Rabu, 23 Mei 2012

SeoulMate


SeoulMate
Penulis: Lia Indra Andriana
Penyunting: O Lydia Panduwinata
Design & Ilustrasi Cover: Tom Kuu
Penerbit: Penerbit Haru
ISBN: 978-602-98325-0-1
Cetakan pertama, 2011
Harga: Rp 45.000
289 halaman


Kim Sun, seorang guide tour, seorang manusia biasa yang mempunyai kemampuan melihat hantu (mate). Dia terpaksa menerima tawaran Siwon bergabung dengan organisasi bernama SeoulMate karena diiming-imingi akan dipertemukan dengan teman yang sudah lama dicarinya, Gill Dong, padahal dia sangat membenci kemampuannya itu. Dong adalah orang yang mengajari Sun untuk mengasah kemampuannya melihat hantu, Dong dan Siwon adalah pendiri organisasi SeoulMate. Tugas seorang mate adalah menjaga serta membantu soul atau hantu untuk melaksanakan proposal dari para klien SoulMate. Proposal adalah sebuah skenario penawaran yang diberikan para klien yang ingin menyewa jasa mate (manusia) dan soul (hantu).

"Kita, manusia yang bisa melihat hantu adalah Soulmate...pasangan jiwa bagi hantu yang tepat."


Mate dan soul butuh kerjasama yang solid, selagi seorang soul melaksanakan tugas, mate lah yang memberikan energi. Soul menyerap energi mate. Cara lain untuk mendapatkan energi tanpa membunuh atau menakuti adalah dengan menolong manusia. rasa terima kasih manusia dapat diserap oleh soul jika ini ditujukan padanya. Disini jugalah fungsi mate, untuk mengarahkan rasa terima kasih tersebut, karena para klien tidak bisa melihat soul. Jadi, selain menjadi penjaga dan penyalur energi, mate juga menjadi perantara antara klien dengan soul.

Setiap mate akan menjaga satu soul, kalau lebih dari satu makan akan menguras energi si mate. Siwon membawa Sun ke Hanok (markas SeoulMate), ada tiga mate dan tiga soul. Tetapi sebulan yang lalu Siwon menemukan hantu baru yang kebingunggan dan kehilangan arah, lalu dia mengajaknya bergabung. Inilah alasan Siwon mencari Sun, untuk menjadi mate hantu kesasar tadi.

Pasangan soul dan mate di tempat tersebut adalah Siwon dengan Betty, hantu berkewarganegaraan Amerika yang meninggal di Itaewon, sebuah distrik yang dulunya berada dekat dengan camp militer Amerika, hantu wanita setengah baya dengan rambut bergelombang yang terlihat elegan. Pasangan selanjutnya adalah Lee Joon dengan Narae, hantu yang sangat cantik. Dan terakhir adalah Lee Miju dengan Minho, hantu pria besar berotot dan berpotongan rambut tentara.

Lalu siapakah yang akan menjadi pasangan Sun? Dia adalah hantu amnesia yang baru ditemukan Siwon, hantu yang dengan bodohnya menyalakan ondol di cuaca yang sangat panas, seorang pemuda yang memakai hoodie berwarna hitam, hantu yang tidak bisa menginggat kehidupan manusianya, hantu yang tidak ingat siapa namanya dan meminta Sun memberinya nama dan merongrong Sun agar menemukan jati dirinya. Karena sebal dengan kecerewetannya, Sun pun memberinya nama Nanta yang berarti berisik dan tidak mau diam. Tapi hantu itu tidak terima dan dengan asal menamai dirinya Jang Geun Seok.

"Hujan...untuk menginggatmu. Aku perlu sesuatu untuk mengginggatmu. Setiap ada hujan, aku akan menginggatmu...karena kamu benci hujan. Dan kamu, ditengah kebencianmu, kamu akan mengginggatku."

Walaupun sering berantem, mau tidak mau mereka harus bekerja sama dan melaksanakan proposal. Proposal pertama yang dikerjakan Sun dan Jang adalah menggantikan kliennya menyanyi. Waktu melaksanakan proposal ini, Sun sangat terpukau dengan suara Jang. Proposal kedua berlabel R yang berarti Romance. Klien mereka meminta Jang untuk menjadi teman kencannya di hari specialnya. Masalahnya, Jang tidak tahu caranya berpacaran :)).

"Inti dari SeoulMate adalah menolong. Menolong klien dengan proposalnya. Menolong soul supaya mereka masih merasa diperlukan di bumi, saat mereka belum bisa menyelesaikan urusan tertinggal mereka. Selain itu, menolong mate juga. Kemampuan melihat hantu memang bukan sepenuhnya anugerah. Ada saat dimana kita merasa takut dan tidak ingin menjadi orang yang lebih tahu."

Proposal berikutnya berlabel D yang berarti Drama. jang harus menakut-nakuti hewan, lebih tepatnya membantu kambing melahirkan. Haha, bagian ini kocak sekali, apalagi Sun menyuruh Jang berekspresi menakutnya, malah sebaliknya kocak sekali. Tahu makna covernya dari proposal ini. Proposal selanjutnya adalah jang harus menjadi koki di Gosh Only, di sini Sun mendapatkan kejutan yang tidak dia harapkan. Dan proposal terakhir adalah berlabel A atau Action. Label yang cukup sulit, Sun dan Jang harus menghadapi hantu lain, Arang. Selain itu, hantu berusia ratusan tahun ini mengetahui kapan Jang meninggal.

Apakah mereka akan berhasil melawan Arang? Lalu bagaimana nasip masa lalu Jang, apakah dia akan menginggat kembali? Dan bagaimana dengan Sun sendiri, apakah dia akan merasa kehilangan Jang kalau hantu berisik itu bisa mengingat masa lalunya? kamu harus membaca sendiri cerita berbau horor, romance dan komedi ini :D.

Ide ceritanya sangat unik, baru pertama kali ini saya membaca cerita tentang kerjasama hantu dan manusia, untuk mengatasi masalah manusia itu, mendapatkan honor lagi. Ceritanya juga sangat kocak sekali, selalu tersenyum dengan tingkah laku Jang. Sebenarnya dia kasian sekali, dia selalu ditindas oleh Sun, selalu kena omel. Sun memang sifatnya kasar dan sinis, lebih suka sendiri. Berkebalikan dengan Jang yang polos, ramah dan gampang berbaur dengan orang hantu lain. Saya juga sangat tertarik dengan penghuni Hanok yang lain, sayangnya info tentang mereka tidak terlalu banyak, mungkin akan ada seri lainnya yang akan menceritakan kisah mereka :). Tugas melaksanakan proposal juga seru, mungkin bagian itu adalah magnet dari buku ini. Covernya lucu, yang menggiring kambing itu pasti Sun, keliatan dari mukanya kalau sebal, dia memang pemarah sih XDD. Minim typo, alurnya cepat dan tidak bertele-tele. Seperti buku bertema Korea lainnya, selalu ada kebudayaan Korea yang terselib, baik itu berupa bahasa atau kebiasaan sehari-hari. Di halaman terakhir buku ini ada tambahan dari penulis berupa kamus SeoulMate, istilah Seoulmate, dan setting cerita ini, selain itu ada penjelasannya juga serta gambar lokasinya, pengetahuan kita Korea bertambah deh dengan membaca buku ini.

Kekurangan buku ini sebenarnya saya tidak menemukan, mungkin romancenya aja yang menurut saya sudah terlalu biasa, marah-marah trus berubah jadi cinta. Selain itu pada awal-awal saya baca buku ini, saya agak bingung dengan konsep soul dan mate, baru sampai tengah halaman kebelakang saya mengerti, terlebih dengan adanya proposal. Berkaitan dengan proposal, ada yang mengganjal, sebenarnya ada berapa label dalam proposal tersebut? Yang saya tahu adalah label A (action), D (drama), R (romance). Untuk proposal menyanyi dan menjadi koki termasuk yang mana? Ada baiknya penulis juga menjelaskan tipe-tipe atau label dalam proposal ini, karena bagian proposal ini sangat menarik buat saya. Mungkin itu saja yang mengganjal dari saya.

Untuk adegan favorit saya adalah ketika Sun pergi ke Pulau Nami, ketika ia memejamkan mata, dan menginggat adegan drama Winter Sonata, mengucapkan kalimat khas drama tersebut, "Lihat, mereka berciuman!" dan ketika Sun membuka matanya, ia merasakan seseorang memegang kepalanya dengan lembut. Kemudia jang mengulang kalimat yang baru saja Sun lafalkan, romantis sekali :)).

Quote favorit saya adalah:
"Harapan...itulah yang membuat kita bisa menggapai apa yang kita inginkan. Sebuah harapan dan kepercayaan."
3 sayap untuk soul dan mate.


Lihat juga book trailernya ^^


NB: Ternyata eh ternyata, buku ini ada lanjutannya loh. Mau tahu konflik apa yang akan menghiasi buku kedua ini? intip sinopsisnya yuk :D.


SeoulMate is You
Penulis: Lia Indra Andriana
Penerbit: Penerbit Haru
Genre: Romance, fantasy
Kategori: Fiksi, novel asli
Tebal: 320 halaman
Harga: Rp 45.000
Terbit: Mei 2012






Sinopsis:

Jika kebenaran itu beresiko, mampukah kau mengatakannya?

Sebagai seseorang yang diberi kemampuan bisa melihat hantu, diikuti oleh seorang hantu adalah hal yang lumrah bagi Kim Sun. Namun saat kekasihnya dibuntuti oleh seorang Hantu Rambut Mie mengerikan siang dan malam, Sun tahu ia harus melindungi kekasihnya itu.

Belum sempat mengusir Hantu Rambut Mie yang suka berteriak itu, Siwon -ketua organisasi 'penyalur hantu' bernama SeoulMate tempat Sun bekerja- mengatakan bahwa ada sebuah organisasi bernama Memory Maker yang berusaha mengacaukan kehidupan hantu dan manusia. Dan sepetinya, kehadiran hantu Rambut Mie ini berhubungan dengan Memory Maker. Apakah itu artinya kekasih Sun juga dalam bahaya?

Sekarang, saatnyalah untuk memberitahu kekasihnya bahwa ia memiliki kemampuan bisa melihat hantu. tapi, apakah itu langkah yang tepat?




10 komentar:

  1. aku naksir pin-nya seoulmate yang pernah dipampang di facebooknya Lia. Suka ilustrasinya, lucu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb, ilustrasinya keren. Huhuhu aku mau pin-nya

      Hapus
  2. Salah satu buku "utang" saya...huhuhu...sudah dikirimin penulisnya, tapi belum kelar juga dibaca, entah mengapa sampai pertengahan buku, saya belum juga menemukan asyiknya membaca Seoulmate ini....;(

    BalasHapus
  3. di awal ak juga sempet bingung, baru setelah pertengahan buku mendapatkan ritmenya, mungkin kurang cocok dengan buku bergenre korama kali bang :-P

    BalasHapus
  4. ini cerita hantu tapi bukan horor ya ?
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dikategorikan mb tapi ada romance dan komedinya juga :)

      Hapus
  5. Huaahh.. Book trailerny keren..
    Jadi pengen baca bukuny..
    Aku cuman pernah baca buku keduanya yg SeoulMate is You..

    BalasHapus
  6. ceritanya unik =)) suka covernya yang imut banget :3
    suka ngeliat Sun dan jang yang sering berantem, apalagi nyelesaikan proposalnya pakai Label =))
    suka aneh-aneh jadinya :D

    BalasHapus
  7. menurutku ini novel lebih bagus daripada sekuelnya hehe :D

    BalasHapus
  8. Ni cerita hantu, tp ga nyeremin sm skali malah cute banget ^^

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...