Senin, 30 Januari 2012

The Alchemyst (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel #1)


3424418

Sinopsi (Goodreads)
Kebenaran: 
Nicholas Flamel, yang lahir di Paris pada tanggal 28 September 1330, dikenal sebagai Alchemyst termasyhur di masanya. Ia berusaha menciptakan ramuan untuk hidup abadi, dan mengubah logam biasa menjadi emas murni. Menurut catatan, sang Alchemyst meninggal pada tahun 1418, tetapi ketika dibongkar ternyata makamnya kosong. 

Legenda: 
Nicholas Flamel masih hidup karena ia berhasil menemukan ramuan untuk hidup abadi. Semua rahasianya ada dalam Buku Abraham sang Magus. Jika jatuh ke tangan orang yang salah, buku itu dapat membawa petaka bagi umat manusia. 
Terkadang, legenda merupakan kebenaran. 

Josh dan Sophie Newman tidak menyangka, ternyata pemilik Small Book Shop tempat Josh bekerja merupakan Nicholas Flamel, sang Alchemyst yang berusia lebih dari 600 tahun! Rahasia di balik umur panjangnya adalah Buku Abraham sang Magus, harta berharga yang telah dijaga Flamel seumur hidupnya. 

Kedua remaja berusia 15 tahun ini terlibat dalam perseteruan yang berusia ribuan tahun, ketika musuh bebuyutan sang Alchemyst, Dr. John Dee, berhasil merampas Buku Abraham dan menculik istri Nicholas, Perenelle Flamel. 

Kehidupan Josh dan Sophie seketika berubah. Terutama setelah mengetahui ternyata mereka bukan sekadar remaja biasa. Dalam diri si kembar tersimpan sebuah kekuatan hebat yang kelak akan menjadikan mereka penyelamat dunia.

Review

Seruuuu!!!
Awalnya agak males baca, biasa kalo baca fantasy dapet feelnya agak belakangan baru muncul. Iseng baca halaman terakhir tentang catatan penulis dan wow! ternyata Nicholas Flamel itu beneran ada, aku langsung googling dan nemu artikel tentang Nicholas Flamel di wikipedia (ketularan Josh, dikit-dikit googling cari tahu beneran ada apa nggak :D). Ternyata penulis mencampur adukan dengan sejarah, menarik nih.

Nicholas Flamel adalahsalah satu alkemis terbesar pada zamannya. Alkemi adalah perpaduan dari ilmu kimia, botani, kedikteran, astronomi dan astrologi. Ilmu ini memiliki sejarah yang panjang dan menonjol, juga dipelajari di Yunani dan Cina kuno, dan terdapat pendapat yang mengatakan bahwa ilmu ini adalah dasar ilmu kimia modern. Seperti halnya Dee, semua detail tentang Nicholas Flamel dalam The Alchemist adalah nyata.

Flamel terlahir pada 1330 dan memiliki mata pencahariaan sebagai pedagang dan penyalin buku. Pada suatu hari, dia membeli buku yang istimewa: Buku Abraham. Buku itu betul-betul ada, dan Nicholas Flamel memberikan detail yang sangat jelas mengenai buku bersampul tembaga yang ditulis di atas bahan menyerupai kulit kayu. Bersama Perenelle, Flamel menghabiskan lebih dari dua puluh tahun untuk melakukan perjalanan mengelilingi Eropa untuk menerjemahkan buku tersebut. Saat kembali ke Paris pada abad keempat belas, dia menjadi kaya raya. Desas-desus yang langsung berkembang menyebutkan bahwa dia telah menemukan rahasia terbesar dalam ilmu alkemi di Buku Abraham: cara menciptakan batu bertuah, yang mengubah logam biasa menjadi emas, serta cara mendapatkan keabadian.

Flamel dan Perenelle melanjutkan kehidupan dengan tenang dan tidak menarik perhatian, menggunakan kekayaannya untuk amal. Perenelle meninggal terlebih dahulu, tidak lama kemudian, pada tahun 1418 kematian Nicholas Flamel diumumkan.
Kemudian pada tengah malam buta, seseorang menjarah kuburan Nicholas Flamel dan Perenelle, dan ketika itulah diketahui bahwa kuburan itu kosong.
Hingga bertahun-tahun kemudian, terdapat penampakan pasangan Flamel di seluruh Eropa.

Belajar sejarah sedikit ga pa-pa yah :D, soalnya fakta diatas adalah akar dari cerita Nicholas Flamel ini. Gara-gara menyimpan buku keabadian itulah mereka diburu oleh Dr. John Dee seorang alkemis juga, anak buah Tetua Gelap. Jangan heran kalau buku ini banyak berseliweran makhluk mitologi kuno, makhluk purba, semua sejarah campur aduk deh.

Singkat cerita, Dee menemukan lokasi Flamel bersembunyi setelah beratus tahun, terjadilah pertempuran di toko buku milik Flamel. Pertempuran itu menyeret Josh karena dia bekerja disitu, juga dengan Sophie -saudara kembarnya- yang berkerja di seberang toko buku tersebut. Dee berhasil mencuri Buku Abraham sang Magus atau biasa disebut Codex dan menculik Perenelle, sayangnya dua lembar terakhir buku tersebut disobek oleh Josh. Karena tahu Dee akan kembali dan memburu lagi untuk mendapatkan lembaran terakhir itu, mau tidak mau Flamel membawa serta Josh dan Sophie karena mereka sudah terlibat cukup jauh. Flamel meminta bantuan Scathach, anggota Ras Tetua dan telah melatih semua pejuang dan pahlawan legendaris selama dua ribu tahun terakhir. Dalam mitologi dikenal dengan nama Gadis Petarung, sang Bayangan, Pembasmi Iblis, Pencipta Raja, dan panggilannya Scatty. Flamel percaya kalau Josh dan Sophie adalah pasangan kembar legendaris yang disebutkan dalam Codex. Codex menyebutkan tentang anak kembar beraura perak dan emas, dua menjadi satu, dan satu yang mencakup semuanya. Josh beraura emas dan Sophie beraura perak, mereka memiliki aura yang sangat langka. Kekuatan mereka hanya bisa dibangkitkan oleh Tetua dari generasi pertama, dia adalah Hekate atau Goddess of Three Faces - Sang Dewi Berwajah Tiga, dia kan melatih sihir si kembar Newman. 

Sayangnya hanya Sophie saja yang baru dibangkitkan kekuatannya, Hekate tidak sempat membangkitkan kekuatan Josh karena Alam Bayangan -kediaman Hekate- diserang oleh Dee yang meminta bantuan Crow Goddes - sang Dewi Gagak (dipuja dan ditakuti di seluruh kerajaan Celtic sebagai Goddess of Death - Dewi Kematian dan Destruction - Bencana), Dee juga berhasil menghubungi Tetua yang paling ditakuti: Bastet, Dewi kucing Mesir. Kejar-kejarannya seru, pelarian Flamel cs selanjutnya adalah menemui Witch of Endor -Penyihir mematikan dari Endor, Mistress of the Air - Penguasa Udara, nenek Scatty.

Coba kalau semua sejarah dibuat cerita yang menarik, pasti menjadi pelajaran favorit saya, hehe. Lalu gimana nasip mereka? Nasip Perenelle yang masih disekap Dee? Dan gimana cara membangkitkan kekuatan Josh? Yuk baca, serinya ada banyak loh, tapi dijamin seru kok :D
  1. The Alchemyst (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #1)
  2. The Magician (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #2)
  3. The Sorceress (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #3)
  4. The Necromancer (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #4)
  5. The Warlock (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #5)
  6. The Enchantress (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #6)
Hehehe, banyak yah. Kalau di Indonesia sendiri sudah sampe The Warlock. Lanjut buku keduanya dulu :)).

Dari segi cerita sangat bagus dan menarik kalau menurut saya, benar-benar pure fantasy. Nggak ada adegan romantis hanya saja saya sangat menyukai ikatan antara Josh dan Sophie, mereka selalu ingin menjaga satu sama lain. Josh yang lebih banyak bertindak sedangkan Sophie lebih banyak berpikir, walau kadang cek cok tapi mereka tetap kompak. Kalau Nicholas Flamel sendiri lebih ke misterius, banyak teka-teki akan dirinya, apa yang akan dlakukannya tidak tertebak, dia tidak pernah menceritakan segalanya apa yang dia tahu, menariknya di situ. Kalau Perenelle tidak banyak muncul, tapi dia sangat menguasai ilmu sihir, Nicholas saja kalah, Dee juga takut dengan kekuatannya. Kalau Dee sepeti tokoh antagonis kebanyakan, keinginannya harus terpenuhi, dia juga cerdik walau lebih cerdikan Nicholas :p.
Covernya keren, unsur alkemis ya kalau nggak salah sama huruf kuno? Terjemahannya bagus, ada typo dikit, alurnya lumayan cepet, dari awal kita sudah disuguhi konflik, sayang agak lambat ditengah-tengah, agak bosan juga sih tapi setelahnya seru kok. Cerita setebel ini hanya berlangsung dua hari loh! Baru ngeh kenapa ada hari dan tanggal. Selain itu nggak ada masalah lagi :D. Pokoknya, yang ngaku suka fantasy harus baca ini #maksa.

4 sayap untuk sang Alkemis kita.


The Alchemyst (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel #1)
penulis: Michael Scott
penerjemah: Berlian M. Nugrahani
penerbit: matahati
ISBN: 979-1141-22-3
cetakan pertama, 2008
493 halaman


NB: Tentang Penulis

27100
Sebagai ahli di bidang mitologi dan cerita rakyat, Michael Scott adalah salah seorang penulis tersukses di Irlandia. Sebagai seorang pakar kisah fantasy, fiksi, ilmiah, horor, dan kisah rakyat, dia dinobatkan oleh Irish Times sebagi "Raja Fantasi di seluruh negeri." Dia tinggal dan menulis di Dublin. Untuk lebih lengkapnya kunjungi www.dillonscott.com


13 komentar:

  1. wueh, ini orang kan, yg ada di ceritanya harry potter itu yah???

    BalasHapus
  2. iya, orang mb. yang mana ya mb? lupa ak, hehehe

    BalasHapus
  3. di HP, Flamel itu yg penemu formula "Batu Bertuah" (buku 1). Inget kan judul HP yg pertama itu : "Harry Potter dan Batu Bertuah". ;D Btw aku akuin buku ini bagus, tapi aku gak suka karena dia messed up dgn tokoh nyata >.<. Gak suka aja sejarah hidup Flamel dikembangkan kayak gitu. Jauh seblm baca buku ini, Flamel itu tokoh favoritku dan gak suka aja liat kehidupan dia diputer2 kyk gt.So....aku gak baca buku ke-2 dan selanjutnya walo tetap setia membeli sampe buku ke-5. Hehehehe....

    BalasHapus
  4. Aku juga denger buku ini bagus banget. Sumpah pengen koleksi beli boxsetnya sekalian tapi mahalnya boook~ nunggu pinjeman aja deh :))@mba DewiKalau ga dibaca sini pinjemin ke aku aja! Hehe

    BalasHapus
  5. dulu yang ngebet pengen beli buku ini si suami, sekaranh udh nangkring sampe seri 4 belum juga disentuh. hedeh!

    BalasHapus
  6. @dewi oh iya, dibuku ini emang diceritain dia penemu batu betuah, hehe seru sih kalo menurutku, justru serunya itu kehidupannya diputer2 jadi karya hebat kayak gini. di buku ini Flamel juga masih hebat kok dan aku juga suka sama dia :))@oky: pengen juga ngoleksi tapi ga mampu beli bok, jadi pinjem aja :p@sinta: ayo dibaca mbak, seru loh :))

    BalasHapus
  7. baru baca buku yang pertama. pengen sih lanjut ke yang berikut2nya... tapi tampaknya belum sempet. waktu baca ulang Harry Potter... baru ngeh kalo ternyata si Nicholas Flamel ini temennya Dumbledore :D

    BalasHapus
  8. ak cuman familier sama batu bertuahnya mb, lupa kalo di Harpot ada :)

    BalasHapus
  9. tricie lovegood3 Maret 2012 15.22

    gila, ini buku emang keren banget...aku udah baca sampe The Warlock. Jadi pingin tau Machiavelli baik/jahat..karakter favoritku si Scathach sama Francis...

    BalasHapus
  10. Nyesel ga beli udah susah no 1 nya... hiksssssssss

    BalasHapus
  11. Buku yg legendaris tapi aku belum punya
    hiks
    Padahal mupeng banget dg the alchemyst

    BalasHapus
  12. mungkin agak telat yaa aku tau buku ini tapi sejauh ini saya merasa SAYA HARUS TAMATIN SEMUA BUKUNYA .
    kabar gembiranya adalah saya sudah punya 4 serinya .. cuma minus yang The Sorcerres, sama The Necromancer (kalo ada yg tau tempat belinya tolong infokan ya) soalnya saya cari di penerbitnya rasanya penerbitnya udah gulung tikar ato apa :(
    dan yang belum baca buku ini, benar, jangan ngaku suka fantasy kalo belum baca ke enam, enamnya ...
    aaaakkkk suka banget sama tokoh Perenelle nyaa ...
    suka mahklukmahluk yang entah munculnya dari mana dan abad ke berapa ...
    greget banget sumpil ...
    dan terimakasih yang besar untuk Raja Fantasi Kita Michael Scott xixixixi >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada yang telat kok untuk mengenal seuah buku, perkenalan orang-orang dengan buku pasti punya sejarah yang beda-beda :)
      Iya emang agak susah, mungkin bisanya cari yang bekas, semoga nanti suatu saat berjodoh ya :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...