Senin, 16 Januari 2012

Cerita Sahabat


  1. Aku Mau Putus - Alexander Thian, hal. 7
  2. Aurora - Alexander Thian, hal. 21
  3. Cateutan Akika Jilid Dua, Yuk Mari... - Dillon Gintings, hal. 41
  4. Djodoh, Wu Bu Ai Ni - Faye Yolody, hal. 51
  5. Cinta di Batas Angan - Alexander Thian, hal. 67
  6. Hilang - Faye Yolody, hal. 81
  7. Kontak Jodoh - Verry Barus, hal. 93
  8. Perawan Dusun - Faye Yolody, hal. 109
  9. Anak Laki-Laki yang Belum Mengenal Cinta - Tjhai Edwin, hal. 131
  10. Tentang Hujan - Tjhai Edwin, hal. 141
  11. Tidak di Sini, Mungkin Nanti - Dillon Gintings, hal. 151
  12. Untung Ada Tyas! - Faye Yolody, hal. 159
  13. Kita dan Angkasa - Rahne Putri, hal. 171
  14. Vendetta - Alexander Thian, hal. 179
  15. Jawaban - Rahne Putri, hal. 197
  16. Sihir Hujan - Rahne Putri, hal. 203
  17. Telephone - Chicko Handoyo Soe, hal. 207
  18. Jejak Pelangi - Ollie, hal. 217
  19. Saat Shinichi Kudo Berpamitan Kepada Ran Mouri dan Tidak Kembali Lagi - Faizal Reza, hal. 225
  20. Sangat Sederhana - Faizal Reza, hal. 229
  21. Malam di Moko - Jia Effendie, hal. 235
  22. Langit Jeruk - Jia Effendie, hal. 245
  23. Rendezvous - Ollie, hal. 255
  24. Bintang, Mentari, dan Hujan - Rendy Doroii, hal. 267
  25. Kisah Aku - Rendy Doroii, hal. 271
  26. Pelangi Malam Hari - Rendi Doroii, hal. 275
  27. Permainan Hati - Rendi Doroii, hal. 281
  28. Pengakuan - Alberthiene Endah, hal. 285
  29. Blok D Nomor 16 - Alberthiene Endah, hal. 307

Yub, itulah daftar 29 cerita pendek (semoga tidak ada yang kelewat) yang ditulis oleh 12 penulis di buku Cerita Sahabat ini. Ada beberapa nama penulis yang tidak asing lagi seperti Alberthiene Endah, Ollie dan Jia Effendie yang cerpen-cerpennya lalu lalang di berbagai media. Ada juga beberapa nama yang sebelumnya karya mereka pernah saya baca di Empat Elemen dan tulisan Alexander Thian di The Journeys: Kisah Perjalanan Para Pencerita

Cerpen favorite saya adalah semua tulisan Faye Yolody kecuali yang Untung Ada Tyas!, Langit Jeruk karya Jia Effendie dan Pengakuan karya Alberthiene Endah. Saya akan menuliskan sedikit sinopsis dari cerita fave saya tersebut:

Djodoh, Wo Bu Ai Ni
Danise Oey, gadis keturunan Cina ini sejak kecil sudah dijodohkan dengan Ahan, karena sewaktu Danise mau lahir, orangtuanya tidak mempunyai biaya sehingga harus berhutang dan bayarannya adalah kalau anaknya perempuan maka dewasa nanti harus menikah dengan Ahan. Setelah dewasa, Denise mengetahui kalau Ahan bukan laki-laki yang baik dan sewaktu dia berhasil mencapai mimpinya kemudian bekerja di Pusat Kebudayaan Belanda dan bertemu dengan laki-laki yang menarik hatinya, Jaroen, seorang berdarah Belanda campur Jerman. Denise dilema antara ingin berbakti dengan kedua orangtuanya dan mengikuti isi hatinya.

Hilang
Yoris terbangun dari kecelakaan yang menyebabkan ingatannya terganggu, sewaktu membuka mata dia menemukan wajah seorang cewek yang sangat peduli dan mencintainya, Kay. Tapi, masa lalunya menerobos masuk, hadirlah Bunga, pacar yang amat dicintainya.

Perawan Dusun
Nuti selalu menginggat pesan ibunya ketika dia hijrah ke ibukota, tetap menjaga keperawanannya. Karena membutuhkan uang untuk membiayai kuliahnya, dia terpaksa menjadi wanita malam namun tetap berpegang teguh akan amanat ibunya. Banyak teman yang bergosip akan pekerjaannya tapi tidak ia gubris. Berita itu juga terdengar oleh cowok yang disukai Nuti, Char. Karena penasaran Char menyelidiki ke tempat kerja Nuti, di sana dia memergoki kalau Nuti mau diperkosa oleh kliennya. Char pun membawa Nuti ke rumahnya demi memberi perlindungan, tapi di sana Nuti bertemu kakak Char di mana dia adalah mantan klien Nuti.

Langit Jeruk
Bertemu stranger waktu langit berwarna orange, Gaia, ibu bumi, gadis yang sangat membuat penasaran Rio, dia pun memburunya agar bisa bertemu lagi.

Pengakuan
Adakah kesempatan kedua? Bagaimana perasaanmu ketika melihat istrimu memasuki hotel dengan pria lain? Hagi, penyuka jaket kulit itu tak kuasa menahan air matanya.

Saya baru pertama kali ini membaca karya Faye Yolody dan langsung suka, tulisannya sederhana, tidak lebay, kalimatnya tidak puitis atau pun mengandung makna terselubung, mengalir apa adanya, tapi terlihat indah dan romantis. Saya suka Langit Jeruk karna sewaktu membacanya saya juga bertanya-tanya seperti Rio, siapa sih Gaia dan ada masalah apa dengannya, saya ikut memburu. Pengakuan, geezzz saya suka sekali dengan karakter Hagi, jatuh cinta padanya, ikut terluka ketika dia menganggap biasa saja apa yang telah dilakukan istrinya, betapa dia sangat mencintai Dina, istrinya.

Ceritanya bermacam-macam, ada kangen, galau, kehilangan, penyesalan, dsb. Kita akan bertemu dengan cewek playgirl di Aku Mau Putus, Diary seorang banci di Cateutan Akika Jilid Dua, Yuk Mari... yang menambah pengetahuan saya tentang bahasa mereka, putus asa karena sulitnya mencari jodoh sehingga memutuskan untuk mengikuti Kontak Jodoh, cerita sedih tapi diceritakan dengan senyum dan sangat romantis di Tentang Hujan. Semua ada, campur aduk, tinggal selera kita ingin memilih cerita mana yang disukai. Ada beberapa tema yang sama yang diambil oleh beberapa penulis, cinta sejenis. Saya nggak keberatan, ada baiknya kita memahami perasaan mereka dan mereka juga manusia, hak mereka untuk menentukan pilihan hidup. Hanya saja terlalu banyak dan ceritanya gampang sekali ditebak. Ada Aurora, Anak Lelaki yang Belum Mengenal Cinta, Untung Ada Tyas!, Telephone, dan Tidak di Sini, Mungkin Nanti. Yang agak menarik buat saya adalah cerita Anak Lelaki yang Belum Mengenal Cinta, seorang anak kecil yang bingung akan dirinya, perasaannya, bingung kenapa dia tertarik dengan lelaki dewasa, mengagumi lelaki itu dan hatinya berdebar-debar jika berdekatan dengannya.

Masih ada beberapa typo tanda baca. Di cerita Djodoh, Wu Bu Ai Ni penulis tidak konsisten, menggunakan kata SMA dan SMU, seharusnya satu saja yang dipilih. Kemudian di cerita Perawan Dusun penulis mengatakan kalau lagu i'm single and very happy dinyanyikan oleh Ussy, setahu saya lagu itu dinyanyikan oleh Oppie Andaresta, nggak tahu kalau dinyanyikan ulang oleh Ussy :D. Yang sangat disayangkan adalah tidak adanya daftar isi, saya lebih suka kalau kumcer ada daftar isinya karena kita lebih bebas untuk membaca yang mana dulu. Kalau ada benang merah antara cerita yang satu dengan yang lainnya tidak masalah, hanya saja menurut saya cerita-cerita di buku ini berdiri sendiri. Ada dua cerita yang mempunyai hubungan karena ditulis oleh penulis yang sama, yaitu Saat Sinichi Kudou Berpamitan Kepada Ran Mouri dan Tidak Kembali Lagi dan cerita Sangat Sederhana. Jadinya saya membuat pembatas sendiri di tiap pergantian cerita.

Covernya bagus, ceritanya memang ringan dan cocok sebagai teman minum kopi atau bisa juga ditemani minuman fave-mu sendiri, sesuai selera masing-masing. Teh hangat atau coklat panas misalnya? :D

3 sayap untuk cerita-cerita yang merdeka dan menggelitik. 


Cerita Sahabat
penulis: Alberthiene Endah & Friends
cover: J. Henk Winiarti
penerbit: Gramedia
ISBN: 978-979-22-7696-1
cetakan I, Januari 2012
322 halaman

9 komentar:

  1. ini dipost buat posting bareng BBI-kah? Btw thanks reviewnya, aku jd dapet gambaran gmn bikin review kumcer. Ini juga lagi bikin buat posting bareng BBI, tp no idea gmn nulisnya :D

    BalasHapus
  2. bukan, aku posting bareng kumcer Kisah-Kisah Tengah Malam - Edgar Allan Poe. Haha, biasanya kalau nulis review kumcer kalau nggak semua cerita aku jabarin ya yang aku suka aja, tergantung banyaknya cerita juga :)

    BalasHapus
  3. jadi pengen baca buku ini :p

    BalasHapus
  4. aku selalu suka kumcer :D
    ini pas deh keky jd pilihanku

    BalasHapus
  5. 1buku 29 cerita?wow bnyk bgt curiga pendek2 crtnya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya jd kaya cerpen ya mba ^^

      Hapus
  6. Sihir Hujan, Saat Shinichi Kudo Berpamitan Kepada Ran Mouri dan Tidak Kembali Lagi, Sangat Sederhana, Bintang, Mentari, dan Hujan, Kisah Aku, Permainan Hati --> ceritanya cuma 4 halaman. Apa gak gantung ceritanya? Krn pendek banget ceritanya

    BalasHapus
  7. Kayana seru buat bacaan weekend dan pas lg nyantai ^^

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...