Jumat, 28 Desember 2012

Top 5 Best Book Covers 2012


Well, sebenernya susah banget nentuin lima cover buku paling mecing tahun ini, apalagi buku-buku terbitan gagas, cover buku yang pertama kali kita liat rasanya pengen beli, nggak mau tau ceritanya apa. Saya akui, i judge the book by it's cover, salah satu point kenapa saya beli buku selain cerita dan nama pengarang. Salah satu obsesi mengoleksi buku dengan cover-cover yang cantik, ketika kita suntuk dengan kerjaaan dan melihat koleksi buku di rak dengan cover yang indah rasanya capek seketika itu hilang, hahaha mulai lebay deh. Karena benar-benar susah nentuinnya, akan ada enam lima cover buku paling mecing versi Kubikel Romance. Nggak hanya gambarnya terlihat bagus, tapi saya memadupandankan dengan isi ceritanya, salah satu point yang paling penting dalam cover buku menurut saya adalah cover mencerminkan isi ceritanya, ada benang merah. Sekilas kita melihat cover, kita akan tahu sedikit gambaran di isi buku tersebut.

 










5. Goodbye Happiness by Arini Putri, Gagasmedia
Sebenernya saya agak trauma dengan buku dari penulis asal Solo ini, baca buku pertamanya tidak memuaskan saya, tapi karena saya jatuh cinta pada pandangan pertama pada cover ini mau nggak mau saya kepengin membacanya walau bermodal pinjam doang :D. Kalau ditilik cerita dan covernya, sangat cocok! Kamera adalah nyawa Skandar, salah satu tokoh sentral di buku ini, tokoh yang membuat saya mrebes mili akan album foto yang dibuatnya.

4. Dream Catcher by Alanda Kariza, Gagasmedia
Suka banget sama tulisan yang menumpuk di cover ini, 'gantungkanlah cita-citamu setinggi langit' sangat tercetak jelas di cover ini. Tulisannya pun nggak asal tulisan, merupakan point-point penting dari buku ini.

3. Menuju(h) by Penulis Gagasmedia
Siang dan malam, matahari dan bulan, mewakili empat belas cerpen yang bertemakan tentang hari dari senin sampai minggu, di tengah-tengah cover kita bisa membukanya, ciamik banget pokoknya!


2. Memoritmo by Penulis Bukune
Pengen baca cerita tentang para musisi dan para pecinta musik menuliskan salah satu lagu yang sangat berpengaruh dalam hidupnya? Buku ini tidak salah kalau menggambil 'kaset' sebagai covernya, di mana cerita sangat erat hubungannya dengan musik.

0.5 Nicholas Flamel series by Michael Scott, Matahati
Peringkat pertama saya bagi dua, karena bener-bener nggak bisa menentukan mana yang paling bagus, kedua buku covernya bener-bener amazing! Walau nggak bisa baca berbagai simbol di cover buku ini, elemen-elemen yang ada di cover sangat mencerminkan isinya. Berbagai mitologi ada di buku ini, dan gambar di tengah-tengah merupakan 'aura' yang dimiliki tokoh utama yang lebih dikupas lebih dalam dalam tiap serinya.


0.5 Joshua Files Series by M.G. Harris, Gramedia
Cover terjemahan Gramedia ini merupakan cover terkeren dari seri Joshua Files, bahkan cover aslinya pun kalah. Huruf J mewakili nama depan sang tokoh utama, dan gambar peradaban bangsa Maya di dalam huruf tersebut menceritakan inti dari cerita ini bermula. Emang agak rawan tersobek karena huruf J tengah-tengahnya bolong tapi si pembuat cover bener-bener layak diacungin jempol dinosaurus :D.


Yak, itulah ke enam lima cover paling yahud dari buku-buku yang saya baca tahun ini. Berharap lebih banyak cover buku buatan anak bangsa yang lebih bagus lagi, lebih kreatif, nggak kalah sama buatan luar. Apa cover buku paling favoritmu tahun ini?

22 komentar:

  1. Pengen baca Joshua's File tapi ga pernah nemu lengkap di toko buku deket rumah. Ini ga ada boxset-nya ya?

    BalasHapus
  2. kayaknya bakalan ada deh, udah sampe tamat kok serinya

    BalasHapus
  3. joshua files masih kurang banyak banget nih aku, taun depan lanjutin ah =) oiya, yg dreamcatcher itu jagoanku pas anugrah pembaca kemaren =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kece banget itu cover mbak :)

      Hapus
  4. Iya, aku juga pengen koleksi Joshua Files #mendadakcurhat

    Btw Lis, cover Gagas emang juara banget ya. Aku juga naksir sama cover Goodbye Happiness tapi masih ragu beli karena ceritanya menyangkut korea. Ternyata bagus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku suka, hehe, salah satu buku yang membuatku mrebes mili tahun ini :D

      Hapus
  5. Aku juga pengen baca Joshua Files #ikutancurhatjuga

    Itu cover yang pertama aku suka banget deh.. Kameranya kereeennn >v< #eh #salahfokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya, ak juga pengen kameranya :D

      Hapus
  6. Joshua Files covernya bagus! pengen koleksi tapi belom kesampean :p

    BalasHapus
  7. Naah...setuju banget sama Joshua Files! GPU bikin covernya keren deh, paling keren dibanding cover2 di negara lain, bahkan aslinya. Tapi bukunya jadi gak bisa dengan bebas ditaruh dalam tas (campur dengan benda2 lain) karena (seperti katamu) huruf J yg bolong itu rawan sobek kalo kita gak hati2 masukin barang di sebelahnya >> pengalaman pribadi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ak pas pinjem bukunya Oky hati-hati banget karena ada yang belum disampul, tapi kalo di sampul jadi g keliatan gambar peradaban mayanya #dilema

      Hapus
  8. Aku pernah lihat bukunya Oky yang Joshua Files itu. Sampai lama ngelihatinnya sampulnya doang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ak pinjem punya oky mb bacanya #gakmodal :))

      Hapus
  9. Belom baca Joshua Files satupun, tapi kepengen. Solusinya kalo cover bolong begitu, yah disampul bolak balik. *pengalaman sama buku Curious Incident of Dog in Night-time Inggris yg covernya juga bolong di tengah walo gak sebesar JF*

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, jadi di sampul dua gitu ya yg cover depannya?

      Hapus
  10. Resolusi 2013 >> punya Joshua Files series :p mau beli tapi ragu, jangan2 Gramedia bakal ngeluarin boxset nya -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan, biasanya Gramedia kan gitu :D

      Hapus
  11. Setuju dengan semua pilihan Sulis! :) yang serial Nic Flamel itu bagus, Joshhua belum pernah baca, pengen langsung beli 1 set deh *kayaadawaktubacaaja*

    BalasHapus
  12. Mihihi, memang sih covernya Flamel sama Joshua bagus bagus.. *sampe dibelah jadi dua itu peringkatnya :)

    BalasHapus
  13. Yang 2013 bentar lg ya mba ^^ ada ngga yg bt 2013 nanti mba ?

    BalasHapus
  14. Yap, aku juga suka sama covernya "Goodbye Happiness".

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...