Kamis, 30 Juni 2011

Prophecy of The Sisters


10809874


Penulis: Michelle Zink
Penerbit: Matahati
Penerjemah: Ida Wajdi
Penyunting: Aisyah
Korektor: Tisa Anggriani
Cetakan: I, Maret 2011
ISBN: 602-859-026-6
359 halaman
Literary award: Chicago Public Library Best of the Best (2010), Top Ten Debut YA Novels 2009 Booklist (2009), Best Villain Chapters Indigo Teen Reads Awards (2010), NYPL Stuff for the Teen Age (2010)
Setting; New York, 1890

Lia Milthorpe merasa bahwa kematian ayahnya bukan kebetulan semata, banyak kejadian aneh setelah ayahnya meninggal di Kamar Gelap, kamar yang pernah menjadi kamar pribadi ibunya. Menemukan tanda ditangannya: seekor ular yang membentuk lingkaran dan memakan ekornya sendiri dengan hufuf C ditengah-tengahnya: Jorgumand, melihat saudara kembarnya, Alice bersikap aneh dan melakukan ritual seram, menemukan buku dalam bahasa latin “Librum Maleficii et Disordinae” yang artinya Buku Kekacauan, dia yakin semua itu berhubungan satu sama lain, dia berniat mencari tahu semua keanehan itu. Atas bantuan pacarnya, James, Lia tahu kalau Buku Kekacauan itu berisi dongeng kuno mengenai malaikat atau iblis namun buku tersebut tidak utuh, ada bagian penting yang hilang.


Kisah mengenai malaikat atau iblis yang dibuang dari surga. Konon, para Pengawas telah ditipu oleh Maari untuk melanggar larangan, salah satu dari saudara kembar. Maari memulai penghianatan dengan merayu Samael, malaikat yang paling dipercayai Tuhan. Samael berjanji pada Maari, jika maari melahirkan seorang malaikat, wanita itu akan menerima semua pengetahuan yang terlarang baginya sebagai manusia. Dan Samael benar. Setelah memperistri manuasia, para malaikat yang dibuang itu, atau Pengawas, mengajarkan segala macam sihir kepada pasangan baru mereka. Setelah Pengawas memperistri manusia dan membagi pengetahuan mereka, mereka diusir, dipaksa mengembara ke delapan Dunia Lain untuk selamanya hingga waktu Malapetaka Tuhan atau Kiamat. Setelah itu mereka tidak disebut lagi para Pengawas tetapi Roh yang Tersesat. Konon, ada cara mereka untuk kembali kedunia fisik, melalui dua saudari, satu Sang Garda (kedamaian di dunia fana) dan satu lagi sang Gerbang (tempat Roh bisa lewat). Jika Roh bisa membuat jalan kedunia kita, Malapetaka Tuhan  akan dimulai dan Roh akan bertempur bersama sebanyak-banyaknya roh tersesat yang bisa mereka bawa kembali dari Dunia Lain tetapi tentara roh tidak bisa memulai pertempuran tanpa pemimpin mereka, Samael. Samael hanya bisa  melewati Gerbang jika dia dipanggil oleh salah satu saudari yang ditakdirkan memanggilnya keluar atau sang Malaikat membawa kunci-kunci menuju Neraka.
Lia berpikir kalau tanpa kunci-kunci itu sesuatu yang mengerikan akan terjadi, jika dia dan Alice berada di pihak yang berseteru maka Lia harus menemukan kunci-kunci tersebut sebelum adiknya menemukannya.
Biarkan Gerbang Malaikat mengayun membuka tanpa Kunci-Kunci, diikuti Tujuh Tulah dan Tak Kembali
Awalnya Lia berpikir kalau dia adalah sang Garda dan adiknya sang Gerbang, namun karena keanehan dalam persalinan, kelahiran sungsang, Alice lebih dekat ke jalan lahir sedangkan Lia lebih dekat dari irisan yang dilakukan dokter, oleh karena itu dia menjadi yang pertama lahir, peran mereka pun tertukar. Lia sadar kalau perannya tertukar ketika dia membaca lipatan kertas yang terselip di Buku Kekacauan, berbunyi: “Medali Kekacauan, Tanda Sang Gerbang yang Sejati” yang mengartikan kalau Lialah sang Gerbang yang sesungguhnya karena dia memiliki tanda ular melingkar di tangannya sedangkan adiknya tidak. Sang gerbang selalu memiliki tanda Jorgumand. Masalahnya, Alice tidak mau menjadi sang Garda yang hanya menjadi penjaga, pengawal, melindungi dunia dari para Roh, dia ingin menjadi sang Gerbang, satu-satunya Gerbang yang memiliki kekuatan  untuk memanggil Samael, yang mempunyai pilihan mengahadirkan atau menghancurkannya selamanya. Bisa ditebak dong pilihan Alice.
Lia tidak sendirian dalam pencarian semua keanehan yang dialaminya, dia dibantu dua teman barunya, Luisa Torelli dan Sonia Sorrensen, mereka bertiga mempunyai kesamaan yaitu bisa mengembara di atas Dataran, mempunyai tanda yang sama dipergelangan tangan mereka tapi ada yang membedakan, punya kedua sahabatnya itu tidak mengandung hufuf C seperti punya Lia, kedua temannya itu juga lahir di tanggal yang sama. Mereka pun menyelidiki peran masing-masing, mengetahui kalau masih ada dua orang lagi yang memiliki tanda seperti mereka. Mencari Kunci yang akan mengakhiri ramalan itu.
Waktu baca di sampul belakangnya ada tulisan Dark Fantasy, yaelah setiap bulan saya dicekoki cerita yang gloomy, semi horror, gothic, untungnya saja tidak kapok. Sempat kepikiran juga kedua tokoh ini kayak telenovela Cinta Paulina, sama-sama saudara kembar yang bermusuhan, hihihihi. Setahu saya kalau saudara kembar itu punya ikatan batin yang kuat, saling memiliki dan akan sangat kehilangan kalau salah satunya pergi, mungkin penulis ingin menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Sebelumnya sudah pernah baca kisah tentang malaikat jatuh Hush, Hush yang sangat saya sukai, bedanya di cerita ini lebih condong ke ramalan kuno, akar dari cerita yang penuh teka-teki ini. Yubs, dari awal baca sampai akhir selalu bertanya kenapa, bagaimana, siapa, dimana tidak bisa berhenti sebelum menemukan jawabannya.
Masih banyak sekali pertannyaan tentang buku ini yang belum terjawab, terutama para tokohnya. Kalau Lia mungkin sedikit banyak sudah dijelaskan di buku ini, yang masih banyak pertannyaan adalah tokoh Alice, sebenarnya saya kasihan sama dia, tidak ada keluarga yang memihak dia, Ibunya saja sudah melindungi Lia sejak kecil, ayahnya dari jauh hari mencoba memecahkan ramalan untuk Lia bahkan menyuruh adiknya Henry untuk melindunginya, sedangkan Alice? Sebenarnya dia mempunyai bibi Vicoria untuk mengajarinya menjadi seorang Garda tetapi tidak mendapatkannya juga, penasaran bagaimana Alice bisa setegar itu, menurutku penulis agak pilih kasih deh :D. Ngomong-ngomong soal Henry saya mewek waktu adegan di sungai itu, kejam sekali penulis sama anak kecil yang lumpuh dan unyuuuu seperti dia, berharap sekali ada kesempatan untuk Henry, sedikit saja, adegan yang sangat
mengharukan. James juga tidak banyak diceritakan, sebenarnya berharap juga hubungannya dengan Lia lebih sering dimunculkan karena kisah mereka satu-satunya bumbu romance disini, penyegar agar tidak terkesan suram melulu hehehe. Walaupun ceritanya penuh teka-teki sampai di akhir, saya suka alurnya yang cepat jadi tidak bosan dan karena teka-teki itulah tidak bisa berhenti menyelesaikan sampai akhir, membuat penasaran, covernya juga cantik walaupun saya agak tidak suka kalau sebuah cover itu modelnya manusia, tapi masih mendinglah karena saya lihat ada beberapa edisi yang covernya malah terkesan horor. Berharap kelanjutannya cepat diterbitkan, perjalanan Lia sepertinya masih sangaatttttt panjang :)
4 sayap untuk si kembar yang nggak akur.
NB: Ini dia lanjutannya

GotgCof-cover
ada juga book trailernya
[youtube http://www.youtube.com/watch?v=vf9lqhoptFQ]
sedikit tentang pengarangnya,

Mzink_08_final_web-1
Michelle Zink tinggal di New York, sangat tertarik dengan mitos dan legenda kuno. Nggak heran kenapa ceritanya juga mengandung legenda, lanjutan dari seri Gothick Fantasy, Circle of Fire akan rilis pada tanggal 3 Agustus 2011, gak sabar yah :))
untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi www.michellezink.com

Senin, 27 Juni 2011

-Gairah Cinta Viking-


penulis: Johanna Lindsey
penerbit: Gramedia
alih bahasa: Ellianti Jacob Saleh
first published: September 1980
cetakan: I, April 2011
ISBN: 978-979-22-6979-6
522 halaman

Lady Brenna Carmarham yang tomboi terpaksa menyetujui rencana perjodohannya ayahnya dengan Garrick Haardrad, putra kepala suku bangsa Viking dengan alasan takut suatu saat nanti desa mereka akan dibantai oleh mereka, dimana para lelakinya sudah sangat jarang sekali. Brenna pun dilatih sejak kecil seperti seorang pria agar bisa menjaga dirinya sendiri. Namun harapan ayahnya tidak seperti yang diinginkannya, Anselm, kepala suku bangsa Viking sekaligus ayah Garrick datang sendiri ke desa Brenna untuk memlihat gadis yang ditawarkan untuk anaknya. Bukannya datang dengan baik-baik, mereka membantai habis para warga, laki-laki dibunuh, perempuan diambil untuk dijadikan budak. Brenna sangat marah sekali karena dia tidak bisa apa-apa untuk melawan mereka, sebelumnya dia sudah menyerang tapi shock ketika para pelayannya dibantai, dia bertekat akan balas dendam kepada Anselm. Dilain pihak, Anselm terpesona akan kegigihan Brenna dalam menghadapi anak buahnya, bertarung dengan pedang seorang diri, dia berpikir kalau Brenna cocok untuk anak keduannya itu.

Garrick tidak tahu kalau dia sudah dijodohkan dan sebentar lagi akan mempunyai istri, dia tidak membutuhkan wanita karena sebelumnya pernah disakiti oleh adik sahabatnya yang lebih memilih lelaki tua banyak harta. Waktu pulang dari pelayaran, tak taunya ada pelayan baru di rumahnya, awalnya dia menganggap seperti pelayan biasa tapi karena dia sering mencoba melarikan diri dan selalu membantah, Brenna menjadi pelayan istimewa. Dia tidak rela kalau Brenna disentuh oleh orang lain, dia kagum akan harga diri dan sifat keras kepalanya, dia hanya menginginkan Brenna untuk dirinya sendiri.
Gak kaget juga sih sama kekejaman bangsa Viking karena sebelumnya udah pernah baca
Comanche Moon (Comanche, #1)
Comanche Moon (Comanche, #1) yang bercerita tentang bangsa indian america jaman dulu, ga sama persis sih cuman kesadisannya itu loh hehehe agak mirip. Pembantaian suku lain demi merebut kekeuasaan, bagaimana para lelaki di jaman itu maen serobot aja kalau ada wanita, di perkosa ga kenal tempat, poligami, yah banyak pelecehan seksual lah. Gambaran tentang jaman Viking juga dijelaskan dengan lengkap oleh penulis, desanya, orang-orangnya, bagaimana seorang istri sadar kalau suaminya gak akan puas dengan satu wanita (istri menguasai rumah, tapi sewaktu di lautan suami boleh berbuat terserah mereka). Nah, yang aku suka itu Brenna tidak mau seperti itu, kau pilih hanya aku atau tidak sama sekali, padahal Garrick tidak mau menikah dengan alasan Brenna adalah budaknya, dan di desanya itu tabu hukumnya menikahi seorang budak. Seru juga waktu Brenna berusaha kabur tapi tetep aja Garrick bisa menemukannya, kejam tapi romantis deh hehehe.
4 sayap untuk kejamnya bangsa Viking
,

Gairah Cinta Viking

11142724
penulis: Johanna Lindsey
penerbit: Gramedia
alih bahasa: Ellianti Jacob Saleh
first published: September 1980
cetakan: I, April 2011
ISBN: 978-979-22-6979-6
522 halaman

Lady Brenna Carmarham yang tomboi terpaksa menyetujui rencana perjodohannya ayahnya dengan Garrick Haardrad, putra kepala suku bangsa Viking dengan alasan takut suatu saat nanti desa mereka akan dibantai oleh mereka, dimana para lelakinya sudah sangat jarang sekali. Brenna pun dilatih sejak kecil seperti seorang pria agar bisa menjaga dirinya sendiri. Namun harapan ayahnya tidak seperti yang diinginkannya, Anselm, kepala suku bangsa Viking sekaligus ayah Garrick datang sendiri ke desa Brenna untuk memlihat gadis yang ditawarkan untuk anaknya. Bukannya datang dengan baik-baik, mereka membantai habis para warga, laki-laki dibunuh, perempuan diambil untuk dijadikan budak. Brenna sangat marah sekali karena dia tidak bisa apa-apa untuk melawan mereka, sebelumnya dia sudah menyerang tapi shock ketika para pelayannya dibantai, dia bertekat akan balas dendam kepada Anselm. Dilain pihak, Anselm terpesona akan kegigihan Brenna dalam menghadapi anak buahnya, bertarung dengan pedang seorang diri, dia berpikir kalau Brenna cocok untuk anak keduannya itu.

Garrick tidak tahu kalau dia sudah dijodohkan dan sebentar lagi akan mempunyai istri, dia tidak membutuhkan wanita karena sebelumnya pernah disakiti oleh adik sahabatnya yang lebih memilih lelaki tua banyak harta. Waktu pulang dari pelayaran, tak taunya ada pelayan baru di rumahnya, awalnya dia menganggap seperti pelayan biasa tapi karena dia sering mencoba melarikan diri dan selalu membantah, Brenna menjadi pelayan istimewa. Dia tidak rela kalau Brenna disentuh oleh orang lain, dia kagum akan harga diri dan sifat keras kepalanya, dia hanya menginginkan Brenna untuk dirinya sendiri.
Gak kaget juga sih sama kekejaman bangsa Viking karena sebelumnya udah pernah baca
Comanche Moon (Comanche, #1)
Comanche Moon (Comanche, #1) yang bercerita tentang bangsa indian america jaman dulu, ga sama persis sih cuman kesadisannya itu loh hehehe agak mirip. Pembantaian suku lain demi merebut kekeuasaan, bagaimana para lelaki di jaman itu maen serobot aja kalau ada wanita, di perkosa ga kenal tempat, poligami, yah banyak pelecehan seksual lah. Gambaran tentang jaman Viking juga dijelaskan dengan lengkap oleh penulis, desanya, orang-orangnya, bagaimana seorang istri sadar kalau suaminya gak akan puas dengan satu wanita (istri menguasai rumah, tapi sewaktu di lautan suami boleh berbuat terserah mereka). Nah, yang aku suka itu Brenna tidak mau seperti itu, kau pilih hanya aku atau tidak sama sekali, padahal Garrick tidak mau menikah dengan alasan Brenna adalah budaknya, dan di desanya itu tabu hukumnya menikahi seorang budak. Seru juga waktu Brenna berusaha kabur tapi tetep aja Garrick bisa menemukannya, kejam tapi romantis deh hehehe.
4 sayap untuk kejamnya bangsa Viking
,

Minggu, 26 Juni 2011

Diary si Bocah Tengil: Hari-Hari Sial


penulis: Jeff Kinney
penerbit: Atria
judul asli: Diary of Wimpy Kid: Dog Days, diterbitkan: Amuled Books, 2009.
penerjemah; Ferry Halim
penyunting: Jia Effendie
pewajah isi: Aniza Pujiati
cetakan: III, Maret 2011
ISBN: 978-979-024-456-6
217 halaman

Buku I: tentang Greg dan sahabatnya Rowley, serta sekolah barunya.
Buku II: Greg dengan kakaknya, Rodrick
Buku III: Greg dengan ayahnya, sekolah militernya.
Buku IV: tentang liburan musim panas Greg.

Dibuku yang berwarna kuning ini memceritakan betapa sialnya Greg waktu liburan musim panas (perasaan dia sial terus deh :p). Greg punya cara untuk mengisi liburannya yaitu dengan nongkrong di sepan TV sambil bermain video games, dengan tirai jendela tertutup dan lampu yang dipadamkan (surga dunia hihihi), tapi Mom bilang kalau itu "tidak lazim" dia menyarankan agar pergi ke kolam renang bersama Rowley. tapi Greg punya pengalaman buruk dengan janapada, dia mengajak Trista, tetangga baru mereka ke kolam renang tersebut (Greg dan Rowley berusaha mengaet karena mereka sama-sama jomblo), namun baru lima menit si cewek itu sudah kepincut sama lifeguard. Sebenarnya Greg ingin sekali menghabiskan liburan panasnya ke pantai tapi ibunya dalam "rapat keluarga" mengatakan kalau keadaan keuangan agak seret tahun ini dan tidak mampu liburan ke pantai yang artinya tidak ada liburan keluarga, dia hanya menantikan di musim panas kali ini yaitu hari ulang tahunnya dan edisi komik terakhir "Si Kecil Imut" atau "Li'l Cutie" =))

Lucunya lagi waktu Greg setuju untuk potong rambut di Salon Kecantikan Bombshell, awalnya dia "malu" pergi ke tempat Mom dan Gramma potong rambut tapi disana dia menemukan kesenangan tersendiri, ada TV dimana-mana, banyak tabloid, surat kabar, dan GOSIP, dimana cacat cela setiap orang akan kau dapatkan di Salon Kecantikan =)). Mom juga menguliahi waktu Greg atau anak-anak seusianya terlalu banyak menonton film dengan adegan kekerasan dan terlalu sering bermain video games lalu dia mengadakan "kelompok membaca" sebagai hukumannya. Mom menyuruh setiap anak membawa buku favorit masing-masing untuk didiskusikan tapi Mom bilang kalau buku yang mereka bawa bukanlah karya sastra "yang sesungguhnya" dan mereka harus memulai dengan sastra "klasik" coba tebak bukunya apa saja? *jeng jeng* Little Woman, The Yearling, Old Yeller,  dan Anne of Green Gables, LOL. tahu tidak, lama-lama kelompok "Membaca itu Menyenangkan" tinggal Greg saja (hmmmm, kayaknya saya dan Greg sehati nih, tidak suka sama klasik :D).

Hukuman yang diberikan Mom tidak itu saja, waktu Greg dan Rowley di janapada, mereka menghabiskan uang Mr. Jefferson sebanyak  $ 83, dan Mom menyuruh mereka untuk melunasi uang tersebut dengan uang mereka SENDIRI. Karena tidak punya uang, Greg membuat rencana dengan membuka usaha Layanan Pemotongan Rumput V.I.P. Seperti sifat Greg yang egois, dia menyuruh Rowley untuk bekerja sedangkan dia duduk dibawah rindangnya pohon sambil mulai menyusun rencana bisnis. tapi Rowley tidak sebodoh biasanya dia marah dan bilang kalau bisnis mereka bersifat "rekanan" jadi harus dikerjakan bersama-sama (bagoooossss), mereka pun akhirnya bertengkar.

Waktu ulang tahunnya, Greg berharap mendapatkan kado berupa seekor anjing atau telepon seluler tapi tidak digubris ibunya jadi dia berharap mendapatkan kursi santai tapi dia malah mendapatkan kado dari Mom dan Dadnya berupa "kepik" telepon seluler yang hanya ada dua tombol. yang satu untuk menelepon rumah dan yang satu untuk keadaan darurat tak lain tak bukan 911, LOL.
Waktu Greg mau berfoto di kolam renang yang disampingnya ada Heather (atau lebih tepatnya dibangku penjaga keamanan kolam, jadi Greg di bawah bangku itu) tapi ibunya tidak bisa menggunakan kamera, waktu liburan ke pantai yang seharusnya menjadi impiannya, Greg malah berlibur bersama keluarga Jefferson dengan alasan agar hubungan Greg dan Rowley membaik, dia pun mencari cara agar "dipulangkan", masih banyak kesial Greg waktu musim panas, mending baca sendiri deh biar puas =))

Ilustrasi gambarnya sama banyaknya dengan buku ketiga, petuah-petuah Mom juga banyak seperti di buku kedua. Tetap lucu, tapi saya lebih suka buku pertama dan kedua, banyak keusilan Greg dan Rodrick di buku tersebut :D. Menurutku seri Wimpy Kid ini cocok sekali dibaca oleh orang tua karena banyak tips untuk mengatasi anak-anak yang bandel, cara menghukum yang bersifat mendidik, dan bagaimana caranya mendapatkan tambahan uang untuk membayar hutang dan cocok juga untuk anak kecil yang kepingin "nakal" =))

3 sayap untuk kesialan Greg yang bertubi-tubi :)

Kita tunggu kelanjutan seri berikutnya: Diary of a Wimpy Kid: The Ugly Truth (Diary of a Wimpy Kid #5), semoga cepat diterjemahkan


dan seri terbaru yang akan terbit pada bulan 15 November 2011, Diary of a Wimpy Kid: Cabin Fever (Diary of a Wimpy Kid #6)

Selain seri Wimpy tersebut, Jeff Kinney juga menerbitkan buku Diary of a Wimpy Kid Do-It-Yourself Book yang bertujuan agar kita membuat diary jurnal kita sendiri, berisi impianmu, rahasia terbesarmu, kenalkalan-kenakalan yang pernah kau buat, dan lain sebagainya, ada halaman kosong yang bisa kita isi sendiri, intinya kayak Kinney membuat seri Wimpy, kita bisa membuat seri kita sendiri, seru kan :))

Tentang pengarang:
Jeff Kinney adalah seorang pengembang dan perancang permainan online, dan pengarang buku terlaris #1 versi New York Times. Pada tahun 2009, Jeff dijuluki sebagai salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia versi majalah Time. Dia menghabiskan masa kanak-kanaknya di kawasan Washington, D.C., dan pindah ke New England pada tahun 1955. Sekarang, Jeff tinggal di bagian selatan Massachusetts bersama istri dan kedua putranya. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi www.wimpykid.com.
Untuk yang kepengen membuat avatar seperti tokoh di Wimpy Kid, coba berkunjung ke www.wimpyourself.com dan saya sudah mempraktekkannya, inilah hasilnya :)



Diary si Bocah Tengil: Usaha Terakhir



penulis: Jeff Kinney
penerbit: Atria
Judul asli: Diary of Wimpy Kid: The Last Straw, terbitan Amuled Books, 2009.
penerjemah: Ferry Halim
Penyuting: Ida Wajdi
Pewajah isi: Aniza
Cetakan: I, Mei 2010
ISBN: 978-979-1411-24-0
217 halaman

Di buku ketiga yang bersampul warna hijau ini lebih banyak bercerita tentang Greg dan ayahnya, Frank Heffley, kisah kocak bagaimana si Greg menghindar, mengelak, menagkis dari berbagai olah raga yang terorganisasi dan kegiatan "cowok" lainnya. Kenapa ayahnya sangat terobsesi sama olah raga? karena dia mempunyai seorang bos yang anak-anaknya fanatik terhadap olah raga, alasan yang konyol sekali. Ayahnya mendaftarkannya ke klub sepak bola, si Greg mendapatkan jatah menjadi penjaga gawang, bukannya menjaga dia malah berleha-leha ditengah permainan. Agar lebih disiplin lagi, ayahnya berencana mendaftarkannya ke Spag Union pada liburan musim panas, sebuah sekolah militer yang membuat Greg kalang kabut, berpikiran anak-anak yang lebih tua pasti akan menindas pada hari pertama. Dia mencoba merubah pemikiran ayahnya itu dengan ikut kegiatan pramuka, apakah berhasil?

Pernah gak kalau setiap tahun baru kalian buat resolusi? Si Greg ini punyan resolusi yaitu berusaha membantu orang LAIN untuk memperbaiki diri mereka (hahahah, seharusnya dia memperbaiki dirinya sendiri dulu). Dia memergoki anggota keluarganya yang menyimpang dari resolusi mereka, contohnya: Ibunya yang seharusnya pergi ke pusat kebugaran eh malah menghabiskan waktu dengan menonton televisi. Ayahnya, yang katannya akan menjalani program diet ketat setelah makan malam dia malah menjejalkan roto brownies di luar garasi. Adiknya, Manny, kalau dia sudah besar tidak akan pernah menyedot empeng lagi dan membuangnya ketempat sampah, tapi resolusi itu hanya bertahan satu MENIT. Si Rodrick tentu saja tidak punya resolusi di tahun baru =))

Kalau gak sial, bukan Greg namanya, natal tahun kemaren dia lagi-lagi mendapatkan hadiah natal yang tidak diharapkannya, sebuah deodoran, kamus wisata dan keranjang pakaian kotoran hadiah dari Paman Charlie. Waktu dia diantar ke sekolah sama ibunya dia lupa membawa ransel dan ibunya mengantarkan tas tersebut ke sekolah dengan pakaian olah raga padahal Greg sedang menjaga image-nya karena dia sedang naksir Holly, cewek tercantik nomer 4 di sekolah. Yang bikin ngakak waktu di gereja dan dia melihat Holly, ada keranjang untuk menyumbangkan uang untuk orang-orang yang kekuranggan, karena dia tidak punya uang dia minta kepada ibunya, dikiranya uang tersebut hanya satu dolar tapi ternyata malah DUA PULUH, dia berosaha merogoh ke dalam kerenjang untuk mengambil kembaliannya tapi sudah terlambat, lalu dia bilang "mudah-mudahan saja aku masuk surga atas sumbangan ITU" =))

Kebenciannku pada Manny belum surut juga, membaca buku ketiga ini malah menjadi, keki banget waktu baca bagian dimana dia boleh membawa segala macam mainannya ke gereja, marah ketika sandwictnya dipotong menjadi DUA bukannya EMPAT lalu ibunya jauh-jauh dari kantor pergi kesekolahnya hanya untuk memotongnya, dan waktu ibunya membuat aturan "tidak boleh bersumpah serapah" karena Manny suka meniru ucapan orang, jadi bila ada orang yang ngomong jorok, orang tersebut harus memasukkan uang ke dalam "stoples sumpah serapah" milik Manny, enak bener kan dia.

Masih tetap lucu dengan banyolah Kinney yang khas, disetiap akhir cerita pasti diselipkan kalimat yang membuat ngakak. Ilustrasi gambarnya juga lebih banyak dan besar, kadang mencapai satu halaman penuh. Masih suka covernya dan cara penulisannya yang kayak diary tapi gak suka sama kertasnya, lebih suka yang buram kayak buku pertama dan kedua. Pokoknya harus baca kalau dari pertama sudah mengikuti cerita si Greg ini =))

3 sayap untuk Greg yang konyol.

Jumat, 17 Juni 2011

Say Thanks

Pernah nggak sih kepikiran kalau orang-orang disekitarmu yang tidak kamu kenal sangat berjasa, menginspirasi untuk terus maju? Banyak. Ya, banyak sekali pekerjaan yang mendapatkan label "berjasa," seperti tukang cukur rambut, abang tukang becak, penjual makanan, dan masih banyak lagi. Ada satu pekerjaan yang merasa berkah buat saya, dia melakukan "Pekerjaan Kotor." Jangan negative thinking dulu ya, pekerjaan yang saya maksud disini adalah Tukang Sampah, orang yang bekerja memunguti sampah yang berada di komplek kos saya. Kenapa saya menyebut " Pekerjaan Kotor?" dari salah satu katanya saja sudah mencerminkan kotor, Sampah.

Saya tidak pernah mengenal beliau, beliau laki-laki yang saya tafsir usianya berkisar 60 tahunan ke atas. Tapi beliau masih sangat bugar, masih sangat bersemangat mencari nafkah untuk keluarganya, untuk sesuap nasi. Beliau tidak malu akan pekerjaan yang mungkin banyak orang tidak ingin memiliki pekerjaan seperti itu. Coba kalian ingat waktu kecil kalau ditanya cita-cita kalian, kalaian akan menjawab apa? Kebanyakan anak kecil pasti menjawab dokter, polisi, insinyur, pilot dan pekerjaan-pekerjaan terpandang lainnya. Mungkin bapak itu dulunya juga tidak bercita-cita menjadi tukang sampah bahkan mungkin bercita-cita lebih tinggi, ingin menjadi presiden ataupun astronot mungkin, tapi keadaan berkata lain, beliau harus berurusan dengan kotor, menghidupi keluarganya dari sampah.

Saya tidak hapal berapa kali seminggu beliau mengambil sampah yang ada di kos saya, sampah-sampah yang berserakan, tidak tertata rapi di depan kamar saya yang jelas sewaktu saya bangun tidur tempat sampah itu sudah bersih. Beliau bekerja pada pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB, sedangkan saya kalau bangun seringnya membuat ayam malas melakukan ritualnya berkokok karena hewan berkaki dua itu selalu gagal membangunkan saya. Sudah berurusan dengan kotor, pagi buta pula kerjanya, siapa yang mau?
Yah, mungkin masih banyak lagi kelemahan pekerjaan kotor itu, tapi ada satu hal yang bisa saya petik dari beliau yaitu dibutuhkan oleh orang lain. Saya ingin berguna, saya ingin sekali melakukan pekerjaan yang nantinya bermanfaat untuk orang lain. Pekerjaan yang hasilnya bisa dinikmati banyak orang. Bukan berarti saya ingin juga menjadi tukang sampah, setidaknya saya bisa mendapatkan lebih baik, sesuai dengan minat saya. Saya sangat bersyukur ada bapak tukang sampah itu, beliau sangat berjasa untuk saya, kalau bukan beliau lalu siapa yang akan mengurusi sampah yang tiap hari menumpuk? Siapa yang akan memilih sampah yang nantinya bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat lagi? Siapa yang berani berurusan dengan kotor? pernah baca Bocah Penjinak Angin? Ada quote yang sesuai dan sangat saya sukai,
Orang Afrika menggunakan semua keterbatasan yang mereka miliki untuk mencapai keinginannya. Dengan menggunakan kreativitas, mereka mengatasi tantangan-tantangan di Afrika. Kalau orang lain melihat suatu benda sebagai sampah, orang Afrika mendaur ulang benda itu. Kalau orang lain melihat suatu hal sebagai benda rongsokan, orang Afrika melihat kelahiran kembali benda itu
Kalau kata iklan, kalau nggak kotor itu nggak belajar.
Saya belajar dari bapak tukang sampah itu. Kerja keras, percaya diri dan tidak mudah menyerah.
Ada sesuatu yang ingin saya sampaikan kepada beliau tapi belum terlaksana sampai sekarang karena kami jarang bertemu. saya ingin mengucapkan terima kasih.

NB: ditulis untuk #olliebday

Kamis, 16 Juni 2011

Diary si Bocah Tengil: Rodrick Yang Semena-mena


penulis: Jeff Kinnley
penerbit: Atria
judul asli: Diary of a Wimpy Kid: Rodrick Rules
seri: Diary of a Wimpy Kid #2
penerjemah: Ferry Halim
penyunting: Indah N.
pewajah isi: Atu Kesuma
cetakan: I, 2009
216 halaman
ISBN: 978-979-1411-22-6

Sesuai dengan judulnya, di buku ini banyak menceritakan tentang Rodrick dan keluarganya. Dimulai dari Rodrick yang mengambil diary jurnal sehingga dia tahu rahasia terbesar Greg, ayahnya yang memaksa untuk bergabung dengan tim renang, dan ibunya memanksa Rodrick untuk mengantar jemput Greg dan alhasil Greg harus menunggu setengah jam terlebih dahulu dan Rodrick tidak membolehkannya duduk di depan, alasannya klorin akan menghancurkan jok mobilnya =)), waktu mereka di suruh mengerjakan tugas rumah tangga oleh ibunya yaitu mencuci piring, aturannya adalah mereka tidak boleh menonton televisi dan bermain video game sampai semua piring selesai dicuci, tentu saja Rodrick menjadi rekan mencuci piring terburuk, dia pergi ke kamar mandi selama satu jam dan sewaktu turun Greg sudah selesai mencuci piring, dengan entengnya dia bilang "tubuhku punya jadwal sendiri." Ibunya juga mendapatkan jalan agar mereka mendapatkan uang yaitu dengan cara "Duit Ibu," Duit Ibu itu bisa didapatkan dengan cara mengerjakan tugas rumah tangga, berbuat baik, dan hal-hal seperti itu yang nantinya mereka bisa menukarkan Duit Ibu itu dengan uang asli. Dia juga mempunyai ingatan sehebat gajah, kalau berbohong dia akan selalu menginggatnya dan akan menentukan hukuman. Aku sebal sekali sama Manny, di buku ini dia sudah mulai bisa bicara, dan dia sukses menjadi pengadu, dasar kecil-kecil bermulut besar.

Yang aku tunggu-tunggu nih, yub cerita si Rowley, ceritanya waktu liburan musim panas dia liburan ke Eropa, dia selalu mengikuti tren yang sedang berlaku di negara itu, dia menjadi pengemar Josie penyanyi pop yang sedang terkenal (hmmmm, aku tahu siapa penyanyi ini yang versi film XD). Di buku ini juga banyak sekali peraturan yang diberlakukan oleh ibu Greg, misalnya sewaktu Greg dan Rodrick bertengkar, ibunya akan menyelesaikan perselisihan mereka dengan cara "beradab." cara beradab disini adalah mereka harus menulis kesalahan yang telah dilakukan dan menyertakan gambar bersama tulisannya yang bertujuan agar mereka malu pada perbuatannnya dan tidak mengulanginya lagi. Cerita tentang ayahnya, dia mempunyai hobi baru yaitu membuat vesi miniatur medan tempur perang sipil yang melarang anak-anaknya ataupun orang lain karena takut mereka akan menghancurkannya. Selain Greg yang sering diperbodoh Rodrick, ternyata ayahnya juga pernah mengalami, dia beralasan tidak bisa mengetik dan selalu meminta ayahnya untuk mengerjakannya, berlangsung selama bertahun-tahun! sungguh betapa enaknya si Rodrick ini. Selain Rowley yang sangat unyu, ada satu lagi yaitu Chirag Gupta seorang peranakan India. Dia baru pindah kembali tapi si Greg malah bersenang-seneng dengan berpura-pura dia belum kembali, jadi kalau di sekolah Greg akan bilang seolah-olah seandainya Chirag ada sisini, padahal... =)) Aku kasihan pada Greg sewaktu dia ditinggal sendiri di rumah sama Rowley trus Rowley berencana mau mnegadakan pesta, Rowley menyuruh mengambil meja di ruang bawah tanah, eh gak taunya dia malah di kunci disitu. Maih banyak lagi sikap Rodrick yang semena-mena dan yang menjadi konflik adalah Rodrick marah kepada Greg karena salah merekam penampilan band Rodrick pada saat acara Unjuk Bakat yang nantinya ingin dia kirimkan ke perusahaan rekaman, bukannya sklilnya Rodrick tapi penampilan Ibunya yang sedang berjoged. Rodrick pun menyebarkan rahasia musim panas Greg.

Gak jauh beda sama buku yang kedua, tetap lucu dan ilustrasi gambarnya tetap juara. Selain bercerita tentang betapa tengilnya Rodrick dan betapa tersiksanya Greg (Rodrick ini menginggatkanku akan kakakku yang juga suka membully adiknya *lirik-lirik semoga dia tidak baca posting ini*), dibuku ini banyak sekali pesan moral yang dipaparkan oleh Ibu mereka. Memberi aturan dan hukuman agar mereka lebih disiplin, tidak bertengkar, dan kalau ingin mendapatkan sesuatu itu harus ada harga yang dibayar, seperti membuat program "Duit Ibu." Masih suka dengan kertas buramnya dan isinya yang seperti diary, begitu juga covernya. Aku gak sabar untuk menonton filmnya, kangen sama tampang konyolnya Rowley, Greg yang sok keren, Manny yang bermulut besar, Ibunya yang otoriter, Rodrick yang semena-mena, yang jelas ingin nonton filmnya :))

3 sayap untuk rahasia musim panas.

Diary si Bocah Tengil



Penulis: Jeff Kinney
Penerbit: Atria
Penerjemah: Ferry Halim
Penyunting: Annisa W.
Pewajah isi: Aniza Pujiati
Cetakan: II, Juni 2009
216 halaman
ISBN: 978-979-1411-20-2

Saya nonton filmnya dulu sebelum baca buku ini, dan Super Ngakak, benar-benar konyol si Greg dan Rowley =)) pas bener para pemainnya, tapi sayang di sayang saya tidak bisa mengulang tertawa waktu membaca seri pertama ini, bukannya tidak bagus, hampir semua isi di buku ini ada dalam filmnya, dan mungkin tawa saya stoknya sudah habis untuk filmnya. Baru pertama kali ini saya baca buku percampuran antara novel dan komik yang bisa disebut novel kartun, ilustrasinya juga bagus dan gak njlimet kayak komik jepang.

Di buku pertama ini lebih banyak menceritakan tentang Greg Heffley, teman-temannya, keluarganya dan sekolah barunya, yub dia baru beranjak kelas 1 SMP. Greg ingin menjadi populer, makanya dia menyusun stratergi diantaranya adalah memilih tempat duduk diantara cewek-cewek cantik, memilih teman yang populer. Tapi sayang semua rencana tidak seperti yang diharapkannya, dia malah terdampar ditengah orang-orang aneh, terjebak antara Chris Hosey di depannya dan Lionel James di belakangnya, ditambah lagi Greg terpaksa menjalin persahabatan lagi dengan teman SD-nya Rowley. Ada juga temannya yang bernama Fregley anak yang bertubuh kerempeng tapi jago bermain gulat, mabuk gula, menurutku dia sangat menjijikan, waktu Greg menginap di rumahnya dia menempelkan upil di sudut kanan bawah, sehingga sewaktu Greg membacanya tak sengaja dia menyentuh upil itu, yaksss. Selain menceritakan betapa aneh teman-temannya, ada juga kutukan Sentuhan Keju, kalau mendapatkan Sentuhan Keju maka kalian akan memilikinya sampai kalian mengoperkannya pada orang lain. Yang paling membuat saya ngakak adalah cerita bersama Rowley, si Greg merasa citra diri yang dibangun sejak dulu hancur karena berteman dengannya. Mulai dari salah mengucapkan "bermain" yang seharusnya sekarang kalau mengucapkannya adalah "nongkrong," waktu pertama kali Rowley pindah di lingkungan Greg, Ibunya membelikannya buku "Bagaimana Mendapatkan Teman di tempat Baru" nah si Rowley ini mempraktekkan semua banyolan lucu yang ada di buku itu. Sebenernya saya malah kasihan sama si Rowley ini, di sering diperbodoh sama Greg.Beralih ke keluarganya yang "aneh" Ibunya yang sering mengeluarkan berbagai aturan kalau melakukan kesalahan dia akan memikirkan hukuman yang cocok walaupun kesalahan itu sedah berlangsung di masa lampau, dia masih ingat, ayahnya yang terobsesi agar Greg suka olah raga dan tipe suami-suami takut istri waktu Halloween punya kebiasaan aneh, suka menyiran air ke orang yang bertandang ke rumahnya, adiknya si Manny yang di nomor satukan oleh orang tuanya, dan tentu saja Rodrick yang sangat usil. Bayangkan, dia mengerjai Greg pada pukul 3.00 dini hari, dia memakai seragam sekolah lengkap, menyetel jam beker sehingga tampak seolah-olah sudah pagi =))

Konflik di cerita ini adalah ketika Rowley menjadi populer karena tangannya yang patah dan harus di gip, Greg cemburu. Padahal yang menyebabkan tangannya patah adalah si Greg sendiri, tidak hanya itu waktu ada lowongan untuk surat kabar sekolah, Greg mencemooh kartun buatan Rowley yang kebanyakan isinya bertuliskan "zoo-wee mama!" eh gak taunya dia malah jadi pemenang, tidak hanya itu (lagi) Greg berbohong kalau yang mengejar anak-anak kecil dengan cacing adalah Rowley padahal dia sedang meminjam jaket Rowley, ganjarannya adalah Rowley harus melepas jabatan sebagai Pengawas Keamanan, kehilangan hak istimewa minum coklat panas.

Awalnya gak tertarik baca cuman tertarik sama covernya soalnya aku kira cerita anak, eh gak taunya buku ini menang penghargaan, penasaranlah. Benar-benar cerita ringan yang wajib dibaca untuk segala umur, kartunnya benar-benar lucu, karakter tokoh-tokohnya juga unik, Greg yang egois dan sok keren (mengingatkanku akan si Barti), Rowley yang gampang dibodohi, Rodrick yang usil, Ibu yang otoriter, Fregley yang menjijikan, dll. Sangat suka kertasnya, isinya tuh kayak diary beneran hehehe, yang membuat saya bingung tokoh cewek yang jadi fotografer majalah sekolah kok di buku ini gak ada ya? Pokoknya tiap baca tiap bagian ada saja banyolan lucunya. Gak sabar nonton film keduannya, gak kuat liat tampang si pemeran Rowley, benar-benar konyol =))

3 sayap untuk Zoo-Wee Mama! :D


Rabu, 15 Juni 2011

Cara Asik Mendapatkan Buku

Pengen tahu cara lain mendapatkan buku selain membeli atau menyewa? akhir-akhir ini, kami para pecinta buku selain mengharapkan buntelan sekarang mulai merambah ke swap (saling tukar buku), kenapa begitu? kalo aku tentu saja harga buku yang sekarang meroket tajam mahalnya (biasanya ak beli Historical romance seharga 50k sekarang menjadi 60k bahkan ada yang 80k, kayak BBM aja naiknya). Kalau buntelan susahnya itu kita harus rajin berdoa supaya banyak kuis berhadiahkan buku, faktor "luck" sangat dibutuhkan kalo soal ini, sedangkan swap kita bertumpu pada genre favorit atau wishlist, buatku ini juga agak susah soalnya teman-teman kebanyakan pada suka klasik, kalau aku tentu saja romance dan fantasy hehehe. kalo mau lihat buku yang mau ak swap boleh kok, klik aja disini http://bit.ly/ixgux0 kebanyakan teenlit dan buku lama sih, tapi ada juga yang klasik dan fantasy. Nah kalo temen punya wishlist kita dan dia mau menswap, selanjutnya kita tinggal nego sama buku apa yang jadi wishlistnya, gampang kan caranya, simbiosis mutualisme. Selain kedua hal itu, ada cara lain agar kita membaca tapi tidak mengeluarkan biaya, beruntunglah saya mempunyai teman yang hobinya sama dan tempat tinggalnya terjangkau sehingga kita bisa saling pinjam buku secara gratis :D

Ini beberapa hasil buntelan, swap, dan pinjam, sangat mengasikkan :D


317392771244111731244110073263705005247629892274698744296492165281380178294723305285605812Image0528

dapet buntelan dari penerbit maupun pengarangnya langsung (paling seneng, karna tanpa biaya dan kadang dapat tanda tangan penulisnya hehehe)

299549276286866754Image0532

hasil swap sama @melmarian (Golden Web >< Scones and Sensibility), @innodini (Lamed >< Eat, Pray, Love) dan @ria_wibisono (Bocah Penjinak Angin >< Your Job Is Not Your Career)

306058955293923324
kalau yang ini hasil pinjem sama anak Goodreads Solo, agak maruk kalo pinjem hehehe.

Ada yang mau ngasih buntelan gratis atau mau swap??? Jangan sungkan menghubungi saya :p

Amulet Samarkand



penulis: Jonathan Stround
penerbit: Gramedia
judul asli: The Bartimaeus Trilogy #1: The Amulet of Samarkand
alih bahasa; Poppy Damayanti Chusfani
editor: Indah S. Pratidina
cetakan: keempat, November 2007
512 halaman
literary awards: Mythopoeic Fantasy Award for Adolescent Literature (2006), ALA's Top Ten Best Books for Young Adults (2004)

goodreads: http://bit.ly/jZLkHY

Jujur, awalnya gak pernah kepikiran untuk baca, baca sinopsisnya di toko buku aja ogah, karena dari covernya menakutkan, jelek, gak menarik hehehe, tapi ternyata emang dialah yang mengisi buku ini, inti buku ini dan ratingnya bagus banget di goodreads maka tambah penasaranlah saya untuk membaca cerita sihir selain Harry Potter. Thank untuk mb @daneeollie atas pinjaman bukunya (masih kurang dua yang belum dibaca huhuhuhu).

Komentar untuk buku ini adalah sangat penuh perjuangan, bagaimana tidak? setiap baca beberapa halaman saya langsung tertidur, entah apakah ada kandungan obat tidur atau tidak buku ini yang jelas sukses menjadi bacaan sebelum tidur. Beda dengan Harry Potter yang bisa saya selesaikan dalam sehari, dua hari, buku ini perlu waktu berhari-hari untuk selesai. Saya mencoba mengganti dengan bacaan lain siapa tahu bisa kembali bersemnagat tapi tenyata nihil juga. Satu-satunya yang mampu membuat saya bertahan membaca buku ini adalah si Bartimeaus, ya, si Jin buruk rupa yang sok keren, sok hebat, sok nyinyir, dan sok sok lainnya yang diakuinya sukses membuat saya terhibur, nanjong bener ini si Jin hehehe. Oke mari kita mulai ceritannya.
Dendam karena dipermalukan Simon Lovelace, anak kecil berumur 12 tahun, Nathaniel memanggil Damon atau Jin kelas menengah berusia 5.000 tahun yang bisa berubah wujud, ia bernama Bartimaeus, Sakhr al-Jinni, N'gorso yang hebat, dan sang Ular dari Silver Plumes, pernah membangun tembok-tembok Uruk, Karnak, dan Praha. Awalnya dia tidak sudi di perintah oleh anak kecil ingusan, kerempeng, berwajah pucat seperti Natty, tapi karena dia terikat untuk mematuhi perintah tuannya, si Jin yang pernah berbicara dengan Solomon dan berlari bersama nenek moyang kerbau-kerbau di padang rumput ini terpaksa bersedia. Dia diperintahkan untuk mencuri benda pusaka milik Simon, Amuled Samarkand. Dengan sedikit perlawanan dari Faquarl dan Jabor, damon milik Simon, Barti berhasil membawa Amuled Samarkand dari kediaman Simon Lovelace.

Belum selesai, justru dari sinilah konflik dimulai.Dengan bantuan imp-nya (setan peliharaan) yang ada di cermin yang berwujud seorang bayi, Natty tahu kalau Simon Lovelace mendapatkan Amuled Samarkand dengan curang, dia membayar orang asing untuk mengambil kalung berkekuatan entah itu dari pemerintah, lalu dia memerintahkan Barti lagi untuk menyelidiki siapa orang asing yang disuruh Simon untuk mencuri Amuled sekaligus memata-matainya, dia ingin menghancurkan Simon Lovelace. Tugas kali ini tidak semudah sebelumnya karena Bartimeaus tertangkap dan dipenjara di Menara London akibat serangangannya terhadap Pinn's di Piccadilly dengan tersebarnya berita itu maka Simon tahu siapa yang mencuri Amulednya dan si Barti kembali berurusan dengan Faquarl dan Jabor. Sebenarnya apa yang direncanakan Simon Lovelace dengan Amuled Samarkand? kekuatan apa yang dimiliki Amuled Samarkand itu? Lalu siapa yang menyerang Parlemen? Cerita diakhir cukup seru, kerjasama Barti dan Natty sayang untuk dilewatkan.
#phew akhirnya selesai juga, mungkin sudah sangat WOW baca Harry Potter jadi saya menganggap buku ini berasa kurang (karna bercerita tentang sihir, mau tidak mau saya membandingkannya dengan Harry Potter), sihirnya tidak terlalu banyak, lebih condong ke para imp dan demon yang keahliannya pun yang paling menonjol adalah dapat berubah banyak wujud, Si Natty pun kekuatannya tidak terlalu terlihat, ok ak salut dengan kehebatannya mempelajari sihir secara otodidak lewat buku-buku masternya, tapi jauh lebih suka Hermione kalo soal kepintaran. Latar belakang Nathaniel sendiri hampir mirip dengan Harry Potter, seorang yatim piatu. Nathaniel diasuh oleh masternya seorang penyihir kelas rendah, Arthur Underwood, bedanya istrinya sangat menyayanggi Nathaniel begitu sebaliknya. Sangat terlihat bagaimana rasanya Natty kehilangan Mrs. Underwood ketika Simon meluluh lantahkan kediaman Mr. Underwood sewaktu mencari Amuled Samarkand. Hubungan Barti dan Natty tentu saja yang paling menarik, Barti juga punya rasa sayang sama Natty sewaktu mereka melarikan diri dan Natty kedinginan, si Barti menawarkan untuk membuat api dan kerjasama mereka sewaktu berjalannya pertempuran. Mereka juga sama-sama licik, sewaktu Barti tahu nama asli Natheniel dia punya senjata ampuh untuk terlepas dari tuannya (kalau si Jin tahu nama asli tuannya maka dia juga memiliki kekuasaan akan tuannya, tidak ada lagi kekuasaan satu arah), Natty pun mengancam dengan mantra pengikat total agar Barti kembali mematuhi perintahnya (kotak penuh serbuk rosemary, bisa terjebak selama berabad-abad didalam kotak itu). Tak lama kemudia Natty mendapatkan nama baru John Mandrake.

Dan yang paling membuat saya bosan adalah alurnya sangat lambat, ini mana sih bagian yang membuat saya berkata WOW waktu membacanya? sampai diakhir saya menutup buku ini masih tidak menemukan "kenapa saya sangat menyukai buku ini." Selain kebosanan itu, saya berterimakasih kepada Bartimaeus karena membuat buku ini berwarna dan asik untuk dinikmati dengan sifatnya yang khas itu, suka sok hehehe. Eh ada satu lagi, baru kali ini saya membaca buku yang catatan kakinya banyak plus panjang yang isinya gak penting (bisa ditebak omongan gak penting itu keluar dari mulut siapa) :p. Harus cepat-cepat menyelesaikan buku selanjutnya nih, mau tahu tingkah apa lagi yang akan dilakukan oleh si Barti.

3 sayap untuk Bartimeaus yang jelek dan konyol.


Senin, 06 Juni 2011

1 Perempuan 14 Laki-Laki



Penulis: Djenar Maesa Ayu, dll
Penerbit: Gramediaterstock.com
Editor: Mirna Yulistianti
Desain Cover: Shut
Cetakan: I, 14 Januari 2011
ISBN: 978-979-22-6608-5
124 Halaman

Kedua kali ini baca bukunya mbak Djenar, yang pertama adalah Nayla, saya sedikit memahami gaya penulisannya yaitu apa adanya alias vulgar hehe. Bagus sih kalimatnya, kalau orang biasa bilang prosa ya? Ada banyak kalimat yang berima dan indah, ada kalimat yang tanpa sensor, banyak juga yang saya tidak mengerti. Entahlah, saya merasa sepanjang cerita di buku ini intinya sama. Mari kita ulas satu per satu (tentunya menurut pemahaman saya, hehe).

#1 Kunang-Kunang Dalam Bir bersama Agus Noor
Menemui? Apakah arti kata ini? Yang sangat sederhana, menemui adalah berjumpa. Tapi untuk apa? hanya untuk sebuah kenangan atau adakah yang masih berharga dari ciuman-ciuman masa lalu itu? Masa yang seharusnya mereka jangkau dulu. Dulu, ketika ia masih mengenakan seragam putih abu-abu. Saatnya senyumnya masih seranum mangga muda. Dengan rambut tergerai hingga di atas buah dada. Ketika ia yakin, ia tak mungkin bahagia tanpa dia."
Seorang laki-laki sedang menunggu cinta SMAnya di sebuah cafe sambil menikmati bergelas-gelas bir.Mereka dulu berjanji untuk bersama tapi si kunang- kunang (si cewek) malah menikah dengan orang lain.
#2 Cat Hitam Berjari Enam bersama Enrico Soekarno
Jujur, saya agak bingung dengan cerpen ini, membaca berkali-kalipun masih tetap bingung, saya hanya menyimpulkan tokoh dalam cerita ini dulunya mempunyai kenangan yang buruk, yang membuat dia terluka kemudian dia mencurahkan perasaannya itu di dalam kanvas.
#3 Menyeruput Kopi Di Wajah Tampan bersama Indra Herlambang
Si cewek dalam tokoh ini merasa casting yang dijalaninya seperti kehidupannya, terluka karena laki-laki, ayahnya yang gigolo, pembantunya yang dihamili supir tetangganya.
Waktu. Haruskah saya menyalahkan waktu? Mengapa saya tidak menyalahkan ia yang sedang berkhianat dan berubah laknat? Padahal sebelum piring keramik itu menghantam jidat, apa yang dilakukannya adalah tindakan bejat. Karena, bagaimana ia mampu membuka ruang yang selama ini saya jaga rapat-rapat, dan menghuninya hanya sesaat, lalu dengan mudahnya ia minggat.
#4 Ramaraib bersama Sardono W. Kusumo
Penonton adalah panggung bagi seorang penari. Setiap penonton, lewat tubuh penari itu menciptakan tokoh imajinasi. Dan ketika penonton menikmati tubuh penari, sebenarnya ia sedang menikmati tubuhnya sendiri.
Inti cerita yang saya dapat adalah guru tari yang menjalin affair dengan muridnya.
#5 Kupunyakupu bersama Totot Indrarto
Di paragraf terahir ada kalimat yang jalas "Kafe Homo Haram" saya jadi mengerti sedikit cerita ini, ya , hubungan sesama jenis yang tabu, yang seharsnya tidak boleh dilakukan.
#6 Kulkas.Dari.Langit bersama JRX
Saya tidak mengerti cerita ini, yang saya mengerti hanya uhuk-uhuk.
#7 Matahari Di Klab Malam bersama Arya Yudistira Syuman
Seorang laki-laki yang menyewa pelacur tapi dia tidak ingin berpisah dengan wanita tersebut.
#8 Rembulan Ungun Kurusetra bersama Sujiwo Tedjo
Ada sentuhan khasnya sang dalang nih, yub, kayak pewayangan gitu. Raditya punya affair dengan wanita yang jauh lebih tua darinya yaitu Prita, padahal Prita sudah punya pacar Tedjo.
#9 Napas Dalam Balon Karet bersama Richard Oh
Aku suka pas adegan Antonio memberi balon untuk kepada Roselyn ditiup yang kemudian diserahkan lagi ke Antonia, begitu seterusnya. "Antonio menghisap dalam-dalam napas Roselyn di dalam balon karet." Menurut saya ceritanya tentang Antonio yang mengenang Roselyn karena baru saja meninggal, dia kembali kemasa dimana pertama kali bertemu dengan Roselyn.
#10 Bukumuka bersama Nugroho Suksmanto
Lewat situs jejaring sosial, Kusmanto bertemu dengan Ayu yang lama kelamaan menjadi sebuah affair. Tapi beberapa waktu berselang Ayu menghilang, kemudian tiba-tiba saya Ayu menelepon kalau dia hamil dan memberitahu kalau suaminya sedang mencarinya. Suami Ayu meminta bertemu di tempat dimana biasanya Kusmanto dan Ayu menjalin affair dengan ancaman dia akan membeberkan semua kebusukannya kekeluarganya, endingnya gak bisa ditebak ;p
#11 Ra Kuadrat bersama Lukman Sardi
Kayak cerita SMA kebanyakan, Rani menemukan buku harian suaminya Ranu waktu SMA, ternyata dulu dia mencintai Azhra tapi sudah keduluan sama temennya Ganesha.
#12 Dijerat Saklar bersama Robertus Robet
Aku mencintaimu maka aku ada! Aku mencintaimu maka aku membunuhmu.
Menurutku bercerita tentang seseorang yang posesif atau psico yang membunuh pacarnya, mungkin saking cintanya kali ya.
#13 Polos bersama Mudji Sutrisno, Sj
Bingung sama cerita ini, kelahiran seorang manusia yang awalnya terlahir suci?
#14 Balsem Lavender bersama Butet Kartaradjasa
Intinya juga tentang uhuk-uhuk.

Itulah inti cerita menurut pemahaman saya, mungkin tiap orang bisa mencerna lain, hanya segitu kemampuan saya untuk mencerna ke-14 cerpen kolaborasi ini, saya tidak suka membaca buku yang menguras pikiran, saya membaca untuk kesenangan bukan menambah beban pikiran saya, ada cerpen yang saya baca berulang kali agar mengerti apa sih maksudnya cerita ini? Ceritanya hampir sama saja, selalu ada uhuk-uhuknya. Penulisannya unik, mbak Djenar memulai dulu kemudian partnernya melanjutkan, begitu seterusnya. Orang yang diajak berkolaborasi pun para seniman yang sudah mempunyai nama jadi kayaknya seru nih waktu awal membaca, tapi ya itu, menurut saya terlalu njimet hehehe. Cerpen yang paling favorit adalah Napas Dalam Balon Karet, romantis euy waktu saling menghisap napas itu :D

2 sayap untuk mbak Djenar yang dikeroyok 14 Laki-laki

Jumat, 03 Juni 2011

Terperangkap Dalam Pesona Sang Kapten



Penulis: Kresley Cole
Penerbit: Gagasmedia
Judul asli: Captain of All Pleasures
Series: Sutherland Brothers #1


karakter: Nicole Lassiter, Derek Sutherland
ISBN: 979-780-482-8
430 halaman
goodreads:http://bit.ly/jQtwry

Nicole Lessiter nekat melakukan pelayaran sendiri dengan ditemani awak kapal ayahnya, dia terpaksa ikut lomba pelayaran karena ingin menyelamatkan perusahaanya dan ayahnya yang dipenjara karena perkelahiannya dengan Derek Sutherland. Derek tidak menyangka kalau gadis yang mempesona dan yang dia anggap pelacur itu adalah anak musuh besarnya, Jason Lassiter. dia pun menjadi bersemangat mengikuti pertandingan pelayaran karena gadis yang dicarinya juga mengikuti lomba itu. Kesalahpahaman terjadi diantara mereka ketika Derek mendapati kalau beberapa awak kapalnya keracunan dan dia mencurigai Nicole sebagai pelakunya, sedangkan Nicole sangat marah karena kapalnya karam waktu badai dan menyalahkan Derek sebagai penyebab semuannya. Karena merasa perbuatan Nicole yang sudah sangat keterlaluan, dia membacak kapalnya yang sudah karam itu dan menjadikan Nicole serta awak kapalnya sebagai tahanan. Hmmm, tentu saja tempat penahanannya Nicole adalah di kamar Derek hehehe. Selain itu, konflik yang terjadi adalah ketika mereka berdua sudah mulai jatuh cinta ada rintangan yang menghadang #ceile, kalau sebenernya Derek sudah menikah dan dia tidak ingin menyakiti hati Nicole dengan menjadikannya seorang gundik, dia pun pergi diam-diam meninggalkan Nicole berlayar ke Inggris, dia ingin menceraikan istrinya yang tidak pernah dicintainya itu baru kemudian mencari Nicole. Dilain pihak, Nicole patah hati dan dia mematuhi neneknya untuk dijodohkan dengan seorang Earl baik itu sudah tua ataupun muda dia tidak peduli. Dia pun berlayar ke Inggris dan ada kejutan yang menunggunya disana.

Review di goodreads banyak yang bilang kalau terjemahannya sangat jelek, saya tidak membaca ebooknya jadi tidak tahu kebenarannya, tapi awal membaca buku terbitan gagasmedia ini saya juga sempe binggung, banyak kata yang tidak pas dan aneh sehingga membuat saya mencerna maksud dari kalimat tersebut. Baru di tenggah-tenggah menuju akhir buku ini enak dinikmati. Eniwei, selain kekurangannya buku ini ceritannya bagus kok suka karakter Nicole yang tangguh, tidak takut dengan lautan, bayangkan dia menahkodai kapal ayahnya demi mengatasi kebangkrutan perusahaannya, dan Derek tentu saja sexy hehehe, acungin jempol deh karena dia rela ninggalin Nicole untuk menyelesaikan masalahnya dulu, walaupun dia sangat posesif sama Nicole toh akhirnya dia bisa mengalah tidak ingin menjadikannya sebagai gundik. Kadar hotnya berapa ya? ehmmmm 3,5 deh :p

4 sayap untuk Nicole yang pemberani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...