Jumat, 29 April 2011

Bocah Penjinak Angin


286886464


Author: William Kamkwamba, Byan Maelar
Penerbit: literati
Situs: literati-books.com
Page: 396
ISBN:978-602-8740-17-3
April 2011
Judul asli: The Boy Who Harnessed The Wind
literary awards: CORINE Internationaler Buchpreis for FOCUS Zukunftspreis (2010), ALA Alex Award (2010)
url: http://www.williamkamkwamba.com



Kisah nyata dari William Trywell Kamkwamba yang ditulis bersama Bryan Mealer. Setting di Malawi, Negara kecil di sebelah tenggara Afrika, saat itu William berusia 14 tahun. Kalimat awal di BAB 1 sangat menarik, “ Sebelum aku menemukan keajaiban ilmu pengetahuan, ilmu sihir menguasai duniaku.” Karena pada saat itu warga sangat percaya sekali kepada Sing’anga atau dukun. Awal cerita sangat lambat kalau menurutku, menceritakan tentang keluarganya, bagaimana perkasanya ayahnya sebelum menikah dengan ibunya, adik-adiknya dan kedua teman akrabnya Geoffrey dan Gilbert, malaria, kolera, AIDS (yang dijelaskan dengan sangat jelas di sini) sampai masalah terbesar yang dialami hampir semua penduduk Afrika, kelaparan. Ayah William adalah seorang petani jagung dan tembakau, saat itu terjadi kekeringan dan gagal panen yang menyebabkan keluarga mereka harus sangat mengirit soal makan, sarapan pun ditiadakan. William baru saja lulus dari sekolah dasar dan berharap bias masuk sekolah menengah yang diinginkannya Chayamba atau Kasugu karena dia menjadi seorang ilmuan besar, tetapi dia malah ketrima sekolah menengah di Kachokolo yang mungkin merupakan sekolah terburuk, yang berjarak sekitar 5 kilometer atau 40 menit dari rumahnya. Tapi sayang semangatnya belajar harus kandas karena ayahnya tidak mampu membiayai sekolah, untuk makan saja susah, terpaksa dia putus sekolah, tapi karena ini jugalah yang merubah kehidupan William nantinya.
Keingintahuan William yang besar mulai terlihat saat dia bersama temannya, Geoffry membongkar radio yang sudah tua dan rusak untuk melihat isinya, melihat cara kerjanya supaya bisa memperbaiki radio itu lagi. Di Malawai dan banyak bagian Afrika yang tidak ada aliran listrik untuk menyalakan televisi, radio adalah satu-satunya penghubung dengan dunia di luar desa. Keluarganya menggunakan minyak tanah untuk untuk penerangan dimalam hari.
Walaupun tidak bisa sekolah, William biasa mendengar cerita pelajaran dari Gilbert dan pergi ke perpustakaan kecil di Sekolah Dasar Wimbe agar otaknya tidak menjadi tumpul. Di perpustakaan itu dia menemukan buku yang akan mengubah hidupnya, buku teks Amerika yang berjudul Using Energy atau penggunaan energy (dan juga Explianing Physics, Integrated Science), kincir angin. Kincir angin berfungsi sebagai pembangkit listrik dan memompa air untuk irigasi, karena sangat bermanfaat sekali untuk kehidupannya saat itu dia pun punya ide untuk membuatnya, untuk percobaan dia membuat yang lebih kecil daripada sampul buku itu. Dia mendapatkan bahan untuk membuat kincir angin itu dari rongsokan. Dan dia berencana membuat yang lebih besar lagi.
Awalnya dia sampai disebut gila oleh orang yang melihat membuat kincir angin tapi mulai tertarik ketika rumah mereka mati lampu tapi tidak dengan rumah William. Hingga suatu hari ada orang dari Melawai Teacher Training Activity yang melihat kincir angin itu dan tertarik untuk mencari orang yang membuatnya. Datanglah Dr. Hartford Mchazime ynag bertanya sekolah sampai kelas berapa, bagaimana William bias tahu tentang listrik, voltase dan memutuskan kalau dia harus melanjutkan sekolah. Berkat Dr. Mchazime juga banyak wartawan yang mewawancarinya sehingga hasil karyanya banyak diketahui orang dan dapat diterima warga lainnya yang sebelumnya menganggap itu sihir. Pengalaman seru lainnya adalah ketika William menghadiri TED (Technology, Entertainment and Desaign) dia bertemu orang-orang hebat Afrika lainnya. Corneille Ewango ahli botani dari Kongo, seorang pria dari Ethiopia menciptakan semacam kulkas yang bekerja menggunakan uap air dari pasir agar bias digunakan di desa-desa tanpa listrik. Bola Olabisi, warga Nigeria membentuk sebuah kelompok untuk menyatukan para ilmuan wanita di Afrika, dokter dan ilmuan yang menggunakan ide serta metode kreatif untuk melawan AIDS, malaria dan TBC. Ada juga Erik Hersman dan Mike Mckay, orang pertama yang menulis kisah William dalam blognya, ada kata Erik yang sangat aku suka, hal. 366 “Orang Afrika menggunakan semua keterbatasan yang mereka miliki untuk mencapai keinginannya. Dengan menggunakan kreativitas, mereka mengatasi tantangan-tantangan di Afrika. Kalau orang lain melihat suatu benda sebagai sampah, orang Afrika mendaur ulang benda itu. Kalau orang lain melihat suatu hal sebagai benda rongsokan, orang Afrika melihat kelahiran kembali benda itu.” Selain itu ada kalimat lain yang sangat dasyat, di hal. 43 saat ayah William bilang, “kalau memiliki rencana jahat terhadap teman kita, berhati-hatilah karena rencana jahat itu akan berbalik kepadamu. Kita harus selalu memiliki niat baik kepada orang lain.” Kemudia saat Presiden mereka melihat banyak orang meninggal karena TBC, kolera, malaria atau diare bukan karena kelaparan di hal. 192 dia bilang, “tidak ada orang mati karena kelaparan,” kemudian ayah William bilang “ada orang yang memang buta, tapi orang yang satu ini memilih untuk tidak melihat.” Di hal. 208 “kelaparan itu suatu bentuk ilmu pengetahuan yang kejam,” dan kalimat terakhir dibuku ini dan juga sangat dasyat adalah “kalau kau ingin berhasil mewujudkannya, yang harus kau lakukan adalah berusaha,” di hal. 386.
Aku suka ceritanya, menginspirasi kalau walaupun kita putus sekolah masih ada yang bisa kita lakukan, seperti yang dilakukan William, pergi ke perpustakaan, mendengarkan pelajaran yang tidak bisa dia peroleh lewat temannya, dan tidak pernah berhenti mencoba. Dia bisa menciptakan listrik sendiri bagi keluarganya dengan hanya membaca buku yang tidak pernah tersentuh di perpustakaan, bertekat untuk merubah keadaan keluarganya untuk menjadi lebih baik. Awalnya sangat bertele-tele, terlalu lambat jalan ceritanya, cerita yang aku tunggu-tunggu baru ada setelah setengah halaman lebih, minim typo (dalam artian tidak ada kalimat yang menggaguku, karena aku juga bukan ahlinya), covernya bagus, tiap bab ada gambar kincir angin, ada foto dari tokohnya sendiri mulai dari kecil, keadaan daerahnya, kincir angin yang dibuatnya, benar-benar komplit, dan juga penjelasan tentang penyakit kolera, radio dan pembuatan kincir angin yang sangat jelas. Sangat cocok untuk dibaca bagi yang suka cerita pembangkit semangat.
3 sayap untuk William yang putus sekolah tapi jenius :D

Note: Alhamdulillah dapet dari hasil menang kuis di @LiteratiBooks, kalau gak salah pertanyaanya waktu itu buku apa yang paling menginpirasimu :D


Selasa, 26 April 2011

Iseng-iseng Berhadiah


Image0525Image0526


281380178244110073247629892263705005271826769274698744


Awalnya sih iseng atau coba-coba eh gak taunya menang hehehe, pertama kali menang itu dari @terrantbooks terus disusul oleh @atriakeren yang waktu itu kalo gak salah pertannyaanya tentang buku terbitan Atria apa yang paling kamu suka, jujur aku jawab Loversus satu-satunya buku atria yang aku punya, trus gak sadar juga aku menang lagi dari Atria, waktu itu pertannyaanya adalah disuruh menjelaskan siapa itu Alessandra Giliani, pemenangnya akan di RT nah gak sengaja yang di RT itu twett aku, aku tanya langsung dan ternyata benar, 2x menang di penerbit yang sama hehehe. Sejak saat itu jadi keterusan ikut kuis dan sejauh ini aku menang di Terrant Books, Atria (2x), Goorme voucher makan 2x juga di Pringsewu dan esteller77 (yang dengan berat hati gak saya ambil karena lokasi di Jakarta, berat di ongkos) ), ColekMelek voucher 100k ke Excelso, Gagas Media, Literati Books, IDcerita, Bentang Pustaka, kuis yang diadain penulis Primadona Angela. Wow, gak kerasa udah menang 11 kali dan hadiahnya gak ada yang ngecewain, alhamdulillah :D

Senin, 25 April 2011

Alita @ Heart (Alita, #2)


Author: Dewie Sekar
Paperback, 448 pages
Published February 8th 2011 by PT Gramedia Pustaka Utama

ISBN13: 9789792266993
characters: Alita, Yusa, Gading, Abel
goodreads:http://bit.ly/fMqCME
Awal baca agak lupa sama yang pertama, maklum sindrom lupa hinggap lagi karena sudah lama baca yang Alita @ First. Memang susah nglupain orang yang kita sayang banget, apalagi mereka meninggalkan kita karena kembali keharibaanNya. Inti cerita ini disitu. Alita yang susah melupakan Mas Erwin, cinta pertamanya gara-gara meninggal karena AIDS, Mas Yusa yang kadang mengingat Mbak Ava dan gagalnya pernikahan dengan Daya, Abel yang putus karena Juno, pacarnya lebih memilih Jerman sebagai "rumahnya" tapi Abel kadung cinta mati sama Indonesia jadi memilih putus, dan Mas Gading yang terpaksa menikahi orang yang dicintainya Delira karena hamil sama mantan pacarnya waktu di Italia. Ternyata diam-diam Yusa ada rasa sama Abel tapi waktu itu Abel lagi deket sama Gading jadi dia takut menggungkapkan isi hatinya karena dia punya motto pantang ngrebut pacar orang, padahal sebenernya mereka cuman temen curhat yang memiliki masalah yang sama, melupakan sang mantan. Karena gak mau merebut pacar orang, Yusa nyuruh Alit untuk menyelidiki hubungan mereka apakah beneran pacaran, si Alit merasa curiga sama Gading dan terus nempel sama Abel mencari info apakah mereka ada apa-apa. Karena merasa jengah akan tingkah laku Alit, Gading malah berusaha mendekatinya agar Alit gak jutek lagi dan mau berteman denganya. Yah seterusnya bisa ketebak kemana arah cerita.

Ceritanya simple, sederhana, khas mbak Dewi deh, kadang menyisipkan banyolan lucu disetiap kalimat. Manis sekali hubungan Alita dan Yusa, jadi pengen punya kakak seperti dia, saling menjaga dan melindungi (curcol). Sudut pandang ceritanya dari Alita, Yusa, dan Gading. Kenapa Abel gak sekalian ya? Awal sempet bingung ini siapa yang bercerita, gak ada pemisah kalau mau ganti si pencerita cuman tulisannya saja yang berbeda, tapi lama-lama juga ketauan sih. Ada benang merahnya juga dari novel terdahulunya mbak Dewi, seperti tokoh Daya dan Langit (Langit Penuh Daya), Nora yang punya butik (Zona @ Last). Suka buku kedua sekaligus seri terakhir Alita ini dari pada Alita @ First.
4 sayap untuk lika-liku cinta si Alita :D

22 Hari Bercerita #1

Cover-22-hari-bercerita

Kumpulan cerpen anak yang diprakarsai oleh @IDcerita yang bertujuan mendidik melalui cerita. Seperti kalimat di pengantarnya, “Cerita jadi media mendidik sekaligus hiburan. Telah lama cerita ditinggalkan hanya sebagai kesenangan, tanpa makna yang menjadi muatan. Padahal cerita adalah cara halus nan ampuh untuk menanamkan nilai, menasehati dan mengubah perilaku tanpa menyakiti.” Di ebook yang pertama ini ada 23 cerita pendek dengan tema yang berbeda-beda sesuai pohon karakter (sebagai personifikasi dari manusia yang mempunyai karakter).

Di cerpen yang pertama yang berjudulkan Loly Takut bertanya, mengajarkan kita bahwa malu bertanya itu sesat di jalan. Dreamland, negeri fantasy yang apa pun bias terjadi di sana. Normal, sebagai orang tua harus terbuka kepada anaknya, walaupun anak kita masih kecil mereka berhak mendapat pengetahuan tentang cinta, jenis kelamin, seks, peran laki-laki dan perempuan dalam pernikahan maupun kehidupan, dicontohkan dicerita ini Kevin sangat tergila-gila sama Catwoman, mengunduh gambarnya di internet (masih kecil udah bias aja hehe). Satu Huruf Yang Ku Benci, aku paling suka cerita ini, Dio yang cadel merasa malu akan kekurangannya, malu karena sering diolok-olok temannya dan kalimat yang aku suka adalah, “banyak kelebihan kamu yang tertutupi gara-gara kamu terlelu mikirin kekurangan kamu yang satu itu.” Kemudian ada cerita Lala Lada yang lucu sekali gaya berceritanya, menjelaskan tentang manfaat lada dengan tokoh yang unik, ada Lala si bubuk Lada, Gugu Gula, Gaga Garam (mirip Lady Gaga ya ;p) dan Dodo Sendok, mengajarkan kalau setiap bumbu itu punya manfaat masing-masing. 

Putri Yang Selalu Mengantuk, Putri Letargia karena terlalu memikirkan kecantikannya, baju apa yang mau di pake dan make up yang tebal membuat Putri tidak punya waktu untuk memperhatikan rakyatnya, kemudian ada pangeran tampan yang menyamar menjadi pelanyannya supaya tidak selalu mengutamakan penampilan, menyadarkan kalau kecantikan dalam hati akan lebih berharga daripada kecantikan di luar. 

Kamu Boleh, sebuah puisi yang berisi tentang kita boleh sekolah dimana saja, belajar dimana saja. Janji Pelangi, kenapa pelangi dating sehabis hujan? Dia menyediakan sesuatu yang indah seudai awan gelap. Monik Dan Kaos Kaki, menceritakan seorang anak yang kehilangan orang tuanya, rumahnya akibat badai dan yang tersisa hanya sebuah kaos kaki, kalimat favoritku adalah, “Kita tidak pernah akan tahu, kapan kita terjatuh dalam hidup. Menghadapi itu kita hanya cukup untuk ingin merasa sakit karena dengan itu kita akan cukup sadar bagaimana cara yang baik untuk menghadapinya,” dan “Sakit itu baik, sakitpun mampu untuk dipilih seperti Monik yang memilih kaos kaki.” 

Petualangan Fibouli, menceritakan seekor ikan yang terlempar ke lautan dalam akibat gempa bertemu dengan gurita laut, Befo. Si Befo buta tapi dia mempunyai mata hati, dia menyarankan kepada Fiboli untuk menggunakan mata hatinya agar bisa pulang, mengajarkan kalau setiap makhluk hidup punya mata hati. Penulis Itu Pintar, pasti sebagian besar anak kecil kalau ditanya cita-citanya apa pasti menjawab dokter, insinyur, polisi, ABRI. Tapi berbeda dengan Tisya, dia ingin menjadi seorang penulis. 

Ollo Si Beruang, yang bercerita tentang impian Ollo, dia akan membuat dongeng tentang impiannya, ia menuliskannya agar selalu dekat dengan mimpinya. Bumi dan Bulan, cerita lainnya yang paling aku suka, Komariyah, gadis kecil yang baru pindah dari kampong, sewaktu memperkenalkan diri dia diolok-olok temannya karena namanya kampungan, yang terparah adalah Ardi. Endingnya lucu, apalagi pas Ardi bilang kalau Komariyah itu artinya bulan dan Ardi itu bumi, kayak bumi dan bulan yang saling melengkapi, cieeeee. 

Si Bungsu Belajar Terbang yang bercerita tentang pengalaman pertamanya terbang yang awalnya malas-malasan, demi menjalankan amanah akhirnya dia berani mencoba. Balon, kita tidak boleh menyerah mencoba sebelum berhasil. Ada Mimpi Nirmala dan Dongeng Mimpi dimana sebelum tidur kita harus berdoa agar tidak mimpi buruk. Rumah Motivasi, kadang orang tua memancing kita sebuah hadiah agar kita rajin belajar, dan itu biasanya sangat membantu :D. 

Menggapai Bintang, yang berisi kita harus belajar agar bias meraih mimpi, untuk hidup yang lebih baik. Rumah untuk Kuki, dari pengarang favorit nih, kak Sitta Karina, serunya bermain dengan dua teman barunya Arya dan Jack bertemu dengan Kuki, seekor Kuskus. Salju Pertama Kia, serunya bermain dan melihat salju bersama kedua orang tua. Aku Sebal Sama Mama, kadang seorang Ibu memang menyebalkan karena kecerewetannya, tapi pernakah kau banyangkan bila tidak ada seorang Ibu? Cerita yang bagus sekali :). Dan yang terakhir cerpen die book ini adalah Aku Kehilangan, bercerita tentang pertama kali tidur sendirian.

Banyak pesan yang dapat diambil dari kumpulan cerita tersebut kan? Ceritanya sebagian besar gampang dipahami, cukup membingungkan di Monik dan Kaos Kaki, pada bagian awal kalimatnya susah dimengerti tapi makin ke belakang mulai jelas inti ceritanya. Lumayan banyak juga typonya, mudah-mudahan saja bukunya nanti jauh lebih baik.

Saya rasa Indonesia Bercerita ini sangat tepat dalam usahanya mendidik melalui cerita. Sekarang ini sudah jarang cerita anak-anak (yang saya tau cuman Clara Ng) dalam negeri. Komik pun kadang sangat keras, banyak perkelahian di isinya. Anak kecil itu meniru, lah kalau yang dibacanya aja cerita-cerita kayak begitu, bisa kebawa kepergaulannya kan. Belum lagi tontonan televisi yang tidak sangat mendidik, yang isinya jauh dari kehidupan nyata, anak kecil butuh cerita untuk membangun karakter, kalau sudah dari kecil diberi tontonan seperti itu besarnya manaketehek. Semoga lebih banyak lagi cerita untuk anak-anak J.

Sedikit bicara tentang Indonesia bercerita yang saya kutip di ebooknya, Indonesia Bercerita adalah sebuah bisnis social berbasis komunitas yang menawarkan karya cerita anak dan metode bercerita sebagai inovasi dalam pengasuhan dan pendidikan anak. Karya utama Indonesia Bercerita adalah cerita anak dalam berbagai bentuk (buku cetak, buku-e dan podcast) serta pengetahuan tentang penggunaan metode bercerita dalam pengasuhan dan pendidikan anak.

Minggu, 24 April 2011

Firdaus Mimpi


Author: Agnes Jessica
Paperback, 448 pages
Published 2010 by Vania Books

ISBN: 9792480552

Kania anak dosen killer Abdullah tak sengaja bertemu dengan Erwin mahasiswa yang hampir kena Do karena ga lulus mata kuliah yang diajarkan oleh ayahnya. Dia sempat memohon-mohon agar diluluskan tapi ayah Kania tetap bersikeras menyuruh mengulang. Karena dendam, Erwin mulai mendekati Kania, membuatnya jatuh cinta lalu mencampakannya. Tapi Erwin merasa berbeda setelah bertemu Kania, dia suka mendengarkan ceritannya, kesukaannya akan melukis, dan dia juga merasa sudah jatuh hati padanya, karena itu dia mulai menghentikan rencanannya. Tapi Kania keburu tahu rahasiannya, sakit hati tapi terlanjur jatuh cinta sehingga dia meminta Erwin untuk menjadi pacarnya dan melanjutkan rencana awalnya. 



Sampai suatu ketika Abdullah memergoki Kania yang sedang di lukis bugil oleh Erwin, dia kalap, memukuli baik Kania maupun Erwin. Abdullah dipecat dari jabatan dosen, menjadi gila, dan Erwin bunuh diri dengan membakar kamarnya waktu dikurung oleh ayahnya karena tidak boleh bertemu dengan Kania. 




Hidup baru pun dimulai, Kania dan ayahnya pindah ke Serang ke tempat bibinya karena sudah tidak punya apa-apa lagi, dan disana dia bertemu dengan Tommy, pemilik danau yang akan dijadikan Resort. Tommy pun jatuh cinta pada Kania tapi ditentang oleh ibunya gara-gara masa lalu Kania yang suram (ceile). Kania pun minggat ke Paris ke tempatnya Kevin, sepupunya Freya (kalo gak salah) menjadi pembantunya Sharon, kekasih Kevin. Kania pun merasa si Kevin ini mirip dengan Erwin, mantanya, kecintaanya akan melukis tapi yang membuat beda adalah si Kevin ini judes, gak mau tau urusan orang lain, dan suka menyendiri kalo sedang melukis. Mereka pun lama-lama jatuh cinta. Tapi, suwaktu Kevin mau mengenalkannya kepada ibunya, dan dia melihat ibunya Erwin ada di Paris. Ada apa ini? ada apa?



Ceritanya gampang ditebak, mirip-mirip novelnya Mira W lah hehehe.


3 sayap untuk Kania yang tegar :)

Skandal Pertunangan Sang Baronet Penggoda (A Lady of Persuasion)


Author: Tessa Dare
Paperback, 418 pages
Published March 2011 by GagasMedia (first published September 22nd 2009)

ISBN: 9797804747
primary language: Indonesian
original title: A Lady of Persuasion
series: Goddess Trilogy #3 
characters: Toby, Isabel
ulr: http://www,gagasmedia.net
Hasil pinjem di Quantum, pengen beli karena dua buku sebelumnya punya sendiri, tapi apa daya keuangan lagi gak mau dekat-dekat.
Sir Tobias Aldridge sedang merencanakan pembunuhan berdarah.
Merasa dendam kepada Benedict "Gray" Grayson yang telah merebut tunangannya Shophia, dimana melarikan diri ke negeri sebrang, pulang membawa suami, siapa yang gak marah? Lalu dia melancarkan balas dendamnya dengan mencoba merebut pasangan dansanya yang membuatnya terpesona. Tapi Toby kaget wanita yang diincarnya ternyata adiknya Grey, Isabel Grayson. Isabel sedang melakukan debut yang pertama dan sedang mengincar suami yang memiliki gelar dan kaya raya demi memudahkannya mengelar amal. Maka dia meminta Toby untuk mencarikannya suami. Dan Toby melamarnya. Konfliknya apa ya? Menurutku sih Isabel menyuruh Toby untuk mendaftar ke parlemen tapi Toby malah ingin membuat dirinya kalah, karena dia tidak ingin cintanya hanya sebatas amal tapi ingin Isabel benar-benar melihat dia dan mencintainnya.


Dari ketiga series Goddess aku paling suka yang ini, lucu aja yang awalnya mau balas dendam malah kena batunya sendiri hehehe. Btw, cukup hot juga loh, dilarang membaca kalo belum 18+ kehkehkeh.
4 sayap untuk Toby yang terlalu khawatiran :)

Kekasih Misterius (Black Dagger Brotherhood #1)


Author: J.R. Ward
Paperback, 656 pages
Published March 22nd 2011 by PT. Gramedia Pustaka Utama (first published December 31st 1999)

ISBN: 4020111003 (ISBN13: 9789792268768)
primary language: Indonesian
original title: Dark Lover (Black Dagger Brotherhood, #1)
series: Black Dagger Brotherhood #1 
characters: Warth, Beth, Randall
setting:Caldwell, New York (United States)
Buku tentang vampire lainnya, entah kenapa setiap genre ini memiliki arti yg berbeda-beda, disini vampire tidak tercipta dengan digigit saja tapi dilahirkan menjadi vampire atau tidak, ada juga manusia setengah vampire dimana nantinya ketika berumur 20than akan mengalami masa peralihan menjadi vampire. Bukan darah yg menjadi menu utama mereka makan, hanya menambah hidup lebih panjang sementara saja dan ya mereka makan seperti manusia. Disini mereka takut akan sinar matahari, mati dengan ditembak didadanya atau dibakar.

Cerita berawal dari Darius salah satu anggota dari Black Dagger Brotherhood, meminta kepada sang pemimpin genk (ak menganggap mereka sprt mafia) Wrath untk melindungi putrinya Beth dalam menghadapi masa transisi menjadi vampire. Awalnya si Wrath menolak tapi ketika Darius tiba-tiba meninggal dalam ledakan di mobilnya, dia merasa berhutang dan akan menjaga Beth, dan tentu saja membalaskan dendamnya pada angota Lessening Society yg telah membunuhnya.

Aku suka sama angota Black Dagger Brotherhood yang hanya tinggal beberapa orang saja tapi mempunyai kekuatan yang hebat dengan karakter yang berbeda-beda, ada Rhage yang tampan, kuat, cepat, percaya diri dan kadang dipanggil si muka Hollywood, Tohrment, Vishous, Phury dan saudara kembarnya, Zsadist yg memiliki bekas luka di wajahnya yg sifatnya paling tidak bisa ditebak dan hanya saudara kembarnya saja yg bisa menenangkanya. Oh tentu saja ak menyukai adegan romantis antara Wrath dan Beth saling mengatakan hellren dan shellan. Kita tunggu kelanjutan cerita si Hollywod di Black Dagger Brotherhood #2 :D


kasih 4 sayap untuk Ward yang gahar, wkekekekeke.

Kamis, 21 April 2011

A Golden Web

Goldenweb
A Golden Web
Penulis: Barbara Quick
Penerbit: Atria
274 halaman

Alhamdulillah dapet ni buku dari atria :D 
Selesai jam 3.30 waktu setempat, rekor karena jam bacaku itu mentok sampe jam 3 saja. 

Agak diluar bayangan dan harapanku sih sebenarnya ini cerita. Tentang Alessandra Gilliani seorang remaja yang berotak cemerlang yang sayangnya pada masa itu tradisi tidak memperbolehkan seorang wanita menjadi pandai, hanya boleh menjadi seorang ibu rumah tangga dan seorang biarawati. Bakatnya mulai terlihat ketika Fra Giuseppe seorang pendeta mesum sekaligus guru Nicco, kakaknya Alessandra yang mengalami henti napas karena keselek daging, semua menganggap dia mati tapi Alessandra malah menyuruh Nicco untuk menginjak di bagian atas perut Fra Giuseppe dan Alessandra merogoh mulutnya dan mengeluarkan daging yang menyumbat tersebut. Sampai pada usianya menginjak 14 tahun, dimana ibu tirinya Ursula memutuskan kalo Alessandra harus dipingit, dijaga dari semua lelaki muda termasuk kakaknya, padahal dia belajar dunia alam bebas dari kakaknya dan belajar menggambar dari Giorgio, pegawai ayahnya, dia tidak pernah berhenti belajar walaupun dilakukan secara diam-diam. Sebelum menikah yang sebelumnya sudah direncanakan ayahnya, dia pindah ke biara tapi dengan bantuan Nicco dan Giorgio, Alessandra beserta pengasuhnya Emilia melarikan diri ke Bologna, menyamar sebagai lelaki bernama Sandro seorang mahasiswa kedokteran yang terkenal cerdas dan misterius. Di universitas itu dia juga bertemu dengan seorang pemuda yang pandai, kaya dan tampan bernama Otto yang secara unik sangat berhubungan dengan masa depan Alessandra.

Tidak sesuai bayanganku, aku berharap akan seperti serial Jewel In The Palace yang bercerita tentang tabib perempuan pertama di Korea yang membuat aku sangat terinspirasi waktu menontonnya, aku tidak mendapatkan semangatnya di sini. Cerita di buku ini lebih menjelaskan perjalanan Alessandra sendiri ke Bologna untuk mengejar cita-citanya. Yang aku harapkan ada di bagian mau akhir waktu Alessandra mempelajari anatomi hewan dengan membedahnya dan menggambar isinya, juga waktu membedah mayat untuk mengetahui sistem kerja jantung dan paru-paru, aku ingin kisah yang seperti itu lebih banyak lagi, kejeniusannya hanya digambarkan bukan diceritakan. Tapi cukup terhibur dengan kisah romansa Alessandra sehingga mengobati rasa kecewaku. Menurut catatan penulis, kisah Alessandra Gilliani ini nyata, melakukan riset walaupun data tentang dirinya tidak terlalu banyak. Cocok kok untuk dibaca bagi perempuan yang sama-sama memiliki semangat besar untuk meraih cita-cita, apalagi sebentar lagi hari Kartini, pas kan :D

Ada kata-kata yang aku suka di buku ini, di hal. 159 
"Mengapa Tuhan memberinya hasrat dan benak yang selalu bertanya-tanya jika Tuhan tidak menghendaki dia menggunakannya? Mengapa dunia dan seluruh Alam terhampar bagaikan sebuah buku terbuka, menunggu untuk dibaca dan dipahami, jika Sang Pencipta tidak menginginkannya mengungkap rahasia-rahasia dan memahami kebijaksanaan di dalamnya? Bukankah ini suatu pembuktian rasa hormat, untuk berusaha memperbaiki kualitas makhluk yang telah Tuhan berkati dengan kecerdasan dan akal sehat, yang tidak diberikan kepada makhluk-makhluk lainnya? Perempuan diciptakan terakhir, setelah semua hewan dan Adam sendiri. Mengapa Tuhan melakukan itu jika Dia bermaksud menciptakan perempuan sebagai sesosok makhluk yang lebih rendah? Jika memang begitu, mengapa Dia tidak menciptakan perempuan tepat setelah hewan-hewan dan sebelum Adam?"

3 sayap untuk kegigihan Alessandra :D


Let the Right One In


Letmein



author: John Ajvide Lindqvist
Paperback, 684 pages
Published January 2011 by PT Gramedia Pustaka Utama (first published 2005)
ISBN13: 9789792265729
primary language: Indonesian
original title: Låt den rätte komma in
characters: Eli, Oscar Ericsson, Hakan Begtsson
url: http://www.gramedia.com

Bersetting di daerah pinggiran Blackeberg, Stockholm, Swedia pada tahun 1981. Oskar Ericksson, anak lelaki yang berusia 12 tahun, dia sering dibully oleh teman-temannya di sekolah, selalu punya bola-pipis untuk mengatasi ketakutannya yang menyebabkan dia sering mengompol. Tidak punya teman dekat, hanya tinggal dengan ibunya di sebuah apartemen kumuh, kadang merindukan sesosok ayah tapi memilih meninggalkannya karena ketergantungan alkohol dan sering kalap kalau mabuk. Dia suka sekali mengumpulkan kliping dari koran tentang berita pembunuhan, suka mencuri pisau di toserba dekat rumahnya dan melampiaskan kekesalannya kepada teman di sekolahnya dengan menusuk-nusukkan pisau itu di sebuah pohon, menganggap kalau yang dibantai itu adalah Jonny Forsberg. Dilain pihak, ternyata ada pembunuhan keji yang sebenarnya, dimana korban digantung di sebuah pohon dengan kepala berada dibawah dan kehabisan darah. Pada waktu Oskar pergi ke lapangan bermain di tengah-tengah pekarangan apartemennya dimana dia merasa aman sekaligus sendirian, dia melihat seorang anak perempuan mungil yang memiliki rambut berwarna gelap, sepasang mata besar, mengenakan sweater merah muda, berbau apak yang sangat misterius. Malam berikutnya, dia bertemu lagi dengan gadis mungil itu, dengan bermodalkan sebuah kubik, mereka mulai berteman, bertemu di taman pada malam hari, dan selalu bertukar kode Morse di kamar, mereka bertetangga, Eli nama gadis kecil itu tinggal bersama "ayahnya," mereka mulai saling mengisi kekosongan di diri masing-masing. Pembunuhan pun terus berlanjut, korban meninggal dengan misterius dan bertanya-tanya siapa pelakunya. Hakan, lelaki tua yang mau melakukan apa saja demi perempuan yang ada bersamanya.

Jangan berharap kalau cerita ini mirip cerita vampire yang lagi booming akhir-akhir ini (Twilght, Vampire Academy, Vampire Diaries, J.R Ward) no no no kalian tidak akan menemukan cerita roman picisan seperti itu. Buku ini benar-benar sinting, awal baca sangat antusias, gloominya terasa sekali, bagaimana sepinya kehidupan Oskar, seorang anak mami yang sendirian, tidak punya teman, ingin sekali memberontak, memprotes, meminta secuil keberanian untuk melawan teman-temannya. Kemudian datanglah Eli yang memberikan angin sejuk ke dunianya, menciptakan kehidupan baru, membuat dia berani melawan temannya, namun itu hanya sebentar sampai dia tahu siapa sebenarnya Eli, kenapa dia tidak pernah keluar rumah pada siang hari, kenapa dia bisa melihat dalam gelap, tidak pernah kedinginan, semua impiannya buyar ternyata di vampire berusia 200 tahun. Awalnya sangat berharap ada romancenya sedikit saja, ya memang ada, bahkan ada adegan yang cukup vulgar (pantas kenapa di bagian belakang ada tulisan novel dewasa) tapi semakin ke belakang dan tau masa lalu Eli, tau siapa Eli lebih dalam maka kau akan sedikit kecewa, bahkan setelah tau aku sempat vacum membacanya. Ini memang bukan cerita romance, horor lebih tepatnya, pembunuhannya sadis sekali. Suka covernya, dimana ada seorang gadis berada di luar jendela, mengintip pada seorang di dalamnya, seakan meminta "boleh aku masuk?"
Aku suka sekali sama endingnya, membuat pembaca bertanya-tanya dengan pikirannya dan penulis mempersilahkan membuat ending sendiri. Novel ini pernah difilmkan, termasuk film horor paling fenomenal di Swedia (lihat lebih jelasnya: http://bit.ly/hnQOWF ).

3 sayap untuk vampire kecil yang haus darah :)

Note: hati-hati kalau ada orang dibalik pintu atau jendela dan bertanya, "Boleh aku masuk? Katakan aku boleh masuk!"

Sabtu, 16 April 2011

Travelers' Tale, Belok Kanan: Barcelona!

Travelers_tale1



Author: Adhitya Mulya, Ninit Yunita, Alaya Setya, Iman Hidayat
paperback, 230 pages
Published 2007 by Gagas Media
ISBN13: 9789797800949
primary language: Indonesian
original title: Travelers' Tale, Belok Kanan: Barcelona!
characters: Jusuf, Farah, Retno, Francis
goodreads: http://bit.ly/eAlxFa 

Arrrrgh suka banget sama cerita ini. Menurutku sih setengah fiksi dan non fiksi (tips travel, foto dan tokohnya). Udah ngarep baca ini dari taun kapan, anddd finally kesampaian juga, dikasih gratis lagi sama penerbitnya (cium sajadah dan gagas), jujur suka cover yang cetakan awal hehehe.



Cerita diawali dengan undangan pernikahan Francis lewat email kepada sahabatnya sejak jaman becak masih jadi tranportasi wajib di Jakarta, Jusuf dan Farah, sedangkan Retno dengan undangan langsung via pos. Cerita cintanya sih biasa, Francis suka sama Retno dan pernah nembak 2 kali tapi ditolak semua karena perbedaan agama, Farah suka sama Francis, sedangkan Ucup alias Jusuf jatuh hati sama Farah. Mungkin udah umum, yang menjadi special itu kisah mereka ke Barcelona guna menghadiri (menghancurkan) pernikahan Francis. 




Farah, awal perjalanannya dari Hoi An (Vietnam) > Amman > Budapest > Wina > Paris > Barcelona. Tujuan utamanya adalah menghentikan pernikahan Francis, demi dirinya sendiri. 
Yusuf, rute perjalanan menuju ke Barcelona adalah Cape Town > Nairobi > Abidjan > Dakkar > Marrakech > Seville > Barcelona. Datang karena ingin menghentikan Farah, demi dirinya sendiri. 
Retno, perjalanannya g terlalu panjang dari Kopenhagen > Amsterdam > Milan > Madrit > Barcelona. Datang untuk mengucapkan selamat untuk Francis. 




Francis, sesuai konsernya (dia seorang pianis) dari Kansas City > Atlanta > Miami > New York > Barcelona. Yang punya acara yang sebenernya ragu karena dia masih punya rasa sama Retno. 
Yang sangat seru itu perjalanan mereka menuju ke Barcelona (kemiskinan), dengan uang yang pas-pasan, pobia naik pesawat, backpacker wannabe dan yang paling bikin ngakak itu ceritanya si Ucup, sungguh nian dirinya, mulai dari grasslanding, evakuasi, disangka teroris, disetrum, dan gay bar. Juga kalimat andalanya "liat, sapi terbang," LOL.


274698744Tips tentang travelnya juga sangat membantu bagi pemula yang ingin berpergian, foto-fotonya juga bagus dan pas, ditambah lagi tiap quote diawal tiap bab yang tentang traveling. Sebenernya pengen kasih nilai sempurna, typo gak ada menurutku cuman kayaknya ada miss antara pengarang dibagian Retno sampai di Barcelona trus ketemu langsung sama Francis di La Rambla, trus di bab selanjutnya Francis sedang mengadakan konser dan dia melihat Retno datang atas undangannya, baru kemudian mereka bersama menuju ke La Rambla (?). Endingnya kurang banyak, terlalu cepat lah, baru aja ketemu setelah perjalanan panjang eh cuman berapa halaman aja, untuk Francis dan Retno kurasa penggarang menyerahkan kepada pembaca untuk membuat endingnya sendiri. Quote favoritku adalah bagian Faris hal. 118, "We always question life. But can life question us?" dan di tips travelling dari Retno, "Barang dapat habis dijual-beli. Tapi pengalaman tidak akan pernah habis untuk diingat dan diceritakan." 



Jadi pengen berburu karya Aditya Mulya nih, Ucup! Liat, ada sapi terbang! =))



4 sayap untuk menemani si sapi terbang :D

Selasa, 12 April 2011

Kicau Kacau: Curahan Hati Penulis Galau


10655791


"Resensi buku ini dibuat dalam rangka ikut berpartisipasi dalam Lomba Resensi Buku ReadingWalk.com"

Author: Indra Herlambang
Paperback, 344 pages
Published March 2011 by Gramedia Pustaka Utama
ISBN13: 9789792267242


Kumpulan artikel-artikel yang ditulis penulis dari berbagai majalah berisi pendapat-pendapatnya atau kalau menilik disampul belakangnya, curahan hati akan kehidupan disekitarnya. Ada 5 bab kicauannya, tentang gaya hidup, relationship, tempat tinggalnya dan keluarga.

Di Gaya Hidup, Hidup Gaya, Dan Hidup Gak Ya? menceritakan tentang teknologi, social network, langkah kaki dalam sehari, olahraga, delay, dll.

Di Single, In Relationship, Atau It's Complicated biasa aja sih tentang undangan pernikahan, putus cinta, apa salahnya dengan kesendirian.

Bab ke 3 tentang Jakarta, Indonesia, dan kesehatan jiwa, apalagi kalau bukan tentang macet, macam-macam jenis sopir, dsb.

Yang terakhir kicauan tentang keluarga, menceritakan kalau keluarga Indra pengemar jamu, kehilangan mobil, alasan masih tinggal sama ortunya, keponakanya, tentang tukang kebunya. Cerdas, sinis, dan nyinyir. Pandanganya memang kadang bertolak belakang dengan pendapat orang lain, tapi waktu meresapinya saya berpikir "benar juga ya."


Artike favorit saya ada di Quote Unquote, pendapat penulis dan orang-orang yang ditanyanya tentang drug, Pil Biru Di Hari Merah Jambu, lumayan nyengir juga tentang obat kuat itu, trus dibagian Satu Telunjuk Untuk Menjawab Banyak Pertanyaan, setuju sekali kalau diri kita sendiri itu kadang perlu sendirian (saya pernah nonton bioskop sendirian), hal 151 "...saya juga cinta diri saya. Karenanya menikmati waktu dengan diri sendiri. Berteman dengan diri sendiri. Berdialog panjang dengan diri sendiri. Buat saya bukan merupakan pilihan, tapi keharusan. Apalagi sebenarnya di ujung hidup ini ada kematian. Sesuatu yang harus benar-benar dijalani sendirian." Dibagian Kunci ketika dia lupa bawa kunci tau-tau paginya waktu bangun sudah ada di tempat tidur, ada kalimat yang membuat saya Jleb, hal. 265 "Orangtua hanya melakukan semua atas dasar cinta dan sayang. Namun terkadang ada anak yang terlalu arogan untuk bisa menerima semua itu dengan hati senang." Agak terharu di artikel Mengandalkan Mata Untuk Menghakimi Tanpa Membiarkan Hati Ikut Bicara, di hal. 309 "menilai seseorang tanpa terlebih dulu mengenalnya. Mengandalkan mata untuk menghakimi tanpa membiarkan hati ikut bicara. Padahal mata saya tidak sempurna."



Dan twit favorit saya adalah di artikel Sebuah Buku Tamu Raksasa, twitnya gini: jangan tanya apa yang negara udah kasih sama kita, tapi tanya apa yang bisa kita dapet dari negara. Dan terakhir di Jamu Termanis Di Dunia, kalimat pendek tapi kekuatan besar: My Mom's hug is better than aspirin. 
Kalau pengen baca buku yang nyinyir, sinis, cerdas dan ada "isinya" wajib baca ini.
kasih 4 sayap yang nyinyir tapi cerdas :D



Minggu, 10 April 2011

Serbuk Bintang (Stardust)





Author: Niel Gaiman
Paperback, 256 pages
Published February 2007 by PT Gramedia Pustaka Utama (first published October 1998)
ISBN: 9792226885 (ISBN13: 9789792226881)
primary language: Indonesian
original title: Stardust
characters: Tristran Thorn, Yvaine, Victoria Forster, Duustan Thorn. 



karya Neil Gaiman pertama yang saya baca, lumayan sih ceritanya gak jauh beda sama dongeng yang lain tapi kalo yang ini agak dewasa.

agak bingung sama awal cerita, ini siapa tokoh utamanya, setelah memasuki bab ke-2 baru ngeh kalo bab pertama itu menceritakan proses terciptanya Tristran hehehe.




Karena ingin mencium dan menikahi Victoria, Tristran menyanggupi tuntutan gadis itu yang apabila dia mampu membawakan bintang jatuh yang mereka lihat, mulailah petualangan Tristran ke dunia peri untuk mencari sang bintang. Didalam perjalanan dia dibantu oleh si katai yang berbulu lebat. Tentu tidak asik kalo petualangan tidak ada pemeran antagonisnya, ada tiga perempuan tua yang juga menginginkan bintang jatuh itu agar awet muda, ada juga para penguasa Stormhold, Primus, Tertius dan Septimus yang meramaikan cerita ini.




Ketika menemukan tujuannya, ternya bukan sebuah batu melainkan seorang gadis yang terkapar memakai sutra biru yang berkilap dan kakinya patah. Awalnya mereka gak akur bahkan, Yvaine, si bintang jatuh itu sempat melarikan diri. Setelah bertemu dengan Yvain apakah Tristran tetap dengan tujuan utamanya mempersembahkan bintang jatuh itu untuk Veronica yang Dikira dicintainya? baca aja hehehe
Gak terlalu suka sih, berasa kurang aja petualangan Tristran dan Yvaine, musuhnya gak terlalu menantang juga hehehehe.


3 sayap deh untuk si bintang jatuh :D.


Sabtu, 09 April 2011

Of Bees and Mist (Kabut Masa Lalu)


10519401


Author: Erick Setiawan
Paperback, 580 pages
Published February 2011 by Gagas Media (first published August 4th 2009)
ISBN: 9797804666 (ISBN13: 9789797804664)
primary language: Indonesian
original title: Of Bees and Mist
Character: Meridia, Eva, Revenna, Daniel, Gabriel, Elias

Bingung, itu kesan pertama waktu membaca Of Bees and Mist ini. Ini cerita romance, fantasy atau horor? Dari awal cerita sangat suram, kelam, terkesan horor, ada mistisnya juga. Yang membuat sangat bingung itu peranan 3 kabut yang selalu membayangi Gabriel dan Revennan, yang membuat kedua orang yang dulunya saling mencintai namun sekarang malah membenci setelah anak mereka lahir, Meridia. Hidupnya sengsara sekali, dibenci ayahnya sendiri, ibu yang sering melupakan keberadaanya, tidak punya teman, dan hanya pengasuhnya saja yg mempedulikannya. Waktu bertanya ke pengasuhnya kenapa orang tuanya saling acuh dan tidak peduli padanya, Meredia hampir mendapatkan akhir jawabanya namun tiba-tiba pengasuhnya pergi. Karena ingin menemukan akhir cerita pengasuhnya, Meridia mulai mengawasi Ayah dan Ibunya, ada 3 warna kabut yang silih berganti yaitu kuning, gading, dan biru. Ayahnya yang punya perempuan lain, Ibunya yang sering melampiaskan kemarahanya di dapur, tidak ada kebahagiaan pada Meridia. Sempat dia merasakan punya teman, Hannah, namun tidak lama dia meninggalkan Meridia dalam kesepian lagi dan dia juga sangat misterius seperti hantu. 


Cerita mulai menarik ketika Meridia bertemu dengan Daniel, yang akhirnya menjadi suaminya. Karena Gabriel tidak menyetujui, setelah menikah Meridia tinggal bersama keluarga suaminya. Mertuanya, Eva yang pilih kasih kepada kedua putrinya, lebih memanjakan Malin daripada Permony tapi disayang oleh Elias suami yang tunduk padanya. Tinggal bersama keluarga suami ternyata menjadi bencana bagi Meridia, dia seperti pembantu, mengurusi rumah, mertuanya yang pelit. Sampai suatu ketika Meridia mendengar ada suara lebah dikamar mertuanya, yang menjadi awal konflik rumah tangganya, yang kemudian selalu melihat lebah disekitar Eva dan mempengaruhi Elias. Karena tidak tahan dengan kehidupan serba ngirit, Meridia juga mendengar Eva menjelek-jelekkan dirinya, dia ingin pergi dari rumah itu. Eva tidak terima malah memfitnah balik. Merasa geram, dia membuat ultimatum meminta maaf atau pergi dari rumahnya dan Daniel. Sampai sini saja cuplijan ceritanya, konfliknya masih panjangggg (Meridia punya anak, rahasia orang tuanya, kematian Elias, kisah kedua adik Daniel). Setiap masalah selesai muncul lagi pertentangan antara Meridia dan Eva. Sebenernya inti ceritanya simple, mertua dan menantu yang gak akur tapi novel ini terasa berat untuk aku konsumsi yang biasanya dicekoki oleh novel romance. Entah kenapa aku merasa hal-hal yang aneh di novel ini hanya sebuah perumpamaan untuk mengambarkan sifat seseorang. Peranan lebah sedikit jelas ak pahami, dia itu merupakan pengaruh jahat, gampanganya kekuatannya Eva lah, jika ada lebah satu disekitarmu dan lama-lama bertambah banyak maka kau telah terkena pengaruh Eva. Yang masih bingung itu peranan 3 kabut yang mengelilingi orang tua Meridia, apakah perasaan yang saling melukai diantara mereka, rahasia antara mereka berdua yang tidak mau jujur yang akhirnya membuahkan jarak atau apa? Aku masih bingung, trus warna kabut gading, biru, kuning itu apakah punya ciri tersendiri dalam pengaruh orang yang diselubunginya? Makin mumetttt. 




Mau kasih 3 sayap saja sih karena membuat aku bingung dan typonya lumayan banyak, biasanya ak tidak terlalu peduli pada typo, disini banyak kata yang diulang, tapi sangat menikmati sekali waktu Meridia mulai memberontak Eva, mengantisipasi kalo ada Eva berarti bencana datang, dan suka sekali Noah, anaknya Meridia yang sangat patuh pada ibunya (walau pernah sekali membangkang karena pengaruh Eva). Memberikan 4 sayap karena membuat aku menikmati cerita dalam kebingungan.

Minggu, 03 April 2011

Crash Into You


Cerita diawali dengan prolog ketika Nadia masih SD dan sering dijahili oleh Kafka, kemudia tiba" saja Nadia mengetahui dirinya disebuah kamar hotel dengan baju yang hampir naked, lupa kejadian sebelumnya karena sedang mabuk dan ternyata lelaki yg bersamanya adalah Kafka dimana selama 20th ini tidak ditemuinya lagi. Karena tidak mau melihat Kafka lagi akibat trauma masa kecil dan berpikir kalo mereka sempet bobok bareng, Nadia berusaha menjauhinya selama di Bali, tempat mereka bertemu, di hotel, sampai di bandara dengan bantuan teman-temannya. Takdiayal, mereka bertemu lagi ketika Nadia memeriksakan ayahnya ke dokter jantung akibat sakit yg dideritanya berbulan-bulan dan ternyata dokter itu adalah Kafka. Mulai dari situ Kafka selalu mengoda Nadia dengan sms nakal, perlakuan yang kadang lembut sampai Nadia berpikir kalau Kafka ada rasa padanya. Karena tidak ingin dipermainkan lagi seperti waktu kecil, Nadia meminta Kafka untuk berhenti menganggunya melalui sms atau telepon, Kafka menyetujuinya tapi dengan syarat Nadia mau make-out sama Kafka untuk terakhir kalinya. Dan Kafka pun memenuhi janjinya, Nadia keteteran mencari tahu kabar Kafka dan dia juga merasa kau sudah jatuh cinta padanya. Untuk melupakan sakit hatinya, Nadia menerima saran Jana, salah satu sahabatnya untuk berkenalan dengan Elang yang mengaku suka sama Nadia. Semua terungkap dengan jelas waktu ultah Empire club yg dimiliki Kafka beserta adik dan temannya. Bagaimana perasaan Kafka sesungguhnya.

Aku suka tokoh Kafka, awal cerita memang agak hot dan mengalir cepat tapi pas mau kebelakang waktu Kafka menghilang (dan ternyata alasannya gak banget) agak ngebosenin. Epilognya cukup menghibur. Ada beberapa kalimat favorit,
(13) "Ermm...kalau dipikir lagi, sebenernya gue sekarang nggak cuma "mungkin" masuk neraka. Gue emang sudah di neraka." dan
(55) "kalau dunia ini adil, itu namanya bukan dunia, tapi surga."
4 sayap untuk novel ini.
280 pages
Published March 15th 2011 by PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN13: 9789792267648
primary language: Indonesian
original title: Crash Into You
author: aliaZalea   

If I Stay

Mia memiliki segalanya: keluarga yang menyayanginya, kekasih yang memujanya, dan masa depan cerah penuh musik dan pilihan. Kemudian, dalam sekejap, semua itu terenggut darinya.


Terjebak antara hidup dan mati, antara masa lalu yang indah dan masa depan yang tidak pasti, Mia menghadapi satu hari penting ketika ia merenungkan satu-satunya keputusan yang masih dimilikinya---keputusan terpenting yang akan pernah dibuatnya.


"Amat sangat menyentuh." --Publishers Weekly, starred review

"Brutal sekaligus indah." --School Library Journal, starred reviewa commands.



Temanya gak asing sih, jiwa yang keluar dari tubuh yang koma. Diawali dengan kisah keluarga yang bahagia, berencana mengunjungi sahabat orang tua mereka Henry dan Willow. Menyisiri Oregon yg bersalju. Tiba" mobil hancur berantakan, hantaman truk pick up empat ton, pintu" terlepas, hancur berantakan. Potongan" otak ayahnya, biru di bibir dan mata ibunya yg merah, lalu dia menemukan dirinya, darah merembes dibajunya, kaki terpuntir, dan dia seorang yg punya harapan hidup.

Ceritanya flash back, mencampurkan kisah bahagia keluarga dengan kondisi comanya. Menceritakan ayahnya yg dulu drumer, ibunya yg bergaya lady rocker, kakek dan neneknya yg berharap dia masuk ke Juilliard, awal mulanya dia bermain cello, kisah lucu adiknya Teddy yg tidak mau dianggap baby, dan tentang pacarnya Adam, sahabatnya Kim. Yang membuat aku berkaca-kaca adalah ketika Willow datang dan itu menandakan kalau Teddy juga ikut meninggal, berharap sekali kalau dia punya harapan hidup, ak suka sekali ikatan antara Mia dan Teddy, dia tidak hanya adik tp sudah ku anggap anak, begitu katanya, kemudian dia berpikir "untuk apalagi hidup kalo ak sendirian."

Tapi perjuangan Adam dan Kim agar bertemu Mia, padahal mereka tidak cocok, menimbulkan semangat baru. Kim, dia bercerita siapa saja yg menjenguk, menjelaskan bahwa mereka keluargamu, "kau masih punya keluarga," Adam, dia sambil mengengam tanganya meminta untuk tinggal, di hal. 192 "... Aku sanggup kehilangan kau seperti itu asalkan ak tidak perlu kehilangan dirimu hari ini. Aku akan melepasmu. Jika kau tetap hidup."


Ceritanya lumayan menyentuh, betapa sakitnya kehilangan keluarga yg selama ini bahagia bersamamu, kalau jadi Mia mungkin akan berpendapat yg sama, untuk apa hidup lagi jika kau sendirian di dunia ini. Tapi sesekali kita harus melihat sekeliling, ada teman, sahabat, keluarga jauh, dan kekasihmu yg berharap kau untk tinggal, memberi kesempatan padamu untuk merasakan bahagia lagi.
Aku tidak sabar menunggu kelanjutanya.
4 sayap untuk novel ini.

If I Stay (Jika Aku Tetap Di Sini)
Penulis: Gayle Forman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan pertama, 8 Februari 2011
ISBN13: 9789792266603
200 halaman

I Ordered My Wife From The Universe


Ceritanya tentang Teguh Pradana Wirawan seorang advertising sukses, punya segalanya dengan tinggi 178 cm dan berat 98 kg dan cewek super cantik, Tantri. Awalnya si Teguh ini galau akan berat badannya, emang kalo gendut gak boleh gitu punya cewek sexy? Sahabatnya Omar sering menasehati kalo Tantri hanya mau duitnya aja tapi Teguh kebal karena dia kadung cinta metong ama cewek bahenol itu. Sampai suatu saat Omar menunjukkan situs yg berisi adegan mesum Tantri dg orang tua kaya padahal Teguh udah ngrencanain untuk nglamar dia. Sempat frustasi, lalu tanpa sengaja dia menemukan link findyourmatch.com sebuah situs perjodohan gitu dan ada profil salah satu kandidat yg menarik, berumur 19th, lulusan SMA, sedang kuliah, bla bla bla, dan siap menikah. Karena penasaran kok br 19th ikut kayak ginian, dia meng-add messengernya, dan mulailah obrolan" dan kehidupan baru Teguh dimulai.

Sempet bimbang mau beli apa gak karna judul dan covernya menarik sekali tapi takut ceritanya tidak secantik rupanya #halah, awalnya bagus sih tapi kebelakang waktu ketemu Nadia agak mboseni, Omar gak pernah diceritain lagi hehehe, suka sama karakter Omar, ceplas ceplos dan kalimatnya jleb banget waktu nasehatin Teguh, seperti di hal 95 ini nih, "positive thinking dan bego itu beda tipis, sama seperti menolong orang atau menjadi keset kaki untuk orang lain." Overall bagus kok dan si Teguh ini romantis juga. Pertanyaanya: kartu kreditnya Teguh udah dibalikin ama Tantri belum nih? *kehkehkeh*
3 sayap untuk novel ini.

Paperback, 326 pages
Published February 2011 by Gramedia Pustaka Utama
ISBN13: 9789792267075
primary language: Indonesian
original title: I Ordered My Wife From The Universe
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...