Minggu, 22 Mei 2011

Warna Langit




Penulis: Kim Dong Hwa
Penerbit: gramedia
Judul asli: The Story Of Life On The Golden Fields VOL. 3
First published in Korea in 2003
Cetakan: I, 2011
328 halaman.
goodreads: http://bit.ly/kOc6Ub

Belum baca Warna Air dan Warna Tanah, untung gak bingung. Ceritanya Ehwa ngantar Duksam pergi ke laut untuk mencari peruntungan. Ibunya juga sedang menunggu kekasihnya si tukang gambar. Intinya sih itu hehehe. Masa –masa penantian bagi Ehwa sih lama, selalu mengira kalau ada pak pos itu berarti akan ada kabar dari Duksam. Hari-harinya pun diisi bersama temannya yang lucu si Bongsoon dan pelajaran hidup dari Ibunya. Seperti, Waktu Ehwa pergi mengantar Duksam dia tidak ijin sama ibunya dan pulang sampai fajar, awalnya ibunya member hukuman cambuk tapi tidak meneruskannya karena Ehwa sudah besar, sudah bisa mengambil keputusan sendiri, alasannya menghukum adalah untuk mencegah terjadinya sesuatu dimasa depan, dan sejak itu ibunya tidak akan menghukumannya lagi. Trus waktu ibunya Ehwa kehilangan uang, dia sempat berpikir kalau Ehwa lah pencurinya tapi ternyata dia lupa meletakkannya, kita memang dilarang menuduh kalau belum ada buktinya. Kemudian ada gelandangan yang mencurigakan di desa Ehwa yang harus dihukum mati karena perbuatannya yang menguntit orang yang dicintainya padahal orang tersebut sudah menikah. Adat pernikahan Korea juga diterangkan disini, ternyata kalau bebek mandarin itu dilempar dan mendarat dengan benar, itu pertanda bahwa anak pertama adalah laki-laki, sedangkan kalau mendarat miring, maka anak pertama adalah perembuan, ayo dicoba dicoba :D. Cerita Malam Pertama itu lucu, perumpamaannya itu loh wakakakaka, “Beginikah rasanya kehidupan perkawinan itu? Buga-bunga bermekaran, dan lentera-lentera kertas aneka warna bergoyang-goyang dalam embusan angin?”
Oh ya ada percakapan Ehwa dan Ibunya yang sangat aku sukai, di halaman 48
“kalau kau sudah selesai menyapu, letakkan dedaunan itu di dalam tungku dan bakarlah. Bersama setiap helai daun yang kautambahkan ke tungku, masukkan secuil kepedihanmu ke dalamnya. Kalau kau melakukannya, akan kau lihat betapa hatimu jadi lebih ringan. Itu sebabnya ketika seorang wanita menyalakan api, apinya selalu besar dan bertahan lama. Ia menghabiskan sepanjang malam dengan melemparkan segenap keprihatinannya ke dalam api, dan tidak tidur barang sekejap saja.”
“aku tidak akan melakukan itu. Meskipun kekhawatiranku bertambah jadi ribuan atau bahkan puluhan ribu, aku takkan membakarnya. Aku akan menyimpan setiap kecemasanku dengan hati-hati di dalam hati, tak peduli betapa sulit keadaanya. Kalau saja dedaunan ini adalah pesan dari Duksan. Bersama setiap helai daun yang kumaksukkan ke tungku,aku akan membaca sebuah kata. Kalau saja semua ini adalah kata-kata yang dilutiskan Duksam, maka surat ini akan sangat panjang hingga butuh waktu semalaman untuk membacanya.”
Sungguh deh, selain gambarnya bagus sekali, tulisannya puitis dan penuh makna, ditambah lagi di akhir-akhir halaman terakhir ada jawaban dari penulis yang ditannyakan pengemarnya seputar trilogy warna ini dan ada panduan membaca novel grafis, jadi nambah pengetahuan tentang perkomikan:D.

3 sayap untuk Ehwa yang setia menanti :D.

6 komentar:

  1. Aku suka serial ini, punya ketiganya. Gambarnya luar biasa dan tidak menyesal untuk mengkoleksinya :pBtw, tanpilan Sulis ganti, bagus blognya :)

    BalasHapus
  2. hehehehe, makasih miaiya gambarnya bagus, bukunya gede lagi, kalo pecinta komik pasti suka :)

    BalasHapus
  3. Yup, gambarnya keren dan ngasih tahu kultur korea itu seperti apa. Sayang di Indonesia, komik identiknya dengan manga atau superhero, padahal komik itu banyak genrenya.

    BalasHapus
  4. @felis: ak juga baru tahunya dari trilogy warna ini, belum pernah baca sebelumnya kalo ada "komik gede" kebiasaan baca manga hehehe

    BalasHapus
  5. Pas liat covernya kok merasa gak nyambung yah sama judulnya?
    Judulnya kan warna langit tapi covernya org sedang duduk dan gak ada warna langitnya sama sekali.
    Mungkin judulnya pakai judul aslinya saja "The Story Of Life On The Golden Fields" baru nyambung

    BalasHapus
  6. Cari ah pas lg diskon...... * hematbudget aku suka yg novel ada gambar bewarnanya apalagi mengajarkan ttg kehidupan

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...