Selasa, 04 Desember 2012

Goodbye Happiness


Sinopsis:
Kau dan aku tidak ditakdirkan untuk berada dalam satu kisah yang indah. Percaya atau tidak, begitulah kenyataannya. Jangan menyangkalnya karena akan sia-sia. Sama seperti berjalan di atas pecahan kaca, setiap langkah kita sesungguhnya hanya akan menuai luka.
Kau dan aku seperti tengah mencoba untuk membirukan senja yang selalu merah. Kita sama-sama berusaha, tetapi tidak bisa mengubah apa-apa. Senja tetap berwarna merah dan hatiku masih saja berkata tidak. Maka, berhenti dan renungkanlah ini semua sejenak. Tidak ada gunanya memaksa. Ini hanya akan membuatmu tersiksa dan aku menderita.
Lantas, kenapa kita tidak menyerah saja? Bukankah sejak awal semuanya sudah jelas? Akhir bahagia itu bukan milik kita.



“Fairytale is the land of dream. But if that dream traps your inside, time will slip away without you knowing.”
Cerita diawali adanya berita heboh aktris Krystal Keyrina yang membatalkan rencana pernikahannya dengan aktor kenamaan  Park Seungho. Kemudian dia menjelaskan kepada media, tentang kisahnya, tentang masa lalunya, tentang seseorang yang tak akan dilupakannya, kisah peri kecil yang terlalu setia dan tak berdaya. Tinkerbell.

Mereka pertama kali dekat ketika Kystal sedang menunggu seleksi anggota teater dan lelaki itu tiba-tiba memotretnya tanpa persetujuan terlebih dahulu. Skandar, seorang laki-laki yang selalu dodok di pojok ruangan dan sering menyelundupkan kamera ke kelas. Sebelumnya mereka tidak dekat, hanya betegur sapa sesekali, dan keesokan harinya, laki-laki itu meminta duduk di sebelahnya. Krystal membiarkan Skandar memasuki kehidupannya.
“Kamu tahu kalau ada saatnya anak enggak pengin tumbuh dewasa. Dia terlalu malas buat menghadapi dunia orang dewasa yang repot dan enggak pernah bisa dia mengerti. Gimana dia pengin terus di masanya yang sekarang saat dia bisa mengganggap dunia ini enteng dan dialah pemeran utamanya. Tapi, apa kamu tahu? Peter Pan… He’s a devil. Dia Cuma anak laki-laki kecil yang enggak tahu apa-apa. Enggak bertanggung jawab dan sok jagoan. Tapi, apa yang dia lakukan? Dia ngasih harapan yang terlalu besar ke Wendy. Dan kau tahu apa hal lebih buruk yang dia lakukan? Dia menahan Tinkerbell untuk terus bersamanya, menemaninya, melindunginya… tanpa memberikan apa pun untuk membalasnya.”
Sejak saat itu mereka menjadi sangat dekat, Skandar selalu mengantar Kystal pulang, memberinya semangat ketika akan melakukan pertunjukan, bahkan, hubungan Krystal dengan teman-teman ceweknya dulu kini merenggang karena banyaknya waktu yang dihabiskan bersama Skandar. Orang-orang bertanya apakah mereka berpacara? Namun, Krystal dan Skandar selalu menyangkalnya.
“Kamu kecil, lucu, imut, lebih mirip Tinkerbell.”
Skandar sering bermain ke rumah Krystal, Skandar tahu tentang Krystal, sebaliknya, Krystal tak tahu menahu tentang kehidupannya lebih dalam, yang dia tahu hanya ibunya menikah lagi dan sibuk dengan keluarga barunya, teman setianya hanyalah kamera yang selalu dibawanya. Lalu muncullah kabar mengenaskan itu, rumahnya kebakaran dan ibunya meninggal.  Karena hubungan Skandar dengan keluarga barunya tidak begitu baik, dia tinggal di rumah Krystal.

Cita-cita Skandar adalah menjadi fotografer terkenal dan Krystal sangat tertarik dengan dunia seni peran. Diam-diam dia mendaftarkan diri ke Chung-Ang University, Seoul, South Korea dan tanpa diduga Krystal diterima. Berita itu sangat membahagiakan Krystal karena lebih mendekatkan pada impiannya, sedangkan bagi Skandar, itu berita buruk, berarti mereka akan berjauhan. Berita itu juga membuat mereka bertengkar karena Krystal tidak pernah mengatakan pada Skandar, menbut mereka saling menghindari. Kemudian kejutan datang lagi, Skandar diterima di Departement of Film Studies, satu kampus dengan Krystal, mereka tetap akan bersama-sama.

Memulai kehidupan yang baru, mereka tinggal di apartemen terpisah namun bersebelahan, tetap dekat. Krystal sampai rela belajar masakan Korea agar pengeluaran mereka tidak banyak dank arena Skandar suka masakan Korea. Walau tidak mengambil jurusan fotografi dengan alasan kampusnya berbeda dengan kampus Krystal, Skandar tidak melupakan hobinya itu, dia masih sering memotret dan masih sering memotret Krystal diam-diam.

Impian Krystal semakin menjadi nyata ketika dia direkomendasikan kampus untuk mengikuti audisi tertutup dari NK Entertaiment yang akhirnya lolos dan berhasil terdaftar sebagai trainee. Melalui managemen itulah Krystal bertemu dengan Park Seugho, salah satu aktor NK Entertaiment  yang baru memulai debutnya lewat sebuah film, yang juga pernah ditonton oleh Krystal dan Skandar waktu merayakan keberhasilan Krystal lolos trainee. Park Seugho tertarik dengan Krystal, dia juga merekomendasikan dirinya ke seorang sutradara, yang membuat jadwal Krystal sangat padat, belum ditambah latihannya menjadi trainee yang ternyata tidak hanya berakting tapi juga dance dan menyanyi. Kesibukan Krystal membuat Skandar sebal, dia jadi jarang bertemu dirinya ditambah dia tidak suka melihat Krystal selalu pulang kelelahan. Skandar mengultimatum kalau hanya akting saja yang boleh dilakukan Krystal karena memang hanya itu yang disukainya. Berkat keputusannya, dia dikeluarkan oleh manageman namun berkat Park Seugho dia ditarik kembali. Skandar juga mendapatkan pekerjaan di majalah Famous sebagai fotografer, mereka akhirnya bisa meraih impian masing-masing.
“Tidak, dia tidak bisa memanggilku Tink. Panggilan itu terlalu istimewa. Dna hanya satu orang yang berhak memanggilku seperti itu.”
Sayangnya, kesuksesan menjauhkan mereka. Dalam hati Krystal cemburu akan kedekatan Skandar dengan Vanessa Ahn, salah satu model Famous. Beda dengan Skandar yang lebih terus terang kalau dia tidak suka kedekatan Krystal dengan Seungho. Semuanya mulai berubah.
“Lack of love will make you sad, too much love will lead you to pain.”
Piuh. Membaca buku ini menguras emosi sekali, habis sekali berbaring, tidak bisa berhenti membacanya. Jauh jauh jauh lebih suka dibanding buku perdanya, Rain Over Me. Masih bertemakan sama tentang K-Drama, mungkin terpengaruh karena penulis kayaknya freak tentang Korea. Setelah membaca kedua buku penulis, saya bisa mengambil kesimpulan, awalnya akan tergambarkan kedekatan dua tokoh utama kemudian hadirlah orang ketiga dan keempat, lalu datanglah konflik sebenarnya, dan endingnya…. No spoiler XD. Sebenernya idenya udah biasa, tapi saya sangat suka sekali dengan bagaimana cara penulis ‘mendekatkan’ kedua tokoh utamanya. Seperti halnya di Rain Over Me, saya juga sangat merasakan kedekatan, chemistry antara mereka sehingga berharap sampai akhir pun mereka bersama.

Saya gemes dengan Skandar dan Krystal yang enggan menggungkapkan perasaan mereka. Mungkin juga terinspirasi akan dongeng Peter Pan, penulis ingin menciptakan Peter Pan dan Tinkerbell versinya, yang selalu bersama-sama.

Yang kurang terasa adalah ketika Skandar mulai kehilangan memorinya, menurut saya penulis masih samar menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi, tentang penyakitnya, tentang prosesnya, kurang mendalam sehingga saya tidak bisa seterharu kedekatan mereka.

Tapi, ada bagian yang membuat saya mrebes mili, bagian ketika Krystal membuka album foto buatan Skandar yang berisi tentang foto dirinya dan juga mereka, beserta tulisan, komen tentang foto tersebut, mengharukan sekali.

Untuk covernya, jangan ditanya, salah satu cover paling favorit di tahun ini, gara-gara covernya saya ingin membaca buku ini padahal menilik mengalaman kecewa saya akan buku pertama Arini Putri. Skandar banget.
“Real life is cruel. Because, in this life, I might end up losing you, eventhough I try so hard not letting you slip off my hand.”

4 sayap untuk Your Thik. My Skan.


Penulis: Arini Putri
Editor: eNHa
Cover: Jeffri Fernando
Sinopsis: David Ng B’rain (Favorit Redaksi, Lomba EDITOR SEHARI Hari Ulang Tahun Gagasmedia 2012)
Penerbit: Gagasmedia
ISBN: 979-780-593-X
Cetakan pertama, 2012
312 halaman

7 komentar:

  1. wew, kayaknya lebih bagus dari rain over me.. *siap2 hunting :D

    BalasHapus
  2. @lieznies iya, ak jauh lebih suka buku ini :)

    @desty ini ak juga pinjem mb :((

    BalasHapus
  3. waini novel Korea yg kemarin gak sengaja saya baca (tapi gak selesai-selesai).
    setuju, cover bukunya unik :)

    BalasHapus
  4. Covernya baguuuuus bgt.
    *cuma komen soal covernya

    Thanks ya mba uda ikutan 2012 End of Year Book Contest di blogku ^^

    BalasHapus
  5. Aku baca ini karena menang quiz langsung dari penulisnya. So, masih cetakan yang pertama. Banyak banget typo betebaran~

    BalasHapus
  6. suka sama cover ini, bolak-balik ke tokbuk tetep aja belum beli karena ceritanya agak ke korea2an :( tapi setelah baca review ini setidaknya cukup puas mengetahui kedalamannya.
    TFR Kak

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...