Rabu, 15 Agustus 2012

SkripziKrezi


Skrizikrezi

Penulis: WeAreVictims
Cover: Ellina Wu
Penerbit: Gradien Mediatama
ISBN: 978-602-208-088-6
Cetakan pertama, 2012
197 halaman

Pasti yang mengambil jenjang strata di perguruan tinggi nggak akan asing dengan skripsi, satu kata itu bisa membuat kepala migren, diare, tidak tenang tidur dan gejala-gejala stress lainnya. Saya pun pernah mengalaminya, dan CUKUP satu kali saja merasakannya :p. Milih judul saja bisa berbulan-bulan dan itu belum tentu langsung di acc, belum mencari bahan referensi di mana sebagian besar buku di perpus nggak boleh dibawa pulang, jadi pustakawati mendadak deh. Trus buat kuesioner dan orang yang mau ngisi kuisioner tersebut, ribetnya minta ampun. Menghadapi pembimbing yang bukannya membantu dan mempermudah pekerjaan kita malah menambah beban dengan banyaknya revisi. Boros, dengan banyaknya kertas yang di print, membuat kaya pengusaha kertas dan membuat miskin anak kos. Deg-degan setengah modar waktu menghadapi ujian, rasanya pengen kencing di celana! Pengen nimpuk kepala dosen pembimbing ketika waktu ujian dia malah berkomentar "kamu seharusnya ganti judul saja" MAKSUDNYA APA??? TERUS SELAMA PIMBINGAN ITU NGAPAIN AJA, KENAPA NGGAK BILANG DARI DULU????? Begitulah pengalaman saya, ada nagis, sedih, dan nggak ada seneng sama sekali. Ada deng, waktu dinyatakan lulus, hehe.

Buku ini juga bercerita yang sama, pengalaman seorang mahasiswa jurusan Farmasi tingkat akhir yang dibuat stress dengan skripsinya, lebih tepatnya menghadapi dosen pembimbing. Kenapa begitu? Sejak awal baca sampai akhir, penulis senewen dengan dosen pembimbingnya. Sebenarnya ada dua bab sih, pertama tentang skripsinya dan kedua tentang praktikumnya yang diberu judul Crazy Lab. Saya hanya menemukan penulis sangat sebel dengan dosen pembimbing yang banyak maunya, maen perintah aja, suka godain cewek, pokoknya absurd deh, saya juga heran kenapa bisa ada dosen seperti itu, nggak punya wibawa sama sekali. Namanya Pak Wisnu atau biasa dipanggil PaNu. Tiap bab pendek-pendek dan ngomongin sifat PaNu itu, nggak banyak dibahas tentang skripsi penulis, kisah lucu apa kek atau kisah mengenaskan kayak saya cuman PaNu PaNu dan PaNu. Yang asik malah di bab Crazy Lab, kita jadi nambah pengetahuan tentang laboratorium kimia dan fungsinya apa. Walaupun kurang dapat ceritanya dan nggak pernah ketawa pas baca, saya suka covernya dan pengalaman orang dengan skripsinya itu emang nggak ada matinya.

2 sayap untuk PaNu

2 komentar:

  1. Oala ini skripshit to maksudnya. Kupikir bahasa mana gitu =))

    BalasHapus
  2. Duh, baca novel ini mengingatkanku tentang nasib tesis yang masih belum kelar T.T
    Hmm, aku bingung aja kan ceritanya banyak dukanya tapi kok dimasukin ke kategori komedi?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...