Minggu, 22 Mei 2011

Karena Kita Tidak Kenal


Karena-kita-tidak-kenal

Pengarang: Farida Susanty
Penerbit: Grasindo
Cetakan: I, 2010
ISBN: 978-979-081-226-0
199 halaman

Akhirnya baca juga, menantinya udah dari tahun kemaren, mau beli di Solo gak ada satu pun took buku yang jual, kemaren sempet pesen sama Kak Roos waktu dia ke Jakarta dan ternyata gak ada juga, untung dia punya jadi pinjem deh, makasih kakakkk :D

Pasti gak asing dong sama Strangers? Berpa banyak sih orang asing yang pernah kamu temui, di sekitarmu? Di kumpulan cerpen ini kita akan mengetahui siapa saja orang asing itu.

#1 Bagaimana Cara Menarik Orang Asing
Mungkin udah gak asing lagi dong sama socmed, situs pertemanan, yub di sini akan bercerita tentang Friendster, bagaimana cara menarik banyak orang asing untuk mengenal kita. Dialah Archi cewek pingitan, kuper pokoknya, merasa terganggu karena teman-temannya pada ngomongin friendster, karena penasaran dia mencari dan akhirnya membuat ajang mencari teman itu. Awalnya dia tidak terlalu memikirkan jumlah teman tapi setelah tahu Ita, temannya yang sama-sama kuper punya banyak sekali friend dan mempunyai pacar juga lewat situs itu, dia mulai membuat siasat agar friendsternya di add banyak orang, mulai terobsesi. Intinya sih dia merubah semua profilnya menjadi alay ;p, foto kayak orang emo, nama yang besar kecil tempat tinggal yang gak umum, biodata yang aneh-aneh, yah seperti kebanyakan ABG jaman sekarang pokoknya. Sampai dia menemukan orang asing bernama Arga, orang yang membuat dia tidak lepas dari friendster, orang yang dia anggap keren, sampai dia mendapatkan message darinya yang berbunyi, “nggak, gue nggak percaya friendster. Semua orang bohong di sini. Dan gue sebenernya udah tau lo bohong dari awal, walau gue emang tadinya ngrasa profil lo beneran. Gue cumin maenin lo aja. Cerita-cerita sampah. Dan lo malah jadi suka sama gue. Haha. Ini kayaknya harus berakhir. Gue muak lo pura-pura emo. Jawaban-jawaban lo konyol. Boongin orang aja.”

(Kalo pengen banyak temen di facebook atau di twitter, kayaknya bisa loh mencontoh idenya si Archi ini ;p)

#2 Joker
Ranti mempunyai teman baru, Indri. Dia menjadi sangat tergantung padanya, teman-teman lainnya juga sangat menyukai Indri. Waktu Ranti minta ditemani ke Gramedia Indri menolak, tapi sewaktu memutuskan untuk pergi kesana dia melihat Indri ada di Gramedia, tertawa bersama teman sekolahnya yang lain. Sejak itu dia mendiamkan teman sebangkunya. Lalu datanglah hari-hari itu, dia menjadi orang terbuang di sekolahnya, orang asing seperti awalnya.
A joker is a little fool who is different from everyone else. He’s nor a club, diamond, heart, or spade. He’s not an eight or a nine, a king or a jack. He is an outsider. He is pleced in the same pack as the other cards, but he doesn’t belong there. Therefore, he can be removed without anybody missing him. (Jostein Gaarder – The Solitaire Mistery).
 #3 Siapa?
Rina harus menelan pil pahit ketika dia tidak diterima SPMB di jurusan kedokteran. Bukan keinginannya tapi Ayahnya yang mewajibkan dia masuk kedokteran, ayahnya pun mengusahakan segala cara agar Rina dapat masuk ke jurusan impiannya. Dia hanya bisa menatap Kevin, pacarnya, yang dulunya terlihat depresi karena masuk Fakultas Hukum, yang juga sama, atas keinginan ayahnya karena seorang pengacara sekarang menjadi sumringah karena ketrima di Fikom, impiannya.
Apa itu rasanya menemukan diri?

#4 Selamat Ulang Tahun
Berisi surat ucapan selamat ulang tahun dari seorang ayah kepada putrinya, dia menceritakan tentang pertumbuhan anaknya dari kecil sampai dewasa, kadang seorang anak yang penurut, baik, kadang menceritakan bagaimana dia menjadi incaran public, foto senonoh, masuk rehabilisasi alcohol. Ayah yang merasa asing dengan anaknya sendiri.

#5 Rahasia
memang itu fungsinya orang asing ‘kan? Untuk membagi rahasia-rahasia terkotormu dan tidak bisa kamu ceritakan pada orang-orang terdekatmu..
Di kereta menuju Jakarta, Ardia bertemu dengan orang asing yang sama-sama ingin mengungkapkan rahasia terkotor mereka yang tidak sanggup diungkapkan kepada orang terdekat. Ardia takut merasa jelek jika bertemu orang dan si Om yang takut kehilangan control untuk melakukan pelecehan terhadap orang lain. Aku suka endingnya :D

#6 Culik
“Penculikan itu apa, Ma?”
“Seseorang yang di bawa pergi oleh orang asing, sayang.”
Orang asing?
Orangtua Alexa mengira kalau anaknya trauma akan penculikan yang dialaminya, anaknya selalu memenganngi celana yang dipakainya, tapi mereka tidak tahu kalau Alexa memiliki rahasia dengan Adrian, orang asing yang menculiknya. Waktu penculikan, Alexa merasa tidak diculik, berterima kasih sudah dibawa pergi selama sehari, dia bercerita bahwa ayahnya seorang perfeksionis yang tanpa sadar selalu menakannya secara fisik maupun psikis. Mereka berdua akan menjaga rahasia ini, seberat apa pun resikonya.

#7 Tuhan
Nisa mempunyai sahabat seorang ateis, ya, tidak percaya Tuhan, dia adalah Rio. Nisa mulai mengalami perang batin sewaktu sahabatnya itu mencalonkan diri sebagai ketua senat, dimana banyak orang menghujat akan keyakinannya itu. Dia ingin sahabatnya mundur. Oh ya, ada paragraph yang menohok:
“Sok beragama. Siapa sih Tuhan buat lo? Paling juga Tuhan cuma orang asing buat lo, kayak orang-orang lain. Yang gila agama. Yang nglakuin ritual ini itu tapi nggak ngerti juga mereka nyembah siapa….”
“Dengar. Nggak ada hubungannya agama saya dengan kode moral saya. Tidak usah bawa-bawa agama di masalah seperti ini. Nggak ada yang meduliin Tuhan juga. Negara kita presidennya pake kopiah, tapi ya udah, gitu aja. Negara kita tetep jalan ‘kan? Tetep bunuh diri walau punya Tuhan. Tetep korupsi walau punya Tuhan. Dan nggak ada yang ngrasa salah, yang penting mereka ibadah dan beragama. Orang –orang yang cuma nyembah agama dan mengganggap Tuhan orang asing Yang Maha Besar dan Kapan-Kapan-Aja-Ditemui, buat saya orang-orang seperti itu hipokrit sekali. Saya memang tidak punya agama, karena jujur aja, saya belum bisa kenal Tuhan, apalagi pura-pura melakukan ritual-ritual. Tapi saya yakin saya orang baik dan punya mimpi! Tolong berhenti judje saya!..”
God. God is a stangers to me?

#8 Pemakaman
Bagaimana rasanya menghadiri pemakaman yang isinya orang asing semua? Tidak ada keluarga dan teman yang datang. Dini menghadiri pemakaman suaminya, Doni. Suami yang dibencinya, dibenci keluarganya, dibenci temannya, dibenci semua orang. Tapi, sewaktu menghadiri pemakamannya, dia bertemu orang-orang asing yangmendapat undangan pemakan seperti dirinya, dan dia merasa heran, karena orang-orang asing tersebut mengganggap kalau Soni adalah sosok yang baik.

#9 Pada Suatu Hari, di Sebuah Jalan
Pada suatu hari, di sebuah jalan. Seorang laki-laki, orang asing #1 bertemu dengan orang asing #2 yang sedang duduk kehujanan di pinggir jalan, karena merasa penasaran dia pun menyuruh orang asing #2 untuk masuk ke mobilnya. Mereka kemudian melewatkan satu hari bersama, berharap akan selalu seperti ini.

#10 Malaikat
Aku duduk di sebelah mereka. Aku menuntun mereka. Tapi mereka terus mengasingkan aku. Mereka tidak ingin aku ada.
Ada orang-orang yang tidak boleh diasingkan. Terutama malaikat.
Ceritanya unik, ada 7 kejadian dimana di akhir cerita kejadian
itu akan berakhir sama, kecelakaan.

#11 Yang Diuntit
Seorang gadis yang merasa dirinya dikuntit setiap hari sejak kecil oleh orang asing, orang-orang terdekatnya mengganggap kalau itu hanya ilusi, halusinasi, selalu paranoid. Endingnya juga wow, kayak film thriller :D

#12 Musik
This is me, and my dreams and my hopes/ I want to keep dreaming, and trying, and moving on/ running and flying to place I want to go.
Paris Harrington, merasa stuck berat setelah kesuksesan  album pertamanya dan overdosis obat-obatan, dilain pihak, lagunya menginspirasi orang-orang asing di penjuru dunia. Di Prancis, Marck, laki-laki yang mencoba bunuh diri dengan loncat dari lantai 3 karena diputus oleh pacarnya, bersemangat dan mencoba mencari jalannya kembali setelah mendengar lagunya Paris Harrington. Di Indonesia, Gani, laki-laki yang sangat cinta dunia tari, dianggap gay dan banci. Tapi dia tidak malu akan mimpinya, ada lagunya Paris Harrington yang menyemangatinya. Di Gaza, George O’Neal tentara US, dia menyelundupkan perempuan yang kakinya hanya tinggal sebelah ke sebuah kapal yang menuju ke US, setelah mendengar lagunya Paris Harrington, berpikir kalau alas an perempuan ituadalah dia berhak punya mimpi dan melanjutkan hidupnya. Di Amerika, Miss Harren tidak pernah menyerah mengajari muridnya Steven untuk selalu belajar membaca, mengusulkan lagunya Paris Harrington kalau dia lagi tidak bersemangat.

#13 WWS
Seorang anak yang marah kepada ayahnya dan tidak mau menerima ibu tirinya, orang asing yang mengantikan posisi ibunya. Sampai dia mendengar kisah masa lalu temannya, Indina, dia mulai merubah konsep orang asing.

#14 Pandangan Pertama
Via melihat punggung orang asing yang bertatokan wajahnya, bagaimana bisa? Mereka hanya bertemu sekali, bicara 10 menit, kau percaya cinta pada pandangan pertama?
Orang asing itu percaya kalau Via adalah jodohnya, “kamu adalah yin untuk yang saya. Kamu adalah orang yang aka ada di foto di ruang tamu rumah saya. Kamu adalah ibu dari anak-anak saya. Saya tahu itu.”
Via merasa binggung, dia akan segera menikah, tapi orang asing itu membuatnya bertanya-tanya, apa itu cinta?

#15 Alice in Wonderless Land
Alice merasa dunianya sudah tidak menarik lagi, lalu tak sengaja dia menemukan selebaran di jok mobilnya. Dia pun mengikuti permainan itu selama seminggu, tidak boleh memberitahu orang lain. Menjadi orang asing di dunia yang asing. Suka waktu teka-teki tidak boleh mengucapkan satu kata itu.

#16 Halo
Bonus cerita, yang menutup cerita ini dengan puas.
“Halo, boleh kenalan?”
Seorang perempuan yang awalnya mendapatkan sms seperti itu yang lama-kelamaan menjadi sebuah terror.

Selesai juga penantian membaca ini #phew. Aku suka struktur penulisannya (bener ‘kan?) ada daftar isinya, jadi kita bisa milih mau baca cerita yang mana dulu, ada panduannya juga yang isinya sekilas tentang sinopsisnya. tiap bab juga ada ilustrasi gambar sesuai dengan tema ceritanya. Covernya juga keren uey :D, khas tulisannya Farida, gloomy, kadang thriller, kadang sinis, kadang sedikit lucu. Yah aku harus berterima kasih kepada Farida karena tulisannya saya mulai menyukai cerita yang gloomy dan sad ending. Dari 16 cerpen itu sebenernya hampir suka semua tapi yang jadi favorit adalah cerpen Rahasia dan Tuhan. 

Alasannya, Rahasia, mikir juga sih waktu baca ini, boleh juga ya kita menceritakan rahasia tergelap kita kepada orang asing, kita tidak akan takut rahasia itu akan terbongkar kalo kita menceritakannya ke orang asing, orang yang tidak saling kenal, beda kalo cerita ke teman terdekat kita yang rata-rata mulutnya pada ember ;p. Karena buku ini pinjam dan penasaran kenapa di halaman 63 ada plester bening yang ujungnya berwarna biru, ternyata eh ternyata setelah aku pahami #tsah ada kalimat yang membinggungkan di cerpen rahasia ini. Di paragraph ke berapa di halaman itu waktu si Om cerita kalau dia sudah menikah selama 10 tahun, tapi di paragraph selanjutnya si Om bilang setelah menikah selama 19 tahun??? Yang kedua adalah cerpen Tuhan, merasa hipotisis adanya Tuhan menurut Rio benar juga (bukan berarti saya ikut-ikutan ateis, no! :D) nggak usah ngurusin agama orang lain, agamamu agamamu, agamaku agamaku :D.

Oh ya menurut halaman belakang di kumcer ini, ternyata cerpen ini udah dibuat Short Movie loh dengan judul Strangers, jadi pengen nonton, pertanyaannya: bisa ditonton dimana nih? Ada yang tau bisa donlot kemana? Bagi link ya kalau tau :D

4 sayap untuk orang asing disekitar kita.

Note: kalo dapet sms, “Halo, boleh kenalan?” saya sarankan dibales deh kalau tidak mau ada pisau yang merobek bajumu sepanjang 5 cm.

4 komentar:

  1. Ini lengkap banget reviewnya sampai per sub judul
    Keren banget mbak sulis

    BalasHapus
  2. Kayanya cerpen dalam buku ini bagus2 semua..... thanks reviewnya mba....klo dulu jaman sekolah bawaan nya baca chicken soup mulu ^^

    BalasHapus
  3. Yang Bikin Covernya27 Februari 2014 23.47

    Kebetulan nyasar kesini...

    "Covernya juga keren uey :D"

    ...Ah jadi malu. Makasih mbak. :">

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...