Selasa, 12 April 2011

Kicau Kacau: Curahan Hati Penulis Galau


10655791


"Resensi buku ini dibuat dalam rangka ikut berpartisipasi dalam Lomba Resensi Buku ReadingWalk.com"

Author: Indra Herlambang
Paperback, 344 pages
Published March 2011 by Gramedia Pustaka Utama
ISBN13: 9789792267242


Kumpulan artikel-artikel yang ditulis penulis dari berbagai majalah berisi pendapat-pendapatnya atau kalau menilik disampul belakangnya, curahan hati akan kehidupan disekitarnya. Ada 5 bab kicauannya, tentang gaya hidup, relationship, tempat tinggalnya dan keluarga.

Di Gaya Hidup, Hidup Gaya, Dan Hidup Gak Ya? menceritakan tentang teknologi, social network, langkah kaki dalam sehari, olahraga, delay, dll.

Di Single, In Relationship, Atau It's Complicated biasa aja sih tentang undangan pernikahan, putus cinta, apa salahnya dengan kesendirian.

Bab ke 3 tentang Jakarta, Indonesia, dan kesehatan jiwa, apalagi kalau bukan tentang macet, macam-macam jenis sopir, dsb.

Yang terakhir kicauan tentang keluarga, menceritakan kalau keluarga Indra pengemar jamu, kehilangan mobil, alasan masih tinggal sama ortunya, keponakanya, tentang tukang kebunya. Cerdas, sinis, dan nyinyir. Pandanganya memang kadang bertolak belakang dengan pendapat orang lain, tapi waktu meresapinya saya berpikir "benar juga ya."


Artike favorit saya ada di Quote Unquote, pendapat penulis dan orang-orang yang ditanyanya tentang drug, Pil Biru Di Hari Merah Jambu, lumayan nyengir juga tentang obat kuat itu, trus dibagian Satu Telunjuk Untuk Menjawab Banyak Pertanyaan, setuju sekali kalau diri kita sendiri itu kadang perlu sendirian (saya pernah nonton bioskop sendirian), hal 151 "...saya juga cinta diri saya. Karenanya menikmati waktu dengan diri sendiri. Berteman dengan diri sendiri. Berdialog panjang dengan diri sendiri. Buat saya bukan merupakan pilihan, tapi keharusan. Apalagi sebenarnya di ujung hidup ini ada kematian. Sesuatu yang harus benar-benar dijalani sendirian." Dibagian Kunci ketika dia lupa bawa kunci tau-tau paginya waktu bangun sudah ada di tempat tidur, ada kalimat yang membuat saya Jleb, hal. 265 "Orangtua hanya melakukan semua atas dasar cinta dan sayang. Namun terkadang ada anak yang terlalu arogan untuk bisa menerima semua itu dengan hati senang." Agak terharu di artikel Mengandalkan Mata Untuk Menghakimi Tanpa Membiarkan Hati Ikut Bicara, di hal. 309 "menilai seseorang tanpa terlebih dulu mengenalnya. Mengandalkan mata untuk menghakimi tanpa membiarkan hati ikut bicara. Padahal mata saya tidak sempurna."



Dan twit favorit saya adalah di artikel Sebuah Buku Tamu Raksasa, twitnya gini: jangan tanya apa yang negara udah kasih sama kita, tapi tanya apa yang bisa kita dapet dari negara. Dan terakhir di Jamu Termanis Di Dunia, kalimat pendek tapi kekuatan besar: My Mom's hug is better than aspirin. 
Kalau pengen baca buku yang nyinyir, sinis, cerdas dan ada "isinya" wajib baca ini.
kasih 4 sayap yang nyinyir tapi cerdas :D



1 komentar:

  1. Penulisnya indra herlambang yg MC insert yah?
    Pantesan saja ceritanya galau krn penulisnya juga galau *peace om indra

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...