Rabu, 04 Juli 2012

Semester Terakhir di Malory Towers



Penulis: Enid Blyton
Alih bahasa: Djokolelono
Cover: Eric Alexander
Penerbit: Gramedia
ISBN: 978-979-22-4799-2
Cetakan kesembilan: Juli 2010
239 halaman

Tidak banyak yang akan saya ceritakan di seri terakhir ini, mungkin akan lebih ke kesan-kesan saya pada semua seri Malory Towers karya Enid Blyton yang pertama kali saya baca ini.

Agak kecewa sama seri terakhir karena lebih banyak menyorot June dan Felicity. tidak seperti seri sebelumnya banyak petualangan, kejahilan, konflik yang dialami Darell dkk. Hanya ada satu anak baru, Amanda yang bertubuh besar dan pintar olahraga. Dia pindahan dari sekolah yang nilai prestasi olahraganya baik, bahkan Amanda bercita-cita mengikuti Olimpiade. Amanda menaruh perhatian besar pada June, dia menggangap kalau June mempunyai bakat besar, sama dengannya.

Yang saya sayangkan adalah banyak murid yang sekelas dengan Darrel tiap tahun menghilang, entah pindah atau sudah lulus duluan. Saya sampai akhir membaca buku ini bingung loh sebenarnya Darrel ini kelas berapa? Mungkin SMP sampai SMA kali ya? Soalnya setelah lulus dari Malory Towers Darrell, Sally dan Alice akan melanjutkan ke Universitas. Saya tidak masalah dengan setiap tahun ada anak baru, menandakan petualangan mereka akan lebih berwarna, tapi di akhir cerita ini saya merasa kehilangan sosok yang dati awal muncul, seperti Jean, Ellen, Zerelda.

Mengabaikan ketidakpuasan saya, buku ini cukup menghibur walaupun kalau untuk dibaca anak kecil perlu pengawasan, ada bahasa dan perbuatan yang kasar, terlebih dilakukan oleh anak perempuan. Tapi membaca buku ini serasa selokah di asrama itu seru sekali. Petualangan mereka seru dan beragam warna. kalau tidak salah cover Malory Towers ini sudah berganti sampai tiga kali, dan saya menyukai yang terakhir ini, tidak jadul :). Terjemahannya bagus sekali, tidak ada yang membuat bingung, padahal kapan pertama kali ini dibuat? Awet sampai sekarang.

3 sayap untuk perpisahan.

NB: Tentang Pengarang

Enid_blyton
Enid Blyton sudah menulis lebih dari 600 judul buku anak-anak yang telah diterjemahkan dalam banyak bahasa, sehingga bisa dinikmati oleh anak-anak di seluruh dunia. Walaupun buku-buku itu sudah lama ditulisnya, bahasa dan ceritanya tidak pernah ketinggalan jaman.

Enid lahir di London pada tangal 11 Agustus 1897, dan sejak kecil sudah pandai mengarang. Setelah ia besar dan menjadi guru, karyanya dipublikasikan oleh Teacher's World. Buku pertamanya, sebuah buku anak-anak berjudul Child Whispers, diterbitkan tahun 1922. Selain menulis, ia juga menerbitkan majalah Sunny Stories, yang telah diedit sejak tahun 1926. tahun 1953 akhirnya terbit Enid Blyton's Magazine, di majalah inilah untuk pertama kalinya Enid mendirikan Klub Lima Sekawan.

Semester Pertama di Malory Towers adalah buku pertama dalam seri Malory towers. Buku-buku lainnya:
Kelas Dua di Malory Towers
Kelas Tiga di Malory Towers
Kelas Empat di Malory Towers
Semester Terakhir di Malory Towers

Walaupun keenam buku itu membentuk suatu serial, setiap buku berdiri sendiri dan bisa dibaca secara terpisah. Tokoh-tokohnya sama, sementara perkembangan tiap tokoh bisa diikuti dengan membaca buku-buku tadi secara keseluruhan.

4 komentar:

  1. Salah satu buku favoritku lis...iya itu mereka sekolah asrama dari smp-sma. kebayang yah ketemunya cw teruuus nggak pernah dating2 sama cowok huahaha tapi kayaknya sih seru bangettt...dari semua serial anak sekolahan enid, aku paling suka malory towers,

    BalasHapus
  2. walaupun sepertinya menyenangkan, ada juga negatifnya ya mb, nggak bisa dating dan ketemu sama orang lain :)

    BalasHapus
  3. Mudah2an aku nanti seperti Enid Blyton. Menjadi penulis anak-anak. Cita-cita yang entah kapan terwujudnya

    BalasHapus
  4. Sempet ga mau brrpisah dengan kehidupan asrama saat baca bukunya yg terakhir ini...

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...