah lautan. Kemudian 'aku' melihat kapal perang yang terangkat tinggi di tengah badai besar yang mengamuk di perairan misterius, bangkit dari air.
  3. Hop-Frog (1849): adalah seorang pelawak kontet mempunyai seorang sahabat yang sama-sama memiliki tubuh kontet,Trippetta. Ketika Raja mendorong tubuh Trippeta dan menuangkan anggur kemukanya, Hop-Frog melancarkan balas dendam dengan memberikan usul sebuah permainan yang akan disukai oleh Raja, Delapan Orangutan.
  4. Potret Seorang Gadis (1842): lukisan seorang gadis dengan kecantikan yang unik, wajah yang selalu dihiasi senyuman, terlihat sangat nyata.
  5. Mengarungi Badai Maelstrom (1841): kita akan diajak ke pusaran air Moskoe-strom, menunggangi ombak, merasakan terombang ambing di pinggiran pusaran air seperti gelembung udara di atas ombak.
  6. Kotak Persegi Panjang (1844): perkenalkan Mr. Cornelius Wyatt, seorang seniman muda, membawa kotak persegi panjang dengan lubang di tengahnya ketika menumpangi kapal Kapten Hardy, kotak persegi panjang itu berisi mayat istrinya.
  7. Obrolan dengan Mummy (1845): bagaimana rasanya ketika kamu akan membedah Mummy yang berusia 700 tahun dan tiba-tiba Mummy itu bangun?
  8. Setan Merah (1842): Pangeran Prespo menantang si 'Setan Merah'
  9. Kucing Hitam (1843): seorang suami menanam ujung bilah kapak di kepala istrinya, kemudian menyimpan mayat tersebut di dinding ruangan penyimpanan anggur. Kucing hitam itu yang merasukinya!
  10. Jurang dan Pendulum (1842): seorang tahanan Toledo yang sedang menunggu hukumannya.
  11. Pertanda Buruk (1846): berjumpa dengan monster yang amat dekay dengan kita, dan amat mirip.
  12. William Wilson (1842): ada sesosok orang yang sangat mengangguku, dia suka sekali meniru apa yang aku lakukan, bahkan dia juga memiliki nama yang sama denganku, aku amat membencinya, dan akan membunuhnya.
  13. Misteri Rumah Keluarga Usher (1839): kita akan berwisata ke rumah yang dikelilingi asap mistis seperti kabut.
Seriously, saya membaca buku ini pada malam hari dan tidak merasakan takut sama sekali. Cerita favorit saya adalah Gema Jantung yang Tersiksa, Hop-Frog dan Kucing Hitam, cerita yang sadis-sadis, hehehe. Kadang saya terbawa sama perasaan si pembunuh, ikut merasa gelisah dan bertanya-tanya. Bukannya tidak menakutkan, hanya saja memang kebanyakan sadis. Mungkin yang sedikit horor adalah Potret Seorang Gadis dan Misteri Rumah Keluarga Usher. Bahkan saya menganggap Kotak Persegi panjang itu romantis, Obrolan dengan Mummy membuat saya tersenyum, Catatan Dalam Botol dan Mengarungi Badai Maelstrom berbau fantasy. Yup, komplit, semua genre masuk tapi tetap ada polesan gloomy-nya.

Covernya juara! Saya suka sekali, unik, serem dan lucu. Setuju juga seperti yang dikatakan sang penerjemah, detail, misterius, dan ironis, sangat mengambarkan cerita-cerita yang dibuat Edgar Allan Poe. Saya juga sangat suka setiap kali penulis mengakhiri cerita, mengandung kejutan dan tak terduga. Terjemahannya bagus, tidak ada yang membuat saya bingung dan saya merasa tidak ada typo. Hanya saja di buku ini tidak ada profil penulis, di mana Kisah-Kisah Tengan Malam ini adalah karya Edgar Allan Poe yang pertama saya baca, saya ingin tahu buku apa saja yang pernah dia buat dan sejarah singkat tentang dirinya. Tapi, tidak mengurangi alasan kenapa buku ini harus dibaca. Bacalah tengah malam, dan siapkan selimut ketika membacanya.
4 sayap untuk master horor gotik kita.

Kisah-Kisah Tengah Malam
penulis: Edgar Allan Poe
penerjemah: Maggie Tiojakin
editor: Hetih Rusli
penerbit: Gramedia
ISBN: 978-979-22-6537-8
cetakan I, Desember 2010
245 halaman

Rabu, 18 Januari 2012

Clara's Medal


Cm


Saya punya masa lalu yang buruk dengan Fisika, coba bayangkan, kelas satu SMA kalau ulangan nggak pernah yang namanya nggak remidi, sampai-sampai saya les Fisika di dua tempat, itu pun hasilnya hanya membuat nilai saya nyaris remidi, yang jelas Fisika bukan jam pelajaran favorite saya, jam pelajaran favorite saya adalah jam kosong dan jam istirahat *malah curhat*.


Kenapa saya ngomongin Fisika? Karena di buku ini bercerita tentang anak-anak yang digodok untuk mengikuti Olimpiade Fisika di Singapura. Mereka di tempatkan di FUSI (Fisika untuk Siswa Indonesia) sebuah lembaga pelatihan, kegiatan utama FUSI adalah membina tim Indonesia untuk berlaga di kompetisi-kompetisi fisika Internasional. Tim ini diambil dari siswa-siswa seluruh Indonesia yang sudah melewati proses panjang, mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional. 30 siswa terbaik masuk final, disaring lagi menjadi 16 peserta dengan nilai tertinggi. Tahap akhirnya adalah memilih 12 peserta dengan nilai terbaik setelah menjalani pelatihan selama lima bulan di FUSI. Tutor mereka adalah Prasetyo, atau biasa dipanggil Pak Tyo, salah satu pendiri FUSI. Dia ingin membuat ledakan fusi di angkatan ini.
Ledakan fusi adalah ledakan yang dihasilkan dari reaksi bergabungnya inti-inti ringan menjadi inti yang lebih berat. Pada proses ini, inti-inti penyusun inti baru akan melepaskan energi yang sangat besar dan menyebabkan inti barunya mengalami kehilangan massa. Seperti yang terjadi pada matahari, yang menghasilkan energi panas yang dasyat dan menjadi sumber kehidupan mahkluk hidup di muka bumi.
16 peserta yang berotak encer itu adalah: Clara, satu-satunya peserta perempuan yang lolos dalam seleksi FUSI, dia adalah anak dari Bram Wibisono, salah satu pendiri FUSI bersama dengan Prasetyo, seorang fisikawan Indonesia. Angga peserta dari Jakarta yang juga teman Clara, dia seorang yang ambisius, optimis, sombong tapi berprestasi, tujuannya mengikuti olimpiade adalah menjadi pemenang. Erik yang berasal dari Medan, dia orang yang pemalu dan pendiam, cenderung menyembunyikan diri dan irit sekali kalo ngomong. Made, dari namanya bisa ditebak kalau dia berasal dari Bali, anak muda yang kayak jerapah ini adalah fans berat MU, konyol, suka ngasih teka-teki ke teman-temannya, dan dia suka maen game padahal teman yang lain sibuk belajar. Dimas asal dari mBoyolali, bahasa tubuhnya kemayu, sering dibully sebagai banci sama Angga tapi dia tetap tersenyum dan memamerkan lesung pipitnya. Irvan berasal dari Pangkalan Bun, nggak tahu kan? Sama!! Pasti kalau baru awal kenalan pada tanya di mana tuh? Trus Irvan dengan sabar akan menjelaskan ke tiap orang yang bertanya. Reno dari Manado, orangnya polos. Ada si rajin Arief dari Pamekasan, rajin sholat dan dia sering menjuarai kompetisi Fisika di tingkat Kabupaten dan kota. Bambang, berasal dari Tulung Agung, bertubuh pendek dan gempal, dia juga lugu sekali. Khrisna, dari namanya saja sudah ketauan kalau dia cakep, asal dari Malang. Dia punya bakat menggombal terutama ke Clara, pervaya diri tinggi, cuek dan ceplas ceplos, dia juga suka mengadakan eksperimen yang nantinya akan diperlihatkan ke anak yatim. George, asal dari Papua, punya masa lalu yang buruk karena tidak suka sepak bola, tapi dia menunjukkan kehebatannya dengan prestasi yang gemilang. Sandy dari Bukit Tinggi, kalau suntuk dan capek belajar dia akan olahraga kecil sebentar, contohnya sit up. Meddy berasal dari Ambon, berwajah sendu dan suka merendah, kalau ngantuk tapi masih pengen belajar dia akan merendam kakinya di ember yang berisi air dingin, maka akan segar kembali. Alam dari Ujung Pandang, kaku dan canggung. Robby berasal dari Jawa Barat, suka narsis kalau dia mirip sama aktor jaman dulu, dia suka iseng dan sama seperti Made suka ngasih tebak-tebakan ke temennya. Dan yang terakhir adalah Bagas, dia paling tidak disukai teman-teman, posturnya kayak atlet basket, terkenal sangat sombong, cuek, angkuh, tidak peduli dengan sekitar, dia menjadi favoriteku :p. Mereka semua tinggal satu atap di asrama 'Kawah Candradimuka".
Gatotkaca, saat keluar dari Kawah Candradimuka, memiliki kekuatan luar biasa, bak berototkan kawat dan bertulang besi. Jadi, ini adalah tempat kalian digodok dan digembleng menjadi orang-orang yang benar-benar berkualitas juara."
Masalah datang ketika bagas meng-hack situs pemerintah, dia terpaksa di penjara dan FUSI terancam gagal mengirimkan wakilnya untuk Olimpiade, selain itu prestasi FUSI yang merosot dua tahun terakhir membuat banyak pendonor mengundurkan diri bahkan pemerintahpun abu abu dalam membantu. Jadi ikut sebel waktu bacanya, buat WC milyaran rupiah aja bisa sedangkan disuruh membantu kegiatan yang mengharumkan nama bangsa saja dipikir-pikir dulu, kadang saya merasa mereka itu tidak punya otak *emosi*. Yah itulah lemahnya negara kita, jadi ilmuwan di Indonesia juga siap-siap mlarat.

Saya enjoy sekali membaca buku ini, apalagi membaca bagian keseharian para peserta, walau pun mereka saingan tapi mereka bisa juga sangat dekat, saling bersahabat. Kocak banget waktu mereka saling memberi tebak-tebakan, saling menguatkan ketika dini hari masih belajar dan mengantuk, membuat eksperimen seru, saling menggoda teman di mana Clara yang menjadi sasarannya karena cewek sendiri, seru pokoknya, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya, karena kita akan selalu penasaran apa yang akan selanjutnya mereka lakukan. Ternyata orang jenius itu sama aja kayak orang biasa, mereka bisa bergurau dan bercanda, gombal tapi tetap sewaktu berhadapan dengan soal mereka akan sangat serius, mungkin itu bedanya :p. Bagian yang mebuat saya tertawa terpingkal-pingkal adalah waktu Khrisna memberikan surat kaleng yang berisi rayuan gombal kepada Clara, dan teman-teman yang lain merekamnya hanya ingin melihat ekspresi Clara sewaktu membacanya, hahaha Khrisna, sumpah ya, gombal banget =))
Proses pengaturan diri secara bersama-sama itu yang saya namakan Mestakung: se(mesta) mendu(kung).
Salut sama penulisnya, kalau dia nggak jago Fisika berarti dia melakukan riset. Membaca catatan penulis, memang buku ini terinspirasi dari Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) dan pembuatannya cukup panjang, saya merasa ayahnya Clara, Bram itu perwujutan dari Bapak Yohanes Surya, pendiri TOFI, dan dengan membaca buku ini kita tahu keseharian orang yang akan melakukan Olimpiade itu seperti apa. Di buku ini juga ada beberapa pengetahuan yang kita dapat tentang Fisika, contohnya ada hukum Newton, bagaimana caranya balon yang ditusuk tidak meledak, balon yang terisi air tidak akan terbakar, membuat gunung berapi, membuat sebatang lilin bisa terus menyala di bawah air, asik sekali membacanya. Saya sangat setuju dengan ajaran papanya Clara, kebanyak kalau kita belajar Fisika itu disuruh menghafal rumus padahal Fisika tidak sesulit itu kalau saja dipelajari dengan fun, melakukan eksperimen contohnya. Itulah yang tidak saya dapat di sekolah dulu, saya hanya menghafal rumus, ketika lupa, ya sudah tidak bersisa. Kita akan senang mempelajari sesuatu kalau sesuatu itu dipelajari dengan asik.

Ada beberapa peserta yang kehidupannya disorot lebih oleh penulis, Clara, Arief, George, dan Meddy. Sebenarnya tidak masalah, bagus malah, kita lebih memahami mereka dan tahu latar belakang mereka, bagaimana mereka akhirnya bisa ikut FUSI, hanya saja apa tidak menimbulkan kecemburuan sama tokoh yang lain? Kalau Clara tidak masalah soalnya dia pemeran utamanya dan latar belakang dia juga berkaitan dengan FUSI, hanya saja saya inginnya semua diulas, haha akan sangat membuat tebal buku ini. Setidaknya mereka mempunyai porsi yang sama. Sandy latar belakangnya juga mengharukan, dari keluarga miskin dan berjuang demi menda

pat beasiswa, Bagas yang yatim, ayahnya selalu berpergian, dan meeka selalu berpindah-pindah tempat tinggal sehingga membuat karakter Bagas lebih suka menyendiri dan terkesan tidak membutuhkan orang lain. Dimas dimana sejak dulu dia sering diolok-olok temannya karena kayak banci, Khrisna yang sering mengunjungi panti asuhan di dekat rumahnya dan menghibur mereka dengan eksperimen-eksperimen sederhana. Irvan dari kampung tak dikenal bisa sampai menembus FUSI, Angga yang moto hidupnya hanya untuk menang, yah saya ingin mengenal mereka semua lebih dekat. Selain itu, saya merasa endingnya terlalu menggantung. Untuk cover, kenapa nggak 16 orang ya? hahaha. Saya hanya bisa menebak-nebak, kalau yang cewek jelas Clara trus yang sinis itu Bagas, lainnya nggak tahu. Minim typo.
Buku ini cocok untuk dibaca siapa saja, orang yang tidak menyukai fisika sama seperti saya pun pasti sangat menikmatinya. Buku ini bercerita tentang mimpi, semangat, persahabatan, dan perjuangan.
Albert Einstein saja yang dulu dianggap anak terbodoh di sekolahnya tapi kemudian dia malah menjadi fisikawan ternama sepanjang zaman, tidak ada yang tidak mungkin, kita juga pasti bisa.
Yakinlah, seperti biji sawi yang ditanam di tanah. Dia tak pernah ragu, tak pernah bertanya apakah dia akan tumbuh atau tidak. Apakah dia berada di tanah yang benar? Tak pernah ada yang tahu. Dia hanya memegang teguh keyakinannya.

Tidak akan ada perjuangan yang sia-sia. Tidak akan ada.
4 sayap untuk mestakung


Clara's Medal
penulis: Feby Indirani
cover: Fahmi Ilmansyah
penerbit: Qanita
ISBN: 978-602-9225-04-4
cetakan I, September 2011
474 halaman

Kau



Buku terakhir dari 100% Roman Indonesia yang diadakan oleh Gagasmedia yang saya baca. Untuk juara pertama review bisa di lihat di Hujan dan Teduh dan juara ke tiga di Till We Meet Again.

Viola Sembiring, atau biasa dipanggil Piyo sangat menyukai awan, menganggap awan sebagai pertanda, firasat dalam hidupnya. Kalau langit berbentuk kepala monyet berarti ada kabar menggemberikan (monyet identik dengan keceriaan dan kenakalan) dan dia akan memakai topi rajut berwarna hijau. Kalau awan menyerupai kepala anjing berarti pertanda kurang baik, topi rajut berwarna kuning yang akan dipilih Piyo. Dan kalau langit berbentuk kepala naga berarti ada pertanda buruk, akan ada kejadian yang mengerikan maka Piyo akan memakai topi rajut berwarna merah. Dan awan favoritnya adalah awan berbentuk virga, selalu merasa ada keberuntungan di dekatnya.

Dia bekerja di sebuah stasiun televisi milik Om Viktor, adik mamanya yang sangat menyayangi Piyo. Walau pun demikian, Piyo tidak mau dianggap sebagai aji mumpung, dia merintis karirnya sebagai reporter dari nol. Tapi tetap saja ada yang menganggap kebalikannya, atasanya, Mona, selalu mengirim ke daerah-daerah terpencil dan kadang disuruh meliput berita yang tidak penting, tidak ada sinyal untuk menaikkan pangkat baik dia dan teman senasip sepenagungan, Biboy, kameramen yang selalu mendampinginya. Tugas berikutnya yang diberikan Mona adalah mengikuti training untuk menjadi reporter perang, meliput daerah yang rawan konflik seperti kerusuhan di Ambon. Setelah siap, Piyo dan Bilboy harus mencarter sebuah pesawat karena tidak ada yang mau terbang di daerah rawan konflik, hanya ada satu tapi orang yang mau menerbangakan mereka tapi dengan syarat bayaran yang amat mahal, Kapten Igo.

Berita di mana Piyo harus meliput di daerah perang sangat membuat mamanya khawatir, tapi dasar Piyo-nya keras kepala mamanya pun merelakannya tapi setelah selesai dia harus langsung pulang karena mamanya ingin mengenalkannya dengan anak temannya, seorang bule. Padahal bule is not Piyo tipe of guy, cowok idamannya adalah bergaya cuek, tinggi, cool, tapi sangat perhatian. Dan dia mendapatkan semua ciri-ciri tersebut di diri Igo. Tapi, kekhawatiran ibunya benar, di Ambon terjadi gempa bumi dan Piyo terkena runtuhan atap sehingga menyebabkan dia gegar otak ringan, dari itulah dia menjadi sangat dekat dengan Igo.

Ketika kontrak kerja dengan Eaglestrike -perusahaan penerbangan- habis, membuat Piyo dan Igo juga jauh, mereka menjadi hilang komunikasi, bahkan Piyo belum mendengar kalau Igo mengatakan perasaannya dan dia menjadi sangat sulit dihubungi, Igo menghilang. Seminggu kemudian ketika Piyo menonton televisi, dia melihat ada kecelakaan yang jatuh dan hilang di perairan Riau, dan pilotnya adalah Giorgio Viirganero, Igo!

Saya suka khayalan penulis tentang pertanda awan itu, idenya menarik. Alurnya lumayan cepet tapi sangat berbelit-belit untuk bertemu dengan Igo. Bukan itu saja, saya tidak bisa mendapatkan chemistry antara Piyo dan Igo karena sedikit sekali interaksi mereka. Hanya mendapat gambaran Igo dari cerita Piyo, saya merasa kurang mengenal Igo, sebenarnya dia keren loh, seorang pilot yang berpenampilan suka-suka dia, celana jeans dan kaos, gaya dia yang cuek, kalau saja banyak diceritakan pasti menjadi salah satu tokoh favorite saya. Apalagi ketika Igo menghilang dan endingnya sangat cepat sekali. Typo masih banyak, covernya bagus. Yup tidak banyak yang mesti saya tulis, membaca buku ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama. *melihat bentuk awan di langit*

2 sayap untuk awan dan Igo.



Kau
penulis: Sylvia L'Namira
editor: Kinanti Atmarandy
cover: Jeffri Fernando
penerbit: Gagasmedia
cetakan ketiga, 2011
ISBN: 979-780-499-2
203 halaman

Selasa, 17 Januari 2012

Delirium


Delirium




Gejala-Gejala Amor Deliria Nervorsa
STADIUM SATU
kegirangan; sulit berkonsentrasi
mulut kering
banyak berkeringat, telapak tangan berkeringat
pusing dan bingung
berkurangnya kesadaran mental; pikiran yang berpacu; hilangnya kemampuan menalar

STADIUM DUA
periode euforia; tertawa histeris dan energi yang meluap-luap
periode putus asa; lesu
perubahan nafsu makan; penurunan atau penambahan berat badan yang cepat
keterpakuan terhadap satu hal; kehilangan minat terhadap hal-hal lain
kerusakan kemampuan logika; penolakan realitas
kacaunya pola tidur; insomnia atau kelelahan terus-menerus
pikiran dan tindakan yang obsesif
ketakutan berlebihan, cemas

STADIUM TIGA (KRITIS)
sulit bernapas
nyeri di dada, tenggorokan, atau perut
sulit menelan; tidak mau makan
kehilangan akal sehat; tingkah laku yang tidak konsisten; pikiran dan fantasy yang bengis; halusinasi dan delusi

STADIUM EMPAT (FATAL)
kelumpuhan emosi atau fisik (sebagian atau total)
kematian

Jika Anda takut diri Anda atau orang
yang Anda kenal mungkin telah terjangkit deliria,
silakan menghubungi layanan telepon bebas pulsa
1-800-PENCEGAHAN untuk mendiskusikan obat-obatan
dan perawatan yang harus segera diberikan.

Apa jadinya dunia kalau cinta merupakan sebuah penyakit yang berbahaya?
Menikah adalah Keteraturan dan Keseimbangan, dan merupakan ciri masyarakat yang Sehat "Asas-Asas dalam Mayarakat," Kitab Psst.
Sastra dan puisi masuk dalam "Kompilasi Lengkap Kata-Kata dan Ide-Ide Berbahaya".
Keluarga hanya sebuah ikatan tanpa kasih sayang.
Tertawa bahagia dianggap melanggar hukum.
Binatang. Orang yang jatuh cinta dianggap binatang.
Amor deliria nervosa. Hal yang mematikan dari semua yang mematikan.
Hal yang mematikan dari yang mematikan: cinta akan tetap membunuhmu, tak peduli apakah kau memilikinya atau tidak.
Bersetting di Portland, Amerika Serikat di mana sudah enam puluh empat tahun cinta dianggap sebagai penyakit dan empat puluh tiga tahun para ilmuwan sudah menemukan penawarnya.
Magdalena Ella Haloway, namanya diambil dari Maria Magdalena, wanita yang hampir saja terbunuh oleh cinta. "Tubuhnya terinfeksi deliria cukup parah. Dia juga melanggar perjanjian-perjanjian dalam masyarakat, jatuh cinta dengan laki-laki yang takkan pernah bisa memilikinya dan takkan mampu menjaganya." (Kitab Ratapan, Maria 13:1). Dan dia adalah orang pertama yang disembuhkan dari deliria (penyakit cinta). Kurang dari sembilan puluh lima hari lagi Lena akan berusia delapan belas tahun, usia wajib melakukan prosedur penyembuhan, penawar akan bekerja dengan benar.

Anggota keluarganya telah melakukan prosedur penyembuhan termasuk ibunya yang mati bunuh diri ketika Lena berusia enam tahun, dia tidak sanggup menghadapi infeksi deliria, tiga kali melakukan prosedur penyembuhan tetap gagal. Tapi kakaknya Rachel berhasil melaluinya, walaupun awalnya dia divonis mengidap deliria tapi berhasil disembuhkan dan menikah dengan orang yang terpilih. Sangat miris ketika membaca pacar yang dicintainya itu menikah dengan sahabatnya sendiri, dan setelah disembuhkan itu mereka biasa saja, duduk bersama dan mengobrol, benar-benar tidak ada perasaan cinta yang tertinggal. Ayahnya meninggal saat Lena berusia delapan bulan. Sekarang dia tinggal bersama bibi dan pamannya yang sangat menantikan proses penyembuhan Lena serta keponakannya Jenny dan Gracie. Banyak yang takut menjalani prosedur, orang yang sudah di sembuhkan akan mempunyai tiga bekas luka kecil di leher, tapi tidak dengan Lena. Dia tidak takut sama sekali dan sudah tidak sabar, dia ingin terlahir kembali, dengan wujud yang lebih baru, lebih segar dan lebih baik.

Tapi harapannya hancur ketika dia bertemu dengan Alex, seorang pemuda dengan kulit berwarna karamel dan rambut coklat keemasan seperti dedaunan di musim gugur. Seseorang yang mengenalkannya pada keindahan, kebebasan, kebahagiaan, dan cinta.

Awalnya Lena mengira kalau Alex adalah orang yang sudah disembuhkan karena memiliki tiga bekas luka kecil di lehernya, sehingga merasa aman jika bersamanya, tapi ternyata Lena salah. Alex adalah seorang invalid, dia membuat luka itu sendiri dan yang lebih mengagetkan adalah dia berasal dari Alam Liar, dunia penuh penyakit dan tidak ada yang bisa pergi ke sana karena ada tembok yang memisahkan dan dipenuhi dengan aliran listrik. Rencana hidupnya pun kacau balau ketika Alex mengatakan kalau dia suka pada Lena. Lena menyangkal, itu semua salah, tidak lama lagi dia akan menjalani prosedur, yang sudah sangat dinantikannya dan dia pun juga sudah memiliki pasangan hidup. Setelah lulus kuliah dia akan menikah dengan orang yang terpilih tersebut. Tapi, sewaktu ada razia para Regulator dan kakinya digigit anjing, Alex datang menolong, membawanya ke tempat yang aman, mengobati lukanya, kedekatan mereka pada malam itu membuka mata Lena.

"Kenapa?" Dia nyaris berbisik. Tangannya menemukan wajahku, ujung jarinya membelai kening dan pipiku, "Apa yang kau takutkan?"
"Kau harus mengerti. Aku hanya ingin bahagia." Aku nyaris tak bisa mengeluarkan kata-kata. Pikiranku dipenuhi kabut. "Aku hanya ingin hidup normal, seperti orang lain."
"Apa kau yakin menjadi orang lain akan membuatmu bahagia?" bisiknya serasa mendekat.
....
"Aku tak tahu apa lagi yang bisa membuatku bahagia." Tak bisa kurasakan bibirku yang terbuka, dan tak bisa kurasakan kata-kata yang keluar dan mengambang di kegelapan.
"Biar kutunjukkan padamu,"
katanya.
Dia menciumku.

Setelahnya, Lena mendapati dirinya terkena deliria fase awal, bingung dan susah berkonsentrasi, rasa antusias untuk melihat Alex sehingga membuat nafsu makannya bertambah, dan muncul gejala yang tak pernah dijelaskan sebelumnya: menjadikan Lena pembohong. Ini akan membunuhku, ini akan membunuhku, ini akan membunuhku, dan aku takkan peduli.
Untuk pertama kalinya dalam hidupku, aku telah melakukan sesuatu dengan kemauan dan pilihanku sendiri, bukan karena seseorang mengatakan bahwa itu baik atau buruk.

Pertama tahu buku ini sudah sangat penasaran pengen baca, sejak membaca salah satu buku yang bergenre dystopia dan sangat menikmatinya, saya menjadi ketagihan, ingin mencari buku-buku lain bergenre sama, apalagi buku ini versi dystopia Romeo and Juliet, dystopia romance. Jadi buat pecinta romance pasti sangat menikmati buku ini. Dan lebih seneng lagi sewaktu tahu kalau Penerbit Mizan akan menerjemahkannya apalagi saya dikasih secara gratis :D.

Saya sangat menyukai ide penulis di mana menganggap cinta itu sebuah penyakit. Selain itu dia juga menciptakan Kitab Ratapan yang berisi semua penjelasan tentang bahaya deliria. Bukan itu saja, menciptakan aturan-aturan sendiri, membuat Undang-Undang, pedoman, membuat tatanan negara semau imaginasinya, yang bisa kita temui di tiap awal bab atau di ceritanya sendiri. Sungguh ide yang baru saya temui kali ini.

Untuk karakter tiap tokoh, saya jatuh cinta sama Alex, dia tipe orang yang bebas, berani, dan mampu membawa Lena keluar dari aturan-aturan, menerjang tembok yang selama ini memenjarakan Lena, membuat dia percaya diri, tidak pernah berhenti mendukung, membuatnya nyaman, selalu mendengarkan, mengenalkannya pada kebahagiaan, pada cinta. Penampilannya juga terkesan cuek, dia juga sangat misterius dan penuh rahasia. Lena sendiri cenderung tertutup, mungkin karena masa lalu ibunya yang membuat dia mendapatkan imange jelek di masyarakat kalau keluarga yang mengidap deliria itu biasanya menurun sehingga membuat dia tak banyak bergaul, tidak bisa lepas seperti sahabatnya, Hana yang lebih cuek dan ceria.

Awalnya agak bosan, alurnya cenderung lambat, cerita berkisar tentang keluarga Lena dan persiapan penyembuhannya. Kemunculan Alex samar. Tapi setelah bertemu dengan sang Romeo, niscaya akan mengalir lancar membacanya. Apalagi di bagian ketika Alex membawa Lena ke Alam Liar yang membuat saya ikut deg-degan seperti Lena, menyusuri penjara bawah tanah, Kriptus, untuk menyusuri masa lalu Lena dan Alex sendiri, serta endingnya yang membuat mata saya berkaca-kaca, huhuhu pengen cepet baca Pandemonium lanjutannya, tapi kayaknya masih lama lawong di amrik saja bukunya baru rencana terbit bulan Februari tahun ini :((. Selain itu banyak teka teki yang belum terpecahkan, masih banyak misterius, seperti Alam Liar, siapa saja para Simpatisan dan invalid, dan keberadaan ibunya Lena yang ternyata masih hidup. Adegan heroiknya tidak terlalu banyak, inti ceritanya saja tentang cinta tentu lebih main ke perasaan :D. Tapi percaya deh, kalau sudah baca bagian Lena dan Alex sangat menghibur dan mengharukan, bagaimana penjuangan Alex, pengorbanan Alex tidak bisa dilewatkan.

Bagian yang menjadi favorit saya selain Alex bilang "Biarkan kutunjukkan padamu" adalah ketika dia berhasil membawa Lena ke Alam Liar beberapa jam, menunjukkan 'rumahnya', berbaring berdampingan di kasur yang sempit, lengan Alex berada di bawah leher Lena, sambil menatap atap yang penuh dengan bintang, Alex membacakan puisi cinta, di mana sebelumnya Lena tidak tahu apa itu puisi. Romantis bangetttt, ikut senang membacanya.

Terjemahannya juga sangat suka, tidak ada kalimat yang membuat saya bingung, luwes dan tidak kaku, sangat pas dan minim typo. Untuk cover, sebenarnya saya lebih suka yang asli, entah ya, simpel saja.

Quote fave saya adalah:
Aku mencintaimu. Ingat itu. Mereka tak bisa mengambilnya."
Kebencian bukanlah hal yang paling berbahaya, kata Alex. Ketidakpedulian, ya.
Cinta: satu kata, suatu hal tipis, sebuah kata tak lebih panjang daripada sebuah garis. Itulah cinta: sebuah garis, sebilah pisau cukur. Dia menelusuri pusat kehidupanmu, memotong semuanya menjadi dua. Sebelum dan sesudah. Seluruh dunia terbelah dan jatuh ke dalam dua sisi.
Sebelum dan sesudah--dan di antara itu, momen yang tak lebih besar atau lebih panjang daripada sebuah garis.
Cinta, hal yang paling mematikan dari semua yang mematikan.
Cinta akan membunuhmu, baik ketika kau memilikinya atau tidak.
...
Cinta akan membunuh sekaligus menyelamatkanmu.
Sebenarnya ada satu quote lagi tapi ada di akhir cerita, takut spoiler jadi kalau pengen tahu baca sendiri saja :p

Buku ini pernah mendapatkan penghargaan Amazon Best Book of The Month in February 2011, The Nomination of 2011 Goodreads Awards dan rencana akan difilmnkan oleh Fox 2000.
Kalau kau suka kisah Romeo and Juliet, maka kau akan menyukai kisah Alex and Lena ini, dan hati-hati, Amor deliria nervosa akan menjangkitimu.

5 sayap untuk Kitab Psst.

Delirium
penulis: Lauren Oliver
penerjemah: Vici Alfanani Purnomo
penerbit: Mizan
ISBN: 978-979-433-646-5
cetakan I, Desember 2011
515 halaman

NB: Sebenarnya pengen menyertakan twit tentang Delirium versi saya yang membuahkan hasil buku ini, sayang setelah mengubek-ubek tidak ditemukan, di telan oleh deliria :(


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...