Minggu, 15 Januari 2012

Oppa & I


Sinopsis

Jae In:
'Oppa'.
Apa panggilan itu tidak terdengar lucu?
Terutama setelah kau pergi meninggalkanku begitu saja lima tahun lalu?
Sekarang saat bertemu lagi, apa yang membuat senyummu selebar itu?
Apa kau senang melihatku seperti itu?

Jae Kwon:
Jae In-a.
Kau dulu mengemaskan, tetapi sekarang mengapa begini?
Siapa yang membuatmu susah, katakan pada Oppa!
Oppa tak akan membiarkan siapapun menyakitimu!
Oppa akan melindungimu. 

Review

Pertama kali baca cerita si kembar ini di webseries yang ditanyangkan Korean Updates setiap dua minggu sekali. Awalnya agak terlambat mengikuti soalnya sudah ada beberapa chapter, tapi ada untungnya juga, nggak kelamaan nunggu lanjutannya :D

Cerita berinti pada konflik keluarga. Jae In pindah ke Korea karena permintaan ayahnya yang ingin rujuk dengan ibunya. Tapi ada rasa benci, kecewa, kenapa dulu harus berpisah? Apalagi saudara kembarnya, Jae Kwon, dia sangat gembira sekali. Kebalikannya, Jae In sangat sinis, ketus dengan Jae Kwon, bahkan dia tidak mau memanggil dengan sebutan Oppa (kakak dalam bahasa Korea). Selama beberapa tahun setelah ditinggalkan ayah dan saudaranya, Jae In harus hidup pas-pasan, sedangkan Jae Kwon hidup enak di Korea. Selain itu Jae In merasa dikhianati oleh Jae Kwon. Keadaan itulah yang membuat Jae In menjadi kuat, tidak membutuhkan siapa pun, terutama Jae Kwon.

Bahkan, di sekolah barunya, yang sama juga dengan Jae Kwon dan sekelas, Jae In meminta hubungan mereka dirahasiakan, Jae Kwon terpaksa menuruti permintaan Jae In karena dia mengetahui rahasia terbesarnya.

Bukunya tipis, beberapa jam aja pasti selesai, ceritanya juga nggak berat. Awalnya berharap sekali sewaktu mau dijadikan buku, konflik dan ceritanya ditambah tapi sewaktu membaca bukunya hanya ada tambahan mini comik di akhir cerita dan gambar unyu di tiap chapter. Kagetnya sewaktu membaca Testimonial di awal ada namaku, yeay, hahaha. Agak lupa dulu nulisnya di mana, kalau nggak salah saya berkomentar di webnya KoreanUpdates dibagian penayangan series tersebut, tapi setelah saya telusuri sudah tidak ada. Begini bunyinya:
Seperti nonton K-drama yang dibukukan. Seru! Konflik keluarganya kerasa sekali. Sayangnya kurang panjang & romancenya dikit.
Seneng dong, baru kali ini nama saya masuk buku, hehehe.

Karena penulisannya duo, saya mengangap Jae In itu ciptaanya Orizuka dan Jae Kwon porsinya Lia. Hampir membaca semua bukunya Orizuka sehingga saya merasa familier dengan gaya penulisannya, hobi banget nyiptain tokoh sinis, cuek, ketus, sengak. Sedangkan Lia saya baru membaca Bubble Love dan Khokkiri di mana tokoh utamanya baik hati dan sangat perhatian, yang saya tangkap sih begitu, hehe, mungkin harus membaca banyak karya Lia lagi biar familier juga :D.
Tapi, seingat saya sewaktu membaca webseriesnya, tiap chapter di tulis satu orang, maksudnya chapter satu ditulis oleh Orizuka kemudian chapter dua gantian Lia yang nulis, begitu seterusnya. Jadi, kita kayak nggak krasa kalau satu buku itu ditulis oleh dua penulis, benar-benar satu. Selalu penasan gimana nulis keroyokan tapi nggak merubah karakter tiap tokoh, Daebak untuk OriLia :)

Ada kalimat fave saya di hal. 64:
Jae In benci orang baik. Ia tak pernah tahu kapan orang baik akan berkhianat. Dan ketika sudah demikian, trauma itu akan tertinggal dalam, begitu dalam sehingga ia tak akan percaya pada siapa pun lagi.
Orang baik itu menakutkan.
Buat yang suka cerita bertema Korama, buku ini cocok denganmu :D

3 sayap untuk si kembar Jae.

Oppa & I
penulis: Orizuka & Lia Indra Andriana
cover: Angelina Setiani
penerbit: Haru
ISBN: 978-602-98325-3-2
cetakan I, Desember 2011
150 halaman

11 komentar:

  1. Kurang panjang yaa~ *ga puas*

    BalasHapus
  2. Kyaknya Orizuka ini memang setiap ceritanya ke Korea2 an apa gimana nih?

    BalasHapus
  3. nggak juga sih mb, dia memang suka Korea tapi banyak yg non Korea kok :)

    BalasHapus
  4. hehe iya :)

    BalasHapus
  5. Setuju nih sama kak oky.
    Tapi kan mau ada lanjutannya juga kak.

    BalasHapus
  6. Wah penasaran sama novel kak ori yg ini (;

    BalasHapus
  7. wajib baca, seri ketiganya udah mau keluar looh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan seri ke 3 nya mba... ? ^^

      Hapus
    2. Seri ketiga sudah terbit kok :) Barusan terbit hehe.

      Hapus
  8. Wuah ini karya Orizuka yg paling fenomenal
    wajib dibaca nih

    BalasHapus
  9. Oppa&I bahasanya ringan banget, aku suka~

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...