Minggu, 26 Juni 2011

Diary si Bocah Tengil: Hari-Hari Sial


penulis: Jeff Kinney
penerbit: Atria
judul asli: Diary of Wimpy Kid: Dog Days, diterbitkan: Amuled Books, 2009.
penerjemah; Ferry Halim
penyunting: Jia Effendie
pewajah isi: Aniza Pujiati
cetakan: III, Maret 2011
ISBN: 978-979-024-456-6
217 halaman

Buku I: tentang Greg dan sahabatnya Rowley, serta sekolah barunya.
Buku II: Greg dengan kakaknya, Rodrick
Buku III: Greg dengan ayahnya, sekolah militernya.
Buku IV: tentang liburan musim panas Greg.

Dibuku yang berwarna kuning ini memceritakan betapa sialnya Greg waktu liburan musim panas (perasaan dia sial terus deh :p). Greg punya cara untuk mengisi liburannya yaitu dengan nongkrong di sepan TV sambil bermain video games, dengan tirai jendela tertutup dan lampu yang dipadamkan (surga dunia hihihi), tapi Mom bilang kalau itu "tidak lazim" dia menyarankan agar pergi ke kolam renang bersama Rowley. tapi Greg punya pengalaman buruk dengan janapada, dia mengajak Trista, tetangga baru mereka ke kolam renang tersebut (Greg dan Rowley berusaha mengaet karena mereka sama-sama jomblo), namun baru lima menit si cewek itu sudah kepincut sama lifeguard. Sebenarnya Greg ingin sekali menghabiskan liburan panasnya ke pantai tapi ibunya dalam "rapat keluarga" mengatakan kalau keadaan keuangan agak seret tahun ini dan tidak mampu liburan ke pantai yang artinya tidak ada liburan keluarga, dia hanya menantikan di musim panas kali ini yaitu hari ulang tahunnya dan edisi komik terakhir "Si Kecil Imut" atau "Li'l Cutie" =))

Lucunya lagi waktu Greg setuju untuk potong rambut di Salon Kecantikan Bombshell, awalnya dia "malu" pergi ke tempat Mom dan Gramma potong rambut tapi disana dia menemukan kesenangan tersendiri, ada TV dimana-mana, banyak tabloid, surat kabar, dan GOSIP, dimana cacat cela setiap orang akan kau dapatkan di Salon Kecantikan =)). Mom juga menguliahi waktu Greg atau anak-anak seusianya terlalu banyak menonton film dengan adegan kekerasan dan terlalu sering bermain video games lalu dia mengadakan "kelompok membaca" sebagai hukumannya. Mom menyuruh setiap anak membawa buku favorit masing-masing untuk didiskusikan tapi Mom bilang kalau buku yang mereka bawa bukanlah karya sastra "yang sesungguhnya" dan mereka harus memulai dengan sastra "klasik" coba tebak bukunya apa saja? *jeng jeng* Little Woman, The Yearling, Old Yeller,  dan Anne of Green Gables, LOL. tahu tidak, lama-lama kelompok "Membaca itu Menyenangkan" tinggal Greg saja (hmmmm, kayaknya saya dan Greg sehati nih, tidak suka sama klasik :D).

Hukuman yang diberikan Mom tidak itu saja, waktu Greg dan Rowley di janapada, mereka menghabiskan uang Mr. Jefferson sebanyak  $ 83, dan Mom menyuruh mereka untuk melunasi uang tersebut dengan uang mereka SENDIRI. Karena tidak punya uang, Greg membuat rencana dengan membuka usaha Layanan Pemotongan Rumput V.I.P. Seperti sifat Greg yang egois, dia menyuruh Rowley untuk bekerja sedangkan dia duduk dibawah rindangnya pohon sambil mulai menyusun rencana bisnis. tapi Rowley tidak sebodoh biasanya dia marah dan bilang kalau bisnis mereka bersifat "rekanan" jadi harus dikerjakan bersama-sama (bagoooossss), mereka pun akhirnya bertengkar.

Waktu ulang tahunnya, Greg berharap mendapatkan kado berupa seekor anjing atau telepon seluler tapi tidak digubris ibunya jadi dia berharap mendapatkan kursi santai tapi dia malah mendapatkan kado dari Mom dan Dadnya berupa "kepik" telepon seluler yang hanya ada dua tombol. yang satu untuk menelepon rumah dan yang satu untuk keadaan darurat tak lain tak bukan 911, LOL.
Waktu Greg mau berfoto di kolam renang yang disampingnya ada Heather (atau lebih tepatnya dibangku penjaga keamanan kolam, jadi Greg di bawah bangku itu) tapi ibunya tidak bisa menggunakan kamera, waktu liburan ke pantai yang seharusnya menjadi impiannya, Greg malah berlibur bersama keluarga Jefferson dengan alasan agar hubungan Greg dan Rowley membaik, dia pun mencari cara agar "dipulangkan", masih banyak kesial Greg waktu musim panas, mending baca sendiri deh biar puas =))

Ilustrasi gambarnya sama banyaknya dengan buku ketiga, petuah-petuah Mom juga banyak seperti di buku kedua. Tetap lucu, tapi saya lebih suka buku pertama dan kedua, banyak keusilan Greg dan Rodrick di buku tersebut :D. Menurutku seri Wimpy Kid ini cocok sekali dibaca oleh orang tua karena banyak tips untuk mengatasi anak-anak yang bandel, cara menghukum yang bersifat mendidik, dan bagaimana caranya mendapatkan tambahan uang untuk membayar hutang dan cocok juga untuk anak kecil yang kepingin "nakal" =))

3 sayap untuk kesialan Greg yang bertubi-tubi :)

Kita tunggu kelanjutan seri berikutnya: Diary of a Wimpy Kid: The Ugly Truth (Diary of a Wimpy Kid #5), semoga cepat diterjemahkan


dan seri terbaru yang akan terbit pada bulan 15 November 2011, Diary of a Wimpy Kid: Cabin Fever (Diary of a Wimpy Kid #6)

Selain seri Wimpy tersebut, Jeff Kinney juga menerbitkan buku Diary of a Wimpy Kid Do-It-Yourself Book yang bertujuan agar kita membuat diary jurnal kita sendiri, berisi impianmu, rahasia terbesarmu, kenalkalan-kenakalan yang pernah kau buat, dan lain sebagainya, ada halaman kosong yang bisa kita isi sendiri, intinya kayak Kinney membuat seri Wimpy, kita bisa membuat seri kita sendiri, seru kan :))

Tentang pengarang:
Jeff Kinney adalah seorang pengembang dan perancang permainan online, dan pengarang buku terlaris #1 versi New York Times. Pada tahun 2009, Jeff dijuluki sebagai salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia versi majalah Time. Dia menghabiskan masa kanak-kanaknya di kawasan Washington, D.C., dan pindah ke New England pada tahun 1955. Sekarang, Jeff tinggal di bagian selatan Massachusetts bersama istri dan kedua putranya. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi www.wimpykid.com.
Untuk yang kepengen membuat avatar seperti tokoh di Wimpy Kid, coba berkunjung ke www.wimpyourself.com dan saya sudah mempraktekkannya, inilah hasilnya :)



5 komentar:

  1. ijin nyari inspirasi gan.. buat tugas ane.. thx

    BalasHapus
  2. Silahkan, emang tugasnya kayak gmn? :)

    BalasHapus
  3. saat da pesta dirumah ku

    BalasHapus
  4. seri ke-6 yg bahasa indonesia belom terbit ya??kok nyari nyari di gramed sama toko buku manapun belom ada yaah :(

    BalasHapus
  5. Duh buku Diary si Bocah Tengil lucu-lucu semua dah

    Eh itu penulisnya cakep yah *salah fokus

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...