Sabtu, 01 September 2012

Gone With The Wind Read ALong


Bersiap dengan challenge yang baru lagi, haha biar deh banyak ikut toh saya punya bukunya dan ini selain menjadi ajang penyemangat untuk menyelesaikan salah satu timbunan dan dambak baiknya akan ada giveaway, yay! Saya bukan penyuka genre klasik, baru beberapa yang saya baca dan itu pun berbau romance, tapi sebagian besar saya menyukainya. Nggak tau kenapa tidak ingin mencoba yang benar-benar pure klasik atau tidak ada unsur romancenya, mungkin terlalu percaya pendapat kebanyakan orang kalau karya sastra klasik itu 'berat', buku ini aja halamannya beribu-ribu :p.

Sudah lama saya tertarik dengan buku karya Margaret Mitchell's yang menyabet Pulitzer ini, alasannya karena buku ini sangat populer dan ada unsur romancenya, katanya salah satu buku yang mesti dibaca sebelum mati. Ketika melihat di toko buku, cukup shock dengan harganya, harga yang tidak sesuai dengan kantong kutu bokek seperti saya, cuman berharap suatu saat saya bisa menikmati karya yang melegenda itu. Tuhan pun mendengar hambanya yang mempunyai mimpi besar, suatu saat saya melihat-lihat rak buku di rumah ibu, dan girang banget menemukan buku Gone With The Wind (GWTW) cetakan pertama, yang masih berseri, sayangnya seri kedua hilang. ibu bilang itu buku milik adiknya yang katanya suka membaca juga, dulu punya banyak koleksi buku tapi ketika pindah rumah sebagian buku-buku koleksinya hilang, ya tinggal beberapa di rak, ah ga pa-pa deh, toh seri kedua, yang penting bukan seri pertama atau seri pamungkasnya, pikirku. Kemudian ada satu anggota BBI, mbak Annisa yang waktu itu memposting review GWTW dalam rangka posting bareng buku romance, saya tanya apakah berpengaruh kalau seri kedua hilang dan dia bilang sangat mempengaruhi, minat baca saya pun langsung menyusut, saya benar-benar ingin menikmati karya ini secara utuh, menghayatinya (halah) apa yang membuat buku ini sangat disukai banyak orang, selain intuisi, alasan saya memilih sebuah buku untuk dibaca karena buku tersebut populer. Tuhan pun memberi jalan lagi ketika mbak Fanda ingin membuat even Gone With The Wind Read ALong, dia mempunyai seri kedua dari buku GWTW ini dan menawarkan kepada saya, saya pun langsung mau, dan seperti takdir buku itu diciptakan untuk saya, karena mbak Fanda hanya punya seri kedua itu. Ikutlah challenge ini :). Oh ya, ada mbak Bzee yang menjadi co-host nya.



Chelenge ini dimulai dari tanggal 1 September (yap, hari ini) sampai 7 November 2012, sehari sebelum oma Margaret Mitchell's berulang tahun. Jadi ceritanya, blog buku klasik mbak Fanda setiap bulannya merayakan ulang tahun para penulis klasik dunia, karena bukunya oma Mitchell's ini tebel banget makanya dia membuat read along bersama dengan blogger lain yang ingin membacanya, membaca bersama-sama, mendiskusikannya dan nantinya tepat pada tanggal 8 November akan dibuat posting bareng review GWTW. Lalu, selama dua bulan lebih itu kita ngapain aja? begini peraturan GWTW Read Along yang saya dapat dari Fanda Classiclit:
Bukunya boleh ebook atau paperback, tapi yang menjadi acuan adalah yang tebitan Juni 2008.
Jumlah halaman: 1448
Jumlah bab: 63
Jumlah bagian: 5
-Bagian 1: halaman 3-191
-Bagian 2: halaman 195-379
-Bagian 3: halaman 401-717
-Bagian 4: halaman 722-1180
-Bagian 5: halaman 1184-1448

Karena saya punyanya yang berseri jadi saya tidak mengacu pada halaman di atas, saya hanya mengacu pada tiap part/bagiannya.
Nggak ada jadwal khusus untuk membacanya, kecepatan membaca tiap orang berbeda-beda dan kesibukannya pun tidak sama, hanya saja disarankan tiap kita selesai membaca tiap part/bagian seperti yang tertera di atas kita membuat sebuah ulasan yang nantinya bisa untuk didiskusikan, kesan-kesan atau unek-unek tentang buku GWTW, dan puncak project ini adalah pada tanggal 8 November, tepat di hari ulang tahun Margaret Mitchell's (entah yang keberapa) kita membuat posting bareng reviewnya. Ada penyemangatnya juga, bakalan ada giveaway! *sembur mantra*

Let's get it started!

3 komentar:

  1. Ooh...ternyata GWTW-mu itu warisan ya? Berarti memang udah jodoh deh sama buku ini. Moga2 kamu menikmati seperti yg diinginkan deh. Ditunggu update post-update post-nya yah!

    BalasHapus
  2. iya mb, aminnnn, rencananya mau bikin postingan tiap part cuman blm tau konsepnya nanti seperti apa :)

    BalasHapus
  3. Aku pernah nonton nya di tv pas smp mba..... bukunya belom pernah...... tuebel22 semua ya.....

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...