Sabtu, 09 April 2011

Of Bees and Mist (Kabut Masa Lalu)


10519401


Author: Erick Setiawan
Paperback, 580 pages
Published February 2011 by Gagas Media (first published August 4th 2009)
ISBN: 9797804666 (ISBN13: 9789797804664)
primary language: Indonesian
original title: Of Bees and Mist
Character: Meridia, Eva, Revenna, Daniel, Gabriel, Elias

Bingung, itu kesan pertama waktu membaca Of Bees and Mist ini. Ini cerita romance, fantasy atau horor? Dari awal cerita sangat suram, kelam, terkesan horor, ada mistisnya juga. Yang membuat sangat bingung itu peranan 3 kabut yang selalu membayangi Gabriel dan Revennan, yang membuat kedua orang yang dulunya saling mencintai namun sekarang malah membenci setelah anak mereka lahir, Meridia. Hidupnya sengsara sekali, dibenci ayahnya sendiri, ibu yang sering melupakan keberadaanya, tidak punya teman, dan hanya pengasuhnya saja yg mempedulikannya. Waktu bertanya ke pengasuhnya kenapa orang tuanya saling acuh dan tidak peduli padanya, Meredia hampir mendapatkan akhir jawabanya namun tiba-tiba pengasuhnya pergi. Karena ingin menemukan akhir cerita pengasuhnya, Meridia mulai mengawasi Ayah dan Ibunya, ada 3 warna kabut yang silih berganti yaitu kuning, gading, dan biru. Ayahnya yang punya perempuan lain, Ibunya yang sering melampiaskan kemarahanya di dapur, tidak ada kebahagiaan pada Meridia. Sempat dia merasakan punya teman, Hannah, namun tidak lama dia meninggalkan Meridia dalam kesepian lagi dan dia juga sangat misterius seperti hantu. 


Cerita mulai menarik ketika Meridia bertemu dengan Daniel, yang akhirnya menjadi suaminya. Karena Gabriel tidak menyetujui, setelah menikah Meridia tinggal bersama keluarga suaminya. Mertuanya, Eva yang pilih kasih kepada kedua putrinya, lebih memanjakan Malin daripada Permony tapi disayang oleh Elias suami yang tunduk padanya. Tinggal bersama keluarga suami ternyata menjadi bencana bagi Meridia, dia seperti pembantu, mengurusi rumah, mertuanya yang pelit. Sampai suatu ketika Meridia mendengar ada suara lebah dikamar mertuanya, yang menjadi awal konflik rumah tangganya, yang kemudian selalu melihat lebah disekitar Eva dan mempengaruhi Elias. Karena tidak tahan dengan kehidupan serba ngirit, Meridia juga mendengar Eva menjelek-jelekkan dirinya, dia ingin pergi dari rumah itu. Eva tidak terima malah memfitnah balik. Merasa geram, dia membuat ultimatum meminta maaf atau pergi dari rumahnya dan Daniel. Sampai sini saja cuplijan ceritanya, konfliknya masih panjangggg (Meridia punya anak, rahasia orang tuanya, kematian Elias, kisah kedua adik Daniel). Setiap masalah selesai muncul lagi pertentangan antara Meridia dan Eva. Sebenernya inti ceritanya simple, mertua dan menantu yang gak akur tapi novel ini terasa berat untuk aku konsumsi yang biasanya dicekoki oleh novel romance. Entah kenapa aku merasa hal-hal yang aneh di novel ini hanya sebuah perumpamaan untuk mengambarkan sifat seseorang. Peranan lebah sedikit jelas ak pahami, dia itu merupakan pengaruh jahat, gampanganya kekuatannya Eva lah, jika ada lebah satu disekitarmu dan lama-lama bertambah banyak maka kau telah terkena pengaruh Eva. Yang masih bingung itu peranan 3 kabut yang mengelilingi orang tua Meridia, apakah perasaan yang saling melukai diantara mereka, rahasia antara mereka berdua yang tidak mau jujur yang akhirnya membuahkan jarak atau apa? Aku masih bingung, trus warna kabut gading, biru, kuning itu apakah punya ciri tersendiri dalam pengaruh orang yang diselubunginya? Makin mumetttt. 




Mau kasih 3 sayap saja sih karena membuat aku bingung dan typonya lumayan banyak, biasanya ak tidak terlalu peduli pada typo, disini banyak kata yang diulang, tapi sangat menikmati sekali waktu Meridia mulai memberontak Eva, mengantisipasi kalo ada Eva berarti bencana datang, dan suka sekali Noah, anaknya Meridia yang sangat patuh pada ibunya (walau pernah sekali membangkang karena pengaruh Eva). Memberikan 4 sayap karena membuat aku menikmati cerita dalam kebingungan.

1 komentar:

  1. Bingung yah genrenya mbak?
    Saya juga bingung baca review mbak @.@

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...