Senin, 14 November 2011

Catching Fire

Catching Fire (The Hunger Games #2)
by Suzanne Collins
Alih bahasa: Hetih Rusli
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan I: Juli, 2010
ISBN: 978-979-22-5981-0
428 halaman


Api pemberontakan sudah tersulut. Dan Capitol ingin membalas dendam

Katniss Everdeen berhasil keluar sebagai pemenang Hunger Games bersama Peeta Mellark. Tapi kemenangan itu menyulut kemarahan Capitol. Kemenangan Katniss ternyata membangkitkan semangat pemberontakan di beberapa distrik untuk menentang kekuasaan Presiden Snow yang kejam.

Presiden Snow mengancam Katniss untuk meredakan kegelisahan penduduk distrik dalam Tur Kemenangan-nya. Satu-satunya cara untuk meredakan kegelisahan penduduk adalah membuktikan bahwa dia dan Peeta saling mencintai tanpa ada keraguan sedikit pun. Jika gagal, keluarga dan semua orang yang disayangi Katniss menjadi taruhannya....


Setelah The Hunger Games, berlanjut baca ulang buku berikutnya Catching Fire. Di buku ini jujur ceritanya sangat berbelit-belit, terlebih pertempurannya di bagian ketiga baru muncul. Masih sama seperti sebelumnya, buku ini juga dibagi menjadi tiga bagian, Percikan, Quell, dan Sang Musuh. Walaupun membosankan, pertempuran dibuku ini adalah yang terbaik. Jadi, beda dengan review buku pertama yang banyak menceritakan sejarah atau peraturan Hunger Games (HG), kali ini saya akan mengupas habis jalannya pertandingan, karena bukan hanya pertandingan HG inti ceritanya tapi juga tentang isu pemberontakan yang mulai terjadi.

Katniss Everdenn dan Peeta Mellark keluar sebagai juara di HG ke tujuh puluh empat. Tapi kemenangan tersebut ternyata menyulut kemarahan Capitol, apalagi Presiden Snow mengetahui kalau Katniss hanya berakting mencintai Peeta dan sekarang malah dekat dengan orang yang diakuinya sebagai sepupu, Gale. Selain itu, muslihat buah berry yang dilakukan mereka berdua dipandang sebagai perlawanan, bukan perbuatan berlandaskan cinta, sehingga menimbulkan semangat pemberontakan dibeberapa distrik untuk menentang kekuasaan Presiden Snow yang kejam. Presiden Snow pun mengancam Katniss untuk meredakan kegelisahan penduduk distrik dalam Tur Kemenangan, menunjukkan kalau Katniss dan Peeta saling mencintai tanpa ada keraguan sedikit pun. Jika gagal, keluarga dan orang-orang yang dicintai menjadi taruhannya.

Dalam Hunger Games ke tujuh puluh lima tahun ini, menandakan akan adanya Quartel Quell yang ketiga. Ketika peraturan-peraturan HG disebutkan, Capitol membacakan bahwa setiap dua puluh lima tahun sekali perayaannya ditandai dengan Quarter Quell. Ini dianggap sebagai versi HG yang dimuliakan untuk menyegarkan ingatan tentang mereka yang terbunuh akibat pemberontakan di distrik-distrik. Pada perayaan yang kedua puluh lima tahun, setiap distrik harus mengadakan pemilihan dan memberi suara pada nama-nama peserta yang akan mewakili distrik masing-masing. Pada perayaan kelima puluh tahun, masing-masing distrik diminta untuk mengirim peserta dua kali lebih banyak. Jadi ada empat puluh delapan peserta dimana hanya ada satu pemenang. Dan pada tahun itu, Hyamitch yang menjadi pemenangnya. Dan pada Quarter Quell ketiga kali ini, perayaan HG ke tujuh puluh lima, para peserta lelaki dan perempuan akan dipilih nama-nama pemenang yang masih hidup. Distrik 12 hanya mempunyai tiga pemenang, dua lelaki dan satu perempuan. Artinya, Katniss kembali ke arena.

Awalnya Katniss dan Hyamitch yang terpilih, lebih mudah jika Hyamitch yang mati daripada Peeta, tapi tentu saja Peeta tidak dapat membiarkannya, dia pun mengajukan diri sebagai peserta. Dalam sejarah HG, ada tujuh puluh lima pemenang, lima puluh sembilan yang masih hidup, sebagian peserta sudah tua, sakit, teler karena narkoba atau kebanyakan minum. Jumlah peserta Karier dari Distrik 1, 2 dan 4 yang terbanyak. Selain itu, hampir semua peserta sudah saling kenal, tentu itu merugikan Katniss dan Peeta. Kalau di buku pertama Hyamitch hanya berpesan tetap hidup pada mereka berdua, kali ini dia menyuruh untuk bersekutu dengan peserta lain. Dia menyarankan untuk bersekutu dengan Seedar dan Chaff dari Distrik 11 dan Finnick dari Distrik 4. Mereka semua berpengalaman, tidak peduli apa pun kondisi fisik mereka saat ini. Sedangkan Katniss tentu saja menolok, dia tidak percaya pada siapa pun, tapi waktu latihan dia tertarik ingin bersekutu dengan  Wiress & Beetee dari Distrik 3 dan Mags dari Distrik 4, mereka adalah peserta yang sudah tua dan paling lemah dari peserta lain, dasar Katniss pilihnya yang aneh-aneh :)).

Nah menariknya di sini, kali ini penulis lebih banyak menceritakan para peserta, strategi, arena pertarungan, itulah kenapa saya sangat menyukai buku kedua ini daripada buku pertama. Walau tidak semua nama peserta disebutkan dan keahliannya apa, sedikit banyak penulis mengunggkapkan bagaimana peserta tersebut bisa menang. Berikut saya tuliskan siapa saja para pesertanya:

  • Distrik 1: Chasmere & Gloss >> pasangan bersaudara yang menjadi pemenang berurutan, termasuk peserta Karier

  • Distrik 2 (Industri Pertanian): Enobaria & Brutus >> termasuk peserta Karier. Brutus sangat kuat, berusia empat puluh tahun dan tidak sabar kembali ke arena. Sedangkan Enobaria, pata tahun dia menjadi pemenang, dengan tangan kosong dia membunuh lawannya dengan mengoyak leher lawan dengan gigi, menjadi salah satu idola Capitol.

  • Distrik 3 (Industri Peralatan Elektronik): Wiress & Beete >> pasangan yang sudah tua mendapat julukan Nuts dan Volt, yang satu suka merancau dan satunya selalu membawa kawat. Oh mereka sangat cerdik, dengan kawat tersebut dia bisa menciptakan listrik dan mereka bisa langsung melihat adanya medan gaya. Nggak salah kalau katniss memilih mereka sebagai sekutu.

  • Distrik 4 (Industri Perikanan): Mags & Finnick >> Mags berusia delapan puluh tahun, berjalan menggunakan tongkat, dia adalah mentornya Finnick, pandai membuat kail dari apa saja. Sedangkan Finnick adalah pria tampan idola Capitol, sepuluh tahun lalu memenangi HG ketika berusia empat belas tahun. Trisula adalah senjata andalannya.

  • Distrik 5: pemabuk

  • Distrik 6: pecandu morfin

  • Distrik 7 (Industri Kayu): Johanna Mason & Blight >> Satu-satunya pemenang wanita dari distriknya, dia menang bebrapa tahun lalu dengan berpura-pura menjadi anak yang lemah.

  • Distrik 8: Cecelia & Woof

  • Distrik 9: Unidentity

  • Distrik 10: Unidentity

  • Distrik 11: Seedar & Chaff: Chaff adalah sahabat Hyamitch, salah satu lengannya buntung karena memenangkan HG tiga puluh tahun lalu.

  • Distrik 12 (Industri Batu Bara): Katniss & Peeta

Untuk tahu spesialisasi atau bergerak dalam industri apa tiap distrik bisa dilihat di sini:


[gigya width="460" height="740" src="http://www.thecapitol.pn/welcome/welcome.swf" quality="high" flashvars="XMLloc=http://www.thecapitol.pn/welcome/xml/welcome.xml&gig_lt=1362721325235&gig_pt=1362721488000&gig_g=2&gig_n=blogspot" wmode="tranparent" allowfullscreen="true" ]

Bicara tentang arenanya, hmmm amazing! Saya sampai mengambar peta arenanya supaya benar-benar paham. Area pertempurannya bundar seperti jam dan bisa berputar sesuai dengan arah jarum jam. Menakjubkannya lagi, di tiap jam tersebut, arena berisi jebakan yang mematikan bagi para peserta. Seperti pada pukul satu menuju pukul dua ada zona petir, berikutnya secara berurutan sampai pukul lima adalah: zona hujan darah, kabut beracun, mutan berupa monyet yang mematikan, dan burung Jabberjay, yang bisa menirukan suara orang yang kita cintai. Dan pada sepuluh sampai sebelas adalah zona ombak. Sayangnya, lagi-lagi penulis tidak menjelaskan semua zona dalam arena pertandingannya. Tapi walaupun kurang lengkap, pertandingannya benar-benar seru. Bagaimana Katniss mencerna kode dari Hyamitch untuk mengetahui siapa saja musuh sebenarnya, kode yang dia berikan untuk menentukan sekutunya, dan bagaimana dia tahu arena pertandingannya. Romansa di sini masih sama seperti di buku pertama, hanya bumbu, tapi Gale cukup banyak ditampilkan. Drama yang dibuat Peeta dan Katniss selama pertandingan? Kali ini Peeta berkata kalau Katniss sedang hamil, sungguh jenius dia dalam mengambil hati penonton.

Lalu kali ini siapa yang menjadi pemenangnya? endingnya bikin ngremes-ngremes bukunya.

5 sayap untuk arena jam-nya dan drama yang dibuat Peeta :))


tumblr_mjbkvmRWEk1s5sarho1_250
581734_342241952544739_292258476_ntumblr_mjbp1q9RuC1qby2j8o9_250tumblr_mjbp1q9RuC1qby2j8o10_250 tumblr_mjbp1q9RuC1qby2j8o6_250tumblr_mjbp1q9RuC1qby2j8o7_250tumblr_mjbp1q9RuC1qby2j8o5_250 tumblr_mjbp1q9RuC1qby2j8o4_250tumblr_mjbp1q9RuC1qby2j8o3_250tumblr_mjbp1q9RuC1qby2j8o2_250 tumblr_mjbp1q9RuC1qby2j8o1_250


Trailer:








9 komentar:

  1. aiaaa seri ini emang keren banget ya :D eh meskipun bagian pertama dari Catching Fire membosankan tapi anehnya saya suka, soalnya ada intrik politik dan pergulatan batin Katniss :D

    BalasHapus
  2. Uwooo Suliiis keren banget reviewnya! Pada suka Peeta ya? Aku sejak awal suka Gale, Peeta ini terlalu manis :) Ditunggu review Mockingjay bulan depan Sulis! Penasaran bakal dapat berapa sayap ya? hehehe

    BalasHapus
  3. @tiara nah iya, itu juga inti buku kedua ini tp karna saya suka pertandingannya jadi cukup nggak sabar juga waktu baca bagian awal, hehehe@mia ini selain terlalu manis dia juga lembek, hehe. Mungkin karna jarang ditampilin Gale-nya makanya nggak dapet feel dirinya. Semoga Mockingjay nggak kalah bagus dari buku sebelumnya jadi nanti bisa dapet 5 sayap lagi :))

    BalasHapus
  4. sukaaaa banget sama peeta, gimana nih lisss??? pengen cepetan baca mockingjay!!!!!!

    BalasHapus
  5. Hahaha, aku juga suka mb dan gak sabar baca buku ketiganya, enaknya diapain ya? :p

    BalasHapus
  6. wahhh ada info tentang info keahlian setiap distrik..aku juga udh baca ini tpi blm mau bkin reviewnya..ntar aja rencananya bareng mocking jay..suka dengan reviewmu sulis :)

    BalasHapus
  7. @esi makasih esi, takut lupa lagi soalnya jadi langsung dibuat reviewnya deh :)

    BalasHapus
  8. Setiap distrik mempunyai ciri yg "aneh"
    Gak nyangka dikasih 5 sayap oleh mbak sulis buku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena seri The Hunger Games paling favorit :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...