Sabtu, 25 Desember 2010

Vampire Academy

Vampire_academy

Vampire Academy (Vampire Acadeny, #1)
Penulis: Richelle Mead
Penerbit: Matahati
ISBN: 9786028590112
Literary awards: ALA Teens' Top Ten 2008

Lagi seneng baca Young Adult, salah satunya adalah Vampire Academy. Awal tau cerita ini sih dari goodreads yang ratingnya bagus banget, liat komen dari beberapa yang udah baca dan kayaknya seru. awalnya aku kira bakal mirip Twilight, tapi menurut komen - komen tersebut BEDA. Ga mau terhasut aku coba beli bukunya, agak sesusahan juga sih soalnya jarang ada di toko buku, mungkin belum terlalu booming kali ya. lewat akun twitter dari penerbitnya @fiksimatahati, taulah aku ada @matahati yang khusus ngejual buku" dari matahati, disini nanti dapet diskon 25%, lumayan kan? hehehe. Aku langsung beli dua seri yang udah terbit, yang sebenernya udah tamat sampai 6 seri di Amrik sono, buku yang ketiga katanya sih mau terbit bulan Februari tahun depan, ditunggu dengan sabar deh. Sebenernya ebooknya pun udah punya tapi menilik dari pelajaran B. Inggris yang kerap remidi, nunggu terjemahannya aja deh.

Biar gak binggung, aku jabarin dulu jenis vampirnya:
Dhampir: makhluk setengah manusia setengah vampire, tidak takut dengan sinar matahari, bisa makan seperti manusia biasa, kasta terendah vampir, mempunyai kekuatan seperti Strigoi
Moroi: vampir hidup, bertahan dengan darah manusia yang mereka sebut donor, mempunyai kekuatan elemen api, air, tanah, angin, roh, bisa bertahan dengan sinar matahari, kaum bangsawan
Strigoi: vampir jahat/ mayat hidup, tidak tahan dengan sinar matahari, tujuanya untuk memusnahkan Moroi, sangat kuat, instingnya membunuhnya tajam, bisa dibunuh dengan memenggal kepalanya, ditusuk dengan pasak perak di jantungnya dan terakhir dibakar.

Cerita berawal ketiaka Rose dan Lisa melarikan diri dari akademi St. Vladimir selama dua tahun, dimana Lisa yang kaum Moroi dilatih untuk kekuatan sihirnya dan Rose (kaum Dhampir) dilatih untuk melindungi kaum Moroi dalam artian mereka adalah pengawal kaum Moroi dimana sebagian besar adalah bangsawan.mereka tertangkap oleh Dimitri yang juga salah satu pengawal di akedemi St. Vladimir dan kemudian diseret kembali ke akademi tersebut.

Sekembalinya dari akademi mereka merencanakan untuk kabur kembali karena Rose merasa tidak aman lagi bagi Lisa. selain Lisa binggung dengan kekuatannya, Rose juga banyak ketinggalan pelajaran dan tidak mungkin dia bisa melawan Strigoi, mereka mengurungkan niat untuk kabur kembali. Dhimitri menjadi mentor Rose untuk melatih pertahanan dan cara membasmi Strigoi. ehem bisa ketebakkan romansanya? Lisa jatuh hati sama Cristian dimana orang tuanya adalah Strigoi. Disini Rose berusaha agar bisa selalu melindungi Lisa, selain karna sahabatnya Lisa adalah Dragomir terakhir.

Inti buku pertama bercerita tentang Victor Dashkov (paman Lisa) yang menculik Lisa guna memanfaatkan kemampuan penyembuhnya untuk mengobati lukanya. Di sini nanti Rose akan menghadapi seorang Strigoi yang sangat mereka kenal.

Sejak baca ulasan dan membuktikan sendiri novel ini, aku jauh lebih suka VA ini daripada Twilight. Kalo Twilight lebih kesisi romancenya yang ditonjolkan, di Vampire Academy ini lebih bervariasi, banyak bermacam - macam jenis vampir, kekuatan, singkat cerita Vampire Academy ini perpaduan dari Twilight, X-Men, Harry Potter dan bahkan Naruto.

Dan yang membuat saya tertarik sekali selain Dimitri Belikov, di sini pemeran utamanya adalah Rose Hathway yang kuat, ceplas ceplos, suka cari masalah, suka berantem, seorang pengawal, seorang dhampir yang hidupnya digunakan untuk melindungi seorang Moroi. Kalo biasanya pasti si Lisa yang menjadi tokoh utamanya.

3 komentar:

  1. Orang amrik itu percaya banget adanya vampire
    Aku baru tau jenis-jenis vampire ada banyak nih

    BalasHapus
  2. Belum baca semua serial vampir academy atau vampire diaries baru twilight aja... makasih mab sulis buat reviewnya ^^

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...